Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 11 Aug 2018, 20:13

Dear, all Brothers !!!

Masih Newbie nih soal ban...
Mobil Nyokap Yaris 2014, ban nya udah pada gundul nih. OEM pabrikannya pake Turanza ER33 195/50R16.... Parah banget ini ban.... Traction dan Aquaplanning nya parah bener dan di dry condition berisik banget.....
Nah, rencana mau di ganti ke-4 bannya.... rencana mau di Upize bannya ke ukuran 205/55/R16 dengan velg standard Toyota... karena biar lebih nyaman kalau bannya agak tebal.... Untuk kondisi jalan kebanyakan lewat jalan tol !.... kira2 cocok gk y?
Pertanyaan nya, Apakah masuk ban dengan ukuran 205/55R16 ke velg standard pabrikan ??? yang biasa pake ban 195/50R16 ???

Pilihan ban nya dikasih list sama mbak2 di tireworkshop :

1. Michelin Pilot Sport 4 >>> Sizes : 205/50R16 atau 205/55R16
2. Bridgestone Turanza >>> Sizes : 195/50 R16 (Ukuran Standard), 195/55R16 atau 205/55R16
3. Hankook Ventus S1 Noble2 >>> Sizes : 205/55R16
4. Continental katanya cepet abis wear nya.... pusing dah ane bro.....

Nah, untuk bro2 semua, mohon saran dan masukkannya, karena rencana bulan ini bakal di ganti, mengingat sebentar lagi memasuki musim hujan....
Safety Comes First... !!! Untuk bro2 yang udh punya pengalaman sama jenis-jenis ban diatas mohon masukan nya !!!
Thank you.. !!!
:big_think: :big_think: :big_think:

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 458
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by efact » 12 Aug 2018, 09:16

205 55 masuk sih masuk, tp imho, jelek bet dah bakalan looks nya.. steering feel nya juga bakalan ga enak krn bannya kelebaran..
Better keep di 195 50 aja om.. tp cari ban yg bagusan.. ps4 sih ok banget tuh.. tp dari pilihan di bawah harga juga paling tinggi kayaknya.. alternatif nya turanza lg, tp yg ar20 apa ya kalo ga salah.. enak kok..

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 12 Aug 2018, 09:24

mungkin jangan 205/55 ya? terlalu tebal kyknya... si mbak nya jg saranin yg PS4 205/50 lebih pas katanya beda diameter ny hanya 1.7%.... baru pertama kali jg ganti ban nih..... belum ngerti...

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2431
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by sintoni » 12 Aug 2018, 13:48

Hauhauaha, berarti moil kita sama nih om.

Kalo ane ngerasa 205/55 terlalu lebar sih.

Apalg pasti bikin mobil tambah lelet sama boros.

Kalo mau agak tebel dikit ya 195/55 aja.

Terus kalo mau empuk ya cari ban agak bagusan, terus cari yang karakter soft compond, tapi dengan resiko jadi cepet abis.

Turanza ini emang ban keras berisik, tapi ini ban ga habis2 karena karakter compound yang keras.

danisnug
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 25 Apr 2016, 22:09

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by danisnug » 12 Aug 2018, 14:30

Kalo concern utamanya traction, aquaplanning, musim hujan, saya tutup mata RE003 205/50/16...

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 12 Aug 2018, 16:23

Iya bener juga sih saya jg ngerasa kayaknya ketebelan 205/55.... mungkin pilihannya jadi 205/50R16 atau 195/55R16.... Kalau yang 205/50R16.... si adek sama nyokap lebih milih Michelin PS4....katanya PS4 udh mix compound (tread luar hard, tread dalam soft) jadi katanya dia emang ban UHP yang nyaman (walaupun gk senyaman ban touring).....Kalau Bridgestone Adrenaline RE003 205/50R16 kayaknya kurang oke dehh..... mending langsung PS4 sekalian....

Nah, katanya yang 195/55R16 ada Bridgestone Turanza T005A... katanya nih ban nyaman banget.... gk berisik dan empuk......cuman gara2 udah pake pernah Turanza jadi skeptis nih.....

Turanza ER33 ..... emang parah dah.... pabrik toyota ngasihnya ban low rating.... agak kecewa sih....

KielConstantine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by KielConstantine » 12 Aug 2018, 17:07

Ane pemakai Pilot Sport 4 nih, kasih review dikit yah: Ukuran kg inget yg pasti diameter R17 buat gantiin ban bridgestone bawaan RFT yg keras kek aspal.

Sudah jalan 8000 kilo semenjak ganti pas awal tahun 2018. So far puas banget, kembangan ban masih bagus. Handling jauh lebih lengket di aspal, bantingan jd mendingan kg keras kek batu.

Buat brutal driving mantap jg. Sering 200 km/h di toll sambil pindah2 jalur 1 - 2 tetep confident.

Worthed the money lah. Harga 1.5jt / piece
Image

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 12 Aug 2018, 17:41

KielConstantine wrote:
12 Aug 2018, 17:07
Ane pemakai Pilot Sport 4 nih, kasih review dikit yah: Ukuran kg inget yg pasti diameter R17 buat gantiin ban bridgestone bawaan RFT yg keras kek aspal.

Sudah jalan 8000 kilo semenjak ganti pas awal tahun 2018. So far puas banget, kembangan ban masih bagus. Handling jauh lebih lengket di aspal, bantingan jd mendingan kg keras kek batu.

Buat brutal driving mantap jg. Sering 200 km/h di toll sambil pindah2 jalur 1 - 2 tetep confident.

Worthed the money lah. Harga 1.5jt / piece
Bro, KielConstantine

sip mantap2.... makin yakin pilih PS4, PS4 katanya mix compound y... tread luar pake hard, tread dalem pake soft.... buat nikung oke... dan nyaman banget untuk ban jenis UHP....
Thanks masukannya...

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 12 Aug 2018, 17:46

sintoni wrote:
12 Aug 2018, 13:48
Hauhauaha, berarti moil kita sama nih om.

Kalo ane ngerasa 205/55 terlalu lebar sih.

Apalg pasti bikin mobil tambah lelet sama boros.

Kalo mau agak tebel dikit ya 195/55 aja.

Terus kalo mau empuk ya cari ban agak bagusan, terus cari yang karakter soft compond, tapi dengan resiko jadi cepet abis.

Turanza ini emang ban keras berisik, tapi ini ban ga habis2 karena karakter compound yang keras.
Salam kenal, Bro sintoni...

205/55 kayaknya terlalu tebel juga sih :mky_01: .....
mungkin pilihan jatuhnya ke Turanza T005A 195/55R16 atau Pilot Sport 4 205/50ZR16
Cuma pengen pake PS4...dia udh mix compound katanya (tread luar pake hard, tread dalem pake soft) jadi nyaman dan performanya pasti lebih dapet PS4....
Thanks ya.

ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: 16 Oct 2016, 05:21

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by ABEDUL » 12 Aug 2018, 21:01

Beberapa mobil di rumah sy pasang Michelin PS 4 dan Potenza Re003. Pendapat sy tentang 2 merk ban itu adalah puas, selama ini belum lirik merk lain.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 573
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by josomba » 12 Aug 2018, 21:08

Curry30UA wrote:
12 Aug 2018, 16:23
Iya bener juga sih saya jg ngerasa kayaknya ketebelan 205/55.... mungkin pilihannya jadi 205/50R16 atau 195/55R16.... Kalau yang 205/50R16.... si adek sama nyokap lebih milih Michelin PS4....katanya PS4 udh mix compound (tread luar hard, tread dalam soft) jadi katanya dia emang ban UHP yang nyaman (walaupun gk senyaman ban touring).....Kalau Bridgestone Adrenaline RE003 205/50R16 kayaknya kurang oke dehh..... mending langsung PS4 sekalian....

Nah, katanya yang 195/55R16 ada Bridgestone Turanza T005A... katanya nih ban nyaman banget.... gk berisik dan empuk......cuman gara2 udah pake pernah Turanza jadi skeptis nih.....

Turanza ER33 ..... emang parah dah.... pabrik toyota ngasihnya ban low rating.... agak kecewa sih....
jadi gimana? Sudah ke permaisur* kah? :mky_03:
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

idlamahilang
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 01 Jul 2016, 17:16

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by idlamahilang » 13 Aug 2018, 01:09

Kalau mau tidak berisik, jangan ditambah lebar donk tapaknya. 195 ke 205 pasti lebih berisik. Karena bidang gesek yang kena aspal makin lebar. Btw velg std Jazz RS aja bannya cuma 185/60/R16. cmiiw

qushay20019
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by qushay20019 » 13 Aug 2018, 05:17

Curry30UA wrote:
12 Aug 2018, 16:23
...
Nah, katanya yang 195/55R16 ada Bridgestone Turanza T005A... katanya nih ban nyaman banget.... gk berisik dan empuk......cuman gara2 udah pake pernah Turanza jadi skeptis nih
SX4 lama bini ane bawaannya juga dikasih Turanza ER33. Pas mobil ultah ke-6, ban depan ganti ke Turanza lagi, tp yg T005A. Hasilnya mobil emang lebih empuk, tp ini baru berasa nyata setelah 200-300 km. Soal bising gak tau bedanya, kayaknya sama2 aja.

Pas ane bek2 di website BS emang T005A ini pengganti AR20. Ar20 sendiri mengganti ER33, jadi kalo suka karakter turanza emang udah cocok tuh ambil T005a.

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 13 Aug 2018, 16:13

idlamahilang wrote:
13 Aug 2018, 01:09
Kalau mau tidak berisik, jangan ditambah lebar donk tapaknya. 195 ke 205 pasti lebih berisik. Karena bidang gesek yang kena aspal makin lebar. Btw velg std Jazz RS aja bannya cuma 185/60/R16. cmiiw
Bro, idlamahilang

Kalau berisik mah kyknya enggak... 195mm ke 205mm = 10mm conversi jadi skitar 1cm bedanya... masih batas wajar.... mungkin yang kelebaran yang pada ganti velg 17 trus pake ban 215/40-45 atau 225/40-45 nah itu kyknya terlalu lebar dan bantingan pasti agak keras.... kalau 195/50 ke 205/50 cuma beda 1cm... wajarlah....
Kalau lebar sedikit kan lumayan nambah grip...

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 14 Aug 2018, 18:46

qushay20019 wrote:
13 Aug 2018, 05:17
Curry30UA wrote:
12 Aug 2018, 16:23
...
Nah, katanya yang 195/55R16 ada Bridgestone Turanza T005A... katanya nih ban nyaman banget.... gk berisik dan empuk......cuman gara2 udah pake pernah Turanza jadi skeptis nih
SX4 lama bini ane bawaannya juga dikasih Turanza ER33. Pas mobil ultah ke-6, ban depan ganti ke Turanza lagi, tp yg T005A. Hasilnya mobil emang lebih empuk, tp ini baru berasa nyata setelah 200-300 km. Soal bising gak tau bedanya, kayaknya sama2 aja.

Pas ane bek2 di website BS emang T005A ini pengganti AR20. Ar20 sendiri mengganti ER33, jadi kalo suka karakter turanza emang udah cocok tuh ambil T005a.
Dear, qushay

Salah pak.... Turanza T005A itu mengganti GR-100 (Premium Touring)... bukan ER33... ER33 bukan ban premium... cuma di upgrade..berubah jadi AR-20 ... :mky_04: :mky_04: .... ER33 sama GR-100 beda kelas hehehehe.....
Sok google aja kalau gak percaya mah...

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 819
Joined: 05 Jan 2016, 07:58

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by paidjho » 14 Aug 2018, 20:24

Kalau saya, urutannya:
- michelin ps4
- bridgestone ar003
- michelin primacy 3 atau 4
- hankook ventus
- bridgstone t005a

Sementara pakai t005a, krn treadwear 260 jd biar agak lama pakainya, availability size nya, dry & wet grib cukup ok...

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 573
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by josomba » 14 Aug 2018, 21:01

T005 penerus AR-20 untuk Indo. Silahkan tanya beberapa TOMO. AR-20 dah ga ada supply baru, sekarang T005 yg BS Indo supply.
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

Curry30UA
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 11 Aug 2018, 19:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Hatchback

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by Curry30UA » 14 Aug 2018, 22:03

josomba wrote:
14 Aug 2018, 21:01
T005 penerus AR-20 untuk Indo. Silahkan tanya beberapa TOMO. AR-20 dah ga ada supply baru, sekarang T005 yg BS Indo supply.
Dear, Josomba

Baru kmaren gw nanya ke mbak2 nya..... untuk segment product iya.. dia pengganti Ar-20 di indo... Kalau secara global terutama pasar ASEAN... T005A pengganti GR-100... karena teknologi nya T005A aplikasi GR-100... well, GR-90 ternyata masih ada akhir2 taon kmaren.... ya akhirnya... kalo lu liat di website resmi nya BS indo ...photo resmi ER33,AR20, GR90 sudah dihapus (mungkin kurang laku atau apalah gw kgk tau)....T005A dipasang at the top page.... why?, karena pengganti segment... :mky_07: :mky_07: :mky_04: :mky_04:

buka artikel2 otomotif dari singapore, thailand, malaysia, phillipines etc mereka mengatakan T005A adalah pengganti GR-100 karena mengadopsi teknologi yang sama.... makanya dikasih nama T005A "A" nya artinya "ASEAN" untuk segmentasi nya pasar ASEAN
bukan "penerus".... klo segmentasi di Indo mungkin iyaaa mengganti segment ER33 ato AR-20...tapi soal teknologinya ER33 (AR-20) sama T005A (GR-100) jelas2 berbeda :mky_04: :mky_04: :mky_04:

Kalo dengerin dari orang2 TOMO atau Workshop BS mungkin kurang ngerti untuk segmentasi ban.... saran gw nih....baca artikel-artikel sekitar peluncuran ban baru beserta segmentasi pasar nya begitu pula teknologi2 yang di upgrade pada ban tsb... untuk mendapatkan info yg relevan...
thank you ya.... :mky_07: :mky_04:

qushay20019
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by qushay20019 » 15 Aug 2018, 07:54

Curry30UA wrote:
14 Aug 2018, 18:46
Dear, qushay
Salah pak.... Turanza T005A itu mengganti GR-100 (Premium Touring)... bukan ER33... ER33 bukan ban premium... cuma di upgrade..berubah jadi AR-20 ... :mky_04: :mky_04: .... ER33 sama GR-100 beda kelas hehehehe.....
Sok google aja kalau gak percaya mah...
O gitu ya, i stand corrected, maklum ilmunya cuma dari omongan orang toko ban, hehehe.

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 458
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by efact » 15 Aug 2018, 08:42

wuihh.. ini sih kayaknya TS udh lebih paham lah pasti soal ban, khan udh baca artikel-artikel sekitar peluncuran ban baru beserta segmentasi pasar nya begitu pula teknologi2 yang di upgrade pada ban tsb... jd udah pasti dapat info yg relevan... :mky_07:

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 573
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by josomba » 15 Aug 2018, 11:15

Ya berarti TS dah bs tentuin sendiri lah ya mau ban apa. Kan TS-nya dah banyak baca dan selalu koreksi balik masukan beberapa user disini.

Daku mencium aroma2 momodgalak atau sucahyo jilid 2...
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by iwing » 15 Aug 2018, 13:10

kayaknya bakal meriah nih.....

tulalit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 26 Feb 2014, 11:32

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by tulalit » 15 Aug 2018, 13:56

ini review berdasarkan pengalaman pribadi

- hankook ventus : awalnya enak empuk dan senyap , tapi setelah jalan 15rb KM mulai keras , grip di kering dan hujan lumayan bagus. aquaplanning minim
- michelin PS3 : ban enak dan empuk, udah pake 10rban masih top notch performancenya
- michelin primacy 3 : ban empuk dan senyap, lebih senyap dari PS3 kl mnrt pendapat saya , sampe akhir hayat si ban masih bagus performance nya.
- BS ar20 : yah ok lah, tapi pas abis langsung saya ganti ke primacy 3

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1580
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by liep » 15 Aug 2018, 15:28

dear ts, uda pinter, tinggal beli lgs saja, hehe

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 819
Joined: 05 Jan 2016, 07:58

Re: Bantu Ganti Ukuran Ban Yaris 2014

Post by paidjho » 15 Aug 2018, 16:42

Curry30UA wrote:
josomba wrote:
14 Aug 2018, 21:01
T005 penerus AR-20 untuk Indo. Silahkan tanya beberapa TOMO. AR-20 dah ga ada supply baru, sekarang T005 yg BS Indo supply.
Dear, Josomba

Baru kmaren gw nanya ke mbak2 nya..... untuk segment product iya.. dia pengganti Ar-20 di indo... Kalau secara global terutama pasar ASEAN... T005A pengganti GR-100... karena teknologi nya T005A aplikasi GR-100... well, GR-90 ternyata masih ada akhir2 taon kmaren.... ya akhirnya... kalo lu liat di website resmi nya BS indo ...photo resmi ER33,AR20, GR90 sudah dihapus (mungkin kurang laku atau apalah gw kgk tau)....T005A dipasang at the top page.... why?, karena pengganti segment... :mky_07: :mky_07: :mky_04: :mky_04:

buka artikel2 otomotif dari singapore, thailand, malaysia, phillipines etc mereka mengatakan T005A adalah pengganti GR-100 karena mengadopsi teknologi yang sama.... makanya dikasih nama T005A "A" nya artinya "ASEAN" untuk segmentasi nya pasar ASEAN
bukan "penerus".... klo segmentasi di Indo mungkin iyaaa mengganti segment ER33 ato AR-20...tapi soal teknologinya ER33 (AR-20) sama T005A (GR-100) jelas2 berbeda :mky_04: :mky_04: :mky_04:

Kalo dengerin dari orang2 TOMO atau Workshop BS mungkin kurang ngerti untuk segmentasi ban.... saran gw nih....baca artikel-artikel sekitar peluncuran ban baru beserta segmentasi pasar nya begitu pula teknologi2 yang di upgrade pada ban tsb... untuk mendapatkan info yg relevan...
thank you ya.... :mky_07: :mky_04:
Owhh.... Bukan pengganti T001 ya?

Post Reply

Return to “Body and Wheels”