ChZ wrote:
Jujur kalo Defesek ane gak se positif wuling liatnya... Kalo Wuling memang niat investasinya sampe bikin pabrik... Defesek gak tau deh... dealer aja dikit. Kayak cuma manfaatin hype nya Wuling sebagai mobil cungkwo yang "mendobrak" ... makanya skeptisisme ane terhadap Defesek lebih gede.
Cukup kasian sih kalo nanti yang udah terlanjur beli ternyata ga laku ATPMnya tutup sebelum masa warranty 7 taun...
Perbedaannya KIA dan Defesek, KIA di luar negeri salah satu brand yang sudah cukup well known dan laris... Warranty panjang itu bisa dipahami dua sisi antara gak pede mobilnya reliabel (sehingga musti di warranty terus untuk menjaga trust konsumen drpd ntar tiba-tiba diliatin service bill gede) atau pede kalo mobilnya sangat reliabel sehingga berani menjamin gak bakal rusak sampe taun taun berikutnya...
ane liatnya KIA lebih ke yang kedua... mesin Hyundai-KIA Group zaman now terbukti tahan banting udahan. Bkn karena ane kagetan pake Hyundai skrg jd ngebelain Koreans ya, korean cars di indo seriously parah secara equipment dan mahal. tapi klo liat Hyundai-KIA skrg banyak yang pake santi sampe ratusan ribu kilo dalam waktu 5 taun ngga da masalah serius di mesin...
Sedangkan Defesek... entah kepedean entah gak pede... masalahnya 7 taun untuk sebuah mobil itu udah isinya wear n tear... yakin mau nge warranty sampe segitu lama ? Secara logis di pikiran umur 7 taun dengan 150.000 KM, kalo saya pake mobil belom sampe dua duanya (misal saya beli Glory 580 skrg pake sampe 2025 kilonya cuma jalan 100k) berarti bisa claim meskipun rusaknya karena wear n tear... Ini beda sama BMW yang ongkos servisnya di "bayar di muka" a.k.a dimasukin harga OTR tapi selama 5 thn pake servis dll gratis semua...
Maaf nih, ane selalu agak sinis ke beres... bukannya rusak karena wear n tear di atas 5 taun itu yang paling ditunggu ATPM... sarana cari duit gede krn ganti part banyak dan bisa charge ongkos jasa tinggi... Pembeli mobil di Indonesia sadar g sadar dimanfaatin skema ini... klo baru awal beli dijor-jorin program servis gratis jasa dll... lewat 5 taun mobilnya udah gak dianggep dan di charge lebih mahal dari bengkel umum...
Ya diliat aja deh nanti nasibnya sama kayak ZNA atau enggak... cm klo Defesek sih jujur lebih ga meyakinkan dibanding Wuling...
Setuju, saya juga nda yakin sama DFSK ini. Sempat bahas di thread lain pandangan saya, intinya sih wuling lebih matang secara strategi, sedangkan DFSK ini kurang matang. Termasuk dalam pemilihan positioning produk dan timing launching produk, Wuling jauh lebih matang.
Soal wear and tear yang jadi sasaran beres, ya memang bisa jadi sih akan mengurangi pendapatan beres, tapi mungkin mereka lebih penting kan jualan dulu skr, soal pendapatan dari servis urusan belakang.
Soalnya di logika saya, gimana caranya bisa jual mobil merk China, belum punya positioning apa-apa di pasar, harga 250+, dan belum terbukti sama sekali durability nya? Susah banget sih. Ya mungkin garansi 7 tahun itu jadi cara paling gampang untuk yakin kan konsumen untuk beli dulu. Urusan servis belakangan, kalo nda ada yang beli, mau servis cuan banyak juga percuma, wong mobil nya aja nda ada yang beli.
Kita lihat aja nanti, sambil nikmati Wuling Cortez dulu skr.. [emoji16]
Btw, soal Kia dan Hyundai, saya fans berat Santa Fe. Dan percaya banget kalo reliability mobil nya bagus, bahkan di atas rival Jepang sekelas. Lihat aja taksi Hyundai di Singapore, kilometer nya ngeri2. Cuma ya gitu, di Indonesia, entah kenapa mereka jual nya mahal banget. Awalnya saya kira karena CBU Korea, tapi ternyata Chevrolet yang juga CBU Korea ya bisa jualan dengan harga yang masuk akal. Kayaknya Kia Hyundai ini uda salah strategi deh di pasar Indonesia. Kita lihat saja bisa bertahan berapa lama..