data tipe mobil saat spooring

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 03 May 2015, 01:58

data tipe mobil saat spooring

Post by syafimsa » 18 May 2018, 04:30

selamat pagi rekan rekan serta para suhu SM sekalian, barusan setelah sahur sekalian beres2in kamar saya, nah tiba2 keliatan tu kertas a4 isinya wheel alignment report, langsung big question mark saya sampe saat ini teringat kembali.

jadi dulu saya pernah terima berkas hasil spooring mbl yg tidak sesuai tipenya gitu om. saat itu saya spooring fd1 tp di kertasnya itu tulisannya "civic lx '92" langsung yg saya tangkep adlh mereka spooring pake data si civic thn 92 itu. saya balik lah ke bengkel nanyakan kok pake data yg berbeda dan kata mereka "gak ko mas itu mah sama aja kan tetep bakal lurus" disitu bodohnya saya gamau kritis dan debat ama mereka dan tkt juga dibilang sok pinter. skarang ini mbl yg bener2 saya rawat dr tangan saya sendiri baru ada total 2 model (hrv '99 dan '15) dan datanya selalu hrv '15, kalo mbl orangtua saya serahin ama beres aja kalo setirnya lari yo balik lagi gitu aja karna generasi mblnya uda banyak turunannya..

pertanyaanya.. apakah pengaruh data mbl di alat spooring dan mobil "pasien" berbeda saat spooring?? apa kita perlu request dan cek di PC nya "yg civic ini mas taun sekian" spt ituu?terimakasih dan mohon maap sebelumnya warga SMπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]

IGedeAmat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 517
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by IGedeAmat » 18 May 2018, 09:03

bukan expert soal ginian seh, cuma analisa sotoy aja;
mobil produksi masal ada istilah sharing platform,
kayak honda jazz ama city yang (katanya) sebenernya sama, cuma beda buntutnya aja,
mungkin untuk mobil2 kayak gitu pake rangka yang sama, jadi saat spooring juga setelannya sama,
maybe...
correct me if i'm wrong..

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor » 18 May 2018, 09:44

Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2428
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by marmut » 18 May 2018, 09:52

paling enak, cari di google dulu geometri mobil yang dimaksud. setelah itu baru bandingkan dengan hasil wheel alignment dari bengkel.
lagipun mayoritas kendaraan yang beredar hanya bisa stel toe-nya saja (in atau out). dan umumnya bengkel pun hanya stel toe in / toe out, untuk camber dan caster (selain dari faktor tidak bisa di stel) jarang ada mekanik yang bersusah payah mau memperbaiki atau merubah sudutnya karena prosesnya nggak mudah.
pipes - cigars - coffee

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2428
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by marmut » 18 May 2018, 09:55

evanbngdor wrote: ↑
18 May 2018, 09:44

-

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

-

seperti ini seharusnya seorang mekanik memperlakukan mobil.
umumnya mobil keluar dari bengkel spooring setirnya miring entah ke kiri atau kanan.
pipes - cigars - coffee

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by syafimsa » 18 May 2018, 10:52

IGedeAmat wrote: ↑
18 May 2018, 09:03
bukan expert soal ginian seh, cuma analisa sotoy aja;
mobil produksi masal ada istilah sharing platform,
kayak honda jazz ama city yang (katanya) sebenernya sama, cuma beda buntutnya aja,
mungkin untuk mobil2 kayak gitu pake rangka yang sama, jadi saat spooring juga setelannya sama,
maybe...
correct me if i'm wrong..
nah kalo bedanya antara city dan jazz mungkin masi saya maklumi gitu om. cuma civic '92 sama civic fd 2008 sih jauh rasanya kalo mereka masi sharing plat form. terimakasih ats pendapatnya um..
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 03 May 2015, 01:58

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by syafimsa » 18 May 2018, 11:00

evanbngdor wrote: ↑
18 May 2018, 09:44
Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
waahh peka bener yaa mekaniknya. bbrpa kali suka ga mention setir saya tidak lurus pas spooring eh bener pulang2 ya sama aja gaada prubahan....
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by efact » 18 May 2018, 11:53

kalo yg dibilang mekaniknya yang penting sekedar "tetep bakal lurus", berarti yang distel sama dia memang hanya toe nya saja, dan yep, mayoritas settingan default pabrikan di angka 0 buat toe nya, jd aja ttp lurus mau pake database mobil beda juga imho..
tp data mobil spesifik itu mnurut saya sih perlu utk parameter lain, yg paling umum bisa disetel camber nya, harusnya sih beda antara civic lx sama fd, lha sistem suspensinya aja beda kan?

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 896
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 » 18 May 2018, 14:38

evanbngdor wrote:Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
Err... Kalo saya justru sebaliknya. Kalo pakai feeling ya berarti nda objektif dan tidak ada data, dan pasti tidak akan konsisten. Bisa2 hari ini kerjakan 4 mobil, 2 mobil pertama ok, mobil ketiga mulai miring, mobil keempat berhubung sudah capek, tambah miring lagi.

Saya juga langganan GBT di Surabaya. Mereka tau nya dari mana kalo setir miring? Ya dari bacaan di alat nya. Kan kelihatan itu toe in/out nya berapa, camber, dll. Dari sana mereka cocok kan dengan keluhan kita, dan biasanya bener, karena itu ada data bacaan alat nya.

Setelah setel dengan alat, baru mekanik nya test drive, kalo kurang, baru feeling bermain, tapi sifat nya hanya fine tuning saja.

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by sukerdan02 » 18 May 2018, 16:06

Kalau bacaan dengan alat jelas tetap perlu.. Yang dipermasalahkan sebenrnya adalah data patokan standar suspensi yg ada di database alat.. Selama data tersebut cuma sekedar "hiasan" ya artinya mekanik cuma sekedar setel toe in out nya aja..
Tapi kalau data tersebut dijadikan referensi bahkan target untuk hasil setelan, ya wajib pakai data yang sesuai..

FYI kalau merujuk ke database yg ada di mesin spooring, mobil yang sama dengan trim yang beda aja bisa jadi ada sedikit setting yang beda, terutama kalau ada perbedaan velg/ban standar.. Apalagi beda tahun yang geometri suspensinya bisa beda walaupun ukuran mm..

Nah masalahnya, database yang ada di alat spooring ini biasanya disupply produsen alat spooringnya sana, nah kadang data tsb ga sesuai dengan mobil yang ada di pasaran Indonesia.. Jadi kadang mekanik pun bingung mau pakai data mana, apalagi kalau databasenya ga pernah update sedangkan yang dispooring mobil baru.. Contoh yg saya alami aja, mobil tua, tp emg beda penamaan antara pasar internasional dengan lokal.. Saya kalau spooring trooper sy, mekanik ga bakal nemu datanta, karena selalu cari di Chevrolet.. Databasenya ada di Isuzu trooper (nama internasional), itupun jenisnya ada banyak, dengan rentang 5 generasi, karena saya kebetulan tau mana generasi yg sesuai untuk pasar internasional ya bs saya tunjukin, tapi kalau sama2 ga tau ya bs jadi pake data ngasal

devin96
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by devin96 » 18 May 2018, 23:04

pernah waktu itu temen bawa suzuki carry buat di spooring padahal setir nya masih lumayan lurus, beres di spooring di bengkel umum di kawasan cikini eh tau2 nya malah parah hasilnya, buat jalan lurus setir mobil nya harus di miringin ke kiri hampir setengah jadi belok kiri setengah baru mobil jalan lurus, setelah komplain apa yg terjadi? itu montir ngelepas setir buat ngelurusin, jd di setel nya dengan copot stir baru di pas in lurus ckckck

pernah juga temen bawa avanza veloz masih baru kilometer msh di bawah 10 rb, setir agak miring, complain ke BERES malah sama aja ga ada perubahan, bawa ke bengkel spesialis spooring n4wili*, juga sama aja padahal udh bayar mahal

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 896
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 » 18 May 2018, 23:31

devin96 wrote:pernah waktu itu temen bawa suzuki carry buat di spooring padahal setir nya masih lumayan lurus, beres di spooring di bengkel umum di kawasan cikini eh tau2 nya malah parah hasilnya, buat jalan lurus setir mobil nya harus di miringin ke kiri hampir setengah jadi belok kiri setengah baru mobil jalan lurus, setelah komplain apa yg terjadi? itu montir ngelepas setir buat ngelurusin, jd di setel nya dengan copot stir baru di pas in lurus ckckck

pernah juga temen bawa avanza veloz masih baru kilometer msh di bawah 10 rb, setir agak miring, complain ke BERES malah sama aja ga ada perubahan, bawa ke bengkel spesialis spooring n4wili*, juga sama aja padahal udh bayar mahal
Kalo masalah setir itu beda dengan spooring. Spooring kan dilihat dari kaki2, ada yang miring apa nda. Biasanya, kalo kita jalan lurus, lalu lepas setir, dia agak tarik ke satu sisi, kalo tekanan ban sudah benar, berarti perlu di spooring.

Nah, kalo cuma masalah setir tidak pas posisi nya, ya memang cuma tinggal dilepas, terus pasang balik ke posisi yang benar. Ini biasanya sih sudah pernah dilepas dan diubah posisi nya, makanya harus kembali kan ke asal.

devin96
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by devin96 » 19 May 2018, 00:41

liemivan86 wrote: ↑
18 May 2018, 23:31
devin96 wrote:pernah waktu itu temen bawa suzuki carry buat di spooring padahal setir nya masih lumayan lurus, beres di spooring di bengkel umum di kawasan cikini eh tau2 nya malah parah hasilnya, buat jalan lurus setir mobil nya harus di miringin ke kiri hampir setengah jadi belok kiri setengah baru mobil jalan lurus, setelah komplain apa yg terjadi? itu montir ngelepas setir buat ngelurusin, jd di setel nya dengan copot stir baru di pas in lurus ckckck

pernah juga temen bawa avanza veloz masih baru kilometer msh di bawah 10 rb, setir agak miring, complain ke BERES malah sama aja ga ada perubahan, bawa ke bengkel spesialis spooring n4wili*, juga sama aja padahal udh bayar mahal
Kalo masalah setir itu beda dengan spooring. Spooring kan dilihat dari kaki2, ada yang miring apa nda. Biasanya, kalo kita jalan lurus, lalu lepas setir, dia agak tarik ke satu sisi, kalo tekanan ban sudah benar, berarti perlu di spooring.

Nah, kalo cuma masalah setir tidak pas posisi nya, ya memang cuma tinggal dilepas, terus pasang balik ke posisi yang benar. Ini biasanya sih sudah pernah dilepas dan diubah posisi nya, makanya harus kembali kan ke asal.
tapi masa setir yang tadi nya lumayan lurus terus abis di spooring malah jadi miring ke kiri setengah baru mobil bisa jalan lurus? berarti si montir ga bener dong?malah dia ngerusak settingan yg tadinya ga terlalu parah. Di spooring lagi, sampe akhir nya nyerah, jadinya setir nya aja di lepas trs di pas in deh biar lurus

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 896
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 » 19 May 2018, 10:11


devin96 wrote:
tapi masa setir yang tadi nya lumayan lurus terus abis di spooring malah jadi miring ke kiri setengah baru mobil bisa jalan lurus? berarti si montir ga bener dong?malah dia ngerusak settingan yg tadinya ga terlalu parah. Di spooring lagi, sampe akhir nya nyerah, jadinya setir nya aja di lepas trs di pas in deh biar lurus
Mungkin ya..

Di sini banyak faktor, misalnya, kalo memang setir itu tidak pernah di pindah mulai dari keluar pabrik, dan tidak pernah ada pengganti an rack steering, berarti kemungkinan besar memang si mekanik ngaco. Tapi kalo setir nya pernah di utak atik, bisa saja mekanik yang perbaiki sebelum nya karena nyerah nda bisa lurus in setir, terus setir nya di lepas dan di lurus kan. Pokoknya asal keliatan lurus, tapi pada saat jalan, setir tarik ke kanan dan ke kiri.

Kadang ganti rack steer, kalo putaran nya nda di hitung benar-benar, bisa ngaco juga posisi setir nya, padahal setting bawah sudah benar, tapi setir jadi miring.

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor » 21 May 2018, 08:39

liemivan86 wrote: ↑
18 May 2018, 14:38
evanbngdor wrote:Seharusnya bengkel spooring yg bener itu tidak nyetel berdasarkan data, tp bener2 dirasakan lewat butt-o meter.

Ane selalu spooring sih ke GBT meruya, so far sih buat ane yg sangat sensitif kalo nyetir, GBT ini paling akurat setelannya dibanding bengkel spooring lainnya. GBT ini juga dia pake alat spooring buat bantu monitor aja, tp setelan utamanya ya ngga ngikut data apa-apa.

Bahkan setir miring sedikit aja yg ane sengaja ngga nyebutin, mekaniknya udah tau. jd ya oke menurut ane.

Mobil sama aja kadang angkanya pasti berbeda, apalagi kalo udah ganti velg, ban, lowering kit, dll.
Err... Kalo saya justru sebaliknya. Kalo pakai feeling ya berarti nda objektif dan tidak ada data, dan pasti tidak akan konsisten. Bisa2 hari ini kerjakan 4 mobil, 2 mobil pertama ok, mobil ketiga mulai miring, mobil keempat berhubung sudah capek, tambah miring lagi.

Saya juga langganan GBT di Surabaya. Mereka tau nya dari mana kalo setir miring? Ya dari bacaan di alat nya. Kan kelihatan itu toe in/out nya berapa, camber, dll. Dari sana mereka cocok kan dengan keluhan kita, dan biasanya bener, karena itu ada data bacaan alat nya.

Setelah setel dengan alat, baru mekanik nya test drive, kalo kurang, baru feeling bermain, tapi sifat nya hanya fine tuning saja.
Setir miring mah ngga perlu pake mesin spooring jg keliatan om. Ane nulisnya setir miring lho, bukan setirnya ngebuang kiri atau kanan pas jalan. Jadi posisi setirnya yg miring beberapa derajat dibanding posisi ban nya.

Kalo pengaturan sudut roda nya sih iya pake alat. tp kalo posisi setir mah ngga perlu, cukup dibawa high speed aja misal 80kpj jg udah keliatan pasti posisi setirnya miring atau lurus.

Ane jg risih banget kalo nyetir mobil yg posisi setirnya miring.

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2236
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by Jambangan » 21 May 2018, 10:41

Jaman dulu pernah abis spooring stir mobil jadi miring
Kalo dilurusin stirnya, mobil malah ngebuang ke kiri
Padahal pas sebelum masuk bengkel stirnya lurus normal2 aja cuma agak ngebuang pas jalan
Emang harus pilih bengkel yg mantep

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by kunaskun » 21 May 2018, 17:38

menurut saya bengkel spooring yang rajin itu hanya pakai data dari alat untuk initial setup saja. karena ya kan memang default pabrikan beda2, nah setelah default, baru dicari problemnya dan diperbaiki. kalau cuma modal alat terus setel lurus doang ya itu bengkel suruh buang alat mahal dia, tukar dengan alat spooring pake benang saja, toh hasil akhirnya akan samam, tapi apa ya bisa solve the problem?

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 896
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by liemivan86 » 26 May 2018, 14:06


evanbngdor wrote: Setir miring mah ngga perlu pake mesin spooring jg keliatan om. Ane nulisnya setir miring lho, bukan setirnya ngebuang kiri atau kanan pas jalan. Jadi posisi setirnya yg miring beberapa derajat dibanding posisi ban nya.

Kalo pengaturan sudut roda nya sih iya pake alat. tp kalo posisi setir mah ngga perlu, cukup dibawa high speed aja misal 80kpj jg udah keliatan pasti posisi setirnya miring atau lurus.

Ane jg risih banget kalo nyetir mobil yg posisi setirnya miring.
Oh, ternyata setir nya miring ya... Kalo setir miring sih ya lebih susah ya.. Ha2...

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor » 28 May 2018, 08:35

liemivan86 wrote: ↑
26 May 2018, 14:06
evanbngdor wrote: Setir miring mah ngga perlu pake mesin spooring jg keliatan om. Ane nulisnya setir miring lho, bukan setirnya ngebuang kiri atau kanan pas jalan. Jadi posisi setirnya yg miring beberapa derajat dibanding posisi ban nya.

Kalo pengaturan sudut roda nya sih iya pake alat. tp kalo posisi setir mah ngga perlu, cukup dibawa high speed aja misal 80kpj jg udah keliatan pasti posisi setirnya miring atau lurus.

Ane jg risih banget kalo nyetir mobil yg posisi setirnya miring.
Oh, ternyata setir nya miring ya... Kalo setir miring sih ya lebih susah ya.. Ha2...
Setir miring malah gampang om, tinggal buka setirnya trs lurusin, kencengin deh.

Nah banyak bengkel spooring yg problemnya itu posisi setirnya yg ngga lurus, tp diutak atik settingan spooringnya.

Ane udah ngetes di beberapa bengkel untuk kasus ini, sengaja ane ngga bilang kalo posisi setirnya yg miring. Eh langsung disetel lg caster, chamber, toe nya. Terutama toe nya tuh, padahal kan masalahnya bukan disitu.

:big_dunno: :big_dunno:

User avatar
demonicorchestra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: 03 May 2017, 13:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by demonicorchestra » 28 May 2018, 09:46

Nyimak, sekalian mau nanya, klo udh ganti ban ama velg ke ring yg lebih gede apakah ngaruh jga pas spooring?
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: data tipe mobil saat spooring

Post by evanbngdor » 28 May 2018, 09:56

demonicorchestra wrote: ↑
28 May 2018, 09:46
Nyimak, sekalian mau nanya, klo udh ganti ban ama velg ke ring yg lebih gede apakah ngaruh jga pas spooring?
Pasti om, harus spooring ulang itu.

Ogut jg spooring ulang sih pas ganti ban&velg yg lebih gede.

Post Reply

Return to β€œCommon Topics of Cars or Automotive”