mau tanya soal blokir mobil bekas

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
jojos
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 13 Oct 2018, 13:59

mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by jojos » 13 Oct 2018, 14:22

saya habis beli mobil bekas dan pemilik pertamanya memblokir stnk saya dengan laporan mobil sudah dijual supaya penjual tidak kena pajak prograsif untuk mobil barunya
pertanyaan saya : saya akan kena biaya tambahan dan akan sedikit dipersulit saat balik nama ? terima kasih

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by silentIm2 » 13 Oct 2018, 15:38

jojos wrote:saya habis beli mobil bekas dan pemilik pertamanya memblokir stnk saya dengan laporan mobil sudah dijual supaya penjual tidak kena pajak prograsif untuk mobil barunya
pertanyaan saya : saya akan kena biaya tambahan dan akan sedikit dipersulit saat balik nama ? terima kasih
engga kok om pengalaman saya. Blokir tuh yang diblokir stnknya, jadi pas waktunya bayar pajak saja ga bisa validasi.

Prosesnya kalo ga salah cabut berkas dari samsat lama, baru balik nama bpkb di polda (atau cabut berkas bpkb kalo pindah polda), terima bpkb baru atas nama om, baru masukkan berkas ke samsat baru, terima stnk dan plat baru.

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by aabx » 13 Oct 2018, 17:12

jojos wrote:
13 Oct 2018, 14:22
saya habis beli mobil bekas dan pemilik pertamanya memblokir stnk saya dengan laporan mobil sudah dijual supaya penjual tidak kena pajak prograsif untuk mobil barunya
pertanyaan saya : saya akan kena biaya tambahan dan akan sedikit dipersulit saat balik nama ? terima kasih
Harusnya tidak ada masalah antara blokir dan balik nama, yang penting berkas buat balik nama lengkap

User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by ipat » 13 Oct 2018, 20:33

Saya barusan beli mobkas,status udh diblokir pajak panjang bln 11 tahun depan, nnti tgl balik nama,berkas udh komplit smua

antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: 17 Oct 2017, 19:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang
Contact:

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by antonyaulia » 13 Oct 2018, 23:13

jojos wrote:
13 Oct 2018, 14:22
saya habis beli mobil bekas dan pemilik pertamanya memblokir stnk saya dengan laporan mobil sudah dijual supaya penjual tidak kena pajak prograsif untuk mobil barunya
pertanyaan saya : saya akan kena biaya tambahan dan akan sedikit dipersulit saat balik nama ? terima kasih
Iya akan kena biaya tambahan, yaitu biaya balik nama atau BBN, trus kalo Pajak STNK dan Administrasi SWDKLJJ ya menyesuaikan masing2 daerah. Kalo dipersulit ya sama sekali tidak lah asal sesuai prosedur.

jojos
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 13 Oct 2018, 13:59

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by jojos » 14 Oct 2018, 08:49

antonyaulia wrote:
13 Oct 2018, 23:13
jojos wrote:
13 Oct 2018, 14:22
saya habis beli mobil bekas dan pemilik pertamanya memblokir stnk saya dengan laporan mobil sudah dijual supaya penjual tidak kena pajak prograsif untuk mobil barunya
pertanyaan saya : saya akan kena biaya tambahan dan akan sedikit dipersulit saat balik nama ? terima kasih
Iya akan kena biaya tambahan, yaitu biaya balik nama atau BBN, trus kalo Pajak STNK dan Administrasi SWDKLJJ ya menyesuaikan masing2 daerah. Kalo dipersulit ya sama sekali tidak lah asal sesuai prosedur.
maaf mas berarti ada biaya tambahan + bbn ?

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by alvin23 » 16 Oct 2018, 10:37

Nggak, biaya bbn aja maksudnya, sama biaya cabut berkas kl beda samsat
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

blink182surabay
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 31 Dec 2018, 11:39
Location: Jakarta Utara

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by blink182surabay » 17 Jan 2019, 13:32

Thread lama, bulan Oktober 2018. TS udah dapet jawaban valid apa belum?

Jadi kalau kita punya mobil dan sudah dijual, segeralah melapor ke samsat untuk blokir kendaraan.
Keuntungannya terhindar dari pidana kalau mobil dibuat kejahatan, dan terhindar dari pajak progresif kalau beli mobil baru.
Nanti mobil tersebut tidak bisa melakukan perpanjangan / bayar pajak STNK lagi, harus balik nama ke pembeli.
Tentunya pembeli harus keluar biaya balik nama kendaraan, yang mana pasti lebih banyak dibanding hanya perpanjangan.

Carbro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 18 Apr 2018, 21:05
Location: Jakarta

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by Carbro » 17 Jan 2019, 14:22

saya ada rencana mau jual mobil , nah sekarang rencana mau di block dlu mobilnya

nah misal nanti apesnya pada saat harus perpanjang STNK mobilnya belum laku gimana? Apakah kendaraan yg di block ini bisa pake nama lama?
Cars more than just a tools to some :big_smoking:

blink182surabay
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 31 Dec 2018, 11:39
Location: Jakarta Utara

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by blink182surabay » 17 Jan 2019, 14:57

Carbro wrote:
17 Jan 2019, 14:22
saya ada rencana mau jual mobil , nah sekarang rencana mau di block dlu mobilnya

nah misal nanti apesnya pada saat harus perpanjang STNK mobilnya belum laku gimana? Apakah kendaraan yg di block ini bisa pake nama lama?
Kalau sudah di blok, udah ga bisa perpanjangan,, harus balik nama.
Yang ketimpaan buyer, udah kena biaya balik nama plus denda pajak.
Jual dulu oom, laku baru diblok, kasihan buyernya.

Kecuali jual di showroom, hajaaarrr aja diblok dulu :big_grin:

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1045
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by iwing » 17 Jan 2019, 14:59

Carbro wrote:
17 Jan 2019, 14:22
saya ada rencana mau jual mobil , nah sekarang rencana mau di block dlu mobilnya

nah misal nanti apesnya pada saat harus perpanjang STNK mobilnya belum laku gimana? Apakah kendaraan yg di block ini bisa pake nama lama?
jual dulu baru block om

User avatar
AB4611DF70674
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2017, 08:09
Location: Gerbang Tol Pondok Aren
Daily Vehicle: Orange 3NR-VE I4
Contact:

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by AB4611DF70674 » 17 Jan 2019, 18:25

Halo SM,

Syarat blokir ini apa aja ya? Terutama untuk Samsat BSD.

Big Thank$!

boyindra1
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 30 Oct 2013, 16:39

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by boyindra1 » 17 Jan 2019, 20:56

kalo di samasat jakarta timur,

kita ke lantai 2 buat ngambil formulir trus
Kita ke lantai 1 buat dapetin daftar kendaraan yang masih atas nama dalam 1 KK , jadi yang di anggap progresif itu bukan nama sama aja, tapi sepanjang atas nama di dalam 1 KK. kemudian isi form dengan kendaraan yang akan di blokir kemudian ke tukang fotocopy. Bilang aja mau blokir stnk..nanti mereka yang ngatur berkasnya..jangan lupa bawa materai yak dan motor ama mobil itu beda formulir, maksudnya formnya sama tapi nulisnya dipisah.

kemudian balik ke lantai 2 tempat minta formulir tadi..masukin berkas...selesai deh. Katanya 4 hari kerja prosessnya, jadi make sure blokirnya jangan mepet ama beli mobilnya.

syarat blokir cuma bawa KTP doang kok..ama prepare KK.

blink182surabay
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 31 Dec 2018, 11:39
Location: Jakarta Utara

Re: mau tanya soal blokir mobil bekas

Post by blink182surabay » 22 Jan 2019, 16:00

AB4611DF70674 wrote:
17 Jan 2019, 18:25
Halo SM,

Syarat blokir ini apa aja ya? Terutama untuk Samsat BSD.

Big Thank$!
Pengalaman pribadi di Kebon Nanas.
Tinggal ke bagian blokir (lantai 1 di belakang).
Pertama ambil formulir di loket, kemudian isi lengkap, lampirkan KTP + Kartu Keluarga, jangan lupa pakai materai.
Kalau udah lengkap semuanya, embalikan ke loket yang sama.
Petugasnya kasih nomor, kita disuruh fotokopi, aslinya dikembalikan ke loket lagi.
Selesai ga sampai 5 menit kalau udah bawa fotokopi KTP, KK, Materai sama bolpen sendiri.

Nanti cara ngeceknya bisa di website atau aplikasi (kalau Jakarta), ga perlu dateng lagi ke samsat.
Kalau sudah diupdate (diblokir) oleh samsat, tulisan yg muncul NOPOL SUDAH DIJUAL.

Post Reply