Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Genji
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Oct 15, 2018 9:14
Location: Tangerang

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by Genji »

ChZ wrote: Tue Oct 30, 2018 2:56
Genji wrote: Tue Oct 16, 2018 4:21 Hallo om-om semua,

Saya sedang kuliah saat ini dan sedang melakukan penelitian di salah satu dealer resmi yang baru buka.
Saya melihat mereka menawarkan banyak promo tapi impact ke konsumen yang datang sangat sedikit, menurut kepala bengkelnya sepinya hampir merata di seluruh cabang-cabang. Yang menjadi pertanyaan saya apakah memang animo masyarakat ke dealer resmi sedang menurun? Atau ada sebab lain? Seperti kualitas pelayanan saat service atau kualitas service nya sendiri? Sehingga jika benar hampir seluruh cabang dealer resmi mengalami penurunan. Mohon bantuannya kepada rekan-rekan disini. :big_smile] :big_deal: :big_deal:
Since ini tugas kuliah ane jawab secara kajian ilmiah dan mengesampingkan preferensi pribadi milih beres atau tdk ya... saya kasih poin-poin buat memudahkan.

Pertama, si kabeng apakah pegang data valid atau pake "rasa-rasa" nya ? Kalopun menurun, dibandingkan taun atau bulan berapa ? Krn kalo dibilang orang servis ke bengkel luaran lebih banyak, menurut saya ga valid. Nyaris semua mobil baru di bawah 10 tahun, pasti pernah menginjakkan kaki ke dealer resmi, dan kebanyakan sih masih ke dealer resmi kalo masih kinyis.

Kedua, ini ada kaitannya dengan statistik penjualan mobil baru, lha kalo yang beli baru aja jarang, siapa yang serpis? :mky_01: kalo penjualan mobilnya kita ngomong asal turun 20% , itu juga udah jelas juga turun karena volume mobil yang berkurang. Lalu jangan lupa, ada bulan-bulan yang memang "rame", biasa tengah tahun dan akhir tahun. Knp? Orang mau liburan. Pengalaman magang di salah satu dealer resmi H, deket lebaran antrian mobil udah gak karuan hampir 2x lipat biasanya.

Ketiga, orang beli merek tripel elips sekarang klo avanza/innova rata-rata itu mobil rentalan dan teksi onlen. Kalo cm sekedar ganti oli, supir teksi onlen atau rentalan mah mending melipir ke Shop n Drive :big_peace: kalo di dealer resmi, orang itu males ngantri soalnya... teksi onlen diem sejam udah ilang berapa orderan coba :mky_01: statistik orang yang beli untuk keperluan rental atau pemakaian pribadi banyak mana ? Kalo yang beli buat pribadi menurun pasti beres juga turun, krn rata-rata yang servis di beres itu pake pribadi.

Keempat, lokasi dealer dimana ? Kalo dealer jauh dari kota memang relatif sepi. Volume mobil nya juga tidak banyak. Dealernya deket sama perumahan atau pemukiman penduduk? Saya ada sampel beberapa beres H di kota semarang, yang deket kota relatif lebih rame sampe jam 8 pagi aja ngantri. Sementara kemarin servis di yang agak jauh dari kota, jam 8.30 aja masih kosong melompong... Jangan salah, kadang orang beli suatu merek mobil dengan alasan sesimpel "beresnya deket rumah".

Kelima, fungsi service reminder dijalankan oleh BeRes yang bersangkutan? Jgn lupa, salah satu faktor yang bikin orang ke dealer resmi adalah fungsi service reminder dari dealer. Kadang orang ga kepikiran loh buat serpis. Cm tau pake.

Tapi kalo ngomong turun, sekarang bisnis juga lagi kurang bagus... dan sialnya mobil itu juga penopang bisnis jadi penurunan trendnya pasti berpengaruh.
Untuk data nya menurut kabeng memang sedang turun trend nya hanya saja pergerakan bengkel resmi baru seakan berat sekali. Data tersebut dibandingkan tahun lalu dengan bulan yang sama. Untuk tahun ini ramai hanya saat mendekati lebaran, dan itu memang sesuai trend tiap tahunnya. Nah sepertinya salah satu faktor juga adalah maraknya taksi online sehingga orang malas menggunakan kendaraan pribadinya. Area beres dekat perumahan dan service reminder nya juga berjalan dengan semestinya atau sesuai SOP. Apakah terpengaruh dengan tahun politik juga ya om? Atau ada saran untuk melakukan promosi apa yang sekiranya bisa membantu pertumbuhan bengkel resmi?
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by diesel »

Selama masih masa garansi sebaiknya service di Beres aja
Pengalaman pribadi selama 2 tahun ini beli Vrz dari baru, service rutin di Beres udah ganti Aki baru sesudah pemakaian 22 bulan, ganti Panel Control power window 1 set full bagian driver dan kemaren baru ganti piringan Disc Brake baru karena getar. Semua Free.

* Oli mesin, Oli Tranmisi dan Oli Gardan ganti di luar Beres.
Tapi tiap kelipatan 10,000 selalu masuk Beres buat cek/periksa dan minta stempel .
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Apakah Wothed Service di Dealer Resmi?

Post by lemonadelovers »

Genji wrote: Wed Nov 21, 2018 7:15
ChZ wrote: Tue Oct 30, 2018 2:56
Genji wrote: Tue Oct 16, 2018 4:21 Hallo om-om semua,

Saya sedang kuliah saat ini dan sedang melakukan penelitian di salah satu dealer resmi yang baru buka.
Saya melihat mereka menawarkan banyak promo tapi impact ke konsumen yang datang sangat sedikit, menurut kepala bengkelnya sepinya hampir merata di seluruh cabang-cabang. Yang menjadi pertanyaan saya apakah memang animo masyarakat ke dealer resmi sedang menurun? Atau ada sebab lain? Seperti kualitas pelayanan saat service atau kualitas service nya sendiri? Sehingga jika benar hampir seluruh cabang dealer resmi mengalami penurunan. Mohon bantuannya kepada rekan-rekan disini. :big_smile] :big_deal: :big_deal:
Since ini tugas kuliah ane jawab secara kajian ilmiah dan mengesampingkan preferensi pribadi milih beres atau tdk ya... saya kasih poin-poin buat memudahkan.

Pertama, si kabeng apakah pegang data valid atau pake "rasa-rasa" nya ? Kalopun menurun, dibandingkan taun atau bulan berapa ? Krn kalo dibilang orang servis ke bengkel luaran lebih banyak, menurut saya ga valid. Nyaris semua mobil baru di bawah 10 tahun, pasti pernah menginjakkan kaki ke dealer resmi, dan kebanyakan sih masih ke dealer resmi kalo masih kinyis.

Kedua, ini ada kaitannya dengan statistik penjualan mobil baru, lha kalo yang beli baru aja jarang, siapa yang serpis? :mky_01: kalo penjualan mobilnya kita ngomong asal turun 20% , itu juga udah jelas juga turun karena volume mobil yang berkurang. Lalu jangan lupa, ada bulan-bulan yang memang "rame", biasa tengah tahun dan akhir tahun. Knp? Orang mau liburan. Pengalaman magang di salah satu dealer resmi H, deket lebaran antrian mobil udah gak karuan hampir 2x lipat biasanya.

Ketiga, orang beli merek tripel elips sekarang klo avanza/innova rata-rata itu mobil rentalan dan teksi onlen. Kalo cm sekedar ganti oli, supir teksi onlen atau rentalan mah mending melipir ke Shop n Drive :big_peace: kalo di dealer resmi, orang itu males ngantri soalnya... teksi onlen diem sejam udah ilang berapa orderan coba :mky_01: statistik orang yang beli untuk keperluan rental atau pemakaian pribadi banyak mana ? Kalo yang beli buat pribadi menurun pasti beres juga turun, krn rata-rata yang servis di beres itu pake pribadi.

Keempat, lokasi dealer dimana ? Kalo dealer jauh dari kota memang relatif sepi. Volume mobil nya juga tidak banyak. Dealernya deket sama perumahan atau pemukiman penduduk? Saya ada sampel beberapa beres H di kota semarang, yang deket kota relatif lebih rame sampe jam 8 pagi aja ngantri. Sementara kemarin servis di yang agak jauh dari kota, jam 8.30 aja masih kosong melompong... Jangan salah, kadang orang beli suatu merek mobil dengan alasan sesimpel "beresnya deket rumah".

Kelima, fungsi service reminder dijalankan oleh BeRes yang bersangkutan? Jgn lupa, salah satu faktor yang bikin orang ke dealer resmi adalah fungsi service reminder dari dealer. Kadang orang ga kepikiran loh buat serpis. Cm tau pake.

Tapi kalo ngomong turun, sekarang bisnis juga lagi kurang bagus... dan sialnya mobil itu juga penopang bisnis jadi penurunan trendnya pasti berpengaruh.
Untuk data nya menurut kabeng memang sedang turun trend nya hanya saja pergerakan bengkel resmi baru seakan berat sekali. Data tersebut dibandingkan tahun lalu dengan bulan yang sama. Untuk tahun ini ramai hanya saat mendekati lebaran, dan itu memang sesuai trend tiap tahunnya. Nah sepertinya salah satu faktor juga adalah maraknya taksi online sehingga orang malas menggunakan kendaraan pribadinya. Area beres dekat perumahan dan service reminder nya juga berjalan dengan semestinya atau sesuai SOP. Apakah terpengaruh dengan tahun politik juga ya om? Atau ada saran untuk melakukan promosi apa yang sekiranya bisa membantu pertumbuhan bengkel resmi?
Klo diminta saran:
1 klo bisa sabtu minggu bengkel buka dr jam 8 sampe jam 5 sore, kan ada tuh sabtu cm sampe jam 3 sore minggu tutup
2 boleh bawa oli dr luar dan terima parts dari luar
3 kasih promo cicilan bunga 0% hehe
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT