Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

iya sih di buku manual tulisannya 6,9 liter termasuk ganti oli.
Cuma saya biasanya 6,5 liter termasuk ganti oli sudah full, mgkn karena di karter dan saluran filter oli masih ada sisa ya.. Saya biasanya penggantian cara traditional sih, cm buka filter dan buka baut tap aja tanpa ada sedot menyedot..
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sat Oct 19, 2019 11:50
Location: Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by b00st23 »

misi,, mau tanya dong mobil sya 2kd m/t 2010,, kok akhir akhir ini setiap di low rpm cuma toel aja suka ndut ndut an ya gas nya?
pas lepas gas klo rpm rendah juga ndut ndut an gitu kadangg.
kira kira apa yang harus di cek ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

b00st23 wrote:misi,, mau tanya dong mobil sya 2kd m/t 2010,, kok akhir akhir ini setiap di low rpm cuma toel aja suka ndut ndut an ya gas nya?
pas lepas gas klo rpm rendah juga ndut ndut an gitu kadangg.
kira kira apa yang harus di cek ya?
Perawatan selama ini lakukan apa aja ?

Filter solar apakah pake Kw ?

Kondisi kopling2 bagus ??
* Bukan ajakan Beli *
danielkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by danielkt »

Ya, btw mengenai filter solar, sy pernah cek harganya di online itu malah ada 1/10 harga beres.
Tampilan fisik sama persis sama yg dari beres, padahal material daleman beda (pernah ada yg compare).
Dan kalau filtrasinya jelek atau jg materialnya itu lepas karena jelek & kebawa masuk ke injector ya begitu deh.. habis itu salahin biosolar krn sulfurnya..hehe.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by whitehorse4 »

om mau tanya, untuk innova diesel th 2005 sama 2012 letak perbedaan ecunya dimana yah? saya gak faham bedanya EDU1,2,3,dst.. pengaruh jauh kah ke potensi saat di remap?
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by ngalih »

b00st23 wrote: Sat Oct 03, 2020 13:28 misi,, mau tanya dong mobil sya 2kd m/t 2010,, kok akhir akhir ini setiap di low rpm cuma toel aja suka ndut ndut an ya gas nya?
pas lepas gas klo rpm rendah juga ndut ndut an gitu kadangg.
kira kira apa yang harus di cek ya?
Filter solar udah diganti? Tengki solar pernah dikuras? Purging?

Alhamdulillah 2kd manual saya th 2008 belum bermasalah pakai biosolar selalu, rajin bersihin solar ajah om
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

benzz89 wrote: Tue Sep 29, 2020 5:39 Btw oli gardan ane pernah pakai Q8 80W-90 GL5 (pakai cuman sampai 17 ribu km aja) itu lumayan berat sih banding mobil 1 75W-90 LSD. Jauh lebih "licin" di mobil 1 saat lagi gliding sih imho. Malah mau nyoba 75W-85 TMO yang direkomendasikan oleh Om Turbo, yang katanya bisa lebih licin lagi.

Itu asli belum pernah ganti dari baru oli gardannya Om Kiel? Ajib banget bisa sampai 107 ribu olinya. Ane ganti di km 40 ribu itu aja sudah gelap gulita kaya lumpur & mobil sudah sangat berat glidingnya. Pas ganti waktu itu pakai oli FK Massimo langsung plong lagi.
Sebenernya ini kijang ane beli bekas om, VIN 2013, beli di thn 2018. Langsung sama pemilik pribadi full servis record toyota bengkel resmi. Di bonnya sama skali kg ada pergantian oli gardan wkwkwkwk

Dulu pas angkut thn 2018 odo cuma 85ribu. Ini pake 2 tahun naek jadi 107ribu . Dengan kondisi oli gardan bawaan pabrik dari 2013 :big_slap:

Rencana memang mau ganti oli gardan tiap 3 thn skali. Ntar ganti lagi pas thn 2023 bahahaha....

Moga2 tahan sampe 1 juta kilometer nih kijang.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

whitehorse4 wrote: Sun Oct 04, 2020 13:18 om mau tanya, untuk innova diesel th 2005 sama 2012 letak perbedaan ecunya dimana yah? saya gak faham bedanya EDU1,2,3,dst.. pengaruh jauh kah ke potensi saat di remap?
Sebenernya ane juga kg paham maksud edu 1,2,3 dimana bedanya. Cuma dibilangin sama si mbah @satria_wr klo mau beli ipah 2kd start dari year 2012 up++ saja yg model grillnya & lampunya cakep. Udah edu 3 yg itu .

Itu edu3 didownpipe ud kg ada katalisnya looh.. jadi modal remap doank dapet 165 bhp dari awalnya cuman 102 bhp wkwk.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sat Oct 19, 2019 11:50
Location: Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by b00st23 »

Turboman wrote: Sun Oct 04, 2020 1:05
b00st23 wrote:misi,, mau tanya dong mobil sya 2kd m/t 2010,, kok akhir akhir ini setiap di low rpm cuma toel aja suka ndut ndut an ya gas nya?
pas lepas gas klo rpm rendah juga ndut ndut an gitu kadangg.
kira kira apa yang harus di cek ya?
Perawatan selama ini lakukan apa aja ?

Filter solar apakah pake Kw ?

Kondisi kopling2 bagus ??
rutin ganti oli 10.000km
terakir purging kurang lebih 20.000km lalu
filter solar asli om
selalu ganti oli ke mbah bebonk juga sesuai anjuran om turbo dulu :big_okay: :big_okay:
sebelumnya ndut ndut an, trus mikirnya coba ganti oli dulu tapi masih ndut ndut an nya
kopling ganti pakai merk KC om
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sat Oct 19, 2019 11:50
Location: Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by b00st23 »

ngalih wrote: Sun Oct 04, 2020 13:25
b00st23 wrote: Sat Oct 03, 2020 13:28 misi,, mau tanya dong mobil sya 2kd m/t 2010,, kok akhir akhir ini setiap di low rpm cuma toel aja suka ndut ndut an ya gas nya?
pas lepas gas klo rpm rendah juga ndut ndut an gitu kadangg.
kira kira apa yang harus di cek ya?
Filter solar udah diganti? Tengki solar pernah dikuras? Purging?

Alhamdulillah 2kd manual saya th 2008 belum bermasalah pakai biosolar selalu, rajin bersihin solar ajah om
filter solar rutin ganti 5000km om
tangki sudah pernah d kuras awal tahun ini
purging terakhir sekitar 20.000km lalu
dekopiero
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Oct 07, 2020 2:55

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by dekopiero »

b00st23 wrote: Mon Oct 05, 2020 8:14
ngalih wrote: Sun Oct 04, 2020 13:25
b00st23 wrote: Sat Oct 03, 2020 13:28 misi,, mau tanya dong mobil sya 2kd m/t 2010,, kok akhir akhir ini setiap di low rpm cuma toel aja suka ndut ndut an ya gas nya?
pas lepas gas klo rpm rendah juga ndut ndut an gitu kadangg.
kira kira apa yang harus di cek ya?
Filter solar udah diganti? Tengki solar pernah dikuras? Purging?

Alhamdulillah 2kd manual saya th 2008 belum bermasalah pakai biosolar selalu, rajin bersihin solar ajah om
filter solar rutin ganti 5000km om
tangki sudah pernah d kuras awal tahun ini
purging terakhir sekitar 20.000km lalu
Koplingnya masih suka selip om?
b00st23
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sat Oct 19, 2019 11:50
Location: Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by b00st23 »

dekopiero wrote: Wed Oct 07, 2020 3:01
b00st23 wrote: Mon Oct 05, 2020 8:14
ngalih wrote: Sun Oct 04, 2020 13:25

Filter solar udah diganti? Tengki solar pernah dikuras? Purging?

Alhamdulillah 2kd manual saya th 2008 belum bermasalah pakai biosolar selalu, rajin bersihin solar ajah om
filter solar rutin ganti 5000km om
tangki sudah pernah d kuras awal tahun ini
purging terakhir sekitar 20.000km lalu
Koplingnya masih suka selip om?
uda engga om,, aman
User avatar
RobbyKodo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sat Jan 05, 2019 18:52
Location: Pontianak
Daily Vehicle: Mazda cx5 14 Honda HRV 17 18 venturer gasoline 2017

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by RobbyKodo »

Sudah 2 mingguan pake ipah 2kd
Pengen upgrade harian pasang IC, ATF cooler dan remap
Kira" Yg paling pertama dari ketiga itu apa ya suhu semua
Dan utk IC mesti pake merk yg jelas atau tidak ya?
1TR-FE 17
RU5 1.7L 17
1KR-VE 13
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

RobbyKodo wrote: Sun Oct 11, 2020 9:03 Sudah 2 mingguan pake ipah 2kd
Pengen upgrade harian pasang IC, ATF cooler dan remap
Kira" Yg paling pertama dari ketiga itu apa ya suhu semua
Dan utk IC mesti pake merk yg jelas atau tidak ya?
Saran saya ga usah pake2 intercooler om, remap aja cukup, krn pasti ujung2nya di lepas karena ga tahan berisik bunyi2, kecuali mau balap di sentul yak baru pasang IC dl baru remap.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

Kl saya si biasanya turun dikit kl abis perjalanan jauh lukot om, kl sehari2 jarang turun yah..biasanya nambah dikit2 tiap 3-4 bulan aja.. Maap belum bisa ngasih solusi..
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:37 nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
Kl saya si biasanya turun dikit kl abis perjalanan jauh lukot om, kl sehari2 jarang turun yah..biasanya nambah dikit2 tiap 3-4 bulan aja.. Maap belum bisa ngasih solusi..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

romi10 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:53
Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:37 nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
Kl saya si biasanya turun dikit kl abis perjalanan jauh lukot om, kl sehari2 jarang turun yah..biasanya nambah dikit2 tiap 3-4 bulan aja.. Maap belum bisa ngasih solusi..
Dulu sebelumnya gak pernah nambah sama sekali dan selalu di F.
Sebelum ganti coolant di baut tap ada isolasi air. Waktu ganti coolant tidak saya kasih isolasi air.
Apakah karena itu? tapi lihat bawah kering sih ...
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 7:45
romi10 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:53
Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:37 nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
Kl saya si biasanya turun dikit kl abis perjalanan jauh lukot om, kl sehari2 jarang turun yah..biasanya nambah dikit2 tiap 3-4 bulan aja.. Maap belum bisa ngasih solusi..
Dulu sebelumnya gak pernah nambah 2x selali di F.
Sebelum ganti coolant di baut tap ada isolasi air. Waktu ganti coolant tidak saya kasih isolasi air.
Apakah karena itu? tapi lihat bawah kering sih ...
Bisa jadi itu penyebabnya om, isolasi airnya belum dipasang jadi bocor halus.. tp kl bawahnya kering bingung juga yah..apa mungkin saking dikitnya coolant yg bocor menguap jd kering lagi bawahnya.. :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:37 nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
mobil sering dipake ga ? pake coolant apa ?

kl mobil sering dipake, kena macet, nyala mesin durasi lama, yah wajar koq coolant berkurang, namanya jg aer, apalagi kl coolant concentrate cuman 30 %, lebi banyak lg

di mobil2 saya jg smuanya pada begitu.. hrv tiap 2-3 bulan pasti nambah, kadang cuman nambah dikit, kadang ampe sperempat botol
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

RobbyKodo wrote: Sun Oct 11, 2020 9:03 Sudah 2 mingguan pake ipah 2kd
Pengen upgrade harian pasang IC, ATF cooler dan remap
Kira" Yg paling pertama dari ketiga itu apa ya suhu semua
Dan utk IC mesti pake merk yg jelas atau tidak ya?
Tergantung om type orangnya ky gimana dlm ngerawat mobil. Pasang intercooler ada perhatian extra khususnya di karet-karet samco sambung2an pipa. Biasanya usia mau 2 thn musti ganti lagi pake karet2 yg baru. Ada perawatan extra lah. Ditambah agak berisik suaranya. Ada bbrapa org yg enggak suka, klo ane sih malah demen hahahaha..

Tapi tenaga bisa up sampe 210 bhp pasang intercooler. Merk biasa jg gpp yg 4 jutaan. Paling bagus merk Flex made in Thailand. Harga 7 jutaan plug & play. Full alumunium.

Image

Image


Kalo remap doank bs dpt 160an BHP. Cukupan sih buat harian sisanya stock engine standart, dan enggak pusing perawatan extra. Paling banter ganti downpipe aja yg lebih plong.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 14:19
Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:37 nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
mobil sering dipake ga ? pake coolant apa ?

kl mobil sering dipake, kena macet, nyala mesin durasi lama, yah wajar koq coolant berkurang, namanya jg aer, apalagi kl coolant concentrate cuman 30 %, lebi banyak lg

di mobil2 saya jg smuanya pada begitu.. hrv tiap 2-3 bulan pasti nambah, kadang cuman nambah dikit, kadang ampe sperempat botol
kena PSBB jarang jalan. Tapi kalau lagi jalan, anak saya yang pakai entah bagaimana gaya setirnya.
Problemnya sebelumnya tidak pernah tambah sekarang kok nambah. Ini sengaja saya biarain tidak ditambah masih di antara nya terus, atau harus selalu ditambah sampai full?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Tue Oct 13, 2020 1:02
DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 14:19
Profith83 wrote: Mon Oct 12, 2020 6:37 nah ada yang pernah alami seperti saya apa gak yah?
Ganti air radiator habis 7.5 liter dengan beberapa kali isi dan beberapa hari. Turun isi lagi, turun isi lagi.
Setelah tidak turun 2 minggu an eh lihat kok berkurang kira kira 100cc
Isi lagi, 2 minggu lagi berkurang 100CC (tengah antara F dan L)

Kenapa yah? dari bawah tidak ada kebocoran.
Warna tetap merah bening
apa karena tutup air di reservoir sudah jelek?
mobil sering dipake ga ? pake coolant apa ?

kl mobil sering dipake, kena macet, nyala mesin durasi lama, yah wajar koq coolant berkurang, namanya jg aer, apalagi kl coolant concentrate cuman 30 %, lebi banyak lg

di mobil2 saya jg smuanya pada begitu.. hrv tiap 2-3 bulan pasti nambah, kadang cuman nambah dikit, kadang ampe sperempat botol
kena PSBB jarang jalan. Tapi kalau lagi jalan, anak saya yang pakai entah bagaimana gaya setirnya.
Problemnya sebelumnya tidak pernah tambah sekarang kok nambah. Ini sengaja saya biarain tidak ditambah masih di antara nya terus, atau harus selalu ditambah sampai full?
Coba aj dtanya anaknya gmana pake mobilnya

Sering high rpm, ngetem atau brapa jem

Kl saya kaki kanan berat, belom lg mobil doyan jd genset kl dipake orang rumah.. makanya coolant mau di mobil apapun pasti tekor..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Tue Oct 13, 2020 1:30
Profith83 wrote: Tue Oct 13, 2020 1:02
DOHC wrote: Mon Oct 12, 2020 14:19

mobil sering dipake ga ? pake coolant apa ?

kl mobil sering dipake, kena macet, nyala mesin durasi lama, yah wajar koq coolant berkurang, namanya jg aer, apalagi kl coolant concentrate cuman 30 %, lebi banyak lg

di mobil2 saya jg smuanya pada begitu.. hrv tiap 2-3 bulan pasti nambah, kadang cuman nambah dikit, kadang ampe sperempat botol
kena PSBB jarang jalan. Tapi kalau lagi jalan, anak saya yang pakai entah bagaimana gaya setirnya.
Problemnya sebelumnya tidak pernah tambah sekarang kok nambah. Ini sengaja saya biarain tidak ditambah masih di antara nya terus, atau harus selalu ditambah sampai full?
Coba aj dtanya anaknya gmana pake mobilnya

Sering high rpm, ngetem atau brapa jem

Kl saya kaki kanan berat, belom lg mobil doyan jd genset kl dipake orang rumah.. makanya coolant mau di mobil apapun pasti tekor..
Siap, nanti kutanyain dan kalau habis pergi coba check sekali lagi, apakah ada lembab2x di bawah radiator.
bawah radiator kan ada nempel busa, harusnya kalau netes biarpun sedikit akan lembab di busa tersebut.
Kapan hari kering sih, coba saya check lagi
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

KielConstantine wrote: Mon Oct 12, 2020 16:28
RobbyKodo wrote: Sun Oct 11, 2020 9:03 Sudah 2 mingguan pake ipah 2kd
Pengen upgrade harian pasang IC, ATF cooler dan remap
Kira" Yg paling pertama dari ketiga itu apa ya suhu semua
Dan utk IC mesti pake merk yg jelas atau tidak ya?
Tergantung om type orangnya ky gimana dlm ngerawat mobil. Pasang intercooler ada perhatian extra khususnya di karet-karet samco sambung2an pipa. Biasanya usia mau 2 thn musti ganti lagi pake karet2 yg baru. Ada perawatan extra lah. Ditambah agak berisik suaranya. Ada bbrapa org yg enggak suka, klo ane sih malah demen hahahaha..

Tapi tenaga bisa up sampe 210 bhp pasang intercooler. Merk biasa jg gpp yg 4 jutaan. Paling bagus merk Flex made in Thailand. Harga 7 jutaan plug & play. Full alumunium.

Image

Image


Kalo remap doank bs dpt 160an BHP. Cukupan sih buat harian sisanya stock engine standart, dan enggak pusing perawatan extra. Paling banter ganti downpipe aja yg lebih plong.

Gan, maaf newbie nanya nih, klo intercooler tambahan dengan bawaan mobil apa beda? di VNT turbo juga ada intercooler bawaan pabrik, tp relatif tidak berisik.