rafitohumam wrote: ↑25 May 2022, 23:43
Omnibus wrote: ↑25 May 2022, 21:27
rafitohumam wrote: ↑25 May 2022, 21:05
Wih hebat banget mbah, langsung nemu hehe...
Disclaimer ga bermaksud jelekin sih sayanya. Kebetulan ada kontrak kerjasama waktu bulan itu, jadi sekalian nyobain ATFnya. Ternyata ga jodoh sama mobil, pusyinggg
wah bener ya? hahaha cuma nebak pdhl
itu ceritanya gimana kok bisa jebol gitu sih. kl pengertian ai yg nubi ini, di dalam valve body ada solenoid2 utk ngatur posisi gigi dan shifting. itu posisi terendam oli memang. bahkan di bbrp mobil tcm nya ada di dalam gearbox juga yg terendam. oli juga. mungkin kl m2 sky tcm nya diluar, ai ga gitu tau, tapi ...
nah kl valvebody ikutan diganti berarti ada solenoid2 yg korslet dan korsletnya juga bikin tewas tcm sbg power supply unit ke solenoid2 tsb. bisa korslet itu krn ada cairan atau impurities yg bersifat konduktif (penghantar listrik) lbh drpd konduktifitas oli (yg sesuai spec).
pertanyaannya: apakah om pernah lewat banjir sehingga ada kemungkinan itu oli dlm gearbox tercemar air?
trus juga apakah ada serpihan2 metal gitu pas di drain olinya tsb?
moga2 om mau sharing spy kita bisa dpt pengalaman juga tanpa perlu merasakannya om. n so sorry ini terjadi sm om sampe bikin pusying.
Wahahaha nubi apanya mbah, merendah gini nih
Mobil gak pernah kebanjiran sama sekali om, rumah saya tinggi..
Oke oke saya ceritain ya..
November 2021 saya servis mobil, full tuneup, ganti oli, ganti atf, bla bla bla
Singkat cerita sehabis nuangin ATF yang baru itu, mobil nyala, clear code, tes jalan, dll. Pas mau balik dari bengkel (habis tes jalan, spekulasi mesin masih panas) tiba-tiba instrument cluster jadi lampu natal semua. Nyala code 4 biji : AT, CE, SCBS, DSC.
Tiba-tiba mobil gabisa jalan, transmisi selip dan ngejedug. Bingung seribu bingung, akhirnya mobil nginep di bengkel. Bengkel ngedrain ulang si ATF baru itu, trus dibandingin sama ATF FZ. Ternyata ATF FZ JAUH lebih encer daripada ATF yang baru itu. Akhirnya besok saya beli Mazda ATF FZ 13 liter, untuk ngeflush manual seisi transmisinya. Transmisi dimasukin 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Terakhir masuk 4 liter. Mobil langsung bisa nyala, semua code jadi normal. Transmisi gada selip, langung bisa jalan lagi.
Fast forward saya pake mobil itu +- 2000km NORMAL sampai akhir bulan Desember 2021, kejadian lagi. Kali ini agak aneh kejadiannya, mobil tiba-tiba nyala semua tu code ketika lagi jalan, gamau upshift atau downshift. Tapi ketika mesin dimatiin dan dinyalakan, normal lagi. Ini terus kejadian selama kurang lebih semingguan sampe puncaknya saya di toll JORR jam 2 pagi transmisi ngejedug dan gabisa jalan, fault code nyala lagi. Mesin dimatikan, dinyalakan, normal lagi. Tapi gak tahan lebih dari 2 menit, pasti muncul lagi tu fault code. Akhirnya saya jalan pelan-pelan tuh di bahu jalan karna derek gaada yang ngangkat. Karna setiap fault code nyala saya harus berhenti untuk matiin dan nyalain mesin.
Nah disini yang saya bingung. Kok problem baru ada 2000km setelah dipake normal? Trus kenanya dimana? Besoknya saya ke bengkel discan, fault codenya adalah TCM dan Shift Selenoid yang kena. Awalnya sempet suspect TCM korslet karna kelistrikan kurang, akhirnya saya ganti baru akinya. 4 hari solve, eh gitu lagi. Yaudah next suspect harus replace selenoid / TCM. Cuma sayangnya cari copotan TCM aja atau solenoid aja agak sulit, mesti beli satu set body valve. Ke beres Mazda billnya 28jt inden 3 bulan, saya bawa ke bengkel rekanan komunitas facebook kena 8jt. Katanya sih direplace bodyvalvenya (saya galiat progressnya karna mobil saya tinggal ke luar kota) trus langsung normal semua. Since kejadian itu saya parno & trauma pake oli selain ATF FZ.
Oh ya pas drain ga ada serpihan sih..