Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: 06 Jun 2010, 13:49

Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Knalpot » 09 Jul 2019, 08:21

Pagi Guys,
Baca berita online hangat lagi nih, isu rencana pembatasan kendaraan. sekilas usul umur maks 15 tahun.
Gimana menurut member disini. Untuk mobil tertentu umur 15 tahun masih bagus dan orang indo cenderung merawat. contoh kakak saya pake innova 2005 masih disayang2 dan terawat sekali.
Di berita, Gaikindo tidak mempermasalahkan, justru akan membuat pasar mobil baru naik. untuk otoritas terkait bilang tidak mungkin dibatasi, karena beberapa faktor.
Nah gimana untuk pasar mobkas dan sparepart serta bengkel2 rumahan yang rejekinya banyak tergantung dari mobil lama ya. Artinya setelah 15 tahun harga Mobilnya jadi nol rupiah.. hahaha..
nanti tidak ada lagi perdebatan resale value, atau pabrikan kuat atau lemah.. bagus juga sih ya hehehe..

kalau di jabotabek saya perhatikan tanpa pembatasan pun rata2 mobilnya sudah muda2..
maaf kalau sudah ada topik sejenis.. :big_okay:

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by farizfsa » 09 Jul 2019, 08:28

Baca beritanya lg, itu buat kendaraan umum..
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2231
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by martinnn » 09 Jul 2019, 10:43

saya sih setuju2 saja.... terutama di pusat pusat kota mungkin biar gak macet
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

rendr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by rendr » 09 Jul 2019, 11:20

Ini wacana dari jaman dulu.. Lagipun menurut saya,
Jika kendaraan pribadi yg dibatasi, apa yg dikejar?

Kalo alasan kemacetan saya rasa perlu dikaji ulang, assessment ulang, mayoritas penyebab kemacetan kendaraan yg seperti apa paling banyak beredar dijalan dan seberapa banyak mobil tua yg beredar dijalan raya sih? Mobil2 tua pun udh bisa jalan aja syukur..

Alasan emisi? Mobil baru dgn bensin bersulfur tinggi dan ga dirawat pun bisa lebih tinggi emisi dari mobil tua yg dirawat dgn penggunaan bensin sulfur rendah.. menurut saya akan lebih fair penerapan pajak berdasarkan kelas2 emisi.. seperti yg ada di negara eropa.. semakin tinggi emisi gas buang dari kendaraan tsb maka pertambahan nilai pajaknya semakin tinggi pula.. ini akan menjadi domino effect dgn sendirinya.. entah itu untuk EV yg emisi gas buangnya 0 hingga mesin cc gede..
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by lonely1999 » 09 Jul 2019, 12:29

aturan ini apabila di terapkan untuk kendaraan umum mungkin baik,
jadi kendaraan umum itu selalu dalam kondisi yang baik . mungkin yach....

tapi kalo diterapkan untuk kendaraan pribadi saya tidak setuju
karena dirumah mobilnya udah tua semua haha...
produksi tahun 2004 dan tahun 2008 [emo-yesno]

dompet belum berani beli mobil baru :mky_01:

User avatar
Dat510
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Dat510 » 09 Jul 2019, 13:58

Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.

Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.

kevienwijaya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by kevienwijaya » 09 Jul 2019, 14:50

waduh kalau sampe untuk mobil pribadi dibatasi umurnya untuk penggemar mobil yang udah lama bisa amsiong.

MSU
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by MSU » 09 Jul 2019, 15:01

kalo angkutan umum udah bagus...mungkin tanpa disuruh pun banyak orang beralih ke kendaraan umum
problemnya cuma keamanan & kualitas angkutannya aja
kalo untuk kendaraan pribadi..paling adil pajak berdasarkan emisi gas buang aja..jadi ga usah dibatasi umur.
sebetulnya dengan banyaknya taxol sekarang mungkin udah banyak yang beralih koq...ortu ane udah males bawa mobil, banyak promo juga naik taxol

carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 307
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by carl » 09 Jul 2019, 15:07

Dat510 wrote:
09 Jul 2019, 13:58
Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.

Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 678
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Koddy » 09 Jul 2019, 15:54

Pembatasan umur/usia kendaraan seharusnya dimulai misal di kota tertentu, misal hanya di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Dan itu untuk semua kendaraan, baik pribadi maupun umum.
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.

Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.

PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10055
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by ak4ng » 09 Jul 2019, 15:56

Koddy wrote:
09 Jul 2019, 15:54
Pembatasan umur/usia kendaraan seharusnya dimulai misal di kota tertentu, misal hanya di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Dan itu untuk semua kendaraan, baik pribadi maupun umum.
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.

Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.

PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki
Yg mobil pribadi tinggal balik nama plat luar jadi kebal aturan wkwkkw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
Dat510
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Dat510 » 09 Jul 2019, 16:35

carl wrote:
09 Jul 2019, 15:07
Dat510 wrote:
09 Jul 2019, 13:58
Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.

Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?
Mobil nya apa om? Harus nya itu karena mobil bermasalah, normally current diesel engines ngga ada visible smoke. Liat aja mobil sejenis yg lain, saya beberapa kali liat ANPS berasap hitam pekat, tapi lebih sering ANPS yg ngga ada visible smoke.

Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Zaxis » 09 Jul 2019, 17:05

Pajak mobil diatas 5 taon dinaekin 2x lipat aja tiap taun
Lama2 jg punah sendiri,dijual ke luar kota

Kalo yg hobi yah pasti akan rela bayar pajak mahal
Kan nama nya juga cinta itu butuh pengorbanan

rendr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by rendr » 09 Jul 2019, 18:06

Zaxis wrote:
09 Jul 2019, 17:05
Pajak mobil diatas 5 taon dinaekin 2x lipat aja tiap taun
Lama2 jg punah sendiri,dijual ke luar kota

Kalo yg hobi yah pasti akan rela bayar pajak mahal
Kan nama nya juga cinta itu butuh pengorbanan
Sempet kepikiran jg, pada akhirnya akan menghasilkan kendaraan2 classic yg punya value tinggi..
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)

Post by Michaelktp » 10 Jul 2019, 15:19

Tidak ada pembatasan pun terlihat yang mengasoal di jalanan kota-kota besar Indo mayoritas mobil usia muda kok terutama LMPV dan LSUV. Dengan catatan mobil personal bukan mobil fleet semacam AvXen. Apalagi di Jakarta yang ibu kota Indo secara penampilan adalah segalanya. Mental konsumtif tetap mendarah daging walaupun kantong aslinya kempes hahaha

Post Reply