WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
riizv89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 12 Apr 2017, 12:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by riizv89 » 18 May 2018, 12:59

Selamat Siang Rekan-rekan SM

Setelah lelah hunting kendaraan 2nd di Surabaya dan sekitarnya, tibalah hunting kendaraan di Jakarta.
Ada satu ketertarikan dengan kendaraan di Jakarta, insyaallah dalam waktu dekat akan membelinya.

Mohon sharing pengalaman untuk proses mutasi, waktu dan biaya yang akan dikeluarkan untuk proses tersebut. Browsing pama google kurang update, lebih afdolnya nanya di warga SM.

Bagaimana ribetnya, sulitnya jika diurus sendiri dibandingkan dengan calo mutasi.

Terima kasih dan mohon maaf sebelumnya para warga SM atas pertanyaan nubie.



User avatar
1704MX
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 26 Apr 2009, 23:30
Daily Vehicle: KRL-ojekonline-transjakarta

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by 1704MX » 18 May 2018, 13:10

kalo ada waktu sih urus sendiri aja. tempo hari mau balik nama+mutasi, proses cabut berkas 1 hari, dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang (kepotong istirahat 1 jam). biaya resmi semua. cuma gesek nomor rangka/mesin aja yg seikhlasnya.

kalo pake biro jasa, jasanya aja diminta 1,5jt.. itu exclude biaya pengurusan yg resmi ya
Last edited by 1704MX on 18 May 2018, 13:16, edited 1 time in total.

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1552
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by liep » 18 May 2018, 13:11

1704MX wrote:
18 May 2018, 13:10
kalo ada waktu sih urus sendiri aja. tempo hari mau balik nama+mutasi, proses cabut berkas 1 hari, dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang (kepotong istirahat 1 jam). biaya resmi semua. cuma gesek nomor rangka/mesin aja yg seikhlasnya.

kalo pake biro jasa, jasanya aja diminta 1,5jt.. itu exclude biaya pengurusan yg resmi ya
dg kasus beli mbl baru jkt yg otr lebih murah dg diskon yg besar trus mau dipake di sby/jatim, apakah sama prosedur dan biayanya?
Last edited by liep on 18 May 2018, 13:48, edited 1 time in total.

merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 30 Oct 2012, 15:48

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by merkapa » 18 May 2018, 13:32

Tunggu pas pkbnya jatuh tempo baru cabut berkas gan. Tapi biar ga repot bisa dihandle sendiri kok

pengendiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by pengendiesel » 18 May 2018, 13:40

1704MX wrote:
18 May 2018, 13:10
kalo ada waktu sih urus sendiri aja. tempo hari mau balik nama+mutasi, proses cabut berkas 1 hari, dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang (kepotong istirahat 1 jam). biaya resmi semua. cuma gesek nomor rangka/mesin aja yg seikhlasnya.

kalo pake biro jasa, jasanya aja diminta 1,5jt.. itu exclude biaya pengurusan yg resmi ya
Kalo bole tau biaya pengurusan resminya berapa om?

User avatar
alvin23
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1132
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by alvin23 » 18 May 2018, 13:50

liep wrote:
18 May 2018, 13:11
1704MX wrote:
18 May 2018, 13:10
kalo ada waktu sih urus sendiri aja. tempo hari mau balik nama+mutasi, proses cabut berkas 1 hari, dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang (kepotong istirahat 1 jam). biaya resmi semua. cuma gesek nomor rangka/mesin aja yg seikhlasnya.

kalo pake biro jasa, jasanya aja diminta 1,5jt.. itu exclude biaya pengurusan yg resmi ya
dg kasus beli mbl baru jkt yg otr lebih murah dg diskon yg besar trus mau dipake di sby/jatim, apakah sama prosedur dan biayanya?
beda om, kalo beli mobil baru kan harus ada ktp setempat. jelek2nya sih kalo maksa bisa dibantuin tembak sama sales, trus tahun depannya di balik nama ke sby
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
ANKI G A/T VVT-i 2017

User avatar
1704MX
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: 26 Apr 2009, 23:30
Daily Vehicle: KRL-ojekonline-transjakarta

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by 1704MX » 18 May 2018, 14:19

liep wrote:
18 May 2018, 13:11
dg kasus beli mbl baru jkt yg otr lebih murah dg diskon yg besar trus mau dipake di sby/jatim, apakah sama prosedur dan biayanya?
setau saya ada biaya "pelanggaran wilayah". lalu kena bbn lagi.

jadi si mobil baru tetap didaftarin di daerah tempat beli (entah pake nama perusahaan atau siapa), lalu dibalik nama ke pembeli. nah tinggal itung2an aja berapa biaya pelanggaran wilayah+bbn nya gedean mana sama diskon...

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by liemivan86 » 18 May 2018, 14:25

merkapa wrote:Tunggu pas pkbnya jatuh tempo baru cabut berkas gan. Tapi biar ga repot bisa dihandle sendiri kok
Cabut berkas ini bukannya harus urus ke samsat setempat ya? Jadi harus urus cabut di Jakarta baru masukkan di Surabaya ya?

Saya sendiri sih biasanya pakai jasa, nda pakai repot ke sana sini, terima beres..

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1445
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by jivos » 18 May 2018, 14:29

----^^^---
Utk cabut berkas iya hrs dr asal samsat setempat

*B mutasi jkt k daerah tgtg daerahnya jg, avg d 350an. Utk jkt to bks kena di 250rb.
Baiknya cabut 1-2bln sblm jatuh tempo, biar ngga rugi" amat, krn pd saat cabut berkas pajak di daerah asal plat harus sdh lunas hingga tanggal pencabutan..kmdn d tambah biaya pkb baru di daerah asal utk 1thn kdepan.

* lama proses.
cabut berkasnya setengah hr bs selesai (dateng pagi), utk lama proses mutasi klo dr dki ke jabotabek (bks/tng/bgr ...7hr kerja selesai)

Klo di samsat komdak gatsu
Naik k lt 2 loket kanan ujung buat isi berkas...lanjut k gedung tmc lobby ..balik k gedung samsat lt3 buat byr pkb di daerah yg d tuju, turun k lt 2 buat dpt cap berkas sh d cabut..terus balik k gedung tmc buat taro semua berkas....tunggu 7hr kerja done. :big_grin:

Cek fisik:
klo males bw mobil kesana, beli form gesek d koperasi/ft copy samsat...terus gesek sendiri di rmh. Jgn lupa foto n printed bagian depan mbl buat lampiran berkas nantinya
Last edited by jivos on 18 May 2018, 14:37, edited 1 time in total.
get up n get moving... :ngacir:

Dimasdepe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 04 Jul 2017, 17:52
Location: Jakarta

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by Dimasdepe » 18 May 2018, 14:30

Pertama dateng dulu kendaraan ke samsat asal buat cek fisik sama cabut berkas
Kalo cabut berkas waktunya variatif tergantung berkasnya ketemu apa enggak
Saya dulu pernah cabut berkas sebulan akhirnya kepala bagian arsip buat pernyataan berkas terselip di samsatnya dan memohon samsat tujuan untuk di proses bbn dan berkasnya akan disusulkan.

Setelah itu datanglah ane ke samsat tujuan langsung masukin berkas, keluar notice, bayar, stnk terbit.
Terus bikin plat no baru

Terus ke polda urus bpkb

Kalo saya udah ngerasain emang ribet om. Akhirnya setelahnya ane pake biro jasa aja. Orang orang biro jasa kadang ajaib om. Pernah stnk ilang dan stnk bukan atas nama ane, doi bisa urusin tanpa ktp pemilik lamanya.
- Honda Accord CM5 Vti-L A/T K24
- Kia Sportage SL Option A/T Theta II

User avatar
riizv89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 12 Apr 2017, 12:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by riizv89 » 18 May 2018, 14:43

Dimasdepe wrote:Pertama dateng dulu kendaraan ke samsat asal buat cek fisik sama cabut berkas
Kalo cabut berkas waktunya variatif tergantung berkasnya ketemu apa enggak
Saya dulu pernah cabut berkas sebulan akhirnya kepala bagian arsip buat pernyataan berkas terselip di samsatnya dan memohon samsat tujuan untuk di proses bbn dan berkasnya akan disusulkan.

Setelah itu datanglah ane ke samsat tujuan langsung masukin berkas, keluar notice, bayar, stnk terbit.
Terus bikin plat no baru

Terus ke polda urus bpkb

Kalo saya udah ngerasain emang ribet om. Akhirnya setelahnya ane pake biro jasa aja. Orang orang biro jasa kadang ajaib om. Pernah stnk ilang dan stnk bukan atas nama ane, doi bisa urusin tanpa ktp pemilik lamanya.
Om, ada kontak biro jasa yang recommended?
Masalahnya waktu mungkin, saya ga bisa bolak-balik dari Surabaya - Jakarta.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1583
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by coklatMetalik » 18 May 2018, 15:12

1704MX wrote:
18 May 2018, 14:19
liep wrote:
18 May 2018, 13:11
dg kasus beli mbl baru jkt yg otr lebih murah dg diskon yg besar trus mau dipake di sby/jatim, apakah sama prosedur dan biayanya?
setau saya ada biaya "pelanggaran wilayah". lalu kena bbn lagi.

jadi si mobil baru tetap didaftarin di daerah tempat beli (entah pake nama perusahaan atau siapa), lalu dibalik nama ke pembeli. nah tinggal itung2an aja berapa biaya pelanggaran wilayah+bbn nya gedean mana sama diskon...
Kalo pelanggaran wilayah itu dihitungnya per propinsi atau per kabupaten om?
Kalo misalnya beda kabupaten tp di propinsi yg sama apa udh dianggap melanggar?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1552
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by liep » 18 May 2018, 15:36

1704MX wrote:
18 May 2018, 14:19
liep wrote:
18 May 2018, 13:11
dg kasus beli mbl baru jkt yg otr lebih murah dg diskon yg besar trus mau dipake di sby/jatim, apakah sama prosedur dan biayanya?
setau saya ada biaya "pelanggaran wilayah". lalu kena bbn lagi.

jadi si mobil baru tetap didaftarin di daerah tempat beli (entah pake nama perusahaan atau siapa), lalu dibalik nama ke pembeli. nah tinggal itung2an aja berapa biaya pelanggaran wilayah+bbn nya gedean mana sama diskon...
klo dibiarkan aj pake platB trus pas mau 1thn pas sblm byr pajak, dibaliknamakan dan pake plat sesuai daerah, ap msh kena pelanggarn wilayah? bbn khan pasti kena dan besarnya sama aj ya, mau 1th ud pake ato br brp hr lgs ganti bakalan sama?

Dimasdepe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 04 Jul 2017, 17:52
Location: Jakarta

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by Dimasdepe » 18 May 2018, 16:25

riizv89 wrote:
18 May 2018, 14:43
Dimasdepe wrote:Pertama dateng dulu kendaraan ke samsat asal buat cek fisik sama cabut berkas
Kalo cabut berkas waktunya variatif tergantung berkasnya ketemu apa enggak
Saya dulu pernah cabut berkas sebulan akhirnya kepala bagian arsip buat pernyataan berkas terselip di samsatnya dan memohon samsat tujuan untuk di proses bbn dan berkasnya akan disusulkan.

Setelah itu datanglah ane ke samsat tujuan langsung masukin berkas, keluar notice, bayar, stnk terbit.
Terus bikin plat no baru

Terus ke polda urus bpkb

Kalo saya udah ngerasain emang ribet om. Akhirnya setelahnya ane pake biro jasa aja. Orang orang biro jasa kadang ajaib om. Pernah stnk ilang dan stnk bukan atas nama ane, doi bisa urusin tanpa ktp pemilik lamanya.
Om, ada kontak biro jasa yang recommended?
Masalahnya waktu mungkin, saya ga bisa bolak-balik dari Surabaya - Jakarta.
Kalo biro jasa langganan saya cuma terima jabodetabek aja
Soalnya dia gak ada link selain itu

Kalo untuk urusan cabut berkas harusnya biro jasa surabaya kalo ada channel nya bisa buat cek fisik bantuan
- Honda Accord CM5 Vti-L A/T K24
- Kia Sportage SL Option A/T Theta II

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9764
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by ak4ng » 18 May 2018, 16:36

Pengalaman saya mutasi2 ginian ngerjain sendiri cuma makan ati, lebi ekonomis nyuruh supir and suruh antri seharian. Drpd biro jasa lumayan ngirit 1-2jt . And waktu kerja kita ga tersita ngantri gajebo.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

gmash
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 21 Feb 2011, 17:11

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by gmash » 18 May 2018, 16:45

kalo bisa urus sendiri, mending urus sendiri om,
atau kalo ada saudara yng bisa bantu
sejak ane urus sendiri, udah ga pernah pake calo2 lagi

ane waktu itu urus dari jakarta pindah ke bandung
kalo ga salah, semua mobil jakarta,
nyabut berkas nya mesti ke komdak.
datang pagi2 (kalo bawa mobil parkir nya lumayan susah)

urus sendiri semua
dokumen pastikan lengkap,
setengah hari juga selesai,
gak sampai makan siang
(asal datang pagian)
udah gitu tunggu 1 bulanan kalo ga salah
untuk nunggu jadinya dokumen2 buat di bawa ke kota tujuan
itu juga cepet,
lebih cepet dari yang pertama malah
kalo datang pagi2
2 jam juga selesai kali om.

nah soal biaya
terus terang ane lupa
tapi kayanya ga lebih dari 200rb
mobil ane Mazda Biante 2012,
pas mindah mutasinya tahun 2017
sumpah,
itu bikin ane misuh2 krn biayanya ternyata segitu
sebelum2nya ane pernah mutasi jkt-bandung juga
pake calo, 1jt lebih

setelah itu,
ane selalu urus sendiri
kapan hari mutasi bandung-jogja
honda freed
cuman 80rb!!!!
anjrit kan

kalo pake calo bisa gak kira2

nah berkas di dapat
tinggal bawa ke kota tujuan
tips nya
biasanya di menjelang akhir tahun
ada bebas biaya balik nama gan,
makanya ane kalo beli mobil bekas
selain kondisi dan harga
biasanya milih yang habis pajaknya akhir tahun
biar kalo ngurus mutasi,
bisa bebas/gratis biaya balik nama
jadi bener2 cuman bayar pajak doang

gitu om

User avatar
riizv89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 12 Apr 2017, 12:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by riizv89 » 18 May 2018, 17:06

gmash wrote:kalo bisa urus sendiri, mending urus sendiri om,
atau kalo ada saudara yng bisa bantu
sejak ane urus sendiri, udah ga pernah pake calo2 lagi

ane waktu itu urus dari jakarta pindah ke bandung
kalo ga salah, semua mobil jakarta,
nyabut berkas nya mesti ke komdak.
datang pagi2 (kalo bawa mobil parkir nya lumayan susah)

urus sendiri semua
dokumen pastikan lengkap,
setengah hari juga selesai,
gak sampai makan siang
(asal datang pagian)
udah gitu tunggu 1 bulanan kalo ga salah
untuk nunggu jadinya dokumen2 buat di bawa ke kota tujuan
itu juga cepet,
lebih cepet dari yang pertama malah
kalo datang pagi2
2 jam juga selesai kali om.

nah soal biaya
terus terang ane lupa
tapi kayanya ga lebih dari 200rb
mobil ane Mazda Biante 2012,
pas mindah mutasinya tahun 2017
sumpah,
itu bikin ane misuh2 krn biayanya ternyata segitu
sebelum2nya ane pernah mutasi jkt-bandung juga
pake calo, 1jt lebih

setelah itu,
ane selalu urus sendiri
kapan hari mutasi bandung-jogja
honda freed
cuman 80rb!!!!
anjrit kan

kalo pake calo bisa gak kira2

nah berkas di dapat
tinggal bawa ke kota tujuan
tips nya
biasanya di menjelang akhir tahun
ada bebas biaya balik nama gan,
makanya ane kalo beli mobil bekas
selain kondisi dan harga
biasanya milih yang habis pajaknya akhir tahun
biar kalo ngurus mutasi,
bisa bebas/gratis biaya balik nama
jadi bener2 cuman bayar pajak doang

gitu om
Wah enaknya pas free bbn, nah klo misalnya kena bbn maka bayar bbn = 2/3 pajak..

Nah klo 2/3 dari pajak, pajak kena progressive.

Hitungan benar dari kena progressive ya, bukan dari normal pajak. Oh no...

Wah mehong juga jatuhnya, sebab ada progressive beberapa kendaraan ownernya.. Image

D4Dnofal2012
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 01 Jan 2018, 14:21
Location: surabaya
Daily Vehicle: D4D

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by D4Dnofal2012 » 18 May 2018, 18:36

Kalo emang mau ngurus sendiri..ya diurus sendiri.

Baru 1 bulan yang lalu ngurus Balik Nama Innova G AT Diesel buat anak si bos.putera mahkota.
Dari Surabaya ke Madura.maklum.bos asli madura

Usahakan jika urus sendiri.sebelum jam 08.00
Sudah di samsat.
Prosesnya.
1.ke Samsat Surabaya
2.ambil blanko cek fisik
3.mobil di gesek..cek fisik.no rangka + no mesin.
Kasih 25rb.
4.masuk ambil form registrasi.di cek.apa ada progresif apa nga.jika nga..lanjut.
5.diarahkan ke POLDA JATIM.cek NI (no induk)
Kena pungli 50rb(yo wes.biar cepet)
6.balik ke samsat awal.
7.ke samsat asal.registrasi.
8.lalu ke loket FISKAL.bayar resmi.
+ kena pungli 200rb buat mempercepat.
sebab kalo prosedural..tunggu 3 minggu.
biar nga bolak balik.yo wes

1 HARI BERES di Samsat Manyar.Surabaya

9.lanjut ke Madura
10.masuk samsat.ke loket fisik
11.loket registrasi.kena pungli 100rb.
12.loket BPKB.kena pungli 100rb
13.balik ke loket registrasi.pungli lagi 100rb
14.ke loket pembayaran.resmi.
Bayar all in.STNK.BPKB.Pajak kendaraan.
5 jt an...
15.ke loket.ambil STNK+pajak 1 tahun.+ STNK
16.ke loket nopol kendaraan.minta 10rb buat rokok.
Yo wes.tak kasih 50rb.
17.pulang ke rumah pak bos di madura.
Pasang +plat nomor.
Anak pak bos ikut ke surabaya.
Ke pabrik.
18.dapat tips 1/2 UMR surabaya.lumayan.

1 HARI SELESAI di SAMSAT BANGKALAN.MADURA

TOTAL RUNTIME 2 hari FULL
Pagi sampai sore.


19.bebas.mau dibelanjain ma istri.atau mau modif mobil.
Xixixix :off_good_job:

Sekian sharingnya

Jangan dihina ya..masih newbie

qushay20019
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: WTAsk : Mutasi kendaraan dari DKI Jakarta ke Surabaya/Jatim

Post by qushay20019 » 18 May 2018, 22:26

Mantep juga ya punglinya di SBY, ane itung2 udah 600ribuan aja tuh buat selesai 2 hari...

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”