Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 16 Sep 2018, 11:53

Ini adalah test FINAL utk mengetahui apa yang terjadi pada oli yang dicampur MiGor sebesar 10% sejak awal, dimana MiGor fresh dan Oli fresh dari kemasan masing2 dicampur dalam 1 wadah, barulah kemudian dipanaskan

Volume Migor = 10 cc

Volume Oli mesin = 100 cc

OlMiGor dipanaskan 5 - 7X setiap hari selama 1 - 2 menit saja, dimana oli dipanaskan hingga mencapai suhu 90 - 95 deg C kemudian api dimatikan

Durasi proses "Heat Treatment" hanya selama 10 hari saja......

Silakan diliat angka2 nya dan bagi yg berminat utk riset lebih lanjut silakan didiskusikan dengan ahli-nya dari Lembaga penelitian oli yang anda kenal (Lemigas / Sucofindo dll terserah)
IMG_20180916_114459.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on 16 Sep 2018, 11:53, edited 1 time in total.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 16 Sep 2018, 11:56

Gambar2 pelengkap

Salam Pembuktian dengan angka

* Bukan feeling2 / katanya2 *
IMG_20180904_223418_HHT.jpg
IMG_20180904_223816_HHT.jpg
IMG_20180914_192345_HHT.jpg
IMG_20180915_112154_HHT.jpg
IMG_20180915_112212_HHT.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 16 Sep 2018, 11:59

Angka jelas-nya
IMG_20180916_115836.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 395
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: fortuner

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by ngalih » 16 Sep 2018, 12:54

Bahasa sederhananya gmn ni om Turbo?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 16 Sep 2018, 12:58

Opini pihak Lab
1537077466927.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo » 16 Sep 2018, 13:31

terima kasih percobaannya.

Maaf tidak bisa menyimpulkan seberapa jelek itu. Kalau tanpa dicampur minyak goreng hasilnya bagaimana? Bisa kasih link hasil uji kalau murni oli mesin saja yang dipanasi?

Kalau memang benar ditambah minyak goreng bikin oksidasi makin cepat maka solusinya seperti bila mobil diesel pakai FAME 20% (bio solar). Ganti oli dua kali dipercepat.

Tapi anehnya bila saya tambahkan minyak goreng maka suara mesin itu halus lebih lama. Nggak cepat jadi kasar. Ganti oli juga nggak sampai hitam banget. Namun ada syaratnya juga. Olinya jangan yang ecek ecek, mahal tapi nggak bermutu (kelas motor).

Yang juga beda adalah perilaku sesudah motor dipakai gas pol. Kalau tanpa migor setelah dipakai kencang atau lagi macet suara mesin kasar. Bila pakai migor setelah dipakai kencang suara mesin tetap halus atau jauh lebih mendingan (tergantung oli mesinnya juga).

Lagipula saya ganti oli itu dari saat oli mulai encer dan bukan saat oli mulai kental.
Image

Kan oli mulai oksidasi itu cirinya oli makin kental.
Image

Jadi oli mulai rusak itu makin encer, tapi begitu oksidasi jadi makin kental.

User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 11 Mar 2015, 21:12

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by fariezal » 16 Sep 2018, 13:38

sucahyo wrote:terima kasih percobaannya.

Maaf tidak bisa menyimpulkan seberapa jelek itu. Kalau tanpa dicampur minyak goreng hasilnya bagaimana? Bisa kasih link hasil uji kalau murni oli mesin saja yang dipanasi?

Kalau memang benar ditambah minyak goreng bikin oksidasi makin cepat maka solusinya seperti bila mobil diesel pakai FAME 20% (bio solar). Ganti oli dua kali dipercepat.

Tapi anehnya bila saya tambahkan minyak goreng maka suara mesin itu halus lebih lama. Nggak cepat jadi kasar. Ganti oli juga nggak sampai hitam banget. Namun ada syaratnya juga. Olinya jangan yang ecek ecek, mahal tapi nggak bermutu (kelas motor).

Yang juga beda adalah perilaku sesudah motor dipakai gas pol. Kalau tanpa migor setelah dipakai kencang atau lagi macet suara mesin kasar. Bila pakai migor setelah dipakai kencang suara mesin tetap halus atau jauh lebih mendingan (tergantung oli mesinnya juga).

Lagipula saya ganti oli itu dari saat oli mulai encer dan bukan saat oli mulai kental.
Image

Kan oli mulai oksidasi itu cirinya oli makin kental.
Image

Jadi oli mulai rusak itu makin encer, tapi begitu oksidasi jadi makin kental.
Udah oli motor + minyak goreng yang anda pake bawa aja ke lab....

CumiDarat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by CumiDarat » 16 Sep 2018, 13:39

sucahyo wrote:terima kasih percobaannya.

Maaf tidak bisa menyimpulkan seberapa jelek itu. Kalau tanpa dicampur minyak goreng hasilnya bagaimana? Bisa kasih link hasil uji kalau murni oli mesin saja yang dipanasi?

Kalau memang benar ditambah minyak goreng bikin oksidasi makin cepat maka solusinya seperti bila mobil diesel pakai FAME 20% (bio solar). Ganti oli dua kali dipercepat.

Tapi anehnya bila saya tambahkan minyak goreng maka suara mesin itu halus lebih lama. Nggak cepat jadi kasar. Ganti oli juga nggak sampai hitam banget. Namun ada syaratnya juga. Olinya jangan yang ecek ecek, mahal tapi nggak bermutu (kelas motor).

Yang juga beda adalah perilaku sesudah motor dipakai gas pol. Kalau tanpa migor setelah dipakai kencang atau lagi macet suara mesin kasar. Bila pakai migor setelah dipakai kencang suara mesin tetap halus atau jauh lebih mendingan (tergantung oli mesinnya juga).

Lagipula saya ganti oli itu dari saat oli mulai encer dan bukan saat oli mulai kental.
Image

Kan oli mulai oksidasi itu cirinya oli makin kental.
Image

Jadi oli mulai rusak itu makin encer, tapi begitu oksidasi jadi makin kental.
Kalo boleh tau, om praktik menambahkan migor ke dlm oli mesin di mobil apa? Smp skrg masih om?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 16 Sep 2018, 14:26

sucahyo wrote:terima kasih percobaannya.

Maaf tidak bisa menyimpulkan seberapa jelek itu. Kalau tanpa dicampur minyak goreng hasilnya bagaimana? Bisa kasih link hasil uji kalau murni oli mesin saja yang dipanasi?

Kalau memang benar ditambah minyak goreng bikin oksidasi makin cepat maka solusinya seperti bila mobil diesel pakai FAME 20% (bio solar). Ganti oli dua kali dipercepat.

Tapi anehnya bila saya tambahkan minyak goreng maka suara mesin itu halus lebih lama. Nggak cepat jadi kasar. Ganti oli juga nggak sampai hitam banget. Namun ada syaratnya juga. Olinya jangan yang ecek ecek, mahal tapi nggak bermutu (kelas motor).

Yang juga beda adalah perilaku sesudah motor dipakai gas pol. Kalau tanpa migor setelah dipakai kencang atau lagi macet suara mesin kasar. Bila pakai migor setelah dipakai kencang suara mesin tetap halus atau jauh lebih mendingan (tergantung oli mesinnya juga).

Lagipula saya ganti oli itu dari saat oli mulai encer dan bukan saat oli mulai kental.
Image

Kan oli mulai oksidasi itu cirinya oli makin kental.
Image

Jadi oli mulai rusak itu makin encer, tapi begitu oksidasi jadi makin kental.
Oxidation & Sulphation level aneka oli mesin yg saya pernah test / kawan test, jalan 8000 - 10.000 km gak ada yg melewati angka 22

oli mesin murni ya, tanpa campuran additip2 apapun

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Salvanost » 16 Sep 2018, 15:15

Kalau mau mesin halus pake aditif oli aja
Udah jelas kok banyak reviewnya

Itu testnya cuma 10 hari loh
Ngapain ganti oli cepat2 bikin rugi kalau dimobil
Kalau motor ya mungkin beda cerita itungannya

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 898
Joined: 05 Jan 2016, 07:58

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by paidjho » 16 Sep 2018, 15:19

Beberapa riset diluar sudah dilakukan untuk palm oil sebagai pengganti atau campuran oli mesin.
Beberapa mechanical properties memang lebih bagus dari mineral oil, seperti: vi, flash point, lubricity.
Kekurangan: shear stength, penurunan viscocity seiring kenaikan suhu, foaming, sulfated ash.
Percobaan yg dilakukan sudah ditambah additif untuk mengatasi hal diatas.

Negara dgn suhu tinggi tidak akan tertarik, krn pour viscosity tinggi.
Jadi inget jaman dulu di daerah dingin, orang jualan minyak pakai ukuran kilogram.

Long term efek, engine aus, sludge.


Dan ada potensi jenis minyak yg lebih kuat drpd palm oil, castor oil, tapi harganya sekitar $10-12 per ml. Bakalan gak nutup nih harganya...

Cmiiw...

Tapi layak ditunggu, apakah perkembangan vegetable oil sbg alternatif pengganti atau campuran oli mesin.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2461
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut » 16 Sep 2018, 17:07

Salvanost wrote:
16 Sep 2018, 15:15
Kalau mau mesin halus pake aditif oli aja
Udah jelas kok banyak reviewnya

Itu testnya cuma 10 hari loh
Ngapain ganti oli cepat2 bikin rugi kalau dimobil
Kalau motor ya mungkin beda cerita itungannya

aditif oli mihul. pake gemuk/grease aja murmer.
pipes - cigars - coffee

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2397
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by b8099ok » 16 Sep 2018, 18:52

Udalah, the best ttp pake minyak peresan FRD. Di lab khan pake minyak FRD uda keliatan, pake 200rb kilometer ttp 0 oxidation.
Tune and drive! :big_love:

P47hos
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Samarinda

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by P47hos » 16 Sep 2018, 20:04

Additif migor itu bagus soalnya, buat suara mesin jadi halus, oli ga cepat kental, performa meningkat. Yg penting ganti oli nya waktu olinya masih encer, jd harus sering cek2 dipstick. Ga perlu cek lab, ga perlu penelitian lebih dalam apakah merusak mesin dalam jangka waktu tertentu, yg penting suara mesin jadi halus dan performa meningkat. Pokoknya produsen oli yg ada sekarang itu kebanyakan bohong.

PS : kalo saya jd bos produsen oli tau gini lgs aja suruh campurkan 10% migor di kemasan oli. Lebih hemat drpd riset additif lg.
Last edited by P47hos on 16 Sep 2018, 20:05, edited 1 time in total.

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 898
Joined: 05 Jan 2016, 07:58

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by paidjho » 16 Sep 2018, 20:05

marmut wrote:
Salvanost wrote:
16 Sep 2018, 15:15
Kalau mau mesin halus pake aditif oli aja
Udah jelas kok banyak reviewnya

Itu testnya cuma 10 hari loh
Ngapain ganti oli cepat2 bikin rugi kalau dimobil
Kalau motor ya mungkin beda cerita itungannya

aditif oli mihul. pake gemuk/grease aja murmer.
Gemuk buat skir klep....
Apik kui....

Image Image Image

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 16 Sep 2018, 20:51

b8099ok wrote:Udalah, the best ttp pake minyak peresan FRD. Di lab khan pake minyak FRD uda keliatan, pake 200rb kilometer ttp 0 oxidation.
Sehari diperes keluar brp L yak minyak FRD ?


User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2461
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by marmut » 16 Sep 2018, 20:59

paidjho wrote:
16 Sep 2018, 20:05
marmut wrote:
Salvanost wrote:
16 Sep 2018, 15:15
Kalau mau mesin halus pake aditif oli aja
Udah jelas kok banyak reviewnya

Itu testnya cuma 10 hari loh
Ngapain ganti oli cepat2 bikin rugi kalau dimobil
Kalau motor ya mungkin beda cerita itungannya

aditif oli mihul. pake gemuk/grease aja murmer.
Gemuk buat skir klep....
Apik kui....

Image Image Image
oh iya bener pake amril........ apik tenan kuwi.
pipes - cigars - coffee

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2397
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by b8099ok » 16 Sep 2018, 22:21

Turboman wrote:
16 Sep 2018, 20:51
b8099ok wrote:Udalah, the best ttp pake minyak peresan FRD. Di lab khan pake minyak FRD uda keliatan, pake 200rb kilometer ttp 0 oxidation.
Sehari diperes keluar brp L yak minyak FRD ?
20-25mt dapet keknya.
Tune and drive! :big_love:

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo » 17 Sep 2018, 08:49

dwi24 wrote:
16 Sep 2018, 13:39
Kalo boleh tau, om praktik menambahkan migor ke dlm oli mesin di mobil apa? Smp skrg masih om?
Ayla. Waktu masih pakai oli bawaan sama istri di olor olor ganti olinya sampai 12 ribu km. Ditambah minyak goreng sejak km 2000 an. di 12 ribu km oli masih lumayan bening. Tapi memang kalau di mobil nggak berat kerjanya. Cruising 3 ribu rpm sih.

Menurut saya jauh lebih masuk akal daripada yang 15% olinya kecampuran engine flush yang mereknya nggak jelas. (oli di drain kan nyisa 15%).

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo » 17 Sep 2018, 08:54

Turboman wrote:
16 Sep 2018, 14:26
Oxidation & Sulphation level aneka oli mesin yg saya pernah test / kawan test, jalan 8000 - 10.000 km gak ada yg melewati angka 22

oli mesin murni ya, tanpa campuran additip2 apapun
Ok, terima kasih infonya. Penasaran juga kalau perlakuannya sama sama dipanggang dan kena udara. Oksidasi yang lebih parah itu memang sudah ciri minyak nabati. Itu yang saya sering ingatkan ke yang pakai minyak goreng sebagai aditif.

Tapi anehnya, kalau untuk motor menambah minyak goreng ke oli mesin bikin pemakaian oli mesin jadi lebih awet. Mungkin karena kalau di motor shear stability dan film strength yang lebih penting.

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo » 17 Sep 2018, 09:25

paidjho wrote:
16 Sep 2018, 15:19
Tapi layak ditunggu, apakah perkembangan vegetable oil sbg alternatif pengganti atau campuran oli mesin.
Castrol magnatec bio 20%nya dari oli hasil pengolahan tebu. Tapi nggak ada info sama sekali soal sifat olinya.

Ada oli mesin pabrikan yang dicampuri minyak nabati, namanya Castrol Magnatec Bio Synthetic

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 17 Sep 2018, 09:29

sucahyo wrote:
Turboman wrote:
16 Sep 2018, 14:26
Oxidation & Sulphation level aneka oli mesin yg saya pernah test / kawan test, jalan 8000 - 10.000 km gak ada yg melewati angka 22

oli mesin murni ya, tanpa campuran additip2 apapun
Ok, terima kasih infonya. Penasaran juga kalau perlakuannya sama sama dipanggang dan kena udara. Oksidasi yang lebih parah itu memang sudah ciri minyak nabati. Itu yang saya sering ingatkan ke yang pakai minyak goreng sebagai aditif.

Tapi anehnya, kalau untuk motor menambah minyak goreng ke oli mesin bikin pemakaian oli mesin jadi lebih awet. Mungkin karena kalau di motor shear stability dan film strength yang lebih penting.
Nah mending coba deh om OlMigor bekas dari mobil di test lab

biaya test lab 189 rb

saya bersedia patungan

coba kita analisa hasilnya nanti.......siapa tahu jadi inspirasi buat om utk experiment lebih lanjut dgn ditambah additip tertentu......utk ngurangin Oxidation & Sulphatiin nya

yg paling penting semua harus dibuktikan dgn angka2 / test ilmiah......bukan hanya scr visual / feeling3 aja

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo » 17 Sep 2018, 09:33

P47hos wrote:
16 Sep 2018, 20:04
Additif migor itu bagus soalnya, buat suara mesin jadi halus, oli ga cepat kental, performa meningkat. Yg penting ganti oli nya waktu olinya masih encer, jd harus sering cek2 dipstick. Ga perlu cek lab, ga perlu penelitian lebih dalam apakah merusak mesin dalam jangka waktu tertentu, yg penting suara mesin jadi halus dan performa meningkat. Pokoknya produsen oli yg ada sekarang itu kebanyakan bohong.

PS : kalo saya jd bos produsen oli tau gini lgs aja suruh campurkan 10% migor di kemasan oli. Lebih hemat drpd riset additif lg.
setuju

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16875
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by Turboman » 17 Sep 2018, 09:35

sucahyo wrote:
paidjho wrote:
16 Sep 2018, 15:19
Tapi layak ditunggu, apakah perkembangan vegetable oil sbg alternatif pengganti atau campuran oli mesin.
Castrol magnatec bio 20%nya dari oli hasil pengolahan tebu. Tapi nggak ada info sama sekali soal sifat olinya.

Ada oli mesin pabrikan yang dicampuri minyak nabati, namanya Castrol Magnatec Bio Synthetic
Bio based oil memang dapat menjadi pelumas

Yg paling penting semua harus diproses / diolah agar hasil akhirnya benar2 layak menjadi engine oil

dimana hasil akhirnya bisa dibuktikan dgn test lab & efeknya thd mesin scr riil, baik saat baru (VOA) dan juga setelah dipake jarak tertentu (UOA) hasilnya bagaimana

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: Report Test lab Oli & MiGor 10% dicampur sejak awal

Post by sucahyo » 17 Sep 2018, 09:41

Turboman wrote:
17 Sep 2018, 09:29
Nah mending coba deh om OlMigor bekas dari mobil di test lab

biaya test lab 189 rb

saya bersedia patungan

coba kita analisa hasilnya nanti.......siapa tahu jadi inspirasi buat om utk experiment lebih lanjut dgn ditambah additip tertentu......utk ngurangin Oxidation & Sulphatiin nya

yg paling penting semua harus dibuktikan dgn angka2 / test ilmiah......bukan hanya scr visual / feeling3 aja
Maaf saya sekarang sudah trauma kalau pakai oli nggak pakai minyak goreng. Lagipula untuk melakukan itu kan berarti harus menjalankan mobil 10 ribu km tanpa MG dan lalu 10 ribu km dengan MG, lalu dibandingkan. Silahkan yang lain barangkali berminat. Saya pakai minyak goreng sebagai aditif oli mesin hanya untuk kebutuhan sendiri kok.

Saya juga nggak ada niatan uji pakai aditif tertentu, karena tanpa aditif tersebut pun masa pakai oli sudah lebih dari layak.Minyak goreng sebagai aditif kan beda dari kalau dipakai 100%.

Beda tidak hanya dari feeling saja. Kalau di jalan jejer dengan motor lain suara motor sendiri jadi nggak kedengaran karena mesin motor lain berisik banget. Kalau habis dipakai top speed suara ngelitik mesin juga benar benar bisa dibedakan.
Last edited by sucahyo on 17 Sep 2018, 09:46, edited 1 time in total.

Post Reply

Return to “Public's Lounge”