Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Utk passenger Train skg memang rata2 Loko juga berupa gerbong penumpang, Power Train / Inverters / Controllers / Regulators semua di bawah

Cuman sistem spt ini dari loko depan - belakang dan gerbong harus seragam semua.....kalo enggak ya jadi aneh......wakakakakkaa
kepala dan ekor gak mesti sama kok, asal dia mechanically bisa "nyambung bicaranya" sih no problemo

contohnya ini, 681/683 series..

kepalanya yang ini
Image

ekornya yang ini
Image

bisa juga kebalikannya sih...ini mending cuma beda bentuk, ada yang unik malah
_____________________________________________
Image
E3 series lagi jalan bareng dengan E2 series

E2 dan E3 memiliki perbedaan dalam hal traction system, safety system, electrification (agak beda dikit tp masih ada arus yang sama), accelerationnya juga berbeda..tp mereka dibuat dan bisa beroperasi multiple working dengan series yang lain..
_____________________________________________
Image

kalo yang ini E5 series, rolling stock tercepat di jajaran shinkansen, lagi jalan bareng dengan E3 series...E5 yang mampu berjalan hingga 320km/h kena limit di 260-275km/h karena E3 hanya mampu berlari maksimum 275km/h
______________________________________________
Image
Image

E4 series, the slowest and the largest shinkansen, multiple working dengan E3 series
_____________________________________________
Image

E5 series dan E6 series, keduanya punya karakter mirip dan keduanya mampu mencapai kecepatan maksimal 320km/h
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
simanis
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Feb 04, 2016 9:02

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by simanis »

kayaknya kudu belajar lagi sama belanda kalo soal perkereta apian... minimal bisa buat perbedaan antara train antar kota bsr (sby-jkt) sama train commuter (dlm satu provinsi atau region)

Kalo ngomongin High Speed kyknya memang g bisa maks apalgi cuma jkt-bdg... kmrin sempet naik Thalys dri Brussels ke Amsterdam aja kebanyakan speed maen di angka 150-200 kalopun bisa smpe 300 itu cuma bentar beda sama di china (beijing-shanghai) yg memang jarak 1000km+ jdi bisa lumyaan lama manteng di speed 300an
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Btw di Cikarang rencana bakal dibangun Monorel juga dari Orange County (now Meikarta) ke Jababeka

mrk sebutnya APM / Automated People Mover.......jadi Monorel tanpa masinis

Sebetulnya kereta2 komuter generasi baru udah makin banyak yg bisa dikontrol dr pusat & jalan tanpa masinis

Image

Mudah2-an aja benar terlaksana & bukan cuman pepesan kosong
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

sy sih tdk xpect tinggi, cuma berharap apa yg di relic di front lobby (right wall) savoy homann bandung bs jalan lg smua
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Kayaknya udah saatnya swasta didorong untuk bikin railway mereka sendiri, terutama untuk commuter, dan bersaing atau mungkin bisa kerja sama dengan perusahaan negara..seperti di Jepang, ada perusahaan2 besar yang punya bisnis property dan juga kereta seperti Tokyu, Keio, Odakyu, Seibu, dan Tobu. Perusahaan seperti ini ridershipnya sangat tinggi karena perumahan yang mereka bangun dilalui oleh jalur kereta milik mereka. Bahkan ada yang di stasiunnya ada department store, universitas, atau rumah sakit milik perusahaan tersebut. Semua kegiatan terpusat di sekitaran stasiun kereta.

ini contoh dari perusahaan langganan saya, Tokyu Corporation
Image
Image

Dulu pas saya disana, stasiun di kampus saya selain seberangan dengan universitas saya, di atasnya stasiun (Tokyu Corporation) ada rumah sakit Tokyu dan di seberangnya juga ada supermarket Tokyu. Di sekitaran stasiun juga ada shopping street yang menjadi daya tarik warga lokal.

seperti Sinarmas, Jaya, dll...jadi mereka kalo bisa bikin area perumahan sekaligus bikin jalur kereta ke kota, metode ini diterapkan di jepang pada tahun 1910 di daerah Kansai/Hyogo, dan terbukti sangat sukses perumahan yang dibuat berbarengan dengan jalur kereta yang melewati daerah perumahan tersebut.

______________________

btw ini laporan JICA mengenai urban transport di Jakarta dan proyeksi serta saran sampai tahun 2030 untuk Jakarta. Mereka menyarankan harus closed loop line di dalam Jakarta dan ada through service Serpong - Bekasi Line

Republic of Indonesia, Jakarta integrated urban transport hub development : final report
http://libopac.jica.go.jp/search/detail ... 1000010373

______________________
kayaknya kudu belajar lagi sama belanda kalo soal perkereta apian... minimal bisa buat perbedaan antara train antar kota bsr (sby-jkt) sama train commuter (dlm satu provinsi atau region)
ntah kenapa saya lebih prefer kita belajar dengan negeri "seribu kereta"..negeri dimana kereta sudah menjadi lifestyle masyarakat negaranya..

______________________

btw untuk freight line, ntah kenapa saya pengen liat ini ada disini ketika eletrifikasi di Jawa dan Sumatera lumayan bagus

Image

Electric Multiple Unit M250 Freight Train
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Michaelktp »

http://properti.kompas.com/read/2017/07 ... 32.triliun

Just do it FAST! Jangan sampai diasapin Pinoy karena terlalu lelet.
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by nurekopriyo »

______________________

btw ini laporan JICA mengenai urban transport di Jakarta dan proyeksi serta saran sampai tahun 2030 untuk Jakarta. Mereka menyarankan harus closed loop line di dalam Jakarta dan ada through service Serpong - Bekasi Line

Republic of Indonesia, Jakarta integrated urban transport hub development : final report
http://libopac.jica.go.jp/search/detail ... 1000010373

maaf, link-nya tdk bisa kebuka dg proper...?apakah hrs punya login tertentu...?
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by gilaasepeda »

Btw om and master2 smer kalo tidak salah jalur rel kereta di jkt bukan nya masing banyak sry ehm rmh2 nda jelas di samping relnya? Gimana tuh kereta bs lari di atas 60kpj ia kalo masing ada anak2 maen di rel?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

nurekopriyo wrote: Mon Jul 03, 2017 15:41 ______________________

btw ini laporan JICA mengenai urban transport di Jakarta dan proyeksi serta saran sampai tahun 2030 untuk Jakarta. Mereka menyarankan harus closed loop line di dalam Jakarta dan ada through service Serpong - Bekasi Line

Republic of Indonesia, Jakarta integrated urban transport hub development : final report
http://libopac.jica.go.jp/search/detail ... 1000010373

maaf, link-nya tdk bisa kebuka dg proper...?apakah hrs punya login tertentu...?
ooh maaf, sepertinya harus buka dari home nya

http://libopac.jica.go.jp/top/index.do?method=open

kemudian di kotak "QUICK SEARCH" ketik "Jakarta Urban", lalu tekan enter. Ada bbrp result yang ditampilkan, pilih yang atas (Library:一般書庫:一般書庫 /108/61.8/OS 12115408), itu yang saya maksud di link sebelumnya
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by grandis_GT »

Di Sumatra banyak jalur" mati ex Belanda , apalagi di Sumbar , kemarin main" ke museum kereta api di Sawahlunto , itu di putar film pendek bagaimana Belanda membangun jaringan rel kereta di pedalaman Sumbar dengan kerja rodi tentunya , rel nya membelah hutan dan gunung serta melewati tepian danau Singkarak.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Baik Japan / Uni Europe & China.....sama2 negerii sejuta kereta

Bbrp kota di UE itu udah siap2 menjadi CAR FREE CITY.......spt Hamburg

di RRC juga udah ada kota satelit yg konsep CFC

Kalo naek kereta / liat jaringan kereta di Japan / HK / Cungkuo itu benar2 Ruarrr Biasaaa

Stasiun kereta di kota2 besar di Cungkuo udah kayak airport.....di Suzhou aja stasiun Bulletrain jauh lebih megah drpd airport A Yani Semarang

kita tunggu di hall besarrr utk tunggu, pas kereta mau datang ada pengumuman baru kita menuju apron lewat pintu dgn nomor.....ada bbrp pintu.....dan di apron kita harus baris.......ada lajur nya

ga lama terlihat ada sorot lampu HID dr jauh terang bgt........CRH A380 is coming........berhenti dgn posisi pintu2 gerbong persis di lajur2 antrian......wkwkwkwk

kalo yg subway nya kayak kereta di Indo = subway di New York.........bunyi2 en gerbong goyang2........stasiun bau.........wakakakak



* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Saran JICA agar kota2 satelit sekitar Jkt punya jalur kereta menuju downtown Jkt itu benar2 tepat sekali

sgt disayangkan kota2 mandiri di Serpong udah keren2 gitu gak ada transportasi massal yg bagus

harusnya ada LRT menghubungkan BSD / Paramount S / Gading S / Alam sutera......serta perumahan2 spt Villa melati mas dll

udah itu LRT interchange di stasiun yg hubungkan dgn LRT yg menuju Jkt

ada program LRT Cikarang - Jkt - Balaraja........tapi liat time frame nya sy pesimis apakah akan jadi atau mangkrak
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

loh kereta listrik n kereta diesel jabotabek mk.1 (1976) itukan dari jica ...... dari bekas colonial master yg terkenal kejam .... ha ha ha ......
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Dekyarov »

Jadi inget London underground, public transport paling tua di dunia.

Akalnya ada aja, ngebor tanah.

Jakarta ini punya rencana atau mapping transportasi massal gak sih buat jangka panjang? kok kayaknya semerawut banget yah.

Kudu nyambung bis ini, angkot nomor sekian.

Karena mau cepat akhirnya motor jadi solusi deh.

Ngarep ada trem di Jakarta tapi kena macet juga gak yah?

:mky_03:
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Dekyarov »

newrubble wrote: Mon Jul 03, 2017 10:24 skrg juga dmnpun mirip amsterdam after ww2 ...... jgn kuatir
Orang Eropa dulu kenapa doyan banget tempur ya? Rebutan kuasa?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

smua doyan tempur di jawa juga .... coba kasih tau sy dari jaman dulu sampai awal abad 20 ...... kerajaan mana di jawa yg succession / power shift tanpa perang? ...... tuh sampe solo n jocja di bagi u tiga raja yg smua gembel ...... istana dibikinin ...... agri concession di kasih ...... raja gajian dr londo ...... bgitu jpn kalah ..... mrk ikutan minta merdeka

bgtu merdeka ...... mrk smua bengong ....... tdk gajian lg krn ....... ternyata yg mrk usir itu majikan mrk sendiri n lbh apes lg thn 1957 assets mrk smua diambil sama govt indo merdeka yg cape cape mrk belain

kasian ..............................................
karlmantowi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Apr 27, 2017 13:41
Location: JKT
Daily Vehicle: B101S..

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by karlmantowi »

Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 16:39 Saran JICA agar kota2 satelit sekitar Jkt punya jalur kereta menuju downtown Jkt itu benar2 tepat sekali

sgt disayangkan kota2 mandiri di Serpong udah keren2 gitu gak ada transportasi massal yg bagus

harusnya ada LRT menghubungkan BSD / Paramount S / Gading S / Alam sutera......serta perumahan2 spt Villa melati mas dll

udah itu LRT interchange di stasiun yg hubungkan dgn LRT yg menuju Jkt

ada program LRT Cikarang - Jkt - Balaraja........tapi liat time frame nya sy pesimis apakah akan jadi atau mangkrak
ya dgn mrt station di alam sutera parallel dgn tol kbn jeruk di sisi barat dan di bsd hub dgn commuter line. lrt menghubungkan mrt station tsb. sangat disayangkan lrt menghubungkan cibubur jakarta. lrt di 2 negara yg 1 nya termasuk paling efisien saja a huge money-losing biz juga dari daya tampung tidaklah cukup untuk dikatakan banyak. :mky_07:

sudah seharusnya mrt dari timur ke barat dimulai setelah 2 atau 3 thn selatan-utara dimulai. terlalu lama pembangunan ini. ini memang perdana di indonesia namun teknologi sudah ada dimana2 artinya preventive measures sudah banyak data2nya. bisa dikebut. kalo kendalanya karena uang, itu yg sangat membingungkan. disatu sisi, diklaim dgn bangga..sudah bubarkan petral..subsidi bbm tidak ada lagi, pajak diperketat..anggaran di monitor..dari situ saja sudah ratusan T per thn nya. belom dgn pinjaman2 luar negeri dalam berbagai bentuk dan juga dana2 investor yg ingin dapat porsi kue.
kmn saja uang yg diklaim diselamatkan itu? bisa jadi anggaran bocor masih saja terjadi :mky_07:
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by MitshuToyo »

Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 16:39 Saran JICA agar kota2 satelit sekitar Jkt punya jalur kereta menuju downtown Jkt itu benar2 tepat sekali

sgt disayangkan kota2 mandiri di Serpong udah keren2 gitu gak ada transportasi massal yg bagus

harusnya ada LRT menghubungkan BSD / Paramount S / Gading S / Alam sutera......serta perumahan2 spt Villa melati mas dll

udah itu LRT interchange di stasiun yg hubungkan dgn LRT yg menuju Jkt

ada program LRT Cikarang - Jkt - Balaraja........tapi liat time frame nya sy pesimis apakah akan jadi atau mangkrak
Naah.. itu dia.. kota mandiri yg dianggap megah dgn segala iklannya itu dlm beberapa tahun pasti matekk.. macet.. macett.. macettttt.. tahun lalu waktu ke bsd lihat GIAAS di sana.. udah mikir ini jalan lebar2 gak lama juga pasti koit.. transportasi masalnya gak ada selain feeder ? Waktu pulang jam 3 dr pameran juga sudah macet dimana2.. siap2 dah beberapa tahun gak bakal nyaman lagi.. mirip summarecon bekasi.. bikin flyover deket stadion.. awalnya ok.. skrg macett macett.. perempatan dkt rumah jadi korban.. lampu merah dimatiin krn macett.. harus muter.. nuruti konsumsi mobil memang gak habis2.. mau tambah tol juga sama saja.. untungnya monorel & double2 track skrg sedang dikebut.. melihat stasiun baru bekasi timur jg lumayan tongkrongannya.. mirip hauptbahnhof hamburg wkwkwkw
Lagi nginjek rem..
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by nurekopriyo »

MitshuToyo wrote: Mon Jul 03, 2017 22:15
Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 16:39 Saran JICA agar kota2 satelit sekitar Jkt punya jalur kereta menuju downtown Jkt itu benar2 tepat sekali

sgt disayangkan kota2 mandiri di Serpong udah keren2 gitu gak ada transportasi massal yg bagus

harusnya ada LRT menghubungkan BSD / Paramount S / Gading S / Alam sutera......serta perumahan2 spt Villa melati mas dll

udah itu LRT interchange di stasiun yg hubungkan dgn LRT yg menuju Jkt

ada program LRT Cikarang - Jkt - Balaraja........tapi liat time frame nya sy pesimis apakah akan jadi atau mangkrak
Naah.. itu dia.. kota mandiri yg dianggap megah dgn segala iklannya itu dlm beberapa tahun pasti matekk.. macet.. macett.. macettttt.. tahun lalu waktu ke bsd lihat GIAAS di sana.. udah mikir ini jalan lebar2 gak lama juga pasti koit.. transportasi masalnya gak ada selain feeder ? Waktu pulang jam 3 dr pameran juga sudah macet dimana2.. siap2 dah beberapa tahun gak bakal nyaman lagi.. mirip summarecon bekasi.. bikin flyover deket stadion.. awalnya ok.. skrg macett macett.. perempatan dkt rumah jadi korban.. lampu merah dimatiin krn macett.. harus muter.. nuruti konsumsi mobil memang gak habis2.. mau tambah tol juga sama saja.. untungnya monorel & double2 track skrg sedang dikebut.. melihat stasiun baru bekasi timur jg lumayan tongkrongannya.. mirip hauptbahnhof hamburg wkwkwkw

Yups..setuju...klo pertumbuhan/konsumsi mobil (& pemakaiannya) diturutin terus mah gk bakal pernah cukup...seperti kata om NR, dulu dg dalih di'modernisasi' & mematikan moda transport masal yg justru sngt dibutuhkan..

tapi jgn dilupakan, fasilitas park & ride (atau drop on/off & ride) jg harus disediakan...saat ini di bbrp stasiun comm. line di jakarta (yg jumlah penumpang turun banyak) seperti manggarai, palmerah, tebet justru interchange dg busway, roda 2, etc bikin macet karena badan jalan yg cuma segitu2 aja dipake halte busway & ojek nunggu/drop penumpang...dishub, pemda, kai/kjc cuma lempar2an tanggungjawab doang...padahal penumpang kan setelah turun, mayoritas hrs lanjut mode transport lain krn stasiun2 kita gk terhubung scr direct dg pusat2 aktivitas / networknya blm mencapai cakupan yg cukup dekat....
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by nurekopriyo »

haristk7 wrote: Mon Jul 03, 2017 16:09
nurekopriyo wrote: Mon Jul 03, 2017 15:41 ______________________

btw ini laporan JICA mengenai urban transport di Jakarta dan proyeksi serta saran sampai tahun 2030 untuk Jakarta. Mereka menyarankan harus closed loop line di dalam Jakarta dan ada through service Serpong - Bekasi Line

Republic of Indonesia, Jakarta integrated urban transport hub development : final report
http://libopac.jica.go.jp/search/detail ... 1000010373

maaf, link-nya tdk bisa kebuka dg proper...?apakah hrs punya login tertentu...?
ooh maaf, sepertinya harus buka dari home nya

http://libopac.jica.go.jp/top/index.do?method=open

kemudian di kotak "QUICK SEARCH" ketik "Jakarta Urban", lalu tekan enter. Ada bbrp result yang ditampilkan, pilih yang atas (Library:一般書庫:一般書庫 /108/61.8/OS 12115408), itu yang saya maksud di link sebelumnya
ok noted ...bakal coba lagi...thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Loop rail utk Jkt juga bener banget.......ngiterin Jkt

kayak Osaka punya loop rail.......kalo iseng naik dr Shinsaibashi gak turun2 ya nanti ketemu Shinsaibashi lagi........wkwkkwkwkw
* Bukan ajakan Beli *
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by martinnn »

we need a new plague :lol: :emo-flowerforyou:
:big_biglaugh:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Saya inget dulu sebelum pulang ke Indonesia, ngobrol dengan dosen saya yang kebetulan keahlian di bidang transportasi, kemudian terjadi percakapan

D (Dosen): Sudah mau pulang ya, kangen Jakarta ?

S (Saya): Kalo bisa dibilang sih gak kangen banget sensei, terutama macetnya saya tidak kangen

D: Wah macetnya memang makin parah ya, belom lama ini saya seminar di Indonesia, mampir di Jakarta, macetnya memang bisa dibilang keterlaluan

S: Iya, coba kalau Jakarta sudah bikin subway dari dulu, mungkin tidak separah sekarang

D: Dulu padahal hampir loh, tahun 1980an kita sudah bikin study mengenai Jakarta dan sudah memprediksi akan macet parah kalau tidak dibangun jaringan kereta yang luas, kasus Jakarta ini lumayan unik dan ada kemiripan dengan Tokyo sebelum Ginza Subway Line dibangun. Jepang waktu itu sudah buat plot daerah mana saja yang harus dibangun subway, jalurnya ke mana saja sudah ada, rolling stock sudah dipikirkan dan bisa dirakit di Indonesia juga, kemudian sistem signal dan hal lainnya sudah dipikirkan, waktu itu sudah kami propose ke Pemerintah Indonesia dan nampaknya mereka setuju, tinggal tanda tangan beberapa kontrak saja padahal tapi pemerintah kalian akhirnya tidak mau membuat subway..sekarang mau buat MRT saja, tatanan kota kalian sudah lumayan berantakan dan lahan semakin sempit. Itulah kenapa Jepang ingin setidaknya tahun 1980 sudah dimulai pengerjaan Subway, supaya jangan kondisi sudah akut baru mau mulai dibuat.

ini sensei saya:
http://t2r2.star.titech.ac.jp/cgi-bin/r ... T100512877
http://www.ide.titech.ac.jp/~hanaoka/

On a side note: untuk yang ingin belajar S2/S3 di Jepang, Teknik Sipil bagian transportasi, saya merekomendasikan belajar di bawah bimbingan beliau.

________________________________________

Saya yang dengar itu cukup terkejut...ntah apa jadinya Jakarta jika tahun 1980an proyek Subway sudah dimulai..mungkin kemacetan tidak separah sekarang dan jalur kereta di Indonesia berkembang lumayan bagus.
________________________________________

Loop rail di Jakarta itu memang sepertinya harus ada..Surabaya, Medan, dan Semarang juga saya liat cukup perlu ada sistem closed loop rail. Loop Line ini bisa menjadi arteri kereta dalam kota, tempat hub dan feeder bertemu.

Seperti Yamanote Line dibawah ini
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/ ... aLines.png

hampir semua stasion di Yamanote Line berfungsi sebagai titik kumpul/interchange kereta commuter suburban. Dari stasion Yamanote line, commuter kemudian didistribusikan ke daerah tujuan mereka di dalam kota sekitaran Jalur Yamanote atau bisa juga tempat untuk langsung pindah ke kereta bawah tanah (subway).

Sebaiknya ada inner loop rail dan ada outer loop rail, inner loop line bisa mengambil saran dari JICA dengan existing route yang sudah ada, tinggal gimana caranya agar headway dibikin 5 menit sekali dan menghilangkan grade-crossing. Ntah jalurnya semua dibikin elevated atau semua dibuat underground.

Untuk outer loop rail kalau melihat rencana ini
Image

bisa dibilang half loop line untuk outer section. Mulai dari Parung Panjang, kemudian menuju Citayam dan nyambung ke existing Nambo Line, kemudian jalurnya ditambah hingga melewati stasiun Cikarang dan berakhir di Tanjung Priok.

Kalau jaraknya sejauh ini loop line nya rolling stocknya kudu punya tipe kursi campuran antara longitudinal dan transverse..seperti kereta JR211 series yang melayani commuter jarak menengah (70-170km)
Image
________________________________________

Saya juga menyayangkan pengembang daerah "up-market" seperti BSD dan Summarecon, mereka ada kesempatan bagus sekarang juga untuk membuat jaringan railway based mass transport. Mumpung belom begitu ramai dan ada area yang bisa dipakai, kenapa tidak dibuat dulu sekarang ? Padahal di daerah BSD ada keberadaan Tokyu Corporation, seandainya pengembang BSD dan Tokyu bekerja sama untuk membangun railway based mass transport, bukan tidak mungkin daerah BSDdan sekitarnya kemudian berkembang menjadi "Meguro" atau "Tama" nya Jadebotabek. FYI Kedua daerah di Tokyo tersebut adalah daerah yang dilalui kereta Tokyu Corporation dan berkembang menjadi daerah elit serta menjadi daerah favorit orang lokal untuk "tempat yang bagus untuk menetap di Tokyo".

Tokyu Corporation sendiri punya rolling stock mereka sendiri yang compatible dengan Commuter Line Jakarta, rata2 rangkaiannya dibuat oleh J-TREC (dulunya Tokyu Car), seperti Tokyu 5000 series dan Tokyu 8500 series

Image
Tokyu 5000 series, subway compatible, rolling stock Tokyu yang lumayan banyak bertebaran di Tokyo dan termasuk modern di kelasnya

Image
Tokyu 8500 series, subway compatible, rolling stock veteran yang juga beroperasi di KRL Jakarta

Keduanya juga memiliki panjang body "car" 20 meter, cocok dengan persyaratan rolling stock KRL Jakarta.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Setidaknya kereta api disini udh ada bbrp kemajuan sejak dipimpin ignasius jonan


Penumpang skrg duduk di kursi masing2, gk gelantungan di pintu, toilet, apalagi atap. Yg naik di lokomotip pun udh gk ada. Yg naik di lokomotip ini bahaya, bs menghalangi pandangan masinis (bs bikin kecelakaan, spt tabrakan bintaro), bs jg mengganggu mesin lokomotipnya (dulu bbrp kali terjadi, penumpang nyimpen barang bawaannya di dek lokomotip, dkt grill radiator, lalu barang2 spt karung goni bs kesedot kipas, melilit, smp kipasnya macet, akhirnua lokomotip overheat & mogok...)

Kalo liat di india, bangladesh, pakistan, yg gelantungan gitu msh banyak smp skrg....
Last edited by coklatMetalik on Tue Jul 04, 2017 2:43, edited 1 time in total.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Japun mah mmg pandai bicara

yg bikin ide MPV murah dan LCGC ? Dia orang......

yg jualan motor gila2-an......ya dia orang juga

di negaranya sendiri orang2 naek sepeda semua (Osaka)

kalo concern dgn macetnya Jkt, knp Toshiba / Hitachi / Kawasaki HI nggak nge lobby Pem Indo dgn intensive sejak dulu spt yg dilakukan si T or H or Y or S.......wkwkwkwkkwkwkw

di proyek HSR juga Kawasaki kok keok ama CSR Sifang, padahal di otomotif mrk orang bisa juara.......

padahal kalo utk kereta mah sy lebih prefer buatan Japun drpd Panda........apalagi utk negara yg tradisi perawatan ala kadarnya gini......wkwkkwkw



* Bukan ajakan Beli *