[ASK] BRV saya getar di kecepatan sekitar 90-120km/jam

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

coolboybangetz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 06 Nov 2019, 17:40
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda BRV CVT E dan Suzuki All New Swift AT

Re: [ASK] BRV saya getar di kecepatan sekitar 90-120km/jam

Post by coolboybangetz »

Suryaputra wrote:
08 Nov 2019, 16:59
iwing wrote:
08 Nov 2019, 16:47
mantep juga ya bisa 160. udh buka limiter kayaknya
BRV limitnya sampai 170 km/h klo gak salah.
lebih tinggi dr mobilio dan brio.
Kalau di speedo sih jarumnya udh di 170, mentok jarum kan 180. Pembacaan speed di waze 160. itu dapet di Rpm 5.500

Anggerock
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 19 Jul 2020, 13:12
Daily Vehicle: Honda brv

Re: [ASK] BRV saya getar di kecepatan sekitar 90-120km/jam

Post by Anggerock »

WAAAH MASALAHNYA SAMAAA
speed 90-120 geter diatas itu ilang, lepas gas ilang
besok saya coba ke bengkel yg om ceritian deh

Semoga membaik

Makasih
coolboybangetz wrote:
08 Nov 2019, 13:17
Suryaputra wrote:
06 Nov 2019, 19:33
coolboybangetz wrote:
06 Nov 2019, 18:10


Bro, kasusnya sama dengan BRV E CVT 2016 yang ane bawa sekarang. Dulu pada awalnya getaran dari 120 Kpj ke atas baru terasa, sekarang di 90 Kpj sudah terasa sampai 120 Kpj, ditambah kecepatan lagi diatas 120 Kpj agak redaan getarannya tapi masih terasa. ANehnya getaran hanya muncul saat digas, saat lepas gas malah hilang.

Lalu gw bawa ke Honda Mitra Jatiasih sekalian servis rutin, analisanya driveshaft RH yang bermasalah, katanya as driveshaftnya bengkok dan gw ditanya-tanya apa pernah hajar lubang atau senggol sesuatu. Gw sendiri belum pernah ngerasa separah itu ngejalanin mobil dan gw bayangin lagi posisi driveshaft kalau sampai bengkok kenapa lower arm RH malah gak kenapa-kenapa, yang notabene posisi driveshaft agak terkurung di tengah-tengah. Kalau membentur sesuatu, pastinya lower arm yang akan kena duluan ketimbang driveshaft. Biaya ganti driveshaft dll nyaris 10jt, gw pending dulu deh. Driveshaft RH assy 5,5jt, jasa ganti driveshaft 330rb. Embel-embelnya ada ganti lower arm kanan-kiri, seal apa lagi banyak beud.

Gw keluar dari Honda lalu cari bengkel spesialis kaki-kaki, dapetlah bengkel di daerah Cileungsi. Gw ceritain kronologisnya yg aneh. Coba tes jalan ama bengkelnya, bener si mekanik ngerasa yang sama. Coba mobil di jackstand lalu di running posisi roda terangkat, getarannya masih ada saat 90 Kpj. Cek lebih lanjut di driveshaft RH ternyata-eh-ternyata analisa kerusakannya bisa dapat lebih spesifik. Driveshaft kan ada 2 CV Joint (outer dan inner), nah joint yg inner / dalam lah biang keroknya. Coba dilepas itu driveshaft dan ditengok CV Joint yg dalem, ditemukanlah greasenya sudah kering, boothnya kendor, dan alur rollernya berkarat dan agak bercoak dikit permukaan dalamnya. Sehingga antara roller dengan housing jointnya ada jeda yang bikin oblak. Dan ternyata CV Joint itu bisa dilepas dan dijual terpisah, jadi tidak perlu ganti driveshaft assy yang harga dealernya 5,5jt.

Sayang sparepartnya disana lagi kosong, jadi tadi cuman di greasing ulang joint kanan-kiri, booth ganti baru yg kanan, ganti karet support shockabsorber kanan-kiri (karena ada suara gluduk-gluduk kecil dari roda depan kalau lewat jalan cor) dan jasa bongkar-pasang kanan-kiri habis 990rb. Sedangkan kalau nanti ganti CV Joint, estimasi harga barangnya sekitar 900rb (nanti gw mau kroscek di lapak online harga pasarannya).

Demikian report gw, tar gw update lagi perkembangannya kalau udah ganti CV joint yg dalem nya. Cussss...
:mky_08:
Wah perlu siap2 nih 5 thn lagi, bookmark dulu

https://www.google.com/amp/s/m.tokopedi ... nt-mobilio

:mky_01:
Update goodnews nih Gan, akhirnya gw batal ganti CV Joint yang baru. Setelah gw re-greasing kemarin dengan grease baru, ternyata penyakit sembuh borrrr... Modal grease doang. Gw udah tes lari 160 lalu ngerem sampai 80, terus gas lagi ke 160 amannnn... aluuuuus lagi kayak semula. Mungkin penyebab getaran karena posisi joint yang tidak bisa mengikuti gerakan si roda, jadinya tidak center shaftnya dan jadi tidak balance perputaran shaftnya. Boleh di coba borrrr, kalo getar dari driveshaft coba dulu di regreasing semua CV Joint nya.

Oiya gw kemarin ke bengkel YPS Puja - spesialis kaki kaki di Narogong, ini map nya :
https://g.page/ypscilengsi?share

Post Reply