2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Halo om, tante, mbah, dan suhu semua....
Di sini saya mau review tapi lebih tepatnya apa aja yang dah dilakui dalam merawat si mazda 2 skyactiv keluarin 2015, yg saya beli second di tahun 2018 awal (kisaran maret). Mungkin bisa dianggap lanjutan dari viewtopic.php?f=64&t=26501. ngambil di 32 ribu KM, sekarang sudah 69.[cencored] KM
Lgsg aja deh ke sesi cerita-curhatnya...
Untuk kelebihan ni mobil, ya rasanya sudah banyak yg bahas ya..... in overall menurut saya cukup oke .. ...mesin standar cenggo gitu2 aja lah menurut saya, ga yg wow banget...
Saya bukan orang yg terlalu sensitif banget bisa liat dimana torque enak dll..tapi menurut saya tarikan baru berasa di rpm 2400an rasanya (beda ama mesin L15 yg dari injek gas kok menurut saya dah mayan tarikannya). Transmisi 6AT-nya mayan oke lah, walaupun kalau dah tanjakan curam dia suka kurang cepat nurunin gigi ke 1. 100 km/h di 2000-2200 tergantung kontur jalan...
Nah berikut ini adalah perihal maintenance-nya....
1. Mesin dan Transmisi
Di sektor permesinan sih untuk urusan oli, ni mobil bisa nenggak buntut -20 dan buntut -30.... untuk mobil owe dah pernah nenggak oli mazda sendiri 5w30, Aral 5W30, kendall 0w20, unil opal 0w-20 dan ptt 5w-30.....
Busi juga pernah pake tjap "minyak rambut" dan berakhir di 25 ribuan KM..... saran saya kalau busi stay OEM atau pakai lah yg memang pemain busi cem NGK.
Untuk sektor intake, pernah dilakukan bersih2 oleh mbah Marmut di 50 ribuan KM. Setelah bebersih intake sih berasa mobil lebih ringan n responsif ya. Modal DCS dan Megacools carb cleaner.
Sektor tranny....penggantian di interval 35-40k (kalau mau lebih pendek lg ya lebih baik) dah paling pas.... kalau bukman sih bilangnya kalau ga salah lifetime/100k KM....tapi di 37k KM aja dah agak berasa shifting sedikit kasar serta agak makin telmi. Better lebih rutin ganti aja toh ini minta spek LV (encer). Untuk oli tranny sepengetahuan saya bisa pake Q8 AutoMV dan PTT ATF LV. Untuk di unit ogut, ogut pake Q8 AutoMV dan menurut salah satu kawan yg pernah pinje ni mobil (beliau pengguna juga) sih bilangnya berasa smooth ketimbang mobil dia.
2. Seputaran AC
Bagian ini juga yg agak perlu diperhatikan....
3 bulan setelah ngambil ni mobil entah kenapa kalau high RPM dan AC nyala ada bunyi ngiiiinggggg a.k.a High Pitch Noise..... awalnya ane biarin aja bodo dah... lama2 ni mobil kalau kena macet2an kok AC berasa makin panas dan kalau idle n ac cetek nyala juga lgsg ngingggg. Bawa ke tukang ac langganan, dibilang keknya ada bocor ni karena tekanan freon agak berkurang....
Berhubung waktu ntuh ni mobil masi garansi menjelang akhir, lgsg buru2 bawa ke BeRes di BSD yg skarang sudah berganti jd merk warna kuning. Disitu divonis condenser ada retak2 kecil akibat kerikil dan karena sudah beberapa waktu (rasanya cuman 1-2 bulan) kompresornya kena rusak juga akibat kurang pelumas.....jailahhhh ni mobil napa coba waktu itu mikirnya.. Singkat cerita, klaim garansi dan diganti keduanya. Jika ganti sendiri tanpa garansi serta mencoba niat beli di BeRes maka harganya seperti di bawah (better cari di tukang2 AC, mereka mau inden dan ga semahal di bawah)
Setelah itu ane pikir2 ini kok mobil grill bawahnya gede bener mangapnya...jgn2 kerikil pada nabok dari situ. Sekarang akhirnya mobil udah dipasang jaring tambahan... Hasilnya condenser bersih dari kerikil2 dan mudah2an awet ke depannya.
...... kirain masalah AC berakhir.... namun .....
di awal 2019 kembali lg berulah tapi kali ini untungnya selang Low Pressure aja yg tumbuh retak2 alus. Akhirnya ke rotar* bintar* di cabang GS untuk ganti selang low press... BeRes minta >1 juta untuk selang ini, di rotar* ga sampe sejuta.
Selang gede melintang itu yg merupakan si low press.
Tiga komponen di atas ini kalau liat2 di forum sebelah sih rasanya termasuk mayan sering nongol.
3. Suspensi dan saudara2nya
Awal ngambil ni mobil yg ane sering pantau di forum2 sbelah maupun ini adalah kaki2....
Sering baca suka jedug kalau lewatin polisi tidur dan setir bunyi krek2 (kresek2 cem plastik digesek) kalau dibelok2in....
yakkk ..... ini pun kejadian di saya dan sejauh ini untuk jedug masih misteri ilahi......
Awal2 datang sudah pernah klaim shock support.... sempat hening beberapa bulan lalu bunyi jedug lagi. Dah dicek tierod, ball joint sih aman ya...
Singkat cerita beberapa minggu terakhir merasa ni mobil dah mayan glodakan dan setir kalau diputer2 kresek2 lagi (biasa semprot2 silicone dari atas dah hilang masalahnya dan agak lama baru muncul lg.....ini lgsg muncul sih setelah satuan hari).
Akhirnya coba ganti shock depan pake punya CX-9 based on P/N-nya
Untuk shock belakang pake punya mazda 2 lama (tp ini harus sedikit modip dengan ngebor body sisi dalem karena bersinggungan) lalu strut bearing untuk shock depan yg mana merupakan biang kerok setir bunyi kresek2 kalau diputer.
Shock belakang pake Monroe OESpectrum.
Setelah ganti parts2 ini sih mobil terasa lebih firm n ga glodakan. Selap selip atau lewat speed trap, pantat ga ngebuang lg. Beli parts2 ini online dan lagi2 pasang di mbah marmut....dimana ketika saya datang beliau lg asik nyangklong.....
Rasanya sharingnya cukup segini dulu.....
Berikut penampakan mobilnya:
Di sini saya mau review tapi lebih tepatnya apa aja yang dah dilakui dalam merawat si mazda 2 skyactiv keluarin 2015, yg saya beli second di tahun 2018 awal (kisaran maret). Mungkin bisa dianggap lanjutan dari viewtopic.php?f=64&t=26501. ngambil di 32 ribu KM, sekarang sudah 69.[cencored] KM
Lgsg aja deh ke sesi cerita-curhatnya...
Untuk kelebihan ni mobil, ya rasanya sudah banyak yg bahas ya..... in overall menurut saya cukup oke .. ...mesin standar cenggo gitu2 aja lah menurut saya, ga yg wow banget...
Saya bukan orang yg terlalu sensitif banget bisa liat dimana torque enak dll..tapi menurut saya tarikan baru berasa di rpm 2400an rasanya (beda ama mesin L15 yg dari injek gas kok menurut saya dah mayan tarikannya). Transmisi 6AT-nya mayan oke lah, walaupun kalau dah tanjakan curam dia suka kurang cepat nurunin gigi ke 1. 100 km/h di 2000-2200 tergantung kontur jalan...
Nah berikut ini adalah perihal maintenance-nya....
1. Mesin dan Transmisi
Di sektor permesinan sih untuk urusan oli, ni mobil bisa nenggak buntut -20 dan buntut -30.... untuk mobil owe dah pernah nenggak oli mazda sendiri 5w30, Aral 5W30, kendall 0w20, unil opal 0w-20 dan ptt 5w-30.....
Busi juga pernah pake tjap "minyak rambut" dan berakhir di 25 ribuan KM..... saran saya kalau busi stay OEM atau pakai lah yg memang pemain busi cem NGK.
Untuk sektor intake, pernah dilakukan bersih2 oleh mbah Marmut di 50 ribuan KM. Setelah bebersih intake sih berasa mobil lebih ringan n responsif ya. Modal DCS dan Megacools carb cleaner.
Sektor tranny....penggantian di interval 35-40k (kalau mau lebih pendek lg ya lebih baik) dah paling pas.... kalau bukman sih bilangnya kalau ga salah lifetime/100k KM....tapi di 37k KM aja dah agak berasa shifting sedikit kasar serta agak makin telmi. Better lebih rutin ganti aja toh ini minta spek LV (encer). Untuk oli tranny sepengetahuan saya bisa pake Q8 AutoMV dan PTT ATF LV. Untuk di unit ogut, ogut pake Q8 AutoMV dan menurut salah satu kawan yg pernah pinje ni mobil (beliau pengguna juga) sih bilangnya berasa smooth ketimbang mobil dia.
2. Seputaran AC
Bagian ini juga yg agak perlu diperhatikan....
3 bulan setelah ngambil ni mobil entah kenapa kalau high RPM dan AC nyala ada bunyi ngiiiinggggg a.k.a High Pitch Noise..... awalnya ane biarin aja bodo dah... lama2 ni mobil kalau kena macet2an kok AC berasa makin panas dan kalau idle n ac cetek nyala juga lgsg ngingggg. Bawa ke tukang ac langganan, dibilang keknya ada bocor ni karena tekanan freon agak berkurang....
Berhubung waktu ntuh ni mobil masi garansi menjelang akhir, lgsg buru2 bawa ke BeRes di BSD yg skarang sudah berganti jd merk warna kuning. Disitu divonis condenser ada retak2 kecil akibat kerikil dan karena sudah beberapa waktu (rasanya cuman 1-2 bulan) kompresornya kena rusak juga akibat kurang pelumas.....jailahhhh ni mobil napa coba waktu itu mikirnya.. Singkat cerita, klaim garansi dan diganti keduanya. Jika ganti sendiri tanpa garansi serta mencoba niat beli di BeRes maka harganya seperti di bawah (better cari di tukang2 AC, mereka mau inden dan ga semahal di bawah)
Setelah itu ane pikir2 ini kok mobil grill bawahnya gede bener mangapnya...jgn2 kerikil pada nabok dari situ. Sekarang akhirnya mobil udah dipasang jaring tambahan... Hasilnya condenser bersih dari kerikil2 dan mudah2an awet ke depannya.
...... kirain masalah AC berakhir.... namun .....
di awal 2019 kembali lg berulah tapi kali ini untungnya selang Low Pressure aja yg tumbuh retak2 alus. Akhirnya ke rotar* bintar* di cabang GS untuk ganti selang low press... BeRes minta >1 juta untuk selang ini, di rotar* ga sampe sejuta.
Selang gede melintang itu yg merupakan si low press.
Tiga komponen di atas ini kalau liat2 di forum sebelah sih rasanya termasuk mayan sering nongol.
3. Suspensi dan saudara2nya
Awal ngambil ni mobil yg ane sering pantau di forum2 sbelah maupun ini adalah kaki2....
Sering baca suka jedug kalau lewatin polisi tidur dan setir bunyi krek2 (kresek2 cem plastik digesek) kalau dibelok2in....
yakkk ..... ini pun kejadian di saya dan sejauh ini untuk jedug masih misteri ilahi......
Awal2 datang sudah pernah klaim shock support.... sempat hening beberapa bulan lalu bunyi jedug lagi. Dah dicek tierod, ball joint sih aman ya...
Singkat cerita beberapa minggu terakhir merasa ni mobil dah mayan glodakan dan setir kalau diputer2 kresek2 lagi (biasa semprot2 silicone dari atas dah hilang masalahnya dan agak lama baru muncul lg.....ini lgsg muncul sih setelah satuan hari).
Akhirnya coba ganti shock depan pake punya CX-9 based on P/N-nya
Untuk shock belakang pake punya mazda 2 lama (tp ini harus sedikit modip dengan ngebor body sisi dalem karena bersinggungan) lalu strut bearing untuk shock depan yg mana merupakan biang kerok setir bunyi kresek2 kalau diputer.
Shock belakang pake Monroe OESpectrum.
Setelah ganti parts2 ini sih mobil terasa lebih firm n ga glodakan. Selap selip atau lewat speed trap, pantat ga ngebuang lg. Beli parts2 ini online dan lagi2 pasang di mbah marmut....dimana ketika saya datang beliau lg asik nyangklong.....
Rasanya sharingnya cukup segini dulu.....
Berikut penampakan mobilnya:
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Oiya kalau konsumsi bensin.....
Saya ndak pernah loyal ke satu jenis bensin, kadang nenggak pertamax, pertabo, shell 92, shell 95, total 92.
Untuk maintenance seputara fuel system, rutin redline fuel system cleaner setengah botol tiap 5k KM. Per kemarin baru coba schaeffer 131 (rasanya mirip dengan redline).
Untuk konsumsi kurang lebih di 1:14.5 - 15an kecil lah kalau dengan average speed 24-26km/h. Maaf kalau kepanjangan, hanya ini berbagi saja....
Saya ndak pernah loyal ke satu jenis bensin, kadang nenggak pertamax, pertabo, shell 92, shell 95, total 92.
Untuk maintenance seputara fuel system, rutin redline fuel system cleaner setengah botol tiap 5k KM. Per kemarin baru coba schaeffer 131 (rasanya mirip dengan redline).
Untuk konsumsi kurang lebih di 1:14.5 - 15an kecil lah kalau dengan average speed 24-26km/h. Maaf kalau kepanjangan, hanya ini berbagi saja....
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11552
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
kek kenal yg pake baju biru........
- Volk
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: 19 Dec 2015, 23:14
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Mbah marmut lokasi bengkelnya dmn y?kalo d bandung ada rekanan yg sehebat om marmut g?emang d bngkel resmi ini bikin kesel.udh terus2an bolak balik bengkel gamau diganti parts nya malah dibersihin mulu MAF.setelah ngadu ke EMI baru dikerjain mreka diganti engine mountingnya.skrg sudh hilang getarannya,tp kalo d rem masih terasa.saya kmren coba isi air aki,ternyata hilang getarannya..tapi lama kelamaan muncul lagi.apa permasalahannya dr aki nya y?
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
- kemuningauto
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: 23 Jun 2019, 14:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
- Compressor 5.500 (Ori)
- Condenser 1.500 (KW)
- Low Pressure Hose 250
- Freon 150
Mantep kalo garansi ga ada dan dilakukan dengan harga bengkel resmi. Agak pusing juga kepala.
- Condenser 1.500 (KW)
- Low Pressure Hose 250
- Freon 150
Mantep kalo garansi ga ada dan dilakukan dengan harga bengkel resmi. Agak pusing juga kepala.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: 23 Feb 2016, 09:09
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
ruang mesin nya terlihat bersih om. mantap
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: 23 Feb 2016, 09:09
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
tetep masih lebh murah dibanding sx4 (original)kemuningauto wrote: ↑08 Aug 2019, 08:34 - Compressor 5.500 (Ori)
- Condenser 1.500 (KW)
- Low Pressure Hose 250
- Freon 150
Mantep kalo garansi ga ada dan dilakukan dengan harga bengkel resmi. Agak pusing juga kepala.
kompresor assy 8 jutaan
kondensor assy 3 jutaan
suction hose 500 ribuan
based on catalogue
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Hehe, kalau kata mbah marmut "ni mobil lu lap mesin tiap sampe kantor ya?"
Selang low press standar di 200-300 ya berarti. Kalau BeRes waktu itu hargane 1.755.490 (incl. Ppn). Itu masih d luar biaya pasang + freon + oli compre untung ganti d luar BeRes.kemuningauto wrote: ↑08 Aug 2019, 08:34 - Compressor 5.500 (Ori)
- Condenser 1.500 (KW)
- Low Pressure Hose 250
- Freon 150
Mantep kalo garansi ga ada dan dilakukan dengan harga bengkel resmi. Agak pusing juga kepala.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Nice owning experience om. Kalo aki i-stop belinya diberes kena brpan ya ? sm kalo di luaran merek yg recomended apa ya dan kisarannya brp? Btw total penggantian AC nya mahal juga ya , sampe 8 jt, but still cheper compared with my previous GE8. 10,5 jt untuk total part yg sama (saya lupa rinciannya brp aja )
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Ga ganti di BeRes om.... beli online waktu itu Globatt 90D23L CCA >600. 1,550 juta. Udah 1.5 tahunan sih masih oke2 aja sih nih....Pboyz97 wrote: ↑09 Aug 2019, 13:18 Nice owning experience om. Kalo aki i-stop belinya diberes kena brpan ya ? sm kalo di luaran merek yg recomended apa ya dan kisarannya brp? Btw total penggantian AC nya mahal juga ya , sampe 8 jt, but still cheper compared with my previous GE8. 10,5 jt untuk total part yg sama (saya lupa rinciannya brp aja )
BeRes 3.5 juta kalau ga salah ya pake panasonic atau apa gitu. hehe.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 821
- Joined: 17 Mar 2005, 16:01
- Location: Jakarta
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
thanks sharingnya, itu bbm nya irit banget ya 1:14+ :O rute nya lewat tol ngga tuh?
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: 12 Feb 2017, 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
- Contact:
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Terimakasih atas sharing nya
Kebetulan saya jga baru ganti shock blkg Mazda2 2010 ke KYB Excel-G. Dan engine mounting kanan (ganti ke 2kalinya sejak 2010, interval 4thn. Harga 600ribu)
Untuk shockbreaker depan apakah bisa di pasang juga di Mazda2 non sky?
Kebetulan saya jga baru ganti shock blkg Mazda2 2010 ke KYB Excel-G. Dan engine mounting kanan (ganti ke 2kalinya sejak 2010, interval 4thn. Harga 600ribu)
Untuk shockbreaker depan apakah bisa di pasang juga di Mazda2 non sky?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: 25 Nov 2012, 23:19
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Nganu om..shock depan mazda cx9 itu plug n play di mazda2 sky? Apa bunyi glodakannya hilang om? Karena saya pernah punya cx9 2013..jalan keriting glodak2 juga
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Rute ada lewat tol...tp tolnya sendiri tau aja pagi-sore juga berasa kek jalanan biasa macet. Rute saya alam sutera-tanah abang (pas di foto atas itu), belakangan kantornya pindah ke area deket2 monas malah lebih irit lg karena ga kena macet tanah abang kalau malam harinya.
Ini per isi bensin hari ini
Shock depan mzd2 sky dan non-sky bentuknya beda om. Untuk mzd2 lama apa ga coba pake Bilstein untuk bagian depan?arinugroho14 wrote: ↑14 Aug 2019, 20:16 Terimakasih atas sharing nya
Kebetulan saya jga baru ganti shock blkg Mazda2 2010 ke KYB Excel-G. Dan engine mounting kanan (ganti ke 2kalinya sejak 2010, interval 4thn. Harga 600ribu)
Untuk shockbreaker depan apakah bisa di pasang juga di Mazda2 non sky?
Yupp plug n play, dimensi n bentuk sama....saya taunya cx-9 juga karena search part numbernya aja. Kalau dr web ini malah buat cx-7 non-AWD https://www.tascaparts.com/oem-parts/ma ... -eh4434700
Abis ganti shock sih glodakan hilang....siang ini baru ganti tie rod pake merk CTR (buatan Korea) makin senyap lg, bunyi "jegluk" juga ilang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: 26 Sep 2017, 14:38
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Parts kaki2 ctr beli di mana oom? Sy baru tau merk ctr ini.josomba wrote:Rute ada lewat tol...tp tolnya sendiri tau aja pagi-sore juga berasa kek jalanan biasa macet. Rute saya alam sutera-tanah abang (pas di foto atas itu), belakangan kantornya pindah ke area deket2 monas malah lebih irit lg karena ga kena macet tanah abang kalau malam harinya.
Ini per isi bensin hari iniShock depan mzd2 sky dan non-sky bentuknya beda om. Untuk mzd2 lama apa ga coba pake Bilstein untuk bagian depan?arinugroho14 wrote: ↑14 Aug 2019, 20:16 Terimakasih atas sharing nya
Kebetulan saya jga baru ganti shock blkg Mazda2 2010 ke KYB Excel-G. Dan engine mounting kanan (ganti ke 2kalinya sejak 2010, interval 4thn. Harga 600ribu)
Untuk shockbreaker depan apakah bisa di pasang juga di Mazda2 non sky?
Yupp plug n play, dimensi n bentuk sama....saya taunya cx-9 juga karena search part numbernya aja. Kalau dr web ini malah buat cx-7 non-AWD https://www.tascaparts.com/oem-parts/ma ... -eh4434700
Abis ganti shock sih glodakan hilang....siang ini baru ganti tie rod pake merk CTR (buatan Korea) makin senyap lg, bunyi "jegluk" juga ilang.
Sebelumnya oom pernah pengalaman pake parts merek ini?
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Saya beli di toko indonesia jaya om....ada di PMK, tp saya beli online aja dr toko ijo.
Belum pernah pake sih ya, ini juga nyoba2. Seandainya kuat 3 tahun buat saya dah oke lah secara ini benda harga 1/3 dr ori Mazda.
- kemuningauto
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: 23 Jun 2019, 14:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Soalnya kalo SX4 Compressornya merk Matsus*ita (Panasonic). Kalo saya biasa modifikasi pake merk Denso, paling cuma 3rb.iwing wrote:tetep masih lebh murah dibanding sx4 (original)kemuningauto wrote: ↑08 Aug 2019, 08:34 - Compressor 5.500 (Ori)
- Condenser 1.500 (KW)
- Low Pressure Hose 250
- Freon 150
Mantep kalo garansi ga ada dan dilakukan dengan harga bengkel resmi. Agak pusing juga kepala.
kompresor assy 8 jutaan
kondensor assy 3 jutaan
suction hose 500 ribuan
based on catalogue
IG: @kemuningauto
- iwidiyanto
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: 30 Oct 2011, 18:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
btw, skyactiv drive nya mazda itu apakah benar lebih cepat lock up nya dibanding transmisi matic non cvt merk2 lain?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: 26 Sep 2017, 14:38
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Oke, mantep oom infonyajosomba wrote:Saya beli di toko indonesia jaya om....ada di PMK, tp saya beli online aja dr toko ijo.
Belum pernah pake sih ya, ini juga nyoba2. Seandainya kuat 3 tahun buat saya dah oke lah secara ini benda harga 1/3 dr ori Mazda.
Kynya bonafide juga mereknya (hasil googling)
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Cuman pernah bandingin dengan scross yg 6AT juga, rasanya mirip...iwidiyanto wrote: ↑15 Aug 2019, 14:16 btw, skyactiv drive nya mazda itu apakah benar lebih cepat lock up nya dibanding transmisi matic non cvt merk2 lain?
Mudah2an ya om hahaha. Ga banyak pilihan aftermarket soalnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: 27 Mar 2019, 13:11
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Om saya mau nanya..
Kira2 kalo mau beli m2skyactiv seken harus sisihin duit berapa ya buat beres beres?
Terus om abis berapa buat beres2, setelah beli mobil ini?
Kira2 kalo mau beli m2skyactiv seken harus sisihin duit berapa ya buat beres beres?
Terus om abis berapa buat beres2, setelah beli mobil ini?
- josomba
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2981
- Joined: 05 Aug 2017, 19:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Wah berapa ya.... Jujur ini sbenernya banyak saya perbaiki2 karena OCD...
Kalau beneran/mandatory yg mesti diperbaiki/ganti sih waktu itu:
1. Perbaikan body 3 sisi, waktu itu ditotal 1.5 juta. Bukan karena rusak, tp ada penyok2 kecil...
2. Ganti foglamp karena bawaannya kerendem air masuk. Ini 750 rebu beli online n pasang sendiri
3. Ganti motor retract yg kanan, beli online 300 rebu, pasang di tukang spion di autopart bsd kena jasa 150 rebu.
Malah lebih mahal printilan2nya seperti pasang jok, ganti kaca film, diy pasang peredaman aspal di pillar B dan pintu2 (kalau ga pasang peredam n sering kejemur, ni mobil gampang rattle), ganti ban dr enasave ke turanza ar20, dll.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: 27 Mar 2019, 13:11
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
7jutaan kira2 berarti ya... Hmmmjosomba wrote: ↑16 Aug 2019, 20:55Wah berapa ya.... Jujur ini sbenernya banyak saya perbaiki2 karena OCD...
Kalau beneran/mandatory yg mesti diperbaiki/ganti sih waktu itu:
1. Perbaikan body 3 sisi, waktu itu ditotal 1.5 juta. Bukan karena rusak, tp ada penyok2 kecil...
2. Ganti foglamp karena bawaannya kerendem air masuk. Ini 750 rebu beli online n pasang sendiri
3. Ganti motor retract yg kanan, beli online 300 rebu, pasang di tukang spion di autopart bsd kena jasa 150 rebu.
Malah lebih mahal printilan2nya seperti pasang jok, ganti kaca film, diy pasang peredaman aspal di pillar B dan pintu2 (kalau ga pasang peredam n sering kejemur, ni mobil gampang rattle), ganti ban dr enasave ke turanza ar20, dll.
Pengen ngambil nih, kemaren test drive dan emang fun to drive
Kalo ada uang lagi pengen yg GT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: 13 Sep 2018, 21:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Iya emng menarik bgt om ntu Mazda 2mchfi wrote:7jutaan kira2 berarti ya... Hmmmjosomba wrote: ↑16 Aug 2019, 20:55Wah berapa ya.... Jujur ini sbenernya banyak saya perbaiki2 karena OCD...
Kalau beneran/mandatory yg mesti diperbaiki/ganti sih waktu itu:
1. Perbaikan body 3 sisi, waktu itu ditotal 1.5 juta. Bukan karena rusak, tp ada penyok2 kecil...
2. Ganti foglamp karena bawaannya kerendem air masuk. Ini 750 rebu beli online n pasang sendiri
3. Ganti motor retract yg kanan, beli online 300 rebu, pasang di tukang spion di autopart bsd kena jasa 150 rebu.
Malah lebih mahal printilan2nya seperti pasang jok, ganti kaca film, diy pasang peredaman aspal di pillar B dan pintu2 (kalau ga pasang peredam n sering kejemur, ni mobil gampang rattle), ganti ban dr enasave ke turanza ar20, dll.
Pengen ngambil nih, kemaren test drive dan emang fun to drive
Kalo ada uang lagi pengen yg GT
Asal masih bujang or jarang bawa penumpang lebih dari 2 sih worth bgtt
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 7 Replies
- 4399 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 92 Replies
- 21328 Views
-
Last post by b0ku
-
- 11 Replies
- 3777 Views
-
Last post by ciando
-
- 16 Replies
- 2463 Views
-
Last post by adityawei
-
- 16 Replies
- 619 Views
-
Last post by Andhyka
-
- 12 Replies
- 3291 Views
-
Last post by darrelund
-
- 156 Replies
- 19860 Views
-
Last post by Zaxis
-
- 1 Replies
- 2553 Views
-
Last post by Knalpot
-
- 7 Replies
- 2144 Views
-
Last post by pengendiesel
-
- 26 Replies
- 4397 Views
-
Last post by jazzretro7