2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
- Mamang555
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: 16 Aug 2013, 14:51
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Suzuki (dan mungkin merk lain juga begitu sih...) yang mahal itu kelipatan servis 20k
Bisa kisaran 2 jutaan tuh..
Btw nice review.. termasuk mobil murmer yang bagus nih Scross. Ane juga naksir
Boleh minta review ban nya om? Merk india kan ya? Gimana grip dan kekedapannya di jalan jelek dan saat high speed?
Bisa kisaran 2 jutaan tuh..
Btw nice review.. termasuk mobil murmer yang bagus nih Scross. Ane juga naksir
Boleh minta review ban nya om? Merk india kan ya? Gimana grip dan kekedapannya di jalan jelek dan saat high speed?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: 19 Mar 2018, 13:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Saya skrg pake posisi sudah 32rb km, Gakk abissss abissss om... ini ban nya makin lama malah makin gondrong sepertinya...Mamang555 wrote:Suzuki (dan mungkin merk lain juga begitu sih...) yang mahal itu kelipatan servis 20k
Bisa kisaran 2 jutaan tuh..
Btw nice review.. termasuk mobil murmer yang bagus nih Scross. Ane juga naksir
Boleh minta review ban nya om? Merk india kan ya? Gimana grip dan kekedapannya di jalan jelek dan saat high speed?
Udh ada yg pake sampe 70rb km and still running.. kembang msh ada walau sudah dibawah 50%
Ini ban wapres (pelesetan nama ban nya JK tyre) keras tapi empuk.. gmn ya hehehe, biasanya diatas 20rb km sudah mulai dengung.. dan spooring pun sudah sulit bisa center stirnya.. tapaknya abis ga rata...
Dan ini ban hati2 disaat hujan, dry grip sih ok tapi wet gripnya kacau... sangat rawan kena aquaplanning..
gaspol resing tim
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: 12 May 2014, 11:21
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Pake 0w20 om.. soalnya di ertiga ane pake tipe itu juga.. heherendr wrote: β06 Feb 2019, 08:59Nanti service kelipatan 20rb km yg agak tinggi.. kisaran 1jt-1,5jt tergantung optional treatment apa aja yg diambil..RadithBlaze wrote:Hmmm, ijin ya share hasil penggunaan suzuki sx4 S-CROSS 2018[emoji4][emoji4]
Mobil ini ane beli january 2018, tepat 2 bulan setelah launching (eh bener gak tuh) menggantikan posisi Nissan Livina yg sudah berumur 7 taun( taun 2010)
Ambil tipe AT warna abu, dan ane namain choky[emoji9][emoji9] (jngan ganti K jadi L, veda artinya)
Skrng km udah 10.500an, soo here is my review;
Pros:
1. Tenaga maknyus di rpm atas (guriihhh[emoji1786][emoji1786])
2. Kekedapan kabin oke, gak brisik gak sunyi, pas klo ane[emoji4]
3. Jok empuk[emoji7][emoji7], ini pas buat ane..
4. Suspensi, nah ini yg aneh, jd terkadang pas terkadang keras.. gak paham juga ane.. jd ane masukin juga nanti di cons
5. LED HL Auto Leveling, keren bisa nyesuain sndiri walo kadang bikin bete pas nyeting manual ( krn dia ngitung beban yg masuk, jd kudu pinter2 nyeting manual)
6. Udh 2x servis (5000, 10rb) gak sampe sejuta totalnya jd buat ane murmer[emoji7][emoji7][emoji7] mngkin krn masih baru x yak
7. Too Many Auto, Auto Leveling, auto HL on, auto dimming spion tengah auto rain sensor.. awalnya seru, lama2 biasa aja dan jadi bahaya buat ane pas pake mobil lain.. kok lampunya gak nyala sndiri, mngkin krn terbiasa dengan choky[emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Cons:
1. Bbm, dalkot kondisi full macet gak gerak ato jalan 5km/h, cuma dapet di 1:10
2. Tenaga boyo di rpm bawah, jd kudu agak mainin gas gt (gak tau istilah benernya maap yak)
3. Baris kedua, kurang rebah jok nya, klo bisa rebah lg maknyuss
4. Suspensi, sama kayak di pros
5. LED HL, sama kayak di pros
6. LED HL (LAGI) gw pribadi lebih seneng HID projector, bisa ganti warna (4500K 6000k, dst) lha ini LED Projector, warna e putih, klo ujan deres bubar jalan dah -_-
7. Minim ratjun aftermarket, nyari bodykit nya gak ketemu2, apalagi ratjun printilan kayak mata kucing di bemper belakang, gak ketemu2 [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Overall dengan harga 270jt (saat ane beli) dan di rentang harga sgitu ada Jazz, yaris, mazda 2.. mobil ini bisa untuk bersaing di pasar rentang harga 270an
Dengan catatan suzuki gak lupain gt aja.. ntar tiba2 discontinue nyesek dah[emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Sekian ripiw singkat dr ane.. nubi yg iseng2 coba ripiw.. smoga bermanfaat bagi rekan2 SM yg msh pnasaran dengan suzuki sx4 S-CROSS
Regards
Vincentius Raditya
Klo boleh tau pake oli 0w20 atau 5w30 om?
2019 Honda PCX 150 K97
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: 19 Mar 2018, 13:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
API SM itu om..RadithBlaze wrote: β07 Feb 2019, 01:37Pake 0w20 om.. soalnya di ertiga ane pake tipe itu juga.. heherendr wrote: β06 Feb 2019, 08:59Nanti service kelipatan 20rb km yg agak tinggi.. kisaran 1jt-1,5jt tergantung optional treatment apa aja yg diambil..RadithBlaze wrote:Hmmm, ijin ya share hasil penggunaan suzuki sx4 S-CROSS 2018[emoji4][emoji4]
Mobil ini ane beli january 2018, tepat 2 bulan setelah launching (eh bener gak tuh) menggantikan posisi Nissan Livina yg sudah berumur 7 taun( taun 2010)
Ambil tipe AT warna abu, dan ane namain choky[emoji9][emoji9] (jngan ganti K jadi L, veda artinya)
Skrng km udah 10.500an, soo here is my review;
Pros:
1. Tenaga maknyus di rpm atas (guriihhh[emoji1786][emoji1786])
2. Kekedapan kabin oke, gak brisik gak sunyi, pas klo ane[emoji4]
3. Jok empuk[emoji7][emoji7], ini pas buat ane..
4. Suspensi, nah ini yg aneh, jd terkadang pas terkadang keras.. gak paham juga ane.. jd ane masukin juga nanti di cons
5. LED HL Auto Leveling, keren bisa nyesuain sndiri walo kadang bikin bete pas nyeting manual ( krn dia ngitung beban yg masuk, jd kudu pinter2 nyeting manual)
6. Udh 2x servis (5000, 10rb) gak sampe sejuta totalnya jd buat ane murmer[emoji7][emoji7][emoji7] mngkin krn masih baru x yak
7. Too Many Auto, Auto Leveling, auto HL on, auto dimming spion tengah auto rain sensor.. awalnya seru, lama2 biasa aja dan jadi bahaya buat ane pas pake mobil lain.. kok lampunya gak nyala sndiri, mngkin krn terbiasa dengan choky[emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Cons:
1. Bbm, dalkot kondisi full macet gak gerak ato jalan 5km/h, cuma dapet di 1:10
2. Tenaga boyo di rpm bawah, jd kudu agak mainin gas gt (gak tau istilah benernya maap yak)
3. Baris kedua, kurang rebah jok nya, klo bisa rebah lg maknyuss
4. Suspensi, sama kayak di pros
5. LED HL, sama kayak di pros
6. LED HL (LAGI) gw pribadi lebih seneng HID projector, bisa ganti warna (4500K 6000k, dst) lha ini LED Projector, warna e putih, klo ujan deres bubar jalan dah -_-
7. Minim ratjun aftermarket, nyari bodykit nya gak ketemu2, apalagi ratjun printilan kayak mata kucing di bemper belakang, gak ketemu2 [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Overall dengan harga 270jt (saat ane beli) dan di rentang harga sgitu ada Jazz, yaris, mazda 2.. mobil ini bisa untuk bersaing di pasar rentang harga 270an
Dengan catatan suzuki gak lupain gt aja.. ntar tiba2 discontinue nyesek dah[emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Sekian ripiw singkat dr ane.. nubi yg iseng2 coba ripiw.. smoga bermanfaat bagi rekan2 SM yg msh pnasaran dengan suzuki sx4 S-CROSS
Regards
Vincentius Raditya
Klo boleh tau pake oli 0w20 atau 5w30 om?
Coba pake 5w30 botol biru aja.. udh API SN
Mesin suzuki ini msh flat tappet soalnya
gaspol resing tim
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: 23 Feb 2016, 09:09
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
iya kalo bisa hindari api sm. kabarnya banyak yg bermasalah pada mesin kalo pake api sm
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: 12 May 2014, 11:21
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Wah gt yak, maap saya masih nubi di dunia gt
Makasih masukannya om.. nanti ane ganti ke botol biru a.k.a api sn pas servis odo 15rb
2019 Honda PCX 150 K97
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: 14 Dec 2010, 22:28
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: scross
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Baru spk diskon 35jt full bonus. Mobil ini termasuk mobil enak dikelas dan direntang harga segitu.
Bantingan ngelibas speedtrap bsd ga loncat sampe geser dan cukup kedap. Ga gedubrakan kayak voxy ane.
Buat tenaga ya relatif emank bukan buat ngebut kan peruntukannya. Tapi jika diadu sama expander kayaknya responsif ini deh.
Buat BQ jauh lah harga disekelasnya.
Buat fitur juga. Dan servis pengalaman piara sijuki dibanding yang lain jauuuh murah sijuki.
Tapi saran tetap testdrive lah karena taste merasakan mobil tiap orang bisa beda.
Kebetulan pernah piara semua merk. Kecuali yg premium banget
Saran ya. Buat teman2 penikmat mobil. SM ini jangan di jadikan ajang promosi sales. Dengan menjatuhkan merk lain.
Karena dari sesepuh sini. saya bisa beli merk yang kalah terkenal tapi justru bisa merasakan bagusnya mobil dan value for moneynya.
Salam damai
Bantingan ngelibas speedtrap bsd ga loncat sampe geser dan cukup kedap. Ga gedubrakan kayak voxy ane.
Buat tenaga ya relatif emank bukan buat ngebut kan peruntukannya. Tapi jika diadu sama expander kayaknya responsif ini deh.
Buat BQ jauh lah harga disekelasnya.
Buat fitur juga. Dan servis pengalaman piara sijuki dibanding yang lain jauuuh murah sijuki.
Tapi saran tetap testdrive lah karena taste merasakan mobil tiap orang bisa beda.
Kebetulan pernah piara semua merk. Kecuali yg premium banget
Saran ya. Buat teman2 penikmat mobil. SM ini jangan di jadikan ajang promosi sales. Dengan menjatuhkan merk lain.
Karena dari sesepuh sini. saya bisa beli merk yang kalah terkenal tapi justru bisa merasakan bagusnya mobil dan value for moneynya.
Salam damai
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: 31 Jan 2017, 18:31
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Segitu parah Led projector-nya kah om?
Bisa sengsara buat yang suka pergi lukot. Ujan = auto neduh :p
Bisa sengsara buat yang suka pergi lukot. Ujan = auto neduh :p
RadithBlaze wrote: β06 Feb 2019, 08:47 Hmmm, ijin ya share hasil penggunaan suzuki sx4 S-CROSS 2018
Mobil ini ane beli january 2018, tepat 2 bulan setelah launching (eh bener gak tuh) menggantikan posisi Nissan Livina yg sudah berumur 7 taun( taun 2010)
Ambil tipe AT warna abu, dan ane namain choky (jngan ganti K jadi L, veda artinya)
Skrng km udah 10.500an, soo here is my review;
Pros:
1. Tenaga maknyus di rpm atas (guriihhh)
2. Kekedapan kabin oke, gak brisik gak sunyi, pas klo ane
3. Jok empuk, ini pas buat ane..
4. Suspensi, nah ini yg aneh, jd terkadang pas terkadang keras.. gak paham juga ane.. jd ane masukin juga nanti di cons
5. LED HL Auto Leveling, keren bisa nyesuain sndiri walo kadang bikin bete pas nyeting manual ( krn dia ngitung beban yg masuk, jd kudu pinter2 nyeting manual)
6. Udh 2x servis (5000, 10rb) gak sampe sejuta totalnya jd buat ane murmer mngkin krn masih baru x yak
7. Too Many Auto, Auto Leveling, auto HL on, auto dimming spion tengah auto rain sensor.. awalnya seru, lama2 biasa aja dan jadi bahaya buat ane pas pake mobil lain.. kok lampunya gak nyala sndiri, mngkin krn terbiasa dengan choky
Cons:
1. Bbm, dalkot kondisi full macet gak gerak ato jalan 5km/h, cuma dapet di 1:10
2. Tenaga boyo di rpm bawah, jd kudu agak mainin gas gt (gak tau istilah benernya maap yak)
3. Baris kedua, kurang rebah jok nya, klo bisa rebah lg maknyuss
4. Suspensi, sama kayak di pros
5. LED HL, sama kayak di pros
6. LED HL (LAGI) gw pribadi lebih seneng HID projector, bisa ganti warna (4500K 6000k, dst) lha ini LED Projector, warna e putih, klo ujan deres bubar jalan dah -_-
7. Minim ratjun aftermarket, nyari bodykit nya gak ketemu2, apalagi ratjun printilan kayak mata kucing di bemper belakang, gak ketemu2
Overall dengan harga 270jt (saat ane beli) dan di rentang harga sgitu ada Jazz, yaris, mazda 2.. mobil ini bisa untuk bersaing di pasar rentang harga 270an
Dengan catatan suzuki gak lupain gt aja.. ntar tiba2 discontinue nyesek dah
Sekian ripiw singkat dr ane.. nubi yg iseng2 coba ripiw.. smoga bermanfaat bagi rekan2 SM yg msh pnasaran dengan suzuki sx4 S-CROSS
Regards
Vincentius Raditya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: 04 Nov 2019, 08:53
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
ngganteng nih mobil,
dijalanan kelihatan laki banget
dijalanan kelihatan laki banget
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: 24 Aug 2017, 13:04
- Location: West Java
- Daily Vehicle: Terios
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Om chz, mau tanya. Kalau punya uang skitar 300jt mending scross / hrv? Saya baca2 forum hrv banyak penyakit terutama di kaki nya, sampe yg hrv e se. Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: 24 Aug 2017, 13:04
- Location: West Java
- Daily Vehicle: Terios
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Om chz, mau tanya. Kalau punya uang skitar 300jt mending scross / hrv? Saya baca2 forum hrv banyak penyakit terutama di kaki nya, sampe yg hrv e se. Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja.ChZ wrote:Kembali lagi di review saya... dengan video tentunya.
Intro
Mobil bergenre crossover mungkin untuk saat ini sangat populer di tanah air, sudah sangat banyak mobil yang diberi embel - embel "crossover", entah itu mobil yang memang didesain menjadi crossover beneran atau crossover jadi-jadian (baca = hatchback atau MPV dikasih popok).
Tapi sekarang definisi crossover sepertinya lebih sering dipakai untuk merek - merek yang menjual mobil hatchback atau MPV dikasih popok. Karena merek yang menjual "crossover beneran" malah enggan menyebut produknya crossover, tetapi compact SUV. Definisi ini sebenarnya agak rancu, antara crossover, compact SUV, atau softroader.
Awal mulanya adalah tahun 2007... dimana Suzuki memperkenalkan product terbarunya : Suzuki SX4. Meskipun terkesan seperti hatchback dikasih popok, ditambah dengan tagline nya "First Crossover in Indonesia", plus stance dan ukuran bodi seperti hatchback berpopok membuat banyak orang berpikir "mobil crossover itu hatchback dipopokin dan ditinggiin". Walaupun SX4 sebenarnya didesain murni sebagai compact SUV : punya kapabilitas Vitara dengan ukuran bodi tidak berbeda jauh dari Swift. Yup, cross-over antara hatchback dan SUV melahirkan SX4.
Sebenarnya antara bener dan salah sih... karena di tahun 2008 dia malah ngeluarin versi CKD bersamaan dengan versi hatchback X-Road... saat itu rival dari mobil ini adalah Livina X-Gear, sebelum 2011 muncul Nissan Juke. Setelah itu, mulai populerlah mobil - mobil hatchback bahkan MPV dikasih popok dan diberi gelar crossover... phew...
Saat itu SX4 begitu laris, bahkan resale value nya sangat tinggi karena banyak sekali peminatnya. Kapabilitasnya bagus, fiturnya oke, terkesan seperti "all-in-one" car. Tetapi popularitasnya lambat laun semakin menurun (Suzuki.... ).
Lucunya, yang kembali membangkitkan semangat kelas compact SUV adalah Honda di tahun 2015 dengan Vezel / HR-V... The most problematic car in Honda's history... Yet still sells very well. HR-V dianggap sebagai mobil yang all-in-one, di saat berbagai isu problem melanda. Saya sendiri pengguna HR-V dan sudah beberapa kali juga ngebengkel, tapi mobil ini memang suits every family well... praktis iya, tinggi, hemat, canggih, walaupun build quality yang rada-rada (HPM )... dan tahun 2016 Suzuki kembali unjuk gigi dengan mengeluarkan S-Cross (yang seharusnya sudah ada dari 2013... )
S-Cross generasi awal, well, I don't really like the styling. Moncongnya seperti ikan louhan, kalo dibilang sama orang jawa "lambene ndhower". Seperti didesain asal - asalan, saya dulu mengira stylist nya orang India, eh ternyata orang Jepang dan versi konsep ternyata jauh lebih ganteng dibanding versi produksi. Padahal saat S-Cross dimunculkan di sini, India justru sudah mendapat versi facelift yang sekarang, dan versi facelift ini lucunya, keluar setahun setelahnya. Ya hampir 2 tahun sih, karena di akhir 2017, S-Cross di awal-awal 2016.
dan kami mendapatkan unit tes ini di tahun 2018, plus ini adalah versi transmisi manual 5-speed.
Styling
Not much to say... S-Cross terbaru ini jauh lebih menarik dibanding pendahulunya. Moncongnya seakan dibuat lebih "naik" dengan desain grill seperti taring ikan hiu yang sedikit mirip BMW X1, Mercedes AMG GT, atau Jeep... Yang manapun, grill terbaru ini akan terlihat sangat macho kalau diberi aksen hitam doff.
Lampu utamanya agak ribet, tapi terlihat oke dengan DRL menyerupai motif alis dan projector HID dengan manual levelling (ane gak tau apa pertimbangan Suzuki pake manual levelling, karena di SX4 lama yang facelift justru pakai auto-levelling).
Sisanya tetap sama, desain velg juga lebih baik dengan 16 inch dan motif two-tone. Sayangnya seperti nggak seimbang dengan ukuran bodinya yang besar, motif two-tone juga membuat velg ini terkesan kecil dan seperti velg aftermarket *maaf* yang murahan. Tapi gakpapa lah, bisa diganti.
Di bagian belakang lampu ganti dengan LED dan motif yang berbeda.
Inside
*gambar sample dari pameran bertransmisi matic
Interior tidak banyak berubah, hanya tambahan jok kulit saja sebagai standar. Jujur, ini meningkatkan value S-Cross banget. Kulitnya juga rasanya cukup baik konturnya, bahkan terasa lebih halus konturnya dibanding Honda HR-V Prestige saya.
Baris kedua membaik dari old SX4, lebih rebah dan lebih luas, tapi sayangnya soal ruang kepala justru menjadi kekurangannya. Entah kenapa baris kedua S-Cross ini sangat minim ruang kepala (sempat dibahas oleh bro maxbilly dan oom arief prakosa dari SXCI di GIIAS 2017 Surabaya).
Minus lainnya ada di : mobil ini belum dilengkapi kontrol stabilitas... Sayang sih Suzuki sudah ngasih segitu banyak fitur tapi nggak dilengkapi kontrol stabilitas.
Driving
Penggerak S-Cross menggunakan mesin lama, M15A DOHC VVT kapasitas 1.5 Liter dengan tenaga yang sudah di-upgrade dari SX4 lama, mungkin untuk kompensasi bobot. Tenaganya 110 hp dan torsi 138 Nm.
Meskipun sama, tampilan mesinnya sangat berbeda. Perbedaannya ada di cover mesin dan engine mounting yang modelnya berbeda.
Baiklah, bagaimana S-Cross ini di jalan ?
Pertama, posisi duduk S-Cross cenderung commanding, jika penggemar posisi duduk tinggi dan biasa menggunakan Pajero atau Fortuner, pasti akan cepat terbiasa dengan S-Cross, sayangnya saya pengguna sedan jadi lebih prefer yang rebah.
Positifnya dengan posisi duduk seperti ini, visibilitas terlihat sangat luas.
Kedua yang cukup terasa pertama kali adalah bobot setir yang nggak lagi se-berat SX4 lama. SX4 lama itu bisa dibilang setirnya mirip Hydraulic power steering walaupun sebenarnya dia elektrik. Tapi setir yang baru ini ringan - jauh lebih ringan. Yah barangkali banyak komplain dari pengguna SX4 lama yang mengeluhkan setirnya berat... terutama ibu - ibu dan para nonik...
Untuk tarikan dan feel, ane gak bisa bandingkan dengan SX4 lama karena belum pernah coba SX4 lama yang manual, karakter tenaga mesin ini biasa saja, tidak terlalu meledak - ledak, tapi ya nggak boyo juga. Yang unik, kenaikan tenaga 10 hp itu seakan betul - betul terasa ketika berada di peak (5000 - 6000 RPM). Seperti ada tendangan tambahan dari mesin ketika sampai RPM peak, jika dibandingkan SX4 lama sampai ke peak terasa flat, ini mau nambah terus. Intinya ya dia punya tenaga yang cukup buat sehari - hari.
Yang bikin fun, suara mesin yang agak garing... Menggugah untuk dibawa kencang.
Menyoal kenyamanan, karakter damping mobil ini sebenarnya agak mirip sedikit dengan SX4 lama, tetapi sepertinya menggunakan shock absorber yang lebih baik sehingga nggak terasa sekeras SX4.
Tapi mobil ini memiliki beberapa drawback, yang meski begitu tidak terlalu signifikan...
Tuas transmisi manualnya agak alot dan masuk giginya susah, sehingga klo suka performance driving pasti sedikit kurang puas... agak sulit dipake short-shifting.
Kekurangan lain adalah ban. Ban yang digunakan adalah sama seperti S-Cross sebelumnya merek JKTyres buatan India. Mobil ini sebenarnya memiliki settingan sasis dan suspensi yang baik, tapi punya tendensi rolling yang besar. Ketika saya coba muter - muter, ketemu juga akhirnya penyebabnya di ban yang terasa "lembek". Nggak gigit blas. So, kalau beli S-Cross nampaknya mesti ganti ban.
Ya walaupun beli mobil apapun sekarang mesti ganti ban sih... since di Indonesia semua mobil kayaknya dijual dengan ban eco-ecoan dengan performance ampas...
Conclusion
Tampang ganteng, ground clearance cukup tinggi, fitur lengkap, dan nyaman, plus, harga yang cukup terjangkau.
S-cross ini sekali lagi menjadi mobil yang "all-in-one". Menjawab semua kebutuhan masyarakat dalam satu paket. Terutama untuk anak muda yang ingin tampil trendy dan suka berpetualang.
Yak, sekian review kali ini....
http://chzautos.com/2018/01/08/the-firs ... -cross-mt/
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: 24 Aug 2017, 13:04
- Location: West Java
- Daily Vehicle: Terios
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Om chz & pengguna hrv / scross mau tanya n minta saran. Kalau punya uang skitar 300jt mending scross / hrv? Saya baca2 forum hrv banyak penyakit terutama di kaki nya, sampe yg hrv e se batch terakhir saya baca di forum2 pun sama. Untuk suzuki ya fitur lebih dikit, tenaga lebi loyo.
Tolong masukan nya Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja. Thx before
Tolong masukan nya Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja. Thx before
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: 01 Mar 2018, 13:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Trax ga minat om? Lebihnya banyak banget tuh... selagi blom sold out
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
tergantung dari sisi mana worth nya. utk daily use dua duanya sama bagusnya. cuma buat jemput anak dan kerja baris kedua dan bagasinya tidak ada masalah. cuma ya memang luasan HRV.teamrace wrote: β29 Nov 2019, 08:35 Om chz & pengguna hrv / scross mau tanya n minta saran. Kalau punya uang skitar 300jt mending scross / hrv? Saya baca2 forum hrv banyak penyakit terutama di kaki nya, sampe yg hrv e se batch terakhir saya baca di forum2 pun sama. Untuk suzuki ya fitur lebih dikit, tenaga lebi loyo.
Tolong masukan nya Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja. Thx before
HRV problem kaki-kaki sebenernya tidak terlalu krusial dan tidak ganggu fungsi atau keawetan juga sih. cuma yah emang ganggu kuping aja.
jd masalahnya lebih ke selera saja, dan kalau saya boleh menambahkan beberapa opini subjektif saya :
S-Cross kalau liat barang dan harga alone ya lebih worth, tapi saya gak pernah merasa S-Cross itu mobil yang "mahal". maksudnya gini, kalau HRV itu sekarang udah jadi item wajib istri-istri sosialita, semua orang sosialita middle-up kalo nggak pake HRV ya Xpander. Imej HRV itu lebih ke mewah dibanding S-Cross. Model juga HRV lebih manis daripada S-Cross yang setelah facelift malah terlalu heboh aksesorisnya. Buat saya kalo dalam konteks mobil pribadi, imej mobil agak penting sih karena mobil dibawa kemana-mana kayak pakaian. Kan sayang gitu beli mobil yang selisihnya 20 juta saja tapi secara imej gak keliatan harganya sama.
dan as the old saying, kalau anda selalu menoleh ke arah mobil setelah parkir, anda beli mobil yang tepat
Pertimbangan lainnya adalah maintenance dan spare parts. Dua-duanya merek jepang, tapi pengalaman saya si mau merek terkenal macem Toyota kalo produknya gak kondang ya spare partnya tetep bakal susah. Harga servis siiii 11-12 tidak beda jauh kok mesin 1.500cc kalau blg mahalan Honda rasanya gak juga. kita ngomong fair-fair an aja dengan item servis yang sama, malah filter oli mahalan Suzuki dikit (mesin M15 filter olinya beda dgn K14/K15).
Okelah kalau cuma fast moving pasti banyak, tapi kalau misal apes, let's say, disenggol pemotor blangsak dan harus ganti bodypart (ganti bumper / lampu), ini bole masuk pertimbangan karena disini akan kerasa bedanya antar brand yang terkenal vs yang kurang terkenal, produk yang laris vs kurang laris. Ohya S-Cross adalah produk cap S yang tidak share basis dengan produk lain : mesin M15 (beda dgn K15 di Carry/Ertiga/Jimny), transmisi AT 6-speed (lineup lain AT nya 4-speed).
gimana-gimana mau resmi atau tidak resmi, toko sparepart akan lebih memilih nyetok barang yang laris ketimbang tidak laris. utk pertimbangan saja, tapi baik keduanya itu masalah selera saja. kalau tidak nyaman dengan isu kaki-kaki, ya silahkan pilih S-Cross.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: 24 Aug 2017, 13:04
- Location: West Java
- Daily Vehicle: Terios
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Sblm nya di twari trax sblm ada kabar mau tutup uda ada pertimbangan ke trax, stlh ada kabar tutup, emang diskon nya gede tapi maintenance ga free & begitu di liat list harga service rutinnnya ngeri mahal bgt, lebih ngeri dr harga service crv. Maka nya trax saya coret.Boeds wrote:Trax ga minat om? Lebihnya banyak banget tuh... selagi blom sold out
Yg bro chr bilang ada bener nya sih, emang skrg mobil d pake buat gengsi2an, meskipun berkata tidak, tapi hati kecil ada iyah nya.
Ni barusan saya td scross, jok nya buset keras amat ya .
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: 24 Aug 2017, 13:04
- Location: West Java
- Daily Vehicle: Terios
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Bro chz kalau ni scross vs hrv berkesan kliatan lebih "mewah" Hrv.ChZ wrote:tergantung dari sisi mana worth nya. utk daily use dua duanya sama bagusnya. cuma buat jemput anak dan kerja baris kedua dan bagasinya tidak ada masalah. cuma ya memang luasan HRV.teamrace wrote: β29 Nov 2019, 08:35 Om chz & pengguna hrv / scross mau tanya n minta saran. Kalau punya uang skitar 300jt mending scross / hrv? Saya baca2 forum hrv banyak penyakit terutama di kaki nya, sampe yg hrv e se batch terakhir saya baca di forum2 pun sama. Untuk suzuki ya fitur lebih dikit, tenaga lebi loyo.
Tolong masukan nya Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja. Thx before
HRV problem kaki-kaki sebenernya tidak terlalu krusial dan tidak ganggu fungsi atau keawetan juga sih. cuma yah emang ganggu kuping aja.
jd masalahnya lebih ke selera saja, dan kalau saya boleh menambahkan beberapa opini subjektif saya :
S-Cross kalau liat barang dan harga alone ya lebih worth, tapi saya gak pernah merasa S-Cross itu mobil yang "mahal". maksudnya gini, kalau HRV itu sekarang udah jadi item wajib istri-istri sosialita, semua orang sosialita middle-up kalo nggak pake HRV ya Xpander. Imej HRV itu lebih ke mewah dibanding S-Cross. Model juga HRV lebih manis daripada S-Cross yang setelah facelift malah terlalu heboh aksesorisnya. Buat saya kalo dalam konteks mobil pribadi, imej mobil agak penting sih karena mobil dibawa kemana-mana kayak pakaian. Kan sayang gitu beli mobil yang selisihnya 20 juta saja tapi secara imej gak keliatan harganya sama.
dan as the old saying, kalau anda selalu menoleh ke arah mobil setelah parkir, anda beli mobil yang tepat
Pertimbangan lainnya adalah maintenance dan spare parts. Dua-duanya merek jepang, tapi pengalaman saya si mau merek terkenal macem Toyota kalo produknya gak kondang ya spare partnya tetep bakal susah. Harga servis siiii 11-12 tidak beda jauh kok mesin 1.500cc kalau blg mahalan Honda rasanya gak juga. kita ngomong fair-fair an aja dengan item servis yang sama, malah filter oli mahalan Suzuki dikit (mesin M15 filter olinya beda dgn K14/K15).
Okelah kalau cuma fast moving pasti banyak, tapi kalau misal apes, let's say, disenggol pemotor blangsak dan harus ganti bodypart (ganti bumper / lampu), ini bole masuk pertimbangan karena disini akan kerasa bedanya antar brand yang terkenal vs yang kurang terkenal, produk yang laris vs kurang laris. Ohya S-Cross adalah produk cap S yang tidak share basis dengan produk lain : mesin M15 (beda dgn K15 di Carry/Ertiga/Jimny), transmisi AT 6-speed (lineup lain AT nya 4-speed).
gimana-gimana mau resmi atau tidak resmi, toko sparepart akan lebih memilih nyetok barang yang laris ketimbang tidak laris. utk pertimbangan saja, tapi baik keduanya itu masalah selera saja. kalau tidak nyaman dengan isu kaki-kaki, ya silahkan pilih S-Cross.
Bagaimana dgn cr-v vs mazda cx-5.
Emang ott dr thread ini, pilihn saya kurang lebih ya antara itu 4 mobil. Opini pribadi bro chz gmn?
Thx before
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: 24 Nov 2019, 13:23
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Masih kalah ama Bridgestone Dueler HT..rendr wrote: β06 Feb 2019, 17:02Saya skrg pake posisi sudah 32rb km, Gakk abissss abissss om... ini ban nya makin lama malah makin gondrong sepertinya...Mamang555 wrote:Suzuki (dan mungkin merk lain juga begitu sih...) yang mahal itu kelipatan servis 20k
Bisa kisaran 2 jutaan tuh..
Btw nice review.. termasuk mobil murmer yang bagus nih Scross. Ane juga naksir
Boleh minta review ban nya om? Merk india kan ya? Gimana grip dan kekedapannya di jalan jelek dan saat high speed?
Udh ada yg pake sampe 70rb km and still running.. kembang msh ada walau sudah dibawah 50%
Ini ban wapres (pelesetan nama ban nya JK tyre) keras tapi empuk.. gmn ya hehehe, biasanya diatas 20rb km sudah mulai dengung.. dan spooring pun sudah sulit bisa center stirnya.. tapaknya abis ga rata...
Dan ini ban hati2 disaat hujan, dry grip sih ok tapi wet gripnya kacau... sangat rawan kena aquaplanning..
Ini ban 80 rb km ga abis2, sy jd galau mau dibuang syg.. ga diganti udah berisik
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
kalau dari penilaian subjektif dan brand perception ya, sekarang Mazda imejnya lebih mewah di atas brand Jepang lain. dan emang kalau secara looks Mazda lebih berasa mobil yang lebih mewah dibanding CRV
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: 16 Oct 2008, 10:34
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Masalah part slow moving/bodypart mungkin jadi agak rumit di S-Cross secara mobil ini bukan CKD, jadi tidak ada pemasok part lokal, yang berarti kalau stok part lagi kosong ya butuh waktu agak lama buat inden partnya. Sodara ada yg pakai CX-5 butuh waktu hampir 3 bulan nunggu part cuma buat ganti handle pintu yg rusak Kelebihan HRV ya disisi ketersediaan part..inden di beres paling lama semingguan udah ada partnya.ChZ wrote: β29 Nov 2019, 12:02tergantung dari sisi mana worth nya. utk daily use dua duanya sama bagusnya. cuma buat jemput anak dan kerja baris kedua dan bagasinya tidak ada masalah. cuma ya memang luasan HRV.teamrace wrote: β29 Nov 2019, 08:35 Om chz & pengguna hrv / scross mau tanya n minta saran. Kalau punya uang skitar 300jt mending scross / hrv? Saya baca2 forum hrv banyak penyakit terutama di kaki nya, sampe yg hrv e se batch terakhir saya baca di forum2 pun sama. Untuk suzuki ya fitur lebih dikit, tenaga lebi loyo.
Tolong masukan nya Worthed yg mana untuk daily use antar jmpt anak & kerja. Thx before
HRV problem kaki-kaki sebenernya tidak terlalu krusial dan tidak ganggu fungsi atau keawetan juga sih. cuma yah emang ganggu kuping aja.
jd masalahnya lebih ke selera saja, dan kalau saya boleh menambahkan beberapa opini subjektif saya :
S-Cross kalau liat barang dan harga alone ya lebih worth, tapi saya gak pernah merasa S-Cross itu mobil yang "mahal". maksudnya gini, kalau HRV itu sekarang udah jadi item wajib istri-istri sosialita, semua orang sosialita middle-up kalo nggak pake HRV ya Xpander. Imej HRV itu lebih ke mewah dibanding S-Cross. Model juga HRV lebih manis daripada S-Cross yang setelah facelift malah terlalu heboh aksesorisnya. Buat saya kalo dalam konteks mobil pribadi, imej mobil agak penting sih karena mobil dibawa kemana-mana kayak pakaian. Kan sayang gitu beli mobil yang selisihnya 20 juta saja tapi secara imej gak keliatan harganya sama.
dan as the old saying, kalau anda selalu menoleh ke arah mobil setelah parkir, anda beli mobil yang tepat
Pertimbangan lainnya adalah maintenance dan spare parts. Dua-duanya merek jepang, tapi pengalaman saya si mau merek terkenal macem Toyota kalo produknya gak kondang ya spare partnya tetep bakal susah. Harga servis siiii 11-12 tidak beda jauh kok mesin 1.500cc kalau blg mahalan Honda rasanya gak juga. kita ngomong fair-fair an aja dengan item servis yang sama, malah filter oli mahalan Suzuki dikit (mesin M15 filter olinya beda dgn K14/K15).
Okelah kalau cuma fast moving pasti banyak, tapi kalau misal apes, let's say, disenggol pemotor blangsak dan harus ganti bodypart (ganti bumper / lampu), ini bole masuk pertimbangan karena disini akan kerasa bedanya antar brand yang terkenal vs yang kurang terkenal, produk yang laris vs kurang laris. Ohya S-Cross adalah produk cap S yang tidak share basis dengan produk lain : mesin M15 (beda dgn K15 di Carry/Ertiga/Jimny), transmisi AT 6-speed (lineup lain AT nya 4-speed).
gimana-gimana mau resmi atau tidak resmi, toko sparepart akan lebih memilih nyetok barang yang laris ketimbang tidak laris. utk pertimbangan saja, tapi baik keduanya itu masalah selera saja. kalau tidak nyaman dengan isu kaki-kaki, ya silahkan pilih S-Cross.
Tapi memang lihat S-Cross ini kayak gimana..model memang bagus, tapi ntah kenapa agak kurang aura mewahnya, terutama di sektor tampilan ban dan velg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: 04 Feb 2010, 15:44
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Setuju om chz, saya ngalamin sendiri dulu jamannya suzuki aerio (tahun 2005) , cari antena inden 3 bulan pesen di dealer,stlh muter2 toko sparepart g ad yg jual, ya karena ini bukan model suzuki yg laku2 banget dijamannya, mgkn case nya beda kalau saya cari antena APV dijaman itu.
Faktanya ya benar adanya.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16416
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
ipasha96 wrote: β11 Dec 2019, 09:48
Masalah part slow moving/bodypart mungkin jadi agak rumit di S-Cross secara mobil ini bukan CKD, jadi tidak ada pemasok part lokal, yang berarti kalau stok part lagi kosong ya butuh waktu agak lama buat inden partnya. Sodara ada yg pakai CX-5 butuh waktu hampir 3 bulan nunggu part cuma buat ganti handle pintu yg rusak Kelebihan HRV ya disisi ketersediaan part..inden di beres paling lama semingguan udah ada partnya.
Tapi memang lihat S-Cross ini kayak gimana..model memang bagus, tapi ntah kenapa agak kurang aura mewahnya, terutama di sektor tampilan ban dan velg
ane bbrp kali melenceng dikit beli mobil gak honda toyota itu udah pengalaman yang namanya cari part mesti indent lah... nunggu lama lah... di PHP dealer lah estimasi dateng kapan munculnya kapan molornya aja ampe itungan bulan. mau yang sama jepangnya juga sama aja. kecelakaan pake SX4 nunggu 5 bulan baru mobil kelar katanya kelamaan tunggu part...marama wrote: β11 Dec 2019, 10:14
Setuju om chz, saya ngalamin sendiri dulu jamannya suzuki aerio (tahun 2005) , cari antena inden 3 bulan pesen di dealer,stlh muter2 toko sparepart g ad yg jual, ya karena ini bukan model suzuki yg laku2 banget dijamannya, mgkn case nya beda kalau saya cari antena APV dijaman itu.
Faktanya ya benar adanya.
bodo dibilang fanatik brand... owe beli mobil buat dipake bukan buat dijogrokin di bengkel lama-lama nunggu part atau ngerasain mobilnya gak optimal setiap saat gara-gara part gak kunjung datang...
hari gini model populer aja gak jamin part nya ready... ane cari selang radiator L300 gara-gara apes bocor kena kait di proyek waktu lg bongkar muatan aja satu kota semarang gak ada yang nyetok. aplg yang gak populer.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Hati2 soal oli buat yg SGO om, liat buku panduan terutama spek API-nya utk oli mesin sama spek ATF-nya. Banyak kasus (sy juga kena ini, dan smpt ngeyel ke SA suzuki, mobil sy ertiga 2014 matic) dicekokin ATF 3317, padahal spek nya di buku panduan dan di dipstick ATF jelas banget AW-1. Kl oli mesin bbrp wkt lalu baca di forum ini HLA shim-nya scross kena (aus) jd suara mesin nya ada tektektek gara2 API-nya SM seinget saya. Padahal mesin suzuki rata2 HLA-nya flat tapped, jd butuh oli yg TBN/antiwear nya >8 spt om turboman bilangRadithBlaze wrote: β06 Feb 2019, 08:47 Hmmm, ijin ya share hasil penggunaan suzuki sx4 S-CROSS 2018
Mobil ini ane beli january 2018, tepat 2 bulan setelah launching (eh bener gak tuh) menggantikan posisi Nissan Livina yg sudah berumur 7 taun( taun 2010)
Ambil tipe AT warna abu, dan ane namain choky (jngan ganti K jadi L, veda artinya)
Skrng km udah 10.500an, soo here is my review;
Pros:
1. Tenaga maknyus di rpm atas (guriihhh)
2. Kekedapan kabin oke, gak brisik gak sunyi, pas klo ane
3. Jok empuk, ini pas buat ane..
4. Suspensi, nah ini yg aneh, jd terkadang pas terkadang keras.. gak paham juga ane.. jd ane masukin juga nanti di cons
5. LED HL Auto Leveling, keren bisa nyesuain sndiri walo kadang bikin bete pas nyeting manual ( krn dia ngitung beban yg masuk, jd kudu pinter2 nyeting manual)
6. Udh 2x servis (5000, 10rb) gak sampe sejuta totalnya jd buat ane murmer mngkin krn masih baru x yak
7. Too Many Auto, Auto Leveling, auto HL on, auto dimming spion tengah auto rain sensor.. awalnya seru, lama2 biasa aja dan jadi bahaya buat ane pas pake mobil lain.. kok lampunya gak nyala sndiri, mngkin krn terbiasa dengan choky
Cons:
1. Bbm, dalkot kondisi full macet gak gerak ato jalan 5km/h, cuma dapet di 1:10
2. Tenaga boyo di rpm bawah, jd kudu agak mainin gas gt (gak tau istilah benernya maap yak)
3. Baris kedua, kurang rebah jok nya, klo bisa rebah lg maknyuss
4. Suspensi, sama kayak di pros
5. LED HL, sama kayak di pros
6. LED HL (LAGI) gw pribadi lebih seneng HID projector, bisa ganti warna (4500K 6000k, dst) lha ini LED Projector, warna e putih, klo ujan deres bubar jalan dah -_-
7. Minim ratjun aftermarket, nyari bodykit nya gak ketemu2, apalagi ratjun printilan kayak mata kucing di bemper belakang, gak ketemu2
Overall dengan harga 270jt (saat ane beli) dan di rentang harga sgitu ada Jazz, yaris, mazda 2.. mobil ini bisa untuk bersaing di pasar rentang harga 270an
Dengan catatan suzuki gak lupain gt aja.. ntar tiba2 discontinue nyesek dah
Sekian ripiw singkat dr ane.. nubi yg iseng2 coba ripiw.. smoga bermanfaat bagi rekan2 SM yg msh pnasaran dengan suzuki sx4 S-CROSS
Regards
Vincentius Raditya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1346
- Joined: 02 Aug 2018, 11:43
- Location: Jakarta
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
berharap ada versi improvementnya, pinginnya sih udah ikutan pakai sasis heartect, mesin baru output diatas 120 hp - 185 Nm
perubahan feel suspensi, lalu jok belakang yang bisa lebih direbahin, dan sunroof ala kia rio
velg updgrade motif dan size jadi R 17 dan ban bawaan jangan lokalan india...minimal bridgestone okelah..
perubahan feel suspensi, lalu jok belakang yang bisa lebih direbahin, dan sunroof ala kia rio
velg updgrade motif dan size jadi R 17 dan ban bawaan jangan lokalan india...minimal bridgestone okelah..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: 15 Nov 2010, 17:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Emang ada mobil 2 row yg kursinya belakangnya bisa rebah?krniawnhdr wrote: β19 Dec 2019, 16:06 berharap ada versi improvementnya, pinginnya sih udah ikutan pakai sasis heartect, mesin baru output diatas 120 hp - 185 Nm
perubahan feel suspensi, lalu jok belakang yang bisa lebih direbahin, dan sunroof ala kia rio
velg updgrade motif dan size jadi R 17 dan ban bawaan jangan lokalan india...minimal bridgestone okelah..
Kayanya cm miring (reclining) aja.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: 15 Nov 2018, 12:32
- Daily Vehicle: Honda
Re: 2018 Suzuki S-Cross Review : All in One
Saya pakai mobil ini januari nanti genap jadi setahun.
Dulu dapet diskon, dan pakai terjauh ke Jogja nyoba ttol baru.
Dipakai harian buat saya saat ini lebih dari cukup.
Dulu dapet diskon, dan pakai terjauh ke Jogja nyoba ttol baru.
Dipakai harian buat saya saat ini lebih dari cukup.
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 12 Replies
- 4969 Views
-
Last post by peterming77
-
- 113 Replies
- 25404 Views
-
Last post by darrelund
-
- 48 Replies
- 9381 Views
-
Last post by fl4b1e
-
- 28 Replies
- 3876 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 0 Replies
- 175 Views
-
Last post by budi46
-
- 17 Replies
- 972 Views
-
Last post by fl4b1e
-
- 52 Replies
- 10127 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 3 Replies
- 3538 Views
-
Last post by inobody
-
- 7 Replies
- 3964 Views
-
Last post by bhandaya
-
- 16 Replies
- 2296 Views
-
Last post by adityawei