Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?
Posted: Fri May 11, 2018 0:38
Bkn masalah different opinion aja sih...
Tp ya udah deh, klo kekeuh. Ati2 dibikin kecewa.
Tp ya udah deh, klo kekeuh. Ati2 dibikin kecewa.
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
tergantung topik diskusinya seh om,Herman7103 wrote: ↑Thu May 10, 2018 12:13 Setahu saya di korporasi yg paling banyak terima laporan summary eksekutif yg berisi banyak informasi ya Pres Dir dan Vice PD nya itu bukan outsider corporation lah. Itu karena setiap corporate ada struktur organisasi nya yg tertinggi PD lalu VPD dst. Jujur aja mana yg lebih saya percayai high rank inner circle or outsider, honestly i still believe high rank inner circle have more information and more valid info.
Pertama penyebab eksternal dulu nih, yg bikin borosajprasetyo wrote: ↑Tue May 08, 2018 5:50 Halo Master2 semua.
Ane kemarin barusan beli GL XV AT 2013. Setelah 2 bulan pakai, hal yang paling buat saya kaget ternyata di konsumsi BBM. Saya tinggal di Depok. Terakhir hitung top-to-top, dapet 6,5 km/lt kombinasi dalkot. Rute pemakaian emang deket2, paling antar jemput anak. Jalan jarak menengah juga cuma ke Bintaro lewat tol. Kalau antar anak, paling pelan2, 20-40 km/jam an soalnya cuma di deket ruman. Pas ke bintaro lwt jalan tol, jalan santai 80 km/jam an. tapi pas saya isi kok boros banget ya hasilnya?
Kira-kira ada yg tau apa penyebabnya? kalau agan2 punya pengalaman dan info yang bisa bantu pertanyaan ane, mohon bantuannya ya
Ini nih... PresDir dan VP marketing bukan orang lapangan. Ngerti apa soal teknis mobil? Banyakan backgroundnya manajemen dan ekonomi.IGedeAmat wrote:tergantung topik diskusinya seh om,Herman7103 wrote: ↑Thu May 10, 2018 12:13 Setahu saya di korporasi yg paling banyak terima laporan summary eksekutif yg berisi banyak informasi ya Pres Dir dan Vice PD nya itu bukan outsider corporation lah. Itu karena setiap corporate ada struktur organisasi nya yg tertinggi PD lalu VPD dst. Jujur aja mana yg lebih saya percayai high rank inner circle or outsider, honestly i still believe high rank inner circle have more information and more valid info.
kalo kita ngomongin soal kinerja perusahaan, laporan keuangan, rugi laba,
sumber informasi yang om kutip itu valid pake banget,
tapi kalo soal teknis injector de el el,
saya lebih percaya mekanik bengkel,
pres dir tau apa soal injector and ECU?
kasarnya mah, suruh nurunin ban serep aja belum tentu bisa...
oke well noted gan. ane newbie, jadi baru beli mobil. Alhamdulillah dpet yg KM rendah dan selalu service resmi. kalau habis lebaran masih kerasa boros ane coba lagi cek dehjosomba wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:02
Kalau dari ngangkut belum ada ganti ini itu, better coba ganti oli (pake buntut -30), carbon clean, ganti saringan udara, bersihin throttle body. Kalau mau tambahan lagi sih ganti busi juga ama liat service record dan buku manual, sudah waktunya ganti saringan bensin belum.
Oh gitu ya Gan. bener juga sih. berhubung depok panasnya kaya apaan, jadi sering nunggu di dalem. well noted Gan. Makasih info nya ya. masih newbie jadi yg kayak gini baru sadar kalau dampaknya besar banget.IGedeAmat wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:25 +1 buat saran om josomba, coba servis aja dulu.
jalan santai 20-40 km dalam komplek emang lebih boros dari jalan jauh lewat tol,
biasanya ditambah lagi kalo jemput anak sering idle, parkir nunggu anak keluar sambil mesin idup,
coba aja test sekali2 ajak jalan jauh,
liat konsumsi nya gimana...
udah gan. ane kalau bawa selalu diurut pelan2, soalnya juga agak sensi kalau mobil jadi boros.Herman7103 wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:46 Saya cuma user ANGL CVT 2014 coba bantu jawab dengan kebiasaan yg saya lakukan:
1. Reset dulu AVG MID Mobilnya saat habis isi full tank BBM di SPBU. Driving nya dgn toel toel pedal gas untuk slide and glide and better less hard breaking atau bisa dikatakan diurut saat ngegas nya dan driving under 2000 RPM lah. Kalau saya nyetir dgn kaki tanpa alas biar injek rem atau gasnya pas secukupnya saja krn sdh kebiasaan dari awal bawa mobil dgn kaki telanjang ini
[emoji2]
2. Karena AC Mobil ANGL saya sdh dingin di putaran AC ke satu dan set Temprature cukup di 3 klik aja sdh cukup untuk mendingin kan kabin saat siang terik karena mobil sebisanya diparkir tempat teduh dan kaca film mobil sdh all kegelapan 60% dan row 3 gak pernah dipakai atau dilipat rata lantai.
3. Mobil jangan sering idle dgn AC yg kenceng atau ngedem dlm mobil saat lagi nunggu. Mending matiin mesin dan keluar dari mobil saat nunggu anak atau istri.
4. Saya gunakan oli mesin 5W30 utk masa pakai 5 sampai max 7 bln selalu ganti termasuk filter oli mesinnya karena mobil saya minum premium sih (don't follow me) kalau mesin sdh mulai kedengaran rada ada bunyi ngelitik saat kaca jendela kita buka krn kalau tertutup ngak kedengaran, saya ganti oli dan filter olinya jg dlm rangka tune up Mobil he.. he.. So far mobil sampai skrg ngak ada ngetik parah dan kuat Nanjak krn no power loss krn mesin ngelitik parah. Maintenance yg konsisten supaya mesin mobil sehat dan prima.
5. Tekanan Ban jangan pernah dibawah tekanan yg direkomendasikan pabrik, kalau saya di ANGL CVT 2014 depan dan belakang saya jaga tekanan di 36 psi.
Cuma itu aja saran saya, selamat mencoba semoga ada perbaikan Fuel consumption mobilnya. [emoji3]
Full-to-full gan. jemput anak paling 2-3 km dari rumah. enggak macet sih, tp banyak piyik2 dan cabe2an naik motor dan nyebrang sembarangan. jadi pelan2.alexdonovan wrote: ↑Tue May 08, 2018 6:54 Om TS,
Metode ngukurnya fuel consumption-nya gimana? Full-to-full atau andalkan MID? Antar jemput anak berapa km? Macet apa ga?
Dengan usage seperti itu, sepertinya wajar kalau boros.
Waktu saya kerja di Jakarta, Ford saya (1.5, DCT-6) juga minum 1:6 - 1:7 dengan pola penggunaan yang mirip.
Rumah - kantor cuma 4 km, ditempuh 30 menit. Rute yang sama, saya pake Calya A/T cuma dapet 1:8
Saran tambahan buat soal panas :ajprasetyo wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:31
Oh gitu ya Gan. bener juga sih. berhubung depok panasnya kaya apaan, jadi sering nunggu di dalem. well noted Gan. Makasih info nya ya. masih newbie jadi yg kayak gini baru sadar kalau dampaknya besar banget.
I can answer that, but I'm just outsider.coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...
Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41I can answer that, but I'm just outsider.coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...
Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
Naahhhh ini dia ... duduk manis sambil ngupi tunggu pencerahan mbah Bebongmarmut wrote: ↑Fri May 11, 2018 7:58b8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41I can answer that, but I'm just outsider.coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...
Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
ayolah mbah...... dijawab saja, jangan ngambekan gitu, nanti ambeien lhooo.
Ya gapapab8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41I can answer that, but I'm just outsider.coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...
Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
CiBo Hatch saya juga cuma dapet 7 km/l.... isinya keluar masuk garasi mulupengendiesel wrote: ↑Fri May 11, 2018 9:20 Feeling saya sih mostly karena pola pemakaian TS. Pemakaian jarak pendek dan sebentar2, banyak stopnya memang bikin parah banget borosnya.
Dicoba bandingkan full to full di tol atau luar kota.
Dulu pernah piara OGL, dalkot 1:11, lukot rata2 1:16, sama semua utk bbm premium-pertamax. Blm pernah coba ANGL, jadi gak bisa komen tentang CVTnya.
2 hal yg menurut newbie perlu diperhatikan di mesin HR15DE :
1. CMIIW, mesinnya mengarah ke square. Beda dengan mobil2 sejenis yg cenderung oversquare. Jadi karakternya bolot di rpm bawah, tp rpm tengah atasnya enak banget.
2. Ngelitik forever.
+1 yg nunggu sabda mbah bebong tentang ngelitiknya...penasaran
#bakarFRDcoklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 9:37Ya gapapab8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41I can answer that, but I'm just outsider.coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...
Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
Lagian yg beginian sih jelas sy lbh percaya bebong yg biasa modifikasi ECU drpd org yg biasa modifikasi laporan keuangan
Wah Klo bisa dijawab apalagi ada solusinya. Bisa jd anugerah buat pengguna Livinab8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 4:41I can answer that, but I'm just outsider.coklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 3:40 OOT dikit boleh ya...
Sy penasaran nih, secara engineering apa yg bikin mesin GL terutama yg MT selalu klitik klitik ketika dibejek, sebagus apapun bensin yg dipake. Ada yg paham?
sorry kepo dikit om bebonk,
Mbah, bocorin donk gmana kilik dual pipiti nya.. nanti mau beli janda nya kl ud tau. Harganya kn ud nyungsep... jual minyak FRDoil 10 galon jg kebeli udahb8099ok wrote: ↑Fri May 11, 2018 10:01#bakarFRDcoklatMetalik wrote: ↑Fri May 11, 2018 9:37Ya gapapa
Lagian yg beginian sih jelas sy lbh percaya bebong yg biasa modifikasi ECU drpd org yg biasa modifikasi laporan keuangan
Stelan vvt kurang dimainin. Mereka kail tenaga dgn cara majuin timing aja.
#injekbijiFRD
Emisi gas buang, scavenging utk simulasi exhaust gas recirculation. Dan lebih krn malas klo menurut ane.