Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
utrid
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 31 Jan 2019, 14:15

Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by utrid » 11 Mar 2019, 14:16

Sesuai subyek, ada yg tahu / punya pengalaman dgn bengkel AC yg punya alat cek kebocoran ?
Dimana alatnya akan mengeluarkan bunyi diarea yg bocor (cmiiw).

Kelihatannya AC mobil bocor halus, dicek dari tekanan berkurang dan mobil tidak dingin di siang hari.
Tujuannya agar bisa langsung bongkar komponen AC yg bermasalah, bukan try & error semua komponen AC. Secara pencarian visual tanda2x kebocoran tidak / belum ketemu.

Terima kasih.

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1415
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by octafiantos » 11 Mar 2019, 15:56

Belum pernah denger ada alat secanggih itu.
Bengkel langganan AC dulu Kartika AC di Jl. Veteran Jaksel, salah satu bengkel AC paling besar juga minta cek manual bongkar dasbor pas terakhir cek kompresi AC BMW E30 hilang 2x dalam setahun.
Kavling kosong, bisa dikridit.

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by Jagonyaaki » 11 Mar 2019, 16:00

Udah banyak yg jual alat tes kebocoran freon.. Datang aj dealer resmi ac denso.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 730
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by josomba » 11 Mar 2019, 16:21

Setau saya pake cairan UV-sensitive dye gitu, yg dikasi lampu UV nanti ada warna terang sendiri. Jadi keliatan meler-nya darimana. Kalau maksudnya itu, rasanya bengkel2 AC gede pada bisa cem rotary bintaro atau coolkars
Image
Image

utrid
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 31 Jan 2019, 14:15

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by utrid » 11 Mar 2019, 17:16

octafiantos wrote:
11 Mar 2019, 15:56
Belum pernah denger ada alat secanggih itu.
Bengkel langganan AC dulu Kartika AC di Jl. Veteran Jaksel, salah satu bengkel AC paling besar juga minta cek manual bongkar dasbor pas terakhir cek kompresi AC BMW E30 hilang 2x dalam setahun.
Nah itu dia, kepinginnya yg pasti dulu, jangan sampai bongkar dashboard tp ternyata tdk masalahn didaerah situ (evap)
Jagonyaaki wrote:
11 Mar 2019, 16:00
Udah banyak yg jual alat tes kebocoran freon.. Datang aj dealer resmi ac denso.
Dulu sekali pernah lihat bengkel AC didaerah Raden Inten punya alat tsb, tapi kemarin coba lewat situ bengkelnya sdh kena gusur.
Mestinya bengkel AC yg ada tulisannya "Authorized Denso" punya ya.
Mungkin akan coba ke situ dahulu
josomba wrote:
11 Mar 2019, 16:21
Setau saya pake cairan UV-sensitive dye gitu, yg dikasi lampu UV nanti ada warna terang sendiri. Jadi keliatan meler-nya darimana. Kalau maksudnya itu, rasanya bengkel2 AC gede pada bisa cem rotary bintaro atau coolkars
Iya itu salah satu cara, cuma kalau area dalam dashboard (Evap) rada sulit melihatnya

nb25
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 06 Aug 2018, 17:17
Location: Bandung

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by nb25 » 11 Mar 2019, 19:10

Siapa tau mau ngecek sendiri kebocorannya hehe.

Nama alat yang dideskripsiin (Bunyi kalau ada kebocoran) itu Refrigerant Leak Detector,

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 797
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by adityabp » 12 Mar 2019, 09:36

IMHO, oli kompresor kan baunya wangi khas ya.
So, kalo dari lubang AC gak keluar bau wangi, bisa dipastikan bukan evap yg bocor.
Cek juga kondensor. Lihat dgn teliti ada bekas semburan/rembesan minyak gak. Cium baunya, kalo wangi ya itu yg bocor.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1722
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by kunaskun » 12 Mar 2019, 14:13

utrid wrote:
11 Mar 2019, 14:16
Sesuai subyek, ada yg tahu / punya pengalaman dgn bengkel AC yg punya alat cek kebocoran ?
Dimana alatnya akan mengeluarkan bunyi diarea yg bocor (cmiiw).
mungkin maksudnya leak test dengan UV light? biasanya ini ada di bengkel AC yang besar, karena freon yang digunakan khusus atau diisi cairan penandanya ke sirkulasi freon.
Kelihatannya AC mobil bocor halus, dicek dari tekanan berkurang dan mobil tidak dingin di siang hari.
Tujuannya agar bisa langsung bongkar komponen AC yg bermasalah, bukan try & error semua komponen AC. Secara pencarian visual tanda2x kebocoran tidak / belum ketemu.

Terima kasih.
kalau ginian si emang tricky, kasarnya: jago2nya itu bengkel dan mekanik saja, biasa dari pengalaman dan analisa mereka.

ini kendaran harian saya sudah 7 bulan masih bocor halus, setiap 1-2 bulan sekali isi freon secukupnya ke langganan AC, karena ya itu ga ketemu bocor dimana. nah baru ketemu ketika di bengkel resmi iseng jalanin cuci evaporator AC tanpa turunin evaporator, jadi pakai kamera + monitor untuk ngintip ke evap eh terlihat ada rembesan oli di housing evaporator, juga filter AC ada bekas rembesan oli + freon. Balik ke langganan, konsultasi ulang, akhirnya: isi ulang saja terus sampe tinggal hitungan minggu itu freon habis. karena sayang rembes sedikit2 tapi mesti turunin dashboard untuk ganti evaporator.

yang bisa ganti evap tanpa turun dashboard kebetulan di langganan dulu di Jakarta. Jadi tunda dulu d, sampe ada waktu ke Jakarta. :mky_01:

iwansiagian
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by iwansiagian » 12 Mar 2019, 14:39

kunaskun wrote:
utrid wrote:
11 Mar 2019, 14:16
Sesuai subyek, ada yg tahu / punya pengalaman dgn bengkel AC yg punya alat cek kebocoran ?
Dimana alatnya akan mengeluarkan bunyi diarea yg bocor (cmiiw).
mungkin maksudnya leak test dengan UV light? biasanya ini ada di bengkel AC yang besar, karena freon yang digunakan khusus atau diisi cairan penandanya ke sirkulasi freon.
Kelihatannya AC mobil bocor halus, dicek dari tekanan berkurang dan mobil tidak dingin di siang hari.
Tujuannya agar bisa langsung bongkar komponen AC yg bermasalah, bukan try & error semua komponen AC. Secara pencarian visual tanda2x kebocoran tidak / belum ketemu.

Terima kasih.
kalau ginian si emang tricky, kasarnya: jago2nya itu bengkel dan mekanik saja, biasa dari pengalaman dan analisa mereka.

ini kendaran harian saya sudah 7 bulan masih bocor halus, setiap 1-2 bulan sekali isi freon secukupnya ke langganan AC, karena ya itu ga ketemu bocor dimana. nah baru ketemu ketika di bengkel resmi iseng jalanin cuci evaporator AC tanpa turunin evaporator, jadi pakai kamera + monitor untuk ngintip ke evap eh terlihat ada rembesan oli di housing evaporator, juga filter AC ada bekas rembesan oli + freon. Balik ke langganan, konsultasi ulang, akhirnya: isi ulang saja terus sampe tinggal hitungan minggu itu freon habis. karena sayang rembes sedikit2 tapi mesti turunin dashboard untuk ganti evaporator.

yang bisa ganti evap tanpa turun dashboard kebetulan di langganan dulu di Jakarta. Jadi tunda dulu d, sampe ada waktu ke Jakarta. :mky_01:
Wah boleh tuh info bengkel nya om yang bisa ganti evap tanpa nurunin dashboard

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 797
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by adityabp » 12 Mar 2019, 14:41

kunaskun wrote:
12 Mar 2019, 14:13

ini kendaran harian saya sudah 7 bulan masih bocor halus, setiap 1-2 bulan sekali isi freon secukupnya ke langganan AC, karena ya itu ga ketemu bocor dimana. nah baru ketemu ketika di bengkel resmi iseng jalanin cuci evaporator AC tanpa turunin evaporator, jadi pakai kamera + monitor untuk ngintip ke evap eh terlihat ada rembesan oli di housing evaporator, juga filter AC ada bekas rembesan oli + freon. Balik ke langganan, konsultasi ulang, akhirnya: isi ulang saja terus sampe tinggal hitungan minggu itu freon habis. karena sayang rembes sedikit2 tapi mesti turunin dashboard untuk ganti evaporator.

yang bisa ganti evap tanpa turun dashboard kebetulan di langganan dulu di Jakarta. Jadi tunda dulu d, sampe ada waktu ke Jakarta. :mky_01:
Emang gak pernah kecium bau wangi pas AC nyala om?

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1722
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by kunaskun » 12 Mar 2019, 19:19

iwansiagian wrote:
12 Mar 2019, 14:39
Wah boleh tuh info bengkel nya om yang bisa ganti evap tanpa nurunin dashboard
[/quote]

ngga semua mobil bisa seperti ini. dan balik lagi ke bengkelnya seberapa jago dan pengalaman.
adityabp wrote:
12 Mar 2019, 14:41
Emang gak pernah kecium bau wangi pas AC nyala om?
ngga, langganan saya saja juga ga cium. mungkin terlalu halus.

satriakarisma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by satriakarisma » 12 Mar 2019, 19:43

Coba ke coolkars om, lumayan lengkap itu

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9982
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by ak4ng » 12 Mar 2019, 20:31

Om posisi dmn? Kalo d bdg saya perhatiin di Frigia bisa cek kebocoran halus di AC bus besar, maybe bisa dicoba
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

utrid
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 31 Jan 2019, 14:15

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by utrid » 12 Mar 2019, 21:21

adityabp wrote:
12 Mar 2019, 09:36
IMHO, oli kompresor kan baunya wangi khas ya.
So, kalo dari lubang AC gak keluar bau wangi, bisa dipastikan bukan evap yg bocor.
Cek juga kondensor. Lihat dgn teliti ada bekas semburan/rembesan minyak gak. Cium baunya, kalo wangi ya itu yg bocor.
kunaskun wrote:
12 Mar 2019, 14:13
utrid wrote:
11 Mar 2019, 14:16
Sesuai subyek, ada yg tahu / punya pengalaman dgn bengkel AC yg punya alat cek kebocoran ?
Dimana alatnya akan mengeluarkan bunyi diarea yg bocor (cmiiw).
mungkin maksudnya leak test dengan UV light? biasanya ini ada di bengkel AC yang besar, karena freon yang digunakan khusus atau diisi cairan penandanya ke sirkulasi freon.
Kelihatannya AC mobil bocor halus, dicek dari tekanan berkurang dan mobil tidak dingin di siang hari.
Tujuannya agar bisa langsung bongkar komponen AC yg bermasalah, bukan try & error semua komponen AC. Secara pencarian visual tanda2x kebocoran tidak / belum ketemu.

Terima kasih.
kalau ginian si emang tricky, kasarnya: jago2nya itu bengkel dan mekanik saja, biasa dari pengalaman dan analisa mereka.

ini kendaran harian saya sudah 7 bulan masih bocor halus, setiap 1-2 bulan sekali isi freon secukupnya ke langganan AC, karena ya itu ga ketemu bocor dimana. nah baru ketemu ketika di bengkel resmi iseng jalanin cuci evaporator AC tanpa turunin evaporator, jadi pakai kamera + monitor untuk ngintip ke evap eh terlihat ada rembesan oli di housing evaporator, juga filter AC ada bekas rembesan oli + freon. Balik ke langganan, konsultasi ulang, akhirnya: isi ulang saja terus sampe tinggal hitungan minggu itu freon habis. karena sayang rembes sedikit2 tapi mesti turunin dashboard untuk ganti evaporator.

yang bisa ganti evap tanpa turun dashboard kebetulan di langganan dulu di Jakarta. Jadi tunda dulu d, sampe ada waktu ke Jakarta. :mky_01:
Sama om, mobil saya lbh halus lagi. Setelah hampir 1 thn baru nambah freon lagi. Kata montirnya, kalo dlm hitungan minggu sdh gak dingin lagi, baru dipertimbangkan untuk bongkar.

Sementara msh cari bengkel ac yg punya alat cek kebocoran, bisa diinfo langganannya yg bisa bongkar evap di jkt tsb. Memang spesifik tipe mobil sih mana yg bisa tanpa bongkar dashboard, setidaknya bisa buat konsultasi.

utrid
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 31 Jan 2019, 14:15

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by utrid » 12 Mar 2019, 21:24

adityabp wrote:
12 Mar 2019, 09:36
IMHO, oli kompresor kan baunya wangi khas ya.
So, kalo dari lubang AC gak keluar bau wangi, bisa dipastikan bukan evap yg bocor.
Cek juga kondensor. Lihat dgn teliti ada bekas semburan/rembesan minyak gak. Cium baunya, kalo wangi ya itu yg bocor.
Ga ada bau khas tsb. Puyeng juga :big_dunno:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1722
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Bengkel AC yg punya alat cek kebocoran

Post by kunaskun » 13 Mar 2019, 23:21

utrid wrote:
12 Mar 2019, 21:21
Sama om, mobil saya lbh halus lagi. Setelah hampir 1 thn baru nambah freon lagi. Kata montirnya, kalo dlm hitungan minggu sdh gak dingin lagi, baru dipertimbangkan untuk bongkar.

Sementara msh cari bengkel ac yg punya alat cek kebocoran, bisa diinfo langganannya yg bisa bongkar evap di jkt tsb. Memang spesifik tipe mobil sih mana yg bisa tanpa bongkar dashboard, setidaknya bisa buat konsultasi.
kalau satu tahun ya biarin saja om, anggap saja ada rembes seal dsb, ga usah dipusingin yang ada malah diketawain bengkel AC. toh memang idealnya kan berkala ke bengkel AC. dan benar itu mekanik, diemin aja kalau sampe hitungan minggu baru cari.

kalau penasaran dan mau buang waktu + uang, saya di jakarta dulu ke Vent's AC di jalan kebon jeruk jakarta barat. di google saja alamat lengkapnya.

Post Reply