Data Penjualan Mobil - Part 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

Kaleng wrote: Wed May 06, 2020 8:23
Setuju sekali soal jalan aspal penuh tambalan, apalagi di BSD jalan letnan sutopo dan sekitarnya. sy rasa tambalannya ditotalin bisa mencapai seribu, dan buat saya tambalan tidak ada bedanya dengan jalan berlubang. sama-sama menyiksa kaki-kaki mobil, tidak heran mobil spt innova, avanza, rush yg juara karena kaki-kaki RWD sptnya memang lbh awet dibanding FWD.
di sby lebih gila jalan isinya tambal-tambalan ama lobang semua rasanya... GBT di Sby banyak cabang jg ga ada yang sepi... temen sy yang mobilnya FWD rata-rata menginjak taun kelima udah isinya ke bengkel kaki-kaki terus :mky_07:

mobil FWD di +62...

taon ke-2, 3, kena rack steer...

taon kelima link-link kalah inipun best case scenario... klo apes shock depan, klo masih agak beruntung shock belakang... klo sial pake banget engine mounting bisa ikut kena.

T32 ane jekpot dl 2 taon 25k KM kena berjamaah : link, shock belakang, sensor ABS depan. :mky_07:

innova 5 taun sih cuma perlu purging, ganti filsol, atau ganti busi klo bensin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Materwelon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Mon Aug 14, 2017 0:56

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Materwelon »

Kaleng wrote: Wed May 06, 2020 8:23
ChZ wrote: Wed May 06, 2020 2:13
kunaskun wrote: Tue May 05, 2020 13:10
ya mostly konsumen Indo masih begitu. biarpun tiap tahun ganti2 mobil, tetep akan ada satu daitoyo legacy. any daitoyo. bener2 kuat banget brand image-nya. mau nambah, upgrade, kurangin kendaraan sekalipun tetep aja akan ada daitoyo.

padahal dari segi cost, bunga, cicilan, dsb menurut saya mah sama2 saja dengan merek lain. asal pemakaian normal, dan mau merawat wajar. lain hal kalau fleet atau taxol atau yg make ala taxol = mayoritas konsumen indo. taunya isi bensin doang :big_biglaugh:
pemakaian normal, jalan aspal mulus, nyetir speed limit... hahaha... d indo syarat kedua gak terpenuhi... aspal bolong dan tambalan dmn2.

knp kesannya daitoyo cm urusan brand image doang yak hahahaha brand image kan jg ngga bisa bertahan kalo kualitas gak konsisten. Nyatanya ampe hari ini daitoyo kualitasnya konsisten skor reliability nya paling bagus dari yang lain.

kasian build reputasi bertaon taon riset mobil khusus bwt market indonesia tp seiring munculnya byk merek baru byk gimmick di nyinyirin mulu... d blg cm menang brand image...

pdhl tidak cm di indo, di luar negeri nih mobil juga saking terkenal robust nya byk dpake ampe puluhan taun. pernah liat kan Jeremy Clarkson mau berusaha ngancurin Hilux ampe pake bom jg masih jalan.

itu Hilux Innova Fortuner mungkin 3 dari sekian mobil yang bs survive di post apocalyptic world...
Setuju sekali soal jalan aspal penuh tambalan, apalagi di BSD jalan letnan sutopo dan sekitarnya. sy rasa tambalannya ditotalin bisa mencapai seribu, dan buat saya tambalan tidak ada bedanya dengan jalan berlubang. sama-sama menyiksa kaki-kaki mobil, tidak heran mobil spt innova, avanza, rush yg juara karena kaki-kaki RWD sptnya memang lbh awet dibanding FWD.
Setuju nih, mobil saya jadi bunyi2 bagian depan nya gara2 ngehajar jalan situ terus, mau pelan2 juga males gara2 banyak, padahal udah pake Toyota RWD :ungg:
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by carl »

ChZ wrote: Wed May 06, 2020 8:36
Kaleng wrote: Wed May 06, 2020 8:23
Setuju sekali soal jalan aspal penuh tambalan, apalagi di BSD jalan letnan sutopo dan sekitarnya. sy rasa tambalannya ditotalin bisa mencapai seribu, dan buat saya tambalan tidak ada bedanya dengan jalan berlubang. sama-sama menyiksa kaki-kaki mobil, tidak heran mobil spt innova, avanza, rush yg juara karena kaki-kaki RWD sptnya memang lbh awet dibanding FWD.
di sby lebih gila jalan isinya tambal-tambalan ama lobang semua rasanya... GBT di Sby banyak cabang jg ga ada yang sepi... temen sy yang mobilnya FWD rata-rata menginjak taun kelima udah isinya ke bengkel kaki-kaki terus :mky_07:

taon kelima link-link kalah inipun best case scenario... klo apes shock depan, klo masih agak beruntung shock belakang... klo sial pake banget engine mounting bisa ikut kena.
Bener, jalan di Surabaya jauh lebih ancur daripada BSD (Letnan Sutopo dan lain-lain). bayangin jalanan Dharmahusada dan Kertajaya (terutama "perempatan Sederhana sampe Samsat" dan "dari Sederhana sampe ITS") itu bener-bener bikin ngilu pas lewat. gak tau itu tambalannya gimana. Mobil temen, Brio 2015 akhir, udah abis kakinya gluduk-gluduk menghadapi jalan Sby padahal odometer baru 25k.

Oh iya, kalo BSD jangan lupa yang bikin ancur kaki-kaki itu speed trap di daerah Foresta dan sekitar (BSD Kab. Tangerang) yang bener-bener ga manusiawi.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Kaleng »

carl wrote: Wed May 06, 2020 9:54
ChZ wrote: Wed May 06, 2020 8:36
Kaleng wrote: Wed May 06, 2020 8:23
Setuju sekali soal jalan aspal penuh tambalan, apalagi di BSD jalan letnan sutopo dan sekitarnya. sy rasa tambalannya ditotalin bisa mencapai seribu, dan buat saya tambalan tidak ada bedanya dengan jalan berlubang. sama-sama menyiksa kaki-kaki mobil, tidak heran mobil spt innova, avanza, rush yg juara karena kaki-kaki RWD sptnya memang lbh awet dibanding FWD.
di sby lebih gila jalan isinya tambal-tambalan ama lobang semua rasanya... GBT di Sby banyak cabang jg ga ada yang sepi... temen sy yang mobilnya FWD rata-rata menginjak taun kelima udah isinya ke bengkel kaki-kaki terus :mky_07:

taon kelima link-link kalah inipun best case scenario... klo apes shock depan, klo masih agak beruntung shock belakang... klo sial pake banget engine mounting bisa ikut kena.
Bener, jalan di Surabaya jauh lebih ancur daripada BSD (Letnan Sutopo dan lain-lain). bayangin jalanan Dharmahusada dan Kertajaya (terutama "perempatan Sederhana sampe Samsat" dan "dari Sederhana sampe ITS") itu bener-bener bikin ngilu pas lewat. gak tau itu tambalannya gimana. Mobil temen, Brio 2015 akhir, udah abis kakinya gluduk-gluduk menghadapi jalan Sby padahal odometer baru 25k.

Oh iya, kalo BSD jangan lupa yang bikin ancur kaki-kaki itu speed trap di daerah Foresta dan sekitar (BSD Kab. Tangerang) yang bener-bener ga manusiawi.
waduh speed trap ini sudah mewabah juga ke jl. rawa buntu yg samping pasar modern bsd, tapi emang yg foresta sampai batas paramount serpong tidak manusiawi, tapi banyak yg tetap hajar tanpa rem tiap kali saya lewat.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

carl wrote: Wed May 06, 2020 9:54
ChZ wrote: Wed May 06, 2020 8:36
Kaleng wrote: Wed May 06, 2020 8:23
Setuju sekali soal jalan aspal penuh tambalan, apalagi di BSD jalan letnan sutopo dan sekitarnya. sy rasa tambalannya ditotalin bisa mencapai seribu, dan buat saya tambalan tidak ada bedanya dengan jalan berlubang. sama-sama menyiksa kaki-kaki mobil, tidak heran mobil spt innova, avanza, rush yg juara karena kaki-kaki RWD sptnya memang lbh awet dibanding FWD.
di sby lebih gila jalan isinya tambal-tambalan ama lobang semua rasanya... GBT di Sby banyak cabang jg ga ada yang sepi... temen sy yang mobilnya FWD rata-rata menginjak taun kelima udah isinya ke bengkel kaki-kaki terus :mky_07:

taon kelima link-link kalah inipun best case scenario... klo apes shock depan, klo masih agak beruntung shock belakang... klo sial pake banget engine mounting bisa ikut kena.
Bener, jalan di Surabaya jauh lebih ancur daripada BSD (Letnan Sutopo dan lain-lain). bayangin jalanan Dharmahusada dan Kertajaya (terutama "perempatan Sederhana sampe Samsat" dan "dari Sederhana sampe ITS") itu bener-bener bikin ngilu pas lewat. gak tau itu tambalannya gimana. Mobil temen, Brio 2015 akhir, udah abis kakinya gluduk-gluduk menghadapi jalan Sby padahal odometer baru 25k.

Oh iya, kalo BSD jangan lupa yang bikin ancur kaki-kaki itu speed trap di daerah Foresta dan sekitar (BSD Kab. Tangerang) yang bener-bener ga manusiawi.
ane sampe heran di semarang aja g segitunya, jalan arteri yang sering lewat truk aja gelombang sama lobangnya gak separah dharmahusada kertajaya :mky_07:

temen ane jg tinggal di pakuwon city punya CRV gen 1 dan Freed, langganan benerin kaki-kaki terus :mky_07: dasarnya emang nyetirnya kenceng, ditambah jalanannya busuk.

lipina yang bawaan kaki-kakinya loyo kena jalanan sby odo 20-30k uda ganti lower arm :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: Wed May 06, 2020 12:41
carl wrote: Wed May 06, 2020 9:54
ChZ wrote: Wed May 06, 2020 8:36

di sby lebih gila jalan isinya tambal-tambalan ama lobang semua rasanya... GBT di Sby banyak cabang jg ga ada yang sepi... temen sy yang mobilnya FWD rata-rata menginjak taun kelima udah isinya ke bengkel kaki-kaki terus :mky_07:

taon kelima link-link kalah inipun best case scenario... klo apes shock depan, klo masih agak beruntung shock belakang... klo sial pake banget engine mounting bisa ikut kena.
Bener, jalan di Surabaya jauh lebih ancur daripada BSD (Letnan Sutopo dan lain-lain). bayangin jalanan Dharmahusada dan Kertajaya (terutama "perempatan Sederhana sampe Samsat" dan "dari Sederhana sampe ITS") itu bener-bener bikin ngilu pas lewat. gak tau itu tambalannya gimana. Mobil temen, Brio 2015 akhir, udah abis kakinya gluduk-gluduk menghadapi jalan Sby padahal odometer baru 25k.

Oh iya, kalo BSD jangan lupa yang bikin ancur kaki-kaki itu speed trap di daerah Foresta dan sekitar (BSD Kab. Tangerang) yang bener-bener ga manusiawi.
ane sampe heran di semarang aja g segitunya, jalan arteri yang sering lewat truk aja gelombang sama lobangnya gak separah dharmahusada kertajaya :mky_07:

temen ane jg tinggal di pakuwon city punya CRV gen 1 dan Freed, langganan benerin kaki-kaki terus :mky_07: dasarnya emang nyetirnya kenceng, ditambah jalanannya busuk.

lipina yang bawaan kaki-kakinya loyo kena jalanan sby odo 20-30k uda ganti lower arm :mky_07:
Jgn lupa ko, msh ada jalan sktr unesa :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Wed May 06, 2020 8:05 skali lagi ni bicara overall yah bkn personal preference / experience... overall statistics toyota skor reliability nya paling tinggi dibanding yg laen. data, not subjective.

gw jg bisa bilang pake VW umur 8 taon ngga da masalah, tp fakta statistics nya VW termasuk brand yang less reliable (coba tanya oom jivos disini yg uda khatam VAG cars)... dan kenyataan klo user lamanya denger jg gw bisa dijitak tuh pala dia yg uda abis 100jt buat repair sana sini gw nikmatin enaknya doang

buat sebagian orang mobil itu alat transportasi semata point A to B, reliability is a big deal... logis aja kalau mobil yang dicari pertama reliabilitynya. that's how they sell.

toyota reliability resepnya cuma pake outdated platform selama >10yrs, krn in 10 yrs rivalnya sdh pake teknologi baru yang pada mahal cost nya dan baru, sementara toyota yah gt gt aja dari dulu, saking gt gt aja, mekanik STM blom khatam mesin jg bisa pegang = easy n cheap maintenance...

makanya klo beli mobil lesser than 5yrs, rugi ambil toyota, ngga da spesialnya, ngga dapet reliability khas toyota nya krn less than 5yrs mobil akan berasa sama-sama aja scr cost n maintenance... outdated tech, driving biasa aja, mediocre sh*tbox.

tp mau dipake di atas 10 taun sampe dunia kiamat, ambil toyota, or isuzu. cm 2 merek ini yg bisa jalan pake minyak goreng bekas klo minyak bumi abis...
iya memang toyota begitu. mau first car owner, 2nd, 3rd dst tetep aja akan ada toyota karena reliable. tapi ya itu tadi buat saya si sama2 saja dengan mobil lain, karena ya memang subyektif seperti awal.

secara global tentu toyota nomor satu. karena memang mayoritas owner butuh mobil ya buat moving.
kalau pake hanya 5 tahun dibilang rugi ga tepatlah, gimana juga peace of mind terbayarkan juga kan, apalagi di Indo, ada Resale Value yang strong begitu. coba merek lain, 5 tahun dijual mau enak gimana juga, full featured gimana juga, tetep aja akan rugi di resale value dan peace of mind karena less reliable dari toyota. tapi tentu ini hanya berlaku untuk mayoritas pembeli toyota.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by whitehorse4 »

Wuih fortuner diatas pajero sport... faktor bisa biosolar kah?
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Astargea »

evanbngdor wrote: Wed May 06, 2020 1:43
kunaskun wrote: Tue May 05, 2020 13:10
ChZ wrote: Mon May 04, 2020 8:27 jgn lupa imej orang buat produk toyota = tahan banting. ini yang ngakuin ga cuma orang +62, tapi juga seluruh penduduk bumi :mky_01: knp orang milih toyota itu lebih ke long term economic advantage dan sensibel... yg ngambil avanza/rush instead of xpander/ertiga, sudah paham sekali dengan hal ini :ngacir:

toyota cocok buat yang ga hobi ganti-ganti mobil, skali pake mobil dipake nyaris selamanya sampe beranak cucu cicit jg disimpen... old innova atau avanza kadang menghiasi isi garasi orang kaya lama yang gak hobi mobil, mobil boleh toyota kuno, liat aset dan isi tabungannya bisa melongo :mky_07:

buat yang hobi ganti-ganti mobil 3-5 taunan ya rugi ngambil toyota... ngga berasa unggulnya di mana.
ya mostly konsumen Indo masih begitu. biarpun tiap tahun ganti2 mobil, tetep akan ada satu daitoyo legacy. any daitoyo. bener2 kuat banget brand image-nya. mau nambah, upgrade, kurangin kendaraan sekalipun tetep aja akan ada daitoyo.

padahal dari segi cost, bunga, cicilan, dsb menurut saya mah sama2 saja dengan merek lain. asal pemakaian normal, dan mau merawat wajar. lain hal kalau fleet atau taxol atau yg make ala taxol = mayoritas konsumen indo. taunya isi bensin doang :big_biglaugh:
Jangan lupa jg image yang masih terbentuk dan kayaknya akan selalu terbentuk di masyarakat terutama yg awam otomotif itu adalah pake toyota, jualnya gampang, dan harganya lebih bertahan.

Terbukti sih ada temen di kantor, mau jual salah satu mobilnya, mana yang paling cepet laku aja, antara Sienta V 2017 sama Mobilio RS 2015, sama-sama ngiklanin di salah satu situs jual beli mobil, itu sienta ngga sampe 2 hari udah laku dan langsung ke pengguna, sedangkan si Mobilio RS hampir semua yg hubungin itu pedagang dan nawar dengan harga yg rendah banget.

Padahal bisa dibilang Sienta itu bukan favorit banyak orang, odometernya Sienta nya jg hampir sama kyk si Mobilio nya karena dipake Cibubur-Tangerang terus tiap hari, sedangkan Mobilio dipake seputaran Tangerang aja.
Kalo toyota vs honda sih tergantung mobilnya ya, kalo mobilio bisa dibilang udah 'kacangan' karena banyak banget unitnya, lebih dari 200 ribu unit, sementara sienta tergolong jarang dan cuma ngumpul di kota besar. Kalo kasusnya Sienta vs Freed, kayaknya Freed harganya masih gila untuk mobil setua itu. Freed 2016 masih banyak yg berani pasang 200 juta. Atau kalo Yaris vs Jazz, udah jelas pasti Jazz diatas Yaris generasi berapapun untuk tahun yang sama.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Wed May 06, 2020 14:07
kalau pake hanya 5 tahun dibilang rugi ga tepatlah, gimana juga peace of mind terbayarkan juga kan, apalagi di Indo, ada Resale Value yang strong begitu. coba merek lain, 5 tahun dijual mau enak gimana juga, full featured gimana juga, tetep aja akan rugi di resale value dan peace of mind karena less reliable dari toyota. tapi tentu ini hanya berlaku untuk mayoritas pembeli toyota.
"rugi" dr sudut pandang owning experience, bkn resale value / uang nya... i mean... bkn mobil untuk yang cari pure driving experience... (kec toyota 86 atau supra...). at lest most of them dgn competitors di price range yang sama...

beli merk "aneh aneh" resale value jeblok tp juga terbayar dgn experience... ngerasain kelebihan sebuah toyota itu imho baru berasa klo dipake lebih dari 7-10 taun...

byk kan yang "ah iya nih mobil udah odo 500k tp rasanya masih kek baru gak nyusahin" dan waktu dinaikin emang iya beneran masih nyaris seperti baru... sedangkan merek lain let's say mazda atau honda ya 5 taon pertama kbanyakan uda puas sisanya jual klo dah mulai langganan ke bengkel kaki-kaki. tp segment pasarnya jelas mereka yg emang demen nyetir cari performa handling fun dll...

yang demen tune innova/fortuner sekalipun, kebanyakan alasannya lebih ke praktis, bisa kenceng tapi fungsional bwt bawa barang/orang. lagi-lagi yg dicari fungsinya, simply krn innova/fortuner tuned itu memenuhi hasrat ngebut sekaligus bisa bawa keluarga besar...

tp klo gak kehalang kebutuhan punya mobil yang one for all, usahanya makin gede, ada duid lebih, pasti ya lirik-lirik luxury / sports car juga. innova nya? di keep sampe minyak solar punah... :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote: Wed May 06, 2020 17:31
kunaskun wrote: Wed May 06, 2020 14:07
kalau pake hanya 5 tahun dibilang rugi ga tepatlah, gimana juga peace of mind terbayarkan juga kan, apalagi di Indo, ada Resale Value yang strong begitu. coba merek lain, 5 tahun dijual mau enak gimana juga, full featured gimana juga, tetep aja akan rugi di resale value dan peace of mind karena less reliable dari toyota. tapi tentu ini hanya berlaku untuk mayoritas pembeli toyota.
"rugi" dr sudut pandang owning experience, bkn resale value / uang nya... i mean... bkn mobil untuk yang cari pure driving experience... (kec toyota 86 atau supra...). at lest most of them dgn competitors di price range yang sama...

beli merk "aneh aneh" resale value jeblok tp juga terbayar dgn experience... ngerasain kelebihan sebuah toyota itu imho baru berasa klo dipake lebih dari 7-10 taun...

byk kan yang "ah iya nih mobil udah odo 500k tp rasanya masih kek baru gak nyusahin" dan waktu dinaikin emang iya beneran masih nyaris seperti baru... sedangkan merek lain let's say mazda atau honda ya 5 taon pertama kbanyakan uda puas sisanya jual klo dah mulai langganan ke bengkel kaki-kaki. tp segment pasarnya jelas mereka yg emang demen nyetir cari performa handling fun dll...

yang demen tune innova/fortuner sekalipun, kebanyakan alasannya lebih ke praktis, bisa kenceng tapi fungsional bwt bawa barang/orang. lagi-lagi yg dicari fungsinya, simply krn innova/fortuner tuned itu memenuhi hasrat ngebut sekaligus bisa bawa keluarga besar...

tp klo gak kehalang kebutuhan punya mobil yang one for all, usahanya makin gede, ada duid lebih, pasti ya lirik-lirik luxury / sports car juga. innova nya? di keep sampe minyak solar punah... :mky_07:
IMHO ya toyota pun yg awetnya pake banget hanya yg spek IDM aja sih. Tp klo sama2 produk global market ya sama aja kayak merek lain. Harga parts dan keawetannya pun mirip2. Resale valuenya memang hanya berbeda sedikit lbh baik dr sisi persentase
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by lemonadelovers »

Astargea wrote: Wed May 06, 2020 15:51
evanbngdor wrote: Wed May 06, 2020 1:43
kunaskun wrote: Tue May 05, 2020 13:10


ya mostly konsumen Indo masih begitu. biarpun tiap tahun ganti2 mobil, tetep akan ada satu daitoyo legacy. any daitoyo. bener2 kuat banget brand image-nya. mau nambah, upgrade, kurangin kendaraan sekalipun tetep aja akan ada daitoyo.

padahal dari segi cost, bunga, cicilan, dsb menurut saya mah sama2 saja dengan merek lain. asal pemakaian normal, dan mau merawat wajar. lain hal kalau fleet atau taxol atau yg make ala taxol = mayoritas konsumen indo. taunya isi bensin doang :big_biglaugh:
Jangan lupa jg image yang masih terbentuk dan kayaknya akan selalu terbentuk di masyarakat terutama yg awam otomotif itu adalah pake toyota, jualnya gampang, dan harganya lebih bertahan.

Terbukti sih ada temen di kantor, mau jual salah satu mobilnya, mana yang paling cepet laku aja, antara Sienta V 2017 sama Mobilio RS 2015, sama-sama ngiklanin di salah satu situs jual beli mobil, itu sienta ngga sampe 2 hari udah laku dan langsung ke pengguna, sedangkan si Mobilio RS hampir semua yg hubungin itu pedagang dan nawar dengan harga yg rendah banget.

Padahal bisa dibilang Sienta itu bukan favorit banyak orang, odometernya Sienta nya jg hampir sama kyk si Mobilio nya karena dipake Cibubur-Tangerang terus tiap hari, sedangkan Mobilio dipake seputaran Tangerang aja.
Kalo toyota vs honda sih tergantung mobilnya ya, kalo mobilio bisa dibilang udah 'kacangan' karena banyak banget unitnya, lebih dari 200 ribu unit, sementara sienta tergolong jarang dan cuma ngumpul di kota besar. Kalo kasusnya Sienta vs Freed, kayaknya Freed harganya masih gila untuk mobil setua itu. Freed 2016 masih banyak yg berani pasang 200 juta. Atau kalo Yaris vs Jazz, udah jelas pasti Jazz diatas Yaris generasi berapapun untuk tahun yang sama.
IMHO ya sienta menang di model baru, masih garansi dan worthed dengan depresiasinya yg besar apalagi tipe menengah

Tp coba bandingin yg apple to apple sesama jepangan yg top d indonesia toyota vs honda. Camry vs accord, jazz vs yaris, civic vs altis dan vios vs city. Lain ceritanya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by evanbngdor »

lemonadelovers wrote: Wed May 06, 2020 22:09
Astargea wrote: Wed May 06, 2020 15:51
evanbngdor wrote: Wed May 06, 2020 1:43

Jangan lupa jg image yang masih terbentuk dan kayaknya akan selalu terbentuk di masyarakat terutama yg awam otomotif itu adalah pake toyota, jualnya gampang, dan harganya lebih bertahan.

Terbukti sih ada temen di kantor, mau jual salah satu mobilnya, mana yang paling cepet laku aja, antara Sienta V 2017 sama Mobilio RS 2015, sama-sama ngiklanin di salah satu situs jual beli mobil, itu sienta ngga sampe 2 hari udah laku dan langsung ke pengguna, sedangkan si Mobilio RS hampir semua yg hubungin itu pedagang dan nawar dengan harga yg rendah banget.

Padahal bisa dibilang Sienta itu bukan favorit banyak orang, odometernya Sienta nya jg hampir sama kyk si Mobilio nya karena dipake Cibubur-Tangerang terus tiap hari, sedangkan Mobilio dipake seputaran Tangerang aja.
Kalo toyota vs honda sih tergantung mobilnya ya, kalo mobilio bisa dibilang udah 'kacangan' karena banyak banget unitnya, lebih dari 200 ribu unit, sementara sienta tergolong jarang dan cuma ngumpul di kota besar. Kalo kasusnya Sienta vs Freed, kayaknya Freed harganya masih gila untuk mobil setua itu. Freed 2016 masih banyak yg berani pasang 200 juta. Atau kalo Yaris vs Jazz, udah jelas pasti Jazz diatas Yaris generasi berapapun untuk tahun yang sama.
IMHO ya sienta menang di model baru, masih garansi dan worthed dengan depresiasinya yg besar apalagi tipe menengah

Tp coba bandingin yg apple to apple sesama jepangan yg top d indonesia toyota vs honda. Camry vs accord, jazz vs yaris, civic vs altis dan vios vs city. Lain ceritanya
Kalo untuk segmen yg sama sih memang beberapa line up honda lebih bagus resale value nya. Contohnya aja kayak Yaris vs Jazz, ya balik lg ke hukum ekonomi di pasar mobil bekas, permintaan sedikit tp stock melimpah, otomatis harga bakal turun. Jazz lebih bagus resale value nya karena lebih iconic dan memang jauh lebih dikit stock bekas nya di pasar mobil bekas dibanding yaris. Cuma ini kan masalah resale value, bukan cepat atau tidak laku nya mobil tsb.

Yaris lele banyak banget stock nya skg kalo buka situs jual beli mobil, dan namanya bersaing antar penjual, kalo mau dagangannya cepet laku ya nurunin harga.
:mky_01:

Pernah saya ngobrol2 sama salah satu staff be**mob**g*e yg tagline nya itu 30 menit pasti laku itu sih dia bilang secara umum rekanan mereka lebih cepet respon kalo brand toyota, alasan yg paling masuk akal itu ya lebih gampang buat dijual lg. Namanya juga pedagang
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Thu May 07, 2020 2:04 Kalo untuk segmen yg sama sih memang beberapa line up honda lebih bagus resale value nya. Contohnya aja kayak Yaris vs Jazz, ya balik lg ke hukum ekonomi di pasar mobil bekas, permintaan sedikit tp stock melimpah, otomatis harga bakal turun. Jazz lebih bagus resale value nya karena lebih iconic dan memang jauh lebih dikit stock bekas nya di pasar mobil bekas dibanding yaris. Cuma ini kan masalah resale value, bukan cepat atau tidak laku nya mobil tsb.

Yaris lele banyak banget stock nya skg kalo buka situs jual beli mobil, dan namanya bersaing antar penjual, kalo mau dagangannya cepet laku ya nurunin harga.
:mky_01:

Pernah saya ngobrol2 sama salah satu staff be**mob**g*e yg tagline nya itu 30 menit pasti laku itu sih dia bilang secara umum rekanan mereka lebih cepet respon kalo brand toyota, alasan yg paling masuk akal itu ya lebih gampang buat dijual lg. Namanya juga pedagang
:mky_03:
kalau kaya gini, ya semacam anomali untuk ukuran toyota. agak mirip dengan nasib keluarga duo kaleng bekas, pasti ada aja yg nawar ngomong: ya bukan toyota-nya si. padahal toyota-nya ya "rebrand" doang, numpang pabrik dengan segala tambahan :big_weee:
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Astargea »

evanbngdor wrote: Thu May 07, 2020 2:04
lemonadelovers wrote: Wed May 06, 2020 22:09
Astargea wrote: Wed May 06, 2020 15:51

Kalo toyota vs honda sih tergantung mobilnya ya, kalo mobilio bisa dibilang udah 'kacangan' karena banyak banget unitnya, lebih dari 200 ribu unit, sementara sienta tergolong jarang dan cuma ngumpul di kota besar. Kalo kasusnya Sienta vs Freed, kayaknya Freed harganya masih gila untuk mobil setua itu. Freed 2016 masih banyak yg berani pasang 200 juta. Atau kalo Yaris vs Jazz, udah jelas pasti Jazz diatas Yaris generasi berapapun untuk tahun yang sama.
IMHO ya sienta menang di model baru, masih garansi dan worthed dengan depresiasinya yg besar apalagi tipe menengah

Tp coba bandingin yg apple to apple sesama jepangan yg top d indonesia toyota vs honda. Camry vs accord, jazz vs yaris, civic vs altis dan vios vs city. Lain ceritanya
Kalo untuk segmen yg sama sih memang beberapa line up honda lebih bagus resale value nya. Contohnya aja kayak Yaris vs Jazz, ya balik lg ke hukum ekonomi di pasar mobil bekas, permintaan sedikit tp stock melimpah, otomatis harga bakal turun. Jazz lebih bagus resale value nya karena lebih iconic dan memang jauh lebih dikit stock bekas nya di pasar mobil bekas dibanding yaris. Cuma ini kan masalah resale value, bukan cepat atau tidak laku nya mobil tsb.

Yaris lele banyak banget stock nya skg kalo buka situs jual beli mobil, dan namanya bersaing antar penjual, kalo mau dagangannya cepet laku ya nurunin harga.
:mky_01:

Pernah saya ngobrol2 sama salah satu staff be**mob**g*e yg tagline nya itu 30 menit pasti laku itu sih dia bilang secara umum rekanan mereka lebih cepet respon kalo brand toyota, alasan yg paling masuk akal itu ya lebih gampang buat dijual lg. Namanya juga pedagang
:mky_03:
Kurang tepat juga sih kalo dibilang Jazz lebih jarang dari Yaris, karena si Yaris kalo diitung per tahun cuma bisa ngalahin penjualan Jazz sekali-dua kali doang, biasanya Jazz selalu mendominasi
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by maastricht889 »

Astargea wrote: Thu May 07, 2020 15:57
evanbngdor wrote: Thu May 07, 2020 2:04
lemonadelovers wrote: Wed May 06, 2020 22:09

IMHO ya sienta menang di model baru, masih garansi dan worthed dengan depresiasinya yg besar apalagi tipe menengah

Tp coba bandingin yg apple to apple sesama jepangan yg top d indonesia toyota vs honda. Camry vs accord, jazz vs yaris, civic vs altis dan vios vs city. Lain ceritanya
Kalo untuk segmen yg sama sih memang beberapa line up honda lebih bagus resale value nya. Contohnya aja kayak Yaris vs Jazz, ya balik lg ke hukum ekonomi di pasar mobil bekas, permintaan sedikit tp stock melimpah, otomatis harga bakal turun. Jazz lebih bagus resale value nya karena lebih iconic dan memang jauh lebih dikit stock bekas nya di pasar mobil bekas dibanding yaris. Cuma ini kan masalah resale value, bukan cepat atau tidak laku nya mobil tsb.

Yaris lele banyak banget stock nya skg kalo buka situs jual beli mobil, dan namanya bersaing antar penjual, kalo mau dagangannya cepet laku ya nurunin harga.
:mky_01:

Pernah saya ngobrol2 sama salah satu staff be**mob**g*e yg tagline nya itu 30 menit pasti laku itu sih dia bilang secara umum rekanan mereka lebih cepet respon kalo brand toyota, alasan yg paling masuk akal itu ya lebih gampang buat dijual lg. Namanya juga pedagang
:mky_03:
Kurang tepat juga sih kalo dibilang Jazz lebih jarang dari Yaris, karena si Yaris kalo diitung per tahun cuma bisa ngalahin penjualan Jazz sekali-dua kali doang, biasanya Jazz selalu mendominasi
Kl dah bicara jazz, apalg GE8 yg RS keluaran terakhir sih gila itu mobil. Harga sekennya 2th terakhir nahan banget, buka di range 165-180 padahal kondisinya ya cenderung biasa ke agak busuk (tipikal honda bekas). Krn memang jazz GE RS barangnya dikit, begitu ada yg pristine lsg sikat biasanya. Agak ngelus dada sebenernya nyari jazz GE bekas bbrp waktu lalu, kondisinya ngga pernah cocok semua dan masangnya mayan tinggi. Kl yaris di jamannya keitung slow moving sih penjualannya om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by DOHC »

Jazz ge8 sehh kl dibilang seken nya nahan yah mmg layak kl mnurut ane.. utk ukuan hatchback FWD, doi itungan nya ckup reliable, nyaris minim masalah. ane dl make bertaon dan tembus 100an rebu jg murni cuman servis fast mving doank.. pas dijual jg nyaris ga ad rusak kaki2.. mungkin rasanya mirip ama miara apanja K3 ane dl

jd yah kl seken nya bagus, mmg berbanding lurus ama kualiti mobil nya itu sendiri
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by evanbngdor »


Astargea wrote:
evanbngdor wrote: Thu May 07, 2020 2:04
Kalo untuk segmen yg sama sih memang beberapa line up honda lebih bagus resale value nya. Contohnya aja kayak Yaris vs Jazz, ya balik lg ke hukum ekonomi di pasar mobil bekas, permintaan sedikit tp stock melimpah, otomatis harga bakal turun. Jazz lebih bagus resale value nya karena lebih iconic dan memang jauh lebih dikit stock bekas nya di pasar mobil bekas dibanding yaris. Cuma ini kan masalah resale value, bukan cepat atau tidak laku nya mobil tsb.

Yaris lele banyak banget stock nya skg kalo buka situs jual beli mobil, dan namanya bersaing antar penjual, kalo mau dagangannya cepet laku ya nurunin harga.
:mky_01:

Pernah saya ngobrol2 sama salah satu staff be**mob**g*e yg tagline nya itu 30 menit pasti laku itu sih dia bilang secara umum rekanan mereka lebih cepet respon kalo brand toyota, alasan yg paling masuk akal itu ya lebih gampang buat dijual lg. Namanya juga pedagang
:mky_03:
Kurang tepat juga sih kalo dibilang Jazz lebih jarang dari Yaris, karena si Yaris kalo diitung per tahun cuma bisa ngalahin penjualan Jazz sekali-dua kali doang, biasanya Jazz selalu mendominasi
Penjualan mobil baru nya iya setuju, Jazz lebih superior drpd Yaris. Tp ini kan case nya di pasar mobil bekas jauh lebih banyak Yaris yg dijual. Itu dia kunci nya kenapa harga Jazz jauh lebih bertahan dibanding Yaris.

Apalagi model GE8 facelift itu jd salah satu unit yg emang penggemar Jazz. Makin-makin deh itu harga bertahan banget, apalagi yg mint condition. Stock ngga banyak, peminat banyak.

Sebenernya udah bisa tarik kesimpulan juga kan, kenapa Jazz yg penjualan baru nya mostly lebih banyak dr Yaris, di pasar mobkas nya malah jauh lebih sedikit dr Yaris [emoji16]
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Fri May 08, 2020 0:49
Penjualan mobil baru nya iya setuju, Jazz lebih superior drpd Yaris. Tp ini kan case nya di pasar mobil bekas jauh lebih banyak Yaris yg dijual. Itu dia kunci nya kenapa harga Jazz jauh lebih bertahan dibanding Yaris.

Apalagi model GE8 facelift itu jd salah satu unit yg emang penggemar Jazz. Makin-makin deh itu harga bertahan banget, apalagi yg mint condition. Stock ngga banyak, peminat banyak.

Sebenernya udah bisa tarik kesimpulan juga kan, kenapa Jazz yg penjualan baru nya mostly lebih banyak dr Yaris, di pasar mobkas nya malah jauh lebih sedikit dr Yaris [emoji16]
klasik demand x supply.

high supply low demand = harga terkoreksi. yaris lele bahkan kyknya dibanding yaris telor masih lbh nahan yaris telor. kasus mirip ama civic FD v FB.

low supply high demand = harga tinggi. contoh paling ekstrim honda estilo dibanding sedan counterpartnya si genio yang terus nyungsep, sementara estilonya nahan malah cenderung naik krn susah cari yang ori dan high demand (byk peminat).

yg bikin bbrp model honda resale value nya nahan krn dipake hobi jadi makin susah cari yang orijinel.

GE, FD, Estilo, Ferio. Ferio jg skalinya dapet yang ori se velg velgnya dan mulus harganya kuat... apalagi ferio facelift. klo di toyota contohnya starlet. begitu ketemu starlet mulus deh pasti mahal.

sedangkan contoh honda yang harga sekennya relatif ancur CRV generasi 2-5 dan Accord generasi 6-9 (mgkn nantinya 10 jg) krn marketnya bergeser ke luxury, nggak banyak diminati buat modip, istilahnya udah jadi mobil babe-babe :mky_01: . CRV generasi 1, Accord jaman Maestro Cielo jg kalo ada yg ori pasti mintanya tinggi. walau blm ampe segila estilo ori sih.

dan jazz GE sampe sekarang modelnya jg ngga ketinggalan sih, jadi byk yang masi dipertahankan, cenderung kuat jg mobilnya, beda ma GD yang punya penyakit bawaan.

yg susah nanti ke depannya mgkn tidak ada lg mobil jepang non-niche (selain civic type R atau suzuki jimny) yang bakal harganya ajaib klo original... krn makin kesini harganya makin mahal dan makin tidak terjangkau millenials. demand millenials dengan budget cekak yg baru rintis karir skrg antara LCGC baru atau kalo emang hobi mobil 2nd hand cars yang budgetnya di 200-an, yang akhirnya bikin sekennya civic FD / Jazz GE orijinel bisa bertahan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Fri May 08, 2020 4:42
evanbngdor wrote: Fri May 08, 2020 0:49
Penjualan mobil baru nya iya setuju, Jazz lebih superior drpd Yaris. Tp ini kan case nya di pasar mobil bekas jauh lebih banyak Yaris yg dijual. Itu dia kunci nya kenapa harga Jazz jauh lebih bertahan dibanding Yaris.

Apalagi model GE8 facelift itu jd salah satu unit yg emang penggemar Jazz. Makin-makin deh itu harga bertahan banget, apalagi yg mint condition. Stock ngga banyak, peminat banyak.

Sebenernya udah bisa tarik kesimpulan juga kan, kenapa Jazz yg penjualan baru nya mostly lebih banyak dr Yaris, di pasar mobkas nya malah jauh lebih sedikit dr Yaris [emoji16]
klasik demand x supply.

high supply low demand = harga terkoreksi. yaris lele bahkan kyknya dibanding yaris telor masih lbh nahan yaris telor. kasus mirip ama civic FD v FB.

low supply high demand = harga tinggi. contoh paling ekstrim honda estilo dibanding sedan counterpartnya si genio yang terus nyungsep, sementara estilonya nahan malah cenderung naik krn susah cari yang ori dan high demand (byk peminat).

yg bikin bbrp model honda resale value nya nahan krn dipake hobi jadi makin susah cari yang orijinel.

GE, FD, Estilo, Ferio. Ferio jg skalinya dapet yang ori se velg velgnya dan mulus harganya kuat... apalagi ferio facelift. klo di toyota contohnya starlet. begitu ketemu starlet mulus deh pasti mahal.

sedangkan contoh honda yang harga sekennya relatif ancur CRV generasi 2-5 dan Accord generasi 6-9 (mgkn nantinya 10 jg) krn marketnya bergeser ke luxury, nggak banyak diminati buat modip, istilahnya udah jadi mobil babe-babe :mky_01: . CRV generasi 1, Accord jaman Maestro Cielo jg kalo ada yg ori pasti mintanya tinggi. walau blm ampe segila estilo ori sih.

dan jazz GE sampe sekarang modelnya jg ngga ketinggalan sih, jadi byk yang masi dipertahankan, cenderung kuat jg mobilnya, beda ma GD yang punya penyakit bawaan.

yg susah nanti ke depannya mgkn tidak ada lg mobil jepang non-niche (selain civic type R atau suzuki jimny) yang bakal harganya ajaib klo original... krn makin kesini harganya makin mahal dan makin tidak terjangkau millenials. demand millenials dengan budget cekak yg baru rintis karir skrg antara LCGC baru atau kalo emang hobi mobil 2nd hand cars yang budgetnya di 200-an, yang akhirnya bikin sekennya civic FD / Jazz GE orijinel bisa bertahan.
IMHO menurut saya Yaris telor/bakpao itu modelnya lebih masuk ke segala generasi, dan cenderung timeless. Dengan dimensi yg compact gitu tp interiornya berasa roomy banget.

Saya jg setuju sama statement Om ChZ di alinea terakhir. Rasanya mungkin 20 tahun kedepan, mobil jepang non-niche dalam kondisi full original tahun sekarang2 ini agak sulit bisa ajaib harga nya. Kecuali ada yutuber atau artis yang bikin mobil itu viral, bisa jadi naik harganya. Kayak baru-baru ini banyak yg mengulas owner experience nya ertiga generasi pertama di yutub. Bisa jadi harga bekasnya terkoreksi tuh, atau minimal ya orang awam otomotif yg tadinya ngga minat, ngga tau, atau mungkin mandang sebelah mata, jadi tertarik sama mobil ini.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Fri May 08, 2020 9:16 IMHO menurut saya Yaris telor/bakpao itu modelnya lebih masuk ke segala generasi, dan cenderung timeless. Dengan dimensi yg compact gitu tp interiornya berasa roomy banget.

Saya jg setuju sama statement Om ChZ di alinea terakhir. Rasanya mungkin 20 tahun kedepan, mobil jepang non-niche dalam kondisi full original tahun sekarang2 ini agak sulit bisa ajaib harga nya. Kecuali ada yutuber atau artis yang bikin mobil itu viral, bisa jadi naik harganya. Kayak baru-baru ini banyak yg mengulas owner experience nya ertiga generasi pertama di yutub. Bisa jadi harga bekasnya terkoreksi tuh, atau minimal ya orang awam otomotif yg tadinya ngga minat, ngga tau, atau mungkin mandang sebelah mata, jadi tertarik sama mobil ini.
yaris bakpao,Freed, Jazz GE, HRV/Innova, sx4 gen 1, swift gen 1, mobil yg bottom price 2nd masih terhitung tinggi. bahkan sampe tangan 3/4/5 aja masih ada harganya. bener2 unik.

ya milenial juga ga beli mobil paling liat di youtube cuma oh ada ya, yg kepincut juga ga banyak. kalau ga dibeliin, mana mau nyicil mobil, rumah tapak juga sama, paling mentok nyicil apartemen. kawinan aja ga mau pesta gede2an kecuali jabatan tinggi banget, atau dimodalin orang tua. sisanya? ya santuy dengan cara sewa. memang beda pola pikir dan cara hidupnya. ini ngobrol dengan teman2 yg jabatan tinggi2. efeknya nanti kedepannya akan terasa terutama untuk bank/leasing. semakin sulit cari debitur.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Michaelktp »

Astargea wrote: Thu Apr 30, 2020 6:41

pcx wrote: Sun May 03, 2020 12:41

Drpd nelurin Esblender X

Sebenerna sih gampang jika MMKI mau buat penantang HRV 1.5 wong mereka jg ada line up small SUV 5 seater: OS :weekk:

Enjin 2.0 OS diganti dgn milik Esblender langsung jadi deh small SUV 1.5 pesaing HRV.. palage Esblender dan OS udah dirakit lokal di pabrik Triple diamonds +62 bukan built up

Pasti harga OS turun drastis dan bisa jadi pelapis di bawah ANPS :off_good_job:

Cuman sayangna sampe skrg MMKI tetep ngotot jualan OS 2.0 yg salesna dah drop... aneh tapi nyata

:drinking:
Faktanya OS sudah stop produksi sejak 2018, yang sekarang dijual itu sisa-sisa stok, maklum OS ini kan rakit CKD di Pulogadung jadi ada minimal produksinya supaya ga rugi, akhirnya stok bejibun blom abis-abis. Hal yang sama juga terjadi pada batumakam Joke
Yup secara pemindahan produk CKD jelas tidak segampang memindahkan gerobak jualan apalagi jika tidak satu platform karena pasti tidak efisien dan lebih mahal cost produksinya. Better menunggu mass product eX Concept bersanding dengan XM Concept yang sudah berwujud LMPV Xpander di Cikarang Plant. Daripada fasilitas dan tool-tool CKD Mitsu OS dipindah ke Cikarang Plant dan diinstal dengan Mitsu 4A91 milik Xpander hanya demi bersaing dengan Honda HR-V 1.5L di Indo DM hmmmm.
Penjualan Xpander Cross tidak bisa dibilang gagal juga dan harus dilihat dulu kenapa Next Gen OS belum meluncur walaupun life cyclenya sudah lama dan malah OS FL tahap ke 2 lagi
Dari historynya pengaktifan kembali Pulogadung Plant tahun 2012 setelah PT. KTB vakum CKD passenger car di Indo DM sejak tahun 2005. Praktis sejak tahun 2005 untuk Mitsucars Indo DM hanya dipasok CBU dari Thai tapi keberhasilan Pajero Sport tahun 2009 membuat permintaan PT. KTB untuk reaktivasi Pulogadung Plant dipertimbangkan lagi oleh MMC Japan. Ada 2 produk Mitsucars yang distudy oleh PT. KTB sebelum reaktivasi Pulogadung Plant yaitu Mitsu OS dan Delica yang akhirnya pilihan jatuh pada OS sementara Delica masuk CBU pada tahun 2014. Setelah reaktivasi Pulogadung Plant berhasil dan Mitsu OS mulai mengaspal barulha Mitsubishi Group Japan mulai menggelontorkan dana jumbo untuk MMC Japan dengan target utama ASEAN DM berupa R&D platform baru Dynamic Shield, XM Concept dan juga pembangunan Plant CKD Mitsucars terbaru di Laemchabang Plant III, Cikarang Plant dan juga Vietnam Plant.
Disinilha Nissan Global sekarang menang banyak karena mendapatkan itu semua dengan harga murah karena saham MMC yang hancur pasca skandal emisinya diledakkan oleh "Mr Bean". Pasca "Mr Bean" digulingkan dan Nissan Japan carut marut tapi bisa bertahan dengan membonceng Mitsubishi di ASEAN DM. Strategi yang sudah terlihat di segmen entry level : LMPV (XM Concept jadi AN Livina) dan LSUV 5 seater (eX Concept) yang sudah menjadi AN Juke 2020 dan berakibat peluncuran AN OS/ASX/RVR malah tertunda lama karena dihold oleh Nissan Global sejak tahun 2016. Privilege buat Nissan Global karena "menyelamatkan" MMC Japan ckckck. AN OS 2021 dijadwalkan mengaspal Q4 tahun ini bersamaan dengan kakaknya AN Mitsubishi Outlander 2021 yang dibangun dari platform Engelberg Concept. Semoga tidak tertunda karena wabah virus ini. We will see
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Tue May 12, 2020 5:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by AR93 »

Michaelktp wrote: Sat May 16, 2020 11:22
Astargea wrote: Thu Apr 30, 2020 6:41

pcx wrote: Sun May 03, 2020 12:41

Drpd nelurin Esblender X

Sebenerna sih gampang jika MMKI mau buat penantang HRV 1.5 wong mereka jg ada line up small SUV 5 seater: OS :weekk:

Enjin 2.0 OS diganti dgn milik Esblender langsung jadi deh small SUV 1.5 pesaing HRV.. palage Esblender dan OS udah dirakit lokal di pabrik Triple diamonds +62 bukan built up

Pasti harga OS turun drastis dan bisa jadi pelapis di bawah ANPS :off_good_job:

Cuman sayangna sampe skrg MMKI tetep ngotot jualan OS 2.0 yg salesna dah drop... aneh tapi nyata

:drinking:
Faktanya OS sudah stop produksi sejak 2018, yang sekarang dijual itu sisa-sisa stok, maklum OS ini kan rakit CKD di Pulogadung jadi ada minimal produksinya supaya ga rugi, akhirnya stok bejibun blom abis-abis. Hal yang sama juga terjadi pada batumakam Joke
Yup secara pemindahan produk CKD jelas tidak segampang memindahkan gerobak jualan apalagi jika tidak satu platform karena pasti tidak efisien dan lebih mahal cost produksinya. Better menunggu mass product eX Concept bersanding dengan XM Concept yang sudah berwujud LMPV Xpander di Cikarang Plant. Daripada fasilitas dan tool-tool CKD Mitsu OS dipindah ke Cikarang Plant dan diinstal dengan Mitsu 4A91 milik Xpander hanya demi bersaing dengan Honda HR-V 1.5L di Indo DM hmmmm.
Penjualan Xpander Cross tidak bisa dibilang gagal juga dan harus dilihat dulu kenapa Next Gen OS belum meluncur walaupun life cyclenya sudah lama dan malah OS FL tahap ke 2 lagi
Dari historynya pengaktifan kembali Pulogadung Plant tahun 2012 setelah PT. KTB vakum CKD passenger car di Indo DM sejak tahun 2005. Praktis sejak tahun 2005 untuk Mitsucars Indo DM hanya dipasok CBU dari Thai tapi keberhasilan Pajero Sport tahun 2009 membuat permintaan PT. KTB untuk reaktivasi Pulogadung Plant dipertimbangkan lagi oleh MMC Japan. Ada 2 produk Mitsucars yang distudy oleh PT. KTB sebelum reaktivasi Pulogadung Plant yaitu Mitsu OS dan Delica yang akhirnya pilihan jatuh pada OS sementara Delica masuk CBU pada tahun 2014. Setelah reaktivasi Pulogadung Plant berhasil dan Mitsu OS mulai mengaspal barulha Mitsubishi Group Japan mulai menggelontorkan dana jumbo untuk MMC Japan dengan target utama ASEAN DM berupa R&D platform baru Dynamic Shield, XM Concept dan juga pembangunan Plant CKD Mitsucars terbaru di Laemchabang Plant III, Cikarang Plant dan juga Vietnam Plant.
Disinilha Nissan Global sekarang menang banyak karena mendapatkan itu semua dengan harga murah karena saham MMC yang hancur pasca skandal emisinya diledakkan oleh "Mr Bean". Pasca "Mr Bean" digulingkan dan Nissan Japan carut marut tapi bisa bertahan dengan membonceng Mitsubishi di ASEAN DM. Strategi yang sudah terlihat di segmen entry level : LMPV (XM Concept jadi AN Livina) dan LSUV 5 seater (eX Concept) yang sudah menjadi AN Juke 2020 dan berakibat peluncuran AN OS/ASX/RVR malah tertunda lama karena dihold oleh Nissan Global sejak tahun 2016. Privilege buat Nissan Global karena "menyelamatkan" MMC Japan ckckck. AN OS 2021 dijadwalkan mengaspal Q4 tahun ini bersamaan dengan kakaknya AN Mitsubishi Outlander 2021 yang dibangun dari platform Engelberg Concept. Semoga tidak tertunda karena wabah virus ini. We will see
Apakah AN OS 2021 yang dimaksud adalah LSUV 5 seater yang sama dengan yg mau dibikin di Cikarang pake mesin 1.5? Apakah mesinnya 4A91 juga?
adrianucleus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sat Apr 16, 2016 17:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by adrianucleus »



Terjun bebas :big_bored:
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by sealplayerz »

Wholesale april 2020 anjlok parah gegara psbb :frm_bang_head:
Biasanya ribuan unit jadi ratusan unit :frm_bang_head:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.