Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by b8099ok »

Moonshade wrote:
ginting wrote: oom, mau Tanya,..koq luginar gak muncul...
dari tadi sudah dipanggil, gak nongol nongol nich..
walah, mungkin asap dari bakar menyan nya kurang banyak.
Boleh dicoba panggil B8099OK, beliau adalah saudara nya om lunginar
b8099ok wrote: summon
luginar wrote: summon
Eh ada munsed,... Gimana dokar lendirnya? Uda dpt brp alay yg digiles? :big_love:

Sudah saatnya launch apanjah pilus 1kd 4 spid awd,... No safety gimick needed :big_smoking:
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
Maruti
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Oct 02, 2016 17:16

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by Maruti »

Sampai sekarang sepertinya belum ada solusi yg efektif dari TAM, kalau mengambang seperti ini bisa2 lupa tuh ada masalah kaya gini.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by sandal »

Turut prihatin aja deh.....
Lama2 makin ga respect sama brand ini, petingginya kek gitu, kualitas kaya gitu, ngelesnya kek gitu :frm_bang_head:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: RE: Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by ginting »

POS VETT wrote:Gejala seperti itu bukan berarti cacat, saya setuju dengan pihak TAM, itu normal. Semua mobil dengan transmisi otomatik seperti itu kelakuannya kalau parking pawl dibebani. Kalau tidak mau jedug, waktu parkir prosedurnya seperti ini: injak pedal rem, tuas masuk N, tarik rem parkir, lepas pedal rem, tunggu 1-2 detik, dan terakhir tuas masuk ke P. Waktu mau jalan lagi, prosedurnya seperti ini: injak pedal rem, dari P tuas masuk ke R atau D, lepas rem parkir, lepas pedal rem.

Dengan prosedur seperti ini, parking pawl tidak dibebani. Gw sendiri paling anti kalau parking pawl dibebani karena ada kasusnya parking pawl ini patah (tidak cuma Toyota, tapi umum di merk2 lain karena desain transmisi otomatik prinsipnya sama). Prosedur2 ini gw praktekan di mobil2/pikap2 yang gw setir.

Tolong deh, jangan ikut2an salah kaprah.
nuelgs wrote:
POS VETT wrote:Gejala seperti itu bukan berarti cacat, saya setuju dengan pihak TAM, itu normal. Semua mobil dengan transmisi otomatik seperti itu kelakuannya kalau parking pawl dibebani. Kalau tidak mau jedug, waktu parkir prosedurnya seperti ini: injak pedal rem, tuas masuk N, tarik rem parkir, lepas pedal rem, tunggu 1-2 detik, dan terakhir tuas masuk ke P. Waktu mau jalan lagi, prosedurnya seperti ini: injak pedal rem, dari P tuas masuk ke R atau D, lepas rem parkir, lepas pedal rem.

Dengan prosedur seperti ini, parking pawl tidak dibebani. Gw sendiri paling anti kalau parking pawl dibebani karena ada kasusnya parking pawl ini patah (tidak cuma Toyota, tapi umum di merk2 lain karena desain transmisi otomatik prinsipnya sama). Prosedur2 ini gw praktekan di mobil2/pikap2 yang gw setir.

Tolong deh, jangan ikut2an salah kaprah.
Setuju nih,di e46 saya juga jeduk kalo posisi parkir di bidang miring kebetulan carport rumah bidang miring.
Awalnya juga kaget secara ini mobil matic pertama dikira ada masalah transmisinya,tanya di grup ternyata normal karena pin dibebani.
Saya sekarang kalau parkir selalu masukin N lalu tarik rem tangan baru ke P alhasil bunyi jeduk hilang.
Halo oom Pos Vett,

Ini agak anehbgejalanya.
Kalo kasus di oom F272, kalo parkir nanjak maka kalo dari P langsung ke R, dia keras dan spt ada bunyi metal beradu.
Tapi kalo dari P mampir dulu di N (padahal urutab gate shift P R N D) baru balik ke R...dia tidak jedug...
Makanya si Cibul pernah bilang harusnya gate shiftnya dibuat P N R D ( supaya singgah singgah mampir gak bolak balik).

Mungkin oom F272 bisa cut video yg itu, ambil yg khusus nyorot ke versneeleng...biar wajah tuan besar yg di samping gak ikut kesorot.

Nah. Lalu issue njedug atau njut njutan sambil jalan di user lain.

Lalu ada juga putu turbo.

Lalu issue gas nyangkut.

Sebagai user yg pengalaman tentunya kita tau bedanya koq.

Ipah GNKI bensin matic saya juga kalo parkir di garasi, elevasi hampir 50 cm lebih tinggi dari jalan, dan ada miring landai...

Kalau saya parkir langsung tanpa tarik rem tangan , tuas langsung masuk P, pasti besok pagi pas mau jalan tuas gear pasti keras. Kayak kekunci,...mau ke N kek, mau ke R kek, sama saja,..karena keluar aja dari P udah ngunci,. It wouldn't let it go...

Beda sama kasus oom F272,..kan ??
P_20160821_164849_HDR.jpg
Itu garasi saya












Sent from my K012 using Tapatalk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by madcat015 »

I am proud to be a Mazda owner... :ngacir:

No problemo for many years, kecuali CX-7 yg peminum berat... :ngacir:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. :big_cat:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7386
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by newrubble »

omongan jelek biasanya lbh cepat tersebar

sy mau liat sales volume dua lineups ini tiap bulan urun terus very sharp

n sy mau liat ada lcgc-joni darmawan kedua

n sy mau liat apakah astra kirim solution ..... atau deploy legal team
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7386
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by newrubble »

madcat015 wrote:...........................

kecuali CX-7 yg peminum berat... :ngacir:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
peminum berat itukan ibarat anak bandel ..... tapi kalo dia sampe success bikin anak ..... bisa bisa (spt dua lineups tyt ini)

lahir .... achterlijk
nah skrg pertanyaan sy u para tki yg masih blm brangkat n masih di indo

siapa yg mau jadi babysyit-er(s) bayi bayi achterlijk? yg suka jeduk jedukin diri sendiri

yg kluarganya bilang ....... itu normal?
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by MarYuko »

Image

pake manual aja om, kalo dirampok ya gini, prampok nya kbingungan sendiri wkwk


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: RE: Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by madcat015 »

newrubble wrote:
madcat015 wrote:...........................

kecuali CX-7 yg peminum berat... :ngacir:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
peminum berat itukan ibarat anak bandel ..... tapi kalo dia sampe success bikin anak ..... bisa bisa (spt dua lineups tyt ini)

lahir .... achterlijk
nah skrg pertanyaan sy u para tki yg masih blm brangkat n masih di indo

siapa yg mau jadi babysyit-er(s) bayi bayi achterlijk? yg suka jeduk jedukin diri sendiri

yg kluarganya bilang ....... itu normal?
Hmmm... Waktunya bikin kittens... :big_love:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. :big_cat:
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by orchard »

dilihat2 kayaknya kasus anf dan anki sama kyk kasus note 7 = design flaw..
bedanya samsung kambuan narik 2.5 juta unitnya, tanpa babubibebo..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: RE: Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by VanzMatic »

andyez86 wrote:
ginting wrote:Itu sama aja dia bilang begini : bagi yg jedug jangan lupa mampir di N sebelum P....wkwkwk

Sent from my K012 using Tapatalk
Skrg tgn kiri saia uda otomatis selalu mampir dlu ke N tiap mau parkir,ga lgs ke P....smpe ada yg komen ngapain pke ke N dlu,ky bw mbl manual aja....(yg komen bukan user ANKI & ANF) :mky_04:
Saya pake gerobak kaleng rombeng matic pun selalu mampir N dulu sebelum ke P. Nggada hubungannya dengan manual nggak nya transmisi. Hanya kebiasaan saya untuk membikin awet aja.
andyez86 wrote:
ginting wrote:Itu sama aja dia bilang begini : bagi yg jedug jangan lupa mampir di N sebelum P....wkwkwk

Sent from my K012 using Tapatalk
Skrg tgn kiri saia uda otomatis selalu mampir dlu ke N tiap mau parkir,ga lgs ke P....smpe ada yg komen ngapain pke ke N dlu,ky bw mbl manual aja....(yg komen bukan user ANKI & ANF) :mky_04:
Saya pake gerobak kaleng rombeng matic pun selalu mampir N dulu sebelum ke P. Nggada hubungannya dengan manual nggak nya transmisi. Hanya kebiasaan saya untuk membikin awet aja.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by anrico17 »

orchard wrote:dilihat2 kayaknya kasus anf dan anki sama kyk kasus note 7 = design flaw..
bedanya samsung kambuan narik 2.5 juta unitnya, tanpa babubibebo..
Kasusnya rada beda... Samsung itu narik produk yang paling harganya skitar $250 kalo itung raw material dan Labour cost.
Sementara kasus si toyota ini barangnya udh lebih kompleks, harga bikinnya plng 300-400jt per unit...

Bedanya samsung berani mempertaruhkan harga diri buat ngerecall, sedangkan yang satu lagi..... Hmm....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by artoodetoo »

Sebentar, baca post2 di sini, ternyata banyak yg kalau parkir mundur, pas berhenti transmisi dari R langsung ke P?
:e-naughty: :e-naughty: :e-naughty:
Ya pantas kalo jedag jedug.
Yg benar memang kudu mampir N dulu.
Pastikan mobil berhenti total, tarik handbrake, baru masuk P.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by pitbull »

kelihatannya isunya mau di fokus kan ke bunyi pas parkir doang ya, terlihat dari beberapa page ini padahal yg menjai kekhawatiran terbesar bukan itu bukan?
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by mr_mytplx »

pitbull wrote:kelihatannya isunya mau di fokus kan ke bunyi pas parkir doang ya, terlihat dari beberapa page ini padahal yg menjai kekhawatiran terbesar bukan itu bukan?

iy sepertinya TAM mencoba menggiring opini publik ke situ.
masalah jedug saat jalan belom di bahas, masalah sudden acceleration belum, masalah turbo putu jg belum.
saya barusan baca forum sebelah malah ada ANF manual yg power loss saat di gas.

Pertanyaan saya :

1. kalau memang tidak bermasalah kenapa mesti repot initiate?
2. kalau memang tidak bermasalah kenapa mesti ada penggantian transmisi?
3. kalau memang tidak bermasalah kenapa ada penggantian turbo?

padahal menurut yang saya baca di forum ini, unit yg mengalami kasus tersebut konon sudah di periksa oleh para ahli dari TAM sendiri di Sunter.

kalau memang benar demikian seperti pernyataan ini :
Karena menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, bahwa produk tersebut memang pengunciannya dibuat lebih kuat.
"Jadi kita sudah dengar masukan sebenarnya di New fotuner ini secara produk kita buat sistem pengunciannya lebih kuat. Maksudnya biar safety yang lebih baik," ujarnya.


maka seharusnya semua itu tidak diperlukan.

di situ kadang saya merasa ada sesuatu yg tidak nyambung.
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by lawyerone »

Oke deh saya terima aja sama TAM, transmisi jedug yang katanya gara2 user langsung ke P dan ga ke N. Emang matic murah rata-rata begitu kalo ga pernah mampir ke N, gearbox yang nahan. Kasus ini menurut saya ga worth untuk dibahas, lebih ke pengguna memang. Saya pake GNKI juga kalo ga pernah mampir ke N suka jedug.

Problemnya adalah:
1. Maticnya katanya bego, suka bingung pindah gigi.
2. Turbonya katanya suka bunyi.
3. Gas nyangkut.


Ini 3 issue yang penting sebenernya, urusan jedug pas parkir mah gausah dipeduliin...

Ga heran yah makin lama merk sebelah makin laku. Tapi saya emang merasa kalo aftersales Toyota belakangan ini berantakan sih. Saya complain mesin gelitik dari zaman dulu ga pernah beres, cuman bilang --- bapak jangan pakai premium. Lah itu mobil dari dulu gue isi pake pertamax/super. Sampe pernah sekali saya kosongin tangki terus isi V-Power, tetep aja gelitik. Ga pernah ada solusi.

Pernah juga spooring-balancing di beres. Hasilnya malah makin goyang. AKhirnya keluar duit lagi spooring balancing di Nawilis. Kepikiran --- ahh beres aja lah lebih murah. Hasilnya malah berantakan, bagusan sebelom di spooring balancing.

Pernah juga keluar beres suara mesin kasar. Katanya suara knalpot, padahal jelas2 suara dari depan. Untungnya akhirnya sama mereka mau diurusin. Ga jelas pula akhirnya apa yang diberesin... Yah untung akhirnya normal lagi sih suaranya.


Yahhh intinya sih sebenernya kita maunya udah beli mobil mahal-mahal paling nggak yang jual ada tanggung jawab sih. Jangan terkesan selalu lari dari masalah aja.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by pengendiesel »

Akhir2 ini ane betul2 merhatikan kasus ANKI/ANF ini, karena sebetulnya sudah yakin mau ganti innova diesel lawas ane ke ANKI diesel A/T.
Tp setelah baca2 di SM n FB grup, ane putuskan untuk ttp pelihara innova lawas tsb sampe kasus2 ANKI/ANF betul2 clear...ane kagak sanggup keluar uang ratusan juta dan selalu kepikiran potential problem yang bisa terjadi.

Menurut ane, urutan problem (mulai dari yang paling gawat) ANKI/ANF adalah sbb :
1. Sudden acceleration >> ini yang akhirnya membuat ane yakin cancel dulu sementara ANKI diesel A/Tnya. Ane bbrp kali ngalamin gas nyangkut di motor bebek tua ane. Dan biasanya kejadian cuman 1 detik, jadi gampang ngehandlenya. Ane gak bisa bayangin kalo bawa mobil segede ANKI, di jalan kecil dan ternyata terjadi sudden acceleration.
Yg lebih serem lagi adalah apabila hal ini terjadi di garasi/car port rumah, dan mungkin di depan/belakang mobil saat kejadian ada anggota rumah kita yg lg bukain pintu.......... BIGGGGGGGG NOOOOOOO!! :big_sorry: :big_sorry: :big_sorry:
Secinta2nya ane sama torsi mesin diesel, ane lebih cinta nyawa ane dan orang2 sekitar.

2. Transmisi >> entah jedug saat jalan, galau, downshift ekstrem, dll.
Jedug saat jalan seperti yang dijelaskan om Kobochan, selama ane bawa mobil matic (genio, livina, innova lawas, avanza), kagak pernah sekalipun terasa jedug saat jalan. Jedug saat parkir, ya, beberapa kali apabila berhenti di miringan yg cukup ekstrem.
Downshift ekstrem, ini serem juga. Spt link dari om Turbo, user OZ mengeluhkan apabila ini terjadi di jalanan turunan curam, jalan licin.....bahaya bangetttt. Belum lagi efek engine brake yang berlebihan bisa bikin kita ditabrak dari belakang. BIG NOOO lagi :big_sorry: :big_sorry:

3. Turbo putu >> ini menurut ane masih sebatas isi kantong dibandingkan dengan urusan nyawa 2 point di atas.
Meskipun begitu, apes banget kalo putunya keluar saat garansi mobil abis. 30 juta melayang sia2. BIG NO lagi :big_dunno:

Susahnya jadi konsumen di indo, sdh keluar uang ratusan juta, masih juga dipaksa mempertaruhkan nyawanya
Emang di sini, brand mengalahkan segala2nya :big_bored:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11333
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by Omnibus »

lawyerone wrote: Ini 3 issue yang penting sebenernya, urusan jedug pas parkir mah gausah dipeduliin...


Yahhh intinya sih sebenernya kita maunya udah beli mobil mahal-mahal paling nggak yang jual ada tanggung jawab sih. Jangan terkesan selalu lari dari masalah aja.
setuju.

mari kita nantikan sama2 respons tam bagaimana .... jangan sampai pilihan terakhir prediksi om NR yg keluar (deploy tim hukum)

meskipun mungkin sekali mengingat di indo bnyk yg malah begitu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by DOHC »

madcat015 wrote: Hmmm... Waktunya bikin kittens... :big_love:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app

* tendang pantad si meong ini satu...
* bkin anak banyak, brisik ama baret2 in kap mobil ane mulu

:mky_06: :mky_06: :mky_06:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by Rundeer »

pengendiesel wrote:Akhir2 ini ane betul2 merhatikan kasus ANKI/ANF ini, karena sebetulnya sudah yakin mau ganti innova diesel lawas ane ke ANKI diesel A/T.
Tp setelah baca2 di SM n FB grup, ane putuskan untuk ttp pelihara innova lawas tsb sampe kasus2 ANKI/ANF betul2 clear...ane kagak sanggup keluar uang ratusan juta dan selalu kepikiran potential problem yang bisa terjadi.

Menurut ane, urutan problem (mulai dari yang paling gawat) ANKI/ANF adalah sbb :
1. Sudden acceleration >> ini yang akhirnya membuat ane yakin cancel dulu sementara ANKI diesel A/Tnya. Ane bbrp kali ngalamin gas nyangkut di motor bebek tua ane. Dan biasanya kejadian cuman 1 detik, jadi gampang ngehandlenya. Ane gak bisa bayangin kalo bawa mobil segede ANKI, di jalan kecil dan ternyata terjadi sudden acceleration.
Yg lebih serem lagi adalah apabila hal ini terjadi di garasi/car port rumah, dan mungkin di depan/belakang mobil saat kejadian ada anggota rumah kita yg lg bukain pintu.......... BIGGGGGGGG NOOOOOOO!! :big_sorry: :big_sorry: :big_sorry:
Secinta2nya ane sama torsi mesin diesel, ane lebih cinta nyawa ane dan orang2 sekitar.

2. Transmisi >> entah jedug saat jalan, galau, downshift ekstrem, dll.
Jedug saat jalan seperti yang dijelaskan om Kobochan, selama ane bawa mobil matic (genio, livina, innova lawas, avanza), kagak pernah sekalipun terasa jedug saat jalan. Jedug saat parkir, ya, beberapa kali apabila berhenti di miringan yg cukup ekstrem.
Downshift ekstrem, ini serem juga. Spt link dari om Turbo, user OZ mengeluhkan apabila ini terjadi di jalanan turunan curam, jalan licin.....bahaya bangetttt. Belum lagi efek engine brake yang berlebihan bisa bikin kita ditabrak dari belakang. BIG NOOO lagi :big_sorry: :big_sorry:

3. Turbo putu >> ini menurut ane masih sebatas isi kantong dibandingkan dengan urusan nyawa 2 point di atas.
Meskipun begitu, apes banget kalo putunya keluar saat garansi mobil abis. 30 juta melayang sia2. BIG NO lagi :big_dunno:

Susahnya jadi konsumen di indo, sdh keluar uang ratusan juta, masih juga dipaksa mempertaruhkan nyawanya
Emang di sini, brand mengalahkan segala2nya :big_bored:
Setuju om
Kasian sama yang udh ngeluarin 300-500jt bukannya malah seneng sama mobil barunya malah stres bolak-balik beres. Dan herannya sama tam yang diperhatiin malah masalah ngejedug pas parkir. What the hell are they thinking about this problem :frm_bang_head:
Apa mau tunggu ada korban dulu baru mau bertindak?
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11333
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by Omnibus »

customer complaint handling toyota indo dibawah world class standard .... kualitas SDM nya betul2 bikin nangis lihatnya

urusan sy kecewa sama bengkel resmi sj bolak balik di pingpong tam-kabeng-tam-kabeng sampai lewat dr 4 bulan .... hasilnya .... no follow up (laymen's term : nggantung)

sampai akhirnya mobil sy jual
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote:customer complaint handling toyota indo dibawah world class standard .... kualitas SDM nya betul2 bikin nangis lihatnya

urusan sy kecewa sama bengkel resmi sj bolak balik di pingpong tam-kabeng-tam-kabeng sampai lewat dr 4 bulan .... hasilnya .... no follow up (laymen's term : nggantung)

sampai akhirnya mobil sy jual
Mobil apa ini om? Problemnya apa?
Aldirx270
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jun 04, 2015 7:22

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by Aldirx270 »

artoodetoo wrote:Sebentar, baca post2 di sini, ternyata banyak yg kalau parkir mundur, pas berhenti transmisi dari R langsung ke P?
:e-naughty: :e-naughty: :e-naughty:
Ya pantas kalo jedag jedug.
Yg benar memang kudu mampir N dulu.
Pastikan mobil berhenti total, tarik handbrake, baru masuk P.
Oh gitu ya harusnya, baru tau sy :mky_01:

Terus om kalo kita langsung mau jalan langsung aja kan yaa ke D?apa harus ke N dulu baru ke D?

Punten pertanyaan nya kek anak sd :big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: RE: Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by VanzMatic »

artoodetoo wrote:Sebentar, baca post2 di sini, ternyata banyak yg kalau parkir mundur, pas berhenti transmisi dari R langsung ke P?
:e-naughty: :e-naughty: :e-naughty:
Ya pantas kalo jedag jedug.
Yg benar memang kudu mampir N dulu.
Pastikan mobil berhenti total, tarik handbrake, baru masuk P.
Betul, robot cebol... Ane kalo mo parkir mundur, setelah posisi kendaraan mapan di parklane, pindahin N, tarik handbrake, putar setir ke arah steerlock position, matikan mesin, baru masukin ke P, cabut kunci.

Kalau setelah parkir atau parkir lama, saat perlu mundur untuk keluar, saya urutannya : injek rem dan pindah ke netral, 5detik kemudian pindah ke R. Saya pernah waktu habis parkir yang lama, dari P langsung ke R. Ada bunyi "ngngngngng...degg"... Miris hati dengernya.. So ane abandon cara dari P langsung ke R, walaupun dalam kondisi handbrake masih aktif.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Transmisi Bermasalah, Toyota: Ini Tidak Berhubungan dengan Safety dan Kualitas

Post by ChZ »

lawyerone wrote: Ga heran yah makin lama merk sebelah makin laku. Tapi saya emang merasa kalo aftersales Toyota belakangan ini berantakan sih. Saya complain mesin gelitik dari zaman dulu ga pernah beres, cuman bilang --- bapak jangan pakai premium. Lah itu mobil dari dulu gue isi pake pertamax/super. Sampe pernah sekali saya kosongin tangki terus isi V-Power, tetep aja gelitik. Ga pernah ada solusi.
Mirip sama temen saya, mobilnya dibawa ke A2K malah ngelitik... hahaha...

Seperti om NR pernah bilang... kita ini gampang sekali menerima "rayuan manis" yang keliatan dari luar... Pada bilang ASS Toyota bagus sebenernya bukan perkara hasil kerja bengkelnya sih... karena mereka dilayani kek raja klw di Beres Atoyot... Orangnya... Mobilnya sih perlakuannya biasa-biasa aja...

Dosen saya jg pernah adu mulut sama kabeng Atoyot... cetakan block mesin kok dibilang retakan... :mky_05:

Walaupun ga memungkiri yang terstandarisasi seperti Atoyot lebih baik dibanding beberapa merek yang tergantung hoki-apesnya kita dapet bengkel yang bagus apa jelek...

Kadang apa ya... kita ke beres ga ngeliatin kerjaan bengkelnya sih (boro-boro ngeliatin, ada bengkel yg dilarang masuk ke area bengkel, masa ngeliatin mobil sendiri engga boleh :mky_05: ) . Kita cuma ngeliat keramahan SA nya, fasilitas nya, lama nunggu nya (y mikir aja masa ganti oli + tuneup minta 1 jam jadi, ya jadilah tuneup nya cuma ganti filter udara doank :mky_05: trus bilang mobilnya enak, y iya filter udaranya baru). G nyalahin beres nya juga sih since tuntutan konsumennya gitu... Harus kerja cepet biar konsumen puas, ga peduli hasilnya maksimal apa enggak. Mereka jg dikejar target dari principal...
Last edited by ChZ on Sun Oct 23, 2016 8:06, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7