Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

Bagi yang awam otomotif kalau ke bengkel resmi resikonya besar
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.

Ganti busi aja bisa "dikerjain sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi mobil tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres

Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kali serahin service AC ke beres misalnya hehehe ...
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

Bagi yang awam otomotif kalau ke bengkel resmi resikonya besar
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.

Ganti busi aja bisa "dikerjain" sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres

Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kalau serahin service AC ke beres misalnya, horror deh hehehe ... Mknya gak heran ada member SMers yang 2 tahun mobilnya dah divonis ganti kompressor AC :big_grin:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: Mon Jul 13, 2020 1:25 Bagi yang awam otomotif kalau ke bengkel resmi resikonya besar
Terutama yang jarang service rutin berkala dan mobilnya dititipin, tanpa supervisi sendiri, kelar baru diambil.
Apalagi yang tipenya OK aja kalau beres minta ganti ini-itu.

Ganti busi aja bisa "dikerjain" sama beres, padahal belum saatnya busi diganti.
Mungkin ada yang bilang, " lha kan dikasih bukti busi lama yang dicopot dari mobil ? Pertinyiinnya, dari mana tau itu busi dari mobil anda ?
Padahal busi tidak diganti, dibersihiin doang, tetap dikenakan ongkos dan busi baru dari bengkel dijual oknum beres

Itu contoh simple ... tau harga koil mobil sebiji berapa ? Copotin dan tukar koil itu hitungin menit doang ...
Belum lagi kalau serahin service AC ke beres misalnya, horror deh hehehe ... Mknya gak heran ada member SMers yang 2 tahun mobilnya dah divonis ganti kompressor AC :big_grin:
Salah besar sih sebenernya kalo perbaikan AC dan kaki-kaki ke bengkel resmi. Mungkin secara teknis ya diperbaiki itu bener, cuma lingkup part yg diperbaiki dan kualitas nya itu yg dipertanyakan. Secara biaya jg horror sih.

Banyak banget pengalaman konsumen yg abis benerin kaki-kaki trs spooring balancing di bengkel resmi malah hasil spooringnya itu jd kacau banget, setir narik terus. Setelah dibawa ke spesialis spooring balancing baru deh jd bener. Sama aja lah kalau kita ke dokter umum vs spesialis, dokter umum ya pasti ngerti juga secara garis besar, cuma pengalaman pasti kalah dibanding spesialis.
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11339
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

kemaren ke bengkel ahond yg baru buka 2 thn. ane beli spare part. lihat mekaniknya anak2 muda semua. part man nya jg kayanya baru. salah satu yg ane beli EGR valve gasket krn lupa part numbernya dikasih yg jepang harga 89 ribu. pas sampai rmh liat invoice yg lama dr dealer lain yg lebih senior dulu pernah beli yg buatan indo 45 ribu. dua2nya ori ahond beda "made in" aja. ya ini contoh kecil biaya bisa bengkak.

pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.

di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.

intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
Last edited by Omnibus on Mon Jul 13, 2020 2:54, edited 1 time in total.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

SA yg ketuker antara druk laher & master kopling bawah jg ada kok.
Kayanya dia bingung istilah inggrisnya clutch release bearing & clutch release cylinder :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

Omnibus wrote: Mon Jul 13, 2020 2:46 kemaren ke bengkel ahond yg baru buka 2 thn. ane beli spare part. lihat mekaniknya anak2 muda semua. part man nya jg kayanya baru. salah satu yg ane beli EGR valve gasket krn lupa part numbernya dikasih yg jepang harga 89 ribu. pas sampai rmh liat invoice yg lama dr dealer lain yg lebih senior dulu pernah beli yg buatan indo 45 ribu. dua2nya ori ahond beda "made in" aja. ya ini contoh kecil biaya bisa bengkak.

pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.

di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.

intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
Banyak kok kejadian gini. Temen pernah ganti kampas rem di bengke resmi 3 elips itu. Part number antara plaza toyota sama A2K itu beda, meskipun sama2 compatible dan cocok untuk ANKI. Kalau tidak salah yg di plaza toyota itu lebih mahal karena made in thai, sedangkan yg di A2K lebih murah karena Made in Indo.

Selain kampas rem, pengalaman saya juga di filter oli. Di Innova 2KD itu ada yg D2 sama D4, lebih panjang yg D4, lebih mahal juga harganya kalo kita beli di toko spare part. Nah kalo di bengkel resmi itu 1 harga antara yg D2 dan D4, hoki2an aja kita dapet yg mana tergantung stock nya. Tp seringnya yg D2.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 13, 2020 2:46 kemaren ke bengkel ahond yg baru buka 2 thn. ane beli spare part. lihat mekaniknya anak2 muda semua. part man nya jg kayanya baru. salah satu yg ane beli EGR valve gasket krn lupa part numbernya dikasih yg jepang harga 89 ribu. pas sampai rmh liat invoice yg lama dr dealer lain yg lebih senior dulu pernah beli yg buatan indo 45 ribu. dua2nya ori ahond beda "made in" aja. ya ini contoh kecil biaya bisa bengkak.

pelayanan tp jempol, ramah dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. mantap.

di sisi lain di dealer yg lbh senior sy beli filter ac dikasih yg carbon charcoal harga 200k. di dealer baru ini dikasih yg bawaan mobil cuma 159k. dua2nya ori ahond.

intinya sama2 di beres juga hrs tau part number kl mau lbh hemat.
Muda2 yah

Mungkin baru lulus uni of asemreges kl om

Sempet perhatiin gmana mreka kencengin roda ga om, pake pipa besi d panjangin ampe ngekk ngekk atau pake TW
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11339
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 13, 2020 4:56
Muda2 yah

Mungkin baru lulus uni of asemreges kl om

Sempet perhatiin gmana mreka kencengin roda ga om, pake pipa besi d panjangin ampe ngekk ngekk atau pake TW
ya kelihatannya sih spt belum lama lulus. ane dateng jam 15:30 udah tinggal 1 mobil dan udah kelar. sengaja ke spare parts dateng sore enak ga banyak orang.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Or4cle »

SOP kencangin roda pake pipa besi panjang syaratnya mesti ngekk-ngekk. Makin panjang besinya, makin kencang ngeeekk makin bagus

Kayak pijat shiatsu, kalau gak bunyi kreekkk gak sah :big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by kunaskun »

mr_mytplx wrote: Sun Jul 12, 2020 23:34
Kl ga salah inget alternator om. Kl di lewat beres harus ganti alternator ga bisa repair. Nah kl bengkel rekanan ga usah ganti cukup repair saja. Mobilnya tetap di beres, cm alternatornya aja yg dibawa ke bengkel rekanan.
canggih ya, garansi tetap sesuai pekerjaan beres tentunya ya, mayanlah :mky_03:
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by bangrosi »

Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by supriyadi »

bangrosi wrote: Mon Jul 13, 2020 18:02 Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugi
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

supriyadi wrote: Tue Jul 14, 2020 0:53
bangrosi wrote: Mon Jul 13, 2020 18:02 Jaman sekarang beberapa tipe mobil baru ada yg sdh include gratis jasa dan spare parts sampai 50rb KM,jd tinggal bawa ke bengkel resmi gk ada alasan ini itu.
Jasa service udah dimasukkan dalam harga mobil. Dealer mana mau rugi
Yoyota ama ustahiad beda harga, youota harga tinggi karena include jasa free service, sedangkan ustahiad lebih murah karena jasa service bayar sendiri
Yep there is no free lunch :big_peace:

Yang bikin mobil jerman mahalnya keterlaluan yahh ini. 5yrs free service. Tau sndiri jerman servis di beres sekali berapa :big_weee:

Celakanya jepang mulai ikutan pake sistem getok di awal gini. Mitsubishi, mazda...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang

Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..

Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 1:23 Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang

Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..

Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...

ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...

kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain :big_bored:

kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 3:01
DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 1:23 Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang

Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..

Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...

ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...

kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain :big_bored:

kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja... :ngacir:
Nah itu dia mods

Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa

Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09
Nah itu dia mods

Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa

Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
ngakak :wkkk: :wkkk:

terakhir serpis di a*k, di layar monitor sudah selesai, tapi jeda antara selesai dan ane dipanggil SA sekitar 1 jam sendiri. jadi gak cuma mekaniknya yang plonga plongo, customernya juga
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11339
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 3:01
DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 1:23 Selama mobil nya toyota daihatsu palagi kelas mobil perang mah ga usa ke beres.. sayang wang

Cuman ganti oli2 ama filter doank, sisanya paling cuman d planga plongo ama montir doank kaya air wiper, rem dsb.. masa d planga plongo in aj d bayar mahal, mending ke bengkel biasa atau planga plongoin sendiri..

Ga usa takut garansi.. saya ud pake kijang bergenerasi2, rata2 5 taon pertama hepi2 aj ga ad klaim ini itu.. rusak pun bsa btulin sendiri atau bengkel rumahan.. murah
gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...

ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...

kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain :big_bored:

kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja... :ngacir:
Nah itu dia mods

Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa

Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
lah bonusnya lupa disebut om. kan keluar bengkel dpt bonus klip ada yg patah ga ngaku, baut mur ada yg slek atau ga kepasang ga ngaku, sama kadang2 dpt jackpot ada cap sidik jari ber-oli di plafon.

:big_slap:
turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by turbine888 »

Pengalaman sih sejauh ini saya servis selalu di BeRes sampai warranty atau Service Package habis. Berikut sy share dikit pengalaman dr beberapa merk:

1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya :big_bored:

2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid :big_cry: . Harga jasa dan spareparts nya ga masuk akal, akhirnya sampai skrg pindah ke bengkel spesialis.

3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.

4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini :big_dunno: . Sebenarnya, harga jasa cukup reasonable dan SA juga komunikatif, tetapi banyak terjadi permainan pertukaran parts oleh oknum2 di sini (sebagai contoh case, ada cust. A yg meminta dicarikan parts copotan yg bagus, akhirnya oleh oknum2 tersebut ditukar dgn part dr mobil cust. lain yg kondisi partnya masih bagus.) Kemudian, kesediaan spareparts slow moving yg sudah cenderung sangat mahal, ditambahkan birokrasi yg ribet membuat saya berulang kali membeli parts sendiri dari VW Singapura karena lebih cepat datangnya dan harganya jauh lebih murah. Toh, BeRes juga ambil partsnya dr VW Singapura :big_weee: .

5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.

Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09 Nah itu dia mods

Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa

Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering itu :big_bored: servis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in... :ngacir:
turbine888 wrote: Tue Jul 14, 2020 5:41 Pengalaman sih sejauh ini saya servis selalu di BeRes sampai warranty atau Service Package habis. Berikut sy share dikit pengalaman dr beberapa merk:

1. BeRes A2K: So far, so good. Gold standard suatu jaringan dealer ya emang si A2K ini. Pengalaman kurang mengenakkan cuman pernah dulu mobil gw dispooring walaupun tdk ada keluhan, dan akhirnya mau ga mau bayar deh. Termasuk prosedur kata si SA nya :big_bored:

2. Mercedes Benz (H*rt*n* R*y* M*t*r): Terakhir servis di sana cuman sekali setelah ISP W212 gw abis. Lgsg shock liat tagihan sebesar 9 jeti cuman untuk ganti oli, filter oli, brake pad, dan brake fluid :big_cry: . Harga jasa dan spareparts nya ga masuk akal, akhirnya sampai skrg pindah ke bengkel spesialis.

3. BMW Astra: Mobil masih free service sampai 2025, jadi blm pernah bayar sepeserpun. Let's see klo ntar abis free servicenya.

4. VW Surabaya: Nah ini, kalau boleh bilang termasuk BeRes paling kacau sejauh ini :big_dunno: . Sebenarnya, harga jasa cukup reasonable dan SA juga komunikatif, tetapi banyak terjadi permainan pertukaran parts oleh oknum2 di sini (sebagai contoh case, ada cust. A yg meminta dicarikan parts copotan yg bagus, akhirnya oleh oknum2 tersebut ditukar dgn part dr mobil cust. lain yg kondisi partnya masih bagus.) Kemudian, kesediaan spareparts slow moving yg sudah cenderung sangat mahal, ditambahkan birokrasi yg ribet membuat saya berulang kali membeli parts sendiri dari VW Singapura karena lebih cepat datangnya dan harganya jauh lebih murah. Toh, BeRes juga ambil partsnya dr VW Singapura :big_weee: .

5. Mazda Eurokars: Menurut saya, Mazda sudah cukup baik BeResnya, serta jika ada parts yg harus diganti, SA akan konsultasi lebih dulu dengan kita, dan estimasi biaya pun sangat transparan dan jelas. Kekurangan hanya di biaya jasa yg cenderung mahal.

Sekian aja dr saya. Post ini saya buat tanpa maksud menyinggung ataupun memojokkan siapapun.
soal beres eropa... tmen ane servis W221 S-Class di luar... lumayan ngirit biaya jadi tinggal 1/4 nya klo di beres :ngacir:

hah serius ada kejadian gitu di VW surabaya ? ane ada kenal serv managernya sih...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering itu :big_bored: servis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in... :ngacir:

Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.

Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.

Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
Last edited by FU27 on Tue Jul 14, 2020 6:05, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering itu :big_bored: servis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in... :ngacir:

Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.
Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 6:04
FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering itu :big_bored: servis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in... :ngacir:

Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.
Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?
Kampas rem diamplas masih boleh oom, klo disk dan drum diamplas ya rugi. Klo ngamplasnya bener, klo ngamplasnya asal2an dan gak rata. Klo saya sih mending pake brake cleaner. Untungnya di beres langganan, gak main amplas2 rem.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jul 14, 2020 4:51
DOHC wrote: Tue Jul 14, 2020 3:09
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 3:01

gw tiap nungguin mobil di beres aja bingung...

ni mobil diapain aja... lama ngantrinya drpd kerjanya... isinya ngeliatin mekanik planga plongo...

kluar kluar tagihan beuh sejuta lebih. prasaan mobil ga diapa-apain :big_bored:

kmaren servis VW di bengkel sodara gw aja bisa... lumayan hemat 2jt ongkos kerja... :ngacir:
Nah itu dia mods

Mobil skrg ud beda ama dulu, minim yg bsa dstel2.. servis plg cuman ganti oli, colok scanner buat reset2, abis itu buka kap mesin ama naekin lift abis itu panggil temen2 laen nya buat d planga plongo jamaah, lap2 dikit, tangan pegang konci pas tp ga dpake.. jreng jreng 4 juta tagihan.. ini mah kerjain sendiri d gerasi pas weekend jg bsa

Beda waktu jaman dl, saya inget servis ferio d beres, nah itu baru banyak printilan nya, sikat2 busi, copot cover head, stel2 klep,
lah bonusnya lupa disebut om. kan keluar bengkel dpt bonus klip ada yg patah ga ngaku, baut mur ada yg slek atau ga kepasang ga ngaku, sama kadang2 dpt jackpot ada cap sidik jari ber-oli di plafon.

:big_slap:
Masi mending om kl cuman belepotan

Lah saya dapet pin pengunci kampas tromol lupa d puter
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11339
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

FU27 wrote: Tue Jul 14, 2020 6:02
ChZ wrote: Tue Jul 14, 2020 5:51

gw yang bingung itu... brake cleaning... perasaan tiap gw serpis rutin ada aj prosedur brake cleaning... lah emang rem perlu dibersiin sesering itu :big_bored: servis di luaran kaga pernah disuruh brake cleaning.

apa cm biar keliatan kerja kliatan ban dibuka dibersih2in... :ngacir:

Brake cleaning menurut saya penting, apalagi klo tinggal di area yang jalanannya sering becek, banyak tanjakan turunan. Brake cleaner sekalian greasenya.

6 bulan sekali bersihin dan re-grease rem masih fair lah, daripada kesiksa gara2 rem macet. Apalagi buat matic yang kerja remnya lebih berat. Toh semahal2nya di beres, paling 100ribu. Buat brake cleaner dan grease. Klo jasa kan sudah include di biaya servis rutin.

Dari pengamatan join di group FB komunitas mobil, banyak mobil usia lewat 3 tahun suka teriak2 minta tolong di group karena rem macet.

Penyebab rem macet ya awalnya dari rem yang gak pernah dibersihkan.
Setuju sm Om FU27

cuma mau nambahin kl sebetulnya jika kita DIY kan kita bongkar sendiri sehingga faham spt apa kondisinya utk mengira2 selanjutnya msh akan dibersihkan dgn interval yg sama atau harus dipercepat krn udah kotor banget pas dibuka atau malah diperlambat krn pas dibuka kok msh ga kotor2 amat.

Krn urusan brake job itu sangat tergantung dr pola pemakaian kita apakah sering ngerem dadakan, hard braking dr kecepatan tinggi, sering ngerem santuy, atau malah jarang ngerem mengandalkan engine brake secara optimal. Nah yg bengkel kerjakan itu biasanya pukul rata service interval rem nya selain drpd memang ngejar omset juga kan :big_grin:
erwinign wrote: Tue Jul 14, 2020 6:04
Om, soal bersih2 rem saya mau nanya. Sejauh yg saya tau cairan brake cleaner kok ndak penting ya, krn mekanik biasa udah bersihin pakek amplas buat di disc brake sama di kampas remnya. bener ngga ya?
penting banget om, sy nyetok banyak brake cleaner krn ini cairan sakti mandraguna multifungsi. ya kl habis diamplas kan musti disemprot2 spy kotorannya turun ke baskom yg sdh disediakan di bawahnya. diamplas kl ga disemprot malah nambahin debu. masa disemprot pakai angin kompresor atuh itu debu karsinogenik ex brake pads/shoes bisa terbang kemana2. :mky_03:

pin caliper jg hrs disemprot brake cleaner kl mau grease lama dibersihkan sblm dipakaikan grease yg baru. sy malah habis 1 kaleng tiap brake job krn mau bersih banget.