User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by maastricht889 »

ririeiman wrote: Fri Jul 13, 2018 4:08
masel wrote: Fri Jul 13, 2018 2:45 Minyak aja deh, udah ngiler ma ni mobil. Msh mikir durability
Garansi ini om . Di negara asalnya sih dah teruju daya tahannya
Wkt saya ke china, wuling ini lumayan banyak om. Lbh sering liat cortez sama yg mirip2 cuv sejenis rush wkt itu daripada yg confero. Confero cm liat 2x warna silver. Selain itu mobil niaga (sejenis gran max, pickup kecil2, mobil odong2 di tempat wisata) jg banyak pake wuling. Yg kelas2 niaga logo nya sama kaya di indo, tapi yg cortez, confero sama cuv logo nya sejenis kepala kuda (mungkin buat trim exclusive nya ya)
User avatar
bapakesyamil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri Apr 12, 2013 2:08

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by bapakesyamil »

di depok ada dealer-nya nih.. jadi pengen test drive.

:ngacir:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by bensinsolar »

liemivan86 wrote: Wed Jul 11, 2018 13:29
bensinsolar wrote:
Kepikiran itu juga Om, tp dirumah ud SUV semua. ANF & OS. Mau coba yg MPV tp GCnya lbh tinggi & not so bad to drive + nambah 100jt dr jual Fortunernya. :mky_01:
Kalo dibanding Fortuner VNT TRD di rumah:
Kelebihan Fortuner:
- GC tinggi
- kelihatan lebih gagah
- Toyota
- tahan banting
- tenaga lebih besar
- Matic konvensional

Kelebihan Cortez (di luar fitur non esensial)
- captain seat
- lebih irit (dibanding Fortuner bensin)
- Body tidak se lebar Fortuner
- lebih lega
- lebih nyaman
- lebih nyaman
- lebih nyaman

Kalo murni dari sisi kemampuan menerjang banjir, Xpander jelas menang dari Cortez. Ground clearance saya tidak tahu spec nya, tapi saya yakin banget Xpander menang. Cortez sebenarnya air intake dan ecu lumayan tinggi, tapi ya terus terang saya nda terlalu pede sih terjang banjir pakai Cortez.
Siap Om, terima kasih untuk penjelasannya. Jd cenderung ke Xpander d walaupun sepertinya Cortez jauh lebih nyaman :big_exellent:
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by kramatbatu »

Nice review om.. jd referensi sy nih :big_deal:

Tiap pulang kantor selalu lwt dpn dealer wuling & selalu noleh ke dalemnya liat si cortez. mudah2an ada rejki buat bw plg ke rmh utk si cortez
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by ririeiman »

erwinign wrote: Fri Jul 13, 2018 5:30
ririeiman wrote: Fri Jul 13, 2018 4:08
masel wrote: Fri Jul 13, 2018 2:45 Minyak aja deh, udah ngiler ma ni mobil. Msh mikir durability
Garansi ini om . Di negara asalnya sih dah teruju daya tahannya
Wkt saya ke china, wuling ini lumayan banyak om. Lbh sering liat cortez sama yg mirip2 cuv sejenis rush wkt itu daripada yg confero. Confero cm liat 2x warna silver. Selain itu mobil niaga (sejenis gran max, pickup kecil2, mobil odong2 di tempat wisata) jg banyak pake wuling. Yg kelas2 niaga logo nya sama kaya di indo, tapi yg cortez, confero sama cuv logo nya sejenis kepala kuda (mungkin buat trim exclusive nya ya)
Kalau confero memang dilepas dengan nama wuling dan logonya sama kaya kita . Kalau Cortez disana dilepas dengan nama Baojun 730 dengan logo kepala kuda
Doublewise
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Jan 24, 2017 7:50

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by Doublewise »

Ukurannya lebih panjang dari innova ya. Kalau radius putar nya bagaimana om dibanding innova & avanza?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

Doublewise wrote:Ukurannya lebih panjang dari innova ya. Kalau radius putar nya bagaimana om dibanding innova & avanza?
Sejauh ini sih saya tidak bermasalah dengan radius putar ya, tapi kelihatannya dibanding Innova aja masih lebih lebar deh, kalo avanza jangan dibanding kan, pasti jauh.

Masalah nya saya dulu biasa bawa pajero sport, jadi agak kurang sensitif dengan radius putar ini. Ha2... Tapi memang kayaknya dibanding Innova masih kecil Innova.
haybat
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jul 15, 2018 4:14

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by haybat »

Saya lagi mesen cortez, awalnya galau juga mau cortez apa xpander buat ngegantiin Grandis yang mulai banyak penyakitnya...
Sudah test drive keduanya, gak ada yg bisa ngalahin Grandis sih, tapi menurut saya pribadi cortez lebih anteng dan nyaman...

Untuk profil ban gimana gan?
Saya liat ukuran 205/55/R16 ya bawaan cortez
Kalo diganti ke 215/55/R16 pake velg bawaan bisa ndak ya?
Maaf kalo pertanyaan saya mendasar, karena masi nubie.
Terima kasih...
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

haybat wrote:Saya lagi mesen cortez, awalnya galau juga mau cortez apa xpander buat ngegantiin Grandis yang mulai banyak penyakitnya...
Sudah test drive keduanya, gak ada yg bisa ngalahin Grandis sih, tapi menurut saya pribadi cortez lebih anteng dan nyaman...

Untuk profil ban gimana gan?
Saya liat ukuran 205/55/R16 ya bawaan cortez
Kalo diganti ke 215/55/R16 pake velg bawaan bisa ndak ya?
Maaf kalo pertanyaan saya mendasar, karena masi nubie.
Terima kasih...
Pasti aman om. Maksud nya aman nda bakal gasruk. Sekalian ganti 215/60 R16 juga masih aman, malah lebih empuk ya.. Tapi lihat juga Ban pengganti nya apa, karena ban standar nya sudah bagus, Goodyear assurance. Kalo ban pengganti nya lebih jelek, ya sayang.

Btw, kalo dibanding grandis, saya yakin jauh banget. Dibanding oddysey aja dulu jauh. Grandis kan sekelas dengan oddysey..
haybat
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jul 15, 2018 4:14

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by haybat »

liemivan86 wrote: Mon Jul 16, 2018 7:16
haybat wrote:Saya lagi mesen cortez, awalnya galau juga mau cortez apa xpander buat ngegantiin Grandis yang mulai banyak penyakitnya...
Sudah test drive keduanya, gak ada yg bisa ngalahin Grandis sih, tapi menurut saya pribadi cortez lebih anteng dan nyaman...

Untuk profil ban gimana gan?
Saya liat ukuran 205/55/R16 ya bawaan cortez
Kalo diganti ke 215/55/R16 pake velg bawaan bisa ndak ya?
Maaf kalo pertanyaan saya mendasar, karena masi nubie.
Terima kasih...
Pasti aman om. Maksud nya aman nda bakal gasruk. Sekalian ganti 215/60 R16 juga masih aman, malah lebih empuk ya.. Tapi lihat juga Ban pengganti nya apa, karena ban standar nya sudah bagus, Goodyear assurance. Kalo ban pengganti nya lebih jelek, ya sayang.

Btw, kalo dibanding grandis, saya yakin jauh banget. Dibanding oddysey aja dulu jauh. Grandis kan sekelas dengan oddysey..
Corteznya baru datang hari ini gan
Kemarin lagi dipasangin nano ceramic coating sama kaca filmnya dapet LLumar

Berarti kalo 215/60 R16 bisa dipake dengan velg bawaan tanpa gasruk ya gan?
Rencana mau dunlop Lm 704 sih gan, ban yg cukupan di daerah ane (jombang) adanya itu, lainnya hankook sm accelera. Kurang sreg...

Iya gan, di rumah ada vellfire 1st gen juga, malah menurut saya enakan grandis kalo urusan mesin, kenyamanan, fun to drive, minim limbungnya, sama kalo ngadepin jalanan bergelombang.
Tapi ya itu. Sudah mulai rewel dan sparepartnya susahnya minta ampun. Jadi ya... butuh mobil baru range harga 250-280 dan kebetulan diantara xpander sama cortez sregnya ama si cortez ini...
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »


haybat wrote: Corteznya baru datang hari ini gan
Kemarin lagi dipasangin nano ceramic coating sama kaca filmnya dapet LLumar

Berarti kalo 215/60 R16 bisa dipake dengan velg bawaan tanpa gasruk ya gan?
Rencana mau dunlop Lm 704 sih gan, ban yg cukupan di daerah ane (jombang) adanya itu, lainnya hankook sm accelera. Kurang sreg...

Iya gan, di rumah ada vellfire 1st gen juga, malah menurut saya enakan grandis kalo urusan mesin, kenyamanan, fun to drive, minim limbungnya, sama kalo ngadepin jalanan bergelombang.
Tapi ya itu. Sudah mulai rewel dan sparepartnya susahnya minta ampun. Jadi ya... butuh mobil baru range harga 250-280 dan kebetulan diantara xpander sama cortez sregnya ama si cortez ini...
215/55 R16 saya yakin tidak gasruk, kalo 215/60 R16 pasti tidak gasruk atas bawah, tapi entah waktu belok ya.. Nanti di review juga ya om, gimana kesan nya setelah pakai Cortez nya.

Btw, di sini jangan pakai "Gan", kita pakai nya om, lebih enak gitu manggil nya..
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

Sekalian update deh..

Beberapa hari lalu akhirnya Cortez servis untuk 5000 km. Total habis 345.000 untuk oli 5W-30, filter dan selotip. Murah banget sih oli nya, mengingat Auto2000 oli 10W-40 aja uda 120rb an per liter nya, belum lain2.

Komplain nya hanya mengenai spion tengah yang agak getar, baut nya dikencangkan, beres. Komplain dari papa, travel shock breaker depan terlalu pendek, jadi kalo jalan kencang, ban kiri depan kena lubang agak besar, bunyi jedok. Saya sendiri belum pernah mengalami sih selain waktu test drive dulu sengaja sikat polisi tidur.

Kata papa juga, setelah servis 5000 km ini, mesin terasa lebih responsif, terutama di putaran atas. Saya sendiri belum coba lagi setelah servis.

1 lagi, setelah beberapa hari servis, baru ingat kalo kmrn waktu beli dapat bebas perawatan hingga 60rb km. Telpon ke sales, dia minta maaf atas miss komunikasi di pihak mereka dan langsung dijanjikan senin akan dikembalikan uang nya..
IMG_20180717_234021.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Doublewise
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Jan 24, 2017 7:50

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by Doublewise »

Bunyi jeduk? Terus bisa diperbaiki?
buscepat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Feb 11, 2014 17:57

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by buscepat »

Om Ivan, bebas perawatan itu di ongkos jasa, oli dan sparepart?
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

Doublewise wrote:Bunyi jeduk? Terus bisa diperbaiki?
Menurut mereka, masalah ini sudah diketahui oleh pihak pabrik dan sedang dicarikan jalan keluarnya.

Btw, soal bunyi jedug ini sudah saya tulis di review, dan penyebabnya pun sudah saya tulis juga, yaitu travel suspensi yang terlalu pendek, sehingga baru turun sedikit, sudah maksimal travel nya. Dan menurut saya sih bukan masalah besar, karena dalam kehidupan nyata (bukan test drive), saya belum pernah mengalami, karena memang selalu pelan2 lewat polisi tidur dan lubang.
buscepat wrote:Om Ivan, bebas perawatan itu di ongkos jasa, oli dan sparepart?
Betul Om. Teori nya sih, menurut mereka, bebas perawatan yang "wajar". Jadi oli, filter, dan sparepart lain yang "wajar", semua di cover. Kita tinggal isi bensin dan pakai aja..

Entah seberapa jauh yang dikatakan "wajar" itu. Kita lihat saja nanti di servis berkala selanjutnya. Nanti saya Update setiap ada servis, kalo tidak malas dan lupa. Ha2...
haybat
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jul 15, 2018 4:14

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by haybat »

liemivan86 wrote: Sat Jul 21, 2018 12:15
haybat wrote: Corteznya baru datang hari ini gan
Kemarin lagi dipasangin nano ceramic coating sama kaca filmnya dapet LLumar

Berarti kalo 215/60 R16 bisa dipake dengan velg bawaan tanpa gasruk ya gan?
Rencana mau dunlop Lm 704 sih gan, ban yg cukupan di daerah ane (jombang) adanya itu, lainnya hankook sm accelera. Kurang sreg...

Iya gan, di rumah ada vellfire 1st gen juga, malah menurut saya enakan grandis kalo urusan mesin, kenyamanan, fun to drive, minim limbungnya, sama kalo ngadepin jalanan bergelombang.
Tapi ya itu. Sudah mulai rewel dan sparepartnya susahnya minta ampun. Jadi ya... butuh mobil baru range harga 250-280 dan kebetulan diantara xpander sama cortez sregnya ama si cortez ini...
215/55 R16 saya yakin tidak gasruk, kalo 215/60 R16 pasti tidak gasruk atas bawah, tapi entah waktu belok ya.. Nanti di review juga ya om, gimana kesan nya setelah pakai Cortez nya.

Btw, di sini jangan pakai "Gan", kita pakai nya om, lebih enak gitu manggil nya..
Oke om...
Mungkin nunggu ban gundul dulu deh. Soalnya bannya bagus...
:ungg:

Oke first impression ngga jauh2 dari om liemivan86. Dan kebetulan yang pake juga bapak saya buat mobil kedua yang dipake mobilitias.
Mobil ini cukup nyaman, meski ngga senyaman Grandis yang sudah kami miliki dari taon 2006 dan lagi masuk bengkel.
Dulu sebelum memutuskan beli juga sudah TD antara Xpander dan Cortez. Kenyamanan dan kelengkapan fitur Cortez bikin jatuh hati.

Cruising standar di kabupaten ane (Jombang) yang jalannya bergelombang cukup stabil, anteng, kekedapan kabin cukup memuaskan.
Suspensinya juga nyaman, saya ambil yang 1,8 Lux+ i-AMT. Bantingannya cukupan lah, limbung juga bisa ditoleransi.
Jedug kalo dipake lewatin polisi tidur agak tinggi dengan kecepatan sedang memang ada, tapi ya... siapa sih yang lewatin polisi tidur sampe lupa ngerem?

Mobil ini saya coba di jalan tol Mojokerto-Surabaya, pake mode sport dan pas jalan 130 Km/h setirnya jadi berat, ngga seenteng kalo pelan. Mau bejek gas lagi keburu ada perkerjaan konstruksi.
Tapi ya konsekwensinya pake mode sport konsumsi bbm jadinya 1:6,5 karena rpm tinggi dan maen gas rem ngehindari pekerjaan konstruksi tol.
Kalo pake mode eco dengan kelancaran jalan tol dan speed sewajarnya (60-120max) bisa dapet 1:11 (semuanya berdasarkan info MID Wuling)
Saya yakin bisa lebih hemat lagi kalo tahu triknya, ini yang masih saya cari...
Tapi kalo dibandingkan sama Grandis ya hematan ini meski ngga apple to apple karena Grandis 2,4 ini 1,8.

Selebihnya idem sama om liemivan86
Oiya, detailing ada yang kurang sreg...
Sopir saya kebingungan soalnya pas nyuci mobil wipernya gak bisa diangkat yang satu, yang kiri. Karena apa? Mentok sama kap mesin. Entah desain Cortez emang kayak gini apa punya saya aja yg gitu...

So, overall oke lah ya dengan harga segini...
Tinggal lihat kedepannya gimana tentang spareparts dan kehandalan mobil ini, secara memang masih perlu pembuktian lagi tentang daya tahannya gimana...
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »


haybat wrote:
Oke om...
Mungkin nunggu ban gundul dulu deh. Soalnya bannya bagus...
:ungg:

Oke first impression ngga jauh2 dari om liemivan86. Dan kebetulan yang pake juga bapak saya buat mobil kedua yang dipake mobilitias.
Mobil ini cukup nyaman, meski ngga senyaman Grandis yang sudah kami miliki dari taon 2006 dan lagi masuk bengkel.
Dulu sebelum memutuskan beli juga sudah TD antara Xpander dan Cortez. Kenyamanan dan kelengkapan fitur Cortez bikin jatuh hati.

Cruising standar di kabupaten ane (Jombang) yang jalannya bergelombang cukup stabil, anteng, kekedapan kabin cukup memuaskan.
Suspensinya juga nyaman, saya ambil yang 1,8 Lux+ i-AMT. Bantingannya cukupan lah, limbung juga bisa ditoleransi.
Jedug kalo dipake lewatin polisi tidur agak tinggi dengan kecepatan sedang memang ada, tapi ya... siapa sih yang lewatin polisi tidur sampe lupa ngerem?

Mobil ini saya coba di jalan tol Mojokerto-Surabaya, pake mode sport dan pas jalan 130 Km/h setirnya jadi berat, ngga seenteng kalo pelan. Mau bejek gas lagi keburu ada perkerjaan konstruksi.
Tapi ya konsekwensinya pake mode sport konsumsi bbm jadinya 1:6,5 karena rpm tinggi dan maen gas rem ngehindari pekerjaan konstruksi tol.
Kalo pake mode eco dengan kelancaran jalan tol dan speed sewajarnya (60-120max) bisa dapet 1:11 (semuanya berdasarkan info MID Wuling)
Saya yakin bisa lebih hemat lagi kalo tahu triknya, ini yang masih saya cari...
Tapi kalo dibandingkan sama Grandis ya hematan ini meski ngga apple to apple karena Grandis 2,4 ini 1,8.

Selebihnya idem sama om liemivan86
Oiya, detailing ada yang kurang sreg...
Sopir saya kebingungan soalnya pas nyuci mobil wipernya gak bisa diangkat yang satu, yang kiri. Karena apa? Mentok sama kap mesin. Entah desain Cortez emang kayak gini apa punya saya aja yg gitu...

So, overall oke lah ya dengan harga segini...
Tinggal lihat kedepannya gimana tentang spareparts dan kehandalan mobil ini, secara memang masih perlu pembuktian lagi tentang daya tahannya gimana...
Itu wiper ngumpet supaya lebih aerodinamis om, jadi angin dari kap mesin langsung ke kaca dan dibuang ke belakang. X-trail saya juga gitu.

Cara angkat nya, kalo tidak salah ingat, putar kunci ke on, kembali ke acc, tarik tuas wiper 1 atau 2x, begitu terangkat, putar kunci ke off. Mengembalikan nya, jangan lupa wiper harus nempel dulu ke kaca, lalu putar kunci ke on, tarik tuas wiper 1x.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

Btw, barusan lihat kemasan oli nya. Ternyata oli SGMW 5W-30 ini buatan sinopec Singapore, API SM. Lumayan murah sih, 1 galon 300 rb kurang sedikit. Lebih murah dari Idemitsu dari Nissan di kisaran 110rb an per liter.

Bagus nda ya oli Sinopec ini?
haybat
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jul 15, 2018 4:14

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by haybat »

liemivan86 wrote: Sun Jul 22, 2018 5:43

Itu wiper ngumpet supaya lebih aerodinamis om, jadi angin dari kap mesin langsung ke kaca dan dibuang ke belakang. X-trail saya juga gitu.

Cara angkat nya, kalo tidak salah ingat, putar kunci ke on, kembali ke acc, tarik tuas wiper 1 atau 2x, begitu terangkat, putar kunci ke off. Mengembalikan nya, jangan lupa wiper harus nempel dulu ke kaca, lalu putar kunci ke on, tarik tuas wiper 1x.
Saya fokus ke detail atau kekurangannya aja ya om. Kalo kelebihan ini mobil sudah value for money banget lah, kalo head to head fitur ngga kalah sama merk jejepangan.

Wipernya Minor detail aja sih om...
Cuma untuk nyuci kan kudu dibersihkan semua, iya jadi kudu mainin wiper dlu supaya bs naik...

Ini mobil sudah bisa dapet feelnya, dan udah mulai kebiasa padahal baru bawa 3-4 kali. Transmisi paling enak pake manual yang kadang saya geser2 ke i-AMT.
kalo transmisi AMT saya ngerasain ini jauh lebih baik daripada Ignis teman saya. Ngga gelagapan dan lagnya minim. Good lah ya.
Hanya saja dari R ke D butuh effort lebih, ngegasnya kudu agak dalem supaya bisa maju, ini agak kurang sreg juga bagi saya.
Pintu bagasi juga perlu agak "dibanting" supaya sensornya mati, kalo ngga kayak gitu dibilang pintu bagasi kurang rapet di MID. Padahal saya dah yakin nutupnya bener.
Yang lainnya masih cari-cari ini om...
:big_think:

Untuk olinya yang Sinopec kata mekanik langganan saya itu 11-12 sama Eneos
Si Sinopec jagoan dari China
Si Eneos jagoan dari Jepang
Katanya, saya sendiri belom tahu dan belum pernah pake kedua oli itu...
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by herry_chen »

om liemivan86
butuh berapa lama untuk bisa terbiasa dengan trasmisinya i-amt nya
samapi skr saya masih pikirin, apakah bakalan terganggu dengan i-amt nya
tapi untuk mt nya sih enak, tingal -+ giginya aja
oiya kalo untuk keseharian kita pakai mode manualnya apakah boleh?
setahu saya kalo AT konvensional, yg ada -+ nya kan gak boleh sering/pakai harian ya kecuali untuk kebutuhan kickdown aja
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

herry_chen wrote:om liemivan86
butuh berapa lama untuk bisa terbiasa dengan trasmisinya i-amt nya
samapi skr saya masih pikirin, apakah bakalan terganggu dengan i-amt nya
tapi untuk mt nya sih enak, tingal -+ giginya aja
oiya kalo untuk keseharian kita pakai mode manualnya apakah boleh?
setahu saya kalo AT konvensional, yg ada -+ nya kan gak boleh sering/pakai harian ya kecuali untuk kebutuhan kickdown aja
Karena ada bilang MT nya enak, asumsi saya, Om sudah test drive? Test drive nya berapa lama dan gimana rasanya setelah test drive?

Kalo saya sih kronologis nya begini:
- masuk mobil test drive, mulai jalan
- 5 menit: ternyata gini toh AMT itu
- setengah jam: masih eksperimen terus, cari sela yang enak biar nda jendul2
- 1 jam: uda ketemu sela nya biar nda jendul2

Test drive hari kedua:
- masuk mobil, mulai jalan, langsung praktek kan cara kemarin
- setengah jam: sebenarnya tanpa pakai cara Aneh2 pun sudah cukup halus koq

Setelah mobil datang:
- masuk mobil
- peduli amat mau jendul, pokok nya bejek aja.. Ha2...

Tapi seriously, saya pribadi sekarang tidak terlalu ambil pusing dengan jendul nya, selama kita setir nya normal aja, halus, tidak terlalu tarik2, tidak terlalu kerasa koq jendul nya, kecuali gigi 1 ke 2 saja, lainnya mirip kayak Matic Veloz saya dulu. Cuma memang kekurangan yang agak terasa sampai sekarang, di mode eco, transmisi agak malas turun gigi, jadi sering kali rpm nya terlalu rendah dan tarikan jadi agak berat. Tapi kembali lagi, kalo kita tipe orang yang halus setir nya, tidak terlalu pengaruh koq.

Soal manual nya boleh seberapa sering dipakai, jawabannya: sesering yang di mau. Karena basic mobil ini manual, mode manual nya tidak masalah mau dipakai sesering apa pun. Toh beda nya hanya dipindah oleh komputer atau kita. Saya sendiri kalo di dalam kota, jarang sekali pakai mode manual, pokok nya setir aja. Dan kadang kalo rpm uda tinggi, kaki bisa otomatis lepas gas. Ha2..

Sebenarnya Matic konvensional pun tidak masalah koq mau pakai mode manual seberapa sering. Yang buat umurnya pendek itu, kalo sering di abuse di rpm tinggi dan ganti oli Matic nya telat.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by satriakarisma »

Katanya enak kalau start di gigi 2 ya om Liem? Gak terlalu ndut2an
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »

satriakarisma wrote:Katanya enak kalau start di gigi 2 ya om Liem? Gak terlalu ndut2an
Eh? Memang bisa?

Yang pasti gigi 1 nya pendek, jadi kalo macet2 an, lumayan sering pindah gigi 1 ke 2, jadi agak sering jendul.

Tapi seriously, paling jelek, setelah pakai 1 minggu, kita pasti akan terbiasa dengan karakter nya koq, dan lama-lama akan cuek sendiri dengan jendul2 itu. Malah lebih menikmati nyaman dan luas nya.

Itu kalo saya sih..
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by satriakarisma »

liemivan86 wrote: Sun Aug 12, 2018 3:16
satriakarisma wrote:Katanya enak kalau start di gigi 2 ya om Liem? Gak terlalu ndut2an
Eh? Memang bisa?

Yang pasti gigi 1 nya pendek, jadi kalo macet2 an, lumayan sering pindah gigi 1 ke 2, jadi agak sering jendul.

Tapi seriously, paling jelek, setelah pakai 1 minggu, kita pasti akan terbiasa dengan karakter nya koq, dan lama-lama akan cuek sendiri dengan jendul2 itu. Malah lebih menikmati nyaman dan luas nya.

Itu kalo saya sih..
Denger denger bisa om, malah lebih enak bawanya
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: User Review: Wuling Cortez 1.8 L Lux+ AMT, (Hopefully) A Long Term Review

Post by liemivan86 »


satriakarisma wrote: Denger denger bisa om, malah lebih enak bawanya
Entah lah ya om, saya pribadi nda terlalu mikirin sih soal AMT ini. Setelah sekian lama pakai, kita terbiasa koq, nda terlalu peduli lagi dengan jendul nya. Memang kalo ada pilihan transmisi lain mending yang lain, tapi berhubung belum ada pilihan lain dengan value segini di harga segini, ya terima aja..