Sy sering kalo mata udah capek tinggal mlipir ke spbu terdekat,parkir dkt Atm(karna di situ ada cctv), buka jendela,lihat keadaan sekitar dan tidur heheheslnga wrote:Sering klo dah capek mata, mending nyari SPBU trus tidur dlm mobil, klo tenda blum pernah agak was2 klo tenda, kecuali konvoy 3-4 mobil ngga masalah make tenda.nimoo wrote:Btw kalo jelajah pulau sampe nginep dimobil gitu pada pernah ngga ? Kalo iya tidur di dalem mobil atau gelar tenda ?
Saya kepikiran bikin tenda diatas mobil (suv) kira2 atap sama railnya kuat ngga ya ? Hehehe
Sent from my Mi-4c using Seraya Motor mobile app
Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
[/quote]
Sedikit nanya om, perjalanan lintas negara yang om lakukan it sering atau sekali aja ?
setau ane kan ada ijin2 nya, nah soal ijin2 nyebrang ke negara orang gimana om ?
edisi penasaran hehehehe.[/quote]
Kalau ke Brunei baru sekali itu Om, tapi kalau ke Kuching (cuma 1,5jam dr border Entikong, atau total sekitar 6jam dr Pontianak) cukup sering hampir sebulan sekali.
Ijin nyebrang di imigrasi Entikong kalau bawa kendaraan sendiri cukup gampang, yg penting pasport, STNK lengkap tinggal bayar roadtax dan asuransi di imigrasi Malay sekitar RM50 dan dikasih stiker roadtax ditempel di kaca depan mobil kita. Kalau STNK bukan atas nama sendiri, diminta bawa surat kuasa dari pemilik kendaraan.
Dan kaca film mobil kudu bening, jika gelap disuruh lepas kaca film. Tapi pengalaman ane lebih longgar di border Nanga Badau dibanding border Entikong, di Badau tidak ada wajib kaca bening makanya ane tembus ke Brunei dgn kaca film gelap.
Kalau pulangnya lebih simple lagi, cukup serahkan stiker roadtax & cap passpor tanpa bayar apapun lagi di imigrasi.
Cukup menyenangkan driving di negeri jiran, jarang sekali mereka ugal2an dan main klakson. Kalau macet pun hanya di traffic light dan mereka jaga jarak 2meter tiap mobil. [emoji16] kalau di intercity highway, sama sekali tdk macet.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sedikit nanya om, perjalanan lintas negara yang om lakukan it sering atau sekali aja ?
setau ane kan ada ijin2 nya, nah soal ijin2 nyebrang ke negara orang gimana om ?
edisi penasaran hehehehe.[/quote]
Kalau ke Brunei baru sekali itu Om, tapi kalau ke Kuching (cuma 1,5jam dr border Entikong, atau total sekitar 6jam dr Pontianak) cukup sering hampir sebulan sekali.
Ijin nyebrang di imigrasi Entikong kalau bawa kendaraan sendiri cukup gampang, yg penting pasport, STNK lengkap tinggal bayar roadtax dan asuransi di imigrasi Malay sekitar RM50 dan dikasih stiker roadtax ditempel di kaca depan mobil kita. Kalau STNK bukan atas nama sendiri, diminta bawa surat kuasa dari pemilik kendaraan.
Dan kaca film mobil kudu bening, jika gelap disuruh lepas kaca film. Tapi pengalaman ane lebih longgar di border Nanga Badau dibanding border Entikong, di Badau tidak ada wajib kaca bening makanya ane tembus ke Brunei dgn kaca film gelap.
Kalau pulangnya lebih simple lagi, cukup serahkan stiker roadtax & cap passpor tanpa bayar apapun lagi di imigrasi.
Cukup menyenangkan driving di negeri jiran, jarang sekali mereka ugal2an dan main klakson. Kalau macet pun hanya di traffic light dan mereka jaga jarak 2meter tiap mobil. [emoji16] kalau di intercity highway, sama sekali tdk macet.
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
numpang nanya juga om. untuk kendaraan roda 2 melewati perbatasan malaysia, apa prosedurnya juga sama?
-
- SM Specialist
- Posts: 4726
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Sedikit nanya om, perjalanan lintas negara yang om lakukan it sering atau sekali aja ?mickstein wrote:
setau ane kan ada ijin2 nya, nah soal ijin2 nyebrang ke negara orang gimana om ?
edisi penasaran hehehehe.[/quote]
Kalau ke Brunei baru sekali itu Om, tapi kalau ke Kuching (cuma 1,5jam dr border Entikong, atau total sekitar 6jam dr Pontianak) cukup sering hampir sebulan sekali.
Ijin nyebrang di imigrasi Entikong kalau bawa kendaraan sendiri cukup gampang, yg penting pasport, STNK lengkap tinggal bayar roadtax dan asuransi di imigrasi Malay sekitar RM50 dan dikasih stiker roadtax ditempel di kaca depan mobil kita. Kalau STNK bukan atas nama sendiri, diminta bawa surat kuasa dari pemilik kendaraan.
Dan kaca film mobil kudu bening, jika gelap disuruh lepas kaca film. Tapi pengalaman ane lebih longgar di border Nanga Badau dibanding border Entikong, di Badau tidak ada wajib kaca bening makanya ane tembus ke Brunei dgn kaca film gelap.
Kalau pulangnya lebih simple lagi, cukup serahkan stiker roadtax & cap passpor tanpa bayar apapun lagi di imigrasi.
Cukup menyenangkan driving di negeri jiran, jarang sekali mereka ugal2an dan main klakson. Kalau macet pun hanya di traffic light dan mereka jaga jarak 2meter tiap mobil. [emoji16] kalau di intercity highway, sama sekali tdk macet.
Sent from my iPhone using Tapatalk[/quote]
Sangat berguna sekali informasi nya... Kapan2 saya akan cobain kesana om mickstein...
Jika ada cerita2 & foto2 lain silahkan di share om mickstein... Sangat berguna buat kita2 penggemar Road Trip ..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Ga juga kok om. Pakai ban biasa juga aman sebenernya. Cuma dulu agak susah cari ban ukuran standart carnie. Mau ga mau pake ban AT yg ukuran sama.444 wrote:Jadi untuk roadtrip carnival lintas sumatra ban nya mending diganti dulu pake ban AT ya um?Dnisbo wrote:Dulu ane pernah road trip pake carnie diesel bokap ke medan.444 wrote:Suatu saat kalo job lancar sehingga rekening tabungan bisa mantab terus walau kerjaan ditinggal.. Ingin juga roadtrip kaya um f272 inih.. Pake carnival diesel kesayangan..
Rute nya misal tahun ini ke barat; arah sumatera.
Roadtrip tahun berikutnya ke timur arah papua.
Enak nih mobil om. Torsi besar, dalemnya lega dan super nyaman suspensinya.
Waktu ke medan, di perbatasan sumut, sempat ada jalan yg longsor. Kalau cari jalan lain harus buang waktu 3 jam. Setelah liat l300 travel bisa lewat walaupun di ujung longsor harus di derek, Akhirnya bokap nekat hajar itu jalan longsor, dan ternyata bisa lewat tanpa di derek. Mungkin juga karena udah pake ban GY wrangler at.
Nice info
Dan ternyata kepake banget kalau ada jalan rusak.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Sekarang pake hankook kynergi um
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Mustinya sih sama prosedurnya Om.. Bahkan beberapa kali setahu saya IMBI pernah adakan tour dr Pontianak ke Kuching & Brunei.QnetiC wrote:numpang nanya juga om. untuk kendaraan roda 2 melewati perbatasan malaysia, apa prosedurnya juga sama?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Siap Om F272..F 272 wrote:
Sangat berguna sekali informasi nya... Kapan2 saya akan cobain kesana om mickstein...
Jika ada cerita2 & foto2 lain silahkan di share om mickstein... Sangat berguna buat kita2 penggemar Road Trip ..
Semoga bisa lanjutkan touring antar negara yah Om.
Tambahan info, kalau dari Jakarta ke Pontianak, mobil bisa dikirim dr Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan kapal RoRo, durasi kurang 2hari dgn biaya 3,5-4jt.
Thanks jg share nya Om F272 jelajah Bromonya, sy juga pengen ke sana, belum pernah.. hehe
Monggo Om tambahan foto2nya:
jembatan Kapuas Pontianak
kraton kesultanan Qadriyah Pontianak
Border imigrasi Entikong-Tebedu Malaysia
museum minyak di Miri
Entering Brunei Darusalaam
Masjid Bandar Sri Begawan
Kuching city view
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Selamat malam semua
Kebetulan liburan akhir tahun nanti saya mau ke bromo dari arah jember. Udh cek gmaps dapet 2 rute, kalo mau liat sunrise enaknya naik darimana ya? Mohon sarannya yang paham daerah situ terutama om wah yang udah pernah ke bromo dari arah timur
Ini pilihan rutenya
Rute 1 :
https://maps.google.com/?saddr=SPBU%20C ... 1&dirflg=d
Rute 2 :
https://maps.google.com/?saddr=SPBU%20C ... 6&dirflg=d
Kebetulan liburan akhir tahun nanti saya mau ke bromo dari arah jember. Udh cek gmaps dapet 2 rute, kalo mau liat sunrise enaknya naik darimana ya? Mohon sarannya yang paham daerah situ terutama om wah yang udah pernah ke bromo dari arah timur
Ini pilihan rutenya
Rute 1 :
https://maps.google.com/?saddr=SPBU%20C ... 1&dirflg=d
Rute 2 :
https://maps.google.com/?saddr=SPBU%20C ... 6&dirflg=d
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
oom mickstein, itu kalau mobil masuk ke Malaysia, plat B, surat lengkap, apakah perlu CPD (passport mobil, istilah oom NR) ??? atau cukup hanya surat standard saja ?? Kalau biaya cuma IDR 4 juta sih, gak mahal lah...tambah solar dan hotel, gaspol ... sudah sampai Kinabalu ...mickstein wrote:Siap Om F272..F 272 wrote:
Sangat berguna sekali informasi nya... Kapan2 saya akan cobain kesana om mickstein...
Jika ada cerita2 & foto2 lain silahkan di share om mickstein... Sangat berguna buat kita2 penggemar Road Trip ..
Semoga bisa lanjutkan touring antar negara yah Om.
Tambahan info, kalau dari Jakarta ke Pontianak, mobil bisa dikirim dr Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan kapal RoRo, durasi kurang 2hari dgn biaya 3,5-4jt.
Thanks jg share nya Om F272 jelajah Bromonya, sy juga pengen ke sana, belum pernah.. hehe
Monggo Om tambahan foto2nya:
jembatan Kapuas Pontianak
kraton kesultanan Qadriyah Pontianak
Border imigrasi Entikong-Tebedu Malaysia
museum minyak di Miri
Entering Brunei Darusalaam
Masjid Bandar Sri Begawan
Kuching city view
Sent from my iPhone using Tapatalk
Rasanya lebih keren daripada jalan ke Spore / Malaysia...
Btw, kalau mobilnya dikirim lalu kita nyusul pakai pesawat, trus disana ditungguin saat turun bisa gak ya ??
Ataukah kemudahan itu hanya untuk warga sekitar perbatasan saja ? atau berlaku buat semua mobil dari Indonesia ??
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Plat B bisa masuk kok Om, soalnya mobil kantor ane juga plat B pernah dipakai nyeberang. Yg penting STNK, SIM driver, passpor all penumpang dan surat kuasa (jika STNK bukan atas nama pemilik passpor driver) lengkap. Maka dilanjutkan isi form roadtax & asuransi di border imigrasi Entikong dan tempel stiker roadtax di kaca depan setelah bayar biayanya. CPD tidak ada om, mungkin itu khusus negeri Eropa kali yah..ginting wrote: oom mickstein, itu kalau mobil masuk ke Malaysia, plat B, surat lengkap, apakah perlu CPD (passport mobil, istilah oom NR) ??? atau cukup hanya surat standard saja ?? Kalau biaya cuma IDR 4 juta sih, gak mahal lah...tambah solar dan hotel, gaspol ... sudah sampai Kinabalu ...
Rasanya lebih keren daripada jalan ke Spore / Malaysia...
Btw, kalau mobilnya dikirim lalu kita nyusul pakai pesawat, trus disana ditungguin saat turun bisa gak ya ??
Ataukah kemudahan itu hanya untuk warga sekitar perbatasan saja ? atau berlaku buat semua mobil dari Indonesia ??
Nah kalau di border Entikong, kaca film juga musti bening, sekurang2nya 20%. Kalau gelap langsung disuruh lepas KFnya. [emoji24] so lebih baik jangan pakai KF yg mahal2 Om. Opsi lain bisa cari sewaan mobil yg bisa buat nyeberang, banyak juga tersedia di Pontianak. Umumnya Avanza & Innova. Atau kalau tdk ingin nyetir bisa naik bus antar negara, dr terminal Pontianak ke Kuching atau Brunei Darussalam. Dr Brunei nyambung lagi bus ke arah Kinabalu. Pulangnya bisa langsung pesawat Kinabalu-Jkt. Cmiiw.
Kirim mobil bisa dijemput di Pontianak, bisa ekspedisi (bisa cari langsung infonya di ekspedisi Tj Priok). Om nanti bisa ambil di kantor ekspedisi tsb dekat pelabuhan Pontianak. Sambil nunggu mobil tiba, bisa jalan2 dulu menikmati kehidupan warga melayu Pontianak di tepian sungai Kapuas yg ramah & suka ngobrol di warung kopi. [emoji16]
Kalau mobil2 warga Entikong malahan tdk perlu lagi bayar roadtax buat nyeberang, karena mereka sudah kenal baik dgn petugas2 imigrasi Malay, tiap hari bolak balik ke pasar Tebedu Serian-Kuching bawa komoditas belanja.
Demikian Om, smg membantu.
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Wah,..mantapppp penjelasannya...
Berarti warga perbatasan dimana mana sama saja ya..ada keistimewaan secara mereka sdh kayak kawan aja dgn petugas penjaga pintu border...
Sent from my K012 using Tapatalk
Berarti warga perbatasan dimana mana sama saja ya..ada keistimewaan secara mereka sdh kayak kawan aja dgn petugas penjaga pintu border...
Sent from my K012 using Tapatalk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Fri Apr 12, 2013 2:08
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
newbie ikutan share.. ngga tahu masuk road trip bukan ya.
Jakarta - Solo - Magelang - Solo - Jakarta
buat ane yang challenging itu waktu dari Solo ke Magelang (mau ke pesantren Gontor 6) berangkat dari Solo udah mau maghrib.. ngga tahu rute-nya full ikutin Google Maps, yah beneran pas gelap makin kecil dan gelap banget..
Ok lanjut ini yang challenging-nya, pas balik lewat jalan yang berbeda di Google Maps bilang lebih cepet 30 menit.. kita ikutin, dari aspal mulus sampe aspal ancur2-an di jalan cuma ketemu sesekali truk-truk pasir.. dan ndilalah tiba2 Google bilang turn right, kita ikutin dan jadilah ketemu jalan nanjak samping kiri kanan jurang dan gelap gulita ngga ada satupun rumah penduduk. Sampe jalan aspal abis, ban mendecit terus ngga dapat traksi (oiya waktu pake Hyundai Tucson).
nyerah.. akhirnya kita puter balik di jalan yang sempit itu, penumpang turun kita semua buat jadi "pembatas" biar tahu titik jurangnya dimana
akhirnya, kita kembali pada pepatah "malu bertanya sesat dijalan".. pegel ama Google Maps, Alhamdulillah ketemu orang juga (ngga yakin juga sih orang beneran apa bukan.. ) ketemu jalan yang normal lagi, liat jalan udah jam 00.15 dan sampe solo lagi.
Tapi ane ngerasain seger banget udara-nya.. beneran sueegerrrr.
oiya, kami rombongan 3 orang drilling engineers, 1 orang HR, 1 anak laki2 umur 9 tahun dan 1 anak wanita umur 6 tahun.
ane sebagai orang HR yang ngga pernah kelapangan, ngerasa emang pada "gila" ini orang2 drilling..
sampe sekarang kami ngga pernah tahu apa nama jalan itu.. cuma inget pas zoom out, kita berada di antara dua gunung Merapi dan Merbabu.
Kapok..? ngga sama sekali.. pengen lagi!! tapi sayangnya mobil di rumah sedan.. nunggu 3 orang "gila" itu ngajak lagi aja..
Jakarta - Solo - Magelang - Solo - Jakarta
buat ane yang challenging itu waktu dari Solo ke Magelang (mau ke pesantren Gontor 6) berangkat dari Solo udah mau maghrib.. ngga tahu rute-nya full ikutin Google Maps, yah beneran pas gelap makin kecil dan gelap banget..
Ok lanjut ini yang challenging-nya, pas balik lewat jalan yang berbeda di Google Maps bilang lebih cepet 30 menit.. kita ikutin, dari aspal mulus sampe aspal ancur2-an di jalan cuma ketemu sesekali truk-truk pasir.. dan ndilalah tiba2 Google bilang turn right, kita ikutin dan jadilah ketemu jalan nanjak samping kiri kanan jurang dan gelap gulita ngga ada satupun rumah penduduk. Sampe jalan aspal abis, ban mendecit terus ngga dapat traksi (oiya waktu pake Hyundai Tucson).
nyerah.. akhirnya kita puter balik di jalan yang sempit itu, penumpang turun kita semua buat jadi "pembatas" biar tahu titik jurangnya dimana
akhirnya, kita kembali pada pepatah "malu bertanya sesat dijalan".. pegel ama Google Maps, Alhamdulillah ketemu orang juga (ngga yakin juga sih orang beneran apa bukan.. ) ketemu jalan yang normal lagi, liat jalan udah jam 00.15 dan sampe solo lagi.
Tapi ane ngerasain seger banget udara-nya.. beneran sueegerrrr.
oiya, kami rombongan 3 orang drilling engineers, 1 orang HR, 1 anak laki2 umur 9 tahun dan 1 anak wanita umur 6 tahun.
ane sebagai orang HR yang ngga pernah kelapangan, ngerasa emang pada "gila" ini orang2 drilling..
sampe sekarang kami ngga pernah tahu apa nama jalan itu.. cuma inget pas zoom out, kita berada di antara dua gunung Merapi dan Merbabu.
Kapok..? ngga sama sekali.. pengen lagi!! tapi sayangnya mobil di rumah sedan.. nunggu 3 orang "gila" itu ngajak lagi aja..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Kayaknya itu bernama KETEP PASS,..silahkan ketik di google mas....
-
- SM Specialist
- Posts: 4726
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Saya pernah lalui jalan itu.. jam 12 malam dari Magelang.. sampai Solo jam 2 pagi...bapakesyamil wrote: -- cut --
sampe sekarang kami ngga pernah tahu apa nama jalan itu.. cuma inget pas zoom out, kita berada di antara dua gunung Merapi dan Merbabu.
Kapok..? ngga sama sekali.. pengen lagi!! tapi sayangnya mobil di rumah sedan.. nunggu 3 orang "gila" itu ngajak lagi aja..
Saya juga sama..ikutin Google Maps.. dan itu termasuk jalur Abu2... tidak disarankan, tapi saya lihat memang lebih dekat..
ginting wrote:Kayaknya itu bernama KETEP PASS,..silahkan ketik di google mas....
Betul itu Ketep Pas.. Kalo naik nya dari Arah sebelah Solo / Boyolali emang enak.. MULUS...
Tapi beda cerita kalo naik dari sisi Magelang hehehe...sperti diceritakan oleh bapakesyamil di atas.. Lumayan syerem kalo malem
Kebeneran saya sih ga gitu malem..cuma ..TENGAH MALAM aja disitu.. wkwkwk.. Sebuah pengalaman Seru mencapai kota Solo
Ini capture Google Map malam itu... Saya mulai bergerak dari Magelang jam 12 Malam..
sekitar 20 menit jalan dari Kota Magelang akan ketemu petunjuk ini :
Ini Capture saa saya persis berada diantara 2 Gunung ... Kondisi habis hujan deras.. Jalanan terdapat banyak kubangan lumpur
Kalo saja saya engga pake Ban MT saya rasanya engga berani turun masuk ke kubangan2 itu... Sayang engga sempat di foto2 dan video.. karena saya engga berani buka kaca.. maklum hutan lebat..gelaaaaaappp sekali, dan trek nya cukup mantap buat orang yang baru pertama kami ke situ... sama om Saya juga agak2 ngeri..,karena enga ada mobil / orang 1 pun ditemui..
Ini saat mulai memasuki Kota Solo... waktu sudah menunjukkan Jam.. 2 pagi..
Akhirnya tiba di Lobby Hotel ASTON Solo...
Dan segera cari parkir untuk si VNT F272 ..untuk istirahat... setelah melalui rute menakjubkan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Kalo daerah yg diantara Merbabu-Merapi itu namanya Selo.F 272 wrote:Saya pernah lalui jalan itu.. jam 12 malam dari Magelang.. sampai Solo jam 2 pagi...bapakesyamil wrote: -- cut --
sampe sekarang kami ngga pernah tahu apa nama jalan itu.. cuma inget pas zoom out, kita berada di antara dua gunung Merapi dan Merbabu.
Kapok..? ngga sama sekali.. pengen lagi!! tapi sayangnya mobil di rumah sedan.. nunggu 3 orang "gila" itu ngajak lagi aja..
Saya juga sama..ikutin Google Maps.. dan itu termasuk jalur Abu2... tidak disarankan, tapi saya lihat memang lebih dekat..
ginting wrote:Kayaknya itu bernama KETEP PASS,..silahkan ketik di google mas....
Betul itu Ketep Pas.. Kalo naik nya dari Arah sebelah Solo / Boyolali emang enak.. MULUS...
Tapi beda cerita kalo naik dari sisi Magelang hehehe...sperti diceritakan oleh bapakesyamil di atas.. Lumayan syerem kalo malem
Kebeneran saya sih ga gitu malem..cuma ..TENGAH MALAM aja disitu.. wkwkwk.. Sebuah pengalaman Seru mencapai kota Solo
Ini capture Google Map malam itu... Saya mulai bergerak dari Magelang jam 12 Malam..
sekitar 20 menit jalan dari Kota Magelang akan ketemu petunjuk ini :
Ini Capture saa saya persis berada diantara 2 Gunung ... Kondisi habis hujan deras.. Jalanan terdapat banyak kubangan lumpur
Kalo saja saya engga pake Ban MT saya rasanya engga berani turun masuk ke kubangan2 itu... Sayang engga sempat di foto2 dan video.. karena saya engga berani buka kaca.. maklum hutan lebat..gelaaaaaappp sekali, dan trek nya cukup mantap buat orang yang baru pertama kami ke situ... sama om Saya juga agak2 ngeri..,karena enga ada mobil / orang 1 pun ditemui..
Ini saat mulai memasuki Kota Solo... waktu sudah menunjukkan Jam.. 2 pagi..
Akhirnya tiba di Lobby Hotel ASTON Solo...
Dan segera cari parkir untuk si VNT F272 ..untuk istirahat... setelah melalui rute menakjubkan...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Fri Feb 05, 2016 2:18
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Wahh ketep pass ya .. lewat kampung sy itu.. emang lbh cepet tp jalur nya naik turun n kalo malam kabutnya lumayan.. lwt tempat kalo mau ndaki merapi atau merbabu yg lewat SELO dr magelang - Blabak belok kiri sawangan ketep pass wonolelo selo dst.. sering lwt situ dr pake motor supercup,duo avxen .. skg pake diesel lbh enteng lg.. pernah coba pake karimun estilo n picanto agak maksa mesinnya, sampe ketep pas balik lg..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Oe pengen banget road trip begini lintas kota lintas pulau..
Idealnya butuh mobil AWD / 4WD ya biar aman & nyaman?
Pengen deh cari cewe yg suka nyupir.. Biar bisa jalan2 bareng..
Idealnya butuh mobil AWD / 4WD ya biar aman & nyaman?
Pengen deh cari cewe yg suka nyupir.. Biar bisa jalan2 bareng..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: RE: Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Roadtrip itu bukan musti 4wd atau AWD..geofreyap wrote:Oe pengen banget road trip begini lintas kota lintas pulau..
Idealnya butuh mobil AWD / 4WD ya biar aman & nyaman?
Pengen deh cari cewe yg suka nyupir.. Biar bisa jalan2 bareng..
Tapi tekad, semangat, passion..
Mobil standard juga bisa...tapi khusus utk Indo yg jalan aspalnya banya yg belum SNI, sebaiknya mobil GC tinggi, biar gak eman eman..
Sent from my K012 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Ikutan share ya om. Rute liburan weekend kemarin dari Surabaya ke Kawah Ijen, Banyuwangi. Road trip pendek ini saya pergi berdua saja bersama istri, kebetulan belum rezeki dikaruniai anak oleh Allah. Perjalanan ini kami menaiki mobil kami Chevrolet Captiva FL2 MY2014. Secara eksterior sudah sama dengan MY2015. Mesin pun sudah GM Z 2.0 dengan torsi 400 NM dan power 163 hp. Tapi punya saya blom dilengkapi dengan traction control dan hill assist. Tapi gpp karena waktu itu mobil ini kami tebus baru dengan harga paling murah dari kompetitor, cuma 340 juta. Saya full driver pergi pulang karena istri memang tidak bisa menyetir mobil.
Dari Surabaya sebenarnya telat dari rencana jam 12,ternyata baru berangkat jam 2.30 dini hari. Sebelum jalan saya isi solar dulu 150 ribu karena indikator solar menunjuk di atas 1/4. Tidak cukup sampai penuh sih. Karena dini hari saya pikir ga perlu lewat tol. Jalan ahmad yani menuju jalan raya Waru-Sidoarjo-Porong-Japanan-Bangil-Pasuruan kami lewati dengan lancar. Jalan sedikit bergelombang di jalan raya Porong tapi suspensi Captiva yang full independen baik di depan (mcpherson) maupun belakang (multilink) mampu meredam gelombang aspal dengan baik di kecepatan 80 - 100 km/ jam. Suspensinya memang agak keras kalo dipake pelan, tapi cukup nyaman di kecepatan tinggi. Tidak ada tanda ayunan balik (rebound) ketika ban menghantam gelombang aspal. Hanya sedikit kejutan ringan.
Seperti diesel common rail modern sekarang suaranya cukup senyap di kecepatan tinggi, kalah keras dengan siulan turbo maupun road noise ban maxxis yang memang dari sononya berisik.
Jalan yg agak jelek ada di depan Pasar Besar Pasuruan, dekat perempatan menuju alun2 Pasuruan sebelum jembatan. Tiba2 lubang besar dan dalam ( mungkin 15 - 20 cm), baru terlihat jarak 4 mobil. Sontak saya rem mendadak dari kecepatan 80 hingga di bawah 40. BA dan ABS terasa bekerja,tapi bunyi ban terpeleset menandakan traksi ban kalah dengan cengkraman rem standar. Dengan insting tepat sesaat sebelum melwati lubang saya lepas pedal rem untuk meringankan beban suspensi depan. Alhamdulillah lubang terlewati. Istri yg lagi ketiduran langsung kaget dan bangun trus ingetin saya jangan ngebut. Entah kalo saya gagal mengerem minmal ban benjol samping kalo ga pecah dan velg penyang (pengalaman jazz ge8 dan yaris pake BS potenza/ turanza).
Kami lanjut hingga akhirnya saya stop sebentar di Probolinggo jam 5 untuk istirahat mata dan shalat subuh. Jam 6 saya lanjut lagi.., sebelum Paiton ada indomaret saya berhenti sebentar, ngopi dan seduh mie instan.kami lanjut lagi hingga melwati besuki, lalu belok kanan menuju bondowoso.
Jalan naik menuju Bondowoso berkesan sekali, mulus tapi berkelok2. Jalannya sempit dan berkelok2 di hutan 5 km pertama, namun selanjutnya lebih lebar dan mulus.
Lalu saya melihat plang 'Air Terjun Tancak Kembar'. Saya berbelok dari jalan utama. Ternyata jalannya berubah jadi jalan desa dan sempit. Setelah setengah jam tidak sampai2 juga ke lokasi,kami putuskan untuk putar balik dan lanjut ke Bondowoso.
Kami tiba di Bondowoso jam 9, Refill solar 100 ribu karena jarum solar mepet tipis di atas setengah. Trus kami sarapan murah meriah di samping pom. Mie pedas, siomay goreng, dan es jeruk cukup ditebus 30 ribuan ber 2. Setelah jam 10 kami lanjut ke jalur perkebunan milik PTPN XII.
Perkebunan ini dibagi 2, Sempol dan Blawan. Tiba di pos masuk Sempol kami harus turun dan isi buku tamu. Mobil diparkir menghadap ke pemandangan lembah yang sangat indah. Di deket pos juga ada toilet dan warkop permanen yang apik.
Kami lanjut ke Catimor homestay, yang terletak di belakang gudang pengeringan PTPN XII di desa Blawan. Masuk dari jalan raya sekitar 15 menit, menuruni lembah. Kami tiba jam 12. Pabrik dan homestay ini sudah berdiri dari jaman Belanda, tahun 1895.
Menginap di sini murah banget, 240 ribu sudah dengan air panas. Tidak perlu AC karena memang udara sudah dingin. Ada kolam renang dan jacuzzi air panas di depan kamar. Dan dapat sarapan nasi goreng telur sederhana.
Kami istirahat hingga jam 3, terus lanjut cari makan siang di desa Sempol. Di perkebunan hanya di sini berjejer warung permanen, depan puskesmas Sempol. Rawon 20 ribu dan soto 20 ribu pesanan kami santap dengan lahap.
Jam 4 kami mencoba jalan Paltuding yang merupakan pos pendakian Ijen, melewati jalur ke kawah Wurung. Kami sudah pernah ke kawah Wurung, naik Sedona milik Bapak sekeluarga, ga sengaja lewat jalur belakang sehingga ga bayar hihihi.
Butuh setengah jam melwati jalan raya ke Paltuding, yang lebih mirip jalan tembusan dari pada jalan raya, soalnya jalannya milik pemerintah Bondowoso. Jalan milik PTPN habis di pos keluar Blawan. Jalannya mulus tapi sempit banget. Kalo ada mobil papasan salah satu harus berhenti. Bahkan ada 2 titik sisa longsor yang tidak dibersihkan tuntas. Hanya bisa dilewati 1 mobil bergantian.
Di Paltuding tidak ada tempat menginap. Ada homestay tapi tidak buka, tapi ada kamar milik pemilik warung deket situ, rp. 200 ribu. Tentu kami lebih pilih di homestay. Banyak juga yang mendirikan tenda di lapangan dekat pos masuk. Di skitar situ juga banyak warung.
Kami kembali ke hotel dan istirahat untuk persiapan mendaki jam 1 malam.
Kami meninggalkan hotel jam 00.30 malam, dan keadaan sudah rame di parkiran. Kami putuskan untuk memakai jasa guide yg sudah menunggu kami di luar mobil. Sebelumnya saya sudah konsultasi dengan pegawai hotel, jasa guide 150 ribu. Namanya bpk Farel. Orangnya baik, dia bahkan membawakan HEPA masker extra merk 3M, saya cuma punya 1. Dia bilang masker biasa kurang kalo gas belerangnya tebal. Di atas ada persewaan masker, tapi katanya kurang bagus. Informasi yang tepat.
Sebelum masuk kita beli tiket dulu, rp. 7500 per orang untuk weekend dan mobil rp 10.000. Untuk orang asing lebih mahal, rp. 300.000.
Perjalanan mendaki lumayan berat buat kami yang amatiran. Kami masuk pukul 1.30. Pendakian menempuh 3 km dengan jalan kaki menuju bibir kawah. Ada jasa trolly kalau tidak kuat mendaki, tapi ongkosnya mahal, rp 600.000 per orang. Jalannya makadam dengan kemiringan 15 hingga 30 derajat.
Istri saya akhirnya menyerah saat sudah mencapai 1 km. Saya minta guide kami carikan trolly untuk turun. Saya sebenarnya mau ikut turun tapi istri saya bilang udah lanjutin saja. Eman sudah capek2 ke Ijen tapi ga sampai kawah. Akhirnya saya pun lanjut bersama guide. Oh ya, kalo turun trollynya murah.., kalo ga salah rp. 200 ribu. Karena istri saya turun ga dari atas, dia minta rp. 100 ribu saja, kami tawar dan deal di rp 75 ribu.
Saya berusaha minimalisir waktu istirahat demi berburu blue fire. Di km 2 ada warung di pos bekas Belanda, Pos Bunder. Banyak wisatawan yang ngaso dan persewaan masker di sini. Saya tetap lanjut. Saya hanya istirahat 2 kali sejak istri saya turun. Seteguk Pocari Sw**t juga bantu minimalisir waktu istirahat, ditutup dengan air mineral untuk hilangkan rasa lengket. Saya juga istirahat dengan selonjorkan kaki di tanah agar tidak kram.
500 meter terakhir jalur sudah mulai datar. Saya istirahat sejenak, waktu sudah pukul 2.45. Tiba tiba aroma belerang tercium disertai kabut tipis. Seperti bau kaporit tapi lebih tajam. Segera saya dan guide pakai masker, disertai memakai hoodie jacket.
Pukul 3 lebih kami sampai di bibir kawah. Saya bilang ke guide ayo segera ke lokasi blue fire. Berbeda dengan rute naik yang cukup aman, rute turun kawah adalah bebatuan licin dan tebing terjal. Sebagian telah berbentuk anak tangga seadanya. Si guide dengan cekatan menunjukan step2 yang aman dilalui, saya yang berusaha menguatkan nyali berhati2 agar tidak terpeleset.apalagi BB saya lebih berat. Ga ada pengalaman hiking, saya akhirnya paham agar tidak terpeleset sebaiknya gunakan ujung jari2 kaki dan tapak kaki depan (ball of foot bhs inggrisnya, indonesianya apa ya?) sebagai tumpuan berat badan. Gunakan seakan2 hendak mencengkram tanah. Kalo pake tumit buat tumpuan hampir pasti terpeleset. Saya merasa sewa guide kalau belum pengalaman adalah keputusan tepat.
Butuh waktu setengah jam untuk sampai dasar. Tapi memang worth the effort. Terlihat api biru di balik kepulan asap belerang. Di sinilah para penambang mencungkil bongkahan endapan belerang dari pipa gas belerang. Cuma ada 1 linggis dekat situ. Mereka memikul 60 kg hingga 100 kg ke bibir kawah, untuk selanjutnya dibawa pakai troli turun. Saya pun berpuas diri mengambil foto bersama wisatawan lain.
Pukul 4.10 tiba2 gas belerang menghempas ke arah saya dan para wisatawan. Kami pun berhamburan dan segera memakai masker. Terasa tenggorokan gatal, hidung langsung penuh air, dan mata perih seperti kena gas air mata. Saya putuskan untuk kembali naik. Kembali menaiki kawah terasa lebih berat karena kaki sakit mengirit istirahat saat naik. Blom lagi gas belerang yang menusuk, tapi pengap bila memakai masker. Atas anjuran guide, mata dicuci dengan air, buang air di hidung tapi jangan sampai menghirup belerang.
Saya butuh istirahat 2 kali hingga gas belerang menipis dan aman untuk lepas masker. Saya sempatkan ambil foto dari atas dan matahari telah terbit jam 4.30. Blue fire tidak akan terlihat bila matahari telah terbit. Terlihat kekecewaan beberapa wisatawan yang telat melihat blue fire. Bahkan ada yang tanya seperti apa blue fire di bawah sana.
Pukul 4.45 saya tiba di bibir kawah. Saya sempatkan ambil beberapa foto pemandangan. Pukul 05.00 saya segerakan turun gunung, mengingat istri saya tinggal di mobil. Pukul 06.00 kami pun tiba di bawah.
Kami check out dari homestay jam 11.30. Sebelum pulang, kami sempatkan foto di taman hotel yang apik, dan air terjun kecil di depan pabrik pengeringan kopi Blawan.
jarak total pulang pergi sekitar 500 km, dan BBM biosolar 250 ribu rupiah.
Dari Surabaya sebenarnya telat dari rencana jam 12,ternyata baru berangkat jam 2.30 dini hari. Sebelum jalan saya isi solar dulu 150 ribu karena indikator solar menunjuk di atas 1/4. Tidak cukup sampai penuh sih. Karena dini hari saya pikir ga perlu lewat tol. Jalan ahmad yani menuju jalan raya Waru-Sidoarjo-Porong-Japanan-Bangil-Pasuruan kami lewati dengan lancar. Jalan sedikit bergelombang di jalan raya Porong tapi suspensi Captiva yang full independen baik di depan (mcpherson) maupun belakang (multilink) mampu meredam gelombang aspal dengan baik di kecepatan 80 - 100 km/ jam. Suspensinya memang agak keras kalo dipake pelan, tapi cukup nyaman di kecepatan tinggi. Tidak ada tanda ayunan balik (rebound) ketika ban menghantam gelombang aspal. Hanya sedikit kejutan ringan.
Seperti diesel common rail modern sekarang suaranya cukup senyap di kecepatan tinggi, kalah keras dengan siulan turbo maupun road noise ban maxxis yang memang dari sononya berisik.
Jalan yg agak jelek ada di depan Pasar Besar Pasuruan, dekat perempatan menuju alun2 Pasuruan sebelum jembatan. Tiba2 lubang besar dan dalam ( mungkin 15 - 20 cm), baru terlihat jarak 4 mobil. Sontak saya rem mendadak dari kecepatan 80 hingga di bawah 40. BA dan ABS terasa bekerja,tapi bunyi ban terpeleset menandakan traksi ban kalah dengan cengkraman rem standar. Dengan insting tepat sesaat sebelum melwati lubang saya lepas pedal rem untuk meringankan beban suspensi depan. Alhamdulillah lubang terlewati. Istri yg lagi ketiduran langsung kaget dan bangun trus ingetin saya jangan ngebut. Entah kalo saya gagal mengerem minmal ban benjol samping kalo ga pecah dan velg penyang (pengalaman jazz ge8 dan yaris pake BS potenza/ turanza).
Kami lanjut hingga akhirnya saya stop sebentar di Probolinggo jam 5 untuk istirahat mata dan shalat subuh. Jam 6 saya lanjut lagi.., sebelum Paiton ada indomaret saya berhenti sebentar, ngopi dan seduh mie instan.kami lanjut lagi hingga melwati besuki, lalu belok kanan menuju bondowoso.
Jalan naik menuju Bondowoso berkesan sekali, mulus tapi berkelok2. Jalannya sempit dan berkelok2 di hutan 5 km pertama, namun selanjutnya lebih lebar dan mulus.
Lalu saya melihat plang 'Air Terjun Tancak Kembar'. Saya berbelok dari jalan utama. Ternyata jalannya berubah jadi jalan desa dan sempit. Setelah setengah jam tidak sampai2 juga ke lokasi,kami putuskan untuk putar balik dan lanjut ke Bondowoso.
Kami tiba di Bondowoso jam 9, Refill solar 100 ribu karena jarum solar mepet tipis di atas setengah. Trus kami sarapan murah meriah di samping pom. Mie pedas, siomay goreng, dan es jeruk cukup ditebus 30 ribuan ber 2. Setelah jam 10 kami lanjut ke jalur perkebunan milik PTPN XII.
Perkebunan ini dibagi 2, Sempol dan Blawan. Tiba di pos masuk Sempol kami harus turun dan isi buku tamu. Mobil diparkir menghadap ke pemandangan lembah yang sangat indah. Di deket pos juga ada toilet dan warkop permanen yang apik.
Kami lanjut ke Catimor homestay, yang terletak di belakang gudang pengeringan PTPN XII di desa Blawan. Masuk dari jalan raya sekitar 15 menit, menuruni lembah. Kami tiba jam 12. Pabrik dan homestay ini sudah berdiri dari jaman Belanda, tahun 1895.
Menginap di sini murah banget, 240 ribu sudah dengan air panas. Tidak perlu AC karena memang udara sudah dingin. Ada kolam renang dan jacuzzi air panas di depan kamar. Dan dapat sarapan nasi goreng telur sederhana.
Kami istirahat hingga jam 3, terus lanjut cari makan siang di desa Sempol. Di perkebunan hanya di sini berjejer warung permanen, depan puskesmas Sempol. Rawon 20 ribu dan soto 20 ribu pesanan kami santap dengan lahap.
Jam 4 kami mencoba jalan Paltuding yang merupakan pos pendakian Ijen, melewati jalur ke kawah Wurung. Kami sudah pernah ke kawah Wurung, naik Sedona milik Bapak sekeluarga, ga sengaja lewat jalur belakang sehingga ga bayar hihihi.
Butuh setengah jam melwati jalan raya ke Paltuding, yang lebih mirip jalan tembusan dari pada jalan raya, soalnya jalannya milik pemerintah Bondowoso. Jalan milik PTPN habis di pos keluar Blawan. Jalannya mulus tapi sempit banget. Kalo ada mobil papasan salah satu harus berhenti. Bahkan ada 2 titik sisa longsor yang tidak dibersihkan tuntas. Hanya bisa dilewati 1 mobil bergantian.
Di Paltuding tidak ada tempat menginap. Ada homestay tapi tidak buka, tapi ada kamar milik pemilik warung deket situ, rp. 200 ribu. Tentu kami lebih pilih di homestay. Banyak juga yang mendirikan tenda di lapangan dekat pos masuk. Di skitar situ juga banyak warung.
Kami kembali ke hotel dan istirahat untuk persiapan mendaki jam 1 malam.
Kami meninggalkan hotel jam 00.30 malam, dan keadaan sudah rame di parkiran. Kami putuskan untuk memakai jasa guide yg sudah menunggu kami di luar mobil. Sebelumnya saya sudah konsultasi dengan pegawai hotel, jasa guide 150 ribu. Namanya bpk Farel. Orangnya baik, dia bahkan membawakan HEPA masker extra merk 3M, saya cuma punya 1. Dia bilang masker biasa kurang kalo gas belerangnya tebal. Di atas ada persewaan masker, tapi katanya kurang bagus. Informasi yang tepat.
Sebelum masuk kita beli tiket dulu, rp. 7500 per orang untuk weekend dan mobil rp 10.000. Untuk orang asing lebih mahal, rp. 300.000.
Perjalanan mendaki lumayan berat buat kami yang amatiran. Kami masuk pukul 1.30. Pendakian menempuh 3 km dengan jalan kaki menuju bibir kawah. Ada jasa trolly kalau tidak kuat mendaki, tapi ongkosnya mahal, rp 600.000 per orang. Jalannya makadam dengan kemiringan 15 hingga 30 derajat.
Istri saya akhirnya menyerah saat sudah mencapai 1 km. Saya minta guide kami carikan trolly untuk turun. Saya sebenarnya mau ikut turun tapi istri saya bilang udah lanjutin saja. Eman sudah capek2 ke Ijen tapi ga sampai kawah. Akhirnya saya pun lanjut bersama guide. Oh ya, kalo turun trollynya murah.., kalo ga salah rp. 200 ribu. Karena istri saya turun ga dari atas, dia minta rp. 100 ribu saja, kami tawar dan deal di rp 75 ribu.
Saya berusaha minimalisir waktu istirahat demi berburu blue fire. Di km 2 ada warung di pos bekas Belanda, Pos Bunder. Banyak wisatawan yang ngaso dan persewaan masker di sini. Saya tetap lanjut. Saya hanya istirahat 2 kali sejak istri saya turun. Seteguk Pocari Sw**t juga bantu minimalisir waktu istirahat, ditutup dengan air mineral untuk hilangkan rasa lengket. Saya juga istirahat dengan selonjorkan kaki di tanah agar tidak kram.
500 meter terakhir jalur sudah mulai datar. Saya istirahat sejenak, waktu sudah pukul 2.45. Tiba tiba aroma belerang tercium disertai kabut tipis. Seperti bau kaporit tapi lebih tajam. Segera saya dan guide pakai masker, disertai memakai hoodie jacket.
Pukul 3 lebih kami sampai di bibir kawah. Saya bilang ke guide ayo segera ke lokasi blue fire. Berbeda dengan rute naik yang cukup aman, rute turun kawah adalah bebatuan licin dan tebing terjal. Sebagian telah berbentuk anak tangga seadanya. Si guide dengan cekatan menunjukan step2 yang aman dilalui, saya yang berusaha menguatkan nyali berhati2 agar tidak terpeleset.apalagi BB saya lebih berat. Ga ada pengalaman hiking, saya akhirnya paham agar tidak terpeleset sebaiknya gunakan ujung jari2 kaki dan tapak kaki depan (ball of foot bhs inggrisnya, indonesianya apa ya?) sebagai tumpuan berat badan. Gunakan seakan2 hendak mencengkram tanah. Kalo pake tumit buat tumpuan hampir pasti terpeleset. Saya merasa sewa guide kalau belum pengalaman adalah keputusan tepat.
Butuh waktu setengah jam untuk sampai dasar. Tapi memang worth the effort. Terlihat api biru di balik kepulan asap belerang. Di sinilah para penambang mencungkil bongkahan endapan belerang dari pipa gas belerang. Cuma ada 1 linggis dekat situ. Mereka memikul 60 kg hingga 100 kg ke bibir kawah, untuk selanjutnya dibawa pakai troli turun. Saya pun berpuas diri mengambil foto bersama wisatawan lain.
Pukul 4.10 tiba2 gas belerang menghempas ke arah saya dan para wisatawan. Kami pun berhamburan dan segera memakai masker. Terasa tenggorokan gatal, hidung langsung penuh air, dan mata perih seperti kena gas air mata. Saya putuskan untuk kembali naik. Kembali menaiki kawah terasa lebih berat karena kaki sakit mengirit istirahat saat naik. Blom lagi gas belerang yang menusuk, tapi pengap bila memakai masker. Atas anjuran guide, mata dicuci dengan air, buang air di hidung tapi jangan sampai menghirup belerang.
Saya butuh istirahat 2 kali hingga gas belerang menipis dan aman untuk lepas masker. Saya sempatkan ambil foto dari atas dan matahari telah terbit jam 4.30. Blue fire tidak akan terlihat bila matahari telah terbit. Terlihat kekecewaan beberapa wisatawan yang telat melihat blue fire. Bahkan ada yang tanya seperti apa blue fire di bawah sana.
Pukul 4.45 saya tiba di bibir kawah. Saya sempatkan ambil beberapa foto pemandangan. Pukul 05.00 saya segerakan turun gunung, mengingat istri saya tinggal di mobil. Pukul 06.00 kami pun tiba di bawah.
Kami check out dari homestay jam 11.30. Sebelum pulang, kami sempatkan foto di taman hotel yang apik, dan air terjun kecil di depan pabrik pengeringan kopi Blawan.
jarak total pulang pergi sekitar 500 km, dan BBM biosolar 250 ribu rupiah.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Wuidihhh, mantap oom.,.serasa ikut adventure itu,...keep posting, oom...good job..
Sent from my K012 using Tapatalk
Sent from my K012 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: RE: Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Thanks om Ginting.. di sana banyak banget bule.. sayang kalo wisata alam kita lebih disukai bule daripada kita sendiri.ginting wrote:Wuidihhh, mantap oom.,.serasa ikut adventure itu,...keep posting, oom...good job..
Sent from my K012 using Tapatalk
Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Feb 29, 2016 10:26
Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Ajib nih...
Sekedar saran, utk trit2 yg berbau road trip mending digabung menjadi satu. Trus dibuat index utk setiap postingan road tripnya, bisa jadi referensi maupun racun bagi yg mau nyicip road trip.
Kontribusi postingan/catatan perjalanan (catper) bisa jadi hiburan tersendiri bagi rekan SM disini. Jadi semakin variatif nih SM, makin sip!
Salam.
Sent from my Lenovo A7000-a using Seraya Motor mobile app
Sekedar saran, utk trit2 yg berbau road trip mending digabung menjadi satu. Trus dibuat index utk setiap postingan road tripnya, bisa jadi referensi maupun racun bagi yg mau nyicip road trip.
Kontribusi postingan/catatan perjalanan (catper) bisa jadi hiburan tersendiri bagi rekan SM disini. Jadi semakin variatif nih SM, makin sip!
Salam.
Sent from my Lenovo A7000-a using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: RE: Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Saking seringe ketemu bule, konon ada pekerja pemanggul belerang yang bisa fasih bahasa asing (pernah baca dikoran)silentIm2 wrote:Thanks om Ginting.. di sana banyak banget bule.. sayang kalo wisata alam kita lebih disukai bule daripada kita sendiri.ginting wrote:Wuidihhh, mantap oom.,.serasa ikut adventure itu,...keep posting, oom...good job..
Sent from my K012 using Tapatalk
Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: RE: Re: Jelajah Pulau pake mobil yuukk... !
Ya betul sih..ginting wrote:Roadtrip itu bukan musti 4wd atau AWD..geofreyap wrote:Oe pengen banget road trip begini lintas kota lintas pulau..
Idealnya butuh mobil AWD / 4WD ya biar aman & nyaman?
Pengen deh cari cewe yg suka nyupir.. Biar bisa jalan2 bareng..
Tapi tekad, semangat, passion..
Mobil standard juga bisa...tapi khusus utk Indo yg jalan aspalnya banya yg belum SNI, sebaiknya mobil GC tinggi, biar gak eman eman..
Sent from my K012 using Tapatalk
Tapi sepertinya dari hasil share teman2 disini requirement mobil yg capable penting juga.. Hehehehe..
Sayang subaru udah tiada..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id