Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 » 10 Apr 2019, 00:01

Ternyata di UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas juga memuat hak prioritas jalan, 'etika' siapa yang berhak jalan duluan. Dan ternyata, UU tersebut juga mirip dengan aturan dan etika mengemudi di negara lain. Kalo mau sewa mobil pas jalan2 di Eropa & Amerika, atau mau turing lintas negara, mudah2an bisa berguna.

1. Di perempatan tanpa lampu merah antara kelas jalan yang setara, dahulukan yang dari kiri (pasal 113 ayat 1 huruf c UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas). Di negara yang setir kiri, sebaliknya yang berlaku, dahulukan yang dari kanan.

2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.

4. Daftar prioritas hak utama jalan, urut dari yang paling utama(pasal 134) :
1. pemadam kebakaran
2. Ambulans
3. Kendaraan penolong kecelakaan lalu lintas (polisi, ambulans, damkar, PJR tol)
4. Konvoi pimpinan lembaga negara RI (polisi, TNI)
5. Kendaraan asing yang jadi tamu negara (pengawalan polisi/ TNI)
6. Iring2an pengantar jenazah (hayo yang suka ga beri jalan ke ambulans jenazah?)
7. konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara
Republik Indonesia.

Prioritas 1-3 setau saya juga berlaku di negara lain, kalo pengawalan polisi ga pernah liat, seringan di sini.

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by martinnn » 10 Apr 2019, 06:34

Di indon itu yang penting Kita duluan...yang lain go to hell
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2382
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2016 Toyota Sienta V MT

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Jambangan » 10 Apr 2019, 06:46

Yg nomor 3 ane baru tau tuh
Walaupun ane sering kasih jalan mobil dari arah kanan kalo di bunderan
Btw disini sih ga ada etika semua nyetirnya
Kyk kemaren ada jazz keluar dari gang main nyelonong aja

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Pugman » 10 Apr 2019, 07:20

Kalau Ambulan atau Damkar pasti langsung saya minggir atau berhenti untuk beri jalan.
Kalau ada rombongan mobil pejabat juga saya mengalah,

Tapi kalau ada mobil pakai strobo, saya lihat-lihat dulu dari spion, kalau mobil pejabat atau TNI Polri saya mengalah.
tapi kalau mobil pribadi pakai strobo, maaf-maaf aja saya kadang kesal malah saya halang-halangi..

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 557
Joined: 26 Apr 2009, 23:30
Daily Vehicle: ojol-KRL

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by omenRoo » 10 Apr 2019, 08:04

kleb mobil/motor pake tetot tetot wiu wiu kok gak ada di daftar prioritas hak utama jalan? gak up to date nihhh

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by IGedeAmat » 10 Apr 2019, 08:13

silentIm2 wrote:
10 Apr 2019, 00:01
...
2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

..
ini susah kalo buat jalan gang,
kalo kita gak ngasih yang dari dalem gang keluar duluan,
kita sendiri juga gak bisa masuk...
:big_dunno:

Shonen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 27 Jan 2013, 20:34

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Shonen » 10 Apr 2019, 08:27

skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini???? :mky_01:
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by IGedeAmat » 10 Apr 2019, 08:37

Shonen wrote:
10 Apr 2019, 08:27
skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini???? :mky_01:
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.
Kalo buat ambulance, selalu positif thinking aja Om,
Siapa tau lagi dalam perjalanan jemput pasien,
makanya dalemnya kosong,
(masa iya seh dia mo kondangan bawa ambulance.. )

mo pelat hitam, kuning, atau ijo, saya selalu ngasih jalan ke ambulance..

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2645
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by sintoni » 10 Apr 2019, 08:42

silentIm2 wrote:
10 Apr 2019, 00:01

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Wkwkwkw.

Emang kalo bundaran harus dari kanan om.

Kalo hook turn ga bingung om?

saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 17 Oct 2014, 10:36

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by saridin » 10 Apr 2019, 08:42

saya kadang mengalami situasi ini, mobil dr arah berlawanan mau belok kanan, sudah berhenti lama dan menimbulkan kemacetan dibelakangnya. maka saya berhenti utk ngasih jalan agar dia bisa segera belok.

hal yg sama juga kalo ada mobil mau masuk jalan dari pertigaan, sy juga akan berhenti, apalagi kl nampaknya dia udah nunggu lama dan dibelakang sy masih byk kendaraan. kalo sy gak berhenti, dia mungkin hrs nunggu lbh lama lg utk masuk. tp kl cuma tinggal satu dua mobil di belakang ya sy lanjut...

ini pelajaran yg sy dapat dr supir2 truck. yg bbrp kali kejadian mereka sengaja berhenti utk ngasih kesempatan sy agar bisa lewat.

tadinya sih, sy bodo amat. ada kesempatan masuk ya masuk...
|ertelu gx 13||miras glx 14|

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 » 10 Apr 2019, 08:48

sintoni wrote:
silentIm2 wrote:
10 Apr 2019, 00:01

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Wkwkwkw.

Emang kalo bundaran harus dari kanan om.

Kalo hook turn ga bingung om?
hook turn justru engga om, sering liat taksi hook turn. Logikanya juga masuk akal, supaya engga menghalangi trem.

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by silentIm2 » 10 Apr 2019, 08:58


Shonen wrote:skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini???? :mky_01:
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.
Kalo sudah ada Undang Undang ya berarti aturan tersebut berlaku. Suka ga suka ya demikian aturannya. Kalo sampe arogan ya gimana lagi, punya hak jalan tapi ga dikasih jalan, gimana enaknya kasih taunya. Sama kayak kita sudah nunggu lampu hijau tapi tetep dilanggar kendaran dari arah perempatan lain, khan ya dongkol juga.

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3356
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by sandal » 10 Apr 2019, 09:04

martinnn wrote:
10 Apr 2019, 06:34
Di indon itu yang penting Kita duluan...yang lain go to hell
+1
Siap2 juga menghadapi orang gila dari berbagai macam wahana bonbin :ngacir:
Jambangan wrote:
10 Apr 2019, 06:46
Yg nomor 3 ane baru tau tuh
Walaupun ane sering kasih jalan mobil dari arah kanan kalo di bunderan
Btw disini sih ga ada etika semua nyetirnya
Kyk kemaren ada jazz keluar dari gang main nyelonong aja
Jangankan gang, di perumahan banyak lho yg main nyelonong aja....

Masalah strobo2 banyak tuh variasi2 yg jualan strobo2 secara bebas untuk mobil pribadi, tp entah ada jual strobo yg kudu pake ijin...
Last edited by sandal on 10 Apr 2019, 09:17, edited 1 time in total.

Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 484
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by Zaxis » 10 Apr 2019, 09:05

Inti nya mah dijalanan itu santai aja ga usa ngotot
Org waras yah musti ngalah ama org stres/gila

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2764
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by marmut » 10 Apr 2019, 09:14

di indo? yang waras musti ngalah dan siap mental kena maki.
pipes - cigars - coffee

antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 17 Oct 2017, 19:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang
Contact:

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by antonyaulia » 10 Apr 2019, 09:22

Shonen wrote:
10 Apr 2019, 08:27
skrg si mobil pribadi juga banyak yang sok sok an pake strobo cem pejabat. klo di luar sih salah langsung ditabrak, ts untung ga ditabrak. mereka di luar kalo ngerasa bener emang maen langsung tabrak dan ke polisi juga gpp karena mereka tau polisi sana bakal ngebela jg. klo disini???? :mky_01:
Klo ambulans si disini banyak yang kosong jg dinyalain biar cpt sampe tujuan. banyak yang pake tulisan ambulans ga tau itu rumah sakit mana pelat hitam lagi. harusnya kan pelat kuning atau merah. ntah itu ambulans apa cuman distikerin dipakein strobo. yg jelas aturan di pasal tsb diindo ga berlaku. Pernah jg saya liat video rombongan jenazah setopin mobil scr arogan karena macet kehalang dipukulin mobilnya pake bendera kuning tsb.
Kalo ambulans jangan pernah dihalang2in deh, biar dia kosongpun, siapa tau ditunggu ada yang gawat darurat. Masak iya ada yang mau mobilnya pribadi distikerin ambulan sih? aya2 wae. Nanti kalo betul ada yg gawat kena karma lho... Naudzubillah Mindzalik deh.

Mengawal Jenazah juga gak boleh arogan sebenarnya, itu oknumlah, wong ya jenazahnya gak minta buru2 kok. tapi ya kalo memungkinkan segera saja kasih jalan.

Kalo pemadam kebakaran wajib hukumnya, kalo ada yang ngeyel nggak mau ngalah, [cencored] namanya.

Kalo mobil pribadi pake strobo...... atau konvoi ugal2an.... haram deh ngasi jalan, biarin aja... Image

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2222
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: KIA_Stinger_GT_RWD_2018

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by POS VETT » 10 Apr 2019, 09:27

martinnn wrote:
10 Apr 2019, 06:34
Di indon itu yang penting Kita duluan...yang lain go to hell
Betul. Kalau pas pulang ke Indo buat kesempatan nyetir semau gw :emo-big_love:
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HPJ 6584"

epurba
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 06 Jul 2018, 17:11

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by epurba » 10 Apr 2019, 09:32

silentIm2 wrote:Ternyata di UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas juga memuat hak prioritas jalan, 'etika' siapa yang berhak jalan duluan. Dan ternyata, UU tersebut juga mirip dengan aturan dan etika mengemudi di negara lain. Kalo mau sewa mobil pas jalan2 di Eropa & Amerika, atau mau turing lintas negara, mudah2an bisa berguna.

1. Di perempatan tanpa lampu merah antara kelas jalan yang setara, dahulukan yang dari kiri (pasal 113 ayat 1 huruf c UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas). Di negara yang setir kiri, sebaliknya yang berlaku, dahulukan yang dari kanan.

2. Di pertigaan jalan kecil & jalan utama, kendaraan dari jalan kecil mendahulukan kendaraan dari jalan utama masuk ke jalan kecil (pasal 113 ayat 1, huruf e UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas).

3. Di bundaran, dahulukan yang dari kanan, atau yang dari dalam lingkaran (pasal 113 ayat 2). Sebaliknya bila sudah di dalam lingkaran, anda mau muter 7 kali kendaraan dari luar lingkaran 'harus' mendahulukan anda.

4. Daftar prioritas hak utama jalan, urut dari yang paling utama(pasal 134) :
1. pemadam kebakaran
2. Ambulans
3. Kendaraan penolong kecelakaan lalu lintas (polisi, ambulans, damkar, PJR tol)
4. Konvoi pimpinan lembaga negara RI (polisi, TNI)
5. Kendaraan asing yang jadi tamu negara (pengawalan polisi/ TNI)
6. Iring2an pengantar jenazah (hayo yang suka ga beri jalan ke ambulans jenazah?)
7. konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara
Republik Indonesia.

Prioritas 1-3 setau saya juga berlaku di negara lain, kalo pengawalan polisi ga pernah liat, seringan di sini.

Saya sendiri pernah kaget soal aturan di atas pas sewa mobil di melbourne, pernah diklasonin pas di bundaran gara2 ga dahuluin yang dari kanan.
Good topic..
Seandainya semua pengemudi bisa praktekin aturannya kayaknya kalo macet ngga bakalan stuck deh..

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by supriyadi » 10 Apr 2019, 09:35

marmut wrote:
10 Apr 2019, 09:14
di indo? yang waras musti ngalah dan siap mental kena maki.
Ntar jalanan penuh sama orang gila Om :mky_01: :mky_01:

User avatar
pendoli
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by pendoli » 10 Apr 2019, 10:18

Mobil kakak pernah ditabrak ambulans yang... ngga pake lampu dan sirene tapi ngebut n maksa :/

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1185
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by arfs » 10 Apr 2019, 10:26

martinnn wrote:
10 Apr 2019, 06:34
Di indon itu yang penting Kita duluan...yang lain go to hell
"Daripada di serobot mending gw serobot duluan." :big_slap: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by pengendiesel » 10 Apr 2019, 10:40

martinnn wrote:
10 Apr 2019, 06:34
Di indon itu yang penting Kita duluan...yang lain go to hell
Mayoritas di otaknya ada slogan : yang nabrak yang salah, jadi mending duluan. Karena kalo duluan, jadinya ditabrak, bukan nabrak. Dan bisa minta ganti rugi :big_exellent:

Satu lagi yang saya liat.....makin salah makin kenceng itu nyolotnya, untuk nutupi kesalahannya.

irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by irdna » 10 Apr 2019, 10:45

no 2 dan 3 bener itu di luar negri jg gitu

tp kalau di aplikasiin di kota2 yg padet di indo kyknya ga bsa bakal chaos trafficnya karena terlalu padet dan karena mobil yg di jalur utama ada terus jadi yg jalur kecil mau ke utama kgk bsa lewat2 hahah

oh ia kalau mobil biasa yg ada sirinenya itu emg kadang2 keliatannya mobil biasa tp plat nya itu RF belakangya itu jadi mobil dari pemerintah atau gmn ya? brarti ttp harus di kasi jalan ya?

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9998
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by ak4ng » 10 Apr 2019, 10:46

IMG_20190410_104322.jpg
Kalo ini ambulan apa ambulan ya? Jok nya masi 3 row, sering keliatan di sekitar pasirkoja :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1816
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Aturan & etika berkendara yang jarang diketahui orang Indonesia, ternyata berlaku internasional lho

Post by PRBS » 10 Apr 2019, 10:47

Pugman wrote:
10 Apr 2019, 07:20
Kalau Ambulan atau Damkar pasti langsung saya minggir atau berhenti untuk beri jalan.
Kalau ada rombongan mobil pejabat juga saya mengalah,

Tapi kalau ada mobil pakai strobo, saya lihat-lihat dulu dari spion, kalau mobil pejabat atau TNI Polri saya mengalah.
tapi kalau mobil pribadi pakai strobo, maaf-maaf aja saya kadang kesal malah saya halang-halangi..
Sama om.. setuju..

Apalagi yg saya bold, kalau pure mobil sipil pakai strobo, saya ga usah effort minggir deh biar dia cari jalan sendiri.. paling sering toll JORR arah soekarno htta nih.. mobil sipil pakai wiuu wiuu

Post Reply