Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7399
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by newrubble »

ya krn itu di indo tiap process (ckd kit importing, doc processing, engine building, vendorship, ckd assembly, delivery n retailing) splitted into multi local legal entity (perseroan terbatas yg beda beda)spy kalo ada liability yg kena cuma entity in default

pdhl yg punya ya dia juga cuma level of ownership nya dibuat beda n ini hal yg tdk bole di jpn n 1st world states lainnya tapi krn mrk under indo laws ya lepas dr obedience itu
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by adrevolution »

wekweks wrote: Wed Jan 17, 2018 3:33 Untuk sizuka... Umumnya blg pas fl malah downgrade... Yg scross ini apa termasuk salah1 korbannya ya??
Tertarik nih ma scross fl
sijuki CKD biasanya yang begini, atau yang tadinya CBU terus FL jadi CKD.
S-cross untungnya CBU jadi gak downgrade, malah upgrade makin caem :emo-big_love:

yg saya takutin downgrade sebenernya ignis, bau2nya kalo di CKD ada yg downgrade nih. skrg aja yg di exploit malah tipe GL instead of GX :mky_05:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
exitindonesia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun Feb 26, 2017 0:46
Location: Makassar
Daily Vehicle: Jazz

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by exitindonesia »

newrubble wrote:ya krn itu di indo tiap process (ckd kit importing, doc processing, engine building, vendorship, ckd assembly, delivery n retailing) splitted into multi local legal entity (perseroan terbatas yg beda beda)spy kalo ada liability yg kena cuma entity in default

pdhl yg punya ya dia juga cuma level of ownership nya dibuat beda n ini hal yg tdk bole di jpn n 1st world states lainnya tapi krn mrk under indo laws ya lepas dr obedience itu
Benar om NR, dan ini bukan hanya di bidang otomotif, banyak yg bangun mall, hotel. Pabrik batu bata, kontruksi, semen, finance punya dia semua, meski beda2 PT. Om NR mungkin tahu kalau bidang perbankan juga banyak yg begitu? (maaf keluar topic) just curious..
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by gadjahalphien »

adrevolution wrote: Tue Jan 23, 2018 5:41
wekweks wrote: Wed Jan 17, 2018 3:33 Untuk sizuka... Umumnya blg pas fl malah downgrade... Yg scross ini apa termasuk salah1 korbannya ya??
Tertarik nih ma scross fl
sijuki CKD biasanya yang begini, atau yang tadinya CBU terus FL jadi CKD.
S-cross untungnya CBU jadi gak downgrade, malah upgrade makin caem :emo-big_love:

yg saya takutin downgrade sebenernya ignis, bau2nya kalo di CKD ada yg downgrade nih. skrg aja yg di exploit malah tipe GL instead of GX :mky_05:
S-cross FL?

Sepertinya ada yg di downgrade deh.
Sunrupnya ga ada.

*terakhir pas cek di SBT pulo gadung, dan tanya apa ada unit yg masih pake Sunrup
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by Harchi »

gadjahalphien wrote: Tue Jan 23, 2018 7:34
adrevolution wrote: Tue Jan 23, 2018 5:41
wekweks wrote: Wed Jan 17, 2018 3:33 Untuk sizuka... Umumnya blg pas fl malah downgrade... Yg scross ini apa termasuk salah1 korbannya ya??
Tertarik nih ma scross fl
sijuki CKD biasanya yang begini, atau yang tadinya CBU terus FL jadi CKD.
S-cross untungnya CBU jadi gak downgrade, malah upgrade makin caem :emo-big_love:

yg saya takutin downgrade sebenernya ignis, bau2nya kalo di CKD ada yg downgrade nih. skrg aja yg di exploit malah tipe GL instead of GX :mky_05:
S-cross FL?

Sepertinya ada yg di downgrade deh.
Sunrupnya ga ada.

*terakhir pas cek di SBT pulo gadung, dan tanya apa ada unit yg masih pake Sunrup
baru tau malah s-cross ada yg pake sunroof. Ga bisa digeneralisasi si setelah fl suzuki downgrade atau upgrade. Inget sx4 yg gen pertama jd ckd malah dpt rem cakram 4 roda, bq rasanya ga berubah. Klo swift ya jelas bgt begitu ckd malah downgrade. Baleno next-g n aerio jg downgrade parah interiornya setelah fl. Beda lagi escudo sq, setelah fl interiornya jd lebih cakep. Begitu jg spalsh, ada nambah fitur dikit lah, paling berasa spion elektriknya. Klo ignis ntar ckd rasanya ga ngaruh ke bq ya, soalnya yg skrg aja cbu india yg bq nya ga lebih bagus dari yg ckd.
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by gadjahalphien »

Harchi wrote: Tue Jan 23, 2018 8:24
gadjahalphien wrote: Tue Jan 23, 2018 7:34
adrevolution wrote: Tue Jan 23, 2018 5:41

sijuki CKD biasanya yang begini, atau yang tadinya CBU terus FL jadi CKD.
S-cross untungnya CBU jadi gak downgrade, malah upgrade makin caem :emo-big_love:

yg saya takutin downgrade sebenernya ignis, bau2nya kalo di CKD ada yg downgrade nih. skrg aja yg di exploit malah tipe GL instead of GX :mky_05:
S-cross FL?

Sepertinya ada yg di downgrade deh.
Sunrupnya ga ada.

*terakhir pas cek di SBT pulo gadung, dan tanya apa ada unit yg masih pake Sunrup
baru tau malah s-cross ada yg pake sunroof. Ga bisa digeneralisasi si setelah fl suzuki downgrade atau upgrade. Inget sx4 yg gen pertama jd ckd malah dpt rem cakram 4 roda, bq rasanya ga berubah. Klo swift ya jelas bgt begitu ckd malah downgrade. Baleno next-g n aerio jg downgrade parah interiornya setelah fl. Beda lagi escudo sq, setelah fl interiornya jd lebih cakep. Begitu jg spalsh, ada nambah fitur dikit lah, paling berasa spion elektriknya. Klo ignis ntar ckd rasanya ga ngaruh ke bq ya, soalnya yg skrg aja cbu india yg bq nya ga lebih bagus dari yg ckd.
Saya ingetnya ada sunrup pas lihat S cross di giias 2016 om.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7399
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by newrubble »

exitindonesia wrote: Tue Jan 23, 2018 7:23 Benar om NR, dan ini bukan hanya di bidang otomotif, banyak yg bangun mall, hotel. Pabrik batu bata, kontruksi, semen, finance punya dia semua, meski beda2 PT. Om NR mungkin tahu kalau bidang perbankan juga banyak yg begitu? (maaf keluar topic) just curious..
ya biar 1 per 1 punya compliance level beda beda ..... tdk smua jadi budak central bank yg kerjanya byk-an tidur n main portfolio investment

ada securities (yg hrs nya bs jadi 1 dgn bagian treasury) ada finance coy yg hrs nya bs jadi 1 dgn consummer loan dan byk lg

inti nya byk yg ambil dr kantong kiri u taruh di kantong kanan

tapi itu business character in high risk states
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Jan 20, 2017 4:26
alicevamps wrote: Fri Jan 20, 2017 3:30 Toyota: model ngebosenin, bahkan yg furistik kayak sienta ama chz aja bosen dlm hitungan bbrp kali liat
Suzuki: tuas transmisi manual sering mental balik ke netral, pernah pake di swift st, escudo xl7 manual ama grand vitara manual, biasanya di gigi 3
Daihatsu jadul: sering overheat, dulu waktu masih kecil papa punya classy n taruna begitu
H tegak... Paling ruarrrrrrrr binasa kacau soal QC... Lepel LCGC sampe setengah milyar... Ga ada yang bener... apalagi produk CKD nya... Brio Mobilio BRV HRV CRV semua kena issue... Sebetulnya QC Ahon kacau itu uda lagu lama sih... Cuma skr yang beli makin banyak jadi makin terekspos. Dulu punya GE8 juga plastik di bawah column steer bisa lepas padahal umur setaon odo 10k... Skrg penurunan? Ga jg... sama aja. Cuma yg komplen lebih banyak dan yang koar-koar makin hebat. "Bungkus" nya kacau... "dalem" nya oke...
Beruntung GD3 aku lahir di awal masa kejayaan Honda di tahun 2005
Selama 13 tahun sampai saat ini masih belum ada rattle, di luar masalah klasik di NVH dan kaki-kaki dan mounting yang agak ringkih
Masa 2000-an adalah masa keemasan Honda dgn line up; Jazz, Stream, Civic FD, Accord dan Odyssey 3rd generation yang sophisticated

Tapi Honda tetaplah Honda ... selalu nga-ngenin dan ditunggu-tunggu R&D selanjutnya ...
In fact, Honda adalah penguasa di kelas 1500 cc ... di saat Toyota "menyerah" dengan mesin 1NZ-FE (too bad), Nissan (renault) ngelitik di HR15DE, Suzuki stagnan dan boros di M15A tapi Honda semakin advance di mesin L15 dengan i-VTEC, DOHC, Earth Dream, ... what's next ???
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by kunaskun »

Or4cle wrote: Tue Jan 23, 2018 10:38 In fact, Honda adalah penguasa di kelas 1500 cc ... di saat Toyota "menyerah" dengan mesin 1NZ-FE (too bad), Nissan (renault) ngelitik di HR15DE, Suzuki stagnan dan boros di M15A tapi Honda semakin advance di mesin L15 dengan i-VTEC, DOHC, Earth Dream, ... what's next ???
ya karena ahond ga punya stok mesin sebanyak yoyota :mky_01: makanya itu enjin L15 dikulik abis2an, dihitung2 umurnya kayanya lebih lama dari the legendary 1nz-fe
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by Volk »

Honda : bunyi2 d semua sisi 😅
Toyota : ga ada nyaman2 nya sama sekali ( khusus mobil jenis innova ke bawah )
Suzuki : samasekali ga kepikir mau beli
Mitsu : pengen nyoba tapi belum kepikir
Nissan : pengalaman buruk kopling
Ford : steer bunyi2..selebihnya enak
Mazda : baru kepikir pengen nyoba tp denger sodara blg spareparts susah jdi bimbang

Sekian dl dr ane
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Tue Jan 23, 2018 10:38
Beruntung GD3 aku lahir di awal masa kejayaan Honda di tahun 2005
Selama 13 tahun sampai saat ini masih belum ada rattle, di luar masalah klasik di NVH dan kaki-kaki dan mounting yang agak ringkih
Masa 2000-an adalah masa keemasan Honda dgn line up; Jazz, Stream, Civic FD, Accord dan Odyssey 3rd generation yang sophisticated

Tapi Honda tetaplah Honda ... selalu nga-ngenin dan ditunggu-tunggu R&D selanjutnya ...
In fact, Honda adalah penguasa di kelas 1500 cc ... di saat Toyota "menyerah" dengan mesin 1NZ-FE (too bad), Nissan (renault) ngelitik di HR15DE, Suzuki stagnan dan boros di M15A tapi Honda semakin advance di mesin L15 dengan i-VTEC, DOHC, Earth Dream, ... what's next ???
kunaskun wrote: Tue Jan 23, 2018 12:13
ya karena ahond ga punya stok mesin sebanyak yoyota :mky_01: makanya itu enjin L15 dikulik abis2an, dihitung2 umurnya kayanya lebih lama dari the legendary 1nz-fe
Honda pengembangannya gradual... L15 dari i-DSI dan VTEC, naik ke i-VTEC, naik lagi ke DOHC i-VTEC dan VTEC Turbo. Bedanya sama 1NZ kan stagnan dari jaman Vios generasi pertama sampe discontinue ya teknologinya begitu dan tenaganya segitu aja. Metiknya dari jaman Vios jadul itu juga tetep 4 speed. NR ni kayaknya juga terlalu prioritize ke efficiency ... tenaganya loyo amat.

Mitsubishi juga ngelakuin yang sama di 4D56 engine. Klo mau tua-tuaan 4D56 nya Mitsubishi lebih tua sih... dari L300 sampe Pajero Sport Dakar old model... Pengembangannya juga gradual dari N/A konvensional, CRD non-VGT (Exceed), dan CRD VGT (Dakar). L15 sih gak ada apa-apanya sama 4D56 :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kelemahan sebuah brand yang ada di semua lineup?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Jan 23, 2018 12:58
Honda pengembangannya gradual... L15 dari i-DSI dan VTEC, naik ke i-VTEC, naik lagi ke DOHC i-VTEC dan VTEC Turbo. Bedanya sama 1NZ kan stagnan dari jaman Vios generasi pertama sampe discontinue ya teknologinya begitu dan tenaganya segitu aja. Metiknya dari jaman Vios jadul itu juga tetep 4 speed. NR ni kayaknya juga terlalu prioritize ke efficiency ... tenaganya loyo amat.
iya NR family emang dikulik buat eco2an di negara2 berkembang :mky_07:
Mitsubishi juga ngelakuin yang sama di 4D56 engine. Klo mau tua-tuaan 4D56 nya Mitsubishi lebih tua sih... dari L300 sampe Pajero Sport Dakar old model... Pengembangannya juga gradual dari N/A konvensional, CRD non-VGT (Exceed), dan CRD VGT (Dakar). L15 sih gak ada apa-apanya sama 4D56 :mky_01:
eh iya ya, itu super old 4d56 :mky_02: