Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by bismo16 »

silentIm2 wrote:Ternyata di UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas juga memuat hak prioritas jalan, 'etika' siapa yang berhak jalan duluan. Dan ternyata, UU tersebut juga mirip dengan aturan dan etika mengemudi di negara lain. Kalo mau sewa mobil pas jalan2 di Eropa & Amerika, atau mau turing lintas negara, mudah2an bisa berguna.

1. Di perempatan tanpa lampu merah antara kelas jalan yang setara, dahulukan yang dari kiri (pasal 113 ayat 1 huruf c UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas). Di negara yang setir kiri, sebaliknya yang berlaku, dahulukan yang dari kanan.

2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.

4. Daftar prioritas hak utama jalan, urut dari yang paling utama(pasal 134) :
1. pemadam kebakaran
2. Ambulans
3. Kendaraan penolong kecelakaan lalu lintas (polisi, ambulans, damkar, PJR tol)
4. Konvoi pimpinan lembaga negara RI (polisi, TNI)
5. Kendaraan asing yang jadi tamu negara (pengawalan polisi/ TNI)
6. Iring2an pengantar jenazah (hayo yang suka ga beri jalan ke ambulans jenazah?)
7. konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara
Republik Indonesia.

Prioritas 1-3 setau saya juga berlaku di negara lain, kalo pengawalan polisi ga pernah liat, seringan di sini.

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Geng wiu wiu masuk prioritas berapa ituh? [emoji16]
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Shonen »

antonyaulia wrote: Wed Apr 10, 2019 2:22
Shonen wrote: Wed Apr 10, 2019 1:27 skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini???? :mky_01:
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.
Kalo ambulans jangan pernah dihalang2in deh, biar dia kosongpun, siapa tau ditunggu ada yang gawat darurat. Masak iya ada yang mau mobilnya pribadi distikerin ambulan sih? aya2 wae. Nanti kalo betul ada yg gawat kena karma lho... Naudzubillah Mindzalik deh.

Mengawal Jenazah juga gak boleh arogan sebenarnya, itu oknumlah, wong ya jenazahnya gak minta buru2 kok. tapi ya kalo memungkinkan segera saja kasih jalan.

Kalo pemadam kebakaran wajib hukumnya, kalo ada yang ngeyel nggak mau ngalah, [cencored] namanya.

Kalo mobil pribadi pake strobo...... atau konvoi ugal2an.... haram deh ngasi jalan, biarin aja... Image
hahaha saya pernah bbrp kali nemuin yang ambulans gini bodong (Plat hitam) emang saya kasih jalan kok cuman saya liat sendiri dengan mata kepala rata2 mobilnya itu apv. satu kali dia ngeraung2 minta jalan dari arah jakarta ke tangerang (karena ini emang rute saya) dia keluar di meruya dan kebetulan dekat situ ada ruko yang banyak pedagang asongan selang bbrp menit saya ngelintas disana dan tau dia ngapain. die beli tahu goreng boss dengan sirene yang masih diidupin :mky_07: satu lagi pas saya berangkat ke kantor arah ke cp lewat tol sama apv juga cuman saya ga tau pas di tomang doi nurunin orang di jalan raya tomang (Antar jemput?!?!) trus dia ngibrit apa kaya gini namanya ambulans. ini mah mobil gadungan lagian banyak kok yang udah tau dan ga kasih jalan di janger pasti tau lah banyak yang model begini. semenjak itu saya rada males kasi kasi jalan ke ambulans gadungan pelat hitam, lagi jujur aja namanya ambulans alat di dalemnya aja bisa 500jt+ masa iya mobilnya cuman 100an. Cth aja de siloam pake vw transporter karena emang di dalemnya proper macem defibrilator dkk ranjangnya doank aja bisa 50an yang mobil plat merah rumah sakit rata2 l300 tapi dalemnya juga memenuhi syarat ga kaya ambulans gadungan cuman mobil di convert bangkunya doank. kalo kaya begini saya selalu kasi jalan.
Kalo mengenai yang ga dikawal kepolisian bawa2 bendera kuning yang kepepet itu karena dia mau ke kuburan pas jam kerja kantor ya iyalah macet tapi yang gebug2 itu juga ga sekali 2x saya liat udah banyak yang begitu. itu orang yang digebug mobilnya sih ya sial aja kena
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by dizco »

selain ambulans bodong, saya pernah beberapa kali ketemu mobil PM bodong (fortuner & innova warna putih) dengan plat nomor dinas tapi berbentuk stiker tempelan, strobo & rotator non standar, plus stiker sipil (taman mini dkk) di kaca belakang :glodak:

dan ketemunya tidak lain dan tidak bukan di acara turing moge :glodak:
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Dat510 »

supriyadi wrote: Wed Apr 10, 2019 11:10
Dat510 wrote: Wed Apr 10, 2019 10:41
patrickstar wrote: Wed Apr 10, 2019 10:08 Satu lagi yg suka nyalain lampu keclap-keclap hazard seenaknya.
Saya pernah hampir nabrak gara2 ada mobil yg nyalain hazard pas mau lurus di perempatan, bayangkan arah mata angin, saya mau bergerak dari selatan ke utara, terus mobil itu dari timur ke barat, di saya kelihatannya mobil itu nyalain sein kiri, yauda saya ngga ngerem, eh ternyata dia lurus motong jalur saya dan ternyata dia nyalain hazard.
Saya harap ngga ada lagi orang bodoh yg ngelakuin ini.
Lha kalo di Riau macam ini dah umum Om. Tiap disimpang kalo mau lurus pasti lampu hazardnya dinyalain :big_dunno: :big_dunno:
Nah itu saya ngga tau siapa yg mulai kebiasaan salah ini, padahal klo mau lurus yauda ngga usah nyalain sein. apa di negara kita butuh tambahan sein ketiga ya buat penanda klo kita mau lurus di perempatan.. hahaha
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by lamatlancah »

makan ati lah nyetir di indon.
motor2nya kebanyakan pada tolol semua.
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by ardhrizk »

Hahaha, baca dari page one, saya cuman bisa ngangguk-ngangguk doang sambil ketawa. Orang indon banyak yg kurang sehat mentalnya memang.
:ngacir:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by FR6 »

Ivano wrote: Wed Apr 10, 2019 15:00
pradit_d wrote:
PRBS wrote: Wed Apr 10, 2019 3:47

Sama om.. setuju..

Apalagi yg saya bold, kalau pure mobil sipil pakai strobo, saya ga usah effort minggir deh biar dia cari jalan sendiri.. paling sering toll JORR arah soekarno htta nih.. mobil sipil pakai wiuu wiuu
Ini kejadian tmn ane 4 bln lalu pas perjalanan ke t4 wisata di bogor. Mobilnya sedan (f30), pas di jalan dibuntutin fortie alay kampungan pake strobo led biru n sirine abal2. Tmn ane liat plat biasa, itu si fortie tetot2, karena males ngasih jalan, tmn ane milih tancep gas, sehingga menjauh dr fortie, asumsinya harusnya jalan si fortie ga terhalang donk. Nah udah berhasil menjauh, eh si fortie jg ikutan ngebut ngejar, walaupun cuman agak berhasil mendekati nyusul pas ketemu persimpangan atau tikungan, karena tmn ane ngerem donk pastinya. Sampai akhirnya tiba di lokasi t4 wisata, si fortie ngebuntutin terus. Tmn ane cuek aja langaung masuk n parkir, sementara si fortie, ga ikut masuk parkir tapi lanjut jalan. Udah kira2 4 jam nongkrong2 disana, balik ke parkiran, ternyata mobil udah dibaret2in org ga dikenal di kap mesin sampe ke fender banyak banget pake benda tajem, mungkin kunci atau paku. Tukang parkir jg ga liat kejadiannya, mau nuntut jg ga bs karena parkiran dikelola seadanya oleh warga sekitar. Cuman ada bbrp saksi bilang tadi sempet ada fortie item berhenti/parkir (infonya simpang siur) dkt situ. Tmn ane langsung keinget donk ama fortie yg td tetot2. Ya agak curiga sih, tapi dia males memperpanjang kasus, yaudah akhirnya klaim asuransi aja. Cuman klo seandainya emang pelaku dari si fortie itu, motifnya apa ya? Klo dibilang menghalangi jalan si fortie harusnya gak lah, karena tmn ane lebih ngebut dari si fortie. Klo alasannya karena ga ngasih nyalip bearti arogan bgt...tapi itu klo emang makhluk itu pelakunya
Jirrr...

Kalau ada act of crime, motive pasti didahulukan.

Dari cerita tersebut, si fortie paling punya motive.
Cuma coward aja, kalah speeding, beraninya pas ndak ada orang.

Semoga kita semua dijauhkan dari mahluk yg belum genap ber evolusi seperti itu.

Dan susahnya, makin banyak bibitnya:
paling mudah ditemukan stop lamp kedip, headlamp super silau etc.

Hadeuh...
Sering banget nemu yang kaya gitu.
Sorry to say, skill nyetirnya payah, ga pro tapi pengen duluan. Cuma modal teot2 doang. Anti minggir kalo mobil sipil pake teot2an. :big_bored:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by ipat »

Liat chanelnya DDE trip japan,si driver ambil jalur kanan untuk lurus,yg seharusnya kalo lurus ambil kiri,kanan untuk belok ke kanan,ga pake lama langsung di samperin polisi mau ditilang,tapi untungnya ga ditilang cuma di peringatkan, kalo di indo mau belok aja ngabisin jalur2 lainya
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by c_adhi_k »

Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 »

c_adhi_k wrote:Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
setau saya di ASEAN bisa dipakai. Di Australia kalo visa turis atau pelajar bisa asal ditranslate translator tersumpah.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by patrickstar »

Eh, SIM kita bisa dipakai di Nevada, tahun kemarin ngider2 tapi temen Indo yg ngerental & bawa muter-muter. Saya ngga berani bawa karena setir kiri.
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
Santai dijalan, nikmati hidup.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Ivano »

silentIm2 wrote:
c_adhi_k wrote:Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
setau saya di ASEAN bisa dipakai. Di Australia kalo visa turis atau pelajar bisa asal ditranslate translator tersumpah.
Ini SIM biasa atau SIM Internasional yg diterbitkan Korlantas Polri?

Kalo SIM biasa, masa iya sih bisa dipakai di luar yuridiksi Indonesia?

Saya aja ada SIM Internasional, di Japun ndak berlaku. Harus test lokal disana.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by adityabp »

FR6 wrote: Tue Apr 16, 2019 11:46
Ivano wrote: Wed Apr 10, 2019 15:00
pradit_d wrote:
Ini kejadian tmn ane 4 bln lalu pas perjalanan ke t4 wisata di bogor. Mobilnya sedan (f30), pas di jalan dibuntutin fortie alay kampungan pake strobo led biru n sirine abal2. Tmn ane liat plat biasa, itu si fortie tetot2, karena males ngasih jalan, tmn ane milih tancep gas, sehingga menjauh dr fortie, asumsinya harusnya jalan si fortie ga terhalang donk. Nah udah berhasil menjauh, eh si fortie jg ikutan ngebut ngejar, walaupun cuman agak berhasil mendekati nyusul pas ketemu persimpangan atau tikungan, karena tmn ane ngerem donk pastinya. Sampai akhirnya tiba di lokasi t4 wisata, si fortie ngebuntutin terus. Tmn ane cuek aja langaung masuk n parkir, sementara si fortie, ga ikut masuk parkir tapi lanjut jalan. Udah kira2 4 jam nongkrong2 disana, balik ke parkiran, ternyata mobil udah dibaret2in org ga dikenal di kap mesin sampe ke fender banyak banget pake benda tajem, mungkin kunci atau paku. Tukang parkir jg ga liat kejadiannya, mau nuntut jg ga bs karena parkiran dikelola seadanya oleh warga sekitar. Cuman ada bbrp saksi bilang tadi sempet ada fortie item berhenti/parkir (infonya simpang siur) dkt situ. Tmn ane langsung keinget donk ama fortie yg td tetot2. Ya agak curiga sih, tapi dia males memperpanjang kasus, yaudah akhirnya klaim asuransi aja. Cuman klo seandainya emang pelaku dari si fortie itu, motifnya apa ya? Klo dibilang menghalangi jalan si fortie harusnya gak lah, karena tmn ane lebih ngebut dari si fortie. Klo alasannya karena ga ngasih nyalip bearti arogan bgt...tapi itu klo emang makhluk itu pelakunya
Jirrr...

Kalau ada act of crime, motive pasti didahulukan.

Dari cerita tersebut, si fortie paling punya motive.
Cuma coward aja, kalah speeding, beraninya pas ndak ada orang.

Semoga kita semua dijauhkan dari mahluk yg belum genap ber evolusi seperti itu.

Dan susahnya, makin banyak bibitnya:
paling mudah ditemukan stop lamp kedip, headlamp super silau etc.

Hadeuh...
Sering banget nemu yang kaya gitu.
Sorry to say, skill nyetirnya payah, ga pro tapi pengen duluan. Cuma modal teot2 doang. Anti minggir kalo mobil sipil pake teot2an. :big_bored:
Kayak ini ?

https://news.detik.com/berita/d-4511993 ... -kap-mobil
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 »

Ivano wrote:
silentIm2 wrote:
c_adhi_k wrote:Kalau sim indo boleh ya nyetir di luar negeri
Seumpama yang sama setir kanan
setau saya di ASEAN bisa dipakai. Di Australia kalo visa turis atau pelajar bisa asal ditranslate translator tersumpah.
Ini SIM biasa atau SIM Internasional yg diterbitkan Korlantas Polri?

Kalo SIM biasa, masa iya sih bisa dipakai di luar yuridiksi Indonesia?

Saya aja ada SIM Internasional, di Japun ndak berlaku. Harus test lokal disana.
Memang tiap negara beda2 om. Harus googling dulu.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by yudhisuwandono »

Damkar ambulance wajib sy kasih jalan.
Geng wiu wiu tot tot tot itu sebenarnya para PEjabat pemerintah tni polri yg GaK ngasih contoh yg baik. Sekarang nurun ke anak buahnya. Semua dikasih strobo tetot tetot. Nurun lagi ke yg SOK pejabat.
MAKANYA MULAILAH DARI PEJABAT. KASIH CONTOH YG BAIK.
kikko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 16, 2017 11:54
Location: java
Daily Vehicle: daihatsu

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by kikko »

no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by ders »

kikko wrote:no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
saat di tol udah jaga jarak selebar 1 stengah bodi mobil (walopun msh terhitung bahaya krn msh terlalu dekat) ..eehhh.. tiba2 di isi mobil lain yg zig zag dr sisi lain.. pengen nimpuk aja jadinya
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by supriyadi »

ders wrote: Sun Apr 28, 2019 8:54
kikko wrote:no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
saat di tol udah jaga jarak selebar 1 stengah bodi mobil (walopun msh terhitung bahaya krn msh terlalu dekat) ..eehhh.. tiba2 di isi mobil lain yg zig zag dr sisi lain.. pengen nimpuk aja jadinya
Jangankan dijalan tol Om, dijalan umum aja asal ada celah masuk. Apalagi sopir travel
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by ginting »

patrickstar wrote:Eh, SIM kita bisa dipakai di Nevada, tahun kemarin ngider2 tapi temen Indo yg ngerental & bawa muter-muter. Saya ngga berani bawa karena setir kiri.
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
setahu saya kalau parkir di LN yg jalannya miring, memang stir ditekuk...
supaya kalau mobilnya mundur saat driver lagi pergi, itu mobil mundur ke samping..jangan meluncur jauh tak terkendali..
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by vipere »

ginting wrote: Sun Apr 28, 2019 11:07
patrickstar wrote:Eh, SIM kita bisa dipakai di Nevada, tahun kemarin ngider2 tapi temen Indo yg ngerental & bawa muter-muter. Saya ngga berani bawa karena setir kiri.
Btw, heran juga, sepanjang di Nevada, tuh bule2 kalo parkir banyak yg rodanya dibiarin mlengsong, apa mereka pada ngga tahu kalo Power Steering jadi cepet rusak.
Satu lagi, kita diomelin Biker Moge yg sudah parkir duluan ( kebetulan Negro badan gede ), gara-gara kita parkir mobil disampingnya padahal masih ada jarak +/- 60cm. Dia bilang terlalu deket. Dalam hati "belum tahu dia di Indo parkir kaya gimana ..."
setahu saya kalau parkir di LN yg jalannya miring, memang stir ditekuk...
supaya kalau mobilnya mundur saat driver lagi pergi, itu mobil mundur ke samping..jangan meluncur jauh tak terkendali..
bener, di buku manual mobil saja juga ada kok tulisannya cara parkir di jalan menurun, menanjak, rodanya diputer hadap ke mana.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Tampanman »

kikko wrote: Sat Apr 27, 2019 17:53 no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by supriyadi »

Tampanman wrote: Sun Apr 28, 2019 13:24
kikko wrote: Sat Apr 27, 2019 17:53 no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..
Maksud hati sih gitu Om, sambil ngintip sikon jaga jarak begitu kosong langsung wuuss, sikat. Tapi nuggu kosong dari belakang lawan langsung masuk antara kita sama mobi depan kita :big_cry: :big_cry: Sering saya ngalami kayak gini Om
User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by ders »

supriyadi wrote:
Tampanman wrote: Sun Apr 28, 2019 13:24
kikko wrote: Sat Apr 27, 2019 17:53 no offense but cara nytir kita itu warisan cara nyetir sopir angkot kejar setoran
& sedihnya itulah yg dianggap benar
salah 1 contoh aja : jaga jarak aman dgn mobil depan dianggap gk biasa, lebih paham mepetin ke kendaraan depan semepet mungkin jangan sampe kecolongan <----- ajaran sopir angkot
Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..
Maksud hati sih gitu Om, sambil ngintip sikon jaga jarak begitu kosong langsung wuuss, sikat. Tapi nuggu kosong dari belakang lawan langsung masuk antara kita sama mobi depan kita :big_cry: :big_cry: Sering saya ngalami kayak gini Om
sering juga gini om.. saat liat sebelah kosong dng mobil di belakang yg terlihat juga bisa atur irama.. saat kita mau pindah jalur tiba2 doi nge gas sambil tekan klakson lamaaaa bgt.. trus bemper dia ditempelin deket dng mobil depannya seolah kita ga boleh ambil jalur itu kecuali dia... ngunu iku karepe piyeeeeee
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Tampanman »

ders wrote: Sun Apr 28, 2019 14:27
supriyadi wrote:
Tampanman wrote: Sun Apr 28, 2019 13:24

Kalo saya justru ambil agak jauhan, biar klo jalur sebelah tiba2 lancar, bisa langsung sikat..
Maksud hati sih gitu Om, sambil ngintip sikon jaga jarak begitu kosong langsung wuuss, sikat. Tapi nuggu kosong dari belakang lawan langsung masuk antara kita sama mobi depan kita :big_cry: :big_cry: Sering saya ngalami kayak gini Om
sering juga gini om.. saat liat sebelah kosong dng mobil di belakang yg terlihat juga bisa atur irama.. saat kita mau pindah jalur tiba2 doi nge gas sambil tekan klakson lamaaaa bgt.. trus bemper dia ditempelin deket dng mobil depannya seolah kita ga boleh ambil jalur itu kecuali dia... ngunu iku karepe piyeeeeee
Padahal yang suka pindah2 jalur nganan ngiri itu yang sampenya belakangan, cobain deh...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by kunaskun »

di Indo ya di jalan raya etika yang berlaku (dan kayanya kehidupan sehari2): yang kuat yang menang, sopan santun etika itu hanya untuk org lemah.
ders wrote: Sun Apr 28, 2019 14:27sering juga gini om.. saat liat sebelah kosong dng mobil di belakang yg terlihat juga bisa atur irama.. saat kita mau pindah jalur tiba2 doi nge gas sambil tekan klakson lamaaaa bgt.. trus bemper dia ditempelin deket dng mobil depannya seolah kita ga boleh ambil jalur itu kecuali dia... ngunu iku karepe piyeeeeee
kalau suasana hati saya lagi bagus ya biarkan saja, tapi kalau lagi ga bagus dan itu mobil tu org ga jelas lebih payah ya ane masukin lagi aja kalau emang aman tidak mengakibatkan collateral damage kemana2, toh (saya ada asuransi) aturan berlaku di indo tabrak belakang yang salah yang nabrak. setelah itu saya ngacir sejauh2nya, karena 99% org kaya gini emang ogah ngantri dan ga mau ngalah tapi ga bisa cepet.

nah yang seru pernah saya tetep masukin, eh dia marah2 loh, saya kasih lewat, terus ikutin aja, lumayan ada yang bukain jalan.