Data Penjualan Mobil - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

VanzMatic wrote:
ChZ wrote:
antonyaulia wrote:DFSK katanya kasih Garansi 8 tahun ya? menarik juga ya.
8 taun (selama atpm masih eksis) ...

ZNA dulu 7 taun tp atpmnya mampus duluan...

Uda ah, ntar d blg benci mobil cina cari2 alesan... :ngacir:
Sepakat. Garansi.. apalagi produk baru masuk, sudah bombastis begitu, bagi saya kok rasanya too good to be true yang menjurus tidak masuk akal.

Terlalu berbuih buih di awal tapi kelangsungan hidupnya belum terbukti.

Yang sudah terbukti malah Atpm nya mamvus duluan jadi toko roti, unitnya mangkrak jadi candi.
Warranty di atas 5 taun menurut ane malah nunjukin atpm g pede dengan produknya... Apalagi produk merek baru gini ya, keliatan bgt takut kehilangan konsumen.

Dan dealer dpt duid darimana klo warranty segitu lama, pdhl bengkel dan sparepart itu cashcow nya dealer.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Joehard30 »

ChZ wrote: Fri Jun 01, 2018 11:26
VanzMatic wrote:
ChZ wrote:8 taun (selama atpm masih eksis) ...

ZNA dulu 7 taun tp atpmnya mampus duluan...

Uda ah, ntar d blg benci mobil cina cari2 alesan... :ngacir:
Sepakat. Garansi.. apalagi produk baru masuk, sudah bombastis begitu, bagi saya kok rasanya too good to be true yang menjurus tidak masuk akal.

Terlalu berbuih buih di awal tapi kelangsungan hidupnya belum terbukti.

Yang sudah terbukti malah Atpm nya mamvus duluan jadi toko roti, unitnya mangkrak jadi candi.
Warranty di atas 5 taun menurut ane malah nunjukin atpm g pede dengan produknya... Apalagi produk merek baru gini ya, keliatan bgt takut kehilangan konsumen.

Dan dealer dpt duid darimana klo warranty segitu lama, pdhl bengkel dan sparepart itu cashcow nya dealer.
menurut oe malah bagus ya, terutama buat merk yang serius kayak guling, bukan yang byar pet kaya mobcin2 sebelumnya. Sbg contoh sampe sekarang kia di banyak negara nawarin warranty sampe 7 tahun. Oe apresiasi keberanian si Guling n menurut oe memang perlu buat merka bikin program gitu agar bisa ngeyakinin orang2. Merk baru natural lah, pasti orang kuatir kl mau beli meski secara produk mereka suka
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by liemivan86 »


Joehard30 wrote:
ChZ wrote: Fri Jun 01, 2018 11:26 Warranty di atas 5 taun menurut ane malah nunjukin atpm g pede dengan produknya... Apalagi produk merek baru gini ya, keliatan bgt takut kehilangan konsumen.

Dan dealer dpt duid darimana klo warranty segitu lama, pdhl bengkel dan sparepart itu cashcow nya dealer.
menurut oe malah bagus ya, terutama buat merk yang serius kayak guling, bukan yang byar pet kaya mobcin2 sebelumnya. Sbg contoh sampe sekarang kia di banyak negara nawarin warranty sampe 7 tahun. Oe apresiasi keberanian si Guling n menurut oe memang perlu buat merka bikin program gitu agar bisa ngeyakinin orang2. Merk baru natural lah, pasti orang kuatir kl mau beli meski secara produk mereka suka
Benar, saya juga setuju kalo warranty ini justru salah satu senjata mereka untuk menarik konsumen. Konsumen kan ragu dengan kualitas nya, jadi dikasih garansi 7 tahun supaya meyakinkan konsumen kalo mobil nya minimal bisa dipakai 7 tahun. Merk Korea juga warranty 7 tahun di luar negeri.

Justru kalo produsen tidak yakin dengan kualitas produk nya, mereka tidak akan berani kasih garansi 7 tahun, karena Gimana2, garansi itu adalah biaya tambahan. Dan pada saat dealer ada pengganti an part karena klaim garansi itu, biaya itu akan di klaim kan ke produsen.

Selain itu, kalo dari sisi servis nya sih justru bagus ya. Karena kan garansi 7 tahun, bukan 7 tahun bebas perawatan. Dan biasanya garansi itu syarat nya kan harus servis berkala di beres terus, jadi ya bengkel nya malah laku selama 7 tahun. Banyak member sini (termasuk saya) yang kalo garansi selesai, justru tidak servis di beres lagi. Justru kalo mereka kasih garansi 7 tahun, konsumen akan "terikat" dengan beres selama 7 tahun. Jadi ya malah bagus untuk beres nya.

Btw, yang garansi 7 tahun itu DFSK lho, bukan wuling. Wuling garansi standar, 3 tahun, cuma mesin dan transmisi aja yang 5 tahun.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Fri Jun 01, 2018 13:34
Joehard30 wrote: menurut oe malah bagus ya, terutama buat merk yang serius kayak guling, bukan yang byar pet kaya mobcin2 sebelumnya. Sbg contoh sampe sekarang kia di banyak negara nawarin warranty sampe 7 tahun. Oe apresiasi keberanian si Guling n menurut oe memang perlu buat merka bikin program gitu agar bisa ngeyakinin orang2. Merk baru natural lah, pasti orang kuatir kl mau beli meski secara produk mereka suka
Benar, saya juga setuju kalo warranty ini justru salah satu senjata mereka untuk menarik konsumen. Konsumen kan ragu dengan kualitas nya, jadi dikasih garansi 7 tahun supaya meyakinkan konsumen kalo mobil nya minimal bisa dipakai 7 tahun. Merk Korea juga warranty 7 tahun di luar negeri.

Justru kalo produsen tidak yakin dengan kualitas produk nya, mereka tidak akan berani kasih garansi 7 tahun, karena Gimana2, garansi itu adalah biaya tambahan. Dan pada saat dealer ada pengganti an part karena klaim garansi itu, biaya itu akan di klaim kan ke produsen.

Selain itu, kalo dari sisi servis nya sih justru bagus ya. Karena kan garansi 7 tahun, bukan 7 tahun bebas perawatan. Dan biasanya garansi itu syarat nya kan harus servis berkala di beres terus, jadi ya bengkel nya malah laku selama 7 tahun. Banyak member sini (termasuk saya) yang kalo garansi selesai, justru tidak servis di beres lagi. Justru kalo mereka kasih garansi 7 tahun, konsumen akan "terikat" dengan beres selama 7 tahun. Jadi ya malah bagus untuk beres nya.

Btw, yang garansi 7 tahun itu DFSK lho, bukan wuling. Wuling garansi standar, 3 tahun, cuma mesin dan transmisi aja yang 5 tahun.
Jujur kalo Defesek ane gak se positif wuling liatnya... Kalo Wuling memang niat investasinya sampe bikin pabrik... Defesek gak tau deh... dealer aja dikit. Kayak cuma manfaatin hype nya Wuling sebagai mobil cungkwo yang "mendobrak" ... makanya skeptisisme ane terhadap Defesek lebih gede.

Cukup kasian sih kalo nanti yang udah terlanjur beli ternyata ga laku ATPMnya tutup sebelum masa warranty 7 taun...

Perbedaannya KIA dan Defesek, KIA di luar negeri salah satu brand yang sudah cukup well known dan laris... Warranty panjang itu bisa dipahami dua sisi antara gak pede mobilnya reliabel (sehingga musti di warranty terus untuk menjaga trust konsumen drpd ntar tiba-tiba diliatin service bill gede) atau pede kalo mobilnya sangat reliabel sehingga berani menjamin gak bakal rusak sampe taun taun berikutnya...

ane liatnya KIA lebih ke yang kedua... mesin Hyundai-KIA Group zaman now terbukti tahan banting udahan. Bkn karena ane kagetan pake Hyundai skrg jd ngebelain Koreans ya, korean cars di indo seriously parah secara equipment dan mahal. tapi klo liat Hyundai-KIA skrg banyak yang pake santi sampe ratusan ribu kilo dalam waktu 5 taun ngga da masalah serius di mesin...

Sedangkan Defesek... entah kepedean entah gak pede... masalahnya 7 taun untuk sebuah mobil itu udah isinya wear n tear... yakin mau nge warranty sampe segitu lama ? Secara logis di pikiran umur 7 taun dengan 150.000 KM, kalo saya pake mobil belom sampe dua duanya (misal saya beli Glory 580 skrg pake sampe 2025 kilonya cuma jalan 100k) berarti bisa claim meskipun rusaknya karena wear n tear... Ini beda sama BMW yang ongkos servisnya di "bayar di muka" a.k.a dimasukin harga OTR tapi selama 5 thn pake servis dll gratis semua...

Maaf nih, ane selalu agak sinis ke beres... bukannya rusak karena wear n tear di atas 5 taun itu yang paling ditunggu ATPM... sarana cari duit gede krn ganti part banyak dan bisa charge ongkos jasa tinggi... Pembeli mobil di Indonesia sadar g sadar dimanfaatin skema ini... klo baru awal beli dijor-jorin program servis gratis jasa dll... lewat 5 taun mobilnya udah gak dianggep dan di charge lebih mahal dari bengkel umum...

Ya diliat aja deh nanti nasibnya sama kayak ZNA atau enggak... cm klo Defesek sih jujur lebih ga meyakinkan dibanding Wuling...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by liemivan86 »


ChZ wrote: Jujur kalo Defesek ane gak se positif wuling liatnya... Kalo Wuling memang niat investasinya sampe bikin pabrik... Defesek gak tau deh... dealer aja dikit. Kayak cuma manfaatin hype nya Wuling sebagai mobil cungkwo yang "mendobrak" ... makanya skeptisisme ane terhadap Defesek lebih gede.

Cukup kasian sih kalo nanti yang udah terlanjur beli ternyata ga laku ATPMnya tutup sebelum masa warranty 7 taun...

Perbedaannya KIA dan Defesek, KIA di luar negeri salah satu brand yang sudah cukup well known dan laris... Warranty panjang itu bisa dipahami dua sisi antara gak pede mobilnya reliabel (sehingga musti di warranty terus untuk menjaga trust konsumen drpd ntar tiba-tiba diliatin service bill gede) atau pede kalo mobilnya sangat reliabel sehingga berani menjamin gak bakal rusak sampe taun taun berikutnya...

ane liatnya KIA lebih ke yang kedua... mesin Hyundai-KIA Group zaman now terbukti tahan banting udahan. Bkn karena ane kagetan pake Hyundai skrg jd ngebelain Koreans ya, korean cars di indo seriously parah secara equipment dan mahal. tapi klo liat Hyundai-KIA skrg banyak yang pake santi sampe ratusan ribu kilo dalam waktu 5 taun ngga da masalah serius di mesin...

Sedangkan Defesek... entah kepedean entah gak pede... masalahnya 7 taun untuk sebuah mobil itu udah isinya wear n tear... yakin mau nge warranty sampe segitu lama ? Secara logis di pikiran umur 7 taun dengan 150.000 KM, kalo saya pake mobil belom sampe dua duanya (misal saya beli Glory 580 skrg pake sampe 2025 kilonya cuma jalan 100k) berarti bisa claim meskipun rusaknya karena wear n tear... Ini beda sama BMW yang ongkos servisnya di "bayar di muka" a.k.a dimasukin harga OTR tapi selama 5 thn pake servis dll gratis semua...

Maaf nih, ane selalu agak sinis ke beres... bukannya rusak karena wear n tear di atas 5 taun itu yang paling ditunggu ATPM... sarana cari duit gede krn ganti part banyak dan bisa charge ongkos jasa tinggi... Pembeli mobil di Indonesia sadar g sadar dimanfaatin skema ini... klo baru awal beli dijor-jorin program servis gratis jasa dll... lewat 5 taun mobilnya udah gak dianggep dan di charge lebih mahal dari bengkel umum...

Ya diliat aja deh nanti nasibnya sama kayak ZNA atau enggak... cm klo Defesek sih jujur lebih ga meyakinkan dibanding Wuling...
Setuju, saya juga nda yakin sama DFSK ini. Sempat bahas di thread lain pandangan saya, intinya sih wuling lebih matang secara strategi, sedangkan DFSK ini kurang matang. Termasuk dalam pemilihan positioning produk dan timing launching produk, Wuling jauh lebih matang.

Soal wear and tear yang jadi sasaran beres, ya memang bisa jadi sih akan mengurangi pendapatan beres, tapi mungkin mereka lebih penting kan jualan dulu skr, soal pendapatan dari servis urusan belakang.

Soalnya di logika saya, gimana caranya bisa jual mobil merk China, belum punya positioning apa-apa di pasar, harga 250+, dan belum terbukti sama sekali durability nya? Susah banget sih. Ya mungkin garansi 7 tahun itu jadi cara paling gampang untuk yakin kan konsumen untuk beli dulu. Urusan servis belakangan, kalo nda ada yang beli, mau servis cuan banyak juga percuma, wong mobil nya aja nda ada yang beli.

Kita lihat aja nanti, sambil nikmati Wuling Cortez dulu skr.. [emoji16]

Btw, soal Kia dan Hyundai, saya fans berat Santa Fe. Dan percaya banget kalo reliability mobil nya bagus, bahkan di atas rival Jepang sekelas. Lihat aja taksi Hyundai di Singapore, kilometer nya ngeri2. Cuma ya gitu, di Indonesia, entah kenapa mereka jual nya mahal banget. Awalnya saya kira karena CBU Korea, tapi ternyata Chevrolet yang juga CBU Korea ya bisa jualan dengan harga yang masuk akal. Kayaknya Kia Hyundai ini uda salah strategi deh di pasar Indonesia. Kita lihat saja bisa bertahan berapa lama..
marhadiyantodwi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by marhadiyantodwi »

SPH wrote: Fri Jun 01, 2018 10:48
iritpoll wrote: Thu May 31, 2018 7:43 Yang mau pilih-pilih city car atau hatchback, simak data penjualan wholesales Jan- Apr 2018
Sumber: data gaikindo

Image
Ini duo korea hidup segan mati tak mau gitu data penjualannya, padahal dulu rio sama i20 masih suka lihat dijalan
Rio mentereng di awal keluar aja. Pada kepincut tampilannya yang cantik. Pas dikendarain baru deh ketauan gak enaknya 😂. Yang beli Rio biasanya orang baru mau punya mobil, tapi ya emang duitnya banyak.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by sintoni »

Sedihnya Yasir, sudah mau kebalap sama New Baleno.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by VanzMatic »

Saya mah ga usa nunggu garansi habis, sejak sebelum sampe Km 20.000, udah babay sama bengkel resmi.. 🤣

Bukan apa apa, colak colek kasi printilan sana sini udah 700rb-an . Alamakjang.. babay dah.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by adrevolution »

marhadiyantodwi wrote: Sat Jun 02, 2018 4:16
SPH wrote: Fri Jun 01, 2018 10:48
iritpoll wrote: Thu May 31, 2018 7:43 Yang mau pilih-pilih city car atau hatchback, simak data penjualan wholesales Jan- Apr 2018
Sumber: data gaikindo

Image
Ini duo korea hidup segan mati tak mau gitu data penjualannya, padahal dulu rio sama i20 masih suka lihat dijalan
Rio mentereng di awal keluar aja. Pada kepincut tampilannya yang cantik. Pas dikendarain baru deh ketauan gak enaknya 😂. Yang beli Rio biasanya orang baru mau punya mobil, tapi ya emang duitnya banyak.
Kia rio mmg dulu sih scr price lebih murah dibanding mainstream japs (jazz, yasir, m2), yg mirip2 hrgnya swift. Equimpent hampir sama baik safety maupun gimmicks lain. Lha skrg, equipment cukup jauh dibawahnya dgn harga hampir sama (nettnya), there's little to no reason to buy koreans instead of japs dengan kondisi market & aftersales disini. Imho.
In case of rio & i20, harusnya sih utk top trim otr hrs dikeep under 250 dgn diskon around 10% kalau mau laku kayak sktr 2009-2013, otherwise yaaa beginilah
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 811
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by mobilover »

Korea ga bs tahan lama di indo kl strateginy begini. Mazda aja yg merek jepang brg cbu jepang / malaysia harganya masih bs kompetitif. Lah ini merek korea yg msh dipandang sblh mata sm org indo harga mahal fitur full sunat. Kl gak ada terobosan dr pihak atpm sih tinggal menghitung hari sih eksistensi merek korea di indo. Terobosan yg ditunggu2 itu seperti bikin pabrik ckd, tetap cbu tp harga turun fitur naik, tambah jaringan beres dan aftersales diperbaiki. Tinggal prinsipal korea mau serius di pasar indonesia atau gak
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Bulgogi »

Yg bikin penasaran, kenapa ya korean cars pasang harga mahal?

Secara manajemen udh ngga make sense itu, kaya bunuh perusahaan sendiri..

Pastiiiii ada "something" happen..

Sayang sudah ngga ada om NR..
Cuma om NR yg bisa ngeliat anomali kaya gini..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by sintoni »

Pabrikan lain di LN, berani garansi 7-8 tahun soalnya disana jalanan bagus, polisi tidur tingginya normal, bensin ga ada yang jelek.

Kalo disini pabrikan baru garansi 7-8 tahun ya harus komit dong, nanti ga laku sudah kabur. Inget, pasar Indo ini lain dari yang lain.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ginting »

Bulgogi wrote: Sat Jun 02, 2018 14:10 Yg bikin penasaran, kenapa ya korean cars pasang harga mahal?

Secara manajemen udh ngga make sense itu, kaya bunuh perusahaan sendiri..

Pastiiiii ada "something" happen..

Sayang sudah ngga ada om NR..
Cuma om NR yg bisa ngeliat anomali kaya gini..
Ingat kata oom NR bahwa tangan orang Indonesia itu kuat kuat...bisa bikin barang mati cepet mati... :wkkk: :wkkk: :wkkk:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Bulgogi »

ginting wrote:
Bulgogi wrote: Sat Jun 02, 2018 14:10 Yg bikin penasaran, kenapa ya korean cars pasang harga mahal?

Secara manajemen udh ngga make sense itu, kaya bunuh perusahaan sendiri..

Pastiiiii ada "something" happen..

Sayang sudah ngga ada om NR..
Cuma om NR yg bisa ngeliat anomali kaya gini..
Ingat kata oom NR bahwa tangan orang Indonesia itu kuat kuat...bisa bikin barang mati cepet mati... :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Pantes negara kita susah ekspor, komoditas mentah jadi junkyard semua.. :ngacir:
User avatar
B3M0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
Location: Bogor Kota
Daily Vehicle: Yaris Off-road

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by B3M0 »

VanzMatic wrote:Saya mah ga usa nunggu garansi habis, sejak sebelum sampe Km 20.000, udah babay sama bengkel resmi.. 🤣

Bukan apa apa, colak colek kasi printilan sana sini udah 700rb-an . Alamakjang.. babay dah.
Akur.. Saya juga babay sm bengkel resmi om walau garansi masih banyak
sent from ladies room :e-whistle:
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by twa »

liemivan86 wrote: Fri Jun 01, 2018 13:34
Joehard30 wrote:
ChZ wrote: Fri Jun 01, 2018 11:26 Warranty di atas 5 taun menurut ane malah nunjukin atpm g pede dengan produknya... Apalagi produk merek baru gini ya, keliatan bgt takut kehilangan konsumen.

Dan dealer dpt duid darimana klo warranty segitu lama, pdhl bengkel dan sparepart itu cashcow nya dealer.
menurut oe malah bagus ya, terutama buat merk yang serius kayak guling, bukan yang byar pet kaya mobcin2 sebelumnya. Sbg contoh sampe sekarang kia di banyak negara nawarin warranty sampe 7 tahun. Oe apresiasi keberanian si Guling n menurut oe memang perlu buat merka bikin program gitu agar bisa ngeyakinin orang2. Merk baru natural lah, pasti orang kuatir kl mau beli meski secara produk mereka suka
Benar, saya juga setuju kalo warranty ini justru salah satu senjata mereka untuk menarik konsumen. Konsumen kan ragu dengan kualitas nya, jadi dikasih garansi 7 tahun supaya meyakinkan konsumen kalo mobil nya minimal bisa dipakai 7 tahun. Merk Korea juga warranty 7 tahun di luar negeri.

Justru kalo produsen tidak yakin dengan kualitas produk nya, mereka tidak akan berani kasih garansi 7 tahun, karena Gimana2, garansi itu adalah biaya tambahan. Dan pada saat dealer ada pengganti an part karena klaim garansi itu, biaya itu akan di klaim kan ke produsen.

Selain itu, kalo dari sisi servis nya sih justru bagus ya. Karena kan garansi 7 tahun, bukan 7 tahun bebas perawatan. Dan biasanya garansi itu syarat nya kan harus servis berkala di beres terus, jadi ya bengkel nya malah laku selama 7 tahun. Banyak member sini (termasuk saya) yang kalo garansi selesai, justru tidak servis di beres lagi. Justru kalo mereka kasih garansi 7 tahun, konsumen akan "terikat" dengan beres selama 7 tahun. Jadi ya malah bagus untuk beres nya.

Btw, yang garansi 7 tahun itu DFSK lho, bukan wuling. Wuling garansi standar, 3 tahun, cuma mesin dan transmisi aja yang 5 tahun.
totaly agree yg gw bold, DFSK setahu gw juga buat pabrik perakitan di cikande, serang. beda dgn ZNA yg full import.
http://www.tribunnews.com/otomotif/2018 ... -indonesia

DFSK sendiri bagian dari DFM group ( fortune global 500 company ), yg dichina kerjasama joint venture produksi Nissan, Honda, renault n peugeot.
http://www.dfsk.com/index.php/Index/story

Masa org sudah investasi gede gitu mau main2 jualan di indo, semua pasti pengen sukses. nah perjalanan ke suksesnya yg mesti dilihat nantinya, dari realibilty mobilnya, jumlah dealer, after sales service, dll. semoga nasibnya gak seperti chery :mrgreen:

jadi ingat dulu waktu pertama xiaomi keluar juga dipandang sebelah matakan sama org... coba lihat skrg varian produknya bagus dan worth it harganya... apakah ini juga akan berlaku utk wuling dan DFSK ? time will tell...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ginting »

saya sih gak abis pikir kenapa musti DFSK (baca : Defesek)..kenapa gak brand "Dong Feng" saja yg sdh ngetop di kapal nelayan, tukang las, dll

itu mesin dong feng murah awet
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by liemivan86 »

ginting wrote:saya sih gak abis pikir kenapa musti DFSK (baca : Defesek)..kenapa gak brand "Dong Feng" saja yg sdh ngetop di kapal nelayan, tukang las, dll

itu mesin dong feng murah awet
Selain itu, kenapa harus pakai nama Glory 580. Kasih nama Glory aja kan cukup, nda perlu angka nya ikut, jadi lebih familiar di lidah orang Indonesia. Wuling menyadari hal ini dan mereka sesuaikan nama produk nya, which is nice step.

Ini salah satu alasan kenapa saya merasa strategi wuling di sini lebih matang.
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
Location: Bandung

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Crossoverjersey »

sintoni wrote: Sat Jun 02, 2018 4:29 Sedihnya Yasir, sudah mau kebalap sama New Baleno.
Padahal udah all out ya Semua fitur2nya..

Model nya jelek sih Kalo Kata Saya.. Kenapa ya desain2 toyota tuh Kaya kurang nendang gitu.. Biasa2 Aja..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ginting »

Crossoverjersey wrote:
sintoni wrote: Sat Jun 02, 2018 4:29 Sedihnya Yasir, sudah mau kebalap sama New Baleno.
Padahal udah all out ya Semua fitur2nya..

Model nya jelek sih Kalo Kata Saya.. Kenapa ya desain2 toyota tuh Kaya kurang nendang gitu.. Biasa2 Aja..
mungkin mereka merasa org org beli karena faktor logo T saja.
design, fitur diabaian jg gak papa.
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by mobilkutu »

Crossoverjersey wrote: Sun Jun 03, 2018 21:43
sintoni wrote: Sat Jun 02, 2018 4:29 Sedihnya Yasir, sudah mau kebalap sama New Baleno.
Padahal udah all out ya Semua fitur2nya..

Model nya jelek sih Kalo Kata Saya.. Kenapa ya desain2 toyota tuh Kaya kurang nendang gitu.. Biasa2 Aja..
Gw malah lebih suka model baleno drpd yaris lele.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »

Crossoverjersey wrote:
sintoni wrote: Sat Jun 02, 2018 4:29 Sedihnya Yasir, sudah mau kebalap sama New Baleno.
Padahal udah all out ya Semua fitur2nya..

Model nya jelek sih Kalo Kata Saya.. Kenapa ya desain2 toyota tuh Kaya kurang nendang gitu.. Biasa2 Aja..
Alesannya B segment hatchback udah lewat batas psikologis... Honda jazz dan toyota yaris lalu mazda2 harganya dah mau 300juta...

Baenol bikin gebrakan dengan harga di bawah 200 juta...

300jutaan larinya ke small crossover macem HRV dan Scross semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Or4cle »

twa wrote: Sun Jun 03, 2018 14:43
liemivan86 wrote: Fri Jun 01, 2018 13:34
Joehard30 wrote:
menurut oe malah bagus ya, terutama buat merk yang serius kayak guling, bukan yang byar pet kaya mobcin2 sebelumnya. Sbg contoh sampe sekarang kia di banyak negara nawarin warranty sampe 7 tahun. Oe apresiasi keberanian si Guling n menurut oe memang perlu buat merka bikin program gitu agar bisa ngeyakinin orang2. Merk baru natural lah, pasti orang kuatir kl mau beli meski secara produk mereka suka
Benar, saya juga setuju kalo warranty ini justru salah satu senjata mereka untuk menarik konsumen. Konsumen kan ragu dengan kualitas nya, jadi dikasih garansi 7 tahun supaya meyakinkan konsumen kalo mobil nya minimal bisa dipakai 7 tahun. Merk Korea juga warranty 7 tahun di luar negeri.

Justru kalo produsen tidak yakin dengan kualitas produk nya, mereka tidak akan berani kasih garansi 7 tahun, karena Gimana2, garansi itu adalah biaya tambahan. Dan pada saat dealer ada pengganti an part karena klaim garansi itu, biaya itu akan di klaim kan ke produsen.

Selain itu, kalo dari sisi servis nya sih justru bagus ya. Karena kan garansi 7 tahun, bukan 7 tahun bebas perawatan. Dan biasanya garansi itu syarat nya kan harus servis berkala di beres terus, jadi ya bengkel nya malah laku selama 7 tahun. Banyak member sini (termasuk saya) yang kalo garansi selesai, justru tidak servis di beres lagi. Justru kalo mereka kasih garansi 7 tahun, konsumen akan "terikat" dengan beres selama 7 tahun. Jadi ya malah bagus untuk beres nya.

Btw, yang garansi 7 tahun itu DFSK lho, bukan wuling. Wuling garansi standar, 3 tahun, cuma mesin dan transmisi aja yang 5 tahun.
totaly agree yg gw bold, DFSK setahu gw juga buat pabrik perakitan di cikande, serang. beda dgn ZNA yg full import.
http://www.tribunnews.com/otomotif/2018 ... -indonesia

DFSK sendiri bagian dari DFM group ( fortune global 500 company ), yg dichina kerjasama joint venture produksi Nissan, Honda, renault n peugeot.
http://www.dfsk.com/index.php/Index/story

Masa org sudah investasi gede gitu mau main2 jualan di indo, semua pasti pengen sukses. nah perjalanan ke suksesnya yg mesti dilihat nantinya, dari realibilty mobilnya, jumlah dealer, after sales service, dll. semoga nasibnya gak seperti chery :mrgreen:

jadi ingat dulu waktu pertama xiaomi keluar juga dipandang sebelah matakan sama org... coba lihat skrg varian produknya bagus dan worth it harganya... apakah ini juga akan berlaku utk wuling dan DFSK ? time will tell...
100% setuju bahwa semua bisnis pasti pengin sukses ... Tapi ingat, investasi gede bukan jaminan buat bisnis akan bertahan lama di masa depan.
Lihat aja kasus TOSHIBA (6 pabrik), PANASONIC (2 pabrik), SONNY (2 pabrik) yang gulung tikar walaupun sudah investasi besar-besaran di Indonesia.

Saya pribadi belum percaya mobil2 china walaupun mereka memberikan garansi 7 tahun dan bangun pabrik CKD di Indonesia.
Capital adalah modal awal dan itu bukan masalah buat mereka, tapi hitung2an bisnis berjalan setelah itu ... Let's wait and see.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ChZ »


Or4cle wrote: 100% setuju bahwa semua bisnis pasti pengin sukses ... Tapi ingat, investasi gede bukan jaminan buat bisnis akan bertahan lama di masa depan.
Lihat aja kasus TOSHIBA (6 pabrik), PANASONIC (2 pabrik), SONNY (2 pabrik) yang gulung tikar walaupun sudah investasi besar-besaran di Indonesia.

Saya pribadi belum percaya mobil2 china walaupun mereka memberikan garansi 7 tahun dan bangun pabrik CKD di Indonesia.
Capital adalah modal awal dan itu bukan masalah buat mereka, tapi hitung2an bisnis berjalan setelah itu ... Let's wait and see.
Setuju... Di awal pastinya janji janji manis diumbar semua... uang banyak digelontorkan demi kesuksesan mereknya.

Eksekusi? Bakal keliatan kualitas nya begitu produk / atpm dihantam masalah... Claim warranty sulit/nggak, sering claim/nggak, dll...



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by mr_mytplx »

ginting wrote: Sun Jun 03, 2018 15:30 saya sih gak abis pikir kenapa musti DFSK (baca : Defesek)..kenapa gak brand "Dong Feng" saja yg sdh ngetop di kapal nelayan, tukang las, dll

itu mesin dong feng murah awet
hahaha, bener om, ngucapin mereknya aja udah males duluan rasanya.