Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2328
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by b8099ok » 23 Jul 2018, 16:45

Ball joint dan tie rod ipah yg ada grease neppelnya apa ya? 555 ada grease neppelnya gak?
Tune and drive! :big_love:

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 24 Jul 2018, 08:47

osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00
Profith83 wrote:
22 Jul 2018, 13:35

Ganti Ball joint kena berapa yang ORI?
Ipah 2009 KM 90K itu pas tahun berapa ganti ball joint?
Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor » 24 Jul 2018, 10:03

Profith83 wrote:
24 Jul 2018, 08:47
osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00
Profith83 wrote:
22 Jul 2018, 13:35

Ganti Ball joint kena berapa yang ORI?
Ipah 2009 KM 90K itu pas tahun berapa ganti ball joint?
Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kalo ngga perlu diganti ya ngga usah diganti om, tp kalo mau sekalian ganti karena sekalian ngebongkar ya gpp.

Temen ogut ganti kaki2 pasti langsung sekalian semuanya karena sekalian bongkar.

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 30 Jul 2018, 21:32

Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 31 Jul 2018, 08:45

Profith83 wrote:
30 Jul 2018, 21:32
Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih
Oh iya tambahan info saja. Mobil pemakaian jarang pakai. Setahun 10 rb KM. Tiap 20 rb atau 2 tahun selau ganti Oli transmisi dan gardan. Power steering juga

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16436
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC » 02 Aug 2018, 09:11

Profith83 wrote:
24 Jul 2018, 08:47
osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00
Profith83 wrote:
22 Jul 2018, 13:35

Ganti Ball joint kena berapa yang ORI?
Ipah 2009 KM 90K itu pas tahun berapa ganti ball joint?
Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kl ball joint bawaan masi bagus,apalagi yg bawah punya.. jgn diganti om... itu yg bawaan kl ga d abuse,awet pake banget...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 02 Aug 2018, 21:12

DOHC wrote:
02 Aug 2018, 09:11
Profith83 wrote:
24 Jul 2018, 08:47
osbertc0ol wrote:
23 Jul 2018, 14:00


Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kl ball joint bawaan masi bagus,apalagi yg bawah punya.. jgn diganti om... itu yg bawaan kl ga d abuse,awet pake banget...
Sip om. Balljoint tidak akan saya ganti

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 03 Aug 2018, 16:15

Profith83 wrote:
30 Jul 2018, 21:32
Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih
Hiks ... belum ada yang jawab

jagdtiger
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 15 Apr 2018, 23:14
Location: JKT
Daily Vehicle: Toyota Avanza

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by jagdtiger » 26 Aug 2018, 16:10

Ijin bertanya rekan-rekan sekalian,

Filter Ferrox vs Sakura lebih bagus mana ya untuk daily use dan sesekali road trip? Soalnya di ipah D4D udah dipasang ferrox sama owner sebelumnya.
Apakah berpengaruh dengan kebersihan intake (MAF sensor), Throttle Body, Turbo hingga silinder? Karena saya cek filter ferroxnya sudah lumayan kotor.

Sebaiknya langkah apa yang bisa saya lakukan selain membersihkan MAF?
Mohon rekomendasi rekan-rekan, khususnya untuk bengkel maintenance ipah diesel di seputaran Jakarta Pusat-Selatan.

Terima Kasih

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16503
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 27 Aug 2018, 07:34

jagdtiger wrote:Ijin bertanya rekan-rekan sekalian,

Filter Ferrox vs Sakura lebih bagus mana ya untuk daily use dan sesekali road trip? Soalnya di ipah D4D udah dipasang ferrox sama owner sebelumnya.
Apakah berpengaruh dengan kebersihan intake (MAF sensor), Throttle Body, Turbo hingga silinder? Karena saya cek filter ferroxnya sudah lumayan kotor.

Sebaiknya langkah apa yang bisa saya lakukan selain membersihkan MAF?
Mohon rekomendasi rekan-rekan, khususnya untuk bengkel maintenance ipah diesel di seputaran Jakarta Pusat-Selatan.

Terima Kasih
Wire mesh filter gak rekomen utk daily drive

kecuali rute anda jarang bgt debu / AF kasih oli high tack / kalo lewat daerah bedebu jangan bejek gas

jagdtiger
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 15 Apr 2018, 23:14
Location: JKT
Daily Vehicle: Toyota Avanza

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by jagdtiger » 27 Aug 2018, 10:25

Turboman wrote:
27 Aug 2018, 07:34
jagdtiger wrote:Ijin bertanya rekan-rekan sekalian,

Filter Ferrox vs Sakura lebih bagus mana ya untuk daily use dan sesekali road trip? Soalnya di ipah D4D udah dipasang ferrox sama owner sebelumnya.
Apakah berpengaruh dengan kebersihan intake (MAF sensor), Throttle Body, Turbo hingga silinder? Karena saya cek filter ferroxnya sudah lumayan kotor.

Sebaiknya langkah apa yang bisa saya lakukan selain membersihkan MAF?
Mohon rekomendasi rekan-rekan, khususnya untuk bengkel maintenance ipah diesel di seputaran Jakarta Pusat-Selatan.

Terima Kasih
Wire mesh filter gak rekomen utk daily drive

kecuali rute anda jarang bgt debu / AF kasih oli high tack / kalo lewat daerah bedebu jangan bejek gas
Oke om turbo, sepertinya mesti switch ke Sakura nih.
Oli Semi-Synth (Fastron Diesel 15w-40)

Solusi untuk bersihkan intake sampai turbo, apa perlu cairan khusus atau cukup dengan Carb Cleaner?

keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 03 May 2015, 07:48

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by keong » 11 Sep 2018, 09:26

Numpang tanya om2, saya selama ini servis selalu di beres, saat ini udah mau mendekati odo 80k dan akan servis

Ada rekomendasi tempat yg bs servis, purging, ganti oli matic (kalo bs gerlong aja), sekitaran bekasi atau jaktim yg kerjaanya bagus dan gak semahal beres ?

Thanks

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16503
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 11 Sep 2018, 11:07

keong wrote:Numpang tanya om2, saya selama ini servis selalu di beres, saat ini udah mau mendekati odo 80k dan akan servis

Ada rekomendasi tempat yg bs servis, purging, ganti oli matic (kalo bs gerlong aja), sekitaran bekasi atau jaktim yg kerjaanya bagus dan gak semahal beres ?

Thanks
Alecon Kelp Gading

+6281806899888

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2763
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by ginting » 11 Sep 2018, 16:08

Profith83 wrote:
Profith83 wrote:
30 Jul 2018, 21:32
Malam om sekalian,

Saya punya GNKI G AT 2012 diesel.
Perpindahan di stick transmisi dari P sampai ke D kenapa kayak berat/seret yah? (kayak kurang diberi grease gitu)

Kenapa yah? apakah ada part yang perlu diganti?

Terima kasih
Hiks ... belum ada yang jawab
Kayaknya oom salah prosedur..

coba deh, kalo mau parkir.

dari D
stop
injak rem
masuk N
lepas kaki dari rem
tarik rem tangan
kalo sudah diam, baru persneling pindah P

supaya lock pawl nya tidak ngunci



Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 15 Sep 2018, 19:51

Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16503
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman » 15 Sep 2018, 21:08

Profith83 wrote:Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?
Bawa aja ke Autodyne atau Alecon

biar para ahli nya yg periksa

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 » 16 Sep 2018, 08:51

Turboman wrote:
15 Sep 2018, 21:08
Profith83 wrote:Thanks om Ginting reply nya.

Maksudnya bukan karena perpindahan giginya yang berat tetapi stick transmisinya yang kayak seret.
Sticknya itu cara kerjanya menarik dan merenggangkan kabel seling yah? apakah mungkin kabel selingnya harus diberi gemuk? atau kah perlu diganti kabel selingnya?
Bawa aja ke Autodyne atau Alecon

biar para ahli nya yg periksa
Kalau di Surabaya dimana yah?

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”