Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

D2DW wrote: Sat Dec 02, 2023 14:36 Permisi om & tante..
AC saya sih ga ada masalah, masih dingin, cuma semburan kurang kenceng aja sedikit (Di set ke-1)..
Dari pemilik sebelumnya juga gatau gmn history nya.. kira2 klo mau perawatan berkala, diapain ya?
Tengkyu
coba diteropong dulu blowernya om, apakah msh bersih atau ketutup debu banyak.
biasanya semburan kurang kenceng itu di blower ac nya.
nubie in all things - still need to learn
D2DW
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Dec 02, 2023 14:27
Location: Bdo
Daily Vehicle: Fiesta Ecoboost

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by D2DW »

blloewy wrote: Thu Dec 07, 2023 7:44
coba diteropong dulu blowernya om, apakah msh bersih atau ketutup debu banyak.
biasanya semburan kurang kenceng itu di blower ac nya.
Baik om...
Terima kasih saran nya :big_deal:
KlinciImut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Mar 04, 2013 15:46

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by KlinciImut »

Hi semua, sori mau tanya, apakah ada yang tau, berapa ml oli kompresor untuk Suzuki Ignis kalau habis ganti kompresor?
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Chr1stm1 »

KlinciImut wrote: Sun Dec 17, 2023 4:06 Hi semua, sori mau tanya, apakah ada yang tau, berapa ml oli kompresor untuk Suzuki Ignis kalau habis ganti kompresor?
Single blower kah? 350ml kira2
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by pengendiesel »

Mohon bantuanya, 3 harian ini ac anf 2gd saat pertama kali dinyalakan bau apek, kayak lemari lama gak dibuka, ada aroma kecoaknya sedikit.
Kondisi berlangsung sekitar 5 detik. Abis itu normal.
Kira2 kenapa hu?
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by bzt4 »

pengendiesel wrote: Sun Dec 17, 2023 12:50 Mohon bantuanya, 3 harian ini ac anf 2gd saat pertama kali dinyalakan bau apek, kayak lemari lama gak dibuka, ada aroma kecoaknya sedikit.
Kondisi berlangsung sekitar 5 detik. Abis itu normal.
Kira2 kenapa hu?
ketika berpergian sering ngemil/makan di mobil, om? bisa jadi memang ada kecoa/cicak masuk. mungkin bisa dicek jg filter acnya apakah sudah waktunya ganti.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Profith83 »

AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by bzt4 »

Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
dibawa ke denso aja kali om, biar sekalian di cek bagian2 lainnya jg.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Profith83 »

bzt4 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:59
Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
dibawa ke denso aja kali om, biar sekalian di cek bagian2 lainnya jg.
Iya rencana bawa ke denso. Cuma pingin tahu detail dari pengalaman2x disini.

Ada yang bilang paling bagus buang semua, isi dengan freon dupont dari awal sampai penuh.

Ada yang bilang tambah freon saja cukup.

Ingin tahu plus minus dari 2 itu.

Apakah cepat dinginnya mirip2x? Alias 11 12
Apakah kerja kompresor jadi sama saja.

Misal freon dupont nyala pagi 3 menit sdh sampai suhu max
Freon biasa byala pagi 3.5 menit sampai suhu max

Kalau perbandingannya gak jauh kerja di kondensor saya milih yang freon biasa. Misal freon biasa harga 300, freon denso 600
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Chr1stm1 »

Profith83 wrote: Mon Dec 18, 2023 0:45
bzt4 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:59
Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
dibawa ke denso aja kali om, biar sekalian di cek bagian2 lainnya jg.
Iya rencana bawa ke denso. Cuma pingin tahu detail dari pengalaman2x disini.

Ada yang bilang paling bagus buang semua, isi dengan freon dupont dari awal sampai penuh.

Ada yang bilang tambah freon saja cukup.

Ingin tahu plus minus dari 2 itu.

Apakah cepat dinginnya mirip2x? Alias 11 12
Apakah kerja kompresor jadi sama saja.

Misal freon dupont nyala pagi 3 menit sdh sampai suhu max
Freon biasa byala pagi 3.5 menit sampai suhu max

Kalau perbandingannya gak jauh kerja di kondensor saya milih yang freon biasa. Misal freon biasa harga 300, freon denso 600
Saya jg baru2 ini abis fush freon AC di Bquick...
Sekalian ngobrol2 sama mekaniknya...
Btw kalo freon kurang, baiknya sekalian kuras drpd nambah2, karena yg kita tambah hanya freon sedangkan oli kompresornya tetap kurang ( freon dan oli komp itu jadi 1 )
Kalo tekanan freon yg high 200 - 220 dan yg low 20 - 30

Utk jenis freon kayaknya ga signifikan Om, bahasa iklan aja itu. asal jumlah pas, kompresor sehat, system coolant dan fan kerja normal pastinya ac dingin
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by blloewy »

Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
bentar ini pas freon tinggal separuh dikasi tau ngga bocornya dimana?
trs bocornya itu sdh diperbaiki atau blm Om?
Kl blm ya ntar freonnya habis lagi.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by touchme »

Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
pernah pengalaman ac nggak dingin juga karena freon kurang di innova. buih/nggak buih nggak bisa jadi patokan 100%. dan jangan maen tambah-tambah freon, isi kebanyakan bisa part lain yang kena.

system ac kan close loop, jadi normalnya freon nggak bakal berkurang kalo ga ada kebocoran. beruntung trio evap, kondensor, kompre innova si badak gila om... soalnya 3 ini harganya lumayan. dengan catatan masih ori dari baru. paling yang kalah duluan sil karetnya.
punya ane dari 2005 masih aman semua padahal seumur idupnya cuma pernah diservis 2x doang taun 2012 dan 2023.

di kasus ane dulu bocor cuma dari sil 5/8 3/8 di evap belakang. oli kompre juga meler dikit dari sini. mumpung bongkaran sekalian deh ganti drier, expansion valve, sil" evap depan (ini penting tapi kadang kelewat sama bengkel... soalnya besar kemungkinan udah keras dan rusak karna proses bongkaran.. berpotensi bocor lagi dikemudian hari). final touch nya kuras freon+oli kompre dan ganti visco fan. untuk visco sih ga wajib ya, ane iseng aja ganti karna uda lama dan pernah diservis juga.
sekarang uda ampir setaun sejak bongkaran terakhir, suhu angin ac siang bolong masih bisa nyentuh 6 derajat c.

bengkel ac banyak, ga harus authorized denso.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Profith83 »

blloewy wrote: Mon Dec 18, 2023 4:07
Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
bentar ini pas freon tinggal separuh dikasi tau ngga bocornya dimana?
trs bocornya itu sdh diperbaiki atau blm Om?
Kl blm ya ntar freonnya habis lagi.
Freon dari mobil baru sdh 11 thn.
Jadi di gelasnya kelihatan buih biarpun AC nyala dan mesin RPM 2500. (2kd diesel)

Makanya karena asumsi sdh 11 thn, dan kurangnya masih sisa separoh lebih, ac kalau malam tetap agak dingin.
Jadi asumai normal om 11 thn. Ditambah dulu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Profith83 »

touchme wrote: Mon Dec 18, 2023 4:40
Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
pernah pengalaman ac nggak dingin juga karena freon kurang di innova. buih/nggak buih nggak bisa jadi patokan 100%. dan jangan maen tambah-tambah freon, isi kebanyakan bisa part lain yang kena.

system ac kan close loop, jadi normalnya freon nggak bakal berkurang kalo ga ada kebocoran. beruntung trio evap, kondensor, kompre innova si badak gila om... soalnya 3 ini harganya lumayan. dengan catatan masih ori dari baru. paling yang kalah duluan sil karetnya.
punya ane dari 2005 masih aman semua padahal seumur idupnya cuma pernah diservis 2x doang taun 2012 dan 2023.

di kasus ane dulu bocor cuma dari sil 5/8 3/8 di evap belakang. oli kompre juga meler dikit dari sini. mumpung bongkaran sekalian deh ganti drier, expansion valve, sil" evap depan (ini penting tapi kadang kelewat sama bengkel... soalnya besar kemungkinan udah keras dan rusak karna proses bongkaran.. berpotensi bocor lagi dikemudian hari). final touch nya kuras freon+oli kompre dan ganti visco fan. untuk visco sih ga wajib ya, ane iseng aja ganti karna uda lama dan pernah diservis juga.
sekarang uda ampir setaun sejak bongkaran terakhir, suhu angin ac siang bolong masih bisa nyentuh 6 derajat c.

bengkel ac banyak, ga harus authorized denso.
Siap om. Terima kasih infonya.
Bengkel AC bilang karena freon masih separuh lebih, asumsi normal pemakaian mobil 11 tahun. Ada sebagian freon yang teroksidasi atau apalah namanya.

Karena isi freon cuma 200rb, saya beranikan isi freon.
Dan memang dingin.

Sudah 2 bulan an tetap dingin. Harusnya gak bocor.
Btw dulu om bocor freon daerah mana? Ada fotonya. Mau ikut lihat punya saya.

Bocornya ada bekasnya? Cairan warna apa?
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by touchme »

Profith83 wrote: Mon Dec 18, 2023 15:20
touchme wrote: Mon Dec 18, 2023 4:40
Profith83 wrote: Sun Dec 17, 2023 14:29 AC innova saya tahun 2012.
Sempat sama sekali gak bisa dingin.

Dicheck freon tinggal separuh, diisi freon dingin sedikit.
Tapi agak lama dinginnya jadi kompressor lama gak berhenti apalagi pas mobil diam.

Complaint ke bengkel AC tempat isi freon, check di kaca tempat lihat freon, ternyata waktu AC nyala RPM idle masih berbuih.

Isi lagi freon.

Sekarang kalau AC nyala buih hilang kadang ada buih 1 sd 2 hilang. Bening hampir 30 detik, ada buih lagi.

AC tidak sedingin di awal sebelum ada problem.

Apakah masih kurang isi?
Standarsnya mesin nyala RPM idle, waktu AC bekerja tekanan berapa?
Ada yang bilang jangan terlalu tinggi tekanan AC waktu RPM idle, karena nanti RPM tinggi tekanan bisa lebih tinggi lagi.

Bagusnya yang standars bagaimana yah?

Atau dibawa ke denso saja? Buang semua freon, ganti baru?

Kuatir kalau freon kurang kan kasihan kondensor lama berhenti nya
pernah pengalaman ac nggak dingin juga karena freon kurang di innova. buih/nggak buih nggak bisa jadi patokan 100%. dan jangan maen tambah-tambah freon, isi kebanyakan bisa part lain yang kena.

system ac kan close loop, jadi normalnya freon nggak bakal berkurang kalo ga ada kebocoran. beruntung trio evap, kondensor, kompre innova si badak gila om... soalnya 3 ini harganya lumayan. dengan catatan masih ori dari baru. paling yang kalah duluan sil karetnya.
punya ane dari 2005 masih aman semua padahal seumur idupnya cuma pernah diservis 2x doang taun 2012 dan 2023.

di kasus ane dulu bocor cuma dari sil 5/8 3/8 di evap belakang. oli kompre juga meler dikit dari sini. mumpung bongkaran sekalian deh ganti drier, expansion valve, sil" evap depan (ini penting tapi kadang kelewat sama bengkel... soalnya besar kemungkinan udah keras dan rusak karna proses bongkaran.. berpotensi bocor lagi dikemudian hari). final touch nya kuras freon+oli kompre dan ganti visco fan. untuk visco sih ga wajib ya, ane iseng aja ganti karna uda lama dan pernah diservis juga.
sekarang uda ampir setaun sejak bongkaran terakhir, suhu angin ac siang bolong masih bisa nyentuh 6 derajat c.

bengkel ac banyak, ga harus authorized denso.
Siap om. Terima kasih infonya.
Bengkel AC bilang karena freon masih separuh lebih, asumsi normal pemakaian mobil 11 tahun. Ada sebagian freon yang teroksidasi atau apalah namanya.

Karena isi freon cuma 200rb, saya beranikan isi freon.
Dan memang dingin.

Sudah 2 bulan an tetap dingin. Harusnya gak bocor.
Btw dulu om bocor freon daerah mana? Ada fotonya. Mau ikut lihat punya saya.

Bocornya ada bekasnya? Cairan warna apa?
siap, baguslah semoga tetep adem.

oli kompre pernah diflush? pernah sekali saya flush dan waktu oli lama disedot, warnanya uda coklat dan sisa 20ml doang. ntah udah berapa lama kekurangan oli untung belom kenapa napa.

nggak sempet foto om.
untuk lokasinya harus ngolong dari area sekitar ban serep... tepat di belakang fender roda kanan (nggak jauh dari exhaust pipe), ada 2 pipa yang nyolok kedalem kabin. kalo memang ada oli kompre yang meler disini bakal langsung keliatan. warnanya sih nggak ketauan karna cuma keliatan bekas basah aja.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1780
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sahabatq8 »

Filter cabin/ac sakura vs denso vs bosch paling bagus mana ya? Kalo brill ato swisstech?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kendibocor »

sahabatq8 wrote: Tue Dec 26, 2023 15:43 Filter cabin/ac sakura vs denso vs bosch paling bagus mana ya? Kalo brill ato swisstech?
Pernah pake br*** bwat F30, dari awal dtg uda agak skeptis sih. Bahannya tipis lemes2 gitu. Pas dipake bener aja ga sesuai ekspektasi. Nembus banget bau dari luar (bau asep, dll). Pake paling 6-7rb km ane ganti microfilter aftermarket langsung jauh membaik. Ganti aftermarket hengst beda cuman 100rb an lebih mahal tp kualitasnya jauh. Mending sekalian pake filter kaya denso, sakura segala kayaknya, lebih murah tp kualitas ok jg.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1780
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sahabatq8 »

kendibocor wrote: Wed Dec 27, 2023 0:14
sahabatq8 wrote: Tue Dec 26, 2023 15:43 Filter cabin/ac sakura vs denso vs bosch paling bagus mana ya? Kalo brill ato swisstech?
Pernah pake br*** bwat F30, dari awal dtg uda agak skeptis sih. Bahannya tipis lemes2 gitu. Pas dipake bener aja ga sesuai ekspektasi. Nembus banget bau dari luar (bau asep, dll). Pake paling 6-7rb km ane ganti microfilter aftermarket langsung jauh membaik. Ganti aftermarket hengst beda cuman 100rb an lebih mahal tp kualitasnya jauh. Mending sekalian pake filter kaya denso, sakura segala kayaknya, lebih murah tp kualitas ok jg.
Ada kemungkinan pasangnya gak pas ? Di T32 ane sempet bake br*** sekali sih ok. Blower lebih ketahan dikit dibanding denso, tapi filtrasi gak pernah ngukur berbedaannya seperti apa.

Hengst sama denso sakura beda gak om? Kalo Sakura sih murmer ya, bisa ganti sering. Phillips ane penasaran jg
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kendibocor »

sahabatq8 wrote: Wed Dec 27, 2023 0:37
kendibocor wrote: Wed Dec 27, 2023 0:14
sahabatq8 wrote: Tue Dec 26, 2023 15:43 Filter cabin/ac sakura vs denso vs bosch paling bagus mana ya? Kalo brill ato swisstech?
Pernah pake br*** bwat F30, dari awal dtg uda agak skeptis sih. Bahannya tipis lemes2 gitu. Pas dipake bener aja ga sesuai ekspektasi. Nembus banget bau dari luar (bau asep, dll). Pake paling 6-7rb km ane ganti microfilter aftermarket langsung jauh membaik. Ganti aftermarket hengst beda cuman 100rb an lebih mahal tp kualitasnya jauh. Mending sekalian pake filter kaya denso, sakura segala kayaknya, lebih murah tp kualitas ok jg.
Ada kemungkinan pasangnya gak pas ? Di T32 ane sempet bake br*** sekali sih ok. Blower lebih ketahan dikit dibanding denso, tapi filtrasi gak pernah ngukur berbedaannya seperti apa.

Hengst sama denso sakura beda gak om? Kalo Sakura sih murmer ya, bisa ganti sering. Phillips ane penasaran jg
Harusnya si pas ya, tp si b ini kan emang letoy2 gitu ya om, ga ada moulding di sekelilingnya beda sama filter bawaan atau aftermarket yg uda ada mouldingnya jd lebih solid dan pasti pas.

Kalo soal kualitas filtrasi blm bs ngomong om, baru 2rb an km si hengst, blm tau kualitas filtrasinya gmn.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Salvanost »

lucu ini gree makin mahal,
daikin sharp malah makin murah
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Wed Dec 27, 2023 0:37
kendibocor wrote: Wed Dec 27, 2023 0:14
sahabatq8 wrote: Tue Dec 26, 2023 15:43 Filter cabin/ac sakura vs denso vs bosch paling bagus mana ya? Kalo brill ato swisstech?
Pernah pake br*** bwat F30, dari awal dtg uda agak skeptis sih. Bahannya tipis lemes2 gitu. Pas dipake bener aja ga sesuai ekspektasi. Nembus banget bau dari luar (bau asep, dll). Pake paling 6-7rb km ane ganti microfilter aftermarket langsung jauh membaik. Ganti aftermarket hengst beda cuman 100rb an lebih mahal tp kualitasnya jauh. Mending sekalian pake filter kaya denso, sakura segala kayaknya, lebih murah tp kualitas ok jg.
Ada kemungkinan pasangnya gak pas ? Di T32 ane sempet bake br*** sekali sih ok. Blower lebih ketahan dikit dibanding denso, tapi filtrasi gak pernah ngukur berbedaannya seperti apa.

Hengst sama denso sakura beda gak om? Kalo Sakura sih murmer ya, bisa ganti sering. Phillips ane penasaran jg
Kemaren di T32 paje Denso mayan aja sih, yg penting framenya jangan lemes, jadi susah masukin ke lubangnya itu. Kalau frame lemes, pas masukin ke tempatnya jadi meleyot2 malay ga maksimal.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1780
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sat Jan 06, 2024 0:36
sahabatq8 wrote: Wed Dec 27, 2023 0:37
kendibocor wrote: Wed Dec 27, 2023 0:14

Pernah pake br*** bwat F30, dari awal dtg uda agak skeptis sih. Bahannya tipis lemes2 gitu. Pas dipake bener aja ga sesuai ekspektasi. Nembus banget bau dari luar (bau asep, dll). Pake paling 6-7rb km ane ganti microfilter aftermarket langsung jauh membaik. Ganti aftermarket hengst beda cuman 100rb an lebih mahal tp kualitasnya jauh. Mending sekalian pake filter kaya denso, sakura segala kayaknya, lebih murah tp kualitas ok jg.
Ada kemungkinan pasangnya gak pas ? Di T32 ane sempet bake br*** sekali sih ok. Blower lebih ketahan dikit dibanding denso, tapi filtrasi gak pernah ngukur berbedaannya seperti apa.

Hengst sama denso sakura beda gak om? Kalo Sakura sih murmer ya, bisa ganti sering. Phillips ane penasaran jg
Kemaren di T32 paje Denso mayan aja sih, yg penting framenya jangan lemes, jadi susah masukin ke lubangnya itu. Kalau frame lemes, pas masukin ke tempatnya jadi meleyot2 malay ga maksimal.
Om, mau tanya. Kalo tutup filter ac yang sebelah kiri, itu emang bautnya cuma satu? Soalnya lobang bautnya ada 2
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by sesame »

Salvanost wrote: Fri Jan 05, 2024 14:12 lucu ini gree makin mahal,
daikin sharp malah makin murah
ngawur emang, mahalan Gree Standar 0.5PK drpd Sharp Inverter 0.5PK.. terpaksa beralih ke Sharp Inverter deh :big_exellent:
supertramp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Oct 15, 2012 2:50

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by supertramp »

pengendiesel wrote: Sun Dec 17, 2023 12:50 Mohon bantuanya, 3 harian ini ac anf 2gd saat pertama kali dinyalakan bau apek, kayak lemari lama gak dibuka, ada aroma kecoaknya sedikit.
Kondisi berlangsung sekitar 5 detik. Abis itu normal.
Kira2 kenapa hu?
Nah ini sama spt saya persis, kurleb semingguan lbh baru ngerasa spt itu tapi kalau sdh nyala trus normal lagi. Akhirnya saya bawa ke victory AC yg di Meruya. Selain filter Ac saya diganti, disemprotkan air disinfectant power spray ke bawah dashboard dan filter AC. Menurut teknisi nya kemungkinan kecoak masuk...kalau mau dicari ya hrs bongkar dashboard. Kebetulan enci Victory bilang gak usah bongkar, sayang kalau dibongkar trus disuruh pakai biji kopi / daun pandan saja.
Selang 1 hari kemudian, malam waktu mau pakai mobil, keluar kecoak 1 ekor agak besar di dashboard, ternyata ya benar itu biangnya. Skrg sih saya masih suka semprotkan air disinfectant power spray itu ditambah biji kopi, bau nya skrg gak terlalu menyengat bau apek spt dulu lagi waktu AC baru dihidupkan.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by pengendiesel »

supertramp wrote: Wed Jan 10, 2024 4:31
pengendiesel wrote: Sun Dec 17, 2023 12:50 Mohon bantuanya, 3 harian ini ac anf 2gd saat pertama kali dinyalakan bau apek, kayak lemari lama gak dibuka, ada aroma kecoaknya sedikit.
Kondisi berlangsung sekitar 5 detik. Abis itu normal.
Kira2 kenapa hu?
Nah ini sama spt saya persis, kurleb semingguan lbh baru ngerasa spt itu tapi kalau sdh nyala trus normal lagi. Akhirnya saya bawa ke victory AC yg di Meruya. Selain filter Ac saya diganti, disemprotkan air disinfectant power spray ke bawah dashboard dan filter AC. Menurut teknisi nya kemungkinan kecoak masuk...kalau mau dicari ya hrs bongkar dashboard. Kebetulan enci Victory bilang gak usah bongkar, sayang kalau dibongkar trus disuruh pakai biji kopi / daun pandan saja.
Selang 1 hari kemudian, malam waktu mau pakai mobil, keluar kecoak 1 ekor agak besar di dashboard, ternyata ya benar itu biangnya. Skrg sih saya masih suka semprotkan air disinfectant power spray itu ditambah biji kopi, bau nya skrg gak terlalu menyengat bau apek spt dulu lagi waktu AC baru dihidupkan.
Hahahaha,sama tuh kejadiannya. Tau2 ada 1 ekor kecoak keluar dari ventilasi ac yang di tengah dashboard. Kondisi kecoaknya udah lemes, tinggal tunggu waktu saja.
Sejak itu, pelan2 ac gak bau apek lagi. Sekarang sudah total gak ada bau