Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: 09 Feb 2019, 19:17
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
gara2 liat thread ini, akhirnya jadi juga saya ambil xv40 3.5Q hehehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: 09 Feb 2019, 19:17
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
oiya...camry xv40 2GR ini bisa pake oli 0w-20 ga yah? Di buku manual sih paling encer 5w-30...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: 09 Jan 2018, 08:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Sedikit penampakan the beast nya om Jose kemarin pagi
di antrian gerbang tol simatupang...
Mau jejerin dan tetot in eh avanza ga mau minggir... hahaha...
di antrian gerbang tol simatupang...
Mau jejerin dan tetot in eh avanza ga mau minggir... hahaha...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
- hambawet
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: 14 Aug 2008, 11:02
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Mantap review nya om Jose, lama g masuk SM, barusan browsing review Camry Q, dapat yg expert gini....
Baru tebus Camry Q 2010, lagi gatal2 nya riding....
Habis bawa SUV (Fortuner G 2012) di tol, terus pakai Camry... Wuih, lain banget sensasi nya....
Baru tebus Camry Q 2010, lagi gatal2 nya riding....
Habis bawa SUV (Fortuner G 2012) di tol, terus pakai Camry... Wuih, lain banget sensasi nya....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: 09 Feb 2019, 19:17
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
betul om, saya biasa bawa fortuner sudah pakai RHF4 aja beda sensasinya sama bejek 2GR-FE ini
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: 11 Jan 2014, 01:26
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Ini kapasitas oli dan filter oli nya pas 6 liter ya Om? Kebetulan lg pakai mesin sama hanya beda body. Oli matic nya pakai type apa ya Om?
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Bengkel khusus....
Punya saya di bengkel pinggir jalan (asal yg trusted) aman2 aja kok om

Kaki2 memang ringkih, tapi repairnya murah & varian harga parts nya banyak
Increase speed = increase Risk
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
1. Konsumsi BBM ga gitu beda sm yg 2.4, tapi beda powernya berasa. Klo di beemer ibarat N42 vs M54hengun725 wrote: ↑21 Mar 2019, 11:57 Selamat Siang Modcomers semua, saya kebetulan ada terfikir untuk meminang mobil camry ini, tp ada beberapa pertanyaan dlm benak yg msh blm terjawab. Mungkin suhu2 disini bs bantu jawab:
1. Mobil ini kan untuk saya pakai sehari2 nantinya, skrg pakai e36 m43 manual, saya usaha di toko yg jaraknya krg lebih cm 6 km sekali jalan (pp 12 km krg lebih) cm kadang saya jg ada pergi keluar kota. Kira2 mubazir ga ya 3500 cc? Pertimbangan saya sih lebih k rare mesin + safety lebih baik drpd 2.4 v dan ini saya mau gunakan minimal 5 th
2. Untuk sparepartsnya apa bener2 mudah didapat? Saya ada baca beberapa forum yg blg sparepart 3.5 q ini agak susah, sedangkan di review disini katanya mudah, saya domisili bogor dan rencana rawat di bengkel umum
3. Saya baca ttg rem yg katanya kurang untuk mobil dgn tenaga segini, kira2 kalau diganti yg aftermarket bagus ga? Atau kalau pemakaian2 standar cukup ga perlu ganti?
Mungkin segitu dl aja pertanyaannya, rencana sih mau mulai hunting setelah idul fitri, jd skalian mantapkan dl biar ga ragu2 lg. Tks suhu2
2. Spare part mudah tapi, karena sebagian sharing sm tipe 2.4, tapi beberapa parts harganya lebih mahal krn khusus 3.5 spt as roda, engine mounting, radiator dll..tapi masalah availability sih aman
3. Kurang klo digeber agresif, tp klo pemakaian normal ga ada masalah
Increase speed = increase Risk
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
kuturambut wrote: ↑01 Apr 2019, 10:46 gara2 liat thread ini, akhirnya jadi juga saya ambil xv40 3.5Q hehehe
Hihihi...ternyata racun yg saya tebar sudah makan banyak korban

Menurut saya 3.5Q ini adalah hidden gem yg tidak banyak diketahui orang. Biasanya klo mau upgrade power ke CC besar orang banyak ambil E60 530 atau W211 E280, namun bom waktu bernama “mechatronic” & “airsus” senantiasa menghantui. Akhirnya pakai mobilnya cenderung hati2 & jarang digeber. Sedangkan pake 3.5Q mah hajar bleh, kemarin lagi lari 180 kpj hajar lubang di tol jorr, keluar bunyi2 aneh, ternyata shockbreaker kena & bocor, dengan kaki pincang langsung ke atrium beli shock cuma 1,3jt sepasang, abis ganti shock geber lagi hahaha

Increase speed = increase Risk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4372
- Joined: 08 Dec 2013, 23:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
wah,..murah banget ganti kaki cuma segitu oom..Jose wrote:kuturambut wrote: ↑01 Apr 2019, 10:46 gara2 liat thread ini, akhirnya jadi juga saya ambil xv40 3.5Q heheheHihihi...ternyata racun yg saya tebar sudah makan banyak korbanhambawet wrote: ↑15 May 2019, 05:26 Mantap review nya om Jose, lama g masuk SM, barusan browsing review Camry Q, dapat yg expert gini....[emoji106]
Baru tebus Camry Q 2010, lagi gatal2 nya riding....
Habis bawa SUV (Fortuner G 2012) di tol, terus pakai Camry... Wuih, lain banget sensasi nya....[emoji7]
Menurut saya 3.5Q ini adalah hidden gem yg tidak banyak diketahui orang. Biasanya klo mau upgrade power ke CC besar orang banyak ambil E60 530 atau W211 E280, namun bom waktu bernama “mechatronic” & “airsus” senantiasa menghantui. Akhirnya pakai mobilnya cenderung hati2 & jarang digeber. Sedangkan pake 3.5Q mah hajar bleh, kemarin lagi lari 180 kpj hajar lubang di tol jorr, keluar bunyi2 aneh, ternyata shockbreaker kena & bocor, dengan kaki pincang langsung ke atrium beli shock cuma 1,3jt sepasang, abis ganti shock geber lagi hahaha
mantap nih...
bener seperti oom bilang, ngeri kalo membayangkan mecha atau dll..hingga akhirnya gak lepas rasanya...
saya pribadi sih lebih siap tebus unit mahal dikit tp worry free, atau kalaupun "kena" gak mahal mahal amat.
mungkin krn saya cuma pegawai biasa..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: 09 Feb 2019, 19:17
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Di buku sih 6.5 l om, kemarin flush matic juga habis segitu
oli pakai Toyota WS, atau boleh pakai ATF lain yg Toyota WS approved atau Dexron VI untuk matic 6 speed keatas
Last edited by kuturambut on 31 May 2019, 10:58, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: 09 Feb 2019, 19:17
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Shock depan belakang +/- 3jt, per after market Tein/Eibach/H&R +/- 3jtJose wrote: ↑31 May 2019, 04:21kuturambut wrote: ↑01 Apr 2019, 10:46 gara2 liat thread ini, akhirnya jadi juga saya ambil xv40 3.5Q heheheHihihi...ternyata racun yg saya tebar sudah makan banyak korban
Menurut saya 3.5Q ini adalah hidden gem yg tidak banyak diketahui orang. Biasanya klo mau upgrade power ke CC besar orang banyak ambil E60 530 atau W211 E280, namun bom waktu bernama “mechatronic” & “airsus” senantiasa menghantui. Akhirnya pakai mobilnya cenderung hati2 & jarang digeber. Sedangkan pake 3.5Q mah hajar bleh, kemarin lagi lari 180 kpj hajar lubang di tol jorr, keluar bunyi2 aneh, ternyata shockbreaker kena & bocor, dengan kaki pincang langsung ke atrium beli shock cuma 1,3jt sepasang, abis ganti shock geber lagi hahaha![]()
Apa langsung sikat coilover aja yah om? hehe
- dizco
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: 29 Sep 2016, 18:10
- Location: Sleman
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Hidden gem indeedJose wrote: ↑31 May 2019, 04:21kuturambut wrote: ↑01 Apr 2019, 10:46 gara2 liat thread ini, akhirnya jadi juga saya ambil xv40 3.5Q heheheHihihi...ternyata racun yg saya tebar sudah makan banyak korban
Menurut saya 3.5Q ini adalah hidden gem yg tidak banyak diketahui orang. Biasanya klo mau upgrade power ke CC besar orang banyak ambil E60 530 atau W211 E280, namun bom waktu bernama “mechatronic” & “airsus” senantiasa menghantui. Akhirnya pakai mobilnya cenderung hati2 & jarang digeber. Sedangkan pake 3.5Q mah hajar bleh, kemarin lagi lari 180 kpj hajar lubang di tol jorr, keluar bunyi2 aneh, ternyata shockbreaker kena & bocor, dengan kaki pincang langsung ke atrium beli shock cuma 1,3jt sepasang, abis ganti shock geber lagi hahaha![]()
Bujet 200 kecil sudah bisa bikin sleeper yang elegan, rapi, tapi buas

Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Haha, emang simatupang macet terus om..semoga bisa kopdar di lain waktu

Diesel VGT itu enak bgt di rpm bawah, tapi atasnya kosong. Nah 3.5Q ini rpm bawahnya lumayan enak, makin keatas makin enakkuturambut wrote: ↑15 May 2019, 08:41 betul om, saya biasa bawa fortuner sudah pakai RHF4 aja beda sensasinya sama bejek 2GR-FE ini

Increase speed = increase Risk
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Iya om, shock merk kayaba & tokico utk camry harga berkisar 1,3-1,7 jt sepasangginting wrote: ↑31 May 2019, 08:05
wah,..murah banget ganti kaki cuma segitu oom..
mantap nih...
bener seperti oom bilang, ngeri kalo membayangkan mecha atau dll..hingga akhirnya gak lepas rasanya...
saya pribadi sih lebih siap tebus unit mahal dikit tp worry free, atau kalaupun "kena" gak mahal mahal amat.
mungkin krn saya cuma pegawai biasa..
Klo saya sih yg penting engine & transmisi sehat. Kaki2 paling komponen mahal spt as roda & lower arm yg perlu di cek. Biasanya klo pemakai yg doyan ngerawat sih kondisi mobilnya lebih bagus tapi memang pasang harga sedikit lebih tinggi
Increase speed = increase Risk
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Punya sy masih dipakai harian & weekend sm keluarga..blm pengen yang keras-keraskuturambut wrote: ↑31 May 2019, 10:51Shock depan belakang +/- 3jt, per after market Tein/Eibach/H&R +/- 3jtJose wrote: ↑31 May 2019, 04:21kuturambut wrote: ↑01 Apr 2019, 10:46 gara2 liat thread ini, akhirnya jadi juga saya ambil xv40 3.5Q heheheHihihi...ternyata racun yg saya tebar sudah makan banyak korban
Menurut saya 3.5Q ini adalah hidden gem yg tidak banyak diketahui orang. Biasanya klo mau upgrade power ke CC besar orang banyak ambil E60 530 atau W211 E280, namun bom waktu bernama “mechatronic” & “airsus” senantiasa menghantui. Akhirnya pakai mobilnya cenderung hati2 & jarang digeber. Sedangkan pake 3.5Q mah hajar bleh, kemarin lagi lari 180 kpj hajar lubang di tol jorr, keluar bunyi2 aneh, ternyata shockbreaker kena & bocor, dengan kaki pincang langsung ke atrium beli shock cuma 1,3jt sepasang, abis ganti shock geber lagi hahaha![]()
Apa langsung sikat coilover aja yah om? hehe

Plus murah rawatnya
Increase speed = increase Risk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: 11 Jan 2014, 01:26
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Thank you Om info nyakuturambut wrote: ↑31 May 2019, 10:49Di buku sih 6.5 l om, kemarin flush matic juga habis segitu
oli pakai Toyota WS, atau boleh pakai ATF lain yg Toyota WS approved atau Dexron VI untuk matic 6 speed keatas
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: 12 Jun 2019, 19:58
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Kelemahan xv40 ini sebenernya di rack steernya. Saya beli second g lama langsung service rack steernya
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 20 Jun 2019, 06:00
- Location: jakarta selatan
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Saya rencana ambil 3.5Q bulan depan,
1. pertanyaan transmisi nya ada problem kah?, kalau problem bs di service atau ganti segelondongan?
2. Part seperti as roda, engine mounting ready ga ?
3. Racksteer sama ga dengan 2.4 ?
4. Kalau beli bekas apa yg di perhatikan ?
5. Bengkel speasialis camry khusunya yg paham 3.5q di jakarta dan sekitanya dmn?
Maaf byk tanya terima kasih
1. pertanyaan transmisi nya ada problem kah?, kalau problem bs di service atau ganti segelondongan?
2. Part seperti as roda, engine mounting ready ga ?
3. Racksteer sama ga dengan 2.4 ?
4. Kalau beli bekas apa yg di perhatikan ?
5. Bengkel speasialis camry khusunya yg paham 3.5q di jakarta dan sekitanya dmn?
Maaf byk tanya terima kasih
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 20 Jun 2019, 06:00
- Location: jakarta selatan
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Yg penting sparepart mudah di cari aja
- Jose
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: 02 Jan 2008, 12:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
- Contact:
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
1. Jarang ada kasus transmisi XV40 problem, biasanya klo sudah mulai slip tinggal kuras ATF udah solved. Jika ada problem bisa diservis (overhaul) di bengkel spesialis matic, transmisinya cukup simpel, hanya 6-speed torque converter tanpa ada komponen elektrikal/sensor seperti mechatronic, yg dilakukan ialah mengganti seal2 yg sudah sobek, DC 10-15jt. Bila ganti segelondongan ex-aussie DC mirip2 overhaul atau lebih mahal.Sami wrote: ↑20 Jun 2019, 06:10 Saya rencana ambil 3.5Q bulan depan,
1. pertanyaan transmisi nya ada problem kah?, kalau problem bs di service atau ganti segelondongan?
2. Part seperti as roda, engine mounting ready ga ?
3. Racksteer sama ga dengan 2.4 ?
4. Kalau beli bekas apa yg di perhatikan ?
5. Bengkel speasialis camry khusunya yg paham 3.5q di jakarta dan sekitanya dmn?
Maaf byk tanya terima kasih
2. Ready
3. Harusnya sama (coba dicek di parts catalogue toyota di google)
4. Perhatikan komponen yg mahal seperti, engine (harus kering), transmisi (kering & smooth), as roda (tidak getar saat akselerasi), radiator (tidak bocor), karena komponen2 tsb berbeda dgn tipe 2.4.. kaki2 bunyi itu wajar, lagian partsnya murah
5. Banyak om, hampir semua bengkel umum bisa handle utk sekedar perawatan rutin
Increase speed = increase Risk
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: 26 Dec 2019, 14:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: BMWX1
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
halo om jose,
newbie adalah salah satu korban review super apik om jose di thread ini dan akhirnya minggu lalu memutuskan untuk meminang seekor XV40 3.5q facelift
karena newbie masih sangat sangat awam soal perawatan si "old beast" ini (biasa make mobil dari baru servis tinggal ke beres), mungkin boleh minta rekomendasi bengkel service & tune up buat area jakarta utara dong dari om jose.
sama mau nanya untuk remote kursi pijit yg raib kira2 masih bisa nyari dimana ya ? atau ada cara kah buat ngakalin ?
thanks
newbie adalah salah satu korban review super apik om jose di thread ini dan akhirnya minggu lalu memutuskan untuk meminang seekor XV40 3.5q facelift

karena newbie masih sangat sangat awam soal perawatan si "old beast" ini (biasa make mobil dari baru servis tinggal ke beres), mungkin boleh minta rekomendasi bengkel service & tune up buat area jakarta utara dong dari om jose.
sama mau nanya untuk remote kursi pijit yg raib kira2 masih bisa nyari dimana ya ? atau ada cara kah buat ngakalin ?
thanks
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 151
- Joined: 28 Jul 2010, 16:05
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Klo bole tau kmrn angkat harga brp dan kilometer brp ya om?keith2404 wrote: ↑02 Jan 2020, 13:01 halo om jose,
newbie adalah salah satu korban review super apik om jose di thread ini dan akhirnya minggu lalu memutuskan untuk meminang seekor XV40 3.5q facelift![]()
karena newbie masih sangat sangat awam soal perawatan si "old beast" ini (biasa make mobil dari baru servis tinggal ke beres), mungkin boleh minta rekomendasi bengkel service & tune up buat area jakarta utara dong dari om jose.
sama mau nanya untuk remote kursi pijit yg raib kira2 masih bisa nyari dimana ya ? atau ada cara kah buat ngakalin ?
thanks
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 03 Sep 2017, 23:10
- Location: bandung
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Nice riview.. kayaknya saya udah 2x baca riview ini. sempat kepikiran ganti mobil yg sekarang e46 318i N42 ke E60 530i. tapi setelah baca riview ini, XV40 3,5Q boleh jadi pertimbangan juga. iya betul e60 ngeri dipermasalahan mechatronic yang menguras kantong belum masalah electrical lainnya.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 03 Feb 2020, 11:46
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Toyota Camry Q 2009
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
salam kenal om, abis baca review ini ane jadi ngambil XV40 3.5Q warna silver dapet harga lumayan dibawah pasar, waktu pertama ngambil saat bejek gas ngebul asep oli tapi sudah fix dengan cara bersihkan sludge di valve cover dan ganti PCV hasil baca2 di forum luar, sekarang kendala ane saat nginjek polisi tidur ada bunyi seperti engsel pintu aus om sudah cek ke a2k katanya gaada masalah(?) dan saat idle muncul suara2 decit dari mesin tapi hanya di RPM <1000, kira2 pernah ngalamin ga om?
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 5 Replies
- 3241 Views
-
Last post by Flox2011
-
- 4 Replies
- 2928 Views
-
Last post by Jalansantai
-
- 34 Replies
- 14517 Views
-
Last post by Wijayas
-
- 34 Replies
- 18422 Views
-
Last post by timbermaniac123
-
- 18 Replies
- 7066 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 125 Replies
- 10927 Views
-
Last post by faizzz
-
- 10 Replies
- 739 Views
-
Last post by dsign1990
-
- 3 Replies
- 381 Views
-
Last post by DOHC
-
- 52 Replies
- 31862 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 0 Replies
- 5595 Views
-
Last post by wirbelwind