Page 2 of 3

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 0:38
by ChZ
Bkn masalah different opinion aja sih...

Tp ya udah deh, klo kekeuh. 🤣 Ati2 dibikin kecewa.

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 1:14
by IGedeAmat
Herman7103 wrote: ↑Thu May 10, 2018 12:13 Setahu saya di korporasi yg paling banyak terima laporan summary eksekutif yg berisi banyak informasi ya Pres Dir dan Vice PD nya itu bukan outsider corporation lah. Itu karena setiap corporate ada struktur organisasi nya yg tertinggi PD lalu VPD dst. Jujur aja mana yg lebih saya percayai high rank inner circle or outsider, honestly i still believe high rank inner circle have more information and more valid info.
tergantung topik diskusinya seh om,
kalo kita ngomongin soal kinerja perusahaan, laporan keuangan, rugi laba,
sumber informasi yang om kutip itu valid pake banget,

tapi kalo soal teknis injector de el el,
saya lebih percaya mekanik bengkel,
pres dir tau apa soal injector and ECU?
kasarnya mah, suruh nurunin ban serep aja belum tentu bisa...
:big_childish:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 2:16
by P47hos
ajprasetyo wrote: ↑Tue May 08, 2018 5:50 Halo Master2 semua.

Ane kemarin barusan beli GL XV AT 2013. Setelah 2 bulan pakai, hal yang paling buat saya kaget ternyata di konsumsi BBM. Saya tinggal di Depok. Terakhir hitung top-to-top, dapet 6,5 km/lt kombinasi dalkot. Rute pemakaian emang deket2, paling antar jemput anak. Jalan jarak menengah juga cuma ke Bintaro lewat tol. Kalau antar anak, paling pelan2, 20-40 km/jam an soalnya cuma di deket ruman. Pas ke bintaro lwt jalan tol, jalan santai 80 km/jam an. tapi pas saya isi kok boros banget ya hasilnya?

Kira-kira ada yg tau apa penyebabnya? kalau agan2 punya pengalaman dan info yang bisa bantu pertanyaan ane, mohon bantuannya ya :e-pray:
Pertama penyebab eksternal dulu nih, yg bikin boros
- suka sruntulan gas rem gas rem
- suka nungguin dalem mobil kondisi mesin AC nyala
- jalanan macet

Klo 3 itu sudah ga dilakukan, kemungkinan ya dr mobilnya. Nah kalo mobil banyak faktor yg berkaitan. Berhubung beli 2nd ada baiknya bawa tune up ke bengkel + cek kelistrikan +busi+ ganti oli mesin harus yg full syn minimal 5W-30. Saya jg mobil Grand Livina sdh 10tahun dipake jalan rata2 20-40 paling kenceng 60kpj berhubung tinggal di kota kecil tp masih dpt konsumsi BBM pake pertalite sekitar 9kpl.

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 2:34
by ChZ
IGedeAmat wrote:
Herman7103 wrote: ↑Thu May 10, 2018 12:13 Setahu saya di korporasi yg paling banyak terima laporan summary eksekutif yg berisi banyak informasi ya Pres Dir dan Vice PD nya itu bukan outsider corporation lah. Itu karena setiap corporate ada struktur organisasi nya yg tertinggi PD lalu VPD dst. Jujur aja mana yg lebih saya percayai high rank inner circle or outsider, honestly i still believe high rank inner circle have more information and more valid info.
tergantung topik diskusinya seh om,
kalo kita ngomongin soal kinerja perusahaan, laporan keuangan, rugi laba,
sumber informasi yang om kutip itu valid pake banget,

tapi kalo soal teknis injector de el el,
saya lebih percaya mekanik bengkel,
pres dir tau apa soal injector and ECU?
kasarnya mah, suruh nurunin ban serep aja belum tentu bisa...
:big_childish:
Ini nih... PresDir dan VP marketing bukan orang lapangan. Ngerti apa soal teknis mobil? Banyakan backgroundnya manajemen dan ekonomi.

Mereka mah duduk di kantor sambil liatin statistik penjualan... It's all business. Auto Industry ga semuanya ngeh soal mobil.

Teknis bagiannya orang lapangan. Klo omongan technical advisor atau chief engineer Nissan (Japan ya, klo Nissan Indo akhirnya ya jualan juga) baru deh valid. Itupun blm tentu.

Mslhnya, klo associated sama satu brand, mana mau buka boroknya sendiri? Sama aja jualan kecap. Kecuali off the record.

Makanya sy lebih percaya so called "outsiders"... Gak terafiliasi. Ibarat review mobil, masak lebih percaya review dari sales daripada review SM yang jelas gak ada berat sebelah sama merek tertentu?

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 3:30
by ajprasetyo
josomba wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:02
Kalau dari ngangkut belum ada ganti ini itu, better coba ganti oli (pake buntut -30), carbon clean, ganti saringan udara, bersihin throttle body. Kalau mau tambahan lagi sih ganti busi juga ama liat service record dan buku manual, sudah waktunya ganti saringan bensin belum.
oke well noted gan. ane newbie, jadi baru beli mobil. Alhamdulillah dpet yg KM rendah dan selalu service resmi. kalau habis lebaran masih kerasa boros ane coba lagi cek deh :thanks:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 3:31
by ajprasetyo
IGedeAmat wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:25 +1 buat saran om josomba, coba servis aja dulu.

jalan santai 20-40 km dalam komplek emang lebih boros dari jalan jauh lewat tol,
biasanya ditambah lagi kalo jemput anak sering idle, parkir nunggu anak keluar sambil mesin idup,
coba aja test sekali2 ajak jalan jauh,
liat konsumsi nya gimana...
Oh gitu ya Gan. bener juga sih. berhubung depok panasnya kaya apaan, jadi sering nunggu di dalem. well noted Gan. Makasih info nya ya. masih newbie jadi yg kayak gini baru sadar kalau dampaknya besar banget. :thanks:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 3:35
by ajprasetyo
Herman7103 wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:46 Saya cuma user ANGL CVT 2014 coba bantu jawab dengan kebiasaan yg saya lakukan:
1. Reset dulu AVG MID Mobilnya saat habis isi full tank BBM di SPBU. Driving nya dgn toel toel pedal gas untuk slide and glide and better less hard breaking atau bisa dikatakan diurut saat ngegas nya dan driving under 2000 RPM lah. Kalau saya nyetir dgn kaki tanpa alas biar injek rem atau gasnya pas secukupnya saja krn sdh kebiasaan dari awal bawa mobil dgn kaki telanjang ini
[emoji2]
2. Karena AC Mobil ANGL saya sdh dingin di putaran AC ke satu dan set Temprature cukup di 3 klik aja sdh cukup untuk mendingin kan kabin saat siang terik karena mobil sebisanya diparkir tempat teduh dan kaca film mobil sdh all kegelapan 60% dan row 3 gak pernah dipakai atau dilipat rata lantai.
3. Mobil jangan sering idle dgn AC yg kenceng atau ngedem dlm mobil saat lagi nunggu. Mending matiin mesin dan keluar dari mobil saat nunggu anak atau istri.
4. Saya gunakan oli mesin 5W30 utk masa pakai 5 sampai max 7 bln selalu ganti termasuk filter oli mesinnya karena mobil saya minum premium sih (don't follow me) kalau mesin sdh mulai kedengaran rada ada bunyi ngelitik saat kaca jendela kita buka krn kalau tertutup ngak kedengaran, saya ganti oli dan filter olinya jg dlm rangka tune up Mobil he.. he.. So far mobil sampai skrg ngak ada ngetik parah dan kuat Nanjak krn no power loss krn mesin ngelitik parah. Maintenance yg konsisten supaya mesin mobil sehat dan prima.
5. Tekanan Ban jangan pernah dibawah tekanan yg direkomendasikan pabrik, kalau saya di ANGL CVT 2014 depan dan belakang saya jaga tekanan di 36 psi.
Cuma itu aja saran saya, selamat mencoba semoga ada perbaikan Fuel consumption mobilnya. [emoji3]
udah gan. ane kalau bawa selalu diurut pelan2, soalnya juga agak sensi kalau mobil jadi boros.
mungkin yg nomor 3 nih penyebabnya, sering banget ngadem dan nunggu istri kalau lagi berhenti mampir ke warung atau beli apa, sama nunggu anak juga sih.
nomor 5 kayaknya perlu ane cek lagi. sekalian ganti ban baru
well noted gan. thank you inpoh nya :thanks:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 3:38
by ajprasetyo
alexdonovan wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:54 Om TS,

Metode ngukurnya fuel consumption-nya gimana? Full-to-full atau andalkan MID? Antar jemput anak berapa km? Macet apa ga?

Dengan usage seperti itu, sepertinya wajar kalau boros.

Waktu saya kerja di Jakarta, Ford saya (1.5, DCT-6) juga minum 1:6 - 1:7 dengan pola penggunaan yang mirip.
Rumah - kantor cuma 4 km, ditempuh 30 menit. Rute yang sama, saya pake Calya A/T cuma dapet 1:8
Full-to-full gan. jemput anak paling 2-3 km dari rumah. enggak macet sih, tp banyak piyik2 dan cabe2an naik motor dan nyebrang sembarangan. jadi pelan2.
wah ternyata memang drop banget ya kalau lawan macet dan jalan terlalu santai. ane bakal coba pertama bawa jauh lebaran tahun ini, moga2 FC nya bisa lebih irit :thanks:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 3:40
by coklatMetalik
OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 3:51
by IGedeAmat
ajprasetyo wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:31
Oh gitu ya Gan. bener juga sih. berhubung depok panasnya kaya apaan, jadi sering nunggu di dalem. well noted Gan. Makasih info nya ya. masih newbie jadi yg kayak gini baru sadar kalau dampaknya besar banget. :thanks:
Saran tambahan buat soal panas :
check kaca film, apa masih bagus ? kaca depan apa udah ada kaca film ?

pengalaman pribadi; pertama beli dulu kaca depan polos tanpa KF,
kaca samping kiri kanan pake bawaan pabrik (s*larguard),
jalan jam 11 sampe jam 1 siang diwilayah tangerang, setel AC di 20°C, masih keringetan.

pasang KF depan, ganti KF kiri kanan,
jalan di jam yang saya, setel AC di 24°C aja udah adem..

kalo soal tekanan ban,di set maksimal emang ngaruh juga seh,
tapi konsekuensi nya kenyamanan berkurang,

dulu saya juga sempat set tekanan ban di maks,
emang jadi lebih irit, tapi rasanya kok jadi kayak naik gerobak..
akhirnya diturunin lagi dikit2 sampe nemu yg rasany paling nyaman..

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 4:41
by b8099ok
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
I can answer that, but I'm just outsider.

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 7:58
by marmut
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
I can answer that, but I'm just outsider.

ayolah mbah...... dijawab saja, jangan ngambekan gitu, nanti ambeien lhooo.

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 9:14
by Or4cle
marmut wrote: ↑Fri May 11, 2018 7:58
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
I can answer that, but I'm just outsider.

ayolah mbah...... dijawab saja, jangan ngambekan gitu, nanti ambeien lhooo.
Naahhhh ini dia ... duduk manis sambil ngupi tunggu pencerahan mbah Bebong [emo-police]

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 9:20
by pengendiesel
Feeling saya sih mostly karena pola pemakaian TS. Pemakaian jarak pendek dan sebentar2, banyak stopnya memang bikin parah banget borosnya.
Dicoba bandingkan full to full di tol atau luar kota.

Dulu pernah piara OGL, dalkot 1:11, lukot rata2 1:16, sama semua utk bbm premium-pertamax. Blm pernah coba ANGL, jadi gak bisa komen tentang CVTnya.

2 hal yg menurut newbie perlu diperhatikan di mesin HR15DE :
1. CMIIW, mesinnya mengarah ke square. Beda dengan mobil2 sejenis yg cenderung oversquare. Jadi karakternya bolot di rpm bawah, tp rpm tengah atasnya enak banget.
2. Ngelitik forever.

+1 yg nunggu sabda mbah bebong tentang ngelitiknya...penasaran

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 9:37
by coklatMetalik
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
I can answer that, but I'm just outsider.
Ya gapapa :ngacir:

Lagian yg beginian sih jelas sy lbh percaya bebong yg biasa modifikasi ECU drpd org yg biasa modifikasi laporan keuangan

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 9:37
by liemivan86
Om TS, di MID grand livina nya ada average speed nda ya? Kalo ada, mungkin bisa di reset, lalu coba tes full to full dan catat average speed nya juga. Kalo di bawah 15 km/jam, jelas akan sangat boros..

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 9:58
by ChZ
pengendiesel wrote: ↑Fri May 11, 2018 9:20 Feeling saya sih mostly karena pola pemakaian TS. Pemakaian jarak pendek dan sebentar2, banyak stopnya memang bikin parah banget borosnya.
Dicoba bandingkan full to full di tol atau luar kota.

Dulu pernah piara OGL, dalkot 1:11, lukot rata2 1:16, sama semua utk bbm premium-pertamax. Blm pernah coba ANGL, jadi gak bisa komen tentang CVTnya.

2 hal yg menurut newbie perlu diperhatikan di mesin HR15DE :
1. CMIIW, mesinnya mengarah ke square. Beda dengan mobil2 sejenis yg cenderung oversquare. Jadi karakternya bolot di rpm bawah, tp rpm tengah atasnya enak banget.
2. Ngelitik forever.

+1 yg nunggu sabda mbah bebong tentang ngelitiknya...penasaran
CiBo Hatch saya juga cuma dapet 7 km/l.... isinya keluar masuk garasi mulu :ngacir:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 10:01
by b8099ok
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 9:37
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
I can answer that, but I'm just outsider.
Ya gapapa :ngacir:

Lagian yg beginian sih jelas sy lbh percaya bebong yg biasa modifikasi ECU drpd org yg biasa modifikasi laporan keuangan
#bakarFRD
Stelan vvt kurang dimainin. Mereka kail tenaga dgn cara majuin timing aja.
#injekbijiFRD

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 10:07
by P47hos
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...

Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
I can answer that, but I'm just outsider.
Wah Klo bisa dijawab apalagi ada solusinya. Bisa jd anugerah buat pengguna Livina :D

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 10:15
by IGedeAmat
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 10:01
#bakarFRD
Stelan vvt kurang dimainin. Mereka kail tenaga dgn cara majuin timing aja.
#injekbijiFRD
sorry kepo dikit om bebonk,
kenapa engineer Nissan gak mainin stelan vvt ya ?
apa ada "harga" yang harus dibayar buat itu (konsumsi bbm / umur komponen / emisi gas buang / ???) ??

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 10:34
by ChZ
Loh kan uda dijawab ama VP nya ... Jangan percaya ama outsider. :ngacir:

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 11:02
by DOHC
Batumakam is good... full resing kar yes yes... ini tret opo tohh.. inglish gado gado boplo ampe bawa2 marketing sgala...

Btw, waktu jaman piara ogl ampe 2 biji jg seinget ane tiap kali ke beres atau bengkel tuning luaran jg mreka plg banter maenin timing doank koq... tanya aj pemakai2 ogl jaman dl, mreka pasti inget urusan majuin atau mundurin timing yg tiada akir gegara tuh glitik laknat...

Btw dl ane piara ogl 2 biji jg ga irit2 amat.. plg banter 1 : 9-10 dalkot dgn mimik premium atau petamak, mana mobil manual pula.. ini mobil mah mesin nya biasa aj, nothing special... cuman enak buat mentokin speddo doank krn rasio gigi nya alus sealus sutra.. dan jalanan jg musti super panjang..

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 11:04
by DOHC
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 10:01
coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 9:37
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41

I can answer that, but I'm just outsider.
Ya gapapa :ngacir:

Lagian yg beginian sih jelas sy lbh percaya bebong yg biasa modifikasi ECU drpd org yg biasa modifikasi laporan keuangan
#bakarFRD
Stelan vvt kurang dimainin. Mereka kail tenaga dgn cara majuin timing aja.
#injekbijiFRD
Mbah, bocorin donk gmana kilik dual pipiti nya.. nanti mau beli janda nya kl ud tau. Harganya kn ud nyungsep... jual minyak FRDoil 10 galon jg kebeli udah

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 12:10
by b8099ok
IGedeAmat wrote: ↑Fri May 11, 2018 10:15
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 10:01
#bakarFRD
Stelan vvt kurang dimainin. Mereka kail tenaga dgn cara majuin timing aja.
#injekbijiFRD
sorry kepo dikit om bebonk,
kenapa engineer Nissan gak mainin stelan vvt ya ?
apa ada "harga" yang harus dibayar buat itu (konsumsi bbm / umur komponen / emisi gas buang / ???) ??
Emisi gas buang, scavenging utk simulasi exhaust gas recirculation. Dan lebih krn malas klo menurut ane.

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Posted: Fri May 11, 2018 12:30
by coklatMetalik
Walah ternyata mereka pemalas...

Ohh iya, 1 lg keanehan GL mnurut sy selain klitik2 adalah koplingnya. Tiap sy disuruh nyetir GL MT gk pernah mulus, biasanya loncat, ndut2an, sampe stall juga sering. Jauh lbh gampang nyetir Kijang Super :big_slap: