https://www.cnbcindonesia.com/news/2018 ... us-jadi-50
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil di RI pada Maret 2018 turun 0,64% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu atau dari 102.335 unit menjadi 101.674 unit.
Volume penjualan Toyota anjlok 18,59% menjadi 31.629 unit dari sebelumnya 38.852 unit. Pabrikan asal Jepang ini masih bercokol di posisi pertama merek mobil terlaris.
Sementara itu, Mitsubishi berada di peringkat kedua dengan penjualan 19.152 unit, diikuti oleh Daihatsu 17.159 unit, Honda 10.792 unit, Suzuki 9.729 unit, Isuzu 2.038 unit dan Nissan 1.516 unit.
Adapun merek-merek mobil di bawah naungan PT Astra International Tbk (ASII) yakni Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot total membukukan 50.834 unit dan meraih 50% market share atau turun dari sebelumnya 55%.
Sebelumnya, Investor Relations Astra Tina Ardianti mengatakan secara kumulatif pada Kuartal I-2018, market share Astra turun menjadi 54% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penurunan market share tersebut salah satunya didorong oleh kompetisi yang makin ketat dengan kompetitor.
"Penurunan market share hingga kuartal I tahun ini sebabnya pertama kompetisi yang makin ketat, lalu kenaikan harga dari segmen market commercial akibat harga komoditas yang terus naik dari tahun lalu," jelas Tina