Mohon saran ganti mobil

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

addnice wrote:
Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 2:49
addnice wrote:Semakin saya penasaran ama mux nih om haha. Kalau boleh tahu pajaknya berapa ya? Dan kalau untuk servicenya biasanya apa aja om?
Biaya rutin kayak gantu oli dll itu kisaran berapa om?

Oya untuk remap itu diapain om? Ngatur ecu aja? Atau ada perlu gantu komponen tertentu? Dan biayanya berapa kalau om nya mgkn tahu.

Maaf tanyanya beruntun kayak interogasi [emoji120]
Sekitar 4-5 jt om lupa sy. Servicenya standard sih om paling ganti oli, ganti filter solar, purge diesel, cek2 kebocoran, sensor n kelistrikan kl ada kerusakan, kl ada yg perlu diganti dibilangin kok. Sy sblm puasa servis n ganti fan belt sama filter solar atas bawah. Oli sy bawa sendiri, 1,6 jt an kl g salah, km 55.000. sy tanya sy balik lg kpn dibilangnya setahun lagi Pak. :big_grin:
Kalo oli tergantung om mau pake oli apa kan macem2 harganya, butuh sekitar 6,5 liter kl g salah.
Kl biaya rutin tergantung km nya om, ada kok daftarnya di dealer Isuzu.
Waduh kl remap sy blm paham om, maaf. Kl ada info pm sy ya om :big_grin:
Wait2 om. Olinya 1.6jt. Itu bisa dipake setaon? Ga salah om?

Berarti ya unda undi ama crv ya.

Kayaknya yg mahal ntar di sektor kaki2 yah untuk sparepartnya. Mengingat bannya juga segitu gedhe.
ariutomo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Aug 23, 2016 23:15

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by ariutomo »

Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 12:16
ariutomo wrote:
Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 2:51 Om nya sebelumnya jg pake CRV/mobil bensin trus ganti ke mux ya om?

Irit jg ya mobilnya meskipun bodinya segedhe itu.
Bbm nya pake apa om? Dex?

Bisa diceritakan kalau remap gimana om?
Oya yg mux 2016 atau 2015 itu sama kah? Ada cruise controlnya jg kah om?
Sy dari awal bs nyetir sdh dicekokin sm keluarga pakai mesin diesel...

BBM sy pakai dex, cm sebenarnya ini mobil kuat pakai bio solar (sdh banyak juga kawan2 mux yg pakai bio plus obat2 dan tdk ada keluhan selama ini, selain itu filter BBM double & ktnya piston sm cylinder nya ada coating khusus).

Sdh ada cruise control om, cm belom adaptive kayak pajero yg ultimate.

Model facelift 2016 sm minor facelift bedanya dikit : MID, warna jok, headunit plus bemper depan.

Nilai plusnya yg minor facelift 2015 : head unit msh pakai kenwood yg harganya ktnya 8jtan, plus interior plus jok full hitam
Jadi mending ambil yg 2015 ga ada masalah ya om?

Pajak mobil nya berapa ya om?
Pajaknya plng murah diantara SUV ladder frame, mirip2 sm ANKI V, sy kena 4.2
addnice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Mar 04, 2019 0:51
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mux

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by addnice »

Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 12:17
addnice wrote:
Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 2:49 Sekitar 4-5 jt om lupa sy. Servicenya standard sih om paling ganti oli, ganti filter solar, purge diesel, cek2 kebocoran, sensor n kelistrikan kl ada kerusakan, kl ada yg perlu diganti dibilangin kok. Sy sblm puasa servis n ganti fan belt sama filter solar atas bawah. Oli sy bawa sendiri, 1,6 jt an kl g salah, km 55.000. sy tanya sy balik lg kpn dibilangnya setahun lagi Pak. :big_grin:
Kalo oli tergantung om mau pake oli apa kan macem2 harganya, butuh sekitar 6,5 liter kl g salah.
Kl biaya rutin tergantung km nya om, ada kok daftarnya di dealer Isuzu.
Waduh kl remap sy blm paham om, maaf. Kl ada info pm sy ya om :big_grin:
Wait2 om. Olinya 1.6jt. Itu bisa dipake setaon? Ga salah om?

Berarti ya unda undi ama crv ya.

Kayaknya yg mahal ntar di sektor kaki2 yah untuk sparepartnya. Mengingat bannya juga segitu gedhe.
1,6 itu jasa service+spare part om. Sy bw oli dari luar, beneran disuruh balik setahun lg.
Kaki2 blm pernah ganti om, bannya kl asli ya lmyn om 2jtaan sebiji. Tapi ya tahan lama kan tebel.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

addnice wrote:
Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 12:17
addnice wrote:Wait2 om. Olinya 1.6jt. Itu bisa dipake setaon? Ga salah om?

Berarti ya unda undi ama crv ya.

Kayaknya yg mahal ntar di sektor kaki2 yah untuk sparepartnya. Mengingat bannya juga segitu gedhe.
1,6 itu jasa service+spare part om. Sy bw oli dari luar, beneran disuruh balik setahun lg.
Kaki2 blm pernah ganti om, bannya kl asli ya lmyn om 2jtaan sebiji. Tapi ya tahan lama kan tebel.
Oli pake apaan om? Berapaan olinya?
Wuih ban nya ngerii. 2jt sebiji buju buneng. Hahaha.
Adril
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Aug 31, 2017 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Isuzu M-UX

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Adril »

Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 12:16
ariutomo wrote:
Clonz wrote: Wed Jun 26, 2019 2:51 Om nya sebelumnya jg pake CRV/mobil bensin trus ganti ke mux ya om?

Irit jg ya mobilnya meskipun bodinya segedhe itu.
Bbm nya pake apa om? Dex?

Bisa diceritakan kalau remap gimana om?
Oya yg mux 2016 atau 2015 itu sama kah? Ada cruise controlnya jg kah om?
Sy dari awal bs nyetir sdh dicekokin sm keluarga pakai mesin diesel...

BBM sy pakai dex, cm sebenarnya ini mobil kuat pakai bio solar (sdh banyak juga kawan2 mux yg pakai bio plus obat2 dan tdk ada keluhan selama ini, selain itu filter BBM double & ktnya piston sm cylinder nya ada coating khusus).

Sdh ada cruise control om, cm belom adaptive kayak pajero yg ultimate.

Model facelift 2016 sm minor facelift bedanya dikit : MID, warna jok, headunit plus bemper depan.

Nilai plusnya yg minor facelift 2015 : head unit msh pakai kenwood yg harganya ktnya 8jtan, plus interior plus jok full hitam
Jadi mending ambil yg 2015 ga ada masalah ya om?

Pajak mobil nya berapa ya om?
Bantu jawab, utk Tangerang Selatan MUX 2017 pajaknya sekitar 4.7 JT. Dah ambil MUX aja gak salah kok. Saya dulunya juga mau ambil ANKI V diesel matic, tapi beralih ke MUX karena harga setelah diskon hampir sama tapi dgn fitur & kenyamanan jauh berbeda. Jarak tempuh sekarang 50rb km, konsumsi full bio solar sejak di km 10rb. Alhamdulillah belum ada masalah. Bengkel resmi banyak di luar kota, sparepart relatif murah ukuran impor Thailand. Di km 5rb saya sudah remap set harian, tenaga naik sekitar 180 hp, top speed hampir 200 km. Kenapa saya remap karna saya suka roadtrip luar kota, mau offroad juga bisa, rajanya tanjakan pula. Bbm setelah remap di MID utk dalkot 1:13,5 full bio solar, luar kota bisa 1:17 tergantung halusnya kaki hehe. Kalo soal daya tahan mesin Isuzu jangan diragukan lagi ya, dia cuma kalah merk disini karna identik dgn mobil niaga, tapi di luar negri banyak beredar kok.
addnice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Mar 04, 2019 0:51
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mux

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by addnice »

Iya sih om soale ban impor. Tp sy liat ada kok yg sama profilnya kayak gt radial itu 1,2an sebiji. Wajar lah om ring besar kalo segitu mah.
Oli sy pakek yang murah aja om Kendall dxa 10w30 sekitar 90 rban seliter. Rencana Next cb lg yg laen misal ptt itu murah jg 80-90 rban seliter.
BTW Anki diesel bagus jg kok om. cm harga 2nd nya mirip2 mux 2nd, coba cek Anki diesel g 2016 sama mux 2015 gak beda jauh om, padahal harga barunya selisihnya lumayan loh.
Nikmati aja prosesnya om, asik jg loh hunting mobil 2nd apalagi budget masuk hahahaha...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by ginting »

Remap itu adalah menulis ulang map yg ada di ECU.
karena ini bukan panther.
Ini mesin CRDi yg mana injector itu croottt solar berdasarkan perintah ECU ke selenoid yg ada di kepala injector.

Kalau jeroan mesin sih standard aja. kecuali remap yg berat tentu harus diimbangin modif lain spt radiator, intercooler, kipas, rem, dll
kalau stage berikut mungkin bisa ganti injector, ganti turbo, dll

kalau MuX sih udah pakai front mounting intercooler, dimana dia dpt udara segar dan tidak (terlalu) terpapar radiasi mesin krn posisi di depan.

Kemaren sy tanya harga ban ukuran spt Mux, di shop and drive sektor 3A Bintaro, katanya Dunlop 1.4 jt, tp yg 165 65 R17.

Pajak sy kena segini.
MuX ini keluaran Desember 2016.

Oli saya selalu pakai Delvac 5W30, harga seliter di Astra Isuzu 220,000.

Kalau mau IAGO bisa juga cuma 65,000 per liter.

Sekarang sdh 31,000 km

Anak saya selalu senang naek MuX krn kursinya lebar dan suspensinya nyaman buat tidur katanya.
IMG_20190626_221720.jpeg
IMG_20190525_225510.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

ginting wrote:Remap itu adalah menulis ulang map yg ada di ECU.
karena ini bukan panther.
Ini mesin CRDi yg mana injector itu croottt solar berdasarkan perintah ECU ke selenoid yg ada di kepala injector.

Kalau jeroan mesin sih standard aja. kecuali remap yg berat tentu harus diimbangin modif lain spt radiator, intercooler, kipas, rem, dll
kalau stage berikut mungkin bisa ganti injector, ganti turbo, dll

kalau MuX sih udah pakai front mounting intercooler, dimana dia dpt udara segar dan tidak (terlalu) terpapar radiasi mesin krn posisi di depan.

Kemaren sy tanya harga ban ukuran spt Mux, di shop and drive sektor 3A Bintaro, katanya Dunlop 1.4 jt, tp yg 165 65 R17.

Pajak sy kena segini.
MuX ini keluaran Desember 2016.

Oli saya selalu pakai Delvac 5W30, harga seliter di Astra Isuzu 220,000.

Kalau mau IAGO bisa juga cuma 65,000 per liter.

Sekarang sdh 31,000 km

Anak saya selalu senang naek MuX krn kursinya lebar dan suspensinya nyaman buat tidur katanya.
IMG_20190626_221720.jpeg
IMG_20190525_225510.jpeg
Jadi remap itu semacam setting ulang ECU ya om. Bisa dilakukan d mana ? Kebetulan saya di jawa timur, apakah ada rekan yg tahu info biaya dan bengkel yg bisa remap ini?

Wah pajaknya malah lebih murah dr crv re saya yg 2011 yg kena 4.88jt [emoji2962]

Bannya kok ukurannya beda ama om lain yg bilang tadi ya om?

Udah 31rb km, apakah udah ada ganti sparepart aneh2 om?

Semakin keracunan nih om . Gawatt...
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Tats »

ginting wrote: Wed Jun 26, 2019 15:24 Remap itu adalah menulis ulang map yg ada di ECU.
karena ini bukan panther.
Ini mesin CRDi yg mana injector itu croottt solar berdasarkan perintah ECU ke selenoid yg ada di kepala injector.

Kalau jeroan mesin sih standard aja. kecuali remap yg berat tentu harus diimbangin modif lain spt radiator, intercooler, kipas, rem, dll
kalau stage berikut mungkin bisa ganti injector, ganti turbo, dll

kalau MuX sih udah pakai front mounting intercooler, dimana dia dpt udara segar dan tidak (terlalu) terpapar radiasi mesin krn posisi di depan.

Kemaren sy tanya harga ban ukuran spt Mux, di shop and drive sektor 3A Bintaro, katanya Dunlop 1.4 jt, tp yg 165 65 R17.

Pajak sy kena segini.
MuX ini keluaran Desember 2016.

Oli saya selalu pakai Delvac 5W30, harga seliter di Astra Isuzu 220,000.

Kalau mau IAGO bisa juga cuma 65,000 per liter.

Sekarang sdh 31,000 km

Anak saya selalu senang naek MuX krn kursinya lebar dan suspensinya nyaman buat tidur katanya.

IMG_20190626_221720.jpegIMG_20190525_225510.jpeg
Om sy penasaran, kalau remap begitu terbaca oleh beres kah?
Karena biasanya kan mobil baru kalau ada yang dimodifikasi garansinya dianggap hangus
Adril
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Aug 31, 2017 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Isuzu M-UX

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Adril »

Remap tidak terbaca oleh beres, semua normal saja, tidak ada lampu engine check, saya sudah otw 50rb km service per 5rb selalu di beres astra aman2 saja. Ban mux kenapa mahal karena masih bridestone ukuran 255 buatan thailand, nanti jika mau ganti bisa tukar ke bridestone buatan lokal ukuran 265 yang lebih murah kok, ukuran tsb umum dipakai oleh fortuner & pajero disini juga, karena utk ukuran 255 tdk ada lokalnya. Lagi pula soal mahal murah ban tentu tergantung merek bannya juga, merek toyo tentu jauh lebih mahal dari bridestone, yg lebih murah bisa ambil hankook.
addnice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Mar 04, 2019 0:51
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mux

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by addnice »

Adril wrote: Wed Jun 26, 2019 16:30 Remap tidak terbaca oleh beres, semua normal saja, tidak ada lampu engine check, saya sudah otw 50rb km service per 5rb selalu di beres astra aman2 saja. Ban mux kenapa mahal karena masih bridestone ukuran 255 buatan thailand, nanti jika mau ganti bisa tukar ke bridestone buatan lokal ukuran 265 yang lebih murah kok, ukuran tsb umum dipakai oleh fortuner & pajero disini juga, karena utk ukuran 255 tdk ada lokalnya. Lagi pula soal mahal murah ban tentu tergantung merek bannya juga, merek toyo tentu jauh lebih mahal dari bridestone, yg lebih murah bisa ambil hankook.
Om habis remap asapnya ngebul gak om?
Jadi kepikiran remap ni saya :big_smile]
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by ginting »


Clonz wrote:
ginting wrote:Remap itu adalah menulis ulang map yg ada di ECU.
karena ini bukan panther.
Ini mesin CRDi yg mana injector itu croottt solar berdasarkan perintah ECU ke selenoid yg ada di kepala injector.

Kalau jeroan mesin sih standard aja. kecuali remap yg berat tentu harus diimbangin modif lain spt radiator, intercooler, kipas, rem, dll
kalau stage berikut mungkin bisa ganti injector, ganti turbo, dll

kalau MuX sih udah pakai front mounting intercooler, dimana dia dpt udara segar dan tidak (terlalu) terpapar radiasi mesin krn posisi di depan.

Kemaren sy tanya harga ban ukuran spt Mux, di shop and drive sektor 3A Bintaro, katanya Dunlop 1.4 jt, tp yg 165 65 R17.

Pajak sy kena segini.
MuX ini keluaran Desember 2016.

Oli saya selalu pakai Delvac 5W30, harga seliter di Astra Isuzu 220,000.

Kalau mau IAGO bisa juga cuma 65,000 per liter.

Sekarang sdh 31,000 km

Anak saya selalu senang naek MuX krn kursinya lebar dan suspensinya nyaman buat tidur katanya.
IMG_20190626_221720.jpeg
IMG_20190525_225510.jpeg
Jadi remap itu semacam setting ulang ECU ya om. Bisa dilakukan d mana ? Kebetulan saya di jawa timur, apakah ada rekan yg tahu info biaya dan bengkel yg bisa remap ini?

Wah pajaknya malah lebih murah dr crv re saya yg 2011 yg kena 4.88jt [emoji2962]

Bannya kok ukurannya beda ama om lain yg bilang tadi ya om?

Udah 31rb km, apakah udah ada ganti sparepart aneh2 om?

Semakin keracunan nih om . Gawatt...
Ban.

Ban yg std kebetulan gak ada disana waktu itu, oom.
std 255 65 R17 punya saya.
yg deket dih 265 65 R17


Remap di jatim
ada kawan di SBY sdh remap juga.
PM aja no hp oom ke saya, nanti sy masukin ke WA mux
disitu banyak ratjoen, group buy biar murah, share bengkel dll. banyak warga jatim juga.

@Tats
apakah oom ada komen di yutub juga di video mux ?
(rada mirip namanya)

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by ginting »

addnice wrote:
Adril wrote: Wed Jun 26, 2019 16:30 Remap tidak terbaca oleh beres, semua normal saja, tidak ada lampu engine check, saya sudah otw 50rb km service per 5rb selalu di beres astra aman2 saja. Ban mux kenapa mahal karena masih bridestone ukuran 255 buatan thailand, nanti jika mau ganti bisa tukar ke bridestone buatan lokal ukuran 265 yang lebih murah kok, ukuran tsb umum dipakai oleh fortuner & pajero disini juga, karena utk ukuran 255 tdk ada lokalnya. Lagi pula soal mahal murah ban tentu tergantung merek bannya juga, merek toyo tentu jauh lebih mahal dari bridestone, yg lebih murah bisa ambil hankook.
Om habis remap asapnya ngebul gak om?
Jadi kepikiran remap ni saya :big_smile]
kalo saya sih enggak, oom...
samar2 sih ada..tp gak keliatan dari spion kalo dibejek..
sy minta map yg ringan aja..
yg penting tarikan enteng.
mau ngebut juga ngeri kalo SUV..nyawa taruhannya..tp 180 kmpj sih masih okelah.
Adril
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Aug 31, 2017 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Isuzu M-UX

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Adril »

addnice wrote: Wed Jun 26, 2019 22:37
Adril wrote: Wed Jun 26, 2019 16:30 Remap tidak terbaca oleh beres, semua normal saja, tidak ada lampu engine check, saya sudah otw 50rb km service per 5rb selalu di beres astra aman2 saja. Ban mux kenapa mahal karena masih bridestone ukuran 255 buatan thailand, nanti jika mau ganti bisa tukar ke bridestone buatan lokal ukuran 265 yang lebih murah kok, ukuran tsb umum dipakai oleh fortuner & pajero disini juga, karena utk ukuran 255 tdk ada lokalnya. Lagi pula soal mahal murah ban tentu tergantung merek bannya juga, merek toyo tentu jauh lebih mahal dari bridestone, yg lebih murah bisa ambil hankook.
Om habis remap asapnya ngebul gak om?
Jadi kepikiran remap ni saya :big_smile]
Ngebul atau enggak tergantung om minta ke tunnernya sebuas apa mobilnya. Kalo minta ke 240 hp kemungkinan besar ngebul, kalo cuma 180 hp buat harian tidak, bbm juga ngaruh, dulu saat remap selalu full dex jadi tunnernya setting ke dex, saat itu sama sekali tidak ngebul, namun saat beralih ke full bio solar jadi rada ngebul tapi hanya saat dibejek habis secara mendadak, kalo akselerasi gasnya naik secara bertahap tidak ngebul walapun di kecepatan tinggi. Jadi sebaiknya om tentukan dulu mau karakteristiknya seperti apa, seringnya pake bbm apa, mau ngejar tarikan atau speed, buat harian atau resing, nanti tunnernya yg setting semua itu. Dulu saya mintanya set harian, enteng buat stop & go, nyalip & tanjakan luar kota, tapi tambah irit.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

Maaf menyela, ijin share sedikit tadi saya TD 2 Mobil Wuling.

Short review dan impresi Wuling Cortez dan Wuling Almaz

Wuling Cortez 1.5L Turbo tipe C
Mobil ini kayaknya ditujukan untuk jadi pesaing ketat di kelas LMPV, karena rentang harganya yang mirip banget ama LMPV paling heboh saat ini yaitu si Mitsu Xpander (top trim Cortez kalah ga salah di 289jt). Cuman setelah merasakan sendiri, kayaknya mobil ini lebih daripada sebuah LMPV.

Desain Exterior :
DEsainnya lebih mengarah ke sebuah MPV daripada Xpander yang udah agak2 SUV wannabe. Lebih pendek, jadi lebih seperti Ertiga. Panjang banget sampe 4.8m.

Desain interior :
Interior wuling termasuk bagus. udah seperti MPV jepang. finishingnya bagus. untuk cortez udah mayan. dan banyak soft touchnya. jok pengemudi nyaman. oke lah. dan ga ada masalah buat saya.
Head unit udah android. audio system pas2an, tapi masih setara ama dfsk 560.
respons headunit oke lah.
tapi tadi saya ga terlalu coba banyak untuk head unit.
AC masih pake kenob. untungnya desainnya udah lumayan.
dan ada blower kedua di tengah untuk penumpang belakang.


Mesin dan transmisi serta performa
mesin cvt 1.5l turbo. sayangnya waktu td ga sempet ke jalan lapang karena di tengah kota dan jalanan rame jadi gak bisa coba turbonya.
ada 3 macam mode pengendaraan. mode normal, mode S (sport) dan mode eco.
jika eco dinyalakan akan terasa tarikan rada berat
jika S dinyalakan, terasa tarikan lebih enteng dan rpm akan bertengger di 2500-3000 terus. dan infonya sih bakal jalan turbonya di 1600rpm kata salesnya, tapi saya ga ngerasa apa2, cuman tarikan lebih jos dikit aja. terutama di putaran bawah gigi 1.
kalau mode normal biasa, tarikan cukup biasa sih, terasa rada gambot di awal (saya kebiasaan bawa CRV 2400cc yang tarikan bawahnya kalau dibejek cukup liar sih), sampe gigi 2 ke 3 baru terasa naik akselerasinya.
masuk dari N ke D tidak terasa ada masalah dan halus. perpindahan gigi naik halus. tapi kalau down shift masih kayak DFSK punya transmisi, ada sedikit hentakan2 halus (di wuling lebih halus), dan berasa kayak susah di rem.
yang aneh, waktu mau berhenti di lampu merah, posisi udah berhenti, tuas dipindah dari D ke N, malah ada hentakan (kok aneh ya? biasanya kan ga ada)

konsumsi bbm berkisar di 1:7-8 menurut sales. dan tadi bacaan MID sih di 1:2km/L haha.

Comfort dan Suspensi
Kebtulan untuk unit yang saya TD ini adalah tipe captain seat. luas banget untuk space buat penumpangnya.
sedangkan untuk jok penumpang menurut istri saya sih kurang nyaman dan cenderung keras joknya.
Bagasi luas, cukup untuk bawa barang banyak dan baris ketiga termasuk lega. bahnakn untuk orang dewasa.
sayangnya baris ketiga tidak dapat dilipat rata lantai dan ada ujung kaki baris ketiga yang cukup mengganggu di area bagasi jika jok dilipat ke depan.

suspensinya cukup enak. lembut dan ga mantul2. mirip ama ertiga yang menurut saya termasuk paling top di kelasnya.
di jalanan keriting juga cukup nyaman. di jalanan berombak juga ga terasa diombang ambing.
di kecepatan tinggi jg masih stabil dan ga berasa menakutkan kayak di glory560.

yang bikin heran itu setir kok enteng banget. bener2 kayak ga ada feedbacknya. untungnya waktu kecepatan tinggi setirnya masih ga goyang.

Kesimpulan :
Pro :
desain bagus
harga bersaing dengan LMPV populer
kabin luas
bagasi luas
interior bagus
jok nyaman (driver)
ada captain seat/jok biasa bisa pilih (harga beda)
cocok buat yang keluarga bawa anak dll + barang2 banyak.
paling panjang di kelasnya (4.8m)

Cons :
sound system kurang memuaskan
setir belum teleskopic
agak boros
tarikan rada gambot di rpm rendah
diskon cuman 1jt doang (di Malang)
ga ada bonus apa2 kalau misal beli baru (di Malang)
jok penumpang kurang enak
jok baris ketiga tidak bisa rata lantai

Wuling Almaz 1.5L Turbo:

desain exterior
Wuling Almaz desain exterior depannya saya suka banget. lampunya kesannya futuristik banget.
cuman untuk abgian belakang, berasa agak aneh. mendingan captiva thailand, yang entah kenapa berasa lebih proporsional. kalau almaz lekukan2 buritannya berasa ga bisa keren, malah rada downgrade.
dan sayangnya ini almaz kalah panjang dari cortez, beda 10cm lebih pendek.
mobilnya berasa ground clearancenya cukup tinggi, tapi kalau dinaikin ga susah, cuman dari dalam, moncongnya berasa maju dan lebar banget.
bodi terasa lebih tebal, menutup pintu juga lebih kerasa berat.

desain interior
interiornya sekilas mirip ama cortez, dashboard mirip banget, cuman yang bikin heboh ya headunit yang segedhe laptop itu.
pengeoperasiannya mudah, dan responnya cukup bagus.
cuman memang ga enak sih mengoperasikan AC pake touch screen. harus mecah konsentasi kalau ga biasa.
sound system sudah punya infinity, enak bagus suaranya. soundstagenya luas jadi ga berasa berisik di telinga.
kemudian bahan soft touch lebih baik dan lebih banyak.
kompartemen sama kayak cortez, hingga ke console tengah juga sama ukurannya. sayangnya tempat penyimpanan ga sebanyak CRV saya.
kabin terasa lebih sempit, tapi bangku tengah lebih lebar karena ini mobil hanya 5 seater.
bagasi sayangnya mengecil dan terlalu tinggi dasarnya, agak susah kalau naik turunkan barang.
bangku tengah dapat rata lantai, tapi rada susah melipatnya soalnya harus lepas jok bawah dulu, kemudian baru jok belakang dilipat.
jok driver modelnya sport gitu, tapi kalau didudukin masih nyaman. untuk saya yang 177cm, bisa menopang sampe hampir ke lutut, sisa sekitar 10cm. tapi... yang kurang nyaman ada di bagian punggung bawah. punggung bawahnya ga ada yang support, pas bagian kosong. jadi kalau jarak jauh kayaknya kurang supportif.

ada panoramic sunroof jadi nilai plus nih. sampe belakang pula.


mesin dan performa
mesinnya tarikannya berasa lebih sigap dari cortez untuk beberapa kali. tapi tarikan gigi1 tetap berasa gambot (mgkn karena cvt kali yah)
keanehan hentakan waktu dari D ke N juga masih terasa.
mode driving juga masih sama ada D biasa, S, dan eco.
setirnya juga enteng, tapi masih lebih berat dikittt dari cortez.
konsumsi bbm di MID tadi terbaca 1:9-10, cuman menurut sales sih rata2 di 1:8-9 kalau pake pertamax.

comfort dan suspensi
suspensi lebih rigid, jadi lebih kaku daripada cortez, tapi masih termasuk empuk di jalan keriting. cuman karena lebih tinggi, kalau udah masuk jalan gelombang bisa mantul2 dan hampir terbang kalau kena polisi tidur pake kecepatan rada tinggi.
jok tengah nyaman, istri saya ga komplain. cuman kabinnya jadi lebih sempit.
AC kedua ada di tengah consol bawah.

kesimpulan:
pro :
desain bagus
interior bagus
bodi tebal
tarikan lebih sigap
tidak limbung
panoramic sunroof
sudah LED
sound system bagus
head unit gedhe

cons :
agak mantul kalau kena jalan gelombang
bagasi kecil
hanya 5 seater.


Overall Wuling mernurut saya lebih baik dari DFSK, mobilnya terasa lebih mature dan punya filosofi desain interior yang seragam dan kualitasnya lebih baik. cuman sayangnya kalau dari segi mesin kayaknya perlu perbaikan lebih lagi supaya driving experiencenya lebih berkesan, karena saat ini berasa seperti mesin baru yang belom lolos uji dan ada minor2 glitch yang bikin ga nyaman.
Menurut saya sih Cortez saingan ertiga+Xpander tapi lebih besar dan lebih mewah danm di harga segitu memang pantas tapi belom bisa dibilang lebih baik daripada mobil di kelas atasnya.

Almaz juga sama, meskipun banyak yang bilang ini CRV killer, tapi menurut saya sih dia pantasnya ya bersaing di harga 300++ jutaan aja, belom sampe bisa dibilang karena dengan adanya almaz, crv jadi berasa over price.

2 mobil Wuling ini menurut saya bagus dan pilihan yang boleh dipertimbangkan di kelasnya sih menurut saya. saya sendiri suka yang Cortez karena cukup terjangkau dan kenyamanan dan kelegaan kabinnya. Cuman Almaz racunnya yahud juga sih, sayangnya cuman 5 seater dan bagasi agak terbatas. Dengar2 dari sales tahun depan bakal ada almaz 7 seater yang punya dimensi lebih gedhe dan lebih lebar yang akan dimasukkan ke peperangan dengan kelasnya fortuner pajero dkk. bakal menarik banget nih (tapi apa kuat ya mesin 1.5l turbo buat ngangkat bodi segitu gedhe)

Sekian impresi saya. terima kasih waktu dan tempatnya. mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kata2 saya membingungkan.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Pboyz97 »

Clonz wrote: Tue Jun 25, 2019 18:42
Pboyz97 wrote:ANKI aja om, soalnya paling sesuai kriteria & gak turun2 amat kelasnya dari CRV RE
Siap om. ANKI aalah satu kandidat terkuat sih. Kalau xtrail gimana om? Bagasi kecil yah?
Berhubung pernah punya RE 2011 juga (2011 - 2019 awal) dan pernah TD T32, saya bantu jawab ya. Bagasi xtrail sih oke2 aja, kalau gak butuh2 amat 7 seater , apalagi 7 seater nya T32 cuma cocok buat anak kecil menurut saya, walaupun gak seluas CRV RE . Terus kalau mau ganti xtrail sih worth2 aja , asal nyari unit yg service recordnya lengkap, sm kalau bisa cari yg HUnya udh touchscreen. Kalau secara overall sih

Kelebihan Xtrail T32 dibanding RE:
- Bantingan suspensi jauh lebih nyaman (T32 ini empuk banget menurut saya, beda 180 derajat sm RE yg keras banget)
- Road noise lebih baik
- Row 2 cukup lega
- Transmisi CVTnya lumayan lah buat daily
- Fitur
- The most comfortable medium SUV in it's class
- Harga 2ndnya worth buat dibeli

Kelemahan Xtrail T32 dibanding RE:
- Borosnya 11 12
- Bagasi gak selega CRV ,walaupun ukurannya beda2 tipis, ya kalau buat dagangan masih cukup lah
- Citra merek
- Gak se fun to drive CRV

Itu aja sih menurut saya , semoga bermanfaat
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

Pboyz97 wrote:
Clonz wrote: Tue Jun 25, 2019 18:42
Pboyz97 wrote:ANKI aja om, soalnya paling sesuai kriteria & gak turun2 amat kelasnya dari CRV RE
Siap om. ANKI aalah satu kandidat terkuat sih. Kalau xtrail gimana om? Bagasi kecil yah?
Berhubung pernah punya RE 2011 juga (2011 - 2019 awal) dan pernah TD T32, saya bantu jawab ya. Bagasi xtrail sih oke2 aja, kalau gak butuh2 amat 7 seater , apalagi 7 seater nya T32 cuma cocok buat anak kecil menurut saya, walaupun gak seluas CRV RE . Terus kalau mau ganti xtrail sih worth2 aja , asal nyari unit yg service recordnya lengkap, sm kalau bisa cari yg HUnya udh touchscreen. Kalau secara overall sih

Kelebihan Xtrail T32 dibanding RE:
- Bantingan suspensi jauh lebih nyaman (T32 ini empuk banget menurut saya, beda 180 derajat sm RE yg keras banget)
- Road noise lebih baik
- Row 2 cukup lega
- Transmisi CVTnya lumayan lah buat daily
- Fitur
- The most comfortable medium SUV in it's class
- Harga 2ndnya worth buat dibeli

Kelemahan Xtrail T32 dibanding RE:
- Borosnya 11 12
- Bagasi gak selega CRV ,walaupun ukurannya beda2 tipis, ya kalau buat dagangan masih cukup lah
- Citra merek
- Gak se fun to drive CRV

Itu aja sih menurut saya , semoga bermanfaat
Siapp. Makasih sharing dan rekomendasinya omm.

Omnya pake t32 dari baru ya?

Kalau service dan pajaknya di kisaran berapa ya om?
Dan apa xtrail t32 ini suka njajan kayak t31 yg dulu sering terdengar suka jajan.
Dulu saya jg galau ambil t31 atau RE akhirnya pilih RE karena sering denger servisnya xtrail mahal dan suku cadangnya tinggi2
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

Pboyz97 wrote:
Clonz wrote: Tue Jun 25, 2019 18:42
Pboyz97 wrote:ANKI aja om, soalnya paling sesuai kriteria & gak turun2 amat kelasnya dari CRV RE
Siap om. ANKI aalah satu kandidat terkuat sih. Kalau xtrail gimana om? Bagasi kecil yah?
Berhubung pernah punya RE 2011 juga (2011 - 2019 awal) dan pernah TD T32, saya bantu jawab ya. Bagasi xtrail sih oke2 aja, kalau gak butuh2 amat 7 seater , apalagi 7 seater nya T32 cuma cocok buat anak kecil menurut saya, walaupun gak seluas CRV RE . Terus kalau mau ganti xtrail sih worth2 aja , asal nyari unit yg service recordnya lengkap, sm kalau bisa cari yg HUnya udh touchscreen. Kalau secara overall sih

Kelebihan Xtrail T32 dibanding RE:
- Bantingan suspensi jauh lebih nyaman (T32 ini empuk banget menurut saya, beda 180 derajat sm RE yg keras banget)
- Road noise lebih baik
- Row 2 cukup lega
- Transmisi CVTnya lumayan lah buat daily
- Fitur
- The most comfortable medium SUV in it's class
- Harga 2ndnya worth buat dibeli

Kelemahan Xtrail T32 dibanding RE:
- Borosnya 11 12
- Bagasi gak selega CRV ,walaupun ukurannya beda2 tipis, ya kalau buat dagangan masih cukup lah
- Citra merek
- Gak se fun to drive CRV

Itu aja sih menurut saya , semoga bermanfaat
Iya berarti BBM masih di kisaran 1:7-8 ya om?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by liemivan86 »

Clonz wrote:
Pboyz97 wrote:
Clonz wrote: Tue Jun 25, 2019 18:42 Siap om. ANKI aalah satu kandidat terkuat sih. Kalau xtrail gimana om? Bagasi kecil yah?
Berhubung pernah punya RE 2011 juga (2011 - 2019 awal) dan pernah TD T32, saya bantu jawab ya. Bagasi xtrail sih oke2 aja, kalau gak butuh2 amat 7 seater , apalagi 7 seater nya T32 cuma cocok buat anak kecil menurut saya, walaupun gak seluas CRV RE . Terus kalau mau ganti xtrail sih worth2 aja , asal nyari unit yg service recordnya lengkap, sm kalau bisa cari yg HUnya udh touchscreen. Kalau secara overall sih

Kelebihan Xtrail T32 dibanding RE:
- Bantingan suspensi jauh lebih nyaman (T32 ini empuk banget menurut saya, beda 180 derajat sm RE yg keras banget)
- Road noise lebih baik
- Row 2 cukup lega
- Transmisi CVTnya lumayan lah buat daily
- Fitur
- The most comfortable medium SUV in it's class
- Harga 2ndnya worth buat dibeli

Kelemahan Xtrail T32 dibanding RE:
- Borosnya 11 12
- Bagasi gak selega CRV ,walaupun ukurannya beda2 tipis, ya kalau buat dagangan masih cukup lah
- Citra merek
- Gak se fun to drive CRV

Itu aja sih menurut saya , semoga bermanfaat
Siapp. Makasih sharing dan rekomendasinya omm.

Omnya pake t32 dari baru ya?

Kalau service dan pajaknya di kisaran berapa ya om?
Dan apa xtrail t32 ini suka njajan kayak t31 yg dulu sering terdengar suka jajan.
Dulu saya jg galau ambil t31 atau RE akhirnya pilih RE karena sering denger servisnya xtrail mahal dan suku cadangnya tinggi2
Saya pakai T32 dari baru. Sekarang sudah sekitar 31rb km, dan umur hampir 2 tahun. Overall, ini mobil paling sesuai untuk saya. Nyaman, row 2 luas (lumayan banyak bedanya dibanding CX-5), nyaman, nyaman, nyaman.. Ha2...

Saya servis 10rb sekitar 500rb an, 20rb km, sekitar 800rb kalo tidak salah, 30rb km kmrn 1.8 jt, itu karena saya minta ganti oli CVT. Kalo tanpa oli CVT mungkin kisaran 1 jt an aja. 20rb km dan 30rb km sudah termasuk spooring balancing. Overall ok sih buat saya, tidak mahal. Dulu pakai Veloz 2012 juga servis sekitar 1 jtan terus.. Tapi memang ini item servis nya saya pilih in ya, jadi kayak setiap servis selalu ditawari engine (bay) cleaning, dan selalu saya tolak. Itu sudah 250-300 an sendiri. Terus ditambah cleaning2 lain yang tidak perlu.

Sejauh ini mobil saya belum ada masalah apa-apa sih, Moga2 aman terus dah. Yang pasti, dibanding CRV 2014 yang sebelum nya saya sempat pakai, keheningan jauh lebih baik X-trail, sedikit lebih irit (CRV eco terus 1:7, X-trail non eco 1:7.5-8), lebih empuk, dan bagasi lebih kecil karena ada kursi row 3 yang selalu saya lipat. Tapi sejauh ini, saya belum pernah kekurangan space bagasi, bahkan untuk keluar kota bawa baby juga masih cukup.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Pboyz97 »

Clonz wrote: Sat Jun 29, 2019 4:53
Pboyz97 wrote:
Clonz wrote: Tue Jun 25, 2019 18:42 Siap om. ANKI aalah satu kandidat terkuat sih. Kalau xtrail gimana om? Bagasi kecil yah?
Berhubung pernah punya RE 2011 juga (2011 - 2019 awal) dan pernah TD T32, saya bantu jawab ya. Bagasi xtrail sih oke2 aja, kalau gak butuh2 amat 7 seater , apalagi 7 seater nya T32 cuma cocok buat anak kecil menurut saya, walaupun gak seluas CRV RE . Terus kalau mau ganti xtrail sih worth2 aja , asal nyari unit yg service recordnya lengkap, sm kalau bisa cari yg HUnya udh touchscreen. Kalau secara overall sih

Kelebihan Xtrail T32 dibanding RE:
- Bantingan suspensi jauh lebih nyaman (T32 ini empuk banget menurut saya, beda 180 derajat sm RE yg keras banget)
- Road noise lebih baik
- Row 2 cukup lega
- Transmisi CVTnya lumayan lah buat daily
- Fitur
- The most comfortable medium SUV in it's class
- Harga 2ndnya worth buat dibeli

Kelemahan Xtrail T32 dibanding RE:
- Borosnya 11 12
- Bagasi gak selega CRV ,walaupun ukurannya beda2 tipis, ya kalau buat dagangan masih cukup lah
- Citra merek
- Gak se fun to drive CRV

Itu aja sih menurut saya , semoga bermanfaat
Siapp. Makasih sharing dan rekomendasinya omm.

Omnya pake t32 dari baru ya?

Kalau service dan pajaknya di kisaran berapa ya om?
Dan apa xtrail t32 ini suka njajan kayak t31 yg dulu sering terdengar suka jajan.
Dulu saya jg galau ambil t31 atau RE akhirnya pilih RE karena sering denger servisnya xtrail mahal dan suku cadangnya tinggi2
Kagak om, saya dulu sempet kepikiran sm T32 buat gantiin RE 2011 saya dulu, sebelum memutuskan untuk SPK CX5, karena pengen mobil yg fun to drive ketika itu. Kalau service dan pajak, harusnya gak jauh beda sm RE, saya kurang tau brpnya. Kalau katanya temen saya yg sudah pake sih, T32 Lebih awet daripada T31
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

Terima kasih sebelumnya buat yg udah bantu share dan kasih pandangan.

Pilihan mengerucut ke
T32 2015
INNOVA Reborn 2016 2017 G AT (sedikit over budget sih benernya)
ISUZU MUx 2015

Menurut om2 sekalian mending yg mana ?
T32 menarik dan nyaman, harusnya akomodasi dan faktor2 lainnya masih mirip ama CRV. cuman sayangnya masih 5 seater riil (7seater boongan)

INNOVA REBORN suka eksterior, 7 seater, irit, bandel kayaknya, cuman ga suka dashboard n interiornya n bagasi agak kurang karena pake sistem bangku diangkat ke atas.
Tahun2 2016 ini apakah masih layak dibeli? Mengingat banyak adegan putu jedug waktu itu.


ISUZU MUX udah TD, kebetulan tahun yg sama 2015 barangnya.overall puas. Yg jd corcern cuman biaya perawatan dan resale valuenya apa serem ya? Ada yg bisa share mengenai ini om?
ericsantosa97
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Wed May 23, 2018 11:14

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by ericsantosa97 »

Kalau masih memikirkan biaya perawatan dan bbm, mungkin innova reborn bisa menjadi pilihan. Tapi kalau masalah fun to drive, gengsi, kualitas material, mungkin masih menang xtrail. Kalau tenaga emang mesin 2gd torsinya gede. Kalau mobil untuk harian prefer innova, tp kalau mobil weekend xtrail lebih menang kemana mana. Oh btw, innova bagasinya termasuk luas, bawa sofa ikea bisa masuk ke dalam mobil hehehe

Dari dulu sebenernya udah ngidam xtrail t32 untuk menggantikan gnki bensin. Namun apadaya kebutuhan berkata lain. Akhirnya di rumah datanglah innova reborn bensin [emoji28].
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by Clonz »

ericsantosa97 wrote:Kalau masih memikirkan biaya perawatan dan bbm, mungkin innova reborn bisa menjadi pilihan. Tapi kalau masalah fun to drive, gengsi, kualitas material, mungkin masih menang xtrail. Kalau tenaga emang mesin 2gd torsinya gede. Kalau mobil untuk harian prefer innova, tp kalau mobil weekend xtrail lebih menang kemana mana. Oh btw, innova bagasinya termasuk luas, bawa sofa ikea bisa masuk ke dalam mobil hehehe

Dari dulu sebenernya udah ngidam xtrail t32 untuk menggantikan gnki bensin. Namun apadaya kebutuhan berkata lain. Akhirnya di rumah datanglah innova reborn bensin [emoji28].
Xtrail kurang kuat diajak blusukan ya om? Maklum kerjaan saya jg kadang ke area2 yg medannya jelek. Mobil skrg udah rada kena imbasnya. Mulai kaki2 n power steering nya kena.



User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by ChZ »

Kijang tetep tiada duanya. Tetep paling make sense dari ketiga itu.

T32 pengalaman piara 2 taon malah lbh hobi ke bengkel drpd HRV... Kaki kakinya parah letoynya, 20k udah ganti shock dan link. Sensor abs juga udah kena.

MuX? Yang saya kuatirkan dari mobil yang "jarang" adalah ketersediaan parts untuk jangka panjang. Meski dibeking grup Astra ya tetep aja hukum pasar berlaku. Klo populasi ga banyak, cari parts juga pasti gak semudah Innova misalnya, dikit dikit harus ke beres. Saya trakhir piara mobil jarang, hyundai santafe diesel juga mager serba susah cari partsnya.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Mohon saran ganti mobil

Post by liemivan86 »

Clonz wrote:
ericsantosa97 wrote:Kalau masih memikirkan biaya perawatan dan bbm, mungkin innova reborn bisa menjadi pilihan. Tapi kalau masalah fun to drive, gengsi, kualitas material, mungkin masih menang xtrail. Kalau tenaga emang mesin 2gd torsinya gede. Kalau mobil untuk harian prefer innova, tp kalau mobil weekend xtrail lebih menang kemana mana. Oh btw, innova bagasinya termasuk luas, bawa sofa ikea bisa masuk ke dalam mobil hehehe

Dari dulu sebenernya udah ngidam xtrail t32 untuk menggantikan gnki bensin. Namun apadaya kebutuhan berkata lain. Akhirnya di rumah datanglah innova reborn bensin [emoji28].
Xtrail kurang kuat diajak blusukan ya om? Maklum kerjaan saya jg kadang ke area2 yg medannya jelek. Mobil skrg udah rada kena imbasnya. Mulai kaki2 n power steering nya kena.
Sebenarnya kalo kita ngomong soal daya tahan, nama nya chassis truk ya pasti lebih kuat sih dibandingkan monocoque. Cuma buat saya pribadi, kalo memang cari mobil yang enak, ya pasti ada harga lebih yang harus dibayarkan. Kalo cari mobil hanya untuk transporter dari poin A ke B, yang penting kuat dan biaya perawatan murah, ya cari ladder frame. Tapi ya jangan harap lebih dari Ladder frame dari segi kenyamanan, handling, fun to drive, dll.

Menurut saya nih, kalo mobil nya TS CRV 2011 dan sekarang 2019 ya wajar banget lah kalo sudah mulai kalah kaki2 nya, apalagi kalo pemakaian cukup berat. Beberapa bulan lalu, saya juga repair kaki2 Innova yang legendaris itu, akhirnya ya kalah juga setelah sekian tahun, habis hampir 10 jt. Ya harga yang wajar, nama nya mobil dipakai, pasti ada yang rusak dan aus. Asal wajar aja tidak masalah sih.

Saya sekarang pakai T32. Saat ini sekitar 34-35rb km, dan sudah 2 tahun. Kondisi masih top notch, sangat nyaman, jauh lah kalo dibanding Innova reborn sekalipun, kaki2 belum ada suara aneh, padahal selama 2 tahun sudah jalan Surabaya - Bali 5x PP, juga sudah keliling Semarang, Jogja, dll, kadang ke proyek juga, dan jalan sekitar rumah saya juga termasuk jelek. Mungkin kebetulan aja kalo ada yang dapat unit lemon, 20rb km sudah bolak balik bengkel. At least mobil saya sih sehat ya, dan saya memang rencana mau coba lihat seberapa kuat mobil ini dipakai pemakaian ala saya, 1 tahun sekitar 20rb km, dengan jalan bervariasi. Moga2 tahan deh, minimal 5 tahun/100rb km.. Biaya perbaikan wajar ya ok lah, asal nda berlebihan..