AC Dingin sebelah

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
adiputra4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 » 08 Nov 2018, 18:15

Mau tanya nih kenapa AC mobil bisa dingin sebelah?
Mobil saya bagian yg dingin cuma penumpang depan sebelah kiri, bagian supir hembusan angin aja. Pernah ane set cold max bagian keduanya (dual zone) penumpang kiri hembusan adem, bagian supir hembusan udaranya malah panas

Tadi siang abis dr bengkel AC di jaktim (terpercaya) di cek freon nya normal ga ada kebocoran, mereka bilang ini masalah di evaporator, katanya evapnya kotor, jadinya beku sebelah.q

Masalahnya ganti evap harus bongkar dashboard, mobil ane xv40 dashboardnya masi mulus bawaan aslinya, kalo dashboard dibongkar pasti banyak bekas coak2 nantinya, takut jg nanti pd rattling. Pernah pengalaman di mobil yg dulu jg ganti evap dah bilang ke montirnya hati2 bongkar dashboard tetep aja pada coak.

Barusan abis cobain nyemprot blower pake semacam hazecool katanya bs bersihin evap, ane liat air di saluran pembuangan AC emg kotor hitam, coba nyalain ac tetep aja bagian supir panas.

Apa betul masalah AC dingin sebelah krn evap kotor & beku ?

Thanks
Last edited by adiputra4 on 08 Nov 2018, 18:55, edited 1 time in total.

nb25
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 06 Aug 2018, 17:17
Location: Bandung

Re: AC Dingin sebelah

Post by nb25 » 08 Nov 2018, 18:38

Mungkin ada yang bikin mampet di evaporator atau jalur anginnya.

Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.

Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).

Tdp89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 15 Apr 2017, 20:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Bmw

Re: AC Dingin sebelah

Post by Tdp89 » 08 Nov 2018, 18:46

Kalo evap kotor 2-2nya kurang dingin... Klo cm sebelah kemungkinan dampernya masalah... Harus bongkar dashboard buat perbaikan dashboard... Ke beres aja... Klo ada rattle kan bs garansi perbaikan...

User avatar
adiputra4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 » 08 Nov 2018, 21:23

nb25 wrote:
08 Nov 2018, 18:38
Mungkin ada yang bikin mampet di evaporator atau jalur anginnya.

Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.

Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).
Berarti bener ya penyebabnya evaporator

Kira2 ga ada cara lain bersihin evap selain harus bongkar dashboard om?
Tdp89 wrote:
08 Nov 2018, 18:46
Kalo evap kotor 2-2nya kurang dingin... Klo cm sebelah kemungkinan dampernya masalah... Harus bongkar dashboard buat perbaikan dashboard... Ke beres aja... Klo ada rattle kan bs garansi perbaikan...
Damper apa tuh om ?

Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 162
Joined: 03 Feb 2015, 00:02

Re: AC Dingin sebelah

Post by Dnisbo » 08 Nov 2018, 21:44

https://youtu.be/4VXwf_q8KtE
Mungkin bisa membantu.
*bukansalesautorotary

User avatar
adiputra4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 » 08 Nov 2018, 22:30

Dnisbo wrote:
08 Nov 2018, 21:44
https://youtu.be/4VXwf_q8KtE
Mungkin bisa membantu.
*bukansalesautorotary
Boleh jg nih :mky_02:

Besok coba deh :mky_02:

Thank you om :mky_02:

barne
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 04 Jun 2012, 13:35

Re: AC Dingin sebelah

Post by barne » 09 Nov 2018, 07:46

Make sense nya ini bukan masalah mekanikal (compressor & evaporator) krn yg kiri bisa dingin, ttp masalah elektronik AC digital dual zone nya atau thermostat yg sebelah kanan ..

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: AC Dingin sebelah

Post by coklatMetalik » 10 Nov 2018, 20:42

Sy pernah begini di double blower LGX, ternyata motor kipas di sisi yg gk dingin seret. Dikasih WD dingin lg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Jan 2015, 11:12

Re: AC Dingin sebelah

Post by sinchan17 » 10 Nov 2018, 21:09

Sy pernah masalah begini di c-class sy yg ac dual zone, kanan normal, kiri ac ga dingin, malah lama2 agak hangat. Karena ini ada heater nya, ada valve utk stop/go dr radiator utk heater. Coba dicek valve tsb.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 950
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: AC Dingin sebelah

Post by Pugman » 10 Nov 2018, 21:28

Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.

Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?

1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.

Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.

Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.

Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.

Post Reply

Return to “General Technical & Modification”