Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by marmut »

omnyanaira wrote: Sat Nov 23, 2019 1:57 Permisi om turbo dan om2 lainnya juga. Mau tanya perihal oli utk mobil carry pickup bokap bagusnya pke oli apa yaah?? Mobil thn 2014 odometer sdh 130rb km. Biasa sama bokap diisi shell 15w40 ganti tiap 5rb km sekalian ganti filter olinya juga. Nah pngen ganti oli yg bagusan yg bisa 10rb km biar lebih jarang ganti oli dan lebih hemat juga. Biasanya 5rb km dicapai dlm wktu 3-4 bulan. Nah klo oli disael ptt 10w30 bisa buat carry pickup ga yaahh??? Ohh yaa muatan nya jarang full palingan klo lagi keluar ke PT bawa barang sekitar 500-700kg jarak tempuh 200km pp. Mohon petunjuknya master2 perolian. Thanks

seinget saya, carry mintanya 10w40.
itu oli sejuta mobil, buanyak banget pilihan tinggal disesuaikan dengan kantong. merk bebas yang penting asli dan jelas pabriknya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 1:22 Soal suara mesin

di 2KD EDU 3 saya perhatikan juga suara mesin bisa ada beda2 tipis antar mobil, ada yg agak kasar, ada yg agak alusan

Saya punya 2KD EDU 3 waktu awal2 dulu agak kasar, setelah 2X purging dan pakai oli semi synth lalu ke Full Syn ber angsur3 lebih alusan, padahal dari segi performa & efisiensi BBM baik

Padahal dulu punya 2KD EDU 2 suara mesin lebih alus, sejak baru, dulu waktu ambil di dealer saya bisa pilih unit, saya pilih yg suara mesin lebih alus.
Klo mau presisi dan deviasi sgt kecil,
minimal mesin sekelas mercedes amg, biem M division, or ferrari sekalian.

assembling mesinnya dah beda kelas :ngacir:
Yes

itulah
* Bukan ajakan Beli *
Jetgunrhey
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Nov 23, 2019 7:10
Location: Pekalongan
Daily Vehicle: Navara

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Jetgunrhey »

Maaf gan mau tanya oli yg bagus untuk mesin navara YD25DDTi apa ya? Km belum 10.000 dan mau nyoba fastron platinum takut umur oli nggak panjang, prefer mobil delvac 1 atau adnoc voyager? Thankyou :cupss:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Jetgunrhey wrote:Maaf gan mau tanya oli yg bagus untuk mesin navara YD25DDTi apa ya? Km belum 10.000 dan mau nyoba fastron platinum takut umur oli nggak panjang, prefer mobil delvac 1 atau adnoc voyager? Thankyou :cupss:
di manual book minta nya SAE brp / ACEA apa
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 1:05
dimasapri wrote:
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 16:09 Nah ini om, kebetulan piara 2 unit calya, yg satu dari beli sampe 40rb km, full tmo 10w40 penggantian per 5rb km, tarikan berat dan mulai 40 rb sampai 75rb km ini pakai q8 0w20, penggantian per 10rb km, feelnya beda jauh dibanding pas pake tmo.. tapi efeknya ke suara mesin yg somehow lebih mendengung dibanding calya kedua yg dari keluar dealer pake q8, dan gonta ganti oli td, yg saya notice, pakai ptt ini feelingnya tidak bisa menyamai saat pakai q8.. ini saya coba ganti pakai ptt 0w20 lagi, kalau di km 5rb berisik lagi sama seperti pemakaian awal, saya bakal balik lagi ke q8...
Hhhhhmmmm....testimoni yang menarik nih.
Kalau PTT masih di bawah Q8 berarti kualitas medioker sedikit up juga sebenarnya.
Gak bagus2 amat.
Cuman unggul harga murah karena masih masa2 diskon.
Kalau sudah berakhir masa diskon, gak worthed juga kayaknya.
Benchmark bukannya tetap mengacu ke hasil test lab UOA ?

Faktor lain = consider juga QC mesin2 LCGC itu spt apa

Kalo bengkel2 yg sering bongkar mesin biasa tahu =
- Mesin Ipah antara 1 mobil dan lainnya deviasi kecil
- Mesin Avanza = lebih 'berwarna warni"
- Nah skg LCGC itu kan di bawah Avanza......

Wong di 2GD aja temen ane yg punya 2 unit 2GD cerita kalo kedua mobilnya suara mesin bisa beda, padahal sama2 beli dari baru / tahun muda / KM rendah dan perawatan sangat baik

Yg lebih obvious soal "putu Turbo" ada 2GD Km rendah udah putuan, ada yg Km tinggi enggak putu-an.......ini hasil pengamatan saya dari report banyak user

2GD padahal di mobil harga 300 - 500 jt loh

Demikian sharing
UOA tidak bisa jadi benchmark kalau dilakukan pada mobil yang berbeda2.
Case nya akan sama saja....deviasi antar mobil sangat besar.
Belum ditambah driving style, maintenance masing2, penggunaan bbm, dll.

Tapi kalau dari beberapa testimoni kualitasnya di bawah Q8...saya bisa simpulkan secara subyektif di rentang mana kualitasnya against price.
Jetgunrhey
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Nov 23, 2019 7:10
Location: Pekalongan
Daily Vehicle: Navara

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Jetgunrhey »

Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 8:15
Jetgunrhey wrote:Maaf gan mau tanya oli yg bagus untuk mesin navara YD25DDTi apa ya? Km belum 10.000 dan mau nyoba fastron platinum takut umur oli nggak panjang, prefer mobil delvac 1 atau adnoc voyager? Thankyou :cupss:
di manual book minta nya SAE brp / ACEA apa
SAE nya 10w30 kalo saran pabrikan ACEA kurang tau manual book juga entah kemana hehe
Mobil jarang jalan cuma ini ada rencana modif ringan kya remap ecu dll thanks in advance
Panyalai
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Nov 15, 2019 16:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Panyalai »

4N15 pake oli buntut 40 long drain macam mobil 1 delvac aman gak om turbo?secara di 2kd dulu ane dah biasa pake mobil 1 delvac 5w 40 fully sintetic,selalu ganti di 10rb,karna masih ada stock 8liter lagi apa bisa ganti darah 4N15 ini pake ini?
Atau ada rekomend oli laen?sekalian mau kuras oli matic dan ganti oli gardan juga,tp masih ragu mau pake merk dan jenis nya apa,harap maklum masih nubi dan selalu andelin beres.


4N15 AKAP bukan Travel[emoji16]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 1:05
dimasapri wrote: Hhhhhmmmm....testimoni yang menarik nih.
Kalau PTT masih di bawah Q8 berarti kualitas medioker sedikit up juga sebenarnya.
Gak bagus2 amat.
Cuman unggul harga murah karena masih masa2 diskon.
Kalau sudah berakhir masa diskon, gak worthed juga kayaknya.
Benchmark bukannya tetap mengacu ke hasil test lab UOA ?

Faktor lain = consider juga QC mesin2 LCGC itu spt apa

Kalo bengkel2 yg sering bongkar mesin biasa tahu =
- Mesin Ipah antara 1 mobil dan lainnya deviasi kecil
- Mesin Avanza = lebih 'berwarna warni"
- Nah skg LCGC itu kan di bawah Avanza......

Wong di 2GD aja temen ane yg punya 2 unit 2GD cerita kalo kedua mobilnya suara mesin bisa beda, padahal sama2 beli dari baru / tahun muda / KM rendah dan perawatan sangat baik

Yg lebih obvious soal "putu Turbo" ada 2GD Km rendah udah putuan, ada yg Km tinggi enggak putu-an.......ini hasil pengamatan saya dari report banyak user

2GD padahal di mobil harga 300 - 500 jt loh

Demikian sharing
UOA tidak bisa jadi benchmark kalau dilakukan pada mobil yang berbeda2.
Case nya akan sama saja....deviasi antar mobil sangat besar.
Belum ditambah driving style, maintenance masing2, penggunaan bbm, dll.

Tapi kalau dari beberapa testimoni kualitasnya di bawah Q8...saya bisa simpulkan secara subyektif di rentang mana kualitasnya against price.
si om pernah pake oli PTT type apa aja ?

Q8 type apa aja ?

ada yg pas viskositas sama ?

Merek lain pernah coba type apa aja ?

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Dari yg ane gugel, mesin YD25DDTi tanpa DPF std nya ACEA B4 - 5W40

B4 means pake 10W30 yg meet ACEA B4 juga bisa

Kalo ada rencana ReMap sih better 5W40 / 0W40 aja dah

utk merek tinggal sesuaikan budget aja

5W40 kelas keraton yg harga super miring = Schaeffer 5W40 tuh......oli kelas keraton, harga kaki 5 (Bandar nya cuci gudang)

di bawah nya ada PTT 5W40 CommonRail Full Syn (mau beli nanti aja pas 12 - 12 di BliBli)

di bawah nya lagi ada HX7 - 5W40
* Bukan ajakan Beli *
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by omnyanaira »

marmut wrote: Sat Nov 23, 2019 5:49
omnyanaira wrote: Sat Nov 23, 2019 1:57 Permisi om turbo dan om2 lainnya juga. Mau tanya perihal oli utk mobil carry pickup bokap bagusnya pke oli apa yaah?? Mobil thn 2014 odometer sdh 130rb km. Biasa sama bokap diisi shell 15w40 ganti tiap 5rb km sekalian ganti filter olinya juga. Nah pngen ganti oli yg bagusan yg bisa 10rb km biar lebih jarang ganti oli dan lebih hemat juga. Biasanya 5rb km dicapai dlm wktu 3-4 bulan. Nah klo oli disael ptt 10w30 bisa buat carry pickup ga yaahh??? Ohh yaa muatan nya jarang full palingan klo lagi keluar ke PT bawa barang sekitar 500-700kg jarak tempuh 200km pp. Mohon petunjuknya master2 perolian. Thanks

seinget saya, carry mintanya 10w40.
itu oli sejuta mobil, buanyak banget pilihan tinggal disesuaikan dengan kantong. merk bebas yang penting asli dan jelas pabriknya.
Nah itu die om, oli fullsyn harga wajar yg bisa longdrain merk apa aja yaa?? Boleh lah kasih alternative nya
Klo bisa sih jgn merk2 umum yg bnyak acdc kya shell dll om. Ptt ada yg bisa longdrain 10rb km ga yaa
Thanks
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by maastricht889 »

omnyanaira wrote: Sat Nov 23, 2019 14:54
marmut wrote: Sat Nov 23, 2019 5:49
omnyanaira wrote: Sat Nov 23, 2019 1:57 Permisi om turbo dan om2 lainnya juga. Mau tanya perihal oli utk mobil carry pickup bokap bagusnya pke oli apa yaah?? Mobil thn 2014 odometer sdh 130rb km. Biasa sama bokap diisi shell 15w40 ganti tiap 5rb km sekalian ganti filter olinya juga. Nah pngen ganti oli yg bagusan yg bisa 10rb km biar lebih jarang ganti oli dan lebih hemat juga. Biasanya 5rb km dicapai dlm wktu 3-4 bulan. Nah klo oli disael ptt 10w30 bisa buat carry pickup ga yaahh??? Ohh yaa muatan nya jarang full palingan klo lagi keluar ke PT bawa barang sekitar 500-700kg jarak tempuh 200km pp. Mohon petunjuknya master2 perolian. Thanks

seinget saya, carry mintanya 10w40.
itu oli sejuta mobil, buanyak banget pilihan tinggal disesuaikan dengan kantong. merk bebas yang penting asli dan jelas pabriknya.
Nah itu die om, oli fullsyn harga wajar yg bisa longdrain merk apa aja yaa?? Boleh lah kasih alternative nya
Klo bisa sih jgn merk2 umum yg bnyak acdc kya shell dll om. Ptt ada yg bisa longdrain 10rb km ga yaa
Thanks
Scaeffer itu om, yg lagi cuci gudang di papasari (5w30), bs 10rb km itu. PTT 5w30 oke juga, stok melimpah (belum kl promo), bs sampe 9000km (10 bulan). Saya pernah kelupaan telat ganti ptt 5w30 (di crv k24) sampe 10600km udah geter2 parah sama lemot kl dipakai.

Camry diisi 15w40 sayang banget om, minimal 5w30 up.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

omnyanaira wrote:
marmut wrote: Sat Nov 23, 2019 5:49
omnyanaira wrote: Sat Nov 23, 2019 1:57 Permisi om turbo dan om2 lainnya juga. Mau tanya perihal oli utk mobil carry pickup bokap bagusnya pke oli apa yaah?? Mobil thn 2014 odometer sdh 130rb km. Biasa sama bokap diisi shell 15w40 ganti tiap 5rb km sekalian ganti filter olinya juga. Nah pngen ganti oli yg bagusan yg bisa 10rb km biar lebih jarang ganti oli dan lebih hemat juga. Biasanya 5rb km dicapai dlm wktu 3-4 bulan. Nah klo oli disael ptt 10w30 bisa buat carry pickup ga yaahh??? Ohh yaa muatan nya jarang full palingan klo lagi keluar ke PT bawa barang sekitar 500-700kg jarak tempuh 200km pp. Mohon petunjuknya master2 perolian. Thanks

seinget saya, carry mintanya 10w40.
itu oli sejuta mobil, buanyak banget pilihan tinggal disesuaikan dengan kantong. merk bebas yang penting asli dan jelas pabriknya.
Nah itu die om, oli fullsyn harga wajar yg bisa longdrain merk apa aja yaa?? Boleh lah kasih alternative nya
Klo bisa sih jgn merk2 umum yg bnyak acdc kya shell dll om. Ptt ada yg bisa longdrain 10rb km ga yaa
Thanks
10W40 PCMO rata2 semi syn

Kalo mau yg TBN 10 (biar mantap long drain) en harga bersahabat pake aja 10W40 HDEO spt Sh Rimula R5 (SnD) atau Q8 T800 (Dunia oli)......

PTT NGV 10W40 kalo ga salah TBN juga 9....harusnya bisa utk long drain......tunggu aja saat 12 - 12

ada juga UnyilOppa 10W40 yg TBN 9 lebih.....ACEA B4.......promo terus di BliBli


* Bukan ajakan Beli *
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Review oli motor 10w40 di NMaX

Sudah 2 kali drain pake oli non yamalub sesuai urutan dan no. 3 lg dipake

1. Kendall syn. 10w40 jaso MA
2. Kendall semi syn 10w40 jaso MA
3. PTT challanger syn. 10w40 jaso MA2

PTT baru jalan 150km, ini oli enak tarikan enteng dibanding yg lain tapi ternyata untuk getaran stang mirip bgt pas oli pake yamalub bikin tangan kesemutan di kecepatan rendah dan kec tinggi vibrasinya tetep kerasa, asumsi saya karena sama2 jaso MA2 (bener nggak nih)

Paling enak secara getaran pake Kendall syn. 10w40 dipake sampe 2500km dan tetep minim sekali vibrasi. Pas di drain oli berkurang kira2 300ml.

Kendall semi syn. Mirip2 sama yg full syn tapi pas di 1500km getarannya makin kerasa kayak oli beres dan PTT. Kendall agak kurang worth aja secara harga di atas 100k. Kalau PTT hampir sama secara harga sama yamalub kalau pas diskon gede.

Kendall tarikan nggak se enak PTT tapi ya itu PTT lumayan vibrasinya jadi merasa kurang cocok padahal dah beli banyak hahaha.

Dirumah sudah ada oli lawas AMSOIL 10w40, sama, unyil 10w50 dua2nya full syn. Untuk next test.

Om2 lainnya kalau bisa share review nya untuk motor NMAX.

Blm tertarik buat ikut aliran sesat pake oli mobil di motor.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

indeskey wrote:Review oli motor 10w40 di NMaX

Sudah 2 kali drain pake oli non yamalub sesuai urutan dan no. 3 lg dipake

1. Kendall syn. 10w40 jaso MA
2. Kendall semi syn 10w40 jaso MA
3. PTT challanger syn. 10w40 jaso MA2

PTT baru jalan 150km, ini oli enak tarikan enteng dibanding yg lain tapi ternyata untuk getaran stang mirip bgt pas oli pake yamalub bikin tangan kesemutan di kecepatan rendah dan kec tinggi vibrasinya tetep kerasa, asumsi saya karena sama2 jaso MA2 (bener nggak nih)

Paling enak secara getaran pake Kendall syn. 10w40 dipake sampe 2500km dan tetep minim sekali vibrasi. Pas di drain oli berkurang kira2 300ml.

Kendall semi syn. Mirip2 sama yg full syn tapi pas di 1500km getarannya makin kerasa kayak oli beres dan PTT. Kendall agak kurang worth aja secara harga di atas 100k. Kalau PTT hampir sama secara harga sama yamalub kalau pas diskon gede.

Kendall tarikan nggak se enak PTT tapi ya itu PTT lumayan vibrasinya jadi merasa kurang cocok padahal dah beli banyak hahaha.

Dirumah sudah ada oli lawas AMSOIL 10w40, sama, unyil 10w50 dua2nya full syn. Untuk next test.

Om2 lainnya kalau bisa share review nya untuk motor NMAX.

Blm tertarik buat ikut aliran sesat pake oli mobil di motor.
NMAX bukannya mintanya JASO MB ?

si PTT ada kan yg 10W40 JASO MB.

Btw ane liat REPSOL harga2 nya bersahabat juga, oli motornya, mungkin udah pada blend di Malaysia ?

Kalo sreg ama Kendall, coba aja hub distro nya yg di Sunter (Mitra Asmoco), siapa tahu masi ada stok


* Bukan ajakan Beli *
AgaAzaQ
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Nov 23, 2019 16:15
Daily Vehicle: Innova Bensin 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by AgaAzaQ »

Om turboman.maaf mo tanya.
Klo oli buat innova bensin 2011 enaknya pake apa?
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 13:42
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 1:05 Benchmark bukannya tetap mengacu ke hasil test lab UOA ?

Faktor lain = consider juga QC mesin2 LCGC itu spt apa

Kalo bengkel2 yg sering bongkar mesin biasa tahu =
- Mesin Ipah antara 1 mobil dan lainnya deviasi kecil
- Mesin Avanza = lebih 'berwarna warni"
- Nah skg LCGC itu kan di bawah Avanza......

Wong di 2GD aja temen ane yg punya 2 unit 2GD cerita kalo kedua mobilnya suara mesin bisa beda, padahal sama2 beli dari baru / tahun muda / KM rendah dan perawatan sangat baik

Yg lebih obvious soal "putu Turbo" ada 2GD Km rendah udah putuan, ada yg Km tinggi enggak putu-an.......ini hasil pengamatan saya dari report banyak user

2GD padahal di mobil harga 300 - 500 jt loh

Demikian sharing
UOA tidak bisa jadi benchmark kalau dilakukan pada mobil yang berbeda2.
Case nya akan sama saja....deviasi antar mobil sangat besar.
Belum ditambah driving style, maintenance masing2, penggunaan bbm, dll.

Tapi kalau dari beberapa testimoni kualitasnya di bawah Q8...saya bisa simpulkan secara subyektif di rentang mana kualitasnya against price.
si om pernah pake oli PTT type apa aja ?

Q8 type apa aja ?

ada yg pas viskositas sama ?

Merek lain pernah coba type apa aja ?
Dulu banget pakai Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30.
Terus pakai Q8 Long Life Formula Special G 5W-30.
Sekarang lagi nyobain PTT Super Syn 0W-30 sudah jalan 5000an km.
Masih enakan Kendall dan Q8 lah..
Untungnya beli PTT harga disc.
Tapi cuma selisih 20-30an ribu per liternya dgn Q8 sebenarnya nyesal juga secara beli yang paket grosir 20 liter.
Apalagi kalau dibandingkan dengan Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30, cuma selisih 11 ribu per liter (44 ribu per galon).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 13:42
dimasapri wrote:
UOA tidak bisa jadi benchmark kalau dilakukan pada mobil yang berbeda2.
Case nya akan sama saja....deviasi antar mobil sangat besar.
Belum ditambah driving style, maintenance masing2, penggunaan bbm, dll.

Tapi kalau dari beberapa testimoni kualitasnya di bawah Q8...saya bisa simpulkan secara subyektif di rentang mana kualitasnya against price.
si om pernah pake oli PTT type apa aja ?

Q8 type apa aja ?

ada yg pas viskositas sama ?

Merek lain pernah coba type apa aja ?
Dulu banget pakai Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30.
Terus pakai Q8 Long Life Formula Special G 5W-30.
Sekarang lagi nyobain PTT Super Syn 0W-30 sudah jalan 5000an km.
Masih enakan Kendall dan Q8 lah..
Untungnya beli PTT harga disc.
Tapi cuma selisih 20-30an ribu per liternya dgn Q8 sebenarnya nyesal juga secara beli yang paket grosir 20 liter.
Apalagi kalau dibandingkan dengan Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30, cuma selisih 11 ribu per liter (44 ribu per galon).
oke

buat yang merasa cocok dgn Kendall bisa hub distro nya :

PT Mitra Asmoco Utama

Jl Griya Utama Blok A no. 40-41 Sunter Griya, Jakarta, RT.1/RW.20, Sunter Agung, jakarta, North Jakarta City, Jawa Barat 14350

(021) 65833483

Feeling saya mereka masih punya stok bbrp type olinya

Kalau dari peredaran menghilang, mungkin ditarik Distro nya krn si distro gak mau ambil resiko scr mrk gak ikut SNI

Dulu toko2 yg nyetok Kendall banyak di ITC Fatmawaty spt Sanjaya Knalpot, skg DTMF onderdil udah rata tanah, konon toko2 nya pindah ke Blok M Mall

Cakra Motor juga dulu setok Kendall

Toda

RMODA

ko Amin - Jemb 2






* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

indeskey wrote: Sat Nov 23, 2019 16:13 Review oli motor 10w40 di NMaX

Sudah 2 kali drain pake oli non yamalub sesuai urutan dan no. 3 lg dipake

1. Kendall syn. 10w40 jaso MA
2. Kendall semi syn 10w40 jaso MA
3. PTT challanger syn. 10w40 jaso MA2

PTT baru jalan 150km, ini oli enak tarikan enteng dibanding yg lain tapi ternyata untuk getaran stang mirip bgt pas oli pake yamalub bikin tangan kesemutan di kecepatan rendah dan kec tinggi vibrasinya tetep kerasa, asumsi saya karena sama2 jaso MA2 (bener nggak nih)

Paling enak secara getaran pake Kendall syn. 10w40 dipake sampe 2500km dan tetep minim sekali vibrasi. Pas di drain oli berkurang kira2 300ml.

Kendall semi syn. Mirip2 sama yg full syn tapi pas di 1500km getarannya makin kerasa kayak oli beres dan PTT. Kendall agak kurang worth aja secara harga di atas 100k. Kalau PTT hampir sama secara harga sama yamalub kalau pas diskon gede.

Kendall tarikan nggak se enak PTT tapi ya itu PTT lumayan vibrasinya jadi merasa kurang cocok padahal dah beli banyak hahaha.

Dirumah sudah ada oli lawas AMSOIL 10w40, sama, unyil 10w50 dua2nya full syn. Untuk next test.

Om2 lainnya kalau bisa share review nya untuk motor NMAX.

Blm tertarik buat ikut aliran sesat pake oli mobil di motor.
Hhhhmmmm....ternyata mirip impresi kita...
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 17:11
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 13:42 si om pernah pake oli PTT type apa aja ?

Q8 type apa aja ?

ada yg pas viskositas sama ?

Merek lain pernah coba type apa aja ?
Dulu banget pakai Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30.
Terus pakai Q8 Long Life Formula Special G 5W-30.
Sekarang lagi nyobain PTT Super Syn 0W-30 sudah jalan 5000an km.
Masih enakan Kendall dan Q8 lah..
Untungnya beli PTT harga disc.
Tapi cuma selisih 20-30an ribu per liternya dgn Q8 sebenarnya nyesal juga secara beli yang paket grosir 20 liter.
Apalagi kalau dibandingkan dengan Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30, cuma selisih 11 ribu per liter (44 ribu per galon).
oke

buat yang merasa cocok dgn Kendall bisa hub distro nya :

PT Mitra Asmoco Utama

Jl Griya Utama Blok A no. 40-41 Sunter Griya, Jakarta, RT.1/RW.20, Sunter Agung, jakarta, North Jakarta City, Jawa Barat 14350

(021) 65833483

Feeling saya mereka masih punya stok bbrp type olinya

Kalau dari peredaran menghilang, mungkin ditarik Distro nya krn si distro gak mau ambil resiko scr mrk gak ikut SNI

Dulu toko2 yg nyetok Kendall banyak di ITC Fatmawaty spt Sanjaya Knalpot, skg DTMF onderdil udah rata tanah, konon toko2 nya pindah ke Blok M Mall

Cakra Motor juga dulu setok Kendall

Toda

RMODA

ko Amin - Jemb 2
Terima kasih infonya, Pak Turbo.
Mudah2an dapat harga miring secara lagi masa-masa habiskan stock.

Sayang bgt gak lanjut jualan karena aturan SNI
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by omnyanaira »

Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 15:20
omnyanaira wrote:
marmut wrote: Sat Nov 23, 2019 5:49


seinget saya, carry mintanya 10w40.
itu oli sejuta mobil, buanyak banget pilihan tinggal disesuaikan dengan kantong. merk bebas yang penting asli dan jelas pabriknya.
Nah itu die om, oli fullsyn harga wajar yg bisa longdrain merk apa aja yaa?? Boleh lah kasih alternative nya
Klo bisa sih jgn merk2 umum yg bnyak acdc kya shell dll om. Ptt ada yg bisa longdrain 10rb km ga yaa
Thanks
10W40 PCMO rata2 semi syn

Kalo mau yg TBN 10 (biar mantap long drain) en harga bersahabat pake aja 10W40 HDEO spt Sh Rimula R5 (SnD) atau Q8 T800 (Dunia oli)......

PTT NGV 10W40 kalo ga salah TBN juga 9....harusnya bisa utk long drain......tunggu aja saat 12 - 12

ada juga UnyilOppa 10W40 yg TBN 9 lebih.....ACEA B4.......promo terus di BliBli
Okee deh om turbo.. mkasih bnyak atas sarannya
Kyanya mau nyoba ptt ajah ato unil opa yg di blibli. Soalnya murah di ongkirnya.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Kalau lihat bukman boleh pake MA atau MB. PTT yg jaso MB kayaknya blm full syn (botol item) dan isinya cuma 0.8L.

Noted buat distronya kendall om, di toko biru ada official store nya, tp blm diskon hahaha...
Turboman wrote:
indeskey wrote:Review oli motor 10w40 di NMaX

Sudah 2 kali drain pake oli non yamalub sesuai urutan dan no. 3 lg dipake

1. Kendall syn. 10w40 jaso MA
2. Kendall semi syn 10w40 jaso MA
3. PTT challanger syn. 10w40 jaso MA2

PTT baru jalan 150km, ini oli enak tarikan enteng dibanding yg lain tapi ternyata untuk getaran stang mirip bgt pas oli pake yamalub bikin tangan kesemutan di kecepatan rendah dan kec tinggi vibrasinya tetep kerasa, asumsi saya karena sama2 jaso MA2 (bener nggak nih)

Paling enak secara getaran pake Kendall syn. 10w40 dipake sampe 2500km dan tetep minim sekali vibrasi. Pas di drain oli berkurang kira2 300ml.

Kendall semi syn. Mirip2 sama yg full syn tapi pas di 1500km getarannya makin kerasa kayak oli beres dan PTT. Kendall agak kurang worth aja secara harga di atas 100k. Kalau PTT hampir sama secara harga sama yamalub kalau pas diskon gede.

Kendall tarikan nggak se enak PTT tapi ya itu PTT lumayan vibrasinya jadi merasa kurang cocok padahal dah beli banyak hahaha.

Dirumah sudah ada oli lawas AMSOIL 10w40, sama, unyil 10w50 dua2nya full syn. Untuk next test.

Om2 lainnya kalau bisa share review nya untuk motor NMAX.

Blm tertarik buat ikut aliran sesat pake oli mobil di motor.
NMAX bukannya mintanya JASO MB ?

si PTT ada kan yg 10W40 JASO MB.

Btw ane liat REPSOL harga2 nya bersahabat juga, oli motornya, mungkin udah pada blend di Malaysia ?

Kalo sreg ama Kendall, coba aja hub distro nya yg di Sunter (Mitra Asmoco), siapa tahu masi ada stok
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

indeskey wrote:Kalau lihat bukman boleh pake MA atau MB. PTT yg jaso MB kayaknya blm full syn (botol item) dan isinya cuma 0.8L.

Noted buat distronya kendall om, di toko biru ada official store nya, tp blm diskon hahaha...
Turboman wrote:
indeskey wrote:Review oli motor 10w40 di NMaX

Sudah 2 kali drain pake oli non yamalub sesuai urutan dan no. 3 lg dipake

1. Kendall syn. 10w40 jaso MA
2. Kendall semi syn 10w40 jaso MA
3. PTT challanger syn. 10w40 jaso MA2

PTT baru jalan 150km, ini oli enak tarikan enteng dibanding yg lain tapi ternyata untuk getaran stang mirip bgt pas oli pake yamalub bikin tangan kesemutan di kecepatan rendah dan kec tinggi vibrasinya tetep kerasa, asumsi saya karena sama2 jaso MA2 (bener nggak nih)

Paling enak secara getaran pake Kendall syn. 10w40 dipake sampe 2500km dan tetep minim sekali vibrasi. Pas di drain oli berkurang kira2 300ml.

Kendall semi syn. Mirip2 sama yg full syn tapi pas di 1500km getarannya makin kerasa kayak oli beres dan PTT. Kendall agak kurang worth aja secara harga di atas 100k. Kalau PTT hampir sama secara harga sama yamalub kalau pas diskon gede.

Kendall tarikan nggak se enak PTT tapi ya itu PTT lumayan vibrasinya jadi merasa kurang cocok padahal dah beli banyak hahaha.

Dirumah sudah ada oli lawas AMSOIL 10w40, sama, unyil 10w50 dua2nya full syn. Untuk next test.

Om2 lainnya kalau bisa share review nya untuk motor NMAX.

Blm tertarik buat ikut aliran sesat pake oli mobil di motor.
NMAX bukannya mintanya JASO MB ?

si PTT ada kan yg 10W40 JASO MB.

Btw ane liat REPSOL harga2 nya bersahabat juga, oli motornya, mungkin udah pada blend di Malaysia ?

Kalo sreg ama Kendall, coba aja hub distro nya yg di Sunter (Mitra Asmoco), siapa tahu masi ada stok
Saya perhatikan kekentalan V40 & V100 nya PTT 10W40 JASO MA VS Kendall 10W40 JASO MA :

si Kendall sedikit lebih kental

Coba nanti next ganti oli dgn si PTT Challenger lagi moga2 ada improvement utk faktor kehalusan mesin

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by marmut »

erwinign wrote: Sat Nov 23, 2019 15:07

Scaeffer itu om, yg lagi cuci gudang di papasari (5w30), bs 10rb km itu. PTT 5w30 oke juga, stok melimpah (belum kl promo), bs sampe 9000km (10 bulan). Saya pernah kelupaan telat ganti ptt 5w30 (di crv k24) sampe 10600km udah geter2 parah sama lemot kl dipakai.

Camry diisi 15w40 sayang banget om, minimal 5w30 up.

ummm...... :big_childish:

om erwinign bacanya jangan sambil nyetir almaz 241kmh....
itu carry pick up, bukan camry pick up.



:ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9698
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Klo saya buat yamaha lexi, di manual book kan minta 10w40 MA/MB ok.

saya kasih aja shell advance ultra scooter 5w40,
klo lihat V40 & V100-nya itu lbh encer dr oli motor 10w40 manapun.
Bahkan dibanding mayoritas oli jaso MB/MA 5w40, si shell tsb lbh encer V40 & 100.

Hasil dah jalan 1000 Km; Akselnya enak (padahal roller CVT lbh berat, dah sy ganti sm 13 gram punya aerox).
Nyampai 100km/h lbh efforless.
Buat seruntulan di dalkot enak & cocok banget klo dah ganti roller cvt yg lbg berat :mrgreen:

Tapi emang jadi agak kasar suara mesin, krn terlalu encer buat mesin lexi :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Nov 23, 2019 13:42
dimasapri wrote: UOA tidak bisa jadi benchmark kalau dilakukan pada mobil yang berbeda2.
Case nya akan sama saja....deviasi antar mobil sangat besar.
Belum ditambah driving style, maintenance masing2, penggunaan bbm, dll.

Tapi kalau dari beberapa testimoni kualitasnya di bawah Q8...saya bisa simpulkan secara subyektif di rentang mana kualitasnya against price.
si om pernah pake oli PTT type apa aja ?

Q8 type apa aja ?

ada yg pas viskositas sama ?

Merek lain pernah coba type apa aja ?
Dulu banget pakai Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30.
Terus pakai Q8 Long Life Formula Special G 5W-30.
Sekarang lagi nyobain PTT Super Syn 0W-30 sudah jalan 5000an km.
Masih enakan Kendall dan Q8 lah..
Untungnya beli PTT harga disc.
Tapi cuma selisih 20-30an ribu per liternya dgn Q8 sebenarnya nyesal juga secara beli yang paket grosir 20 liter.
Apalagi kalau dibandingkan dengan Kendall GT-1 HP Synthetic Blend 5W-30, cuma selisih 11 ribu per liter (44 ribu per galon).
Btw kalo boleh tahu ini dipake di mobil apa / tahun brp / odo brp

si Kendall 5W30 Semi Synth itu kasta nya di bawah PTT 0W30 Full Syn........aneh juga kalo oli Semi Syn bisa terasa lebih enak drpd Full Syn......dulu waktu Kendall lagi rame2 nya malah ada yg cerita ke ane kalo 5W30 nya Kendall terasa agak berat

Jika mesin mobil nya karena 1 & lain hal udah adapt ke oli dgn HTHS 3,4 - 3,5 berarti preferensi jadi oli 5W30 yg *agak kental" atau 10W30 hingga 0W40 dah

Q8 5W30 Form Long Life meet MB 229.x1 means HTHS 3.5

Kalo utk kelas ekonomis berarti boleh dicoba oli 10W30 banyak pilihan merek



* Bukan ajakan Beli *