Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
B3M0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
Location: Bogor Kota
Daily Vehicle: Yaris Off-road

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by B3M0 »

mulyatan wrote: Sun Sep 22, 2019 10:26 Permisi, rencana mau pasang speaker di pintu belakang GL SV 2012. Apa kabelnya sdh tersedia jadi tinggal buka door trim trus pasang speaker, atau harus tarik kabel dulu dari head unit ya?

Thanks all
Hello OM,
Kebetulan saya barusan DIY Audio OGL SV 2012, untuk pintu belakang tidak ada kabelnya jadi harus tarik kabel. saya diy audio pasang sub,power, split speaker 2way utk depan, speaker std bawaan saya pindahin belakang. lumyaan bagus dengan barang2 ngumpulin dari pasar loak (budget irit).
berikut saya lampirkan gambar jalur kabel dari HU std ke speaker pintu dan juga kalo mau ditambah powerImage
sent from ladies room :e-whistle:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by P47hos »

blloewy wrote: Wed Jan 08, 2020 1:01 Update, saya sdh ganti Koling Set di Beres.
Kampas, matahari dan master kopling bawah tapi bunyi setelah lepas pedal kopling secara spontan msh ada.
Kata SA nya Nissan itu normal, dan nmontir langganan di kampung juga bilang itu normal dan ngga bahaya cm emang suaranya ganggu aja.
Kl pedal kopling dilepas perlahan emang ngga bunyi sich.
Infonya cengkeraman per nya masih terlalu keras saat masih baru.
Btw setelah dibongkar ternyata parts yg dipake sebelumnya pake Exedy dan skrg diganti Exedy juga ama Nissan.
Apakah pengaruh itu ya? krn orinya Nissan itu parts Kampas dan Mataharinya pake VALEO.
Ga ngaruh om pake exedy, saya pake exedy ga ada bunyi plat beradu. Saya malah pasang set kopling cuma di bengkel umum yg bukan spesialis, mungkin ada yg kurang pas. Tp selama Beres bilang gpp ya sudah lah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Plat kopling, matahari nya emg pake exedy dr dulu.. satu2 nya yg valeo yah CSC nya ama selang nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
droni
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun May 03, 2015 4:08

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by droni »

dontrustme wrote: Sat Oct 05, 2019 19:04 om mau nanya kmrn abis beli ogl 2011at.dipakenya masih enak mnurut ane. nah km kan menunjukan 43k.kmrn di cek oli transmisi masih merah msh bagus jd ga perlu diganti apa bener patokanya bgitu? soalnya ga ada service record dr yg sblmnya tp ane sih prcaya km asli krn oemakai tgn 1. pergantian so far cuma shock belakang yg udh bocor sama van belt. trus ane carbon clean. nah prasaan ato gmn. abis carbon clean brasa gigi 1 dibawah 2ribu rpm agak ndut2an pdhl matic. tp kalo misal gas dibetot sih ga ndut2an. itu kira2 kenapa ya om. diatas 1500sih aman. cuma awal2 aja kalo gas di toel jd ndut2an..

trus yg kdua kenapa di dalem kabin livina brasa panas ya kalo siang. padahal ac normal dingin. kaca film depan sih udh diganti crystaline krn sblmnya bawaanya brasa oanas bgnt. tinggal skkb. tapi ttp brasa gerah kadang sampe kringetan kalo siang di jkt apa normal? jd trpaksa kalo siang ac di set kedua dan suhu di set mentok baru mndingan.maklum sblmnya pake sirion adem2 aja kalo siang brasanya. apa krn kabin nya kecil ya
Idem om, ane juga ngerasain, di dalam kabin klo ac level 1 berasa panas bgt. Pdhl ac normal2 aja, semburan juga dingin. Brgkali ada om2 disini yg pernah ngalamin n ketemu solusinya :big_deal:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by P47hos »

droni wrote: Wed Jan 08, 2020 9:51
dontrustme wrote: Sat Oct 05, 2019 19:04 om mau nanya kmrn abis beli ogl 2011at.dipakenya masih enak mnurut ane. nah km kan menunjukan 43k.kmrn di cek oli transmisi masih merah msh bagus jd ga perlu diganti apa bener patokanya bgitu? soalnya ga ada service record dr yg sblmnya tp ane sih prcaya km asli krn oemakai tgn 1. pergantian so far cuma shock belakang yg udh bocor sama van belt. trus ane carbon clean. nah prasaan ato gmn. abis carbon clean brasa gigi 1 dibawah 2ribu rpm agak ndut2an pdhl matic. tp kalo misal gas dibetot sih ga ndut2an. itu kira2 kenapa ya om. diatas 1500sih aman. cuma awal2 aja kalo gas di toel jd ndut2an..

trus yg kdua kenapa di dalem kabin livina brasa panas ya kalo siang. padahal ac normal dingin. kaca film depan sih udh diganti crystaline krn sblmnya bawaanya brasa oanas bgnt. tinggal skkb. tapi ttp brasa gerah kadang sampe kringetan kalo siang di jkt apa normal? jd trpaksa kalo siang ac di set kedua dan suhu di set mentok baru mndingan.maklum sblmnya pake sirion adem2 aja kalo siang brasanya. apa krn kabin nya kecil ya
Idem om, ane juga ngerasain, di dalam kabin klo ac level 1 berasa panas bgt. Pdhl ac normal2 aja, semburan juga dingin. Brgkali ada om2 disini yg pernah ngalamin n ketemu solusinya :big_deal:
Dr yg paling simple dulu, cek filter kabin Kotor/ngga, terus yg kedua cek selang ada bekas2 oli ngga, klo bersih lanjut cek tekanan freon, klo tekanan kurang dicurigai ada bocor evap. Klo ngga kurang, coba ganti dryer, biasanya umur dryer paling 4-5 tahun. Klo tekanan freon kurang kemungkinan evap bocor.. Ya mau ga mau ganti evap. Klo ada bunyi2an mendesing wkt diinjek rpm tinggi kemungkinan magnetic clutch minta ganti.. Yg kW 300an, yg ori 1jt. Sesuaikan budget aja
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

droni wrote: Wed Jan 08, 2020 9:51
dontrustme wrote: Sat Oct 05, 2019 19:04 om mau nanya kmrn abis beli ogl 2011at.dipakenya masih enak mnurut ane. nah km kan menunjukan 43k.kmrn di cek oli transmisi masih merah msh bagus jd ga perlu diganti apa bener patokanya bgitu? soalnya ga ada service record dr yg sblmnya tp ane sih prcaya km asli krn oemakai tgn 1. pergantian so far cuma shock belakang yg udh bocor sama van belt. trus ane carbon clean. nah prasaan ato gmn. abis carbon clean brasa gigi 1 dibawah 2ribu rpm agak ndut2an pdhl matic. tp kalo misal gas dibetot sih ga ndut2an. itu kira2 kenapa ya om. diatas 1500sih aman. cuma awal2 aja kalo gas di toel jd ndut2an..

trus yg kdua kenapa di dalem kabin livina brasa panas ya kalo siang. padahal ac normal dingin. kaca film depan sih udh diganti crystaline krn sblmnya bawaanya brasa oanas bgnt. tinggal skkb. tapi ttp brasa gerah kadang sampe kringetan kalo siang di jkt apa normal? jd trpaksa kalo siang ac di set kedua dan suhu di set mentok baru mndingan.maklum sblmnya pake sirion adem2 aja kalo siang brasanya. apa krn kabin nya kecil ya
Idem om, ane juga ngerasain, di dalam kabin klo ac level 1 berasa panas bgt. Pdhl ac normal2 aja, semburan juga dingin. Brgkali ada om2 disini yg pernah ngalamin n ketemu solusinya :big_deal:
Kl ane kemaren pas di jalan hujan AC cuma angin doang.
Bawa ke tukang AC dicek Freon tinggal 70 saat Mobil AC OFF.
Akhirnya servis AC dari mulai turunin dan bersihkan Evap, Kondensor, Ganti Oli dan Seal Kompresor, cek selang dan Filter.
Setelahnya baru isi Freon krn dicek Evap dan Kondensor plus Kompresor msh ok.
ALhamdulillah skrg blower 1 dan temperatur tengah aja sdh dingin.
Saran sich bawa ke tukang AC u service aja, jd ketauan kondisi Evap dan Kompresornya.
Dan pny ane ternyata Evap nya kebalikan dari umumnya.
Umumnya Evap itu basah dan berlumut atau ada kotoran tp kemaren sejak dari beli 2012 (kata owner sebelumnya ngga pernah servis AC) itu EVAP kering banget.
Cuma ada debu aja nempel dan ngga sama sekali basah atau ada tetesan air di Evap.
Itu juga buat tukang AC nya sempet bingung tp setelah dibersihkan dan cek kebocoran nihil akhirnya skrg sdh sangat dingin sekali Livina nya [emo-mark-A]
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Wed Jan 08, 2020 5:08 Plat kopling, matahari nya emg pake exedy dr dulu.. satu2 nya yg valeo yah CSC nya ama selang nya
Ada yg Plat sama Matahari nya VALEO kok Om.
selain CSC nya yg emang VALEO.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by kemuningauto »

dontrustme wrote:om mau nanya kmrn abis beli ogl 2011at.dipakenya masih enak mnurut ane. nah km kan menunjukan 43k.kmrn di cek oli transmisi masih merah msh bagus jd ga perlu diganti apa bener patokanya bgitu? soalnya ga ada service record dr yg sblmnya tp ane sih prcaya km asli krn oemakai tgn 1. pergantian so far cuma shock belakang yg udh bocor sama van belt. trus ane carbon clean. nah prasaan ato gmn. abis carbon clean brasa gigi 1 dibawah 2ribu rpm agak ndut2an pdhl matic. tp kalo misal gas dibetot sih ga ndut2an. itu kira2 kenapa ya om. diatas 1500sih aman. cuma awal2 aja kalo gas di toel jd ndut2an..

trus yg kdua kenapa di dalem kabin livina brasa panas ya kalo siang. padahal ac normal dingin. kaca film depan sih udh diganti crystaline krn sblmnya bawaanya brasa oanas bgnt. tinggal skkb. tapi ttp brasa gerah kadang sampe kringetan kalo siang di jkt apa normal? jd trpaksa kalo siang ac di set kedua dan suhu di set mentok baru mndingan.maklum sblmnya pake sirion adem2 aja kalo siang brasanya. apa krn kabin nya kecil ya
Saya coba jawab nomor 2 tentang AC nya.

Kita bicara keadaan normal ya partsnya.
Livina itu Compressor bandel, mantep, dinginnya luar biasa bahkan bisa mencapai suhu 2°-3° Celcius dari udara yg keluar melalui Grill AC nya. Mau siang sepanas 38° Celcius juga ngga ngaruh ke Livina dengan kaca film biasa tanpa merk (depan 40%, keliling 60%).

Misalnya Livina nya masbro kurang dinginnya di siang hari, coba dibawa ke bengkel spesialis AC mobil yg rekomen. Dicek kapasitas freon, tekanan freon, dll. Kalo belum pernah diservice silahkan diservice. Penggantian parts2 perawatan AC buat Livina itu Filter Cabin, Expansion Valve, Receiver Dryer. (Semua tergantung keadaan parts dan umur serta performa saat pengecekan)
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by kemuningauto »

blloewy wrote:
droni wrote: Wed Jan 08, 2020 9:51
dontrustme wrote: Sat Oct 05, 2019 19:04 om mau nanya kmrn abis beli ogl 2011at.dipakenya masih enak mnurut ane. nah km kan menunjukan 43k.kmrn di cek oli transmisi masih merah msh bagus jd ga perlu diganti apa bener patokanya bgitu? soalnya ga ada service record dr yg sblmnya tp ane sih prcaya km asli krn oemakai tgn 1. pergantian so far cuma shock belakang yg udh bocor sama van belt. trus ane carbon clean. nah prasaan ato gmn. abis carbon clean brasa gigi 1 dibawah 2ribu rpm agak ndut2an pdhl matic. tp kalo misal gas dibetot sih ga ndut2an. itu kira2 kenapa ya om. diatas 1500sih aman. cuma awal2 aja kalo gas di toel jd ndut2an..

trus yg kdua kenapa di dalem kabin livina brasa panas ya kalo siang. padahal ac normal dingin. kaca film depan sih udh diganti crystaline krn sblmnya bawaanya brasa oanas bgnt. tinggal skkb. tapi ttp brasa gerah kadang sampe kringetan kalo siang di jkt apa normal? jd trpaksa kalo siang ac di set kedua dan suhu di set mentok baru mndingan.maklum sblmnya pake sirion adem2 aja kalo siang brasanya. apa krn kabin nya kecil ya
Idem om, ane juga ngerasain, di dalam kabin klo ac level 1 berasa panas bgt. Pdhl ac normal2 aja, semburan juga dingin. Brgkali ada om2 disini yg pernah ngalamin n ketemu solusinya :big_deal:
Kl ane kemaren pas di jalan hujan AC cuma angin doang.
Bawa ke tukang AC dicek Freon tinggal 70 saat Mobil AC OFF.
Akhirnya servis AC dari mulai turunin dan bersihkan Evap, Kondensor, Ganti Oli dan Seal Kompresor, cek selang dan Filter.
Setelahnya baru isi Freon krn dicek Evap dan Kondensor plus Kompresor msh ok.
ALhamdulillah skrg blower 1 dan temperatur tengah aja sdh dingin.
Saran sich bawa ke tukang AC u service aja, jd ketauan kondisi Evap dan Kompresornya.
Dan pny ane ternyata Evap nya kebalikan dari umumnya.
Umumnya Evap itu basah dan berlumut atau ada kotoran tp kemaren sejak dari beli 2012 (kata owner sebelumnya ngga pernah servis AC) itu EVAP kering banget.
Cuma ada debu aja nempel dan ngga sama sekali basah atau ada tetesan air di Evap.
Itu juga buat tukang AC nya sempet bingung tp setelah dibersihkan dan cek kebocoran nihil akhirnya skrg sdh sangat dingin sekali Livina nya [emo-mark-A]
Evaporatornya ngga basah karena kedinginannya kurang. Bisa ada kebocoran di seal makanya pas diservice kemarin diganti sealnya di bengkel. Dan setelah pengisian freon sesuai kapasitas, dinginnya bagus. Itu kalo dibuka pasti basah.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by supriyadi »

Selamat sore Om. Mau nanya nih. Kalo udah jalan 15 menitan kalo oper gigi 1 ke 2, atau 2 ke 1 ada bunyi nyangkut. Nguukk, gitu. Tapi kalo 2 ke 3, 3 ke 4 gak ada bunyi. Apa kira2 penyebanya ya. Trims infonya :big_deal:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

supriyadi wrote: Mon Jan 20, 2020 10:36 Selamat sore Om. Mau nanya nih. Kalo udah jalan 15 menitan kalo oper gigi 1 ke 2, atau 2 ke 1 ada bunyi nyangkut. Nguukk, gitu. Tapi kalo 2 ke 3, 3 ke 4 gak ada bunyi. Apa kira2 penyebanya ya. Trims infonya :big_deal:
Coba ganti dulu oli transmisi nya Gan.
Siapa tau pelumasan gearboxnya sudah kurang bagus.
Sekaligus cek kampas koplingnya apakah sdh tipis dan waktunya ganti atau memang msh oke.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by supriyadi »

blloewy wrote: Sun Feb 09, 2020 22:46
supriyadi wrote: Mon Jan 20, 2020 10:36 Selamat sore Om. Mau nanya nih. Kalo udah jalan 15 menitan kalo oper gigi 1 ke 2, atau 2 ke 1 ada bunyi nyangkut. Nguukk, gitu. Tapi kalo 2 ke 3, 3 ke 4 gak ada bunyi. Apa kira2 penyebanya ya. Trims infonya :big_deal:
Coba ganti dulu oli transmisi nya Gan.
Siapa tau pelumasan gearboxnya sudah kurang bagus.
Sekaligus cek kampas koplingnya apakah sdh tipis dan waktunya ganti atau memang msh oke.
Oli transmisi udah diganti puasa taun kemarin Om, sekalian persiapan buat mudik. Dari ganti oli transmisi & oli mesin udah jalan 10 bulan & 8 rb km.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Dulu saya pernah baca penyebab bunyi saat perpindahan gear, salah satunya adalah kopling set terutama saat odo sudah diatas 60 ribu KM,

https://otodiy.blogspot.com/2013/11/gan ... &gsc.tab=0

Semoga bacaan diatas dapat memberikan solusi nya.
:glodak:
HR15DE 2014
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

Kalo mo ganti magnetic clutch kira2 kisaran berapa ya om om?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

draxx13 wrote:Kalo mo ganti magnetic clutch kira2 kisaran berapa ya om om?
Beli magnetic clucth di toko ijo dan minta dipasang oleh bengkel spesialis Nissan kira kira dgn part beli online plus ongpas siapkan 500 ribu cukup kayaknya. Part Nissan skrg banyak dijual di online shop tinggal pinter pinter kita cari recomended online shop.
Screenshot_2020-02-14-16-38-01-735_com.android.browser.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 9:47
draxx13 wrote:Kalo mo ganti magnetic clutch kira2 kisaran berapa ya om om?
Beli magnetic clucth di toko ijo dan minta dipasang oleh bengkel spesialis Nissan kira kira dgn part beli online plus ongpas siapkan 500 ribu cukup kayaknya. Part Nissan skrg banyak dijual di online shop tinggal pinter pinter kita cari recomended online shop. Screenshot_2020-02-14-16-38-01-735_com.android.browser.jpeg
yg rekomended merk apa ya om?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

draxx13 wrote:
Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 9:47
draxx13 wrote:Kalo mo ganti magnetic clutch kira2 kisaran berapa ya om om?
Beli magnetic clucth di toko ijo dan minta dipasang oleh bengkel spesialis Nissan kira kira dgn part beli online plus ongpas siapkan 500 ribu cukup kayaknya. Part Nissan skrg banyak dijual di online shop tinggal pinter pinter kita cari recomended online shop. Screenshot_2020-02-14-16-38-01-735_com.android.browser.jpeg
yg rekomended merk apa ya om?
Setahu saya original equipment manufacturenya "Calsonic"" kayaknya kalau ngak salah, yg skrg terpasang di All New Grand Livina saya. Correct me if i am wrong. Kalau mau beli di beres
ngak jual magnetic nya saja kayaknya, tapi musti beli kompressor nya yg saya perkirakan harganya 3 juta lebih.
Jadi kalau yakin magnetic clucth rusak beli aja part nya di online shop yg jual spare part nissan dan request langsung pasang di bengkel yg jual part tsb. Jaman now yg jual spare part nissan banyak dan harga nya kompetitif, ngak kayak 10 tahun lalu.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by kemuningauto »

Itu imitasi yg 325 brand ACM. Kalo asli cuma ada di Nissan dan harus komplit (assy) dengan Compressor.

- Beli di Marketplace 325
- Ongkir 25-50 (Gojek)
- Ongkos Pasang 100-150
- Freon 150
- Garansi Tidak Ada

Kalo di bengkel paling kisaran 750-850 dengan garansi biasanya 3-6 bulan. Kalo di atas itu harganya udah kemahalan menurut saya.

IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 11:31
draxx13 wrote:
Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 9:47 Beli magnetic clucth di toko ijo dan minta dipasang oleh bengkel spesialis Nissan kira kira dgn part beli online plus ongpas siapkan 500 ribu cukup kayaknya. Part Nissan skrg banyak dijual di online shop tinggal pinter pinter kita cari recomended online shop. Screenshot_2020-02-14-16-38-01-735_com.android.browser.jpeg
yg rekomended merk apa ya om?
Setahu saya original equipment manufacturenya "Calsonic"" kayaknya kalau ngak salah, yg skrg terpasang di All New Grand Livina saya. Correct me if i am wrong. Kalau mau beli di beres
ngak jual magnetic nya saja kayaknya, tapi musti beli kompressor nya yg saya perkirakan harganya 3 juta lebih.
Jadi kalau yakin magnetic clucth rusak beli aja part nya di online shop yg jual spare part nissan dan request langsung pasang di bengkel yg jual part tsb. Jaman now yg jual spare part nissan banyak dan harga nya kompetitif, ngak kayak 10 tahun lalu.[emoji2]
jadi ceritanya saya udah sempet ngecek ke bengkel AC om, divonis MCnya udah kena
dan kalo mau ganti 900 ribu merk pokka
akhirnya di hold dulu nyari2 referensi lain hehe
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

kemuningauto wrote: Fri Feb 14, 2020 11:48 Itu imitasi yg 325 brand ACM. Kalo asli cuma ada di Nissan dan harus komplit (assy) dengan Compressor.

- Beli di Marketplace 325
- Ongkir 25-50 (Gojek)
- Ongkos Pasang 100-150
- Freon 150
- Garansi Tidak Ada

Kalo di bengkel paling kisaran 750-850 dengan garansi biasanya 3-6 bulan. Kalo di atas itu harganya udah kemahalan menurut saya.
Mantap, benar sekali Om Autokemuning.
Magnetic Clutch seharga 325 itu imitasi dgn brand ACM. Itu magnetic clutch yg dipasang teman yg juga tetangga saya di kompleks di ANGL nya tahun lalu he..he..
Kalau saya pribadi masih confident dgn bawaannya seperti yg terpasang di ANGL SV CVT tahun 2014, karena sampai sekarang masih kondisi baik setelah hampir 6 tahun pemakaian dan bila suatu saat nanti karena lifetime harus ganti saya pribadi juga akan order online merk ACM jg kalau magnetic cluthch OEM ngak ada atau ada tapi it price not make sense for me he..he.. dari pada beli kompressornya he..he.. Harap maklum saya seorang accounting yg penuh perhitungan sih wkwkwk.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

draxx13 wrote: Fri Feb 14, 2020 12:00
Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 11:31
draxx13 wrote:
yg rekomended merk apa ya om?
Setahu saya original equipment manufacturenya "Calsonic"" kayaknya kalau ngak salah, yg skrg terpasang di All New Grand Livina saya. Correct me if i am wrong. Kalau mau beli di beres
ngak jual magnetic nya saja kayaknya, tapi musti beli kompressor nya yg saya perkirakan harganya 3 juta lebih.
Jadi kalau yakin magnetic clucth rusak beli aja part nya di online shop yg jual spare part nissan dan request langsung pasang di bengkel yg jual part tsb. Jaman now yg jual spare part nissan banyak dan harga nya kompetitif, ngak kayak 10 tahun lalu.[emoji2]
jadi ceritanya saya udah sempet ngecek ke bengkel AC om, divonis MCnya udah kena
dan kalo mau ganti 900 ribu merk pokka
akhirnya di hold dulu nyari2 referensi lain hehe
Setahu saya kasus Magnetic clutch
Kebanyakan dan biasanys terjadi apabila mobil sedang kena macet atau jalan merayap. Udara kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali.
Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi di atas angka 1.000 rpm.
Jika yakin Magnetic clutchnya tinggal beli.Magnetic clutchnya (oh iya MC nya Grand Livina ada bandul ksret dan MC nya ANGL tidak ada bandul karetnya jadi ada beda inprovemennya nissan ) dan pasang kayak tetangga saya, range harga bervariasi di online shop dan ongpas seperti yg dinformasikan om Autokemuning.

Just for info saja dari pengalaman dan informasi yg saya dapatkan kerusakan Magnetic clutch bisa karena lifetime atau prematur yg biasanya sih karena mobil kena banjir atau mobil sering melewati jalan yg tergenang air. Pengalaman saya pribadi kalau lewati genangan air yg wajar saja dan habis itu semprot bagian kolong mobil dgn air saat tiba di garasi, awet MC jadinya.
:glodak:
HR15DE 2014
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 13:41
draxx13 wrote: Fri Feb 14, 2020 12:00
Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 11:31 Setahu saya original equipment manufacturenya "Calsonic"" kayaknya kalau ngak salah, yg skrg terpasang di All New Grand Livina saya. Correct me if i am wrong. Kalau mau beli di beres
ngak jual magnetic nya saja kayaknya, tapi musti beli kompressor nya yg saya perkirakan harganya 3 juta lebih.
Jadi kalau yakin magnetic clucth rusak beli aja part nya di online shop yg jual spare part nissan dan request langsung pasang di bengkel yg jual part tsb. Jaman now yg jual spare part nissan banyak dan harga nya kompetitif, ngak kayak 10 tahun lalu.[emoji2]
jadi ceritanya saya udah sempet ngecek ke bengkel AC om, divonis MCnya udah kena
dan kalo mau ganti 900 ribu merk pokka
akhirnya di hold dulu nyari2 referensi lain hehe
Setahu saya kasus Magnetic clutch
Kebanyakan dan biasanys terjadi apabila mobil sedang kena macet atau jalan merayap. Udara kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali.
Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi di atas angka 1.000 rpm.
Jika yakin Magnetic clutchnya tinggal beli.Magnetic clutchnya (oh iya MC nya Grand Livina ada bandul ksret dan MC nya ANGL tidak ada bandul karetnya jadi ada beda inprovemennya nissan ) dan pasang kayak tetangga saya, range harga bervariasi di online shop dan ongpas seperti yg dinformasikan om Autokemuning.

Just for info saja dari pengalaman dan informasi yg saya dapatkan kerusakan Magnetic clutch bisa karena lifetime atau prematur yg biasanya sih karena mobil kena banjir atau mobil sering melewati jalan yg tergenang air. Pengalaman saya pribadi kalau lewati genangan air yg wajar saja dan habis itu semprot bagian kolong mobil dgn air saat tiba di garasi, awet MC jadinya.
itu kan ada karet bulet 3 biji, nah salah satunya udah oblak om jadi bunyi
begitulah kira2
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

kl magnet clutch model bandul 3 karet, itu kayanya buat OGL, dan emg itu cacat desain sehh, dl OGL ane jg kasus nya sama, 1 bandul karet ilang, 1 lg ud ogel2, tinggal 1 doank yg megang, makanya brisik tiap kl engage
mobil ga perna kena banjir apapun, tau2 copot aj tuh karet

dl ane ganti di beres batu makam puri, kejadian kira2 circa taon 2012, ganti magnetic clutch nya doank
CameraZOOM-20130106152720929.jpg
CameraZOOM-20130106152636301.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

draxx13 wrote: Fri Feb 14, 2020 14:35
Herman7103 wrote: Fri Feb 14, 2020 13:41
draxx13 wrote: Fri Feb 14, 2020 12:00

jadi ceritanya saya udah sempet ngecek ke bengkel AC om, divonis MCnya udah kena
dan kalo mau ganti 900 ribu merk pokka
akhirnya di hold dulu nyari2 referensi lain hehe
Setahu saya kasus Magnetic clutch
Kebanyakan dan biasanys terjadi apabila mobil sedang kena macet atau jalan merayap. Udara kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali.
Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi di atas angka 1.000 rpm.
Jika yakin Magnetic clutchnya tinggal beli.Magnetic clutchnya (oh iya MC nya Grand Livina ada bandul ksret dan MC nya ANGL tidak ada bandul karetnya jadi ada beda inprovemennya nissan ) dan pasang kayak tetangga saya, range harga bervariasi di online shop dan ongpas seperti yg dinformasikan om Autokemuning.

Just for info saja dari pengalaman dan informasi yg saya dapatkan kerusakan Magnetic clutch bisa karena lifetime atau prematur yg biasanya sih karena mobil kena banjir atau mobil sering melewati jalan yg tergenang air. Pengalaman saya pribadi kalau lewati genangan air yg wajar saja dan habis itu semprot bagian kolong mobil dgn air saat tiba di garasi, awet MC jadinya.
itu kan ada karet bulet 3 biji, nah salah satunya udah oblak om jadi bunyi
begitulah kira2
Kalau MC nya ada karet bulet 3 biji itu MC nya Old GL seperti yg info om DOHC, karena MC nya ANGL tidak ada lagi karet yg 3 biji itu lagi. Kalau om posisi di pulau Jawa dan di Jakarta langsung cari di toko sparepart mobil nissan, tapi kalau posisi nya seperti saya yg tinggal di sumatera wajib online, banyak yg jual dan harganya bervariasi. Saya pribadi selama punya ANGL hampir 6 tahun ini cuma beli online karet wiper depan, speaker 2 ways, subwoofer, TPMS, hand rest serta aksesoris aksesoris mobil saja serta beli oli Schaeffer dan terakhir kampas rem depan saja bulan des lalu untuk dipasang di ANGL 2014.
Untuk part part OGL, om DOHC jauh lebih banyak pengalamannya.
:glodak:
HR15DE 2014
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

DOHC wrote: Fri Feb 14, 2020 14:46 kl magnet clutch model bandul 3 karet, itu kayanya buat OGL, dan emg itu cacat desain sehh, dl OGL ane jg kasus nya sama, 1 bandul karet ilang, 1 lg ud ogel2, tinggal 1 doank yg megang, makanya brisik tiap kl engage
mobil ga perna kena banjir apapun, tau2 copot aj tuh karet

dl ane ganti di beres batu makam puri, kejadian kira2 circa taon 2012, ganti magnetic clutch nya doank

CameraZOOM-20130106152720929.jpg
CameraZOOM-20130106152636301.jpg
Dulu ganti habis brapa om?