Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?kingpower wrote: ↑06 Dec 2021, 16:48 Om chz pas ganti oli cek dipstick dulu ga? Apakah ada penurunan kapasitas oli?
Kemaren minggu baru aja ganti oli di bengkel rekanan brightmart pake valvoline synpower 0w20 beli di jd.id. Pas cek dipstick ternyata udah setengah kurang banyak. Oli sebelumnya pake amsoil OE 5w30. Oli dipakai baru 5300an KM. Tapi lumayan sering nyalain mesin di parkiran sih. Apa ngaruh banyak ya kalo begitu?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11582
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Saya pikir, logika manual book knp ngecek dlm kondisi mesin setelah hidup (hangat) dan diamkan 3 menit?
- memastikan gak kekurangan oli ketika mesin bekerja
- memastikan oil pan punya cadangan oli yg cukup ketika oli bersirkulasi, atau terjadi penguapan yg tidak kita ketahui ketika mesin hidup
Intinya.. selama masih dalam batas antara titik Full dan Low, aman koq.
Ini relevan dgn bahasan mbah suhu omni, kenapa perlu ngecek dan ganti atf girboks di suhu tertentu.
- memastikan gak kekurangan oli ketika mesin bekerja
- memastikan oil pan punya cadangan oli yg cukup ketika oli bersirkulasi, atau terjadi penguapan yg tidak kita ketahui ketika mesin hidup
Intinya.. selama masih dalam batas antara titik Full dan Low, aman koq.
Ini relevan dgn bahasan mbah suhu omni, kenapa perlu ngecek dan ganti atf girboks di suhu tertentu.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11650
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
nah itu yg di bold ga afdolkingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11650
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
sepakat mbahProfith83 wrote: ↑07 Dec 2021, 10:55 Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: 06 Mar 2016, 15:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.Suryaputra wrote: ↑06 Dec 2021, 17:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?
According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)
2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Siap noted mbah thank you infonya.
Aman harusnya om ga ada rembes.ChZ wrote: ↑07 Dec 2021, 11:00 setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannyaOmnibus wrote: ↑07 Dec 2021, 16:37nah itu yg di bold ga afdolkingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1306
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Wo ai ni mbah panutan ku, memang benar teori & praktek mesti sejalanOmnibus wrote: ↑07 Dec 2021, 16:40sepakat mbahProfith83 wrote: ↑07 Dec 2021, 10:55 Kalau saya sama sekali belum dinyalain.
Kalau tap oli lama, kemudian isi oli baru misal tertera di buku manual kapasitas 3.5 liter.
Setelah diisi 3.5 liter. sebelum mesin dihidupkan, memang benar di dipstick pass di F.
Artinya memang test pass kondisi oli dalam keadaan dingin
berarti mbah a true DIYer, praktek n teori sejalan
Cek oli itu simple, gak perlu teori muter sana-sini cukup ikutin logika kayak om Profith83
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11582
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,kingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 16:50Nah itu mbah saya kurang perhatiin pas dulu. Karena memang mobil nguli dan dipakein oli yang mungkin bisa dikatakan bagus makanya jadi ga concern hahaha.Suryaputra wrote: ↑06 Dec 2021, 17:01
Ohh,
Wkt masih pakai amsoil ss, kondisinya gmn?
According to manual book..
1. Cek dipstick ketika mesin anget, setelah dinyalain, trus mesin off dan diamkan 3 menit (di jalan datar)
2. Buka dipstick, posisi oli mesin hrs ada di antara titik atas (full) dan titik bawah (low)
Siap noted mbah thank you infonya.
Aman harusnya om ga ada rembes.ChZ wrote: ↑07 Dec 2021, 11:00 setengah kurang banyak ?? enjin dan oil filter aman masangnya gak ada yang rembes ?
saya klo selama ini rutin cek itu hari minggu waktu mobil ngga dipake sih. dicuci sekalian dicek level fluidnya semua sejauh ini aman aman. sempet juga pake amsoil OE 5w30 malah dipake ampe oil life abis setaun masih nggapapa.
klo di L15B7 ini masalahnya kan justru overfill (excessive dilution) ini kok malah kurang banyak apa mgkn kayak mbah omni bilang mesin abis dinyalain olinya blm balik ke oilpan semua.
Nah iya bisa jadi sih om soalnya memang kemaren sempet nyalain mesin untuk pindahin mobil sebelum ganti oli, jadi yang mbah omni bilang memungkinkan. Saya juga lupa euy foto dipstick sebagai kenang2an. Next nya pas ganti oli saya cek lagi deh apakah ada kekurangan volume oli, tentunya dengan SOP yang disarankan mbah2 disini.
Iya mbah mungkin karena sempet nyalain jadi sirkulasi olinya belum sampe ke oil pan lagi. Nanti saya cek lagi deh pas ganti oli berikutnya dengan SOP yang sesuai. Terima kasih mbah sarannyaOmnibus wrote: ↑07 Dec 2021, 16:37nah itu yg di bold ga afdolkingpower wrote: ↑07 Dec 2021, 10:42
Ngeceknya dibengkelnya om. Pas sampai bengkel ga langsung dicek karena antri. Cuma memang ada moment dimana pindahin mobil dari waiting area ke maintenance area sih.
Kalo cek oli di pagi hari itu pas mesin belum dinyalain atau mesin dinyalain terus tunggu 5 menit baru cek dipstick om?
pagi hari (atau siang sore malem) gpp yg penting mobil udah lama ga dinyalain. lantai rata ya.
sy ga pernah pake metode yg nyalain trus tunggu 5 menit baru periksa. sebab ini kl pagi dicek malah bisa jadi lebih tinggi dr batas F n konon utk sebagian mobil menjadi root cause seal rembes.
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.
Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb
Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni
Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin
2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: 06 Mar 2016, 15:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Noted mbah. Kemaren juga pas cek masih di level antara F dan low sih jadi masih santai saya dan memang pas interval ganti oli di 5000 km. Thank you mbahSuryaputra wrote: ↑07 Dec 2021, 17:14 Ngecek oli mesin dalam kondisi setelah ditap mah simple,
Ikutin aja kapasitas manual book, dan kurangin dikitt.
Cek dipstick, biasanya ada di posisi F.
Tapi setelah dipakai 1 2 3 bulan, ya agak lain crita.
Ada faktor kemungkinan nguap, nyangkut di engine head, daleman camshaft, dsb
Sama kayak check level atf girboks kasus jazz nya mbah omni
Klo saya gak ambil pusing...
Mau dipanasin dulu kek, mau kondisi dingin kek...
Yg ptg:
1. garis olinya between titik atas (max) dan titik bawah (low).
Itu tolerable indicator buat oli mesin
2. Metode cek berkala, konsisten (mau waktu pagi msh dingin blm nyala, atau ikut teori manual book).
Karena klo metodenya sama, jadi tau ada penguapan signifikan apa nggak.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
jadi inget kamar sebelah teori mutar muter mesin dibilas migor segala
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11582
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Bisa naikin HP loh migor
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2845
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Paling bener pake peresan minyak FRD ..
Semua metal langsung kinclong ; rapet; licinnn ..
Oli merk nganu mah lewat
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1306
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Lumayan buat hiburan mbah ... lah wong bumi bulat aja diperdebatkan, walau sdh dikasih bukti kuat.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11582
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada
Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1306
- Joined: 02 Nov 2016, 08:59
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Pantesan harga migor di pasaran melejit tinggi mbah, bikin emak-emak bingung atur uang belanja bulanan.Suryaputra wrote: ↑08 Dec 2021, 11:03Komunitas migor dan bumi bulat di LN sono jg ada
Migor buat oli mesin,
Liat komen2nya jg koplak
Ternyata bapak-bapak juga suka berkreasi dgn migor
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 21 Mar 2022, 15:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: CRV Trubo 2018
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Pada booster rem electric kadang muncul bunyi cetek.. cetek.. cetek.. tapi kalau pedal rem diinjak bunyinya hilang... tapi semua kondisi rem tangan, hold brake, dan rem kaki dapat berfungsi normal.. apa ya yang menjadi penyebabnya? mungkin ada yang bisa bantu kasih ulasan...
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Maintenance update :
odo read : 25 ribuan.
Jobs done :
- Engine Oil change (FK Elite 0W-20) 640ribu
- Oil Filter 75ribu
- CVTF Replacement (FK CVT B) 590ribu
Total jendral 1.3juta.
Troubles : None.
Wearables : Ban SP Sport Maxx 050 yang entah knp udah ngintip2 ke TWI yang depan. mungkin tahun depan ganti.
Additional Mods : ECU Remap stage 2 (boost max 19-20psi). tapi lebih bukan buat ngejar performa sih, biar kurva torsinya lebih gendut aja krn kadang-kadang gemes juga di bawah 3000 rpm rasanya ngeden banget.
tetep gak bisa se-agresif civic krn banyak limitations buat low RPM boostnya, tp sekilas tadi pulang dari bengkelnya buat sodok2an lebih enak, ngga pake acara ngeden.
odo read : 25 ribuan.
Jobs done :
- Engine Oil change (FK Elite 0W-20) 640ribu
- Oil Filter 75ribu
- CVTF Replacement (FK CVT B) 590ribu
Total jendral 1.3juta.
Troubles : None.
Wearables : Ban SP Sport Maxx 050 yang entah knp udah ngintip2 ke TWI yang depan. mungkin tahun depan ganti.
Additional Mods : ECU Remap stage 2 (boost max 19-20psi). tapi lebih bukan buat ngejar performa sih, biar kurva torsinya lebih gendut aja krn kadang-kadang gemes juga di bawah 3000 rpm rasanya ngeden banget.
tetep gak bisa se-agresif civic krn banyak limitations buat low RPM boostnya, tp sekilas tadi pulang dari bengkelnya buat sodok2an lebih enak, ngga pake acara ngeden.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Kemarin ada keperluan mendadak di jakarta.... Sebelah hotel ada cap kerang. Iseng iseng isi deh kerang vpower ron95. Kali2 ganti suasana dari pturbo wkwkwkw.
Krn udah remap map 98... Power nya ngga se meledak pakai turbo. Timing berasa agak mundur. Tapi irit nya beda sekitar 5-10% sih. Lbh irit pake kerang. Pake turbo 1:12, kerang bisa 1:13. Pdhl kerang udah sambil macet macetan.
Suara mesin agak lebih halus wkwkwk soalnya kadang berasa gak kenceng pdhl speedo udah 130-140.
Krn udah remap map 98... Power nya ngga se meledak pakai turbo. Timing berasa agak mundur. Tapi irit nya beda sekitar 5-10% sih. Lbh irit pake kerang. Pake turbo 1:12, kerang bisa 1:13. Pdhl kerang udah sambil macet macetan.
Suara mesin agak lebih halus wkwkwk soalnya kadang berasa gak kenceng pdhl speedo udah 130-140.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: 11 Apr 2019, 17:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
- Contact:
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Ane juga langgan v power, memang lebih halus mesinnya trus lebih irit. Ntah dikasi formula apa bisa gitu. Tp kalo mau nyodok2 sama ngejer 200km tetep enak per turbo.
Kalo vpower nitro 98 gk semua spbu cap kerang ada jadi jarang pakai.
Kalo vpower nitro 98 gk semua spbu cap kerang ada jadi jarang pakai.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Nggak salah yak emang pantesan kok irit betul. Pdhl arah pulang lbh banyak hard brakingnya (fkin roadwork gak kelar2 di cipali).
Berangkat nyantai MID malah cuma dapet 12.2 nyampe hotel di grogol. Pulang rada ngaspolll masih 13.0 nyampe rumah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: 11 Apr 2019, 17:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
- Contact:
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Td balik ke jakarta isi kerang dulu di cirebon. Bawa santai, gk berani sruntul sruntul byk truk di cipali. Dari tempat isi kerang sampe rumah menempuh 249 km. Mayan irit nih bensin.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: 04 Nov 2018, 11:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Gak pernah gitu perhatiin lbh irit yg mana, tapi emang kerang lebih halus, pertabo terasa lbh narik tapi suara mesin terasa lebih kasar. Jd lebih milih kerang 98, tp kalau pertabo jauh lbh murah rela pindah ke pertabo. Hahahaa..ChZ wrote:Nggak salah yak emang pantesan kok irit betul. Pdhl arah pulang lbh banyak hard brakingnya (fkin roadwork gak kelar2 di cipali).
Berangkat nyantai MID malah cuma dapet 12.2 nyampe hotel di grogol. Pulang rada ngaspolll masih 13.0 nyampe rumah
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
wah kalo kerang 98 ane malah blom nemu kemarin nemu pom bensinnya yang deket hotel kebetulan adanya kerang wkwkwkkw. mo muter2 takut nyasar gak paham jakarta
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Maintenance report.
Jadiii sudah hampir 5 tahun pake mobil ini gak berasa. Itungan mobil jarang pake dan sekali pake langsung hajar transjawabahn isi 5 orang + barang. Sekalian aja di servis besar.
Odo read : 35ribu sekian.
Items :
Ganti oli Q8 0W-20 D1g2 - karena ada sisaan dari lalu2 lumayan ngirit cuma beli 2 botol aja.
Ganti oli CVTF FK For Honda - ada sisaan juga belinya cuma 2 liter.
Engine tune up + stel klep.
Kuras minyak rem + bersihkan rem.
Temuan lain dari general check :
Disc brake geter - tambahan item bubut disc brake.
PCV valve udah kempot. (sama kayak civic)
Kaki-kaki so far masih aman, shock belum meler. untuk pemakaian di abuse surprisingly kuat ini kaki-kakinya. Klep kata mekaniknya udah longgar semua. wkwkwkkwkw. setelah di stel klep enaknya tenaga makin smooth nyalurnya gak lompat-lompat. jd yang punya CRV / Civic turbo wajib banget stel klep berkala.
Total DC :
Oli beli sendiri - 800 ribuan di Kudamas Anjasmoro
Engine tune up, servis rem, bubut discbrake - 1.9juta di Garage Plus Sri Rejeki Raya.
total +- 2.7 juta.
Jadiii sudah hampir 5 tahun pake mobil ini gak berasa. Itungan mobil jarang pake dan sekali pake langsung hajar transjawabahn isi 5 orang + barang. Sekalian aja di servis besar.
Odo read : 35ribu sekian.
Items :
Ganti oli Q8 0W-20 D1g2 - karena ada sisaan dari lalu2 lumayan ngirit cuma beli 2 botol aja.
Ganti oli CVTF FK For Honda - ada sisaan juga belinya cuma 2 liter.
Engine tune up + stel klep.
Kuras minyak rem + bersihkan rem.
Temuan lain dari general check :
Disc brake geter - tambahan item bubut disc brake.
PCV valve udah kempot. (sama kayak civic)
Kaki-kaki so far masih aman, shock belum meler. untuk pemakaian di abuse surprisingly kuat ini kaki-kakinya. Klep kata mekaniknya udah longgar semua. wkwkwkkwkw. setelah di stel klep enaknya tenaga makin smooth nyalurnya gak lompat-lompat. jd yang punya CRV / Civic turbo wajib banget stel klep berkala.
Total DC :
Oli beli sendiri - 800 ribuan di Kudamas Anjasmoro
Engine tune up, servis rem, bubut discbrake - 1.9juta di Garage Plus Sri Rejeki Raya.
total +- 2.7 juta.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: 04 Nov 2018, 11:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Seputar 2018 Honda CR-V Turbo CVT : Review, Issues, Problems
Thanks om ChZ atas sharing nya.ChZ wrote:Maintenance report.
Jadiii sudah hampir 5 tahun pake mobil ini gak berasa. Itungan mobil jarang pake dan sekali pake langsung hajar transjawabahn isi 5 orang + barang. Sekalian aja di servis besar.
Odo read : 35ribu sekian.
Items :
Ganti oli Q8 0W-20 D1g2 - karena ada sisaan dari lalu2 lumayan ngirit cuma beli 2 botol aja.
Ganti oli CVTF FK For Honda - ada sisaan juga belinya cuma 2 liter.
Engine tune up + stel klep.
Kuras minyak rem + bersihkan rem.
Temuan lain dari general check :
Disc brake geter - tambahan item bubut disc brake.
PCV valve udah kempot. (sama kayak civic)
Kaki-kaki so far masih aman, shock belum meler. untuk pemakaian di abuse surprisingly kuat ini kaki-kakinya. Klep kata mekaniknya udah longgar semua. wkwkwkkwkw. setelah di stel klep enaknya tenaga makin smooth nyalurnya gak lompat-lompat. jd yang punya CRV / Civic turbo wajib banget stel klep berkala.
Total DC :
Oli beli sendiri - 800 ribuan di Kudamas Anjasmoro
Engine tune up, servis rem, bubut discbrake - 1.9juta di Garage Plus Sri Rejeki Raya.
total +- 2.7 juta.
Saya punya sudah jalan 5 tahun 3 bln, 80k km. Going strong di engine. Perawatan standar, oli pakai standar pabrikan epro turbo, cvt oil pun pabrikan. Ke beres pun hanya selama masa garansi aja, sesudahnya di bengkel biasa aja/specialist.
Kaki2 ya begitulah..
Rem depan kiri kadang bunyi tikus, bolak balik beres penyebab blm ketemu, ban kiri belakang selalu habis gak rata bagian dlm bolak balik spooring bakancibg di beres maupun di spesialis sama aja, kalau belok patah (ketika parkir) stir terasa seret di putaran terakhir (kayaknya rack steer), kalau belok patah dr berenti mau jalan bunyi “teng” kayak ada besi ketarik bunyi nya pelan banget, kayaknya bearing shock perlu ganti, kalau menurut beres harus ganti keseluruhan. Sementara blm dibenerin, krn gak terlalu mengganggu, gak ada waktu, dan pengen ganti gen 6.
Tapi setelah lihat harganya 800jt, jd galau, apakah worth sebuah CRV harganya 800jt. Huhuhuu…
Lagi cari opsi2 lain.. dan sementara blm ada yg sreg
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 59 Replies
- 8086 Views
-
Last post by Frenzyking
-
- 75 Replies
- 15759 Views
-
Last post by Syauqi
-
- 93 Replies
- 13425 Views
-
Last post by laksanice
-
- 18 Replies
- 2900 Views
-
Last post by humairaassyifa
-
- 2 Replies
- 3369 Views
-
Last post by timbermaniac123
-
- 5 Replies
- 1200 Views
-
Last post by Flox2011
-
- 5 Replies
- 808 Views
-
Last post by HaykelAdityawarman
-
- 2 Replies
- 244 Views
-
Last post by Ridhobramantio
-
- 52 Replies
- 10127 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 3 Replies
- 3538 Views
-
Last post by inobody