Porting Polish tanpa Unichip

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
Or4cle
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Porting Polish tanpa Unichip

Post by Or4cle » 13 Jul 2018, 12:37

Selamat siang buat SMer's semua ...

To the point aja , mobil perang saya (GD3 i-DSI m/t) sudah hampir menyentuh KM 200.000.
Saat ini di bagian mesin sudah ada rembesan oli. Berhubung untuk ganti packing mesin pasti turun mesin total, maka jadi kepikiran sekalian untuk porting-polish

Yang menjadi pertanyaan adalah :
- Apakah P&P tanpa Unichip Dastek hasilnya lumayan significant (dibanding stock engine) ?
- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan

Saya paham bila P&P + Unichip adalah solusi terbaik untuk hasil significant (Power naik, setel irit pun bisa)
Masalahnya, saya saat ini tidak merasa mobil under-power yang butuh menaikkan power mesin

Intinya, apabila P&P tanpa Unichip kenaikan power sudah terasa maka saya tidak perlu dana tambahan buat instal Unichip tsb.
Mohon dibantu masukan dan pencerahannya ... terutama yang sudah pernah porting polish.

Terima kasih

User avatar
pendoli
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by pendoli » 13 Jul 2018, 13:01

- Apakah P&P tanpa Unichip Dastek hasilnya lumayan significant (dibanding stock engine) ?

ya, walau ga optimal.

- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan

tergantung perhitungan pnp nya

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by sintoni » 13 Jul 2018, 13:24

Pasti ada penngkatan om, tapi mungkin kurang maksimal.

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by efact » 13 Jul 2018, 13:42

Selama pnp nya dilakukan dengan bener, hasilnya pasti berasa kok, dan bensin kudunya sih malah lebih irit kalo tenaga naik selama fuel management ga diotak atik

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 948
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by Pugman » 13 Jul 2018, 14:06

Hasil pasti terasa beda karena kondisi awal mobil yang sudah menurun performanya. Lalu di ganti part baru, dibersihkan dan PnP tapi naiknya hanya sekitar 5% dari standar kondisi baru, bukan kondisi sekarang.

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2397
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by b8099ok » 13 Jul 2018, 14:24

PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,... :ngacir:
Tune and drive! :big_love:

Or4cle
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by Or4cle » 13 Jul 2018, 15:17

pendoli wrote:
13 Jul 2018, 13:01
- Apakah P&P tanpa Unichip Dastek hasilnya lumayan significant (dibanding stock engine) ?

ya, walau ga optimal.

- Apakah FC setelah P&P tanpa Unichip akan boros ? Dgn asumsi kaki sopan tanpa bejek di jalanan

tergantung perhitungan pnp nya
Iya Oom , F/C semestinya tergantung gain yang diraih di rentang power band yang mana dan perhitungan rumus portingnya
sintoni wrote:
13 Jul 2018, 13:24
Pasti ada penngkatan om, tapi mungkin kurang maksimal.
Betul sekali Oom ... dan celakanya Unichip Dastek cukup menguras kantong
efact wrote:
13 Jul 2018, 13:42
Selama pnp nya dilakukan dengan bener, hasilnya pasti berasa kok, dan bensin kudunya sih malah lebih irit kalo tenaga naik selama fuel management ga diotak atik
Setuju ... mknya mesti cari tunner yang qualified.
Untuk F/C tidak berharap banyak, selama AFR & parameter lainnya belum dijamah Unichip. At least tidak berubah banyak gak masalah.
Pugman wrote:
13 Jul 2018, 14:06
Hasil pasti terasa beda karena kondisi awal mobil yang sudah menurun performanya. Lalu di ganti part baru, dibersihkan dan PnP tapi naiknya hanya sekitar 5% dari standar kondisi baru, bukan kondisi sekarang.
5% kedengarannya sangat logis, walaupun ada bengkel yang sesumbar peningkatan sampai 20% (terlalu bombastis)
Semua berbalik lagi bentuk port dari masing2 mesin. Infonya untuk swift, ANGL gain gak banyak karena dari sananya sudah cukup bagus. Grandis katanya cukup significant peningkatannya.
b8099ok wrote:
13 Jul 2018, 14:24
PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,... :ngacir:
Mending one way ticket daripada russian roulette Oom ...

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1160
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by Xous » 13 Jul 2018, 18:31

b8099ok wrote:
13 Jul 2018, 14:24
PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,... :ngacir:
ngakak gw, vespa frd di bawa toh sampe ke forum.

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2397
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by b8099ok » 13 Jul 2018, 19:57

Xous wrote:
13 Jul 2018, 18:31
b8099ok wrote:
13 Jul 2018, 14:24
PnP itu one way ticket. Sekali salah,... Gutbai,... Spt ketika FRD ditinggalkan vespa,... :ngacir:
ngakak gw, vespa frd di bawa toh sampe ke forum.
Wajib donk :weekk:
Tune and drive! :big_love:

Or4cle
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Porting Polish tanpa Unichip

Post by Or4cle » 16 Jul 2018, 17:03

Mari lanjuuuuttt ...
valve-airflow-cone.jpg
0210hpp_flow04.jpg
Potential flow improvement.jpg

Berdasarkan gambar2 tersebut ada beberapa titik yang menyumbang hambatan besar terjadinya laminer flow
Terutama di valve seat, tapi anehnya ada tuner yang bilang 3 angle valve job itu tidak perlu untuk porting mobil daily use.

Apakah ini karena pekerjaan 3 angle valve butuh tingkat presisi yang tinggi sehingga tuner males mengerjakan ? atau karena makan waktu (mestinya tidak karena pakai CNC). Atau takut resiko kebocoran di sekitar valve seat tersebut ?

Monggo dibantu pencerahannya ...
Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Post Reply

Return to “Engine & Exhaust System”