Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Om minta rekomen link topednya om, lagi nyari juga buat kaki2.
Shop and drive mau ya om bayar jasa ganti oli cvt? atau perlu speak2 dulu?

Thanks
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Cikaboom wrote: Sun Feb 19, 2023 20:59 Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
DipakI oli 0w20 kuat kok ga ada penguapan
Saya l11 2018 uda remap, kmaren baru ganti busi jg
Oli yg tahan ma panasnya ni mesin sejauh yg dicoba

Unilopal 0w20
Shell astrapremium 0w20
Ptt 0w20 supersyn api sn+

Sebulan bisa 3000an km jalan
Ini lg coba oli gado² 5w30 abisin sisa stok oli lama,sejauh ini blm ada penguapan

Itu pake 5w30 kok boros amat ya topup nya
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

pulsy wrote: Mon Feb 20, 2023 7:41
Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Om minta rekomen link topednya om, lagi nyari juga buat kaki2.
Shop and drive mau ya om bayar jasa ganti oli cvt? atau perlu speak2 dulu?

Thanks
Ga bisa nih uda k bbrp snd
Sop nya kalau mau pakai oli dari dia baru mau digantiin
Kalau bawa oli sendiri cvt ns3 compatible ga bisa
Kaki² si champion kayanyabkalau online masih jd rujukan
Cuma ati² periksa utk item tertentu suka ada yg "aneh"
Cikaboom
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 15, 2020 10:39
Location: Cilacap, also in Cibubur East Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina L11 2013 + Chery Qq 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Cikaboom »

blloewy wrote: Mon Feb 20, 2023 4:32
Cikaboom wrote: Mon Feb 20, 2023 2:49
blloewy wrote: Mon Feb 20, 2023 0:40

Pastikan sistem pendingin mesin masih OK.
Cek coolant dan rutin ganti coolant aja 2 tahun sekali.
Dan cek kipas fan nya masih oke apa ngga.
Kl oli lbh baik diganti aja per 5000 km kl makenya high rpm kecuali pake oli kelas bagus ya ga terlalu parah penguapan di high rpm.
Ajaibnya lipindut ini kl dibejek speed tinggi bakalan makin irit sama kipas fan jd jarang muter krn dpt angin dari depan.
:big_grin:
Oke om noted, nnti deh 500km lgi bru ane gnti lgi oli nya. Kadang suka kasian aja gtu ngedengerin mesin nya dpke rpm tinggi terus haha, mau gmn lgi soalnya klo dbwa pelan lama nyampe nya mlh kdg klo toll nya lgi lowong bisa manteng di 150-160 kpj.

Selama ampir 10 thn ini udh peremajaan:
- seal cover timing chain, usia mobil masuk thn ke 5 udh mulai rembes oli dri sini. Dbnrin sndri lumayan ngirit 1,5jt klo dbnrin di beres, jdi modal seal aja beli di beres 150rb.
- selongsong koil dh gnti semua 44 nya (gnti di beres 1jt) usia mbl masuk thn ke 9. Wktu itu brebet nya ps lgi perjalanan jkt-jatim akirnya mlipir dlu ke jogja buat gnti wkw.
- oli mtf, gnti di km 80rb, di beres.
- v belt, gnti di km 80rb, di beres.
- coolant kuras di km 80rb, skrg pke prestone biru wadah kuning, kuras gnti sndiri.
- mahnet clutch ac, gnti di km 100rb, awalnya selip dkit, lama2 selip parah, gnti merk calsonic 400rb, gnti sndiri soalnya gmau buang freon wk.
- filter kabin ac, bru gnti 1 x, di km 90rb sblmnya cm dibershin aja.
- filter udara mesin, gnti 1 x, selama ini cma di keprok2 in doang kotorannya wk.
- kanpas rem depan ka-ki di km 90rb, ori nissan 700rb, gnti sndri.
- bohlam stoplamp 1, atret 1.
- aki dah 3x gnti.
- ban 3x *depan.
- wiper dpn 2x, pke yg standaran aja ngikut bawaan wiper besi nwb aqua.

Sisa nya msh full ori, plg utk panel2 interior up ke wooden set pnya hws ori berikut hu kepunyaan hws nya & cup holder dpn dgn lid. Sm utk exterior nambah spion yg ada lampu sen ori nissan+spion lipet otomatis. Odo skrg 106rb.
kayanya kaki2 nya msh awet ini krn jalan yg dilalui relatif bagus>
sama kaya om herman kenapa CVT nya awet krn jalanan nya realtif lancar jadi ngga sering2 stop and go.
kl diliat historynya ini mah sdh level OKE BANGETS dalam memakai Nissan Livina dan mematahkan mitos LIPINA yg gampang rusakan :D
cm yg agak ajaib seal cover timing krn pny saya dulua jual di Juli 2022 si L10-2012 km 98 rb msh awet seal ama koilnya :big_grin:
Iya om alhamdulillah ngga yg terlalu aneh2 problem nya dan yg sdh sya ceritakan di atas sprtnya sifat parts habis pakai jd wajar hhe. Wah keren tu om seal cover timing bertahan dri 2012-2022 brti kn itungannya dah 10 thn ya :big_exellent:. Rubes bgt tu dlu sya ps msih rembes oli.. suka kotor di lante garasi. Sma di bag. Mesinnya pda nempel segala pasir kotoran hha.

Dri dlu kaki2 emg klo lgi nyuci suka krg kerjaan sya siram2 jga kek om Herman wkw. Tnggal kopling set ni gtau mau dgnti kpn soalnya msh fine2 aja.

Ini gamb. unit nya:
89815B82-576D-4462-9926-65E0FA29FD57.jpeg
Ini gamb. Daleman mesin ps bongkar cover timing chain odo 91rb klau tidak salah ingat:
F3743367-184A-44E0-BA95-4D407F5A1024.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

pulsy wrote:
Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Om minta rekomen link topednya om, lagi nyari juga buat kaki2.
Shop and drive mau ya om bayar jasa ganti oli cvt? atau perlu speak2 dulu?

Thanks
Untuk link tempat saya beli lower arm sbb:
https://tokopedia.link/dFsQZHDyzxb

Link untuk beli rack endnya :

https://www.tokopedia.com/hprspareparti ... tual_image

Hari sabtu lalu saya berhasil meyakinkan mekanik di shop and drive langganan saya untuk ganti oli
mesin untuk ganti oli CVT mobil saya dengan cara persuasif untuk membujuk serta meyakinkan dia bahwa saya yg bertanggung jawab penuh atas cara penggantian oli CVT mobil saya walaupun tidak ada SOP nya di shop and drive tsb dengan cara memperlihatkan video dari youtube saat mengganti oli CVT mobil nissan X-gear thn 2014 sbb :


:glodak:
HR15DE 2014
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Spies »

Oli mtf udah hampir 2 tahun, tapi mileage cuma 14rb km

Siap2 ganti aja kali ya biar tenang :big_bored:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Busett
Dikira lower arm per biji 395
Yg dibeli om herman 195rb per biji :big_think:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

trebla88 wrote:Busett
Dikira lower arm per biji 395
Yg dibeli om herman 195rb per biji :big_think:
Iya Om, Lower arm yg kanan harganya cuma 195 ribu dan Lower arm yang kiri juga 195 ribu jadi Totalnya cuma 390 ribu saja dikirim pakai cargo karena berat Lower armnya total 5 Kg jadi kena Ongkir 55 ribu.
IMG_20230220_210851.jpg
SAVE_20230220_211305.jpg
SAVE_20230220_211249.jpg
SAVE_20230220_211347.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Moga awet om
Sepengamatan saya harga sgitu aga gmn gitu
secara bushingnya aja harganya uda puluhan ribu dan jointnya

Yg pakai 3rd party kingsteel ama heiker aja kadang dpt cerita ga awet soalnya


Btw, Lipindut l11 ini kepikiran mau pasang cvt cooler
Sering lemes kalau pakai lama.kaya dulu mitsu os pada pakai cvt cooler biar konstan performanya
Cuma di sini kayanya blm pernah ada yg pasang y
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

trebla88 wrote:Moga awet om
Sepengamatan saya harga sgitu aga gmn gitu
secara bushingnya aja harganya uda puluhan ribu dan jointnya

Yg pakai 3rd party kingsteel ama heiker aja kadang dpt cerita ga awet soalnya


Btw, Lipindut l11 ini kepikiran mau pasang cvt cooler
Sering lemes kalau pakai lama.kaya dulu mitsu os pada pakai cvt cooler biar konstan performanya
Cuma di sini kayanya blm pernah ada yg pasang y
Menurut informasi yang saya dapat dari Mas Dedi sudah lebih dari 20 tahun sebagai montir dari bengkel kaki kaki di Basuki Rahmat Palembang yang hari sabtu kemarin memasang Lower Arm di mobil Nissan All New Grand Livina saya saat saya tanya untuk merk kingsteel ama heiker memang kurang awet, rata rata cuma tahan satu atau dua tahun saja. Untuk CVT Cooler saat ini belum perlu di mobil saya karena Matic CVT nya masih responsif dan smooth saat ini. Mungkin nanti kalau CVT nya sudah mulai lelet setelah ganti oli CVT akan saya pertibangkan untuk pasang CVT Cooler.
:glodak:
HR15DE 2014
Cikaboom
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 15, 2020 10:39
Location: Cilacap, also in Cibubur East Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina L11 2013 + Chery Qq 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Cikaboom »

trebla88 wrote: Mon Feb 20, 2023 7:42
Cikaboom wrote: Sun Feb 19, 2023 20:59 Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
DipakI oli 0w20 kuat kok ga ada penguapan
Saya l11 2018 uda remap, kmaren baru ganti busi jg
Oli yg tahan ma panasnya ni mesin sejauh yg dicoba

Unilopal 0w20
Shell astrapremium 0w20
Ptt 0w20 supersyn api sn+

Sebulan bisa 3000an km jalan
Ini lg coba oli gado² 5w30 abisin sisa stok oli lama,sejauh ini blm ada penguapan

Itu pake 5w30 kok boros amat ya topup nya
Nah itu dia omm gtau kenapa ya.. apa krna udh usia atau krna gaya nyetir saya yg krg alus.. sering manteng high speed di trans jawa, ini jalan 6rb km udh abis top up 1 liter.. berarti kn udh abis 4 liter ya wkwk (ni ampe beli 1 liter lg utk jaga2). Tpi so far msh aman sih level nya udh jalan kira2 1000km an smnjk terakir top up (2minggu lalu).
*Mesin beneran yg kering ring ga meler oli samsekali, knapot jg ga ngebul.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 612
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by fajarrian »

Cikaboom wrote: Mon Feb 20, 2023 19:32
trebla88 wrote: Mon Feb 20, 2023 7:42
Cikaboom wrote: Sun Feb 19, 2023 20:59 Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
DipakI oli 0w20 kuat kok ga ada penguapan
Saya l11 2018 uda remap, kmaren baru ganti busi jg
Oli yg tahan ma panasnya ni mesin sejauh yg dicoba

Unilopal 0w20
Shell astrapremium 0w20
Ptt 0w20 supersyn api sn+

Sebulan bisa 3000an km jalan
Ini lg coba oli gado² 5w30 abisin sisa stok oli lama,sejauh ini blm ada penguapan

Itu pake 5w30 kok boros amat ya topup nya
Nah itu dia omm gtau kenapa ya.. apa krna udh usia atau krna gaya nyetir saya yg krg alus.. sering manteng high speed di trans jawa, ini jalan 6rb km udh abis top up 1 liter.. berarti kn udh abis 4 liter ya wkwk (ni ampe beli 1 liter lg utk jaga2). Tpi so far msh aman sih level nya udh jalan kira2 1000km an smnjk terakir top up (2minggu lalu).
*Mesin beneran yg kering ring ga meler oli samsekali, knapot jg ga ngebul.
enjin resing emang beda, coba aja next pas ganti oli ganti pake oli yang bagusan masih vampire apa engga?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9665
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Suryaputra »

fajarrian wrote: Tue Feb 21, 2023 3:30
Cikaboom wrote: Mon Feb 20, 2023 19:32
trebla88 wrote: Mon Feb 20, 2023 7:42

DipakI oli 0w20 kuat kok ga ada penguapan
Saya l11 2018 uda remap, kmaren baru ganti busi jg
Oli yg tahan ma panasnya ni mesin sejauh yg dicoba

Unilopal 0w20
Shell astrapremium 0w20
Ptt 0w20 supersyn api sn+

Sebulan bisa 3000an km jalan
Ini lg coba oli gado² 5w30 abisin sisa stok oli lama,sejauh ini blm ada penguapan

Itu pake 5w30 kok boros amat ya topup nya
Nah itu dia omm gtau kenapa ya.. apa krna udh usia atau krna gaya nyetir saya yg krg alus.. sering manteng high speed di trans jawa, ini jalan 6rb km udh abis top up 1 liter.. berarti kn udh abis 4 liter ya wkwk (ni ampe beli 1 liter lg utk jaga2). Tpi so far msh aman sih level nya udh jalan kira2 1000km an smnjk terakir top up (2minggu lalu).
*Mesin beneran yg kering ring ga meler oli samsekali, knapot jg ga ngebul.
enjin resing emang beda, coba aja next pas ganti oli ganti pake oli yang bagusan masih vampire apa engga?
Apa karena thermos nya diset buat suhu tinggi banget kah? :mky_03:

Ada opsi thermos lbh dingin gak sih, buat nisin livina ini?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Susah
Ga ada thermo slain bawaannya sejauh ini cari²
Di fb² jg blm nemu yg bahas ini

Kbtulan pake 0w20 selama ini uda 20rban km ga ada penguapan
Bisa jadi karena rute banyakan lancar dan jarang bejek high rpm,paling sering cruising di 1900anrpm
Busi uda ampir mampus aja masih bagus efisiennya.emang enjin resing :big_love:
mungkin ganti oli aga bagusan bkn eco dan bensin Ron 95 ke atas dites masih nguap parah ga

Cmiiw

Kayanya idemitsu 5w30 itu masih kelas standar
Coba ganti shell premium 0w20 di zhopndrive beli online vocer dapet 525rb/4liter ,pake filter exposio 40rb ,bawa sendiri washer ring nya, bawa pulang 1 liternya
Dites apa masih nguap parah :big_deal:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by MSU »

trebla88 wrote: Tue Feb 21, 2023 7:57 Susah
Ga ada thermo slain bawaannya sejauh ini cari²
Di fb² jg blm nemu yg bahas ini

Kbtulan pake 0w20 selama ini uda 20rban km ga ada penguapan
Bisa jadi karena rute banyakan lancar dan jarang bejek high rpm,paling sering cruising di 1900anrpm
Busi uda ampir mampus aja masih bagus efisiennya.emang enjin resing :big_love:
mungkin ganti oli aga bagusan bkn eco dan bensin Ron 95 ke atas dites masih nguap parah ga

Cmiiw

Kayanya idemitsu 5w30 itu masih kelas standar
Coba ganti shell premium 0w20 di zhopndrive beli online vocer dapet 525rb/4liter ,pake filter exposio 40rb ,bawa sendiri washer ring nya, bawa pulang 1 liternya
Dites apa masih nguap parah :big_deal:
dari jaman versi awal udh panas banget..sampe gosip toko aki terkenal itu ga mau kasi masa garansi normal krn umur aki-nya ikutan pendek gara2 ruang mesin panas
dugaan sy problem ngelitik jg krn set suhunya ketinggian ya
plus ntah kenapa belakangan bbrp berita kebakar...mending segera cek sumbernya kira2 dr mana
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

[quote=Greenhunter post_id=1259070 time=1676991166 user_id=35519]
Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
[/quote]

OGL itu typicalnya agak keras.
Orinya aja agak keras.
Kl depan ada opsi Kayaba kl belakang muat sering banyak ya pake kayaba ultra. Kl biasa aja muatan mendingan ori nya Om.
nubie in all things - still need to learn
pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

blloewy wrote: Wed Feb 22, 2023 0:24
Greenhunter wrote: Tue Feb 21, 2023 14:52 Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
OGL itu typicalnya agak keras.
Orinya aja agak keras.
Kl depan ada opsi Kayaba kl belakang muat sering banyak ya pake kayaba ultra. Kl biasa aja muatan mendingan ori nya Om.
Kayaba ultra apa Kayaba excel G om?

Mumpung ada promo Shock depan L10 di Beres sampe maret rencana mau ganti, mungkin ada rekan2 yang bisa kasih pengalaman perbandingan
dengan shock aftermarket semacam KYB,Monroe, Tokico?

Sama satu lagi, kalo shock depan pake ori nissan belakang pake merk beda boleh apa ngga? apa ada pengaruh sama driving?
Krucilatoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Krucilatoz »

Greenhunter wrote: Tue Feb 21, 2023 14:52 Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
Pengalaman 2 tahun lalu ganti shockbreaker si neng livi, yg depan ganti kayaba excel-g, plus ban continental cc6, hasilnya jadi empuk dan halus.
Yg belakang ganti dari beres, malah berasa terlalu keras, alhasil baru dipakai 2 bulan bawa ke bengkel spesialis dan ganti kayaba juga, langsung lebih empuk.

Edit: tambahan after 2 tahun, suspensi aman, tapi bunyian saat lewat jalan ga rata mulai muncul, curiga karet supportnya udah getas. Ya udah umur 11 tahun sih.
pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

Krucilatoz wrote: Wed Feb 22, 2023 12:16
Greenhunter wrote: Tue Feb 21, 2023 14:52 Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
Pengalaman 2 tahun lalu ganti shockbreaker si neng livi, yg depan ganti kayaba excel-g, plus ban continental cc6, hasilnya jadi empuk dan halus.
Yg belakang ganti dari beres, malah berasa terlalu keras, alhasil baru dipakai 2 bulan bawa ke bengkel spesialis dan ganti kayaba juga, langsung lebih empuk.

Edit: tambahan after 2 tahun, suspensi aman, tapi bunyian saat lewat jalan ga rata mulai muncul, curiga karet supportnya udah getas. Ya udah umur 11 tahun sih.
Karet support itu yang diatas deket sama tempat washer bukan?
bunyinya mirip apa om? kalo lewat speed trap duk duk duk gitu bukan?

Kalo yang dijual di Shop and drive itu kayaba excel g bukan ya?
Krucilatoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Krucilatoz »

pulsy wrote: Thu Feb 23, 2023 8:35
Krucilatoz wrote: Wed Feb 22, 2023 12:16
Greenhunter wrote: Tue Feb 21, 2023 14:52 Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
Pengalaman 2 tahun lalu ganti shockbreaker si neng livi, yg depan ganti kayaba excel-g, plus ban continental cc6, hasilnya jadi empuk dan halus.
Yg belakang ganti dari beres, malah berasa terlalu keras, alhasil baru dipakai 2 bulan bawa ke bengkel spesialis dan ganti kayaba juga, langsung lebih empuk.

Edit: tambahan after 2 tahun, suspensi aman, tapi bunyian saat lewat jalan ga rata mulai muncul, curiga karet supportnya udah getas. Ya udah umur 11 tahun sih.
Karet support itu yang diatas deket sama tempat washer bukan?
bunyinya mirip apa om? kalo lewat speed trap duk duk duk gitu bukan?

Kalo yang dijual di Shop and drive itu kayaba excel g bukan ya?
Iya, kalau dicopot bentuknya rada kayak segitiga dengan dudukan di tengahnya. Kalau lewat jalan ga rata macam bawa perabot dalam mobil yg pada gedombrangan (apa ya dalam bahasa Indonesia wkwwk :mky_01: )

Kalau bunyi duk atau semacam "jeglag" itu karet-supportnya yg kena. Punya saya yg depan kiri karet-supportnya robek, ya maklum juga sih, itu mobil rutenya pantura dan pansela kalau mudik, kadang roda depan kirinya keluar aspal karena ada bus / trus dari depan pas nikung.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

Krucilatoz wrote: Wed Feb 22, 2023 12:16
Greenhunter wrote: Tue Feb 21, 2023 14:52 Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
Pengalaman 2 tahun lalu ganti shockbreaker si neng livi, yg depan ganti kayaba excel-g, plus ban continental cc6, hasilnya jadi empuk dan halus.
Yg belakang ganti dari beres, malah berasa terlalu keras, alhasil baru dipakai 2 bulan bawa ke bengkel spesialis dan ganti kayaba juga, langsung lebih empuk.

Edit: tambahan after 2 tahun, suspensi aman, tapi bunyian saat lewat jalan ga rata mulai muncul, curiga karet supportnya udah getas. Ya udah umur 11 tahun sih.
Terima kasih share pengalamannya bang, kalau excel G aja sdh empuk berarti kalau pakai kayaba premium bakal lebih empuk ?
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

blloewy wrote: Wed Feb 22, 2023 0:24
Greenhunter wrote: Tue Feb 21, 2023 14:52 Ada yg pernah ganti shockbreaker OGL ? paling pas pakai merk dan tipe apa ? Depan belakang
OGL itu typicalnya agak keras.
Orinya aja agak keras.
Kl depan ada opsi Kayaba kl belakang muat sering banyak ya pake kayaba ultra. Kl biasa aja muatan mendingan ori nya Om.
Menurut om blloewy kayaba premium atau excel G ??
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by crcsystm »

Untitled.jpg
Promo servis di BeRes, worth it kah?
*bukan sales

Pelanggan Nissan Gading Serpong. Nikmati promo khusus bagi Bapak/Ibu sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia Nissan Grand Livina L11 Series (2014-2018).

Dapatkan promo paket servis berupa:
- Paket Ganti Oli Rp 340.000
- Paket Service Interval 10.000 km Rp 641.000
- Paket Service Interval 20.000 km Rp 791.000
- Paket Service Interval 40.000 km Rp 1.183.000
- Paket Ganti Shock Depan Rp 1.386.000
- Paket Ganti Shock & Insulator Depan Rp 2.526.000
- Paket Ganti Rotor Disc Rp 602.000
- Paket Ganti Brake Pad Depan Rp 542.000
- Paket Ganti (Flush) Oli Transmisi Matik Rp 832.000
- Paket Ganti (Flush) Oli Transmisi CVT & Filter Rp 1.054.000
- Paket Ganti Oli Transmisi Manual Rp 334.000
*Harga sudah termasuk PPN 11%

Segera kunjungi bengkel resmi Nissan Gading Serpong dan dapatkan promonya.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Nissan Gading Serpong
Call/WhatsApp: 081210070696
Nissan Care: 1500023
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Ganti shock depan
Disc rotor +brakepad
Olicvt+ filter
Itu aja yg bener3 worth