Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Hello guys! Kan kalian tahu kalau Lancer Evo 8 MR FQ-400 adalah Lancer yang paling jarang di dunia dan dibuat di Inggris dengan tenaga yang lebihh besar 120hp dari yang versi Jepang. Karena regulasi di Jepang gak ada peraturan horsepower limiter. Tapi sebenarnya MitsubishI Jepang ngeluarin versi Lancer Evo yang jauh lebih jarang lagi dari FQ-400. Yaitu Mitsubishi Lancer Evolution VIII MR RS 6-Speed CT9A.
Dari depan tampangnya mirip kayak MR GSR tapi ini 40kg lebih ringan
Model ini menjadi tipe tengah di varian Lancer Evolution VIII MR pada saat masih baru
Dan mobil ini basisnya mobil super taikyu karena yang 5-Speed adalah basis buat yang versi reli. Sedangkan yang 6-speed ini buat super endurance battle untuk mengalahkan Subaru Impreza
Dia mencatat waktu lebih cepat dari Honda NSX-R NA2 di Best Motoring pada Mei 2004 dengan waktu 1 menit 4.50 detik
Dibanding dengan evo 8. Yang ini beratnya dipangkan 10kg berkat aluminium roof yang ringan dan kokoh.
Seperti GSR, ban Enkei menjadi standar di versi MR RS 6-Speed ini. Sementara ban BBS Menjadi opsional. Dan yang 5-speed dapet ban steel wheel.
Bagian belakang sama persis dengan GSR juga
Yang paling membedakan yang ini dengan yang GSR adalah door handle dan mirror cover berwarna hitam.
Karena ini versi stripped down. Interior sama persis seperti yang 5-Speed RS punya.
Belum dapet Recaro bucket seat karena ini versi stripped downnya GSR
Setir sama persis dengan yang Evo 5-6 GSR punya. Belum sport steering wheel yang kayak di GSR. Tetapi dijual opsional untuk RS.
Ini bagian yang paling spesial yang membedakan transmisi RS yang 5-speed dan 6-speed
Mesinnya sama persis dengan yang versi GSR dengan torsi 40.8 kg.m. dibanding dengan yang 5-speed yang pake mesin Evo 8 lama
Tidak ada spare tire supaya lebih ringan 40kg dari versi GSR
Dibandingkan dengan versi 5-Speed RS. Dia remnya udah Brembo disc brake dan sudah menjadi standar
ABS+EBD+BA menjadi perlengkapan standar tetapi Bilstein suspension dan damper adalah opsional. Dan AYC+ACD sudah jadi standar juga seperti di GSR karena yang 5-Speed RS masih pake differential LSD.
Lancer Evolution VII MR RS 6-Speed mungkin bukan yang terkencang dibandingkan dengan Mitsubishi Lancer Evoution versi FQ. Tetapi karena ini adalah unit yang sangat jarang. Mobil ini menjadi collectors item karena kelangkaannya. Dan dia juga lebih kencang dari NSX-R sendiri pada tahun 2004 padahal harganya 4 kali lipat lebih murah dari NSX-R pada saat itu. This is the reason why the legend is never die.
Lancer Evolution Forever!!!
Dari depan tampangnya mirip kayak MR GSR tapi ini 40kg lebih ringan
Model ini menjadi tipe tengah di varian Lancer Evolution VIII MR pada saat masih baru
Dan mobil ini basisnya mobil super taikyu karena yang 5-Speed adalah basis buat yang versi reli. Sedangkan yang 6-speed ini buat super endurance battle untuk mengalahkan Subaru Impreza
Dia mencatat waktu lebih cepat dari Honda NSX-R NA2 di Best Motoring pada Mei 2004 dengan waktu 1 menit 4.50 detik
Dibanding dengan evo 8. Yang ini beratnya dipangkan 10kg berkat aluminium roof yang ringan dan kokoh.
Seperti GSR, ban Enkei menjadi standar di versi MR RS 6-Speed ini. Sementara ban BBS Menjadi opsional. Dan yang 5-speed dapet ban steel wheel.
Bagian belakang sama persis dengan GSR juga
Yang paling membedakan yang ini dengan yang GSR adalah door handle dan mirror cover berwarna hitam.
Karena ini versi stripped down. Interior sama persis seperti yang 5-Speed RS punya.
Belum dapet Recaro bucket seat karena ini versi stripped downnya GSR
Setir sama persis dengan yang Evo 5-6 GSR punya. Belum sport steering wheel yang kayak di GSR. Tetapi dijual opsional untuk RS.
Ini bagian yang paling spesial yang membedakan transmisi RS yang 5-speed dan 6-speed
Mesinnya sama persis dengan yang versi GSR dengan torsi 40.8 kg.m. dibanding dengan yang 5-speed yang pake mesin Evo 8 lama
Tidak ada spare tire supaya lebih ringan 40kg dari versi GSR
Dibandingkan dengan versi 5-Speed RS. Dia remnya udah Brembo disc brake dan sudah menjadi standar
ABS+EBD+BA menjadi perlengkapan standar tetapi Bilstein suspension dan damper adalah opsional. Dan AYC+ACD sudah jadi standar juga seperti di GSR karena yang 5-Speed RS masih pake differential LSD.
Lancer Evolution VII MR RS 6-Speed mungkin bukan yang terkencang dibandingkan dengan Mitsubishi Lancer Evoution versi FQ. Tetapi karena ini adalah unit yang sangat jarang. Mobil ini menjadi collectors item karena kelangkaannya. Dan dia juga lebih kencang dari NSX-R sendiri pada tahun 2004 padahal harganya 4 kali lipat lebih murah dari NSX-R pada saat itu. This is the reason why the legend is never die.
Lancer Evolution Forever!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Keren mobilnya om
sayang mobil legend ini disuntik mati
gak kaya impreza yang masih diproduksi sampe sekarang
by the way setau saya evo fq series itu cuma ada di inggris om
cmiiw ya
sayang mobil legend ini disuntik mati
gak kaya impreza yang masih diproduksi sampe sekarang
by the way setau saya evo fq series itu cuma ada di inggris om
cmiiw ya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
tahu kok kalo yang itu cuma di inggris karena gak ada regulasinya, Kalo yang ini paling kenceng untuk pasar JDM karena setau ane mobil ini mempunyai waktu rekor tercepat di tsukuba di sepanjang sejarah.michaelgiri93 wrote:Keren mobilnya om
sayang mobil legend ini disuntik mati
gak kaya impreza yang masih diproduksi sampe sekarang
by the way setau saya evo fq series itu cuma ada di inggris om
cmiiw ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
sesuai yang tadi di bilang ya, an evo beats an nsx rtakhojo62 wrote: tahu kok kalo yang itu cuma di inggris karena gak ada regulasinya, Kalo yang ini paling kenceng untuk pasar JDM karena setau ane mobil ini mempunyai waktu rekor tercepat di tsukuba di sepanjang sejarah.
what a car
sayang kalo buat saya masih mimpi aja pelihara evo, boro2 yg ini, yang base model aja gak kuat belinya
oiya nice thread om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Thanks! Evo memang legend dan timeless! Evo yang paling murah 600jt dan itu masih mahal. Dan boro boro harganya. Dia juga boros kalo dibanding dengan nsx-r. Karena gak kayak turbo sekarang. Turbo masa lalu bikin lebih boros.michaelgiri93 wrote:sesuai yang tadi di bilang ya, an evo beats an nsx rtakhojo62 wrote: tahu kok kalo yang itu cuma di inggris karena gak ada regulasinya, Kalo yang ini paling kenceng untuk pasar JDM karena setau ane mobil ini mempunyai waktu rekor tercepat di tsukuba di sepanjang sejarah.
what a car
sayang kalo buat saya masih mimpi aja pelihara evo, boro2 yg ini, yang base model aja gak kuat belinya
oiya nice thread om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
iya omtakhojo62 wrote: Thanks! Evo memang legend dan timeless! Evo yang paling murah 600jt dan itu masih mahal. Dan boro boro harganya. Dia juga boros kalo dibanding dengan nsx-r. Karena gak kayak turbo sekarang. Turbo masa lalu bikin lebih boros.
bener itu
tapi ya wajar sih om
meskipun cuma 2000cc
4g63t nya bisa produksi 276 hp, bulatkan aja 280 (menurut baca2)
hebatnya itu hanya dari mesin 4silinder
dan setau saya single turbo
tapi kalo pelihara evo sudah gak mikirin konsumsi bbm deh kayaknya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
karena yang punya orang kaya atau kolektor mobil yang gak mungkin jadiin mobil ini jadi mobil utama. dan mobil ini sangat terkenal dikalangan anak muda. sama turbonya pasti gede meskipun single dan dia mobil basis wrc karena mau nyaingin impreza meskipun sama sama keluar pas tahun 1992michaelgiri93 wrote:iya omtakhojo62 wrote: Thanks! Evo memang legend dan timeless! Evo yang paling murah 600jt dan itu masih mahal. Dan boro boro harganya. Dia juga boros kalo dibanding dengan nsx-r. Karena gak kayak turbo sekarang. Turbo masa lalu bikin lebih boros.
bener itu
tapi ya wajar sih om
meskipun cuma 2000cc
4g63t nya bisa produksi 276 hp, bulatkan aja 280 (menurut baca2)
hebatnya itu hanya dari mesin 4silinder
dan setau saya single turbo
tapi kalo pelihara evo sudah gak mikirin konsumsi bbm deh kayaknya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 430
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.
Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
evo x emang lemot dan pas di best motoring dia startnya didepan evo 9 which means that lebih lelet gara gara kegemukan sama mesinnya kurang responsif. kalo rs disni kebanyakan 5-speed sementara 6-speed belum ada sama sekalipun padahal sebenarnya ada tapi pada diekspor ke inggris. evo mr gak pernah turun karena dia rare item sedunia jadinya khusus dibuat untuk kolektor sedangkan yang lain turun terutama evo x yang jumlahnya banyak.rajapb wrote:wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.
Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 430
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
tapi di best motoring sti spec c juga sangar tuh laptime nya mirip2 sama evo rs soalnya sama2 versi trondol nya. Lap time range 4 detik an semua. Dan sti spec c understeer nya gak separah versi biasa nya, walaupin undesteer dikit2 bisa ngimbangin evo lah. Sti spec c yang hatch lawan evo x masih kencengan sti spec c malahtakhojo62 wrote:evo x emang lemot dan pas di best motoring dia startnya didepan evo 9 which means that lebih lelet gara gara kegemukan sama mesinnya kurang responsif. kalo rs disni kebanyakan 5-speed sementara 6-speed belum ada sama sekalipun padahal sebenarnya ada tapi pada diekspor ke inggris. evo mr gak pernah turun karena dia rare item sedunia jadinya khusus dibuat untuk kolektor sedangkan yang lain turun terutama evo x yang jumlahnya banyak.rajapb wrote:wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.
Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Evo VIII RS MR peleknya sama kayak MR GSR ya? kalau yang RS biasa kan seinget saya peleknya kaleng dan diameter lebih kecil, kalau gak salah buat save weight juga
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Itu misalnya bobot mobilnya dipangkas 40kg trus trus yg nyetir beratnya 120kg diadu balap ama versi gsr yg lebih berat 40kg, tp yg nyetir berat badannya cuman 60kg, mana yg lbh kencang?
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Saya pake ini MR RS. Transmisinya 6 speed ama gaada antena radio, dan velg nya msih pake steel wheels.... Tapi......
....sy pakenya di game
....sy pakenya di game
2021 Fortuner VRZ
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Itu buat versi yang 5-speednya. Yang 6-speed udah kayak GSR dan dia udah ABS sama udah AYC kayak di GSR.adrevolution wrote:Evo VIII RS MR peleknya sama kayak MR GSR ya? kalau yang RS biasa kan seinget saya peleknya kaleng dan diameter lebih kecil, kalau gak salah buat save weight juga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Kalo impreza konsepnya gak berubah rubah dari dulu sedangkan kalo evo berubah sejak yang x, Yang x yang mencerminkan wrc car dia lebih kayak sport sedan aja dan lebih elegan. Dan karena itu juga evo x jadi lebih gemuk dari pendahulunya.rajapb wrote:tapi di best motoring sti spec c juga sangar tuh laptime nya mirip2 sama evo rs soalnya sama2 versi trondol nya. Lap time range 4 detik an semua. Dan sti spec c understeer nya gak separah versi biasa nya, walaupin undesteer dikit2 bisa ngimbangin evo lah. Sti spec c yang hatch lawan evo x masih kencengan sti spec c malahtakhojo62 wrote:evo x emang lemot dan pas di best motoring dia startnya didepan evo 9 which means that lebih lelet gara gara kegemukan sama mesinnya kurang responsif. kalo rs disni kebanyakan 5-speed sementara 6-speed belum ada sama sekalipun padahal sebenarnya ada tapi pada diekspor ke inggris. evo mr gak pernah turun karena dia rare item sedunia jadinya khusus dibuat untuk kolektor sedangkan yang lain turun terutama evo x yang jumlahnya banyak.rajapb wrote:wah setirnya sama kaya evo 4 5 6 ya. Di indonesia mah yang masuk kebanyakan gsr sama mr, yang 8 mr gila harganya gak turun2 malah tambah naik, ada yang jual 700 juta. Malah evo 9 mr lebih gila lagi sampe 1M. Kalo evo rs disini dipake buat rally semua.
Kalo evo x malah gak secepet pendahulu nya ya gara2 kegedean body, walaupun masih termasuk kenceng lah, cuman tampang nya aja lebih sangar. Tapi tetep favorit gue mah evo 6 TME #fanboylancerevotilldie
kalo impreza spec c yang nyatat 4 detik itu ada 2. yaitu yang blob eye tahun 2003 yang versi gdb-c yang torsinya masih 40.2 kg.m. (sebelum facelift pada juni 2004 yang torsinya lebih besar) dan yang satu lagi yang bug eye spec c pertama dengan waktu 1 menit 4.95 detik pas pertama kali launching.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Aug 30, 2016 12:42
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
kalo yang nyetir lebih berat ngefek juga sih. kecuali beratnya sama.alicevamps wrote:Itu misalnya bobot mobilnya dipangkas 40kg trus trus yg nyetir beratnya 120kg diadu balap ama versi gsr yg lebih berat 40kg, tp yg nyetir berat badannya cuman 60kg, mana yg lbh kencang?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Impreza juga tiap ganti Chassis nambah berat mulu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 460
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
nice share om takhojo62, nambah pengetahuan tentang lineup evo. bagi saya, lineup yg paling saya ingat ya seri fq karena dulu ada majalah yg jelasin fq = f*ck'in quick...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
kalo lurus entah yaalicevamps wrote:Itu misalnya bobot mobilnya dipangkas 40kg trus trus yg nyetir beratnya 120kg diadu balap ama versi gsr yg lebih berat 40kg, tp yg nyetir berat badannya cuman 60kg, mana yg lbh kencang?
mungkin masih kencengan yang ini
soalnya selain mesinnya beda (kalo gak salah camshaftnya beda), rasio gearnya beda juga, karena mobil ini kan giginya ada 6, gak kaya evo 8 normal yang cuma 5
kalo tikungan saya tetep pegang yang mr rs 6spd
soalnya bobot yang di pangkas termasuk di atap
sehingga center of gravity nya pun pasti berubah meski sedikit
dan ini berefek pada balancenya mobil yang berubah meski sedikit
dan yang ini kalo gak salah shock arbsorbernya beda
btw ini just my opinion lho
cmiiw ya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Dec 20, 2016 4:18
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Ijin nyimak om... Nambah2 ilmu buat saya yg masih nyubi di dunia permobilan.,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Di semarang ada yg punya ginian warna grey,(entah evo8/9), mobilnya bener2 rigid,rem pake brembo yg cakramnya gede menuhin velgnya,dibawah hood penuh dgn intercooler dan pipa2,kalo dinyalain mesinya manteb grokgrokgrokgrok kasar tapi enak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: RE: Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
Hehehehe... mampir aja ke Auto Center kalau nyari JDM di Semarangipat wrote:Di semarang ada yg punya ginian warna grey,(entah evo8/9), mobilnya bener2 rigid,rem pake brembo yg cakramnya gede menuhin velgnya,dibawah hood penuh dgn intercooler dan pipa2,kalo dinyalain mesinya manteb grokgrokgrokgrok kasar tapi enak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
uwahhhh akhirnya ada trit bergizi tentang JDM heroes
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4258
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
kalo saia mendingan FQ350 lebih bandel sama time result cuma sedikit lebih pelan dr FQ400
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Lancer Evolution yang lebih jarang dan lebih ringan dari FQ-400?
jadi inget pas clarkson review fq400, pas lagi jelasin sisi negatifnya dia drag fq400 sama minivan di gigi 5 di kedua mobil dan minivan yang menang