Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

17Herdy wrote: Mon Jul 03, 2017 5:55 dulu pernah ada ka di ciwidey. pas lewat kok seperti rel kereta, ternyata bener pernah ada. lumayan ke sana naik kereta, pemandangan indah bebas macet

Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
jalur ini kayanya udah bolak balik diumumin mau direaktivasi dari kapan taun, tapi sampe sekarang ga kliatan ada progress

(kayanya salah satu penyebabnya ya ilangnya rel2 di komplek mertua nih, inget saya ini rel bagian dari jaringan ke wilayah selatan bandung yang dulunya juga ada di sebelah TSM, dulu pun sempet bayangin TSM bakal punya stasiun sendiri, haha)

:ngacir:
Last edited by Izark on Mon Jul 03, 2017 6:02, edited 1 time in total.
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Kalo liat foto2 ini rasanya jengkel banget banget benget......

Image

Image

Makin banyak liat foto2 tua Batavia era sebelum 1940 bener makin jengkel banget banget banget banget banget

IMHO :
Harusnya ibukota modern Jkt dibangun di luar Batavia saja.....dan Batavia peninggalan Belanda dulu harusnya nggak boleh diubah sama sekali.....biarkan utuh apa adanya + dirawat. Gedung2 tua bisa disewakan sesuai peruntukkan, Hotel2 tua di renov en tetap jadi hotel spt Des Indes

Utk trem2 tua biarkan model tua tapi pasang sistem kontrol PLC + inverter.......bisa tambah rolling stock trem modern dgn kabin ber AC.....keren dah

Jamin tuh pasti Batavia yg utuh akan mendatangkan devisa.....Wisman / Wisnus pasti akan senang tour de Batavia.......
Last edited by Turboman on Mon Jul 03, 2017 6:06, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by kariage »

Saya termasuk pengguna setia Kereta api. kebetulan rumah saya jaraknya cukup dekat dengan stasiun. Masa kecil juga sering saya habiskan disekitar stasiun untuk sekedar bermain layang2, karena mmg cuman disitu terdapat area yg cukup luas untuk menerbangkan layang2. Jaman dulu stasiun masih bebas buat keluar masuk umum (tanpa tiket)

Saya cukup mengapresiasi perkembangan kereta api 5thn kebelakang ini. (dibanding dulu yg tidak ada perkembangan malah penurunan, selama puluhan tahun) Mulai dari orang yg tidak berkepentingan (tidak membawa tiket) dilarang masuk ke stasiun, ini menjadikan stasiun jadi lebih rapi.

Mulai diberlakukannya sistem tiket online, membuat semua penumpang kebagian tempat duduk. Tidak ada yg berdiri apalagi ada penumpang gelap.

Keamanan didalam kereta jadi lebih baik, karena semua penumpang terdaftar berdasarkan ktp, dan disetiap rangkaian kereta ada beberapa polisi kusus yg disertakan (bahkan ada yg bawa senjata api) jadi mulai jarang ada cerita kecopetan (bahkan hampir tidak ada lagi)

Penjual asongan dilarang naik. Dulu sempet terjadi kisruh tapi lama lama adem sendiri.

Dulu kereta identik dengan keterlambatan (99% pasti telat) sekarang Kereta mulai tepat waktu, kalau boleh saya kira2kan mungkin 40% tepat waktu. 40% telat kurang dari 30menit. 20% lagi saya bilang apes. Keterlambatan itu saya asumsikan untuk perjalanan lebih dari 5jam. (walau telat, rata2 ttp lebih cepat naik kereta dibanding naik bus)

Semua rangkaian kereta ekonomi - eksekutif sekarang mempunyai AC. Satu gerbong ada 6AC split kira2. Jadi udah ga perlu kepanasan

Mulai dibangun jalur ganda untuk persimpangan padat, kemaren saya lihat disekitar nganjuk ke arah jogja. Dan jogja ke arah purwokerto. Ini bisa membuat kereta jadi lebih tpt waktu.

Mulai di ambil alihnya kembali aset2 pt. KAI. Banyak pembongkaran bangunan ilegal disekitar jalur kereta

Itu setidaknya yg saya lihat. Semoga perkereta apian indonesia jadi lebih baik lagi.
Image
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 6:02 Kalo liat foto2 ini rasanya jengkel banget banget benget......

Image

Image

Makin banyak liat foto2 tua Batavia era sebelum 1940 bener makin jengkel banget banget banget banget banget

IMHO :
Harusnya ibukota modern Jkt dibangun di luar Batavia saja.....dan Batavia peninggalan Belanda dulu harusnya nggak boleh diubah sama sekali.....biarkan utuh apa adanya + dirawat

Utk trem2 biarkan model tua tapi pasang sistem kontrol PLC + inverter......keren dah

Jamin tuh pasti Batavia yg utuh akan mendatangkan devisa.....Wisman / Wisnus pasti akan senang tour de Batavia.......
bukannya Jakarta modern emang dibangun di luar Batavia ya om, kan kontras banget tuh Kawasan kota sama sekitarnya :mrgreen:
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Izark wrote: Mon Jul 03, 2017 6:04
Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 6:02 Kalo liat foto2 ini rasanya jengkel banget banget benget......

Image

Image

Makin banyak liat foto2 tua Batavia era sebelum 1940 bener makin jengkel banget banget banget banget banget

IMHO :
Harusnya ibukota modern Jkt dibangun di luar Batavia saja.....dan Batavia peninggalan Belanda dulu harusnya nggak boleh diubah sama sekali.....biarkan utuh apa adanya + dirawat

Utk trem2 biarkan model tua tapi pasang sistem kontrol PLC + inverter......keren dah

Jamin tuh pasti Batavia yg utuh akan mendatangkan devisa.....Wisman / Wisnus pasti akan senang tour de Batavia.......
bukannya Jakarta modern emang dibangun di luar Batavia ya om, kan kontras banget tuh Kawasan kota sama sekitarnya :mrgreen:
Yahhh Kota Tua di Beos mah hanya secuil dr old Batavia

Sudah banyak sekali bangunan / monumen yg dihancurkan, Taman2 luas dirubah peruntukannya dll

Andai seluruh old Batavia dipertahankan 80 - 90% nya aja dahhh........dari landskap asli tahun 1930 misalnya........jamin deh tuh jadi magnet wisata luar biasa......WisMan / WisNus / WisKal pasti berdatangan........
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by MitshuToyo »

Kalau melihat sistem akomodsi di stasiun2 sih acung jempol skrg.. baru tahu kmrn antar saudara.. datang cuma bawa barcode.. cetak tiket sendiri di mesin2 yg tersedia di Stasiun.. kemudian stasiun jg sudah steril.. gak sembarangan orang masuk..

Sering brpikir.. kenapa jalur busway itu gak diganti dgn rel tram saja ya ? Kan bisa lebih kecil lebarnya & muat banyak rangkaian.. seharusnya bisa di coba dibangun di jalur busway yg banyak lurusnya..
Lagi nginjek rem..
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Izark »

MitshuToyo wrote: Mon Jul 03, 2017 6:25 Sering brpikir.. kenapa jalur busway itu gak diganti dgn rel tram saja ya ? Kan bisa lebih kecil lebarnya & muat banyak rangkaian.. seharusnya bisa di coba dibangun di jalur busway yg banyak lurusnya..
sempet mikir gitu sih, tapi kayanya cuman ngefek ke luas jalur+kapasitas aja while headway dll ga akan berubah banyak secara masih bakal banyak kena lampu merah. + ongkos pasang rel + pengadaan kereta + bus yang skarang ada mau dibuang kemana

Kepikiran juga kalo skarang smua jalur Busway yang pake jalur sendiri ditutup trus dibangun LRT layang kaya di gading. Toh jalur busway nyaris gak ada yang belok patah dan mungkin cukup buat manuver kereta kecil. Tapi bangun struktur layang yang makin bertumpuk itu ribet + bikin macet tambah parah + bisa jadi juga tanah udah ga kuat nopang + sekarang di koridor 1 di bawah udah ada MRT + ongkos bangun + itu limpahan penumpang busway yang ada saat ini pada mau dibuang kemana

Atau kenapa gak koridor 13 yang layang ciledug blok M itu dijadiin LRT sekalian. AFAIK spek girder sama tiangnya sama dengan yang dipake LRT Adhi di Bekasi sama Cibubur

just my 2 sgd :e-think:
Last edited by Izark on Mon Jul 03, 2017 7:44, edited 3 times in total.
mau nulis apa ya...
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Bibieight »

MitshuToyo wrote: Mon Jul 03, 2017 6:25 Kalau melihat sistem akomodsi di stasiun2 sih acung jempol skrg.. baru tahu kmrn antar saudara.. datang cuma bawa barcode.. cetak tiket sendiri di mesin2 yg tersedia di Stasiun.. kemudian stasiun jg sudah steril.. gak sembarangan orang masuk..

Sering brpikir.. kenapa jalur busway itu gak diganti dgn rel tram saja ya ? Kan bisa lebih kecil lebarnya & muat banyak rangkaian.. seharusnya bisa di coba dibangun di jalur busway yg banyak lurusnya..
Kalo yang model hibrid bus + tram dah ada sejak 1994 di Adeleide https://en.m.wikipedia.org/wiki/O-Bahn_Busway, jadi jalur khususnya pake rel, jalur umumnya jalan biasa. Kalo liat jalur khususnya (saya enggak ada fotonya, kesana 2005 yll), dijamin motor ndak bisa masuk, soalnya bakal nyangkut di bantalan relnya :mky_07: . Cuma yagitudeh kalo ngarep beginian ada di Jakarta sama aja ngarep matahari terbit dari barat :big_bored: :big_bored: :big_bored: .

Kalo urusan sepur, bener Oom NR, Eropa termasuk negara yg enak buat nyepur. Kalo kelas Thalys, Frecciarossa (Italia) sering clocking speednya 300 km/j di trek lurus (pernah naik Frecce, Florence - Roma banyak banget trowongan pendek2 gitu). Kalo kelas sepur biasa Regionale di italia, Media Distancia di Spanyol cruising speednya 120-140 km/j di trek lurus, dan semuanya listrik semua.

CMIIW, gauge di Indonesia kan sama dengan Jepang ya ?, kenapa kita ndak adopsi sistem Jepang aja ya, komplit selokomotifnya, yang non shinkansen sih ndak cepet2 banget tapi... Kalo stasiunnya, malah kayaknya yg di Europa bisa tiru yg disini, disana (kecuali di Spanyol dan Thalys) semua orang bisa masuk peron, disini kan harus pegang tiket baru bisa ke peron...
goldthisice
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed May 25, 2016 1:39

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by goldthisice »

Salah satu reaktivasi Rel KA vs Jalan Tol yang kelihatan banget kalahnya yaitu Reaktivasi Jalur Tuntang - Kedungjati, mulai lebih dulu dari salah satu Seksi Proyek Jalan Tol Semarang Solo (Bawen arah Salatiga/Solo) tapi saat ini "mangkrak" dan malah jadi duluan Tol nya, hehehe
Untuk Speed limit, dari info di group Indonesian Railfans, katanya maksimal Operating Speed KA saat ini 100 Km/jam. Untuk jadwal perjalanan di Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta) terbaru di 2017, sudah disesuaikan dengan kecepatan operasi, serta memasukkan waktu tunggu dan margin, sehingga saat ini perjalanan KA cenderung tepat waktu.
Setahu saya saat ini, sesuai UU Perkeretaapian, Jalur aktif, aset lahannya dimiliki oleh Kementerian Perhubungan c.q. DitjenKA, sedangkan jalur mati (ex perusahaan2 Belanda) adalah milik KAI, sehingga saat ini KAI gencar untuk memanfaatkan aset tersebut salah satunya dengan menarik sewa. Menurut saya, dengan pengelolaan jalur mati di badan usaha agak berat untuk reaktivasi kembali, semestinya dikelola Pemerintah sehingga lebih mudah untuk mengembalikan ke fungsi awalnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Gauge 1076 mau high speed bisa, pake kereta suspensi aktif yg saat nikung bisa nekuk kayak motor

Called Tilting train

di Inggris tu pake .......krn gauge 1076 juga

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by walid_007 »

Semoga sj cepat terlaksana... saat ini masi banyak kota/destinasi tujuan tidak ada kereta yg diadwalkan ke kota/tujuan tsbt.. shgg apa2 harus naik mobil sendiri.

Padahal jarak jkt jogja/ jkt sby ga sampe 1000km.. klo ada kereta cepat kan bener2 efektif urusan bisnis termasuk ke kota2yg dilewatiny
engine roaring!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Tilting train PENDOLINO



* Bukan ajakan Beli *
goldthisice
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed May 25, 2016 1:39

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by goldthisice »

Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 7:36 Gauge 1076 mau high speed bisa, pake kereta suspensi aktif yg saat nikung bisa nekuk kayak motor

Called Tilting train

di Inggris tu pake .......krn gauge 1076 juga

CMIIW
Om Turbo koreksi dikit, gauge nya 1067 mm 😊
Kalau di Jepang udah banyak juga yg aplikasikan tilting sistem, disana kereta2 express non shinkansen max operating speed nya 130 km:jam
Di Malaysia yg gauge nya metre gauge (1000 mm) kecepatan max operasinya kayaknya juga lebih tinggi dr Indonesia
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by nurekopriyo »

ikut nimbrung..
ini ada slh satu dr bbrp railfan yg blusukan cari jalur mati/terpendam....

ada trem jakarta, jalur cikini-salemba, rangkasbitung-labuan, bayah, ciwidey, sampe madiun-ponorogo....

https://www.youtube.com/user/maybi73
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

jadi ingat ....... merdeka (offline)
atau
mati (power off)

jadi dpt 2 2 nya
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by piko25 »

goldthisice wrote: Mon Jul 03, 2017 6:58 --cut--
Setahu saya saat ini, sesuai UU Perkeretaapian, Jalur aktif, aset lahannya dimiliki oleh Kementerian Perhubungan c.q. DitjenKA, sedangkan jalur mati (ex perusahaan2 Belanda) adalah milik KAI, sehingga saat ini KAI gencar untuk memanfaatkan aset tersebut salah satunya dengan menarik sewa. Menurut saya, dengan pengelolaan jalur mati di badan usaha agak berat untuk reaktivasi kembali, semestinya dikelola Pemerintah sehingga lebih mudah untuk mengembalikan ke fungsi awalnya.
benere selama itu BUMN, tetep regulatornya kementerian yg menaungi dalam hal ini Kemenhub, DItjen perkeretaapian.

gw liatnya ini kementerian, yg masalah pesawat delay2, bandara2 yg gk standar gk beres2, yg didarat truk2 itu juga gk beres, masalah kapal penyeberagan juga gk beres2, kereta juga gini2 aja. maap klo ada yg kerja di situ,
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

It was


Dan realita-nya


hadeehhhhhh
:e-doh: :e-doh: :e-doh:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

jalur bandung dan semua express di pulau Jawa kedepannya gak usah pake loco, bagusan pake multiple unit aja, lebih bagus lagi kalo pake electric multiple unit

http://www.railway-energy.org/static/Mu ... ins_23.php
Benefits
- Utilization of adhesion
- Decentralised traction raises maximum acceleration and deceleration rate, allows for running on steep gradients and under conditions where adhesion is low, e.g. due to rain or fallen leaves.
- Electric brake
- No brake wearing, efficient regenerative brake
- Transport capacity
- No locomotive, high seats per train length ratio.
mau itu electric loco, EMU tetep lebih superior..loco mah cukup kereta barang saja..bahkan sudah ada kereta barang yang tipe EMU

jalur bandung cocok untuk EMU tilting train semacam E351 Series yang dioperasikan JR East, mampu melibas tikungan tajam dengan kecepatan maksimum 130km/h, bandingkan dengan E257 Series yang beroperasi di jalur yang sama dengan E351, E257 harus melibas tikungan dengan kecepatan terbatas karena bukan tilting train



Image
E351 "Super Azusa", Tokyo - Matsumoto, Chuo Line

sedangkan untuk jalur Jakarta - Surabaya, bisa minta Hitachi kereta EMU "A-Train" mereka, 1067mm track tapi service speed nya bisa 160km/h. Meet 681/683 series, Hitachi "A-Train", AC/DC EMU Limited Express "Thunderbird", "Biwako Express", "Shirasagi"
Image



ada juga DMU yang bagus2, seperti KIHA 85 series, DMU 1067mm dengan service speed 120km/h
Image

sebenernya juga mau keretanya sekenceng apapun, relnya juga harus mumpuni, rel nya kudu bagus kualitasnya biar bisa support kereta lari kencang 100-160km/h, juga sistem persinyalan yang bagus dan safety system seperti ATC, ATS, dll

btw..untuk HST ke Bandung..kalo mau buat jalur baru berarti musuhnya steep gradient ya..penasaran dari semua rolling stock China HSR..ada yang bisa nyaingin rolling stock JR East E7/W7 series gak tuh ya ? tugasnya E7 cukup berat juga menaklukan steep gradient prefektur Nagano sampai tembus ke Kanazawa..maximum speed 260km/h dan jika gradient cukup terjal maks cuma 210km/h
Last edited by haristk7 on Mon Jul 03, 2017 10:14, edited 3 times in total.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Siap86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Tue Dec 15, 2015 23:46

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Siap86 »

Andai ww2 tdk pernah terjadi dan indo masi dlm pemerintahan kolonial belanda, pasti kota2 dan infrastrukturnya mirip2 Amsterdam wkkwwk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Utk passenger Train skg memang rata2 Loko juga berupa gerbong penumpang, Power Train / Inverters / Controllers / Regulators semua di bawah

Cuman sistem spt ini dari loko depan - belakang dan gerbong harus seragam semua.....kalo enggak ya jadi aneh......wakakakakkaa

Nah skg PT INKA sebagai pembuat Gerbong udah sanggup belom sampe ke sana ? Dan pihak produsen mau gak kasih lisensi pembuatan gerbong ?

Jadi nanti yg diimport utuh cuman Head Unit-nya aja utk ujung depan - belakang........
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

skrg juga dmnpun mirip amsterdam after ww2 ...... jgn kuatir
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Turboman wrote: Mon Jul 03, 2017 10:21 Utk passenger Train skg memang rata2 Loko juga berupa gerbong penumpang, Power Train / Inverters / Controllers / Regulators semua di bawah

Cuman sistem spt ini dari loko depan - belakang dan gerbong harus seragam semua.....kalo enggak ya jadi aneh......wakakakakkaa

Nah skg PT INKA sebagai pembuat Gerbong udah sanggup belom sampe ke sana ? Dan pihak produsen mau gak kasih lisensi pembuatan gerbong ?

Jadi nanti yg diimport utuh cuman Head Unit-nya aja utk ujung depan - belakang........
yah selama pinter2 nego sih mereka mau aja, toh Jepang aja akhirnya mereka kasi lisensi produksi E2 series Shinkansen ke Cina buat rolling stock China High Speed Rail dan lahirlah CRH2 series

_______________________

on a side note, kemaren nemu laporan JICA, study tahun 2012an mengenai Jakarta Urban Railway development, tak ubek HDD dulu, ada banyak hal menarik yang bisa dishare
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

goldthisice wrote: Mon Jul 03, 2017 6:58 Salah satu reaktivasi Rel KA vs Jalan Tol yang kelihatan banget kalahnya yaitu Reaktivasi Jalur Tuntang - Kedungjati, mulai lebih dulu dari salah satu Seksi Proyek Jalan Tol Semarang Solo (Bawen arah Salatiga/Solo) tapi saat ini "mangkrak" dan malah jadi duluan Tol nya, hehehe
Untuk Speed limit, dari info di group Indonesian Railfans, katanya maksimal Operating Speed KA saat ini 100 Km/jam. Untuk jadwal perjalanan di Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta) terbaru di 2017, sudah disesuaikan dengan kecepatan operasi, serta memasukkan waktu tunggu dan margin, sehingga saat ini perjalanan KA cenderung tepat waktu.
Setahu saya saat ini, sesuai UU Perkeretaapian, Jalur aktif, aset lahannya dimiliki oleh Kementerian Perhubungan c.q. DitjenKA, sedangkan jalur mati (ex perusahaan2 Belanda) adalah milik KAI, sehingga saat ini KAI gencar untuk memanfaatkan aset tersebut salah satunya dengan menarik sewa. Menurut saya, dengan pengelolaan jalur mati di badan usaha agak berat untuk reaktivasi kembali, semestinya dikelola Pemerintah sehingga lebih mudah untuk mengembalikan ke fungsi awalnya.
AFAIK speed limit 100kmpj cuma di jalur yg lurus, datar, dan relnya bagus, misalnya yogya - solo, atau jakarta - cirebon...

Jalur2 lain umumnya 60-80kmpj
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
karlmantowi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Apr 27, 2017 13:41
Location: JKT
Daily Vehicle: B101S..

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by karlmantowi »

Siap86 wrote: Mon Jul 03, 2017 10:00 Andai ww2 tdk pernah terjadi dan indo masi dlm pemerintahan kolonial belanda, pasti kota2 dan infrastrukturnya mirip2 Amsterdam wkkwwk
itu rejeki org dulu.
setelahnya di rezim jepun..itu kesialan org saat itu.
sekarang..di enjoy aja :mky_08:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by billyd1773dz »

Sya akhir2 ini sering pke KA... Semenjak tw, bisa beli tiket go-show 2jam sblm brangkat, bdg-tsk hanya 70rb executive turangga/argowilis/malabar dll semua kereta yg k jawa jalur selatan bisa. Klw pesen traveloka/121 bisa 300rb hahaha... Ontime bangku nyaman dan bebas macet


Btw jalur nagreg - ciawi kereta cuma lari 40kmh.. belok2 sekali, emejing klw pke tilting train jd bisa diatas 100kmh wkwk

Lewat cicalengka sampai bdg d bru ngebut 90-100kmh,

Klw pke argo parahyangan jkt - cikampek jg sya buka aplikasi speedo bisa diatas 100kmh trus. Setelah pegunungan baru ngerayap lg.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz