Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 23 Jun 2018, 19:30

jivos wrote:
22 Jun 2018, 04:10
Pugman wrote:
21 Jun 2018, 21:44
5008 barangnya langka Om, padahal biar underdog.. Ini memang pilihan menarik, ya mungkin lain waktu.. Apalagi kalau Yang All new..
:big_love:

Kalau Odyssey pernah juga saya 2x jogging sama RB1 dengan 406 saya, pertama di Jagorawi arah bogor, yang kedua di daerah Gentong-Nagrek..
Dari 100-150 memang cepet neh RB1, saya baru bisa overtake di 170, bahkan dibandingkan dengan CRV atau CX5, RB1 ini jauh lebih wow sepertinya.

Btw itu sampeyan pakai apa Om? 407?
*pk A3 turbo um :mky_01:

RB1 absolute iu 200hp ...mmg lbh wow dr crv/cx5. Klo cx-5 msh bs sy overtake bbrp kali pk 407 (spec sheet 407 msh d bwh cx-5). .kondisi tol kosong kbetulan, jd ngga perlu skill zigzag...modal bejek gas sj.

======
Napa ngga biante sj um....
Karena lumayan sering ketemu sama Cx5 dan CRV 2.0 yang suka ngebut, saya sedikit tahu dimana strong poin 2 spesies ini.

Biante, Serena, Nav1.. Saya ga akan beli mobil itu kalau belum mampu bayar driver hihihi
:mky_01:
Meskipun sebenarnya saya sangat tertarik dengan Serena.

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2763
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by ginting » 24 Jun 2018, 15:17

Saya punya vendor..dia orang gak peduli RV.

mobil dia dulu Escape dan Exora.
Lalu skrg ada Subaru legacy dan Mazda 8.

menurut dia kendala utama adalah gampang gasruk..dia sdh coba lift tp katanya arm bawah gak dukung..

juga dia punya 3 anak..selalu berantem berebut kursi tengah...mantap...

selebihnya sih enak enak aja katanya..

rumahnya di Pamulang Mas.

Back to topic.
kalo pilihan cuma dua itu saya rasa pilih oddysey lbh maknyuss...

tapi kembali lagi..kalo nyonya sdh sregg dgn M8 ..udah beli itu aja daripada rumah tangga panas.

Happy wife berarti happy family..

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 29 Jun 2018, 08:03

ginting wrote:
24 Jun 2018, 15:17
Saya punya vendor..dia orang gak peduli RV.

mobil dia dulu Escape dan Exora.
Lalu skrg ada Subaru legacy dan Mazda 8.

menurut dia kendala utama adalah gampang gasruk..dia sdh coba lift tp katanya arm bawah gak dukung..

juga dia punya 3 anak..selalu berantem berebut kursi tengah...mantap...

selebihnya sih enak enak aja katanya..

rumahnya di Pamulang Mas.

Back to topic.
kalo pilihan cuma dua itu saya rasa pilih oddysey lbh maknyuss...

tapi kembali lagi..kalo nyonya sdh sregg dgn M8 ..udah beli itu aja daripada rumah tangga panas.

Happy wife berarti happy family..
Saya juga ga terlalu pusing dengan RV Om, karena mobilnya akan dipakai lebih dari 5thn.

Kalau M8 gasruk berarti si Odc lebih sering lagi ya..
Hehehe...

Tadinya calonnya adalah 5008, RB3 dan M8, tapi karena butuh ukuran space lebih besar di Row 3 makanya 5008 terpaksa di coret

Jadi berdasarkan masukan para suhu disini saya rangkum sebagai berikut. Dalam rangkuman ini 5008 saya sertakan hanya sebagai pembanding bukan untuk dipilih

Kenyamanan Suspensi
1. 5008
2. M8
3. Odyssey

Handling
1. Odyssey
2. Peugeot
3. M8

PWR (mesin)
1. Odyssey
2. 5008
3. M8

FC
1. 5008
2. Odyssey
3. M8

Space kabin
1. M8
2. Odyssey
3. 5008

Practical
1. M8 (PSD, PBD)
2. 5008
3. Odyssey

Fitur unggulan menurut saya
1. M8 : Super relax seat, PSD, PBD, HU
2. Odyssey : Powerfull N.A engine, handling sedan
3. 5008 : 1.6turbo, panoramic roof, ICE

:big_smile]

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1574
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by jivos » 29 Jun 2018, 09:12

sekalian dg bobot/kerb weightnya um :mky_01:

Sy plg gampang nyoret mbl dr bobotnya it ruins many things..fm FC to handling,...etc.

fabrikan umumnya jg ngejar ini (lightweight) d releasan next model mrk, dg bbrp pertimbangan tentunya, incld d segment people mover car.
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 27 Feb 2013, 13:03

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by PlantFoot » 29 Jun 2018, 09:34

sy cm pernah numpang rb2 abs IU punya boss sy dl. dijemput supirnya subuh buat k airport..di toll liat k luar kok kyknya cpt bgt, tp d dlm berasa biasa aja, liat speedo dah lwt160kph..ajibb..sll ngiler liat mbl mcm ini, tp kl liat kondisi jln jd mundur teratur..tkt gasruk :big_childish:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 30 Jun 2018, 22:03

Halo para suhu, terima kasih atas saran, masukan dan sharingnya. Setelah berdiskusi dengan menkeu dan mencoba TD lebih jauh M8 (tanpa TD RB3), akhirnya kapal induk M8 telah bersandar di rumah.

Ya PSD, PBD dan captain seat ottoman benar2 undeniable..
:big_love:
Hari ini sudah saya bawa sejauh 60-an km.
Impresi saya, mobil ini sangat halus, no rattle, benar2 solid.
Kabin juga kedap, gambaran kekedapannya seperti ini, sehari sebelumnya saya naik mobilio, saya setel musik volume sedang, kalau mobilnya jalan di 80kpj maka suara musik hampir tidak terdengar karena kalah dengan suara ban lalu terdengar lagi kalau mobilnya pelan atau berhenti. Sedang di m8, dengan volume musik yang kira2 sama, suara musiknya tedengar selayaknya mobil dalam keadaan berhenti.
Transmisi paling sering ada di gear 3 dan 4, bekerja di rentang 1000-2000rpm, jika butuh akselerasi dan kick down maka akan Shifting di 4000rpm. Saya tidak pakai mode manual karena rentang rpm yang digunakan secara automatis sudah cukup buat saya.
Suspensi hampir mendekati kenyamanan 5008, yang membedakan kalau ada polisi tidur, rebound suspensi m8 lebih cepat dari 5008, jadi efek pantulan cukup terasa. Ya, mau tidak mau kita harus banyak mengurangi kecepatan saat akan melewati polisi tidur. di 5008, kita bahkan bisa melibasnya pada 30-40kpj tanpa guncangan berarti (kalau tidak sayang kaki-kaki).
Pengereman, ini juga hal yang saya suka. Responnya mirip dengan rem 406 saya. Smooth dan predictable.

Anyway, menurut saya M8 memang mobil yang menyenangkan.
:mky_02:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 30 Jun 2018, 22:04

Halo para suhu, terima kasih atas saran, masukan dan sharingnya. Setelah berdiskusi dengan menkeu dan mencoba TD lebih jauh M8 (tanpa TD RB3), akhirnya kapal induk M8 telah bersandar di rumah.

Ya PSD, PBD dan captain seat ottoman benar2 undeniable..
:big_love:
Hari ini sudah saya bawa sejauh 60-an km.
Impresi saya, mobil ini sangat halus, no rattle, benar2 solid.
Kabin juga kedap, gambaran kekedapannya seperti ini, sehari sebelumnya saya naik mobilio, saya setel musik volume sedang, kalau mobilnya jalan di 80kpj maka suara musik hampir tidak terdengar karena kalah dengan suara ban lalu terdengar lagi kalau mobilnya pelan atau berhenti. Sedang di m8, dengan volume musik yang kira2 sama, suara musiknya tedengar selayaknya mobil dalam keadaan berhenti.
Transmisi paling sering ada di gear 3 dan 4, bekerja di rentang 1000-2000rpm, jika butuh akselerasi dan kick down maka akan Shifting di 4000rpm. Saya tidak pakai mode manual karena rentang rpm yang digunakan secara automatis sudah cukup buat saya.
Suspensi hampir mendekati kenyamanan 5008, yang membedakan kalau ada polisi tidur, rebound suspensi m8 lebih cepat dari 5008, jadi efek pantulan cukup terasa. Ya, mau tidak mau kita harus banyak mengurangi kecepatan saat akan melewati polisi tidur. di 5008, kita bahkan bisa melibasnya pada 30-40kpj tanpa guncangan berarti (kalau tidak sayang kaki-kaki).
Pengereman, ini juga hal yang saya suka. Responnya mirip dengan rem 406 saya. Smooth dan predictable.

Anyway, menurut saya M8 memang mobil yang menyenangkan.
:mky_02:

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1436
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by nyotnyet » 30 Jun 2018, 22:07

Pugman wrote:Halo para suhu, terima kasih atas saran, masukan dan sharingnya. Setelah berdiskusi dengan menkeu dan mencoba TD lebih jauh M8 (tanpa TD RB3), akhirnya kapal induk M8 telah bersandar di rumah.

Ya PSD, PBD dan captain seat ottoman benar2 undeniable..
:big_love:
Hari ini sudah saya bawa sejauh 60-an km.
Impresi saya, mobil ini sangat halus, no rattle, benar2 solid.
Kabin juga kedap, gambaran kekedapannya seperti ini, sehari sebelumnya saya naik mobilio, saya setel musik volume sedang, kalau mobilnya jalan di 80kpj maka suara musik hampir tidak terdengar karena kalah dengan suara ban lalu terdengar lagi kalau mobilnya pelan atau berhenti. Sedang di m8, dengan volume musik yang kira2 sama, suara musiknya tedengar selayaknya mobil dalam keadaan berhenti.
Transmisi paling sering ada di gear 3 dan 4, bekerja di rentang 1000-2000rpm, jika butuh akselerasi dan kick down maka akan Shifting di 4000rpm. Saya tidak pakai mode manual karena rentang rpm yang digunakan secara automatis sudah cukup buat saya.
Suspensi hampir mendekati kenyamanan 5008, yang membedakan kalau ada polisi tidur, rebound suspensi m8 lebih cepat dari 5008, jadi efek pantulan cukup terasa. Ya, mau tidak mau kita harus banyak mengurangi kecepatan saat akan melewati polisi tidur. di 5008, kita bahkan bisa melibasnya pada 30-40kpj tanpa guncangan berarti (kalau tidak sayang kaki-kaki).
Pengereman, ini juga hal yang saya suka. Responnya mirip dengan rem 406 saya. Smooth dan predictable.

Anyway, menurut saya M8 memang mobil yang menyenangkan.
:mky_02:
Welcome to the club om...
Siap2 dikatain ertiga hahahahaha...

Besok selasa saya mau ganti oli dll di M8, sedihnya ga semua bengkel punya filter olinya, bahkan oli transmisi saya pesen dulu via tokped 10liter karna mau flushing, hahahaha.

M8 memang menarik, susah cari gantinya hahahaha

stay calm and drive D4D

flamboyan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 18 Nov 2014, 08:58

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by flamboyan » 01 Jul 2018, 00:16

Pugman wrote:
30 Jun 2018, 22:04
Halo para suhu, terima kasih atas saran, masukan dan sharingnya. Setelah berdiskusi dengan menkeu dan mencoba TD lebih jauh M8 (tanpa TD RB3), akhirnya kapal induk M8 telah bersandar di rumah.

Ya PSD, PBD dan captain seat ottoman benar2 undeniable..
:big_love:
Hari ini sudah saya bawa sejauh 60-an km.
Impresi saya, mobil ini sangat halus, no rattle, benar2 solid.
Kabin juga kedap, gambaran kekedapannya seperti ini, sehari sebelumnya saya naik mobilio, saya setel musik volume sedang, kalau mobilnya jalan di 80kpj maka suara musik hampir tidak terdengar karena kalah dengan suara ban lalu terdengar lagi kalau mobilnya pelan atau berhenti. Sedang di m8, dengan volume musik yang kira2 sama, suara musiknya tedengar selayaknya mobil dalam keadaan berhenti.
Transmisi paling sering ada di gear 3 dan 4, bekerja di rentang 1000-2000rpm, jika butuh akselerasi dan kick down maka akan Shifting di 4000rpm. Saya tidak pakai mode manual karena rentang rpm yang digunakan secara automatis sudah cukup buat saya.
Suspensi hampir mendekati kenyamanan 5008, yang membedakan kalau ada polisi tidur, rebound suspensi m8 lebih cepat dari 5008, jadi efek pantulan cukup terasa. Ya, mau tidak mau kita harus banyak mengurangi kecepatan saat akan melewati polisi tidur. di 5008, kita bahkan bisa melibasnya pada 30-40kpj tanpa guncangan berarti (kalau tidak sayang kaki-kaki).
Pengereman, ini juga hal yang saya suka. Responnya mirip dengan rem 406 saya. Smooth dan predictable.

Anyway, menurut saya M8 memang mobil yang menyenangkan.
:mky_02:

:emo-flowerforyou:

Congratulations atas pilihannya, semoga M8-nya always make you joy and laugh

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 01 Jul 2018, 08:37

nyotnyet wrote:
30 Jun 2018, 22:07

Welcome to the club om...
Siap2 dikatain ertiga hahahahaha...

Besok selasa saya mau ganti oli dll di M8, sedihnya ga semua bengkel punya filter olinya, bahkan oli transmisi saya pesen dulu via tokped 10liter karna mau flushing, hahahaha.

M8 memang menarik, susah cari gantinya hahahaha
Resiko barang KW Om hihihi..
:big_slap:
Nanti sharing ya Om habis berapa, saya juga mau servis neh ganti oli dll, biar hitungan jelas mulai dari nol di Saya
:mky_01:
Oya kata Om Turbo di trit sebelah bisa pakai filter oli innova atau Fortie..
flamboyan wrote:
01 Jul 2018, 00:16


:emo-flowerforyou:

Congratulations atas pilihannya, semoga M8-nya always make you joy and laugh
Trims Om, mudah-mudahan bisa diandalkan.
:big_exellent:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 01 Jul 2018, 08:55

Sedikit sharing, ini saya tambahkan clip on headrest monitor Android, karena di monitor cuma ada HDMI dan di HU cuma ada Aux in RCA, maka harus pakai Converter belinya juga di toko komputer karena di sentra variasi BSD ga ada yang jual, bahkan saya harus kasih tahu instalatur bagaimana mengkoneksi HDMI Android ke HU.

Kabel Hdmi agak besar, sulit untuk diselipkan di Jok, jadi sebagian nongol begitu, memang kurang sedap dipandang,
:big_dunno:
tapi yang penting bisa konek supaya suara bisa keluar dari HU yang output suaranya ajib buat kuping nubie hehehe...
:big_peace:
Android 01.jpg
Android 01.jpg
Android 02.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Sh3rlock
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 04 Apr 2013, 08:36

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Sh3rlock » 03 Aug 2018, 08:14

Happy wife, happy life:).

Nyonya ane juga dulu demen banget pas pakai Mazda8. Dan sama, gak mau diajak TD lainnya....hihihi.

Agak sedih berpisah, tapi harus karena COP harus ganti. Sedihnya ya pas menjual itu Mazda8, kayak Coky-Coky, panjang dan lama baru laku (sebulanan), sedang sebelumnya jual Freed itungan hari laku....

Utk ride, ibu2 dan anak2 udah pasti prefer Mazda. Build Quality juga top notch. Setara dengan ANH20 ane sekarang, IMHO....

Honda baru pernah punya City dan Freed. Odyssey cuma pernah numpang aza.

Vote Mazda8 utk kali ini. Pembaca SM pasti knowledgable dan qualified utk pelihara Mazda:)

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Kaptenslow » 08 Sep 2018, 21:02

Om, gimana fc ya sejauh ini? Ada update apa lagi di m8 nya?
:mky_08:

Lerpe
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 11 Feb 2018, 07:06

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Lerpe » 16 Sep 2018, 13:19

Saya juga pengguna M8. Buat penumpang sangat nyaman, buat pengemudi juga enak, ga terasa bawa mobil ukuran gede. Saat high speed di tol juga sangat nyaman. Kekurangan dalam sisi driving hanya terasa saat jalanan menanjak, butuh effort, harus agak di kick down. So far cukup puas dengan M8. Untuk FC dalkot rute macet 1:6. Untuk rute luar kota 1:10. BBM isi Pertamax atau Shell Super. Untuk HU bawaan (Alpine), fitur sangat minim untuk harga yang katanya dulu bisa 8-10jtan

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 16 Sep 2018, 22:03

Kaptenslow wrote:
08 Sep 2018, 21:02
Om, gimana fc ya sejauh ini? Ada update apa lagi di m8 nya?
FC kalau jalan sendirian ada di 1:9-10 rute kombinasi kalau isi penumpang 4-7orang di 1:8-9
Kalau macet rekor paling buruk di 1:7 dengan 7penumpang. Sesuai antara tenaga dan FC, di tanjakan Tol Cipularang mudah kalau hanya untuk melewati ANKI.

Untuk luar kota bisa lebih dari 1:10 dan saya kira bisa 1:12 kalau speed kita jaga di 100kpj di tol, cuma bawaan mau ngegas terus jadi saya tetap sekitar 1:10,
Di speedo topspeed 180kpj, kemarin saya coba jam 3 pagi waktu mau ke bandara, 175kpj di speedo dan 173kpj pakai android gps, power sudah cut off, saya coba 2x. Kalau di remap lalu limitnya dibuka mungkin bisa 200-an kpj.
Oya punya saya sempat pincang karena busi mati 1, sebenarnya gejala ini sudah ketahuan dari sebelum beli sampai akhirnya saya dapat potongan harga dan yups, setelah beberapa waktu busi beneran mati, tadinya ragu apakah busi atau koil, akhirnya saya ganti busi 1 set pakai punya Peugeot dan koil nomor 3 saya ganti, baca lewat software OBD, cylinder no.3 miss firing. Busi iridium aslinya M8 400rb/pcs, Busi OEM Peugeot Bosch iridium cuma 200rb/pcs hehehe.. Koil sama dengan punya ford Escape.
Setelah ganti normal lagi, hanya check engine masih muncul, dibaca isinya Catcon not balance, beberapa kali dihapus muncul lagi, agak susah juga cari sumbernya, karena mesin masih terasa normal saya biarkan dulu, karena kadang hilang.

Lerpe wrote:
16 Sep 2018, 13:19
Saya juga pengguna M8. Buat penumpang sangat nyaman, buat pengemudi juga enak, ga terasa bawa mobil ukuran gede. Saat high speed di tol juga sangat nyaman. Kekurangan dalam sisi driving hanya terasa saat jalanan menanjak, butuh effort, harus agak di kick down. So far cukup puas dengan M8. Untuk FC dalkot rute macet 1:6. Untuk rute luar kota 1:10. BBM isi Pertamax atau Shell Super. Untuk HU bawaan (Alpine), fitur sangat minim untuk harga yang katanya dulu bisa 8-10jtan Image
Iya Om, mobil besar tapi punya suspensi lebih nyaman dari Fortuner dengan handling yang juga lebih bagus. FC menurut saya sesuai dengan performa mesin dan bobot yang dibawa. HU bawaan Aplhine Ina W900 itu dulu bukan 10jt Om tapi 20jt-an, memang fitur ga banyak tapi setelah saya kulik2 setelan audionya, suaranya memang ajib lebih ke SQ, seperti pengaturan Bass, Treble sampai wide, dan frekuensi ada, sayangnya HU yang saya dapat dimobil saya, GPS ga berfungsi, setelah saya bongkar2 sendiri dan googling ternyata memang beberapa user HU ini mengeluhkan GPS tidak berfungsi.
:big_dunno:
Saya isi BBM selalu Pertalite dicampur dengan Pertabo 3:1 hehehe... Kalau Pertabo susah ya Kadang campur V-power 2:1.
Pertimbangan M8 ini juga karena PSD, PBD dan seat baris 2 dengan sandaran kaki.
:big_exellent:

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1436
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by nyotnyet » 16 Sep 2018, 22:17

Ikutan share mazda 8 ya om....setelah punya bbrp tahun saya juga lupa setelah saya pinang ini mazda 8 lejen....sampe skrg masih di rumah.
Yang sudah pernah diganti :
1. Motor power windows giginya rompal....pesen 2 mingguan di mazda kena total 1,7jt, kmrn sempet browsing di toko ijo, ada yg jual gearnya aja 350rb...sialan...

2. Filter ac...ini nih harganya bikin sakit hati....bentuknya tipis eplek eplek gitu harganya 500rb...padahal vellfire kmrn beli punya innova 75rb pun sama hahahaha...resiko mobil jarang ya gitu

3. Kayanya waktunya cek kaki2 karena kadang kalo lewatin poldur ada bunyi duk...

Lainnya belum ada komplain sih...plg trakir ganti cairan besar oli2 mesin, transmisi dan coolant habis 1,5jtan apa ya...segituan kurlen sih...

stay calm and drive D4D

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 16 Sep 2018, 22:20

Sh3rlock wrote:
03 Aug 2018, 08:14
Happy wife, happy life:).

Nyonya ane juga dulu demen banget pas pakai Mazda8. Dan sama, gak mau diajak TD lainnya....hihihi.

Agak sedih berpisah, tapi harus karena COP harus ganti. Sedihnya ya pas menjual itu Mazda8, kayak Coky-Coky, panjang dan lama baru laku (sebulanan), sedang sebelumnya jual Freed itungan hari laku....

Utk ride, ibu2 dan anak2 udah pasti prefer Mazda. Build Quality juga top notch. Setara dengan ANH20 ane sekarang, IMHO....

Honda baru pernah punya City dan Freed. Odyssey cuma pernah numpang aza.

Vote Mazda8 utk kali ini. Pembaca SM pasti knowledgable dan qualified utk pelihara Mazda:)
Benar sekali Om, istri dan anak saya tampak sangat menikmati perjalanan dengan M8 ini, itu bangku belakang sampai-sampai selalu terlipat, karena bisa buat tidur anak saya. Buildnya memang ga bohong meski sudah 6 tahun, bener2 ga ada rattling. AC 3 zone juga bagus, pemanas kursinya beneran bermanfaat, bisa mengurangi pegal di punggung kalau jalan jauh. Pernah sekali pas pulang kampung, adik saya minta gantian nyetir dan saya pindah ke belakang baris kedua, emang nyaman bener..
:big_grin: :big_comfort:
Oya 1 lagi yang menurut saya sangat bagus, saat diisi 1 orang atau saya sendiri dan ketika diisi sampai 8 orang, kinerja suspensi dari segi kenyamanan dan handling tidak banyak berubah. GC memang jadi lebih rendah tapi yaitu tadi, suspensi tetap nyaman tidak mantul-mantul karena diberi beban lebih, handling masih bagus.
Beberapa mobil 7seat yang pernah saya rasa, kalau diisi 1 orang ga nyaman dan baru nyaman setelah diisi beneran 7orang atau nyaman saat dipakai sendirian dan jadi aneh ketika diisi full penumpang dan barang.

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1436
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by nyotnyet » 16 Sep 2018, 22:34

Pugman wrote:
Sh3rlock wrote:
03 Aug 2018, 08:14
Happy wife, happy life:).

Nyonya ane juga dulu demen banget pas pakai Mazda8. Dan sama, gak mau diajak TD lainnya....hihihi.

Agak sedih berpisah, tapi harus karena COP harus ganti. Sedihnya ya pas menjual itu Mazda8, kayak Coky-Coky, panjang dan lama baru laku (sebulanan), sedang sebelumnya jual Freed itungan hari laku....

Utk ride, ibu2 dan anak2 udah pasti prefer Mazda. Build Quality juga top notch. Setara dengan ANH20 ane sekarang, IMHO....

Honda baru pernah punya City dan Freed. Odyssey cuma pernah numpang aza.

Vote Mazda8 utk kali ini. Pembaca SM pasti knowledgable dan qualified utk pelihara Mazda:)
Benar sekali Om, istri dan anak saya tampak sangat menikmati perjalanan dengan M8 ini, itu bangku belakang sampai-sampai selalu terlipat, karena bisa buat tidur anak saya. Buildnya memang ga bohong meski sudah 6 tahun, bener2 ga ada rattling. AC 3 zone juga bagus, pemanas kursinya beneran bermanfaat, bisa mengurangi pegal di punggung kalau jalan jauh. Pernah sekali pas pulang kampung, adik saya minta gantian nyetir dan saya pindah ke belakang baris kedua, emang nyaman bener..
:big_grin: :big_comfort:
Oya 1 lagi yang menurut saya sangat bagus, saat diisi 1 orang atau saya sendiri dan ketika diisi sampai 8 orang, kinerja suspensi dari segi kenyamanan dan handling tidak banyak berubah. GC memang jadi lebih rendah tapi yaitu tadi, suspensi tetap nyaman tidak mantul-mantul karena diberi beban lebih, handling masih bagus.
Beberapa mobil 7seat yang pernah saya rasa, kalau diisi 1 orang ga nyaman dan baru nyaman setelah diisi beneran 7orang atau nyaman saat dipakai sendirian dan jadi aneh ketika diisi full penumpang dan barang.
Percaya gak? Mazda 8 saya pake R18 dan dipasangi ban spek suv, pas full load belakangnya ga gasruk sama sekali loh...
Engine note juga lumayan om buat kelas mpv...kayanya belum akan saya jual, mau dandanin dikit2 lah...hehehe..

Kmrn smpt kepikiran jual soalnya :(

stay calm and drive D4D

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 16 Sep 2018, 23:09

nyotnyet wrote:
16 Sep 2018, 22:17
Ikutan share mazda 8 ya om....setelah punya bbrp tahun saya juga lupa setelah saya pinang ini mazda 8 lejen....sampe skrg masih di rumah.
Yang sudah pernah diganti :
1. Motor power windows giginya rompal....pesen 2 mingguan di mazda kena total 1,7jt, kmrn sempet browsing di toko ijo, ada yg jual gearnya aja 350rb...sialan...

2. Filter ac...ini nih harganya bikin sakit hati....bentuknya tipis eplek eplek gitu harganya 500rb...padahal vellfire kmrn beli punya innova 75rb pun sama hahahaha...resiko mobil jarang ya gitu

3. Kayanya waktunya cek kaki2 karena kadang kalo lewatin poldur ada bunyi duk...

Lainnya belum ada komplain sih...plg trakir ganti cairan besar oli2 mesin, transmisi dan coolant habis 1,5jtan apa ya...segituan kurlen sih...
1. Motor power window sebelah mana Om? Komponen macam ini kelihatannya memang mahal ya.. Dulu Peugeot juga gitu, ganti part mesin bisa dibilang mirip dengan mobil Jepang tapi begitu part plastik2 buat interior malah mahal.
2. Filter AC ini letaknya dimana ya? Buka dari dashboard apa dari bawah wiper ya? Ada persamaan dengan tipe Mazda lain ga Om?
3. Punya saya juga kadang bunyi duk neh.. Perlu spooring sepertinya. Sudah saya bawa pulang kampung lewat jalan yang ga mulus, kemarin ke garut lewat Kamojang juga agak keriting jalannya.
nyotnyet wrote:
16 Sep 2018, 22:34

Percaya gak? Mazda 8 saya pake R18 dan dipasangi ban spek suv, pas full load belakangnya ga gasruk sama sekali loh...
Engine note juga lumayan om buat kelas mpv...kayanya belum akan saya jual, mau dandanin dikit2 lah...hehehe..

Kmrn smpt kepikiran jual soalnya :(
Pakai velg 18 selain GC yang lebih tinggi jadi lebih stiff ga suspensi Om? Apa aja yang terasa berubah?
Saya pingin juga ganti velg 18 untuk naikkan GC, tapi maunya cukup pakai OEM bekas aja entah dari Sesama Mazda atau yang lain dengan hole dan PCD yang sama. Yang PCD sama dari mobil apa ya Om?
Btw pakai ban apa Om? Mobil saya kebetulan dapat Ban BS Dueler 689 HT, ban masih baru jadi sayang mau ganti. Cuma jalan diatas 100kpj agak berisik aja tapi bukan seberisik kaya suara Ban di LMPV makanya akan saya pakai sampai habis saja.
Oya saya kalau ngerem agak keras dari kecepatan 150kpj kadang ada suara angin dengung di roda, macam suara kalau bus besar ngerem, apa memang begitu?

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1436
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by nyotnyet » 16 Sep 2018, 23:20

Pugman wrote:
nyotnyet wrote:
16 Sep 2018, 22:17
Ikutan share mazda 8 ya om....setelah punya bbrp tahun saya juga lupa setelah saya pinang ini mazda 8 lejen....sampe skrg masih di rumah.
Yang sudah pernah diganti :
1. Motor power windows giginya rompal....pesen 2 mingguan di mazda kena total 1,7jt, kmrn sempet browsing di toko ijo, ada yg jual gearnya aja 350rb...sialan...

2. Filter ac...ini nih harganya bikin sakit hati....bentuknya tipis eplek eplek gitu harganya 500rb...padahal vellfire kmrn beli punya innova 75rb pun sama hahahaha...resiko mobil jarang ya gitu

3. Kayanya waktunya cek kaki2 karena kadang kalo lewatin poldur ada bunyi duk...

Lainnya belum ada komplain sih...plg trakir ganti cairan besar oli2 mesin, transmisi dan coolant habis 1,5jtan apa ya...segituan kurlen sih...
1. Motor power window sebelah mana Om? Komponen macam ini kelihatannya memang mahal ya.. Dulu Peugeot juga gitu, ganti part mesin bisa dibilang mirip dengan mobil Jepang tapi begitu part plastik2 buat interior malah mahal.
2. Filter AC ini letaknya dimana ya? Buka dari dashboard apa dari bawah wiper ya? Ada persamaan dengan tipe Mazda lain ga Om?
3. Punya saya juga kadang bunyi duk neh.. Perlu spooring sepertinya. Sudah saya bawa pulang kampung lewat jalan yang ga mulus, kemarin ke garut lewat Kamojang juga agak keriting jalannya.
nyotnyet wrote:
16 Sep 2018, 22:34

Percaya gak? Mazda 8 saya pake R18 dan dipasangi ban spek suv, pas full load belakangnya ga gasruk sama sekali loh...
Engine note juga lumayan om buat kelas mpv...kayanya belum akan saya jual, mau dandanin dikit2 lah...hehehe..

Kmrn smpt kepikiran jual soalnya :(
Pakai velg 18 selain GC yang lebih tinggi jadi lebih stiff ga suspensi Om? Apa aja yang terasa berubah?
Saya pingin juga ganti velg 18 untuk naikkan GC, tapi maunya cukup pakai OEM bekas aja entah dari Sesama Mazda atau yang lain dengan hole dan PCD yang sama. Yang PCD sama dari mobil apa ya Om?
Btw pakai ban apa Om? Mobil saya kebetulan dapat Ban BS Dueler 689 HT, ban masih baru jadi sayang mau ganti. Cuma jalan diatas 100kpj agak berisik aja tapi bukan seberisik kaya suara Ban di LMPV makanya akan saya pakai sampai habis saja.
Oya saya kalau ngerem agak keras dari kecepatan 150kpj kadang ada suara angin dengung di roda, macam suara kalau bus besar ngerem, apa memang begitu?
Kalo mau pake R18 OEM coba cari punya mazda rx8 om...saya pake GT Radial savero suv premium 235/55/R18, demi menaikkan GC, skrg dah ga pernah mentok tgh kalo lwt poldur...
Pcd mazda 8 umum kok...5x114...banyak pilihannya...

Filter ac yg dibawah laci om...tipis tp mahalnya amit2..

Motor power windows yg rusak sebelah sopir...penyakit bawaan cx7, cx9 sama mazda 8 ini katanya...


Wishlist saya :
Cari tombol steering switchnya...atau ganti setir pake punya cx7 sekalian...biar setirnya ga kopong hehehe

stay calm and drive D4D

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by Pugman » 17 Sep 2018, 21:10

1537196057543136.JPG
1537196058174211.JPG
1537196058621742.JPG
Ini penampakan M8 saya sehabis mandi
:mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

atmos01
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 22 Oct 2016, 10:13

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by atmos01 » 18 Sep 2018, 10:14

Kebetulan juga punya nih di rumah, buat sopir yang hari2 bawa antar jemput anak. Sudah pakai 6 tahunan dari baru. So far yang sudah diganti di luar yang rutin (seinget saya): motor power window depan (sekarang belakang juga kena tapi belum sempet ganti), engine mounting, steering rack, sama power folding mirror.

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1436
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by nyotnyet » 18 Sep 2018, 10:15

atmos01 wrote:Kebetulan juga punya nih di rumah, buat sopir yang hari2 bawa antar jemput anak. Sudah pakai 6 tahunan dari baru. So far yang sudah diganti di luar yang rutin (seinget saya): motor power window depan (sekarang belakang juga kena tapi belum sempet ganti), engine mounting, steering rack, sama power folding mirror.
Nah kan penyakitnya...
Engine mounting, steering dkk itu abisnya brp om?

stay calm and drive D4D

atmos01
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 22 Oct 2016, 10:13

Re: Minta Pendapat Member SM, mobil kedua Ertiga KW A.K.A Mazda 8 atau Odyssey RB3

Post by atmos01 » 18 Sep 2018, 14:10

nyotnyet wrote:
18 Sep 2018, 10:15

Nah kan penyakitnya...
Engine mounting, steering dkk itu abisnya brp om?
Kalo engine mounting lupa om, berapa juta gitu. Yang mahal 1 lagi, rak setir atau as roda kiri kanan ya namanya , kemarin abis 20 lebih :big_bored: Gejalanya setir kalau dibelokkin agak patah bunyi krek2 begitu.
Ga tau kenapa bisa kena yang aneh2, lagi apes saja kali.

Post Reply

Return to “Suggestion Corner”