Page 2 of 3

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 10:57
by jwid
newrubble wrote: Tue Nov 28, 2017 9:30 disini listrik nyaris gratis krn ambil dr geothermal ..... spy gunung tdk meledak

sebagian listrik juga ambil dr septic tank ....krn itu makanan minuman di subsidy

awal thn ini (sy lg di jpn) septic tank tetangga terdekat (5km dr rumah sy) meledak krn rumah nya jarang ada org ..... pressure terlalu tinggi jadi skrg di pasang auto-pressure valve dgn tiang tinggi spy tdk bau

heater juga dr septic tank krn itu gratis n tetap idup meski di rumah tdk ada org ..... mobil egolf istri sy recharge gratis n sy pasang recharge outlet di depan rumah spy siapapun yg perlu bisa recharge (n sy dpt xtra subsidy krn contribute to public)
wah sangat canggih , kami warga indo dengarnya sudag seperti film film sci-fi holiwood (kehidupan masa depan yang jauh sekali entah kapan), oh ya disini memang masih buangin segala batrai besar kecil bebas dimana saja boleh buang langsung di got pinggir trotoar seperti pedagang gerobak / warung / asongan buang air deterjen cuci piring gelas langsung saja ke got, praktis , kan sekarang sudah ada pasukan oranye yang siap turun ke got bersih bersih (belum tahu sampe kapan pasukan ini dapat gaji dan tetap bekerja (untuk jakarta)

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 10:58
by Bulgogi
Mobil listrik nanti saja lah, tunggu teknologi batterai sudah canggih.. mobil listrik sekelas tesla, leaf, prius itu baterainya masih prematur.. charge lama, jarak tempuh pendek, ukuran baterai 1/4 mobil, dsb.. masih belum efisien dibanding bensin..

Mungkin nunggu 10 - 20 tahun lagi baru tercipta batterai charge 10 menit & jarak tempuh 1000 km.. ditambah lifetime baterai bisa 10 tahunan..

Untuk jangka pendek, paling realistis itu motor listrik.. bukan mobil listrik..

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 11:24
by newrubble
prius 1st gen masih sering kliatan di skitar sini (byk di pake pengemis gypsi atau pengungsi arab)

el-motor nya masih nyala bagus n sy blm denger battery mrk rusak ...... body masuk junkyard krn sdh ancur sih byk

tapi motor bekas prius 1st gen masih laku dijualin ke africa

sama spt sampah mobil jdm masih laku dijual ke indo ..... meski cuma setengah ke depan

yg mungut juga rata rata org org (dianggap) kaya (di indo n di africa)

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 12:10
by mybear
Penasaran juga tentang mobil golf, yang biasa dipakai untuk transport di padang golf. Sebenarnya kan juga termasuk mobil listrik, meskipun kecil

Yang saya penasaran dari mobil golf tersebut, bisa untuk jarak tempuh berapa km ya? Untuk kapasitas, mobil golf kan juga ada yang panjang, bisa muat mungkin sampai 6 orang.

Perawatan mobil golf bagaimana ya?
Dan selama ini, saya juga ngga tahu harganya mobil golf sampai berapa ya?

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 13:16
by Bulgogi

newrubble wrote:prius 1st gen masih sering kliatan di skitar sini (byk di pake pengemis gypsi atau pengungsi arab)

el-motor nya masih nyala bagus n sy blm denger battery mrk rusak ...... body masuk junkyard krn sdh ancur sih byk

tapi motor bekas prius 1st gen masih laku dijualin ke africa

sama spt sampah mobil jdm masih laku dijual ke indo ..... meski cuma setengah ke depan

yg mungut juga rata rata org org (dianggap) kaya (di indo n di africa)
Badak jg baterai prius ya..

Kalo nissan leaf gimana om?
Masih layak kah jadi harta buruan orang2 africa sana?

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 13:39
by newrubble
mybear wrote: Tue Nov 28, 2017 12:10 Penasaran juga tentang mobil golf, yang biasa dipakai untuk transport di padang golf. Sebenarnya kan juga termasuk mobil listrik, meskipun kecil

Yang saya penasaran dari mobil golf tersebut, bisa untuk jarak tempuh berapa km ya? Untuk kapasitas, mobil golf kan juga ada yang panjang, bisa muat mungkin sampai 6 orang.

Perawatan mobil golf bagaimana ya?
Dan selama ini, saya juga ngga tahu harganya mobil golf sampai berapa ya?
ez-go sy pernah pake lama (1985-2014) dulu harga baru rp 2juta n battery ganti thn 98 (beli di pt kawan lama, sangaji) rp 350ribu .... thn 2002 unit itu sy jual laku rp 4juta

thn 2002 sy beli lg harga rp 30juta n sampe trahir sy pake blm ganti apapun

Re: Mobil listrik

Posted: Tue Nov 28, 2017 13:42
by newrubble
Bulgogi wrote: Tue Nov 28, 2017 13:16
Badak jg baterai prius ya..

Kalo nissan leaf gimana om?
Masih layak kah jadi harta buruan orang2 africa sana?
sy tdk tau krn lineup itu masih tritung baru ...... tapi kalo chevy volt mk.1 (2010) bekas nya cukup laku di mexico n latino lainnya

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 2:05
by iwing
wah ternyata lama juga usia baterai nya. kirain usia baterai nya 2-3 tahunan udah harus ganti. btw itu saya masih agak penasaran soal memanfaatkan septic tank....

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 2:56
by Salvanost
liemivan86 wrote: Tue Nov 28, 2017 9:06
NYoman wrote:For sure.. Model S perlu 6000Watts, sekarang 6000watt dari PLN perlu punya listrik 3phase juga.. Dari sebagian orang punya listrik 3 fase itu barang sangat mewah, belum lagi control box untuk ampere meter (RST) dan gak semua installer tau listrik jenis ini harus yang tau betul dan lagi listrik 3 fase itu kena minimum charge tiap bulan.. Kalau 6000watt untuk charging artinya perlu langganan 7700watt minimal!!!

Mau mobil listrik? Benerin dulu listriknya, masukin listrik sampai ke pelosok supaya semua masyarakat dapat aliran listrik..

Buat saya mobil listrik itu masa depan, yang belum kita dapatkan itu memang power resource nya.. Untuk kedepan mungkin hidrogen/fuelcell car jauh lebih masuk akal karena untuk membuat hidrogen nya bisa di buat lewat tenaga lain, contoh kincir atau air terjun.. Lebih masuk akal daripada baterai, secangih2 nya baterai punya masa pakai.. China dan Korea punya masalah dengan menumpuknya limbah baterai lithium, bingung bagaimana di daur ulang..
Bukannya justru ini visi nya pemerintah, karena itu kapasitas listrik yang di rumah dinaikkan menjadi 4400, dst, yang dibahas di thread sebelah..
Ga bisa om...
Kalau 6000 watt Tada repot
6000 watt itu udah masuk ke 3 fase listrik

Maslahnya listrik 3 fase limitasi max 4400/ jalur ( x3 jadi 13200 watt total)

Jadi mau make mobil listrik gini, harus puny meteran rumah diatas 13200 watt

Tapi sebenarnya ga perlu 6000 x 8jam
Kalau pemakaian sehari hari ga sampai 200km+
Ga perlu full charging

Ibarat kata, hp baterainya 10% full charge butuh sekitar 5 watt
Tetapi pas 80% drop jadi 1.5 watt
Kemungkinan celah buat turunin daya wattnya dari sana
Bulgogi wrote: Tue Nov 28, 2017 10:58 Mobil listrik nanti saja lah, tunggu teknologi batterai sudah canggih.. mobil listrik sekelas tesla, leaf, prius itu baterainya masih prematur.. charge lama, jarak tempuh pendek, ukuran baterai 1/4 mobil, dsb.. masih belum efisien dibanding bensin..

Mungkin nunggu 10 - 20 tahun lagi baru tercipta batterai charge 10 menit & jarak tempuh 1000 km.. ditambah lifetime baterai bisa 10 tahunan..

Untuk jangka pendek, paling realistis itu motor listrik.. bukan mobil listrik..
Berat baterai dipakai buat stabilin mobil listrik om
Jadi kemungkinan ukuran dan berat baterai masih lama diubahnya

Masih fokus ke kapasitas, keamanan, dan daya tahan baterai

Ya kalau charge cuma 10 menit, bisa 1000km
Teoritisnya ya...
8000 watt x 6 jam(ikut rumus om nr) bisa tempuh 250km
8000watt x 24 jam bisa tempuh 1000km
Berhubung mau 10 menit charge aja
192000watt x 1 jam buat tempuh 1000km
1juta 152000 watt x 10 menit charge buat tempuh 1000km

Ga realistis

Apalagi mesin yg dipake tesla aja udah 90% efisiensinya konversi listrik jadi tenaga

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 3:01
by akbarfit
Mobil yang cocok buat di indo untuk generasi baru ini ya menurut saya konsep yg ditawarkan nissan itu.... Full electric mode, tapi generatornya masih pakai mesin bensin just for recharge the batt...

Selebihnya kyknya kurang cocok utk di indo..

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 4:22
by NYoman
Memang kurang realistis untuk saat ini sih..

Mobil listrik memang masa depan dan saya percaya akan itu, hanya saja energy sources berupa baterai belum bisa memenuhi kebutuhan untuk sehari-hari.. Tesla bisa bla-bla bla, HELLO? how many people can buy that freakin car for day to day basis? I can buy a hatchback and petrol for 10 years with that money and still cheaper to run than a Tesla..
Hydrogen merupakan sesuatu yang bisa saya bilang alternatif nya, karena kebetulan punya mobil hidrogen artinya anda bisa bawa kemana saja membawa listrik karena ketika mobil tersebut menyala juga bisa menjadi generator listrik dirumah
Natural energy bisa di manfaatkan untuk memecah hidrogen contoh kincir dan air terjun atau mungkin ombak..

Untuk saat ini pilihan paling realistis sampai kita menemukan energy sources yang tepat untuk electric cars adalah Hybrid/Plugin Hybrid..

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 4:49
by bonex
Bukan cm instalasi listrik yg hrs diperbaiki, mslh banjir/ genangan jg hrs dipikirkan y.

Lokomotif CC puny KAI itu sbnrny jg sdh termasuk hybrid (diesel-electric). Liat kan, skrg ada banjir di porong udah ga bisa lewat itu loko. Hrs minta bantuan lok lain yg diesel-hidrolik. Kebayang kan make mobil electric di indo ini susahny kyk gmn klo lg hujan.

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 5:06
by Salvanost
Sorry om, tapi
Kalau bahas duit... ga bakalan bisa sharing info lagi om
Udah keburu apa2 dikatain mahal hehehe...

Let’s compare teknologinya aja
Saya bawa brand tesla karena menurut saya teknologinya menarik untuk dibahas :big_childish:

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 5:24
by NYoman
Ok kalau mau bahas teknologi saja kita kategorikan saja..

Mobil Listrik ada 3 kategori yang bisa saya lihat saat ini berdasarkan energy sources nya..

1. Battery powered electric car
2. Fuel Cell electric car (Hydrogen)
3. Powered by generator/baterry charger (hybrid/plugin hybrid/multistage hybrid)

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 5:37
by newrubble
iwing wrote: Wed Nov 29, 2017 2:05 wah ternyata lama juga usia baterai nya. kirain usia baterai nya 2-3 tahunan udah harus ganti. btw itu saya masih agak penasaran soal memanfaatkan septic tank....
septic tank di manggarai pernah (1999-2001) di bikinin pressurized sama USAID tapi u kompor masak ..... sy ingat krn pernah bikin contract dgn subcontractor nya (company dr texas) n mrk namakan 'gas-T'" . sy tdk tau apa mrk skrg ilang krn kena gusur jaman ahok

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 6:14
by PlantFoot
newrubble wrote: Tue Nov 28, 2017 9:30 disini listrik nyaris gratis krn ambil dr geothermal ..... spy gunung tdk meledak

sebagian listrik juga ambil dr septic tank ....krn itu makanan minuman di subsidy

awal thn ini (sy lg di jpn) septic tank tetangga terdekat (5km dr rumah sy) meledak krn rumah nya jarang ada org ..... pressure terlalu tinggi jadi skrg di pasang auto-pressure valve dgn tiang tinggi spy tdk bau

heater juga dr septic tank krn itu gratis n tetap idup meski di rumah tdk ada org ..... mobil egolf istri sy recharge gratis n sy pasang recharge outlet di depan rumah spy siapapun yg perlu bisa recharge (n sy dpt xtra subsidy krn contribute to public)
indonesia ini sbnrnya tinggal mencontoh yg sdh ada..dan konsisten..

dr satu video d youtube ttg norway yg tesla market growth nya tertinggi, meski norway punya minyak tp minyak nya dijual & ga dipake pembangkit listrik utk dlm negeri. listrik nya mostly dr hydroelectric, geothermal dan angin..potensi energi terbarukan indonesia mgkn sama atau bs lbh besar..

tp seperti biasa di indonesia itu potensi banyak, usaha utk mencontoh & penerapan jg ada..tp hanya hebat di awal..buat 1-2 proyek...lalu lenyap..nt kl ada sesuatu yg baru lalu heboh lagi dan mengulang siklus yg sama..tidak ada visi yg jelas & konsisten..krn byknya kepentingan..

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 7:07
by NYoman
Seingat saya tetangga sempat buat juga septictank di daerah Bondowoso di satu wc umum kampung.. Ada 2 macam salah satunya milik manusia dan hewan ternak, konversinya jadi gas dang sangat baik untuk jadi dapur umum maupun bbm untuk generator listrik disana.. sayangnya sempat kena kasus penyalahgunaan dana dan akhirnya mandek...

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 7:11
by ChZ
NYoman wrote:Memang kurang realistis untuk saat ini sih..

Mobil listrik memang masa depan dan saya percaya akan itu, hanya saja energy sources berupa baterai belum bisa memenuhi kebutuhan untuk sehari-hari.. Tesla bisa bla-bla bla, HELLO? how many people can buy that freakin car for day to day basis? I can buy a hatchback and petrol for 10 years with that money and still cheaper to run than a Tesla..
Hydrogen merupakan sesuatu yang bisa saya bilang alternatif nya, karena kebetulan punya mobil hidrogen artinya anda bisa bawa kemana saja membawa listrik karena ketika mobil tersebut menyala juga bisa menjadi generator listrik dirumah
Natural energy bisa di manfaatkan untuk memecah hidrogen contoh kincir dan air terjun atau mungkin ombak..

Untuk saat ini pilihan paling realistis sampai kita menemukan energy sources yang tepat untuk electric cars adalah Hybrid/Plugin Hybrid..
Statement dari bang Elon Musk sendiri, ga menutup kemungkinan ke depan akan menyasar pasar mass-market dan tidak menutup kemungkinan Tesla akan membuat EV yang "murah".

Tesla yang sekarang dibilang hanya "show off" what electric cars can do in the future... belum menyasar mass market, bahkan neraca keuangan Tesla aja merugi terus...

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 7:18
by newrubble
out of topic

sy ingat dulu (jaman wardiman baru jadi asisten menmud bppt, abis dia kena singkir di dki krn am fatwa boss dia masuk penjara)

menmud bppt dpt grant 2 units vw passat b1 facelift ('variant-s' trim) gasohol motor cbu brazil

satu st.wgn n satu 5door hatch (plaat merah n dua dua nya b 8- - - ax) n jadi 2nd official cars menmud bppt n wardiman (wkt itu wardiman br pindah rumah dr sblmnya jln dr makaliwe grogol pas dpn air mancur ke gudang pelor kp mlayu persis sebelah alm tohir n skrg jadi ruko)

trahir (2013) sy liat jadi bangke 2 2 nya di halaman blakang bppt tamrin bareng bangke 3 units pug504 gld ex grant prancis

pdhl vw do brazil jaman itu bukan kasih 2 units mobil sj tapi lengkap dgn compact cassava2alcohol converter unit yg (kata wardiman dulu) skali production (8 menit) bisa bikin 300 liter gasohol kurang dikit n (kata menmud yg ahli aviation construction n ahli winglet itu) "ini production cost jauh lbh murah drpd supe98"

grant itu dlm rangka celebrating the first 1,000 units vw-bus ckd sold in indo (garuda mataram n super putra masih under kostrad n alm kol arifin yg jadi dirut n wakilnya letkol yunus jauh sblm letkol yunus jadi dirut truba holding pas dia brig-gen)

sayang skali pdhl brazil jaman itu ajak indo u bikin alternative fuel renewable source n indo jaman itu world biggest cassava source

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 7:33
by Profith83
NYoman wrote: Wed Nov 29, 2017 5:24 Ok kalau mau bahas teknologi saja kita kategorikan saja..

Mobil Listrik ada 3 kategori yang bisa saya lihat saat ini berdasarkan energy sources nya..

1. Battery powered electric car
2. Fuel Cell electric car (Hydrogen)
3. Powered by generator/baterry charger (hybrid/plugin hybrid/multistage hybrid)
Saya tertarik bahas yang ini
3. Powered by generator/baterry charger (hybrid/plugin hybrid/multistage hybrid).

Mobil yang ada baterainya dan juga masih ada mesinnya.
Saya lebih berpikir kalau sudah ada baterainya kenapa baterai tersebut tidak diisi dengan tenaga dari panas matahari lewat Solar Cell kemudian disimpan ke Batery? seperti jam tangan.

Nah ... kalau musim panas di Indonesia kira kira 8 bulan maka bagi pengendara yang sehari mungkin cuma jalan 100 KM, akan cukup menggunakan tenaga matahari. Mobil selama berhenti ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari sehingga bisa mengisi baterainya.

Asumsi nya mobil cuma berjalan kecepatan 60 KM/jam karena baterai tidak terlalu besar.

Misal orang yang mobilnya cuma dipakai sehari 4 kali ... masing masing 25 KM. maka sehari cuma 100 KM. Dengan solar cell yang ditaruh di kap atas mobil selama 10 jam panas bisa mengisi batrai untuk jalan 100 KM.

Bayangin berapa duit dan devisa bisa dihemat ... sehari anggap 10 liter x 8,000 = 80 rb x 25 hari x 8 bulan = 16 jt per tahun ?

Devisa/Dolar yang dipakai untuk beli BBM bisa hemat 16 jt per mobil x 1 jt mobil = 16 Triliun per tahun

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 7:47
by ChZ
Profith83 wrote: Wed Nov 29, 2017 7:33
Saya tertarik bahas yang ini
3. Powered by generator/baterry charger (hybrid/plugin hybrid/multistage hybrid).

Mobil yang ada baterainya dan juga masih ada mesinnya.
Saya lebih berpikir kalau sudah ada baterainya kenapa baterai tersebut tidak diisi dengan tenaga dari panas matahari lewat Solar Cell kemudian disimpan ke Batery? seperti jam tangan.

Nah ... kalau musim panas di Indonesia kira kira 8 bulan maka bagi pengendara yang sehari mungkin cuma jalan 100 KM, akan cukup menggunakan tenaga matahari. Mobil selama berhenti ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari sehingga bisa mengisi baterainya.

Asumsi nya mobil cuma berjalan kecepatan 60 KM/jam karena baterai tidak terlalu besar.

Misal orang yang mobilnya cuma dipakai sehari 4 kali ... masing masing 25 KM. maka sehari cuma 100 KM. Dengan solar cell yang ditaruh di kap atas mobil selama 10 jam panas bisa mengisi batrai untuk jalan 100 KM.

Bayangin berapa duit dan devisa bisa dihemat ... sehari anggap 10 liter x 8,000 = 80 rb x 25 hari x 8 bulan = 16 jt per tahun ?

Devisa/Dolar yang dipakai untuk beli BBM bisa hemat 16 jt per mobil x 1 jt mobil = 16 Triliun per tahun
Solar Cell untuk saat ini halangannya adalah tingkat efficiency yang masih rendah... energi yang dihasilkan masih terlalu rendah dan kesulitan di desain solar panel untuk mobilnya. Setau saya untuk menghasilkan daya sebesar average petrol engine dibutuhkan ukuran solar panel yang sangat-sangat besar...

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 8:12
by liemivan86

ChZ wrote:
Solar Cell untuk saat ini halangannya adalah tingkat efficiency yang masih rendah... energi yang dihasilkan masih terlalu rendah dan kesulitan di desain solar panel untuk mobilnya. Setau saya untuk menghasilkan daya sebesar average petrol engine dibutuhkan ukuran solar panel yang sangat-sangat besar...
Dan harga yang sangat mahal..

Seberapa banyak dari kita yang pakai solar heater untuk air panas? Kenapa jarang ada yang pakai? Karena masih terlalu mahal. Padahal itu sistem nya cuma dari panas menjadi panas, tidak ada konversi energi dari panas menjadi listrik atau yang lain. Kalo ada konversi energi, pasti semakin mahal..

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 10:19
by NYoman
Kalau solar panel ITS sempat buat kalau tidak salah.. dan halangan nya itu tadi penempatan dan desain panel nya..

Memang menguntungkan karena menggunakan matahari, tapi ingat selain solar panel dia perlu regulator dan baterai juga yang menambah berat nya.. Untuk menghasilkan tenaga sebesar mobil elektrik masa kini (150hp) perlu solar panel yang sangat besar belum lagi harga solar panel itu per CM sangat mahal..

Kalau dia statis tidak apa2, yang masalah sebuah mobil akan bergerak terus menerus.. Berapa banyak cahaya yang terserap? Kalau dipasang dirumah sebagai alternatif itu bisa cuma untuk dipasang di kendaraan masih belum sampai kesana teknologinya..

Re: Mobil listrik

Posted: Wed Nov 29, 2017 15:54
by newrubble
karma cars sdh pake itu solar paneled roof piece u el-motor n air-cond rechrg

mobil yg lebar, ampir selebar hummer h1 ..... wanxiang investmnt paati suka

Re: Mobil listrik

Posted: Thu Nov 30, 2017 1:38
by NYoman
Karma? Fishker Karma ya?

Kalau untuk aircond saja kalau tidak salah beberapa mobil electric mini punya yang digunakan khusus untuk daya AC dan Infotaiment..