Penakluk Jalan Tol 6 Hari Dalam Seminggu

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Penakluk Jalan Tol 6 Hari Dalam Seminggu

Post by black2345 »

sugarpot wrote: Thu Oct 10, 2019 4:43 Akhirnya pilihan jatuh ke arah suzuki baleno gan karena setelah dipertimbangkan dengan honda brio dalam segala aspek lebih baik suzuki baleno.Sejauh ini selama 1000km gak ada masalah sih cuman suara ban aja rada berisik,harusnya dengan penggantian ban yang lebih layak (bawaannya merk apollo) sudah bisa diatasi.
Congrats om..
Ane pikir belum ngambil, mangkanya tadi ane kasih saran.. hehehe

Ban berisik gampang sih, ganti aja dengan ban silent yg lebih baik & gripnya lebih oke
Ban bawaan baleno masih buatan dari indihe bukan sih?
gmash
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Feb 21, 2011 10:11

Re: Penakluk Jalan Tol 6 Hari Dalam Seminggu

Post by gmash »

sugarpot wrote: Thu Oct 10, 2019 4:43 Akhirnya pilihan jatuh ke arah suzuki baleno gan karena setelah dipertimbangkan dengan honda brio dalam segala aspek lebih baik suzuki baleno.Sejauh ini selama 1000km gak ada masalah sih cuman suara ban aja rada berisik,harusnya dengan penggantian ban yang lebih layak (bawaannya merk apollo) sudah bisa diatasi.
Sehari 140km ya om?
Ada temannya ternyata saya :)
Saya sehari nyaris 200km,
cuman sabtu libur sih, jadi hanya 5 hari aja.

Dulu saya pakai Kia Picanto (ANP 2013),
Biaya service relatif mahal untuk mobil kecil, 1250 cc,
tapi untungnya waktu itu garansi lumayan oke, 5th, 150km
kalo skrg malah kayanya tanpa batasan km
jadi pas ada problem (waktu itu yg paling parah AC, dan bbrp lainnya),
semua benar2 diganti baru.
Jadi soal garansi mungkin juga bisa jadi pertimbangan kalo mobil disiksa abis
tentu bukan buat om nya yang udah ambil baleno
tapi buat yg kira2 sama nasibnya seperti saya dan om sugarpot
ngukur jalan aja tiap hari
picanto lumayan reliable sih menurut saya
karena waktu itu bener2 saya siksa abis
gas pol terus, dan larinya juga enak
kelemahan di kaki2, tapi ga sampai ganti,
hanya perbaikan saja.

skrg saya pake almaz
rada nekat sih
sekalian nyoba ini merek
biaya service sangat murah
tapi garansi hanya sampai 50rb km
which is bentar lagi saya nembus 50rb
mungkin almaz paling tinggi km nya yg ada saat ini di indonesia
so far oke sih
blm ada keluhan
ada review saya di thread sebelah waktu di 30rb km

salut buat om sugarpot
seminggu 6x140km = 840km
mirip2 dengan saya
semoga sehat terus balenonya om
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Penakluk Jalan Tol 6 Hari Dalam Seminggu

Post by r1409 »

untuk rute tol sebanyak itu sih, di rentang harga segitu coba cari nissan ANGL (bukan yg model xpander), cari yg CVT.
kenyamanan dan NVH ANGL gak perlu diragukan, terbaik di kelasnya. apalagi pake CVT, jaminan super irit BBM di tol. dan lagi keunggulan CVT untuk cruising adalah rpm nya rendah banget, yg berarti umur oli mesin, oli transmisi, busi, radiator coolant, dll parts mesin akan sangat awet walaupun km tinggi, karena rendahnya rpm yg digunakan dibanding MT/gearedAT yg rata2 sekitar 3k rpm di 100kph untuk rentang harga segini.

ANGL cuma 1500rpm di 100kph, yg berarti rpm count, spark ignition count, dan fuel injection count yg bekerja sesuai putaran mesin, akan berkurang hingga setengah. belum lagi umur parts lain seperti magnet clutch kompresor AC yg lebih awet karena proses engage/disengage dilakukan di rpm rendah, pompa radiator yg bekerja lebih ringan karena panas mesin lebih sedikit, dan masih banyak keunggulan lain yg bisa didapat dari cruising rpm rendah.

jadi kalau bicara soal usage cost untuk daily heavy toll usage, mobil CVT adalah juaranya. memang biaya servis BeRes nissan agak mahal, tapi dapat terkompensasi di keawetan umur parts dan fluida.

untuk yg ragu soal masalah keawetan kaki ANGL, ini penggunaan mostly tol, harusnya kaki akan awet. ganti pun akan sebanding dengan kenyamanan yg didapat selama umur parts tersebut.

kalau mau alternatif lain yg CVT, bisa coba mobilio. keunggulan dari usage cost sama, performa mesin lebih garang, dengan minus kenyamanan yg sekitar 2 kelas dibawah ANGL. kalau ada dana lebih dan mau repot dikit, bisa upgrade ban, suspensi, peredam dan jok untuk kenyamanan ekstra.

kalau mau CVT yg 2 baris? ada mirage dan brio..
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penakluk Jalan Tol 6 Hari Dalam Seminggu

Post by Herman7103 »

r1409 wrote:untuk rute tol sebanyak itu sih, di rentang harga segitu coba cari nissan ANGL (bukan yg model xpander), cari yg CVT.
kenyamanan dan NVH ANGL gak perlu diragukan, terbaik di kelasnya. apalagi pake CVT, jaminan super irit BBM di tol. dan lagi keunggulan CVT untuk cruising adalah rpm nya rendah banget, yg berarti umur oli mesin, oli transmisi, busi, radiator coolant, dll parts mesin akan sangat awet walaupun km tinggi, karena rendahnya rpm yg digunakan dibanding MT/gearedAT yg rata2 sekitar 3k rpm di 100kph untuk rentang harga segini.

ANGL cuma 1500rpm di 100kph, yg berarti rpm count, spark ignition count, dan fuel injection count yg bekerja sesuai putaran mesin, akan berkurang hingga setengah. belum lagi umur parts lain seperti magnet clutch kompresor AC yg lebih awet karena proses engage/disengage dilakukan di rpm rendah, pompa radiator yg bekerja lebih ringan karena panas mesin lebih sedikit, dan masih banyak keunggulan lain yg bisa didapat dari cruising rpm rendah.

jadi kalau bicara soal usage cost untuk daily heavy toll usage, mobil CVT adalah juaranya. memang biaya servis BeRes nissan agak mahal, tapi dapat terkompensasi di keawetan umur parts dan fluida.

untuk yg ragu soal masalah keawetan kaki ANGL, ini penggunaan mostly tol, harusnya kaki akan awet. ganti pun akan sebanding dengan kenyamanan yg didapat selama umur parts tersebut.

kalau mau alternatif lain yg CVT, bisa coba mobilio. keunggulan dari usage cost sama, performa mesin lebih garang, dengan minus kenyamanan yg sekitar 2 kelas dibawah ANGL. kalau ada dana lebih dan mau repot dikit, bisa upgrade ban, suspensi, peredam dan jok untuk kenyamanan ekstra.

kalau mau CVT yg 2 baris? ada mirage dan brio..
Saya sebagai user mobil Nissan All New Grand Livina CVT dari 2014 sampai sekarang setuju dengan pendapat Om r1409 untuk soal kenyamanan dan keiritan BBM, Mobil Nissan ANGL sangat bagus kalau kaki
drivernya sudah sekolah dan bawaan santai dengan BBM nya selalu pakai premium terus. Ini saya tambahin foto foto AVG MID Fuel Conssuptionnya mobil Nissan All New Grand Livina saya yg ada di album smart phone saya skrg untuk rute dalam kota atau luar kota di Sumatera Selatan
IMG_20190608_084741.jpg
IMG_20190608_095020.jpg
IMG_20190706_184828.jpg
IMG_20200101_162758.jpg
IMG_20200229_103559.jpg
IMG_20200227_100034.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014