menviardi wrote:
Nah ad pengguna Nav1 nih.
1. Perbedaanan tipe G dengan tipe V apa aja om?
2. FC dalam kota (mayoritas macet) 1:brp? (Krn pasti bakal jd daily use)
3. Apple to Apple dgn kendaraan setipe (Serena & Biante) dr sisi FC, kepraktisan interior, luas interior, maintenance cost, value for money?
Thx om
Saya jawab sebisa nya ya, soalnya bukan saya yang pakai sehari-hari..
1. Nav1 ada 3 tipe, G, V, V limited. Tipe V ada smart key, body kit, corner sensor (yang tidak terlalu berguna karena posisi nya ke tutup an setir), velg lebih besar 1 inch, terus apa lagi ya.. Kayaknya itu aja deh. V limited ada kulkas di tengah, yang saya tidak suka karena jadinya tidak walk through cabin Kalo ada kulkas nya. Plus hiasan plastik2 khas Toyota yang bikin norak.
Karena menurut saya fitur tipe V dan V limited tidak menarik, saya ambil tipe G saja. Plus nya, karena velg R15, ban nya lebih murah. Dan waktu itu juga pas dapat tipe G yang kondisi bagus banget, km asli rendah dan harga masuk akal, jadi langsung di sikat deh.
2. Posisi skr diisi pertalite (seharusnya tidak boleh sih, tapi berhubung nda ikut punya mobil, ya uda deh) MID sekitar 8 sekian km/L. Tapi menurut saya kalo diisi pertamax (apalagi turbo) bisa jauh lebih baik, karena ini mesin direct injection perlu oktan tinggi.
3. Saya tidak pernah pakai yang lain ya, waktu itu beli Nav1 juga cuma karena merk nya aja (serius!) karena kakak yang mau beli kapok sama Honda, jadi cuma mau Toyota aja. Tapi kurang lebih begini:
- Serena sekilas saya masuk di showroom terasa kalah lebar
- Serena dan Biante baris keduanya tidak ada arm rest lengkap ala captain seat seperti Nav1
- Nav1 dan Serena kursi row 3 nya bisa di lipat ke samping, Biante kalah praktis di sini, cuma bisa duduk an jok di lipat ke atas saja
- bagian bagasi Nav1 ada storage tertutup di bawah nya yang gede banget. Anak umur 10 tahun literally bisa masuk di sana. Ini berguna banget untuk keluarga. Kemarin kakak saya ke Bali dengan semua kursi dibuka, karena semua tas dan barang kecil bisa masuk di storage ini dan koper2 di bagasi, jadi semua kursi lengkap berdiri
- kursi Nav1 yang bisa diputar ke belakang itu hanya gimmick, tidak berguna karena waktu diputar, sandaran row 2 nempel ke row 1 dan itu pun antara row 2 dan row 3 tidak ada leg room, jadi percuma
- Serena punya konfigurasi kursi yang paling fleksibel
- mesin Biante paling enak dan responsif, Serena dan Nav1 kurang lebih sama lemot nya, sesuai dengan tema mobil keluarga
- maintenance cost (harusnya) Nav1 lebih murah ya, tapi karena belum ganti apa-apa, jadi saya kurang tahu juga sih
-ground clearance ketiga nya pendek ya, jadi kalo ketemu polisi tidur harus pelan2. Saya beberapa kali mentok di pembatas Ban di parkiran mall itu waktu mobil diisi penuh
- apa lagi ya...
Overall menurut saya gini:
- pilih Nav1 bila pakai sopir, anda duduk di row 2
- pilih Biante bila anda suka setir sendiri, dengan mengorbankan kepraktisan. Karena Biante ini paling kalah dalam hal kepraktisan dan fleksibilitas
- pilih Serena bila anda yang nyetir, dan butuh mobil keluarga yang fleksibel dan mau ada sunroof