Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
coipan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by coipan » 15 Sep 2018, 00:46

Gan saya mw nanya, akhir2 ini mobil saya lebih sering parkir di luar rumah dibanding di dalam garasi yang dimana kalo parkir di luar kena panas.

Yang ingin ane tanyakan apakah parkir di bawah sinar matahari langsung dapak membuat stir yang sudah dilapisi kulit menjadi licin ? Soalnya saya liat stir ane jdi lebih hitam mengkilat ketimbang dengan warna di plastik klakson di stir. Padahal sebelum saya parkir di luar warnanya hampir sama gan, mohon solusinya

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by sintoni » 15 Sep 2018, 06:19

Kalo ane malah ngerasa kulit di stir ane jadi ngelupas. Hahaha.

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1815
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by martinnn » 15 Sep 2018, 08:02

Mungkin keringat tangan mengandung asam pH tinggi :lol:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2465
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by marmut » 15 Sep 2018, 08:11

usahakan pasang sunshield. kalo ngga ada, boleh pakai kardus. supaya tidak langsung kena sinar UV.
pipes - cigars - coffee

Angelpesek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: 19 Jan 2018, 11:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by Angelpesek » 15 Sep 2018, 09:41

Jadi kering mungkin iya om, tp klo kaya gt bs jadi gara" pake dressing based silicone yang cara pakenya dasbornya ga dibesihin dulu pula pakai air sabun. Baiknya sebelum apply pengkilat atw dressing apapun dilap basah dl aja om.

carlzeiss
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: 04 Jul 2016, 23:27

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by carlzeiss » 15 Sep 2018, 10:06

Mobilnya sudah berumur brp lama ?

Mobil saya semuanya stir dan shiftknob kulit, memang brgitu kelamaan jd licin , GM dan GK saya jg dan keduanya terjrmur matahari sih memang
GE 8 RS - 2012
GB 3 PSD - 2010
GB 3 PSD - 2014
RU 1 E CVT - 2015
1TR-FE V - 2014

patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by patrickstar » 15 Sep 2018, 10:38

mungkin tangannya sering buat nganu ... ciri-cirinya tangan gede sebelah & telapaknya lebih licin.
bejanda ya om ... :ngacir:
Last edited by patrickstar on 15 Sep 2018, 11:18, edited 1 time in total.

User avatar
levofloxacine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 25 Jan 2017, 08:30

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by levofloxacine » 15 Sep 2018, 11:12

Kalo mbl ane mah meletek kulit setirnya kalo dijemur...bukannya jd licin.., dioles sunblock aja setirnya om...jgn lupa handbody kalo malem... :ngacir:

riisesky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jekardah
Daily Vehicle: Latio

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by riisesky » 15 Sep 2018, 12:41

sama setir yang kulit malah jadi kering, terus ngelupas jadi jelek di bagian atasnya....ada yang tau tempat re-trim setir yang bagus gak?

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by lemonadelovers » 15 Sep 2018, 13:09

Klo sering kejemur pakai produk interior protectant aja bisa pakai lucas atau turtlewax, ada perlindungan terhadap sinar UV

coipan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by coipan » 15 Sep 2018, 14:35

carlzeiss wrote:
15 Sep 2018, 10:06
Mobilnya sudah berumur brp lama ?

Mobil saya semuanya stir dan shiftknob kulit, memang brgitu kelamaan jd licin , GM dan GK saya jg dan keduanya terjrmur matahari sih memang
T32 dri 2015 gan

lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 09 Nov 2017, 18:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by lightarmy10 » 15 Sep 2018, 15:06

coipan wrote:
carlzeiss wrote:
15 Sep 2018, 10:06
Mobilnya sudah berumur brp lama ?

Mobil saya semuanya stir dan shiftknob kulit, memang brgitu kelamaan jd licin , GM dan GK saya jg dan keduanya terjrmur matahari sih memang
T32 dri 2015 gan
Sy punya t32 juga udh mulai licin nih gan.. sama2 2015 juga km udh 57an..

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by jivos » 15 Sep 2018, 16:11

levofloxacine wrote:
15 Sep 2018, 11:12
Kalo mbl ane mah meletek kulit setirnya kalo dijemur...bukannya jd licin.., dioles sunblock aja setirnya om...jgn lupa handbody kalo malem... :ngacir:
Cb stirnya oles pk firdaus oil um, mandjur sptnya ..sec merk lama dan msh exist, hati" brg palsu nya y..
Image
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

coipan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by coipan » 15 Sep 2018, 17:12

lightarmy10 wrote:
15 Sep 2018, 15:06
coipan wrote:
carlzeiss wrote:
15 Sep 2018, 10:06
Mobilnya sudah berumur brp lama ?

Mobil saya semuanya stir dan shiftknob kulit, memang brgitu kelamaan jd licin , GM dan GK saya jg dan keduanya terjrmur matahari sih memang
T32 dri 2015 gan
Sy punya t32 juga udh mulai licin nih gan.. sama2 2015 juga km udh 57an..
Ane padahal jarang pake gan km masih 34rb, rajin cuci jg seminggu sekali hehe

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2908
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by ginting » 17 Sep 2018, 16:04

jivos wrote:
15 Sep 2018, 16:11
levofloxacine wrote:
15 Sep 2018, 11:12
Kalo mbl ane mah meletek kulit setirnya kalo dijemur...bukannya jd licin.., dioles sunblock aja setirnya om...jgn lupa handbody kalo malem... :ngacir:
Cb stirnya oles pk firdaus oil um, mandjur sptnya ..sec merk lama dan msh exist, hati" brg palsu nya y..
Image
Waduh, ini gawat...
bisa bisa nanti strinya pada ditumbuhi Jenggot dan Jambang kayak di iklan itu... :mky_07: :mky_07: :mky_07:

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Apakah parkir di terik matahari membuat stir jadi licin?

Post by jivos » 17 Sep 2018, 18:20

ginting wrote:
17 Sep 2018, 16:04


Waduh, ini gawat...
bisa bisa nanti strinya pada ditumbuhi Jenggot dan Jambang kayak di iklan itu... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Pori" leather setirnya biar kbuka dl um, klo pun numbuh bs dikerok khan, seng penting ngga retak n licin sek :big_smoking:

Yg palsu konon numbuhnya malah di tangan yg pak buat colek obatnya :big_dunno:
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”