Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Bulgogi »

Turboman wrote:Sama om Bulgogi

per saat ini juga saya mau hindari 737 MAX sementara waktu.......sampe semua ada kejelasan........wkwkwkwkwkw

787 dulu battery problem.....gak fatal

A380 - RR Trent 900 problem.......hampir fatal, tapi untung RTB dgn selamat (Qantas)

jujur aja saya sgt kaget setelah browse2 ternyata 737 MAX pernah di Grounded waktu 2017........mengingatkan saya kpd MD DC 10 (kasus pintu cargo dll)
Seri 737 ini bukannya udh lama ya?
Yg MAX 8 bukankah hasil pengembangan? Atau totally new?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Pugman »

Turboman wrote: Wed Oct 31, 2018 4:32 Mantap



Helloooo Boeeiinggggg..........

[emoji39]
Kalau pesawat baru itu kira2 garansi atau aftersales terhadap maskapai itu seperti apa ya?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by ginting »

martinnn wrote:pesawat itu diasuransikan gak ya
Semua ada asuransinya, oom

Hull pesawat ada
baggage and passenger liability ada
tapi sy gak bisa sebut

tapi krn retensi asuransi pojal kita kecil maka sebagian besar direasuransikan lagi ke LN

nah, soal issue defect.
itu bisa jd defect in design, casting, material, atau workmanship.

tapi kalo terbukti maka siap siap saja Boeing akan kena tuntutan subrograsi dari para asuransi yg sdh bayar klaimnya.
"gara gara ente sih, gue harus bayar ini musibah..sini bayarrr"..kira2 gitu mekanisme.

rugi si baterai lithium apa ?
intangible loss kayak reputasi, drop angka passenger, caoek sana sini, ngadap pejabat ini itu, pers, LSM, dll

trus Boeing bakal rugi dong kalo suruh bayar ?
ya, gak juga.
karena Boeing juga ada asuransi product liability utk antisipasi hal hal begini.
ruginya apa ?
rugi own risk (bayangin kalo oom tabrakan mobil, kudu bayar OR Rp 300,000

sisanya ya intangible loss dan hilangnya niat pembeli

maaf kalo ada yg krg berkenan.
sekedar sharing dari nubie.


User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Bulgogi wrote:
Turboman wrote:Sama om Bulgogi

per saat ini juga saya mau hindari 737 MAX sementara waktu.......sampe semua ada kejelasan........wkwkwkwkwkw

787 dulu battery problem.....gak fatal

A380 - RR Trent 900 problem.......hampir fatal, tapi untung RTB dgn selamat (Qantas)

jujur aja saya sgt kaget setelah browse2 ternyata 737 MAX pernah di Grounded waktu 2017........mengingatkan saya kpd MD DC 10 (kasus pintu cargo dll)
Seri 737 ini bukannya udh lama ya?
Yg MAX 8 bukankah hasil pengembangan? Atau totally new?
737 mah udah puluhan taun

MAX series is the latest generation

kayak CRV seri RW lah.......
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

ginting wrote:
martinnn wrote:pesawat itu diasuransikan gak ya
Semua ada asuransinya, oom

Hull pesawat ada
baggage and passenger liability ada
tapi sy gak bisa sebut

tapi krn retensi asuransi pojal kita kecil maka sebagian besar direasuransikan lagi ke LN

nah, soal issue defect.
itu bisa jd defect in design, casting, material, atau workmanship.

tapi kalo terbukti maka siap siap saja Boeing akan kena tuntutan subrograsi dari para asuransi yg sdh bayar klaimnya.
"gara gara ente sih, gue harus bayar ini musibah..sini bayarrr"..kira2 gitu mekanisme.

rugi si baterai lithium apa ?
intangible loss kayak reputasi, drop angka passenger, caoek sana sini, ngadap pejabat ini itu, pers, LSM, dll

trus Boeing bakal rugi dong kalo suruh bayar ?
ya, gak juga.
karena Boeing juga ada asuransi product liability utk antisipasi hal hal begini.
ruginya apa ?
rugi own risk (bayangin kalo oom tabrakan mobil, kudu bayar OR Rp 300,000

sisanya ya intangible loss dan hilangnya niat pembeli

maaf kalo ada yg krg berkenan.
sekedar sharing dari nubie.
Nah mantap banget info nya [emoji106] [emoji106] [emoji106]

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

adityabp wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 31, 2018 4:39
adityabp wrote:Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
Better tunggu data CVR & FDR dr Black Box
Hehehe, tiba2x aja inget kasus Adam Air yg jatuh di selat sulawesi gara2x pilot/kopolit/engineer sibuk ngoprek salah satu device sampai gak sadar kalau pesawat sdh miring.
ada instrumen rusak, Autopilot gak mau jalan, pilot harus terbang manual di cuaca buruk

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by sintoni »

Bahaya ini Boeing, untung LCC milik BUMN sudah pake Airbus ya?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by pengendiesel »

ginting wrote: Wed Oct 31, 2018 5:51
martinnn wrote:pesawat itu diasuransikan gak ya
Semua ada asuransinya, oom

Hull pesawat ada
baggage and passenger liability ada
tapi sy gak bisa sebut

tapi krn retensi asuransi pojal kita kecil maka sebagian besar direasuransikan lagi ke LN

nah, soal issue defect.
itu bisa jd defect in design, casting, material, atau workmanship.

tapi kalo terbukti maka siap siap saja Boeing akan kena tuntutan subrograsi dari para asuransi yg sdh bayar klaimnya.
"gara gara ente sih, gue harus bayar ini musibah..sini bayarrr"..kira2 gitu mekanisme.

rugi si baterai lithium apa ?
intangible loss kayak reputasi, drop angka passenger, caoek sana sini, ngadap pejabat ini itu, pers, LSM, dll

trus Boeing bakal rugi dong kalo suruh bayar ?
ya, gak juga.
karena Boeing juga ada asuransi product liability utk antisipasi hal hal begini.
ruginya apa ?
rugi own risk (bayangin kalo oom tabrakan mobil, kudu bayar OR Rp 300,000

sisanya ya intangible loss dan hilangnya niat pembeli

maaf kalo ada yg krg berkenan.
sekedar sharing dari nubie.
Nyimak mod, penjelasannya mantap :big_exellent:
Can't live without insurance :big_biglaugh:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

sintoni wrote:Bahaya ini Boeing, untung LCC milik BUMN sudah pake Airbus ya?
Boeing - Airbus ya 11 - 12 lah

Mau Bahaya / Aman-nya

Airworthiness semua mengacu ke FAA / EASA......baik Buwing / Erbas / Bombardier / Embraer dll

Russian aircraft like Sukhoi / IRKUT ikut EASA utk international market. CMIIW

China bikin std Airworthiness sendiri......CAAC.......en kayaknya produsen pesawat sana pada gak sertifikasi ke FAA / EASA yah ?

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by alvin23 »

Turboman wrote: Wed Oct 31, 2018 6:45
sintoni wrote:Bahaya ini Boeing, untung LCC milik BUMN sudah pake Airbus ya?
Boeing - Airbus ya 11 - 12 lah

Mau Bahaya / Aman-nya

Airworthiness semua mengacu ke FAA / EASA......baik Buwing / Erbas / Bombardier / Embraer dll

Russian aircraft like Sukhoi / IRKUT ikut EASA utk international market. CMIIW

China bikin std Airworthiness sendiri......CAAC.......en kayaknya produsen pesawat sana pada gak sertifikasi ke FAA / EASA yah ?

CMIIW
selama ga terbang di amrik dan eropa ya pake CAAC certified doang

itu kayak xian ma60 merpati dulu, sertifikasinya cuma dari CAAC sama Kemenhub (lupa direktorat apa)
Rocky R ADS CVT 2021
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by adhika »

Menurut analisa sotoy saya, apa bisa disamakan seperti kita mengemudi mobil malam2 di tempat gelap terus tiba2 kabel aki tercabut sehingga seluruh instrumen dan mesin mati? Sehingga pilot menjadi 'blind' karena indikator mati semua? CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

adhika wrote:Menurut analisa sotoy saya, apa bisa disamakan seperti kita mengemudi mobil malam2 di tempat gelap terus tiba2 kabel aki tercabut sehingga seluruh instrumen dan mesin mati? Sehingga pilot menjadi 'blind' karena indikator mati semua? CMIIW
makin jauh om

udah udah....tunggu aja hasil KNKT
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

alvin23 wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 31, 2018 6:45
sintoni wrote:Bahaya ini Boeing, untung LCC milik BUMN sudah pake Airbus ya?
Boeing - Airbus ya 11 - 12 lah

Mau Bahaya / Aman-nya

Airworthiness semua mengacu ke FAA / EASA......baik Buwing / Erbas / Bombardier / Embraer dll

Russian aircraft like Sukhoi / IRKUT ikut EASA utk international market. CMIIW

China bikin std Airworthiness sendiri......CAAC.......en kayaknya produsen pesawat sana pada gak sertifikasi ke FAA / EASA yah ?

CMIIW
selama ga terbang di amrik dan eropa ya pake CAAC certified doang

itu kayak xian ma60 merpati dulu, sertifikasinya cuma dari CAAC sama Kemenhub (lupa direktorat apa)
nah itu dia yg bikin ngerikk

ahahhah
* Bukan ajakan Beli *
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by iwing »

kabarnya instrumen yang mati hanya di bagian pilot nya saja sedangkan co-pilot gak masalah. entah lah. btw semoga gak seperti qz8501 dimana memang ada malfunction namun seharusnya masih bisa dikendalikan, namun respon co-pilot nya yang terlalu over menyebabkan pesawat terguling sehingga tidak terkendali. cmiiw

malah cerita sana sini
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by piko25 »

Ngikuti berita, alhamdulillah cuaca baik ya jadi yg berjuang evakuasi lancar, beda kyk yg kapal danau toba ya? Yg tengelam pas cuaca buruk
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by ginting »

piko25 wrote: Wed Oct 31, 2018 9:26 Ngikuti berita, alhamdulillah cuaca baik ya jadi yg berjuang evakuasi lancar, beda kyk yg kapal danau toba ya? Yg tengelam pas cuaca buruk
Beda jauh oom,
Kalau dalam kasus JT610 ini :
- Cuaca bagus
- Loaksi dekat pantai, dekat Jakarta.
- Lokasi di laut, alat segede apa saja bisa dibawa mendekati lokasi
- Tidak terlalu dalam katanya lautnya.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4725
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by F272 »

adhika wrote: Wed Oct 31, 2018 7:16 Menurut analisa sotoy saya, apa bisa disamakan seperti kita mengemudi mobil malam2 di tempat gelap terus tiba2 kabel aki tercabut sehingga seluruh instrumen dan mesin mati? Sehingga pilot menjadi 'blind' karena indikator mati semua? CMIIW
Sepertinya om musti ikutan #smroadtrip nih...................... :big_comfort: :big_exellent:

Kami sering ke alam yang seperti itu........ :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Lembah Semendo - Lahat, Sumsel ...atau Hambalang ...

maap OOT. :big_peace:
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by arfyano »

Kl beli pesawat baru trs kecelakaan krna ada masalah teknis d pesawatnya, dapat garansi ganti pesawat baru g y??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

arfyano wrote:Kl beli pesawat baru trs kecelakaan krna ada masalah teknis d pesawatnya, dapat garansi ganti pesawat baru g y??
Kalo kecelakaan sampe write off yg ganti kerugian ya asuransi lah
* Bukan ajakan Beli *
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by FMEAKD »

Udah masuk tipi nasional logbooknya, jadi gimana ?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by b8099ok »

FMEAKD wrote: Wed Oct 31, 2018 13:31 Udah masuk tipi nasional logbooknya, jadi gimana ?
Tipinya di hapus bro 🖕
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by arfs »

FMEAKD wrote: Wed Oct 31, 2018 13:31 Udah masuk tipi nasional logbooknya, jadi gimana ?
Mungkin ada whistle blower nya... tp entah lah... :big_childish:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Andhyka »

Semakin banyak hard data/facts yang terbeber dan terekspos ke public semakin baik. Jika data tersebut disembunyikan, nantinya the truth will become hidden or distorted untuk maksud dan kepentingan tertentu.

Pihak Boeing dari luar negeri langsung datang ke Indonesia untuk 'membantu' investigasi. Kita tidak tahu tujuan utamanya apakah beneran mau menolong, atau sebaliknya menghilangkan bukti/merusak data/menyembunyikan kebenaran baik yang ada di black box maupun di serpihan pesawat.

Boeing tentunya punya tujuan tidak sampai pesawatnya dianggap cacat, nama baik rusak, order pesanan dicancel, dan sahamnya jatuh. Mereka akan berusaha menyalahkan Lion Air karena persoalan maintenance, atau human error.

Terus Lion Air tidak mau perusahaan beserta SOP-nya disalahkan. Mereka akan berupaya menyalahkan Boeing karena pesawatnya defective, atau pilotnya karena human error.

Sepertinya solusi jalan keluar win-win untuk kedua belah pihak ya human error...
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by marmut »

Andhyka wrote: Wed Oct 31, 2018 14:24 Semakin banyak hard data/facts yang terbeber dan terekspos ke public semakin baik. Jika data tersebut disembunyikan, nantinya the truth will become hidden or distorted untuk maksud dan kepentingan tertentu.

Pihak Boeing dari luar negeri langsung datang ke Indonesia untuk 'membantu' investigasi. Kita tidak tahu tujuan utamanya apakah beneran mau menolong, atau sebaliknya menghilangkan bukti/merusak data/menyembunyikan kebenaran baik yang ada di black box maupun di serpihan pesawat.

Boeing tentunya punya tujuan tidak sampai pesawatnya dianggap cacat, nama baik rusak, order pesanan dicancel, dan sahamnya jatuh. Mereka akan berusaha menyalahkan Lion Air karena persoalan maintenance, atau human error.

Terus Lion Air tidak mau perusahaan beserta SOP-nya disalahkan. Mereka akan berupaya menyalahkan Boeing karena pesawatnya defective, atau pilotnya karena human error.

Sepertinya solusi jalan keluar win-win untuk kedua belah pihak ya human error...

skenario yang sangat masuk akal.
(walaupun saya sendiri agak ragu) tapi alangkah baiknya jika ambil kesimpulan setelah KNKT keluar pernyataan nanti...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

Andhyka wrote:Semakin banyak hard data/facts yang terbeber dan terekspos ke public semakin baik. Jika data tersebut disembunyikan, nantinya the truth will become hidden or distorted untuk maksud dan kepentingan tertentu.

Pihak Boeing dari luar negeri langsung datang ke Indonesia untuk 'membantu' investigasi. Kita tidak tahu tujuan utamanya apakah beneran mau menolong, atau sebaliknya menghilangkan bukti/merusak data/menyembunyikan kebenaran baik yang ada di black box maupun di serpihan pesawat.

Boeing tentunya punya tujuan tidak sampai pesawatnya dianggap cacat, nama baik rusak, order pesanan dicancel, dan sahamnya jatuh. Mereka akan berusaha menyalahkan Lion Air karena persoalan maintenance, atau human error.

Terus Lion Air tidak mau perusahaan beserta SOP-nya disalahkan. Mereka akan berupaya menyalahkan Boeing karena pesawatnya defective, atau pilotnya karena human error.

Sepertinya solusi jalan keluar win-win untuk kedua belah pihak ya human error...
Kalo Human error jadi kambing hitam, ya berarti airline yg kena doonkk

Bisa kena sue airline nya

* Bukan ajakan Beli *