[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: 27 Sep 2012, 04:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Leonhart » 11 Aug 2018, 00:47

Dear Suhu

mau ajak share faktor penentu kenyamanan alasan dan penyebab pegal2 saat berkendara maupun duduk di sebuah mbl

entah itu karena jok, posisi duduk, suspensi ataupun hal lainnya monggo disampaikan...



dimulai dari ane mbl yg pernah ane punya

2008 Yaris Bakpao
kalo nyetir ini lama2 diatas 2 jam bahu dan leher mulai pegal2....
ane gk tau jg kenapa

sbg penumpang ane blm nyoba duduk lama


2013 Mitsubishi Outlander Sport

nyetir lama yg pegal pinggang, suprisely bahu dan leher aman (nyetir diatas 2 jam)
sbg penumpang blkg pinggang aman stlh 90 menit
tapi bahu dan punggung krg enak dan pegal
karena jok tll tegak



2010-2011 Honda CRV RE

nyetir ini 2 jam lbh bahu dan leher gak terasa pegal
pernah nyetir di atas 3 jam yg ada ngantuk...

sbg penumpang depan pernah duduk 1 jam-an gak terasa pegal2 jg
penumpang blkg blm pernah duduk lama


2014 Honda CRV RM

Idem sama RE
pernah duduk blkg 2 jam



2011 Honda Accord CP2

Pernah muter jalan jauh2 ampe 2 jam lbh, terasa ttp fresh dan gak terasa pegal sama sekali
duduk sbg pernumpang depan pernah duduk lama jg diatas 90 menit ttp nyaman

sayangnya blm pernah dduk lama sbg penumpang blkg


2016 Honda City GM6

kalo nyetir lama suka pegel2 di pinggang ama bahu (di atas 90 menit)
duduk sbg penumpang belum pernah duduk lama


2016 Honda HRV RU5

Mirip ama City tapi gak sepegal City, agak lebih lambat terkena serangan pegalnya
duduk sbg penumpang blkg klo dah 1 jam lbh mulai pinggang pegal...




dan berikut adalah
Mobil pernah dipake ortu ane

2003 Suzuki aerio

ane mayoritas sbg penumpang blkg
sering duduk berjam2 di blkg
jauh lebih nyaman daripada HRV kursi belakang aerio, gak terasa pegal stelah 90 menit..

apa karena suspensi blkg aerio adalah double wishbone ? sedangkan HRV torsion beam ?

2003 Nissan Xtrail T30

ane mayoritas duduk sbg penumpang blkg
lebih nyaman daripada aerio.. lebih empuk jg... bahu dan punggung lebih nyaman daripada aerio



kemudian berikut ini adalah mbl yg pernah ane coba entah minjem ama temen maupun rental

Avanza 2013-2015 (ane krg pasti)

setelah 1 jam lbh nyetir avanza bahu leher ama pinggang dah pegal2 semua
sbg penumpang baris 2 stlh duduk 2-3 jam terasa bahu dan pinggang krg nyaman butuh istirahat

ane krg tau knp mbl ini bs krg pas di ane ?


2016 Toyota Calya

Pernah nyewa ini mbl
stlh muter2 keliling ampir 2 jam

bahu ama pinggang dah pegel semua, serta bosen banget rasanya...

ane jg bingung knp bs begitu




tolong di share ya suhu
dan dikasih alasannya jg apa faktor penentu "anti pegal" saat duduk di sebuah mobil
ane jg krg paham apa karena jok ataupun suspensi ataupun faktor lainnya...

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by syafimsa » 11 Aug 2018, 02:22

penentu nyaman atau tidak duduk dalem mobil kalo sbg pengemudi asal bisa nemu posisi yg pas ya fine2 aja. teleskopik steering, posisi nyetir rendah dan bisa selonjor itu udah bikin saya ga pegel2 kalo nyetir. kalo utk duduk belakang sih cuma butuh sandaran yg rebah aja dan legroom yg secukupnya udah bisa bobo nyenyak.

kalo disebutin satu2 sih banyak yg enak, tp mobil yg paling nyaman yg pernah saya bawa sendiri ya e250 w212. teleskopik dimajukan kurang dr setengah aja kaki saya hampir lurus ga nekuk sama sekali, tinggi keseluruhan jok yg bagian bawah / yg untuk duduk juga ga tebel ga kaya sedan2 toyota yg feelnya kaya nyetir hatchback, selonjoran lah pokonya. posisi nyetir bisa dibikin makin tenggelam juga, top lah pokonya, lebih enak dari civic turbo saya sekalipun. betah sekali nyetir mobil itu berjam2 sampe lupa kalo ini bukan mobil saya haha
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]

mike22
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 472
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by mike22 » 11 Aug 2018, 05:14

Itu imbas dari pengaturan kursi yg berefek ke posisi mengemudi, material dan bentuk kursi yg supportif ato engga, lalu posisi kaki terhadap pedal (ini sih pengaruh tinggi badan juga).
Sepertinya itu fungsi lumbar support spy ada yg menyangga pinggang agar tidak mudah pegal.
Dari yg pernah sy coba sih paling suka jok xtrail t32.
Kalo kenyamanan jok belakang selain materialnya, panjang kursi dan tinggi/rendah lantai juga ngaruh. Yg agak tricky memang terlalu rebah jg enggak enak, kalau kurang rebah pasti enggak enak.

User avatar
setsuka09
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: 26 Jun 2015, 16:04

[Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by setsuka09 » 11 Aug 2018, 06:34

Sebagai driver :

Posisi duduk sedikit rebah kisaran 30 derajat
Jok posisi rendah dgn fleksibilitas setting jok yg banyak, lutut menekuk sedikit 10-20 derajat, posisi tangan atas sedekat mungkin ( tempel kalau bisa ) dgn jok sekaligus posisi pegang setir masih bisa di 10-2,tapi idealnya u/ cruising sebenarnya di 9-3 / 10-4, peredaman mobil & suspensi yg bagus, dijamin diatas 3 jam nyetir ga bakal ada sakit pinggang & pegel pundak.

Kategori2 diatas lebih mudah ditemukan di sedan ( real sedan ), makanya suv menjadikan sedan sbg benchmark kenyamanan.

piggypig77
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by piggypig77 » 11 Aug 2018, 06:50

Chevrolet Spin Activ
Jangankan duduk lama, baru masuk n duduk di kursi row 1 aja rasanya mau keluar saking ga enaknya kursi n driving position :wkkk:
Joknya tinggi bgt, keras, kontur busa di sandaran punggung kyk ngegembung jadi waktu duduk bukannya kita "dipeluk" kursi tapi didorong kursi.

dsign1990
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by dsign1990 » 11 Aug 2018, 08:15

nyimak review2nya
IMHO sederhana saja faktor penentunya ya kelas mobil itu sendiri karena mencerminkan kualitas dan kelengkapan elemen2 penunjangnya
kecuali kasusnya aerio vs hrv

User avatar
satria120s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 04 Oct 2013, 11:17

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by satria120s » 11 Aug 2018, 10:02

Klo pegel hati (cape hati) termasuk kah?

Pernah nyetir brio pny kakak, rasanya terintimidasi bgt krn mobilnya kecil dan rendah, selalu ngalah klo dipepet mobil dgn ukuran avanza keatas (waktu itu daily bawa Grand Livina)

Klo tangan, kaki, punggung, pinggang, dll mostly baik2 aja entah itu grand livina, karimun, atau skrg tucson.. personally sih paling suka tucson, krn joknya besar, posisi duduknya tinggi, dan jok bagian bawah lebar, jadi paha ga ngegantung (klo di karimun paha ngegantung dan bikin pegel pas macet)

Klo nyetirin mobil orang, paling pegel sih civic FB (cmiiw) '13 walaupun rebah, tp sempit bgt.. bikin ga leluasa gerak..

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ChZ » 11 Aug 2018, 11:42

Balik ke selera (dan postur tubuh) kali ya... Which is akan sangat mudah kalo mobilnya punya pengaturan lengkap (height adjuster, maju-mundur, recline, lumbar support, setir tilt-teleskopik).

Kabar buruknya, susah banget menemukan posisi ideal di mobil LCGC/LMPV/LSUV yang gak ada height adjuster dan setir telescopic. Terutama nih, LCGC/LMPV/LSUV kembar toyota-daihatsu dan IMV old model. Sucks banget posisi duduknya. Harus milih antara setir kejauhan atau pedal kejauhan. Innova/Fortuner lama sih masih mending, cuma joknya tetep gak enak... Yang LCGC udah posisi nyetir parah, joknya didudukin rada ambles...

Owh ya, Datsun Cross juga payah... Dulu jok ala elsapek masih mending, skrg karena jok pisah dan kekecilan jadi ambles... klo FRD duduk di situ berasa duduk di rangka kursinya kali ya.

Di merek lain masih oke... Ertiga lama dan Xpander agak ketinggian, Mobilio/BRV rendah tapi kursi terlalu flat dan tipis (nyetir luar kota pegelnya lebih ke joknya). Paling pas duduknya New Ertiga sih untuk skrg... So, murah bukan alesan buat bikin mobil yang gaenak duduknya...

Klo 300 juta up rasanya gak ada keluhan berarti buat posisi duduk... krn kebanyakan ada telescopicnya, tp selera sih lebih ke Honda ya, bisa rebah soalnya... Mazda joknya agak kurang cocok. Oh ada deng, Pajero Sport lama, PARAH banget, yang Dakar kepala bisa natap plafon... tp kalo skrg sih ANPS udah lebih enak...
220hp Turbocharged Korean SUV and Japanese Hatchback.
Image
http://chzautos.com/

Personal attack is a proof that you are too stupid...

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2211
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Jambangan » 11 Aug 2018, 12:07

kalo ane di mobil yg pernah punya :
paling nyaman posisi mengemudinya di CRV RE
kalo paling ga enak di swift ST. baru sejam udah pegel terlalu sempit wkwk..

pengendiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by pengendiesel » 11 Aug 2018, 15:48

Sebagai pengemudi...saya termasuk yang kurang sensitif terhadap posisi duduk.
Di beberapa mobil yang pernah saya bawa jalan jauh (min 6 jam) mulai genio, altis, galant hiu, taft, katana, espass pick up, ispan gen 1-3, innova, sienta, l300 dll hampir gak pernah terasa ada perbedaan signifikan di pegelnya badan.

Tapi...yang paling cepet bikin tangan dan bahu pegel itu kalo bawa mobil yang setirnya tidak center. Misal miring ke kiri agar bisa jalan lurus. Jamin deh...jalan 1 jam aja sudah pegel di tangan dan bahu.

Winz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1241
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Winz » 11 Aug 2018, 15:52

ChZ wrote:
11 Aug 2018, 11:42
Balik ke selera (dan postur tubuh) kali ya... Which is akan sangat mudah kalo mobilnya punya pengaturan lengkap (height adjuster, maju-mundur, recline, lumbar support, setir tilt-teleskopik).

Kabar buruknya, susah banget menemukan posisi ideal di mobil LCGC/LMPV/LSUV yang gak ada height adjuster dan setir telescopic. Terutama nih, LCGC/LMPV/LSUV kembar toyota-daihatsu dan IMV old model. Sucks banget posisi duduknya. Harus milih antara setir kejauhan atau pedal kejauhan. Innova/Fortuner lama sih masih mending, cuma joknya tetep gak enak... Yang LCGC udah posisi nyetir parah, joknya didudukin rada ambles...

Owh ya, Datsun Cross juga payah... Dulu jok ala elsapek masih mending, skrg karena jok pisah dan kekecilan jadi ambles... klo FRD duduk di situ berasa duduk di rangka kursinya kali ya.

Di merek lain masih oke... Ertiga lama dan Xpander agak ketinggian, Mobilio/BRV rendah tapi kursi terlalu flat dan tipis (nyetir luar kota pegelnya lebih ke joknya). Paling pas duduknya New Ertiga sih untuk skrg... So, murah bukan alesan buat bikin mobil yang gaenak duduknya...

Klo 300 juta up rasanya gak ada keluhan berarti buat posisi duduk... krn kebanyakan ada telescopicnya, tp selera sih lebih ke Honda ya, bisa rebah soalnya... Mazda joknya agak kurang cocok. Oh ada deng, Pajero Sport lama, PARAH banget, yang Dakar kepala bisa natap plafon... tp kalo skrg sih ANPS udah lebih enak...
Nissin TERRA tidak ada teleskopic loh, om, kelas gopek tiau :glodak:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1598
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by kunaskun » 11 Aug 2018, 17:04

paling pengaruh menurut saya: ergonomi jok. soal telescopic steering menurut saya ya itu hanya faktor nambah nyaman, saya ga yakin duo kaleng mini tanggung gede dikasi telescopic akan lebih enak dipake jarak jauh, karena bentuk jok dan ditambah busa ambles model gitu tetep ga bisa boongin pantat.

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1321
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by Salvanost » 11 Aug 2018, 17:20

Kayanya wajib modif captain seat deh
Damage kcost kalau ga salah 7jt sama trade bangku lama

ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: fortuner

Re: [Sharing] Fator Penentu Kenyamanan saat duduk dalam mobil

Post by ngalih » 11 Aug 2018, 22:04

Ac dingin dan mobil sehat adalah faktor wajib.
Kursi empuk yg ada kipas anginnya (aksesoris ACE) bikin ndak keringetan punggung dan pant*t.
Posisi duduk tinggi, setir serendahnya, senderan kepala dan penutup leher jika setir sharian mengurangi resiko masuk angin krn ac.

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”