Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

di manual book 2KD kan mmg diijinkan sampe 10W30 utk ambient 30 C / up
dhany760 wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 17, 2020 3:52 Oli transmisi pake aja Wuling MTF 75W90

beli di BeRes Wul bag parts

oli mesin kalo mau tarikan enteng pake 10W30 API CI-4......si PTT punya suara mesin alus utk ukuran oli ....W30

Kalo mau kesenyapan maksimal 5W40 full syn

pake 10W40 API CI-4 juga suara mesin cukup alus walau tarikan gak se enteng 10W30
Oh gitu ya om, jadi meskipun 2KD pakai oli buntut 30 gak masalah ya....
Kayak oli PTT commonrail 10w-30 dipakai sekitar 12bln meskipun odometer gak sampai 10rb gak apa2 ya?
Soalnya mobil jarang2 dipakai
* Bukan ajakan Beli *
cumzkeyen
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jun 26, 2017 1:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by cumzkeyen »

Siang om,
Mau tanya, oli schaeffer yg di toped apakah cocok untuk civic fd 2009 ?? Kebetulan mau pake yg 5w30, kondisi mobil jalan 86k km,,
Ato ada rekomendasi lain yg lebih baik atau lebih murah ???
Thanks before
nizamuddinaulia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by nizamuddinaulia »

amazing,
ternyata di Indo mulai ada yang jualan oli dengan data buka-bukaan jeroan oli.
tapi tau bener apa ngga?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by evanbngdor »

nizamuddinaulia wrote: Fri Jan 17, 2020 9:18 amazing,
ternyata di Indo mulai ada yang jualan oli dengan data buka-bukaan jeroan oli.
tapi tau bener apa ngga?
Kayaknya kita jg bisa sih nyari data ini Om, cuma mungkin ngga dipublish di halaman depan. Tp pasti ada lah kalo googling
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
nizamuddinaulia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by nizamuddinaulia »

evanbngdor wrote: Fri Jan 17, 2020 9:42
nizamuddinaulia wrote: Fri Jan 17, 2020 9:18 amazing,
ternyata di Indo mulai ada yang jualan oli dengan data buka-bukaan jeroan oli.
tapi tau bener apa ngga?
Kayaknya kita jg bisa sih nyari data ini Om, cuma mungkin ngga dipublish di halaman depan. Tp pasti ada lah kalo googling
kayaknya cuma oli non mainstream aja yang berani buka-bukaan om, demi ambil pangsa pasar orang yang ngerti.
oli mainstream mah diposting datanya apa kagak jg laku2 aja, even palsunya......
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Tentang PTT ECO 0W20 =

Dari hasil test VOA :
- Ca = 2200 an ppm

- VI = 169

- TBN = 7,5 sekian mg KOH

Dengan kadar Ca 2200 ppm maka penurunan TBN akan berjalam sgt lambat (bisa long Drain)
dan oli bisa menghadapi Bensin Busuk

Rekomen interval 7000 - 8000 km / 7 - 8 bulan Max

Jika odo muter cepet bisa pake 10.000 km dalam 4 - 5 bulan Misal

* bukan seles oli *

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
Screenshot_2020-01-17-16-58-26-474_com.android.chrome.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by maastricht889 »

cumzkeyen wrote: Fri Jan 17, 2020 8:16 Siang om,
Mau tanya, oli schaeffer yg di toped apakah cocok untuk civic fd 2009 ?? Kebetulan mau pake yg 5w30, kondisi mobil jalan 86k km,,
Ato ada rekomendasi lain yg lebih baik atau lebih murah ???
Thanks before
Udah the best kok om, apalg unt karakter honda FD gini. Kl FDnya matic sih, ini cukup menolong om krn power loss nya honda geared AT itu cukup gede. Lbh baik lg kalo ATFnya kuras yg bagusan lbh enteng (sy user RE K24)
dhany760
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Jan 16, 2020 14:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dhany760 »

Turboman wrote: Fri Jan 17, 2020 7:55 di manual book 2KD kan mmg diijinkan sampe 10W30 utk ambient 30 C / up
Oke om Turbo...
Oh ya untuk oli transmisi & gardan 2KD masing2 berapa liter ya? Dulu waktu ganti totalnya 6lt, takutnya kelebihan
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Mantabs sekali. Hasil setara sama eneos yg juga pernah di share om turbo ya. Harga mirip juga sih.

Makasih on Turbo bisa untuk alternatif dipakai buat mesin L15Z
Turboman wrote:Tentang PTT ECO 0W20 =

Dari hasil test VOA :
- Ca = 2200 an ppm

- VI = 169

- TBN = 7,5 sekian mg KOH

Dengan kadar Ca 2200 ppm maka penurunan TBN akan berjalam sgt lambat (bisa long Drain)
dan oli bisa menghadapi Bensin Busuk

Rekomen interval 7000 - 8000 km / 7 - 8 bulan Max

Jika odo muter cepet bisa pake 10.000 km dalam 4 - 5 bulan Misal

* bukan seles oli *

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
Screenshot_2020-01-17-16-58-26-474_com.android.chrome.jpeg
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Boeds »

Kemarin waktu tuang sefer 5w40 6 botol, ga nyadar kalo ada 1 botol ketuang yg 5w30. Waktu belinya memang ada 1 kardus yg nyampur, karena ganjil kelipatannya.

Bakal masalah ga ya... mungkin jadinya 5w37 :D
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sm4 »

alternatif TMO 0-20 buat GNA apa yah?

Dah coba 5-30 nya. Tapi kalau dingin, suara mesin kurang halus. Akhirnya balik 0-20 baru halus pas dingin juga.

Tapi keduanya sama2 ada masalah: kalau dah deket2 6 bulan atau waktu ganti oli (sekitar 7k - 8k), suara mesin pas langsam (idle) tanpa A/C nyala, suka bunyi kletek kletek..

sudah ngeluh ke BeRes dari pertama baru beli. dibilang suara dual vvti nya. dan suara injektor.

pernah perhatiin mobil sejenis yang lain, ya memang suara kletek2 itu ada si... kalau langsam tanpa A/C atau pas A/C cut off ...apa bawaan mesin NR ya?

Dah coba dengerin Calya, Agya, Sienta, pokonya yang pake mesin NR, kalau didengerin bener2..ada itu suara kletek2..kalau pas nyala tanpa ac dan sudah panas.



tapi setelah ganti oli ya hilang itu suara...

atau ganti BBM nya RON 98 juga hilang. pas cerita ke SA, dia cuma senyum dan bilang ya itu bahan bakarnya pak :big_slap:

dalam hati, saya mikir gembor2nya minimal RON 90, dikasi 92 aja masi suka bunyi koq.. dikasi 98 baru ilang tu sama sekali.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Boeds wrote:Kemarin waktu tuang sefer 5w40 6 botol, ga nyadar kalo ada 1 botol ketuang yg 5w30. Waktu belinya memang ada 1 kardus yg nyampur, karena ganjil kelipatannya.

Bakal masalah ga ya... mungkin jadinya 5w37 :D
gak pa pa kalo cuman dikit
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Kalo ngelitik coba purging injector yg sistem infus ke fuel rail

kalo masih juga, bisa ReMap / Unichip utk mundurin timing pengapian

oli 0W20 banyak sekali pilihan, sesuaikan budget aja
sm4 wrote:alternatif TMO 0-20 buat GNA apa yah?

Dah coba 5-30 nya. Tapi kalau dingin, suara mesin kurang halus. Akhirnya balik 0-20 baru halus pas dingin juga.

Tapi keduanya sama2 ada masalah: kalau dah deket2 6 bulan atau waktu ganti oli (sekitar 7k - 8k), suara mesin pas langsam (idle) tanpa A/C nyala, suka bunyi kletek kletek..

sudah ngeluh ke BeRes dari pertama baru beli. dibilang suara dual vvti nya. dan suara injektor.

pernah perhatiin mobil sejenis yang lain, ya memang suara kletek2 itu ada si... kalau langsam tanpa A/C atau pas A/C cut off ...apa bawaan mesin NR ya?

Dah coba dengerin Calya, Agya, Sienta, pokonya yang pake mesin NR, kalau didengerin bener2..ada itu suara kletek2..kalau pas nyala tanpa ac dan sudah panas.



tapi setelah ganti oli ya hilang itu suara...

atau ganti BBM nya RON 98 juga hilang. pas cerita ke SA, dia cuma senyum dan bilang ya itu bahan bakarnya pak :big_slap:

dalam hati, saya mikir gembor2nya minimal RON 90, dikasi 92 aja masi suka bunyi koq.. dikasi 98 baru ilang tu sama sekali.
* Bukan ajakan Beli *
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sm4 »

Turboman wrote: Fri Jan 17, 2020 16:37 Kalo ngelitik coba purging injector yg sistem infus ke fuel rail

kalo masih juga, bisa ReMap / Unichip utk mundurin timing pengapian

oli 0W20 banyak sekali pilihan, sesuaikan budget aja
Persis seperti yang sudah BeRes lakukan tiap service rutin. Entah sistem nya gimana.. saya enggak tau. tapi tertulis ada item purging injector sama injector cleaner.

Dan pasti sembuh sampai sekitar 6 bulan , deket2 jadwal service rutin berikutnya :frm_bang_head:

Belum coba remap/unichip. di kota kecil gini belum ada kayaknya.

kirain ada oli yang lebih bagus dari TMO 0-20, dan bisa hilangin gejala itu ..paling ga, tetep ga ngelitik/kletek2 pas langsam sampai jadwal ganti oli berikutnya..atau smape telat2 dikit lah :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

sm4 wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 17, 2020 16:37 Kalo ngelitik coba purging injector yg sistem infus ke fuel rail

kalo masih juga, bisa ReMap / Unichip utk mundurin timing pengapian

oli 0W20 banyak sekali pilihan, sesuaikan budget aja
Persis seperti yang sudah BeRes lakukan tiap service rutin. Entah sistem nya gimana.. saya enggak tau. tapi tertulis ada item purging injector sama injector cleaner.

Dan pasti sembuh sampai sekitar 6 bulan , deket2 jadwal service rutin berikutnya :frm_bang_head:

Belum coba remap/unichip. di kota kecil gini belum ada kayaknya.

kirain ada oli yang lebih bagus dari TMO 0-20, dan bisa hilangin gejala itu ..paling ga, tetep ga ngelitik/kletek2 pas langsam sampai jadwal ganti oli berikutnya..atau smape telat2 dikit lah :mky_01:
kalo begitu sih kayaknya perlu ada tuning ulang timing pengapian

pake ReMap / UniChip bisa

di kota
- Bandung
- Semarang
- Jogja
- Malang
- Sby
- DPS

semua ada Tuner Remap

- Palembang
- Medan

atau coba aja search gugel / socmed, ReMap di kota anda, siapa tahu udah ada

Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.

Oli 0W20 lebih bagus dr TMO ya buanyakk.....
* Bukan ajakan Beli *
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by yanuarra »

Turboman wrote:
sm4 wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 17, 2020 16:37 Kalo ngelitik coba purging injector yg sistem infus ke fuel rail

kalo masih juga, bisa ReMap / Unichip utk mundurin timing pengapian

oli 0W20 banyak sekali pilihan, sesuaikan budget aja
Persis seperti yang sudah BeRes lakukan tiap service rutin. Entah sistem nya gimana.. saya enggak tau. tapi tertulis ada item purging injector sama injector cleaner.

Dan pasti sembuh sampai sekitar 6 bulan , deket2 jadwal service rutin berikutnya :frm_bang_head:

Belum coba remap/unichip. di kota kecil gini belum ada kayaknya.

kirain ada oli yang lebih bagus dari TMO 0-20, dan bisa hilangin gejala itu ..paling ga, tetep ga ngelitik/kletek2 pas langsam sampai jadwal ganti oli berikutnya..atau smape telat2 dikit lah :mky_01:
kalo begitu sih kayaknya perlu ada tuning ulang timing pengapian

pake ReMap / UniChip bisa

di kota
- Bandung
- Semarang
- Jogja
- Malang
- Sby
- DPS

semua ada Tuner Remap

- Palembang
- Medan

atau coba aja search gugel / socmed, ReMap di kota anda, siapa tahu udah ada

Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.

Oli 0W20 lebih bagus dr TMO ya buanyakk.....
Coolant yg lebih baik brand apa aja ya om turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

yanuarra wrote:
Turboman wrote:
sm4 wrote: Persis seperti yang sudah BeRes lakukan tiap service rutin. Entah sistem nya gimana.. saya enggak tau. tapi tertulis ada item purging injector sama injector cleaner.

Dan pasti sembuh sampai sekitar 6 bulan , deket2 jadwal service rutin berikutnya :frm_bang_head:

Belum coba remap/unichip. di kota kecil gini belum ada kayaknya.

kirain ada oli yang lebih bagus dari TMO 0-20, dan bisa hilangin gejala itu ..paling ga, tetep ga ngelitik/kletek2 pas langsam sampai jadwal ganti oli berikutnya..atau smape telat2 dikit lah :mky_01:
kalo begitu sih kayaknya perlu ada tuning ulang timing pengapian

pake ReMap / UniChip bisa

di kota
- Bandung
- Semarang
- Jogja
- Malang
- Sby
- DPS

semua ada Tuner Remap

- Palembang
- Medan

atau coba aja search gugel / socmed, ReMap di kota anda, siapa tahu udah ada

Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.

Oli 0W20 lebih bagus dr TMO ya buanyakk.....
Coolant yg lebih baik brand apa aja ya om turbo?
Coolant OEM tambah Redline water wetter

atau pakai Engine ice

Btw utk purging injector sistem infus sebaiknya liat prosedur nya spt apa, benar gak pake tabung en selang masuk ke fuel rail
* Bukan ajakan Beli *
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sm4 »

Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 6:51
Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.
Ini GNA om. Avanza 2016. :mky_01:

Coolant udah perna dikuras sama BeRes. pas service 40k apa ya. nanti coba tak lihat service record lagi.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by kompresorz »

Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 6:51

pake ReMap / UniChip bisa

di kota
- Bandung
- Semarang
- Jogja
- Malang
- Sby
- DPS

semua ada Tuner Remap

- Palembang
- Medan

atau coba aja search gugel / socmed, ReMap di kota anda, siapa tahu udah ada

Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.

Oli 0W20 lebih bagus dr TMO ya buanyakk.....
dangeros...

remap remapan....

tar orang kejeblos...

no no no...


kasian
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

sm4 wrote: Fri Jan 17, 2020 15:34 alternatif TMO 0-20 buat GNA apa yah?

Dah coba 5-30 nya. Tapi kalau dingin, suara mesin kurang halus. Akhirnya balik 0-20 baru halus pas dingin juga.

Tapi keduanya sama2 ada masalah: kalau dah deket2 6 bulan atau waktu ganti oli (sekitar 7k - 8k), suara mesin pas langsam (idle) tanpa A/C nyala, suka bunyi kletek kletek..

sudah ngeluh ke BeRes dari pertama baru beli. dibilang suara dual vvti nya. dan suara injektor.

pernah perhatiin mobil sejenis yang lain, ya memang suara kletek2 itu ada si... kalau langsam tanpa A/C atau pas A/C cut off ...apa bawaan mesin NR ya?

Dah coba dengerin Calya, Agya, Sienta, pokonya yang pake mesin NR, kalau didengerin bener2..ada itu suara kletek2..kalau pas nyala tanpa ac dan sudah panas.



tapi setelah ganti oli ya hilang itu suara...

atau ganti BBM nya RON 98 juga hilang. pas cerita ke SA, dia cuma senyum dan bilang ya itu bahan bakarnya pak :big_slap:

dalam hati, saya mikir gembor2nya minimal RON 90, dikasi 92 aja masi suka bunyi koq.. dikasi 98 baru ilang tu sama sekali.
Ga kebalik ya om? Biasanya kalau oli lebih kental justru lebih halus mesinnya. Pakai oli apa emang?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

kompresorz wrote:
Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 6:51

pake ReMap / UniChip bisa

di kota
- Bandung
- Semarang
- Jogja
- Malang
- Sby
- DPS

semua ada Tuner Remap

- Palembang
- Medan

atau coba aja search gugel / socmed, ReMap di kota anda, siapa tahu udah ada

Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.

Oli 0W20 lebih bagus dr TMO ya buanyakk.....
dangeros...

remap remapan....

tar orang kejeblos...

no no no...


kasian
ya ini pintar2 nya si konsumen aja......ReMap / Unichip cuman buat mundurin Timing busi aja, bukan utk naekkin power

Karena mobil ber ECU masa kini kan gak bisa setel Timing busi sendiri kayak mesin dgn Distributor zaman dulu pake Timing light

sebelum masuk bengkel wajib doa dulu spy gak kemakan omongan Tuner nya



* Bukan ajakan Beli *
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by yanuarra »

Turboman wrote:
yanuarra wrote:
Turboman wrote:kalo begitu sih kayaknya perlu ada tuning ulang timing pengapian

pake ReMap / UniChip bisa

di kota
- Bandung
- Semarang
- Jogja
- Malang
- Sby
- DPS

semua ada Tuner Remap

- Palembang
- Medan

atau coba aja search gugel / socmed, ReMap di kota anda, siapa tahu udah ada

Atau coba ganti coolant dgn yg lebih baik, krn radiator LCGC kan agak pas2 an.

Oli 0W20 lebih bagus dr TMO ya buanyakk.....
Coolant yg lebih baik brand apa aja ya om turbo?
Coolant OEM tambah Redline water wetter

atau pakai Engine ice

Btw utk purging injector sistem infus sebaiknya liat prosedur nya spt apa, benar gak pake tabung en selang masuk ke fuel rail
Redline water wetter beli dmn ya om?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by rendr »

Report 1st impression pake oli yg konon di produksi sekitar 2004-2008...
Segel ok masih rapet bener
Pas di tuang jg msh bening

Udh nyisain +-100-150ml buat test lab..
0118201519.jpg
0118201512.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

rendr wrote:Report 1st impression pake oli yg konon di produksi sekitar 2004-2008...
Segel ok masih rapet bener
Pas di tuang jg msh bening

Udh nyisain +-100-150ml buat test lab..
0118201519.jpg
0118201512.jpg
oli stok lama wajib kocok dulu sebelum tuang

krn biasanya Calcium / Ash additip nya suka misah
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by rendr »

Turboman wrote: Sun Jan 19, 2020 2:18
rendr wrote:Report 1st impression pake oli yg konon di produksi sekitar 2004-2008...
Segel ok masih rapet bener
Pas di tuang jg msh bening

Udh nyisain +-100-150ml buat test lab..

0118201519.jpg0118201512.jpg
oli stok lama wajib kocok dulu sebelum tuang

krn biasanya Calcium / Ash additip nya suka misah
Yes sesuai arahan om sedari dulu kala.. udah ane kocok bolak balik sekalian cek segel apa ada yg rembes.. so far so good

:frm_salut:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.