Di sini saya mau review tapi lebih tepatnya apa aja yang dah dilakui dalam merawat si mazda 2 skyactiv keluarin 2015, yg saya beli second di tahun 2018 awal (kisaran maret). Mungkin bisa dianggap lanjutan dari viewtopic.php?f=64&t=26501. ngambil di 32 ribu KM, sekarang sudah 69.[cencored] KM
Lgsg aja deh ke sesi cerita-curhatnya...
Untuk kelebihan ni mobil, ya rasanya sudah banyak yg bahas ya..... in overall menurut saya cukup oke .. ...mesin standar cenggo gitu2 aja lah menurut saya, ga yg wow banget...
Saya bukan orang yg terlalu sensitif banget bisa liat dimana torque enak dll..tapi menurut saya tarikan baru berasa di rpm 2400an rasanya (beda ama mesin L15 yg dari injek gas kok menurut saya dah mayan tarikannya). Transmisi 6AT-nya mayan oke lah, walaupun kalau dah tanjakan curam dia suka kurang cepat nurunin gigi ke 1. 100 km/h di 2000-2200 tergantung kontur jalan...
Nah berikut ini adalah perihal maintenance-nya....
1. Mesin dan Transmisi
Di sektor permesinan sih untuk urusan oli, ni mobil bisa nenggak buntut -20 dan buntut -30.... untuk mobil owe dah pernah nenggak oli mazda sendiri 5w30, Aral 5W30, kendall 0w20, unil opal 0w-20 dan ptt 5w-30.....

Busi juga pernah pake tjap "minyak rambut" dan berakhir di 25 ribuan KM..... saran saya kalau busi stay OEM atau pakai lah yg memang pemain busi cem NGK.


Untuk sektor intake, pernah dilakukan bersih2 oleh mbah Marmut di 50 ribuan KM. Setelah bebersih intake sih berasa mobil lebih ringan n responsif ya. Modal DCS dan Megacools carb cleaner.
Sektor tranny....penggantian di interval 35-40k (kalau mau lebih pendek lg ya lebih baik) dah paling pas.... kalau bukman sih bilangnya kalau ga salah lifetime/100k KM....tapi di 37k KM aja dah agak berasa shifting sedikit kasar serta agak makin telmi. Better lebih rutin ganti aja toh ini minta spek LV (encer). Untuk oli tranny sepengetahuan saya bisa pake Q8 AutoMV dan PTT ATF LV. Untuk di unit ogut, ogut pake Q8 AutoMV dan menurut salah satu kawan yg pernah pinje ni mobil (beliau pengguna juga) sih bilangnya berasa smooth ketimbang mobil dia.

2. Seputaran AC
Bagian ini juga yg agak perlu diperhatikan....
3 bulan setelah ngambil ni mobil entah kenapa kalau high RPM dan AC nyala ada bunyi ngiiiinggggg a.k.a High Pitch Noise..... awalnya ane biarin aja bodo dah... lama2 ni mobil kalau kena macet2an kok AC berasa makin panas dan kalau idle n ac cetek nyala juga lgsg ngingggg. Bawa ke tukang ac langganan, dibilang keknya ada bocor ni karena tekanan freon agak berkurang....
Berhubung waktu ntuh ni mobil masi garansi menjelang akhir, lgsg buru2 bawa ke BeRes di BSD yg skarang sudah berganti jd merk warna kuning. Disitu divonis condenser ada retak2 kecil akibat kerikil dan karena sudah beberapa waktu (rasanya cuman 1-2 bulan) kompresornya kena rusak juga akibat kurang pelumas.....jailahhhh ni mobil napa coba waktu itu mikirnya.. Singkat cerita, klaim garansi dan diganti keduanya. Jika ganti sendiri tanpa garansi serta mencoba niat beli di BeRes maka harganya seperti di bawah (better cari di tukang2 AC, mereka mau inden dan ga semahal di bawah)
Setelah itu ane pikir2 ini kok mobil grill bawahnya gede bener mangapnya...jgn2 kerikil pada nabok dari situ. Sekarang akhirnya mobil udah dipasang jaring tambahan... Hasilnya condenser bersih dari kerikil2 dan mudah2an awet ke depannya.
...... kirain masalah AC berakhir.... namun .....
di awal 2019 kembali lg berulah tapi kali ini untungnya selang Low Pressure aja yg tumbuh retak2 alus. Akhirnya ke rotar* bintar* di cabang GS untuk ganti selang low press... BeRes minta >1 juta untuk selang ini, di rotar* ga sampe sejuta.


Selang gede melintang itu yg merupakan si low press.
Tiga komponen di atas ini kalau liat2 di forum sebelah sih rasanya termasuk mayan sering nongol.


3. Suspensi dan saudara2nya
Awal ngambil ni mobil yg ane sering pantau di forum2 sbelah maupun ini adalah kaki2....
Sering baca suka jedug kalau lewatin polisi tidur dan setir bunyi krek2 (kresek2 cem plastik digesek) kalau dibelok2in....
yakkk ..... ini pun kejadian di saya dan sejauh ini untuk jedug masih misteri ilahi......
Awal2 datang sudah pernah klaim shock support.... sempat hening beberapa bulan lalu bunyi jedug lagi. Dah dicek tierod, ball joint sih aman ya...
Singkat cerita beberapa minggu terakhir merasa ni mobil dah mayan glodakan dan setir kalau diputer2 kresek2 lagi (biasa semprot2 silicone dari atas dah hilang masalahnya dan agak lama baru muncul lg.....ini lgsg muncul sih setelah satuan hari).
Akhirnya coba ganti shock depan pake punya CX-9 based on P/N-nya
Untuk shock belakang pake punya mazda 2 lama (tp ini harus sedikit modip dengan ngebor body sisi dalem karena bersinggungan) lalu strut bearing untuk shock depan yg mana merupakan biang kerok setir bunyi kresek2 kalau diputer.
Shock belakang pake Monroe OESpectrum.
Setelah ganti parts2 ini sih mobil terasa lebih firm n ga glodakan. Selap selip atau lewat speed trap, pantat ga ngebuang lg. Beli parts2 ini online dan lagi2 pasang di mbah marmut....dimana ketika saya datang beliau lg asik nyangklong.....


Rasanya sharingnya cukup segini dulu.....
Berikut penampakan mobilnya: