Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2398
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by b8099ok » 23 Jul 2018, 16:45

Ball joint dan tie rod ipah yg ada grease neppelnya apa ya? 555 ada grease neppelnya gak?
Tune and drive! :big_love:

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 24 Jul 2018, 08:47

osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00
Profith83 wrote:
22 Jul 2018, 13:35

Ganti Ball joint kena berapa yang ORI?
Ipah 2009 KM 90K itu pas tahun berapa ganti ball joint?
Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor » 24 Jul 2018, 10:03

Profith83 wrote:
24 Jul 2018, 08:47
osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00
Profith83 wrote:
22 Jul 2018, 13:35

Ganti Ball joint kena berapa yang ORI?
Ipah 2009 KM 90K itu pas tahun berapa ganti ball joint?
Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kalo ngga perlu diganti ya ngga usah diganti om, tp kalo mau sekalian ganti karena sekalian ngebongkar ya gpp.

Temen ogut ganti kaki2 pasti langsung sekalian semuanya karena sekalian bongkar.

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 30 Jul 2018, 21:32

Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 31 Jul 2018, 08:45

Profith83 wrote:
30 Jul 2018, 21:32
Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih
Oh iya tambahan info saja. Mobil pemakaian jarang pakai. Setahun 10 rb KM. Tiap 20 rb atau 2 tahun selau ganti Oli transmisi dan gardan. Power steering juga

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16440
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC » 02 Aug 2018, 09:11

Profith83 wrote:
24 Jul 2018, 08:47
osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00
Profith83 wrote:
22 Jul 2018, 13:35

Ganti Ball joint kena berapa yang ORI?
Ipah 2009 KM 90K itu pas tahun berapa ganti ball joint?
Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kl ball joint bawaan masi bagus,apalagi yg bawah punya.. jgn diganti om... itu yg bawaan kl ga d abuse,awet pake banget...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 02 Aug 2018, 21:12

DOHC wrote:
02 Aug 2018, 09:11
Profith83 wrote:
24 Jul 2018, 08:47
osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00


Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kl ball joint bawaan masi bagus,apalagi yg bawah punya.. jgn diganti om... itu yg bawaan kl ga d abuse,awet pake banget...
Sip om. Balljoint tidak akan saya ganti

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 03 Aug 2018, 16:15

Profith83 wrote:
30 Jul 2018, 21:32
Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih
Hiks ... belum ada yang jawab

jagdtiger
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 15 Apr 2018, 23:14
Location: JKT
Daily Vehicle: Toyota Avanza

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by jagdtiger » 26 Aug 2018, 16:10

Ijin bertanya rekan-rekan sekalian,

Filter Ferrox vs Sakura lebih bagus mana ya untuk daily use dan sesekali road trip? Soalnya di ipah D4D udah dipasang ferrox sama owner sebelumnya.
Apakah berpengaruh dengan kebersihan intake (MAF sensor), Throttle Body, Turbo hingga silinder? Karena saya cek filter ferroxnya sudah lumayan kotor.

Sebaiknya langkah apa yang bisa saya lakukan selain membersihkan MAF?
Mohon rekomendasi rekan-rekan, khususnya untuk bengkel maintenance ipah diesel di seputaran Jakarta Pusat-Selatan.

Terima Kasih

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16897
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 27 Aug 2018, 07:34

jagdtiger wrote:Ijin bertanya rekan-rekan sekalian,

Filter Ferrox vs Sakura lebih bagus mana ya untuk daily use dan sesekali road trip? Soalnya di ipah D4D udah dipasang ferrox sama owner sebelumnya.
Apakah berpengaruh dengan kebersihan intake (MAF sensor), Throttle Body, Turbo hingga silinder? Karena saya cek filter ferroxnya sudah lumayan kotor.

Sebaiknya langkah apa yang bisa saya lakukan selain membersihkan MAF?
Mohon rekomendasi rekan-rekan, khususnya untuk bengkel maintenance ipah diesel di seputaran Jakarta Pusat-Selatan.

Terima Kasih
Wire mesh filter gak rekomen utk daily drive

kecuali rute anda jarang bgt debu / AF kasih oli high tack / kalo lewat daerah bedebu jangan bejek gas

jagdtiger
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 15 Apr 2018, 23:14
Location: JKT
Daily Vehicle: Toyota Avanza

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by jagdtiger » 27 Aug 2018, 10:25

Turboman wrote:
27 Aug 2018, 07:34
jagdtiger wrote:Ijin bertanya rekan-rekan sekalian,

Filter Ferrox vs Sakura lebih bagus mana ya untuk daily use dan sesekali road trip? Soalnya di ipah D4D udah dipasang ferrox sama owner sebelumnya.
Apakah berpengaruh dengan kebersihan intake (MAF sensor), Throttle Body, Turbo hingga silinder? Karena saya cek filter ferroxnya sudah lumayan kotor.

Sebaiknya langkah apa yang bisa saya lakukan selain membersihkan MAF?
Mohon rekomendasi rekan-rekan, khususnya untuk bengkel maintenance ipah diesel di seputaran Jakarta Pusat-Selatan.

Terima Kasih
Wire mesh filter gak rekomen utk daily drive

kecuali rute anda jarang bgt debu / AF kasih oli high tack / kalo lewat daerah bedebu jangan bejek gas
Oke om turbo, sepertinya mesti switch ke Sakura nih.
Oli Semi-Synth (Fastron Diesel 15w-40)

Solusi untuk bersihkan intake sampai turbo, apa perlu cairan khusus atau cukup dengan Carb Cleaner?

keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 03 May 2015, 07:48

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by keong » 11 Sep 2018, 09:26

Numpang tanya om2, saya selama ini servis selalu di beres, saat ini udah mau mendekati odo 80k dan akan servis

Ada rekomendasi tempat yg bs servis, purging, ganti oli matic (kalo bs gerlong aja), sekitaran bekasi atau jaktim yg kerjaanya bagus dan gak semahal beres ?

Thanks

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16897
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 11 Sep 2018, 11:07

keong wrote:Numpang tanya om2, saya selama ini servis selalu di beres, saat ini udah mau mendekati odo 80k dan akan servis

Ada rekomendasi tempat yg bs servis, purging, ganti oli matic (kalo bs gerlong aja), sekitaran bekasi atau jaktim yg kerjaanya bagus dan gak semahal beres ?

Thanks
Alecon Kelp Gading

+6281806899888

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2908
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by ginting » 11 Sep 2018, 16:08

Profith83 wrote:
Profith83 wrote:
30 Jul 2018, 21:32
Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih
Hiks ... belum ada yang jawab
Kayaknya oom salah prosedur..

coba deh, kalo mau parkir.

dari D
stop
injak rem
masuk N
lepas kaki dari rem
tarik rem tangan
kalo sudah diam, baru persneling pindah P

supaya lock pawl nya tidak ngunci



Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 15 Sep 2018, 19:51

Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16897
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 15 Sep 2018, 21:08

Profith83 wrote:Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?
Bawa aja ke Autodyne atau Alecon

biar para ahli nya yg periksa

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 16 Sep 2018, 08:51

Turboman wrote:
15 Sep 2018, 21:08
Profith83 wrote:Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?
Bawa aja ke Autodyne atau Alecon

biar para ahli nya yg periksa
Kalau di Surabaya dimana yah?

Primagultom
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 28 Jul 2018, 06:52
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel 2011

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Primagultom » 21 Sep 2018, 23:38

Izin bertanya om2, sy pengguna ipah diesel 2010 m/t
Ipahnya selalu sy gunakan utk cari duit, ikut travel Medan - Aceh Singkil (PP sktar 600 km) dalam seminggu bisa 2x. Minta saran oli mesin per 5k ganti harga ekonomis, mtf n oli gardan yg cocok untuk kondisi jalan gunung n full muatan. Kalo boleh sxan tokonya wilayah medan
Mohon bantuannya om2 .......

Diko1110
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 24 Sep 2018, 19:27
Location: Palembang
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova 2014

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Diko1110 » 24 Sep 2018, 19:31

permisi om, izin nimbrung nih om, skaligus mau tnya, oli yg cocok buat innova diesel 2014 slain delvac1 apa ya, saya skrg pake delvac1 baru pake skitar 6000an KM dah rada kasar suara mesinnya..
mohon sarannya om2 semua.. suwun

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16897
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 24 Sep 2018, 22:02

Profith83 wrote:
Turboman wrote:
15 Sep 2018, 21:08
Profith83 wrote:Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?
Bawa aja ke Autodyne atau Alecon

biar para ahli nya yg periksa
Kalau di Surabaya dimana yah?
Coba ke Ronny 507 atau Dewata motor


User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16897
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 24 Sep 2018, 22:20

To om Primagultom :

600 km PP dalam seminggu 2X berarti per minggu jalan 1200 km

per bulan 4800 km

Oli mineral API CI-4 pun bisa tancap 10.000 km dgn mudah, asal tiap ganti oli tuang 1 L mesran buat dorong sisa2 oli lama

Ganti oli = ganti filter olinya

EGR ditutup lebih baik.

15W40 mineral API CI-4 for 10.000 km in 2 months OCI :
- PTT 15W40 botol merah
- Mobil Delvac MX (cari di trusted seller)
- Caltex Delo Gold 15W40
- Conoco Power D (hanya ada kemasan pail)

Kalo mau lebih mantap lagi :
- PTT 15W40 semi Synthetic API CI-4 (botol hitam)

PTT ada distro nya di Medan, hub - 0812 6381 3899 

Mobil Delvac MX mestinya juga ada di Medan

Caltex & Conoco ane gak yakin......wkwkwkw

Kalo oli Transmisi manual :

- WULING MTF 75W90 - beli di BeRes Wuling bagian spare parts

itu oli GL-4

OLI GARDAN :
pakai aja ENEOS 75W90 GL-5
murah - bagus

atau any kind 80W90 GL-5......merek bebas, asal yg ASLI





User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16897
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 24 Sep 2018, 22:29

Diko1110 wrote:permisi om, izin nimbrung nih om, skaligus mau tnya, oli yg cocok buat innova diesel 2014 slain delvac1 apa ya, saya skrg pake delvac1 baru pake skitar 6000an KM dah rada kasar suara mesinnya..
mohon sarannya om2 semua.. suwun
Kalo Delvac1 yg asli mah sampe 9000 km aja masih alus suara mesin

Om beli D1 nya dimana ? krn D1 banyak acdc nya

Kalo olinya asli dan suara mesin misal agak berubah dikit juga bukan berarti oli udah jelek.........oli dinyatakan udah gak layak pakai andai TBN udah drop di bawah 4 mg KOH dan kekentalan udah turun di bawah spec.

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: 25 Jan 2016, 18:40

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by arfs » 25 Sep 2018, 14:37

Setuju apa kata om Turboman,
GNKI saya sekarang pakai Delvac 1 5w40 ganti pas bulan maret sekarang, sudah dipakai 9000km an suara nya masih halus dan performa masih ok.
*bbm yg dipakai 95% dex 5% solbus (selalu isi dex paling hanya sesekali top up full tank solbus kalau ud 3/4).
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

BecakTerbang
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 04 May 2018, 17:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by BecakTerbang » 30 Sep 2018, 17:20

Izin tanya om2 semua

Innova kalau bodi kanan dan kiri ada selisih tinggi sekitar 1 - 2 cm normal atau tidak?

Saya ukur dari velg sampai fender
Posisi mobil terparkir di tempat yang rata dan baru spooring
Lebih banyak dikendarai sendiri (apakah pengaruh pembagian beban?)

Luxman
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 02 Apr 2017, 06:50

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Luxman » 30 Sep 2018, 18:34

Misi para suhu. Saya pakai ipah D4D 2013. Kemaren udah km 150rb. Ganti timing belt. Ketika di bongkar ketahuan minyak di kipas radiator habis. Oleh montir dikasih lagi. Setelah itu kok kedengarannya suaranya kenceng banget ya sampau masuk kabin. Apalagi kalau di gas. Apa ini normal ?

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”