Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

danisnug
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 25 Apr 2016, 22:09

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by danisnug » 30 Apr 2018, 07:32

Bbrp hari lalu teman kasih tau link ini: http://vwpik.blogspot.co.id/2018/04/pro ... e.html?m=1

Dan ada broadcast nya:
VRS merupakan type terbaru di tahun 2018 ini
dengan stripe BAru, VELG dan Roof di cat Hitam doff
serta tenaga nya naik berkat TBOX buatan German yang tertanam langsung di mobil VW POLO VRS

Penasarankan, tunggu saja tanggal peluncuran nya yang masih di rahasiakan oleh Volkswagen Indonesia..

selain iTu juga terdapat Volkswagen Scirocco dengan warna baru, yaitu vw Scirocco GP LIMITED. apa saja yang LIMITED???

silahkan hubungi Sales Representatif kami diatas, terima kasih
Temen oe bilang broadcast itu udah dari sebelum iims mulai. Tuning box apa yang kira2 dimaksud :big_think:

Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy » 30 Apr 2018, 08:32

b0ku wrote:
30 Apr 2018, 07:18
kalo saya lebih milih ge di banding gk karena rear disc at least kalo butuh tuning lebih gampang nyari partsnya min padnya bisa di ganti yg aftermarket punya

kalo cuma buat hari2x sebenernya seh gak masalah tromol malah keungulannya buat mobil off road lebih gak gampang selip kena aer, kalo disc abis kena banjir biasanya licin kita musti keringin dulu pake hard braking
GE? GK? Ini kan ngomongin soal Polo VRS, kenapa jadi ngomongin Honda :mky_06: off road? Polo dipake off road? Nyambungnya dimana sih :mky_05:
:frm_snipper: :snipersmile:

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 896
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by liemivan86 » 30 Apr 2018, 10:05


Kuroboy wrote: Rem cakram itu tidak punya kepakeman sebaik rem tromol, tapi kelebihan rem cakram adalah kemampuan mengusir panas yang dihasilkan dari friksi antara kampas dengan bidang gesek lebih baik daripada rem tromol sehingga efek rem blong tadi bisa diminimalkan. Selain itu, debu2 sisa gesekan kampas tadi lebih cepat bersih karena terkena angin saat berkendara sehingga efektivitas pengereman tetap terjaga karena bidang gesek lebih bersih dan rata.
Saya koreksi dikit ya Om.

Benar rem cakram lebih pakem karena kemampuan mengusir panas nya lebih baik, jadi dalam pemakaian jangka panjang, rem cakram akan lebih menggigit, dibandingkan tromol yang setelah berapa lama akan panas.

Sedangkan kalo hanya di tes 1x atau beberapa saat, memang rem tromol akan terasa lebih pakem. Kenapa? Karena luas permukaan gesek tromol lebih besar daripada luas gesek disc. Coba perhatikan, besaran permukaan kampas tromol dan besaran permukaan kampas disc dengan besar inch yang sama. Misal banding kan kampas rem depan dan belakang avanza.

Tetapi, masalah luas permukaan ini di disc brake bisa diatasi dengan berbagai cara, salah dua nya, menambah jumlah piston dan memperbesar diameter disc brake (pada mobil dengan velg standar lebih besar).

Karena itu untuk mobil kecil, secara umum memang disc lebih baik untuk pemakaian sehari-hari, performa lebih stabil karena pelepasan panas nya jauh lebih cepat, sedangkan soal pakem tidak nya, bisa diatasi dengan banyak cara. Mobil kecil ini maksud nya semua mobil penumpang, di luar truk dll.

Yes, fortuner dan land cruiser termasuk mobil kecil..

Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy » 30 Apr 2018, 12:04

liemivan86 wrote:
30 Apr 2018, 10:05
Kuroboy wrote: Rem cakram itu tidak punya kepakeman sebaik rem tromol, tapi kelebihan rem cakram adalah kemampuan mengusir panas yang dihasilkan dari friksi antara kampas dengan bidang gesek lebih baik daripada rem tromol sehingga efek rem blong tadi bisa diminimalkan. Selain itu, debu2 sisa gesekan kampas tadi lebih cepat bersih karena terkena angin saat berkendara sehingga efektivitas pengereman tetap terjaga karena bidang gesek lebih bersih dan rata.
Saya koreksi dikit ya Om.

Benar rem cakram lebih pakem karena kemampuan mengusir panas nya lebih baik, jadi dalam pemakaian jangka panjang, rem cakram akan lebih menggigit, dibandingkan tromol yang setelah berapa lama akan panas.

Sedangkan kalo hanya di tes 1x atau beberapa saat, memang rem tromol akan terasa lebih pakem. Kenapa? Karena luas permukaan gesek tromol lebih besar daripada luas gesek disc. Coba perhatikan, besaran permukaan kampas tromol dan besaran permukaan kampas disc dengan besar inch yang sama. Misal banding kan kampas rem depan dan belakang avanza.

Tetapi, masalah luas permukaan ini di disc brake bisa diatasi dengan berbagai cara, salah dua nya, menambah jumlah piston dan memperbesar diameter disc brake (pada mobil dengan velg standar lebih besar).

Karena itu untuk mobil kecil, secara umum memang disc lebih baik untuk pemakaian sehari-hari, performa lebih stabil karena pelepasan panas nya jauh lebih cepat, sedangkan soal pakem tidak nya, bisa diatasi dengan banyak cara. Mobil kecil ini maksud nya semua mobil penumpang, di luar truk dll.

Yes, fortuner dan land cruiser termasuk mobil kecil..
:big_okay:
:frm_snipper: :snipersmile:

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pugman » 30 Apr 2018, 12:59

Kuroboy wrote:
30 Apr 2018, 07:06


Nice inpoh omm :big_okay: maklum berhubung Polo ini tenaga uda lumayan gede plus masih tromol pasti memicu debat argumen om :mky_01: tenaga dan torsi confirmed di angka 140hp dan 230Nm, lebih gede daripada Trax yang 1.4 turbo yakni 139hp dan 200Nm
Ngomongin masalah rem lagi neh, hehehe...
Yang bedakan antara mobil beban besar dan mobil kecil adalah penggerak atau pendorongnya, mobil kecil baik drum atau disc pakai fluida atau minyak rem, sedangkan mobil besar pakai udara bertekanan tipikal 6-8 Bar, makanya kalau di Truck atau bus istilahnya Air Disc Brakes, reservoir tank untuk rem ukurannya cukup besar dan berat makanya ga cocok buat mobil kecil, sifat aplikasi sedikit berbeda
Air brakes pada mobil besar itu sebenarnya kemungkinan failure sangat kecil dibandingkan dengan fluida, kenapa? Udara jumlahnya tidak terbatas, udara ini dihasilkan dari putaran mesin, jadi waktu udara di tangki menipis, tunggu sesaat saja nanti akan terisi lagi, Air brakes sistem juga masih bisa bekerja meski sistem anginnya ada sedikit kebocoran, beda dengan sistem fluida yang tidak boleh bocor.
Maka ada istilah kalau rem angin sedikit kemasukkan angin ga masalah tapi kalau rem hidrolik kemasukan angin ya meriang alias ga pakem xixixixi...
Kebetulan saya pernah bawa truk keliling site yang anginnya sedikit bocor, kalau berhenti lebih dari 1jam maka saya harus nyalakan mesin nunggu 5menit ngisi angin buat rem sampai diatas 5 bar, kurang dari itu dipakai jalan pasti bunyi alarm, terus karena agak bocor dari 8 bar kalau dipakai 10-15 kali ngerem bisa drop 2-3bar tapi tunggu berapa detik tar tekanan naik lagi. Jadi driver mobil besar itu memang harus rajin lihat tekanan angin untuk rem. Jadi kecelakaan mobil besar yang bilang rem blong itu kebanyakan bukan karena kampasnya tapi karena kehabisan angin.
:mky_01:

idlamahilang
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 01 Jul 2016, 17:16

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by idlamahilang » 30 Apr 2018, 13:13

Bahasan nya menarik disini..Buat yang mau TD polo vrs jangan lupa di full throttle kemudian hard braking.. Seperti apa rasanya hard braking ketika torsi 240Nm lg nonjok? Apakah remnya masih mumpuni? Kalau kita tidak coba kan tidak tahu rasanya seperti apa.

kykyhalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 14 Sep 2009, 19:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by kykyhalim » 30 Apr 2018, 14:58

golf vrs kapan keluarnya yaaa. [emo-yesno]

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 722
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by vipere » 30 Apr 2018, 19:35

Malah bahas rem :big_dunno: :big_dunno:

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1607
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by jivos » 30 Apr 2018, 19:45

Marahin tuh anak" um :mky_03:


#Khan msh nyambung sm polo yg pk rem ....
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy » 30 Apr 2018, 20:31

jivos wrote:
30 Apr 2018, 19:45
Marahin tuh anak" um :mky_03:


#Khan msh nyambung sm polo yg pk rem ....
:ngacir: :glodak:
:frm_snipper: :snipersmile:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2491
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by sintoni » 30 Apr 2018, 21:09

Gile, nambah pengetahuan banget di trit ini.

Akhirnya ane tau alasannya kalo truk atau mobil gede pake tromol tapi mobil kecil disuruh pake cakram.

Trims buat suhu2 diatas.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pugman » 01 May 2018, 09:22

BTT, kalau VRS ini mesin TSi nya yang versi stratified atau common turbo seperti Golf MK VII?

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1607
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by jivos » 01 May 2018, 11:42

Pugman wrote:
01 May 2018, 09:22
BTT, kalau VRS ini mesin TSi nya yang versi stratified atau common turbo seperti Golf MK VII?
Di jelasin dulu atuh um..,stratified n common turbo yg dimaksud, direct inject/tdk gt?
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: 24 Jan 2018, 01:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Swedeppon » 01 May 2018, 12:28

Karena drtadi bahasannya rem dan ilmunya sangat berfaedah, sy ada pertanyaan lg yg tidak kalah krusial terutama karena yg kita bahas adalah produk VAG

Apakah dsgnya akan aman2 sj? Kononnya kasus dsg dry DQ200 kan masih berlanjut bahkan di golf mk7, lalu polo yg sdh fl diindonesia katanya sdh jarang ada terdengar kasus dsg, tp bisa saja kan
Apalagi ini yg ngetune bukan dr vw jermannya karena varian ini cuma ada diindonesia, apakah akan ngaruh

Dana ada yg bisa jelasin soal teori "rem setengah" ttg dsg, yg katanya bisa bikin awet mobil dengan dsg
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pugman » 01 May 2018, 18:11

jivos wrote:
01 May 2018, 11:42
Pugman wrote:
01 May 2018, 09:22
BTT, kalau VRS ini mesin TSi nya yang versi stratified atau common turbo seperti Golf MK VII?
Di jelasin dulu atuh um..,stratified n common turbo yg dimaksud, direct inject/tdk gt?
Hehehe saya ga bisa jelaskan detail dan ga hafal juga tipe mesin VAG, cuma ada 1 mesin yang menurut saya menarik yaitu punya golf mk6 1.4TSi, yang punya Supercharger dan Turbocharger dalam 1 mesin, kalau TSi/TFSi yang lain mungkin lebih ke Fuel stratified direct injection ya?

Nah di Golf mk6 itu yang berjenjang/stratified itu di force Inductionya, punya Supercharger yang terhubung ke Cranckshaft untuk low rpm lalu Turbocharger aktif di high rpm. Kelemahan Supercharger adalah di high Rpm dan kelemahan Turbo adalah low Rpm, dan VW menurut saya membuat terobosan menyatukan keduanya Tapi di Mk7 sistem ini hilang dan hanya menggunakan turbo saja tanpa Supercharger.
Nah tuning mesin dengan Turbo berjenjang seperti itu saya rasa lebih sulit dan rumit karena kita juga harus menghitung perpindahan dari Supercharger ke Turbo.

:big_peace:

Pandabuncit
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 14 May 2018, 16:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW 328i F30

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pandabuncit » 17 May 2018, 08:40

newbie nimbrung ya..

saya punya Polo TSi 1.2 tahun 2017 , pas test drive, oleh salah satu pak Kacab di kasih coba yang sudah memakai Tuning Box.
berhubung sy org norak yg memang doyan dengan mobil agresif, sy puas sekali dengan unit itu.
alhasil, SPK lalu minta di tambah si tuning box itu.
HP naik sekitar 30an Hp, cukup agresif menurut sy untuk mobil sekecil itu. bellum lagi irit nya yang ampppuuuunn deh hehehe.. bisa 1:10-12 dengan kaki kanan yg berat ini :)

nah type VRS ini juga sama kok, cuma beda asesoris aja tapi nambah 30jt dari harga awal. sedangkan harga tuning box nya tidak sampai 15jt.
kalau tidak suka dengan tampilan VRS ya better beli yang std trus tambah tuning box.

dan memang VW indonesia merekomen si tuning box itu.
rada aneh sih tapi nyata hehehehe

problem nya si DSG ini cuma di gibi 1&2 , ndut2an kalau jalan pelan atau macet2an.
sisa nya sih gak ada masalah buat ane..

larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 25 Mar 2018, 07:14
Location: semarang

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by larakifulgura » 17 May 2018, 09:50

Pandabuncit wrote:
17 May 2018, 08:40
newbie nimbrung ya..

saya punya Polo TSi 1.2 tahun 2017 , pas test drive, oleh salah satu pak Kacab di kasih coba yang sudah memakai Tuning Box.
berhubung sy org norak yg memang doyan dengan mobil agresif, sy puas sekali dengan unit itu.
alhasil, SPK lalu minta di tambah si tuning box itu.
HP naik sekitar 30an Hp, cukup agresif menurut sy untuk mobil sekecil itu. bellum lagi irit nya yang ampppuuuunn deh hehehe.. bisa 1:10-12 dengan kaki kanan yg berat ini :)

nah type VRS ini juga sama kok, cuma beda asesoris aja tapi nambah 30jt dari harga awal. sedangkan harga tuning box nya tidak sampai 15jt.
kalau tidak suka dengan tampilan VRS ya better beli yang std trus tambah tuning box.

dan memang VW indonesia merekomen si tuning box itu.
rada aneh sih tapi nyata hehehehe

problem nya si DSG ini cuma di gibi 1&2 , ndut2an kalau jalan pelan atau macet2an.
sisa nya sih gak ada masalah buat ane..
Testi langsung dr owner 👍

Ada opsi buat ganti rem belakang om?
2017 Toyota Camry 2.5V

Pandabuncit
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 14 May 2018, 16:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW 328i F30

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pandabuncit » 17 May 2018, 09:52

larakifulgura wrote:
17 May 2018, 09:50
Pandabuncit wrote:
17 May 2018, 08:40
newbie nimbrung ya..

saya punya Polo TSi 1.2 tahun 2017 , pas test drive, oleh salah satu pak Kacab di kasih coba yang sudah memakai Tuning Box.
berhubung sy org norak yg memang doyan dengan mobil agresif, sy puas sekali dengan unit itu.
alhasil, SPK lalu minta di tambah si tuning box itu.
HP naik sekitar 30an Hp, cukup agresif menurut sy untuk mobil sekecil itu. bellum lagi irit nya yang ampppuuuunn deh hehehe.. bisa 1:10-12 dengan kaki kanan yg berat ini :)

nah type VRS ini juga sama kok, cuma beda asesoris aja tapi nambah 30jt dari harga awal. sedangkan harga tuning box nya tidak sampai 15jt.
kalau tidak suka dengan tampilan VRS ya better beli yang std trus tambah tuning box.

dan memang VW indonesia merekomen si tuning box itu.
rada aneh sih tapi nyata hehehehe

problem nya si DSG ini cuma di gibi 1&2 , ndut2an kalau jalan pelan atau macet2an.
sisa nya sih gak ada masalah buat ane..
Testi langsung dr owner 👍

Ada opsi buat ganti rem belakang om?
hahaha rem belakang belum kepikiran om. karena hanya dipakai dalam kota.
istri demen banget pakai nih mobil.

Post Reply

Return to “Sedan Types”