Ada yang pakai kabin filter denso

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272, y_anjasrana

Post Reply
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Ada yang pakai kabin filter denso

Post by Salvanost » 14 Apr 2019, 20:27

Disini ada yang pake kabin filter denso?
Rada kaget lihat kabin filter denso punya teman
Mungkin yg pakai bisa sharing reviewnya

Image

Debunya kesaring banyak banget
Kalau punya ane filter sakura biasanya cuma warna doank kotor tapi debunya ga sampai kelihatan numpuk kaya gitu...

:big_think:

Ini filter emang bagus atau kebetulan aja filternya kotor?

Ariazaki
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 08 Jul 2016, 13:15

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by Ariazaki » 14 Apr 2019, 20:45

Bukannya filter ac kalau sudah lama harusnya seperti itu? Di grand livina mau pake ori nissan atau denso kalau sudah beberapa bulan pasti ya kotor begitu. Begitu juga dengan filter ac ori suzuki. Tapi yah mungkin tergantung durasi & lingkungan pemakaian ya...
2012 HR15DE - Total Quartz 9000 Future 5w30
2017 K12M - Kendall GT1 Max 0w20

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1482
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by alvin23 » 14 Apr 2019, 21:11

Salvanost wrote:
14 Apr 2019, 20:27
Disini ada yang pake kabin filter denso?
Rada kaget lihat kabin filter denso punya teman
Mungkin yg pakai bisa sharing reviewnya

Image

Debunya kesaring banyak banget
Kalau punya ane filter sakura biasanya cuma warna doank kotor tapi debunya ga sampai kelihatan numpuk kaya gitu...

:big_think:

Ini filter emang bagus atau kebetulan aja filternya kotor?
ini sih mobilnya yang tiap hari lewat lingkungan apaan, plus jrg diganti filternya
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

Bayuright
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 28 Oct 2015, 11:48

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by Bayuright » 14 Apr 2019, 21:43

Avansa kaka saya pake filer cabin bawaan
Km 30rb 3Th , baru tau kalo bisa diganti
Parah kayak gt, tp AC masih dingin walo kotor kayak gt

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 941
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by josomba » 15 Apr 2019, 09:11

Salvanost wrote:
14 Apr 2019, 20:27
Disini ada yang pake kabin filter denso?
Rada kaget lihat kabin filter denso punya teman
Mungkin yg pakai bisa sharing reviewnya

Image

Debunya kesaring banyak banget
Kalau punya ane filter sakura biasanya cuma warna doank kotor tapi debunya ga sampai kelihatan numpuk kaya gitu...

:big_think:

Ini filter emang bagus atau kebetulan aja filternya kotor?
Sepertinya lama tidak diganti, atau cover/sirip pembatas yg nutup udara luar nyangkut (karena daun atau ranting2 kecil) jadinya udara luar tetep masuk + beserta debu2nya....
Image
Image

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by iwing » 15 Apr 2019, 13:50

kelamaan kali om pake nya atau maaf, kabin nya kurang bersih jadi sampe kotor gitu

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 685
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by evanbngdor » 15 Apr 2019, 14:11

Saya selalu pake filter kabin denso, ganti tiap 6 bulan.

Tiap mau ganti ya ngga kotor sih karena saya selalu tutup kaca full ac, seminggu sekali pasti vacum interior, dan ngga pernah makan di mobil.

Kalau bisa sebaiknya tiap hari kotoran yg ada di karpet dibuang, jgn didiemin aja itu efeknya bisa ngotorin filter kabin jg. Tombol sirkulasi udara dr luar kalo diaktifin juga pengaruh banget ke kondisi filter kabin, karena debu dari luar langsung kedorong masuk.
1995 - Toyota Great Corolla SEG
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova 2.5 G M/T
2016 - Honda CRV RM 2.0 M/T

tulalit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 26 Feb 2014, 11:32

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by tulalit » 15 Apr 2019, 14:48

Denso aja murah meriah bagus. saya selalu pake denso . ganti per 10rb km pas sekalian ganti oli

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 869
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by IGedeAmat » 15 Apr 2019, 14:56

josomba wrote:
15 Apr 2019, 09:11

Sepertinya lama tidak diganti, atau cover/sirip pembatas yg nutup udara luar nyangkut (karena daun atau ranting2 kecil) jadinya udara luar tetep masuk + beserta debu2nya....
Ini bisa dicheck sendiri kah om ?
agak curiga karena akhir2 ini bau2an dari luar (asep knalpot, air got)
rasanya masuk banget kedalem mobil, padahal sirkulasi udah diset sirkulasi dalam aja...

User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jul 2012, 21:51
Location: Gresik

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by wekweks » 15 Apr 2019, 19:33

IGedeAmat wrote:
15 Apr 2019, 14:56
josomba wrote:
15 Apr 2019, 09:11

Sepertinya lama tidak diganti, atau cover/sirip pembatas yg nutup udara luar nyangkut (karena daun atau ranting2 kecil) jadinya udara luar tetep masuk + beserta debu2nya....
Ini bisa dicheck sendiri kah om ?
agak curiga karena akhir2 ini bau2an dari luar (asep knalpot, air got)
rasanya masuk banget kedalem mobil, padahal sirkulasi udah diset sirkulasi dalam aja...
Filter kabin di 3 mobil yg pernah saya punya selalu letaknya dibelakang console box.. Lepas console boxnya bisa dilakukan sendiri.. Search di yutub biasanya ada cara bongkarnya...
Kemungkinan mobil lain jg sama letaknya...

Kalau bau2 luar masuk.. Berarti ada system sealing yg gk rapet.. Bisa dari valve pengatur arah sirkulasi udara ac itu.. Atau seal2 yg lain.. Klo disertai suara yg sudah tidak sehening biasanya mungkin bisa dr seal2 karet jg

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2971
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by marmut » 15 Apr 2019, 19:50

wekweks wrote:
15 Apr 2019, 19:33
IGedeAmat wrote:
15 Apr 2019, 14:56
josomba wrote:
15 Apr 2019, 09:11

Sepertinya lama tidak diganti, atau cover/sirip pembatas yg nutup udara luar nyangkut (karena daun atau ranting2 kecil) jadinya udara luar tetep masuk + beserta debu2nya....
Ini bisa dicheck sendiri kah om ?
agak curiga karena akhir2 ini bau2an dari luar (asep knalpot, air got)
rasanya masuk banget kedalem mobil, padahal sirkulasi udah diset sirkulasi dalam aja...
Filter kabin di 3 mobil yg pernah saya punya selalu letaknya dibelakang console box.. Lepas console boxnya bisa dilakukan sendiri.. Search di yutub biasanya ada cara bongkarnya...
Kemungkinan mobil lain jg sama letaknya...

Kalau bau2 luar masuk.. Berarti ada system sealing yg gk rapet.. Bisa dari valve pengatur arah sirkulasi udara ac itu.. Atau seal2 yg lain.. Klo disertai suara yg sudah tidak sehening biasanya mungkin bisa dr seal2 karet jg

kelamaan gituan doang pake nyari di yutup.
bongkar glovebox itu cuma 2 cara, cara pertama dengan obeng atau kunci husus, cara kedua seperti sienta avania agay ya ala rambo. tarik paksa. pasangnya juga gedor yang kuat. selesai.

@ TS, itu filter sampe seperti itu jangka waktu berapa lama? nggak mungkin baru 2 hari pake udah jijik banget kecuali isinya vakum kliner hotel ditumpahin kesitu.
pipes - cigars - coffee

aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 10 Aug 2009, 10:01

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by aipiesblue » 15 Apr 2019, 20:57

ayla saya dari beli sejak 2015 belom pernah ganti filter kabin, hanya saja sering dibersihin, paling tidak 3 bulan sekali.

sampai saat ini AC masih tetap dingin dan gak ada bebauan yg berarti.

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by Salvanost » 15 Apr 2019, 21:58

marmut wrote:
15 Apr 2019, 19:50
wekweks wrote:
15 Apr 2019, 19:33
IGedeAmat wrote:
15 Apr 2019, 14:56


Ini bisa dicheck sendiri kah om ?
agak curiga karena akhir2 ini bau2an dari luar (asep knalpot, air got)
rasanya masuk banget kedalem mobil, padahal sirkulasi udah diset sirkulasi dalam aja...
Filter kabin di 3 mobil yg pernah saya punya selalu letaknya dibelakang console box.. Lepas console boxnya bisa dilakukan sendiri.. Search di yutub biasanya ada cara bongkarnya...
Kemungkinan mobil lain jg sama letaknya...

Kalau bau2 luar masuk.. Berarti ada system sealing yg gk rapet.. Bisa dari valve pengatur arah sirkulasi udara ac itu.. Atau seal2 yg lain.. Klo disertai suara yg sudah tidak sehening biasanya mungkin bisa dr seal2 karet jg

kelamaan gituan doang pake nyari di yutup.
bongkar glovebox itu cuma 2 cara, cara pertama dengan obeng atau kunci husus, cara kedua seperti sienta avania agay ya ala rambo. tarik paksa. pasangnya juga gedor yang kuat. selesai.

@ TS, itu filter sampe seperti itu jangka waktu berapa lama? nggak mungkin baru 2 hari pake udah jijik banget kecuali isinya vakum kliner hotel ditumpahin kesitu.
1 tahunan
Tapi saya biasanya filter ganti setahun juga ga sekotor itu
Makanya penasaran apa filter denso emang lebih bagus nyaring debu atau emang kebetulan mobilnya kotor

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 941
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by josomba » 16 Apr 2019, 07:46

IGedeAmat wrote:
15 Apr 2019, 14:56

Ini bisa dicheck sendiri kah om ?
agak curiga karena akhir2 ini bau2an dari luar (asep knalpot, air got)
rasanya masuk banget kedalem mobil, padahal sirkulasi udah diset sirkulasi dalam aja...
Bisa aja, buka si panel cowl di balik wiper a.k.a "panggangan sate".
Image
Image

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16727
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by DOHC » 19 Apr 2019, 14:47

filter ac mobil2 ane smua nya sehh either sakura atau denso.. dulu perna make merek KEN tp blk lg ke denso krn murah nya..
dan tiap setaon skali kl dganti emg mirip2 ama gambar si TS, evap sejauh ini masi pd lumayan bersih bebas lendir2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by Vicvic » 19 Apr 2019, 17:16

DOHC wrote:
19 Apr 2019, 14:47
filter ac mobil2 ane smua nya sehh either sakura atau denso.. dulu perna make merek KEN tp blk lg ke denso krn murah nya..
dan tiap setaon skali kl dganti emg mirip2 ama gambar si TS, evap sejauh ini masi pd lumayan bersih bebas lendir2
Mau nanya gan gimana cara lihat evap ud berlendir atau ngk?

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16727
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by DOHC » 20 Apr 2019, 10:50

Vicvic wrote:
19 Apr 2019, 17:16
DOHC wrote:
19 Apr 2019, 14:47
filter ac mobil2 ane smua nya sehh either sakura atau denso.. dulu perna make merek KEN tp blk lg ke denso krn murah nya..
dan tiap setaon skali kl dganti emg mirip2 ama gambar si TS, evap sejauh ini masi pd lumayan bersih bebas lendir2
Mau nanya gan gimana cara lihat evap ud berlendir atau ngk?
kl ipah ane gampang, buka filter trus pake kawat yg rada lemes sambil di lilitin kain, coba aja toel2 dalem nya ntar nyampe ke evap.. kl HRV perna servis di beres gegara montir nya dudul kemasukan sekrup ke dalem ac, jd ane suru kluarin ampe dapet tuh sekrup.. pas dibuka masi bersih..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by saturday » 20 Apr 2019, 11:23

Salvanost wrote:
14 Apr 2019, 20:27
Disini ada yang pake kabin filter denso?
Rada kaget lihat kabin filter denso punya teman
Mungkin yg pakai bisa sharing reviewnya

Image

Debunya kesaring banyak banget
Kalau punya ane filter sakura biasanya cuma warna doank kotor tapi debunya ga sampai kelihatan numpuk kaya gitu...

:big_think:

Ini filter emang bagus atau kebetulan aja filternya kotor?
Saya sudah beberapa kali pakai filter kabin Denso tipe standard seperti itu baik di Civic saya, ataupun bawaan OEM Fortuner & Camry. Menurut saya oke aja kok, murah juga harganya, nyaris gak begitu beda sama filter ber-carbon bawaannya Civic. Bahkan sekarang saya sedang coba filter AC merek Ken tipe terbaik (CP - Coklat) yang katanya ada Charcoal+anti bakterinya dan menirit saya kayak enggak beda.

Btw, saya punya rekan yang pakai Avanza 2013, dari pertama kali beli mobilnya, enggak pernah diganti filter kabinnya. Penampakannya jauh lebih mengerikan dari fotonya Om 😁 debunya sampai jadi gumpalan dan jatuhnya seonggokan besar pas ditepuk filternya.

Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Ada yang pakai kabin filter denso

Post by Vicvic » 20 Apr 2019, 16:57

DOHC wrote:
20 Apr 2019, 10:50
Vicvic wrote:
19 Apr 2019, 17:16
DOHC wrote:
19 Apr 2019, 14:47
filter ac mobil2 ane smua nya sehh either sakura atau denso.. dulu perna make merek KEN tp blk lg ke denso krn murah nya..
dan tiap setaon skali kl dganti emg mirip2 ama gambar si TS, evap sejauh ini masi pd lumayan bersih bebas lendir2
Mau nanya gan gimana cara lihat evap ud berlendir atau ngk?
kl ipah ane gampang, buka filter trus pake kawat yg rada lemes sambil di lilitin kain, coba aja toel2 dalem nya ntar nyampe ke evap.. kl HRV perna servis di beres gegara montir nya dudul kemasukan sekrup ke dalem ac, jd ane suru kluarin ampe dapet tuh sekrup.. pas dibuka masi bersih..
Oh gitu gan mobil saya juga innova thanks buat idenya

Post Reply